2017-08-05

Microsoft Meninggalkan Windows Phone Dan Fokus Ke Artificial Intelligence

05 Agustus 2017,

Microsoft sudah lama dikabarkan kehilangan minta mengembangkan platform mobile akibat buruknya penjualan. Laporan tahunan terbaru perusahaan asal Amerika Serikat ini mengkonfirmasi hal tersebut.

Dilaporkan oleh situs berita CNBC, rencana pengembangan internal Microsoft tidak lagi mencantumkan dana investasi untuk produk ponsel secara langsung. Hal ini adalah indikasi Microsoft tidak lagi fokus mengembangkan lini produk ponsel pintarnya.

Disebutkan di dalam laporan tahunan 2017 ini, Microsoft memiliki visi strategis untuk bersaing dan tumbuh dengan membangun platform dan jasa produktivitas terbaik di kelasnya melalui cloud pintar dan lini kepintaran yang didukung oleh AI (Kepintaran Buatan). Pernyataan ini berubah dari visi strategis tahun lalu yang masih menyebutkan fokus terhadap produk mobile dan cloud.

Perubahan strategi Microsoft tersebut sudah diprediksi sejak lama, dimulai dari kekalahan Windows Phone bersaing dengan ponsel berbasis Android dan iPhone. Namun tenggelamnya Windows Phone bukan berarti Microsoft mundur dari bisnis mobile sepenuhnya, tetapi mengembangkan produk dan jasanya bagi pengguna ponsel Android dan iPhone.

Kemungkinan Microsoft akan menyematkan fitur-fitur terkait kepintaran buatan (AI) pada produknya yang ditujukan ke pengguna Android dan iPhone serta pengguna cloud. Namun belum terungkap seperti apa fitur AI bekerja di produk Microsoft ini.

Langkah Microsoft ini sebenarnya sudah terlebih dahulu dilakukan oleh Facebook yang sudah berinvestasi ke riset AI dan produk AI. Selain itu Google dan Apple juga sudah lama mengembangkan AI pada produk-produknya.

(cyt)

About the Author

UlasMaster Chan

Sebagai seorang techie, UlasMasterChan gemar mengikuti perkembangan teknologi gadget, fotografi dan aplikasi perangkat mobile. Ponsel yang digunakan: Xiaomi Mi 5S, Samsung Galaxy A3

comment

Belum Ada Komentar

createTulis Komentar

• Alamat Email Anda Tidak Akan Dipublikasikan.
• Harap Maklum: Komentar akan melalui Tahap Moderasi, jadi tidak langsung muncul di sini :-).