2017-07-07

Uji Fotografi DxOMark OnePlus 5, Di Bawah Galaxy S8, HTC U 11

07 Juli 2017,

OnePlus menggandeng DxO dalam mengembangkan kamera belakang ganda untuk menghasilkan kualitas foto OnePlus 5 yang setara dengan hasil dari ponsel flagship lainnya. Hasil benchmark DxOMark menunjukkan skor kamera belakang OnePlus 5 sebesar 87.

Kamera belakang OnePlus 5 dilengkapi dengan dua sensor yaitu sensor warna 16MP dengan lensa 24mm bukaan f/1.7 dan sensor 20MP lensa 36mm bukaan f/2.6. Sensor kedua menambahkan fitur “lossless zoom” yang dapat mensimulasikan zoom optikal 1.6x dan fitur bokeh untuk hasil foto potret dengan gaya artistik. Untuk pengambilan video, OnePlus mendukung resolusi 4K dan 2K @30 fps, Full HD @60 fps dan HD maksimum @120 fps.

Diuji oleh Lab DxO, organisasi yang berpengalaman menilai performa berbagai kamera, OnePlus mencetak angka 87 yang cukup tinggi pada skala benchmark DxO. Skor ini menempatkan OnePlus 5 setara dengan ponsel flagship Huawei P10, Motorola Moto Z Force, Samsung Galaxy S6 Edge Plus dan Sony Xperia XZ. Namun beberapa ponsel kelas atas mampu mencetak skor di atasnya, yaitu HTC U 11 di angka 90, Google Pixel sebesar 89, dan HTC 10, Galaxy S8, Galaxy S7 Edge dan Xperia X Performance masing-masing memiliki nilai 88.

Jepretan OnePlus 5 mampu menghasilkan gambar yang detail dan tajam pada kondisi luar ruang dengan cahaya yang cukup. Pada foto dalam ruang, hasilnya juga tetap bagus dengan menggunakan tripod untuk kestabilan penuh, namun menjadi mudah blur apabila foto diambil dengan tangan. Selain itu pada foto luar ruang dengan fitur HDR aktif, efek “ghosting” atau blur pada objek terkadang muncul.

OnePlus 5 mampu mencetak angka yang tinggi pada performa autofokus dan pembacaan eksposure dan kontras gambar. Performa noise tampak paling tertinggal pada uji foto diam. Untuk pengambilan video, hasilnya tergolong baik, dengan kekurangan terbesar pada kemampuan mempertahankan detail tekstur permukaan objek.

Untuk lebih lengkapnya, hasil rangkuman uji kamera OnePlus 5 dapat disimak pada tautan di atas.

(cyt)

About the Author

UlasMaster Chan

Sebagai seorang techie, UlasMasterChan gemar mengikuti perkembangan teknologi gadget, fotografi dan aplikasi perangkat mobile. Ponsel yang digunakan: Xiaomi Mi 5S, Samsung Galaxy A3

comment

Belum Ada Komentar

createTulis Komentar

• Alamat Email Anda Tidak Akan Dipublikasikan.
• Harap Maklum: Komentar akan melalui Tahap Moderasi, jadi tidak langsung muncul di sini :-).