2017-10-18

Pixel 2 Dibekali Chip Pengolah Foto Istimewa

18 Oktober 2017,

Ponsel canggih terbaru besutan Google Pixel 2 baru diperkenalkan sekitar dua minggu tidak hanya dibekali spesifikasi tinggi dan dukungan langsung Google, namun juga piranti keras yang tidak ada di ponsel pintar lain.

Dalam blog Google, Pixel 2 dipaparkan memiliki chip yang bernama Pixel Visual Core yang terdiri dari 8-inti pengolah data khusus hasil pencitraan dari kamera.

Uniknya, chip performa tinggi ini belum difungsikan di dalam Pixel 2. Google baru akan mengaktifkannya saat dalam Android 8.1 Oreo yang akan dirilis beberapa minggu lagi. Meski demikian, hasil jepretan Pixel 2 sudah dinobatkan sebagai yang terbaik jauh di atas iPhone 8 dan Galaxy Note 8 berkat teknologi aplikasi HDR+.

Mungkin Anda pernah berfoto dan mendapati objek di depan tampak gelap sementara latar tampak terang. Dengan Pixel 2 hal tersebut tidak akan terjadi berkat HDR+. HDR+ merupakan teknologi pencitraan yang dapat menghasilkan gambar dengan cakupan dinamik yang tinggi sehingga objek dan latar memiliki tingkat kecerahan yang setara.


Kanan: dengan HDR+


Kanan: dengan HDR+

Fungsi ini memiliki algoritma yang kompleks dan membutuhkan performa tinggi. Saat ini fungsi HDR+ masih mengandalkan CPU aplikasi yang sama dengan yang digunakan sistem operasi. Dengan menggunakan chip khusus HDR+ akan berjalan 5 kali lebih cepat dan tidak membebani CPU utama.

Tidak hanya untuk HDR+, nantinya chip khusus pencitraan ini akan tersedia bagi pengembang aplikasi pihak ketiga untuk digunakan pada aplikasinya. Pembuat aplikasi kamera yang tersedia di Play Store nantinya akan dapat menggunakan chip ini untuk menghasilkan kualitas foto yang baik.

(cyt)

About the Author

UlasMaster Chan

Sebagai seorang techie, UlasMasterChan gemar mengikuti perkembangan teknologi gadget, fotografi dan aplikasi perangkat mobile. Ponsel yang digunakan: Xiaomi Mi 5S, Samsung Galaxy A3

comment

Belum Ada Komentar

createTulis Komentar

• Alamat Email Anda Tidak Akan Dipublikasikan.
• Harap Maklum: Komentar akan melalui Tahap Moderasi, jadi tidak langsung muncul di sini :-).