2017-07-17

HTC Menampilkan Iklan Di Keyboard Bawaan, Pengguna Mengeluh

17 Juli 2017,

Iklan bisa dibilang telah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari dunia digital. Di laman situs, aplikasi sosial media, aplikasi game hingga Smart TV. Tidak disangka, iklan mulai bermunculan di atas keyboard bawaan ponsel HTC, meski perusahaan asal Taiwan ini sudah menyebut bahwa ini adalah kesalahan.

Hal ini terungkap dari pengguna ponsel HTC yang melihat munculnya iklan di atas keyboard yang sedang digunakannya. Tidak tanggung-tanggung, iklan tersebut memakan ruang hampir setengah dari ukuran keyboard itu sendiri. Aplikasi keyboard itu adalah bawaan dari sistem operasi HTC 10 berbasis Android.

Iklan di atas keyboard adalah hal yang tidak lazim. Apalagi ketika iklan tersebut muncul di ponsel flagship kebanggaan HTC. Pengguna sudah membayar belasan juta rupiah untuk perangkat canggih ini, namun tetap harus dipaksa melihat iklan. Bahkan perangkat kelas bawah pun tidak melakukan hal ini.

Namun HTC sudah merespon dan mengklaim bahwa hal ini adalah kesalahan teknis di sisi mereka, seperti yang dilansir dari situs Engadget.

“Due to an error, some HTC customers have reported seeing ads on their phone’s keyboard. This is absolutely not the experience we intended, and we’re working to immediately fix the error and remove the ads as quickly as possible.”

Pernyataan HTC ini terlihat kurang menyakinkan. Jika tidak diniatkan dari awal, bagaimana bisa platform penampil iklan bisa terpasang di aplikasi keyboard. Iklan tidak begitu saja muncul di mana-mana jika tidak ada kode yang menarik iklan tersebut dari server. Namun niat HTC untuk menghapus iklan adalah langkah yang tepat.

(cyt)

About the Author

UlasMaster Chan

Sebagai seorang techie, UlasMasterChan gemar mengikuti perkembangan teknologi gadget, fotografi dan aplikasi perangkat mobile. Ponsel yang digunakan: Xiaomi Mi 5S, Samsung Galaxy A3

comment

Belum Ada Komentar

createTulis Komentar

• Alamat Email Anda Tidak Akan Dipublikasikan.
• Harap Maklum: Komentar akan melalui Tahap Moderasi, jadi tidak langsung muncul di sini :-).