2017-09-17

Kinerja Chip Apple A11 Bionic Jauh Di Atas Snapdragon 835

17 September 2017,

Apple baru saja mengumumkan iPhone terbarunya yang ditenagai oleh chip baru besutan Apple sendiri bernama A11 Bionic. Seperti pendahulunya, chip ini mampu memberikan performa jauh di atas pesaingnya Snapdragon 835 dari Qualcomm.

Hal ini terbukti dari hasil uji benchmark GeekBench iPhone X yang mampu mencetak angka 4,188 pada uji inti-tunggal dan 10,069 di uji inti-jamak. Sebagai pembanding, hasil uji Samsung Galaxy S8 dengan chip Snapdragon 835 hanya mampu mencapai angka 1,990 dan 6,780 untuk masing-masing uji. Perbedaan uji inti-jamak saat seluruh kekuatan chip dipakai hampir mencapai 3,000 poin atau sekitar 50%.

Chip ini dipasangkan pada iPhone X dan iPhone 8 / 8 Plus. Di dalamnya terdapat 6-inti CPU yang terbagi dalam 2 cluster, yakni 2-inti CPU performa tinggi dan 4-inti CPU efisiensi tinggi. Cluster performa tinggi aktif saat aplikasi yang berjalan membutuhkan komputasi kinerja tinggi seperti bermain game atau aplikasi desain 3D. Cluster dengan 4-inti menjalankan dengan efisiensi tinggi untuk menghemat daya.

Berbeda dengan chip A10 Fusion, A11 Bionic mampu menggunakan kedua cluster secara bersamaan. Hasilnya, performa maksimal dari chip A11 menjadi sangat tinggi, hampir dua kali dari uji GeekBench A10. A10 Fusion memiliki hasil uji inti-jamak 5,600.

Yang menarik untuk dilihat adalah bagaimana Qualcomm, Samsung dan Huawei merespon ketinggalannya dalam hal performa chip ponsel Android besutannya. Chip Snapdragon, Exyons dan Huawei berbasis pada arsitektur ARM yang sama dengan chip Apple A11. Qualcomm sendiri diketahui tengah mengembangkan penerus Snapdragon 835, kemungkinan dinamai Snapdragon 845 berbasis CPU Cortex-A75. Apakah Apple akan terus memimpin lomba kinerja tinggi chip ponsel pintar?

(cyt)

About the Author

UlasMaster Chan

Sebagai seorang techie, UlasMasterChan gemar mengikuti perkembangan teknologi gadget, fotografi dan aplikasi perangkat mobile. Ponsel yang digunakan: Xiaomi Mi 5S, Samsung Galaxy A3

comment

Belum Ada Komentar

createTulis Komentar

• Alamat Email Anda Tidak Akan Dipublikasikan.
• Harap Maklum: Komentar akan melalui Tahap Moderasi, jadi tidak langsung muncul di sini :-).