2017-10-05

Kamera Pixel 2 Lebih Baik Dari iPhone 8 Dan Galaxy Note 8

05 Oktober 2017,

Baru saja dirilis, kualitas kamera Pixel 2 langsung diketahui melalui uji yang dilakukan DxOMark. Hasil jepretannya dinilai lebih baik dari ponsel anyar pesaing yakni seri iPhone 8 dan Galaxy Note 8.

DxOMark merupakan uji benchmark khusus hasil jepretan kamera yang dilakukan oleh DxO Lab. Hasil benchmark selalu dijadikan patokan dalam membandingkan kualitas kamera pada ponsel pintar.

Diuji DxO, Pixel 2 dinobatkan sebagai ponsel dengan hasil jepretan terbaik saat ini, meraih nilai 98 di atas nilai yang dicapai iPhone 8 Plus dan Galaxy Note 8 yang keduanya mencapai angka 94. Dengan demikian dua generasi ponsel Pixel selalu menghasilkan jepretan terbaik setelah tahun 2016 lalu Pixel generasi pertama menjadi yang terbaik.

Dinilai oleh DxOMark, Pixel 2 memiliki jangkauan dinamik yang lebar untuk semua kondisi pencahayaan. Detail objek juga tampak sangat baik dan tajam. Fitur stabilisasi OIS dan EIS terbukti mampu menghasilkan gambar tajam meski adanya goyangan pada ponsel. Autofokus akurat dan cepat, berkat autofokus laser dan PDAF Dual Pixel.

Noise yang dihasilkan juga minim dengan keseimbangan putih yang baik. Meski dengan kamera tunggal, Pixel 2 bisa menghasilkan foto dengan latar blur (bokeh) melalui bantuan piranti lunak pada aplikasi kamera.

Spesifikasi kamera Pixel 2 terbilang cukup biasa ditemukan pada ponsel kelas atas, yakni sensor tunggal beresolusi 12MP dengan lensa f/1.8 dan ukuran sensor 1/2.6 inci dengan ukuran piksel sensor 1.4 mikron. Fitur lainnya mencakup stabilisasi EIS dan OIS, autofokus berbasis laser dan PDAF Dual Pixel.

Yang istimewa dari kamera Pixel 2 adalah piranti lunak yang dikembangkan tim Google untuk dapat menghasilkan foto berkualitas tinggi. Teknologi ini dikenal dengan sebutan HDR+ dan saat ini hanya tersedia di seri Pixel. Gabungan piranti keras dan lunak inilah yang diandalkan Google untuk bersaing dengan iPhone 8 Plus dan Galaxy Note 8 yang memiliki spesifikasi kamera belakang lebih tinggi dengan sensor ganda.

Meski demikian, Apple masih memiliki 1 model ponsel lain yang akan segera dirilis, yaitu iPhone X yang akan mulai dijual pada pertengahan bulan November mendatang. Apple masih ada waktu beberapa bulan meningkatkan kualitas piranti lunaknya untuk dapat menghasilkan jepretan sebaik atau lebih baik dari Pixel 2.

(cyt)

About the Author

UlasMaster Chan

Sebagai seorang techie, UlasMasterChan gemar mengikuti perkembangan teknologi gadget, fotografi dan aplikasi perangkat mobile. Ponsel yang digunakan: Xiaomi Mi 5S, Samsung Galaxy A3

comment

Belum Ada Komentar

createTulis Komentar

• Alamat Email Anda Tidak Akan Dipublikasikan.
• Harap Maklum: Komentar akan melalui Tahap Moderasi, jadi tidak langsung muncul di sini :-).