2017-11-11

Masalah Layar iPhone X: Garis Hijau Di Pinggir Layar

11 November 2017,

Baru beberapa hari diluncurkan, iPhone X mulai dilaporkan memiliki masalah pada layarnya. Padahal ponsel flagship Apple ini mengusung layar OLED tercanggih di industri ponsel saat ini.

Masalah ini muncul di berbagai situs teknologi global dan jejaring sosial Twitter. Salah satu akun menggunggah gambar iPhone X dengan garis hijau di tepi kanan layar. Kicauan tersebut direspon oleh pengguna iPhone X lainnya yang juga mengalami masalah yang sama.

Beberapa gambar yang diunggah menampilkan garis hijau yang berbeda tempat, namun semuanya terjadi pada bagian tepi layar vertikal dari atas sampai bawah. Lebar garis hijau tampak bervariasi sekitar 10 – 20 piksel. Namun sudah pasti garis hijau tersebut tidaklah diharapkan atau bagian dari fitur tertentu.

Tim pendukung Apple merespon kicauan dengan menanyakan versi iOS iPhone X bermasalah dan merekomendasikan diperbarui ke iOS 11.1. Sayangnya hingga saat ini belum diketahui apakah versi iOS 11.1 memperbaiki masalah garis hijau tersebut.

Apple belum menyediakan jawaban resmi terhadap masalah layar iPhone X. Melihat banyaknya pengguna yang terdampak, kemungkinan Apple sudah mendalami masalah ini.

Berbicara teknis iPhone X mengusung layar canggih Super Retina HD Display tipe OLED dengan fitur tampilan HDR yang meningkatkan rasio kontras tampilan hingga 1,000,000:1. Panel OLED yang digunakan pada iPhone X adalah buatan Samsung, produsen OLED terbesar di dunia yang sudah lama berkecimpung menghasilkan layar Super AMOLED untuk ponsel besutannya.

Beberapa waktu lalu layar OLED yang diusung pada ponsel Google Pixel 2 juga didera keluhan penggunanya. Namun masalahnya berbeda dari yang dialami iPhone X, yaitu masalah pada rendahnya kontras tampilan dan masalah “burn-in” yakni tampilan yang membekas pada layar. Selain itu OLED pada Pixel 2 diproduksi oleh LG sehingga tidak terkait dengan OLED iPhone X buatan Samsung.

Simak update informasinya di UlasAbis.com!

(cyt)

About the Author

UlasMaster Chan

Sebagai seorang techie, UlasMasterChan gemar mengikuti perkembangan teknologi gadget, fotografi dan aplikasi perangkat mobile. Ponsel yang digunakan: Xiaomi Mi 5S, Samsung Galaxy A3

comment

Belum Ada Komentar

createTulis Komentar

• Alamat Email Anda Tidak Akan Dipublikasikan.
• Harap Maklum: Komentar akan melalui Tahap Moderasi, jadi tidak langsung muncul di sini :-).