2017-09-23

Kamera Ponsel iPhone 8 Plus Menjadi Yang Terbaik

23 September 2017,

Setelah menggilas ponsel Android dalam uji benchmark performa chipset, kini iPhone 8 dan 8 Plus juga menjadi yang teratas dalam uji benchmark kualitas foto dari kamera utamanya. Hal ini terungkap dari hasil uji yang dilakukan DxO Lab.

DxO Lab merupakan perusahaan penguji hasil foto dari kamera SLR dan kamera ponsel pintar yang cukup terkenal. Uji benchmarknya yang bernama DxOMark menjadi standar bagi industri elektronik yang terkait fotografi. Kali ini, DxO menguji iPhone 8 dan 8 Plus yang baru saja dirilis 2 minggu lalu. Cek ulasan lengkapnya pada link ini.

Hasilnya, iPhone 8 Plus mencetak skor 94 sementara iPhone 8 sedikit di bawahnya dengan skor 92. Hasil ini di atas ponsel pintar Android besutan Google yaitu Pixel yang tahun 2016 lalu mencetak angka 90. Dibanding seri iPhone 7, iPhone 8 berhasil meningkatkan skor dari 88 untuk versi Plus dan 85.

Kamera iPhone 8 Plus memiliki sensor dengan resolusi 12MP, bukaan lensa sudut-lebar f/1.8, stabilisasi optik OIS dan tipe sensor BSI serta sensor sekunder 12MP dengan lensa telephoto f/2.8. Keduanya berkemampuan zoom optiks 2x dan digital hingga 10x. Di atas kertas, spesifikasi ini cukup mudah ditemui pada ponsel Android bahkan di jajaran ponsel kelas menengah.

Peningkatan kualitas foto iPhone 8 Plus terlihat pada kemampuan fotografi HDR (High Dynamic Range) yang mampu menghasilkan gambar dengan kecerahan imbang antara objek dan latar. Detail pada foto juga tampak tegas, menyamai hasil foto Google Pixel dan HTC U11.


Efek bokeh dari iPhone 8 Plus

Keunggulan dari Google Pixel dan HTC U11 hadir berkat kamere ganda pada iPhone 8 Plus yang mampu menghasilkan foto dengan efek bokeh (bagian belakang objek menjadi kabur / blur). Hasilnya lebih natural dibanding pemrosesan melalui piranti lunak pada kedua ponsel Android. Baik Google Pixel dan HTC U11 hanya memiliki kamera tunggal.

Yang menjadi pertanyaan, apakah ponsel besutan Google generasi kedua akan mampu mengambil ulang tahta iPhone 8 Plus. Google sendiri diperkirakan akan merilis seri Pixel 2 pada 4 Oktober mendatang. Sayangnya belum diketahui banyak mengenai spesifikasi kamera utama ponsel Google tersebut.

Simak terus update informasinya di UlasAbis.com!

(cyt)

About the Author

UlasMaster Chan

Sebagai seorang techie, UlasMasterChan gemar mengikuti perkembangan teknologi gadget, fotografi dan aplikasi perangkat mobile. Ponsel yang digunakan: Xiaomi Mi 5S, Samsung Galaxy A3

comment

Belum Ada Komentar

createTulis Komentar

• Alamat Email Anda Tidak Akan Dipublikasikan.
• Harap Maklum: Komentar akan melalui Tahap Moderasi, jadi tidak langsung muncul di sini :-).