2016-07-04

Pengaturan Ponsel Beroperasi 4G-LTE-TDD

01 Juli 2016,

Di Indonesia ada dua jenis jaringan 4G-LTE yang digunakan operator, yaitu 4G-LTE TDD (Time Division Duplex) dan 4G-LTE FDD (Frequency Division Duplex). Operator 4G-LTE FDD antara lain Telkomsel, Indosat Ooredoo, dan XL Axiata. Sementara 4G-LTE TDD digunakan 2 operator, yaitu Smart dan Bolt. Operator Smart dan Bolt keduanya tidak mengoperasikan jaringan generasi sebelumnya, yang berarti jaringan yang ditawarkan hanya 4G-LTE TDD.

Penggunaan jaringan 4G-LTE TDD ini biasanya menggunakan modem yang mendukung akses ke jaringan tersebut – dan hanya untuk jaringan 4G-LTE TDD. Penggunaan di ponsel pintar juga dapat dilakukan selama perangkat ponsel itu mendukung jaringan 4G-LTE TDD.

Namun pengaturan standar di ponsel pintar menyulitkan untuk mengakses jaringan 4G-LTE TDD secara langsung, bahkan beberapa ponsel pintar tidak dapat mengakses jaringan ini walaupun mendukung koneksi ke jaringan 4G-LTE TDD. Berikut ini ulasabis memperlihatkan trick yang dapat digunakan agar ponsel pintar dapat mengakses jaringan 4G-LTE TDD Smart atau Bolt:

1. Masuk ke Layar Dial lalu ketik kode *#*#4636#*#*

2. Di Layar Testing, pilih Phone Information
01-testing-screen-ulasabis

3. Buka drop-down menu Set Preferred Network Type, lalu pilih LTE Only
02-phoneinfo1-screen-ulasabis

03-phoneinfo2-screen-ulasabis

4. Restart ponsel. Pastikan SIM Card sudah di dalam slot-nya.

5. Cek koneksi 4G di bagian atas layar

Kode *#*#4636#*#* adalah kode untuk membuka menu testing Android. Perlu diketahui bahwa banyak pilihan pengaturan yang berbahaya di dalam menu testing ini, bahkan beberapa di antaranya dapat merusak chip jaringan. Harap pergunakan dengan bijaksana.

Untuk mengembalikan pengaturan LTE Only, anda dapat melakukan pengaturan melalui menu pengaturan (settings) biasa.

Selamat Mencoba!

About the Author

UlasMaster Chan

Sebagai seorang techie, UlasMasterChan gemar mengikuti perkembangan teknologi gadget, fotografi dan aplikasi perangkat mobile. Ponsel yang digunakan: Xiaomi Mi 5S, Samsung Galaxy A3

comment

Belum Ada Komentar

createTulis Komentar

• Alamat Email Anda Tidak Akan Dipublikasikan.
• Harap Maklum: Komentar akan melalui Tahap Moderasi, jadi tidak langsung muncul di sini :-).