2017-08-03

Bocoran: Spesifikasi Samsung Galaxy Note 8

03 Agustus 2017,

Samsung akan meluncurkan phablet terbarunya Galaxy Note 8 secara global pada tanggal 23 Agustus mendatang. Mendekati tanggal tersebut, semakin banyak informasi mengenai perangkat flagship ini.

Bocoran terbaru muncul di situs teknologi VentureBeat mengungkap spesifikasi Galaxy Note 8. Informasi tersebut berasal dari narasumber yang sudah pernah diberitahu mengenai konfigurasi akhir perangkat ini.

Samsung Galaxy Note 8 akan memiliki sertifikasi ketahan air dan debu IP68. Layarnya berukuran 6.3 inci dengan tipe Super AMOLED, lebih besar sedikit dari Galaxy S8 Plus yang dibekali layar 6.2 inci. Dimensi perangkat disebut menjadi 162.5 x 74.6 x 8.5 mm. Galaxy S8 Plus memiliki dimensi 159.5 x 73.4 x 8.1 mm, yang berarti Note 8 lebih lebar dan tinggi kira-kira 1 cm dari S8 Plus.

Pada spesifikasinya, Galaxy Note 8 bisa dibilang sama persis dengan seri Galaxy S8. Phablet Samsung ini mengandalkan duo chipset 10nm yang sama yaitu Snapdragon 835 untuk perangkat di pasar Amerika Serikat dan Exynos 8895 untuk perangkat versi global. ROM terpasang mulai dari 64GB dan juga akan tersedia varian dengan memori internal mencapai 128GB. Kapasitas RAM sedikit ditingkatkan, yakni dari 4GB menjadi 6GB di Note 8.

Di dapur fotografi, Note 8 disebut akan hadir dengan kamera ganda dengan sensor utama memiliki resolusi 12MP dan lensa sudut-lebar dengan bukaan f/1.7. Ini adalah spesifikasi yang sama dengan kamera belakang Galaxy S8. Sensor kedua pada Note 8 memiliki bukaan f/2.4 dan lensa telephoto yang jika digabung dengan sensor dan lensa utama dapat mensimulasikan zoom optik 2x. Pada kamera depan, Note 8 dibekali sensor 8MP, sistem autofokus dan lensa f/1.7.

Baterai yang akan disematkan pada Note 8 diklaim memiliki kapasitas 3,300mAh dengan dukungan isi daya cepat melalui port USB-C maupun nirkabel. Fitur ini juga sudah ada pada seri Galaxy S8. Uniknya, kapasitas yang disebutkan ini lebih kecil dari Galaxy S8 Plus yang memiliki baterai berkapasitas 3,500mAh. Tampaknya Samsung tidak mau mengambil resiko terulangnya kejadian dengan Galaxy Note 7 dengan memilih baterai berkapasitas lebih kecil.

Dari bocoran ini, tampak secara spesifikasi Galaxy Note 8 dan Galaxy S8 Plus tidak jauh berbeda. Perbedaan hanya terletak di kapasitas RAM yang tinggi, kamera belakang ganda dan dukungan stylus khas Samsung S-Pen pada Note 8.

Untuk banderolnya, Galaxy Note 8 kemungkinan akan dipasangi harga EUR 1000 atau sekitar Rp. 14.1 juta. Ponsel ini baru akan mulai dikirim kemungkinan di bulan September.

(cyt)

About the Author

UlasMaster Chan

Sebagai seorang techie, UlasMasterChan gemar mengikuti perkembangan teknologi gadget, fotografi dan aplikasi perangkat mobile. Ponsel yang digunakan: Xiaomi Mi 5S, Samsung Galaxy A3

comment

Belum Ada Komentar

createTulis Komentar

• Alamat Email Anda Tidak Akan Dipublikasikan.
• Harap Maklum: Komentar akan melalui Tahap Moderasi, jadi tidak langsung muncul di sini :-).