2017-03-06

Menonaktifkan Spell Checker Pada MIUI

06 Maret 2017,

Jika Anda terganggu melihat garis merah saat mengetik di ponsel Xiaomi Anda, maka Anda sebenarnya berhadapan dengan fitur Google Spell Checker yang terintegrasi dengan MIUI versi Global (MIUI 8). Tidak hanya garis merah saja, namun saat Anda hendak memilih satu huruf yang salah ketik, Anda akan disuguhkan dengan pilihan kata-kata dari kamus Google Spell Checker.


Spell Checker Mengganggu

Tidak ada tombol matikan

Tentunya hal ini mengganggu untuk Anda, jika tidak, Anda tidak akan membaca tulisan ini. Untuk menghilangkan Spell Checker ini tidak ada cara langsung karena sepertinya tim MIUI dari Xiaomi lupa menaruh tombol untuk menon-aktifkan fitur ini di menu pengaturan.

Namun dengan trik sederhana, fitur ini dapat “dinonaktifkan”, atau setidaknya tidak mengganggu saat mengetik pesan. Perlu diketahui bahwa trik ini adalah cara cepat dan tidak ribet, namun tidak sepenuhnya menonaktifkan Google Spell Checker. Di latar fitur ini masih berjalan, hanya saja tidak bisa keluar mengganggu Anda.

Alat yang Anda butuhkan:
1. Ponsel Xiaomi favorit Anda dengan MIUI versi Global dan fitur Google Spell Checker yang mengganggu

 

1. Akses Menu Pengaturan GBoard (Google Keyboard)


Langkah 1

Temukan menu pengaturan GBoard di dalam Settings > Additional Settings > Language & Input > Gboard (Keyboard & Input Methods). Anda bisa saja menggunakan keyboard lainnya, namun Google Spell Checker masih tetap aktif.

 

2. Ganti Pengaturan Bahasa ke “Alphabet (QWERTY)”


Langkah 2

Pada menu pengaturan GBoard, akses pengaturan Language. Di sinilah cara tercepat menonaktifkan fitur Google Spell Checker. Pilih “Alphabet (QWERTY)”. Lalu nonaktifkan “Use System Language”.

SUKSES! Google Spell Checker tidak akan mengganggu Anda lagi saat mengetik. Garis merah dibawah ketikan Anda akan hilang, dan pilihan kata-kata tidak akan muncul lagi saat Anda men-tap satu kata yang bergaris merah.


Bye Spell Checker

Pada dasarnya, cara ini memaksa bahasa yang tidak didukung oleh Google Spell Checker, dan bahasa Alphabet (QWERTY) ini tidak memiliki kamus Spell Checker sehingga fitur ini tidak akan muncul. Anda bisa saja memilih bahasa negara lain misalnya Bahasa Indonesia, namun Google Spell Checker akan mengunduh kamus terkait dan fitur ini akan muncul lagi.

Ada 1 cara lain untuk menonaktifkan Spell Checker secara permanen yang melibatkan menghubungkan ponsel ke PC dengan USB Debugging aktif, lalu menggunakan ADB Shell untuk memasukan perintah menonaktifkan Spell Checker. Cara ini akan dibahas dalam artikel berikutnya.

Semoga saja tim MIUI memberikan pilihan untuk menonaktifkan Google Spell Checker dari menunya langsung pada update MIUI berikutnya.

Semoga membantu!

(cyt)

About the Author

UlasMaster Chan

Sebagai seorang techie, UlasMasterChan gemar mengikuti perkembangan teknologi gadget, fotografi dan aplikasi perangkat mobile. Ponsel yang digunakan: Xiaomi Mi 5S, Samsung Galaxy A3

comment

1 Komentar

  • pasar kidul:
    25 Jul 2017 · 11:42

    sangat membantu,,,,mantappp
    ditunggu tip tip mi 5S .. lainnya

createTulis Komentar

• Alamat Email Anda Tidak Akan Dipublikasikan.
• Harap Maklum: Komentar akan melalui Tahap Moderasi, jadi tidak langsung muncul di sini :-).