2017-07-16

Mencari Lokasi Ponsel Hilang: Find My Device

16 Juli 2017,

Jika Anda tidak bisa menemukan ponsel Anda karena lupa menaruh atau berasa diambil oleh orang lain, Anda tidak perlu khawatir. Google menyediakan fitur yang dapat membantu mencari perangkat Android Anda.

Google Find My Device merupakan fitur yang dapat mengontak ponsel Android melalui perangkat komputer atau ponsel lainnya dengan menggunakan akun Google yang sama sebagai identitas. Aplikasi ini dulunya disebut Android Device Manager, namun diubah Google karena fungsi utamanya yang lebih banyak digunakan untuk mencari perangkat yang hilang.

Sebelum dapat menggunakan fitur ini, beberapa syarat fitur ini dapat digunakan:
1. Akun Google di ponsel harus dalam keadaan aktif dan ter-log-in
2. Ponsel terhubung dengan koneksi aktif, baik WiFi atau jaringan seluler
3. Google Play Service di ponsel harus aktif dan berjalan
4. Lokasi dalam keadaan aktif di ponsel
5. Pengaturan “Temukan Perangkat Saya” dalam keadaan aktif di pengaturan Google di ponsel

Seluruh fitur ini seharusnya otomatis aktif saat pertama kali ponsel diaktifkan dan akun Google digunakan. Jika tidak diubah, seharusnya ponsel Anda siap ditemukan kapan pun.

Pro Tips: Beberapa pengguna yang mahir biasanya mematikan fitur Lokasi / GPS untuk menghemat daya baterai. Sebaiknya fitur Lokasi / GPS selalu dalam keadaan aktif, dan untuk menghemat daya, pengguna bisa menolak izin aplikasi tertentu yang tidak dikehendaki mengakses lokasi.

Jadi, bagaimana cara menemukan ponsel yang hilang?

 

1. Buka Situs Google Find My Device ATAU Pasang Aplikasi Find My Device Dari Play Store

Bagi pengguna yang dapat mengakses PC / Mac bisa langsung mengakses situs Google Find My Device yang berada di alamat ini. Atau untuk tujuan yang sama, pengguna dapat menggunakan aplikasi Find My Device atau “Temukan Perangkat Saya” dalam bahasa Indonesia. Keduanya membutuhkan Anda untuk log-in dengan akun yang sama dengan yang terpasang di ponsel yang ingin dicari.


Tampilan Log-in Aplikasi FMD

Setelah log-in ke situs atau aplikasi tersebut, lanjutkan langkah berikutnya.

 

2. Pilih Dan Cari Lokasi Ponsel Anda

Di tampilan situs atau aplikasi Find My Device adalah seperti gambar di atas. Setelah memilih ponsel Anda, Google akan mengkontak perangkat tersebut dan membaca posisi / lokasi perangkat dan jaringan WiFi yang terhubung dengan perangkat. Hasilnya akan ditampilkan di situs / aplikasi Find My Device.


Tampilan utama 1

Tampilan utama 2

Selain lokasi dan jaringan WiFi yang terhubung, Anda juga dapat melihat sisa daya baterai pada ponsel dan status fitur lokasi.

Tampilan ponsel Galaxy J7 Prime pada gambar di atas menginformasikan bahwa lokasi tidak diaktifkan dan jaringan WiFi yang sedang terhubung bernama “Comm”.

Tampilan ponsel Galaxy J5 Pro di atas memperlihatkan perangkat yang sedang diisi dayanya namun tidak terhubung dengan jaringan WiFi mana pun sementara fitur lokasi aktif dan lokasi perangkat dapat terlihat di peta. Di sini juga bisa dilihat kapan ponsel tersebut dilihat atau dibuka.

Peringatan: Jika ponsel Anda terindikasi dicuri (lokasi ponsel berubah-ubah), jangan coba-coba untuk mencarinya sendiri karena dapat menjadi berbahaya jika pengambil ponsel Anda adalah kriminal / pencuri. Laporkan tindak pencurian ini segera ke pihak berwajib.

Langkah berikutnya menjelaskan hal yang dapat Anda lakukan, diawali dari langkah yang paling mungkin menemukan ponsel Anda kembali.

 

3. Jika Ponsel Ada Di Dekat Lokasi Anda, Putar Suara Ponsel

Pada pilihan di aplikasi atau di situs Temukan Perangkat Saya, Anda dapat memilih tiga pilihan aksi. Yang pertama adalah Putar Suara. Aksi ini berfungsi untuk membunyikan suara pada ponsel yang hendak Anda temukan.


Tampilan putar suara

Suara yang diputar adalah Nada Dering yang aktif, diputar dengan volume maksimum walaupun ponsel sedang dalam modus Hening / Silent. Hal ini sangat memudahkan jika ternyata ponsel Anda terselip di celah sofa atau tempat tidur. Jika ponsel ini dicuri, sang pencuri dapat dibuat panik, karena suara yang diputar tidak dapat dimatikan dengan mudah sampai 1 nada dering diputar. Cara mematikannya adalah dengan menekan tombol “Power”.

Jika ponsel Anda terindikasi dicuri, lanjutkan ke langkah berikutnya.

 

4. Jika Ponsel Ada Jauh Dari Lokasi Anda, Kunci Ponsel Anda Dan Tampilkan Pesan

Pilihan aksi selanjutnya adalah Kunci Ponsel. Sebelum mengunci, Anda dapat menuliskan pesan dan nomor telepon yang dapat dihubungi. Pesan tersebut akan ditampilkan di layar depan perangkat sampai kunci dihilangkan, sementara nomor telepon dapat digunakan untuk menghubungi Anda dengan menekan tombol panggilan di layar kunci.


Tampilan kunci ponsel

Tampilan di ponsel yang dikunci

Jika sidik jari pemilik ponsel terbaca, maka kunci ini akan terbuka. Kunci juga bisa dibuka melalui aplikasi Temukan Perangkat Saya. Perlu diketahui bahwa jika pengambil ponsel Anda ingin menelepon, biaya telepon akan dibebankan ke ponsel yang melakukan panggilan. Jika panggilan tidak dapat dilakukan, Anda dapat meninggalkan pesan di layar kunci untuk mengangkat telepon Anda, lalu Anda bisa menghubungi ponsel yang sedang Anda cari tersebut.

Jika sang pencuri tidak merespon dan baterai ponsel sudah menipis, lanjutkan ke langkah berikutnya.

 

5. Jika Ponsel Hilang Dan Tidak Mungkin Kembali, Hapus Data Anda

Aksi ini dapat menghapus seluruh data Anda di ponsel yang sedang dicari. Ini adalah pilihan terakhir yang dapat Anda lakukan jika kemungkinan ponsel Anda kembali sudah sangat kecil.


Tampilan hapus data

Jika setelah data dihapus dan ponsel kembali ke tangan Anda, ponsel dapat digunakan lagi hanya jika Anda menggunakan akun Google Anda untuk masuk ke ponsel. Selain akun Google pemilik, ponsel tidak akan dapat digunakan lagi. Tentunya, data yang ada di dalamnya sudah dalam kondisi terhapus.

(cyt)

About the Author

UlasMaster Chan

Sebagai seorang techie, UlasMasterChan gemar mengikuti perkembangan teknologi gadget, fotografi dan aplikasi perangkat mobile. Ponsel yang digunakan: Xiaomi Mi 5S, Samsung Galaxy A3

comment

Belum Ada Komentar

createTulis Komentar

• Alamat Email Anda Tidak Akan Dipublikasikan.
• Harap Maklum: Komentar akan melalui Tahap Moderasi, jadi tidak langsung muncul di sini :-).