2017-10-11

Nokia Menghentikan Pengembangan Teknologi VR

11 Oktober 2017,

Setelah beranjak dari industri ponsel pintar, Nokia memiliki fokus ke industri kesehatan digital, melisensikan teknologi, paten dan merek serta pengembangan teknologi Virtual Reality (VR). Namun informasi resmi terbaru mengungkap Nokia mulai mengurangi investasinya di pengembangan VR.

Platform VR besutan Nokia yang disebut dengan OZO VR diumumkan pada tahun 2015 lalu, menjanjikan pengalaman menghasilkan konten VR teratas. Teknologi ini mengandalkan berbagai perangkat keras dan perangkat lunak yang salah satunya adalah kamera VR OZO.

Kamera canggih ini dilengkapi 8 lensa dan sensor yang disertai dengan 8 mikrofon. Kombinasi perangkat keras tersebut mampu menghasilkan rekaman video stereoskopi 360 derajat hingga 30 frame per detik. Pengendalian kamera pun dilakukan secara nirkabel menggunakan remote OZO. Selain itu terdapat program OZO Creator untuk menyatukan gambar menjadi konten VR.

Namun rilis media terbaru menyebutkan bahwa Nokia akan mengurangi investasi pengembangan teknologi VR ini. Langkah ini mengakibatkan pengurangan tenaga kerja sebanyak 310 dari 1090 karyawan Nokia Technologies di Finlandia.

Alasan Nokia mulai memperlambat pengembangan VR adalah karena permintaan terhadap produk VR yang tidak sesuai harapan. Platform OZO dibanderol seharga US$ 45,000 atau sekitar Rp. 610 juta dan sudah digunakan oleh perusahaan besar dalam industri per-film-an dunia seperti Disney dan Sony Pictures. Sayangnya meski dengan harga yang mahal tersebut, penjualannya belum mampu menopang biaya pengembangannya.

Meskipun demikian Nokia akan tetap memberikan dukungan terhadap pelanggannya saat ini. Platform OZO pun masih tetap dapat dibeli melalui situs resminya. Sayangnya platform VR canggih ini kecil kemungkinannya untuk dapat dinikmati oleh fans teknologi kebanyakan. Untuk saat ini, produk VR buatan Samsung yaitu Gear 360 masih satu-satunya perangkat VR yang dapat dijangkau oleh banyak orang.

(cyt)

About the Author

UlasMaster Chan

Sebagai seorang techie, UlasMasterChan gemar mengikuti perkembangan teknologi gadget, fotografi dan aplikasi perangkat mobile. Ponsel yang digunakan: Xiaomi Mi 5S, Samsung Galaxy A3

comment

Belum Ada Komentar

createTulis Komentar

• Alamat Email Anda Tidak Akan Dipublikasikan.
• Harap Maklum: Komentar akan melalui Tahap Moderasi, jadi tidak langsung muncul di sini :-).