2017-11-15

MediaTek Istirahat Dari Persaingan Chipset Kelas Atas

15 November 2017,

Pabrikan chipset ponsel pintar asal Taiwan, MediaTek, memang kurang bersinar pada jajaran ponsel kelas atas yang kebanyakan mengusung chip buatan Qualcomm, Samsung atau Huawei.

MediaTek sebenarnya memiliki chip Helio X30 yang sejajar dengan Snapdragon 835 dari Qualcomm, Exynos 8895 dari Samsung, Kirin 970 dari Huawei dan A11 dari Apple. Semua jantung ponsel pintar tersebut sama-sama diproduksi menggunakan teknologi fabrikasi 10nm sehingga memiliki efisiensi yang setara.

Dari sekian banyak ponsel kelas atas, hanya ada dua model yang mempercayakan Helio X30 sebagai chipsetnya, yaitu Meizu Pro 7 Plus dan Elephone X8 Lite di China. Hal ini membuat MediaTek akhirnya memutuskan untuk mundur dari persaingan chipset kelas atas untuk sementara, seperti yang dilansir dari situs Gearburn.

Chipset MediaTek generasi sebelumnya Helio X20 dan X25 sempat menjadi primadone pada ponsel kelas menengah atas. Namun Helio X30 tidak dapat meneruskan posisi chipset lawasnya lantaran terlalu premium untuk ponsel kelas menengah atas dan tidak mendukung modem berkecepatan tinggi yang menjadi tuntutan pasar di berbagai negara.

MediaTek disebut akan tetap membesut chip menengah premiumnya yaitu seri Helio P yang saat ini digemari oleh pabrikan asal China seperti Oppo dan Vivo serta pabrikan besar seperti Samsung. Contohnya, Oppo F5 yang baru saja dirilis di Indonesia ditenagai chipset MediaTek Helio P23.

Setidaknya MediaTek tidak akan merilis chipset Helio X terbarunya pada 2018 mendatang. Seri Helio P sendiri sudah tentu akan tetap melahirkan model baru dengan berbagai peningkatan performa dan fitur.

(cyt)

About the Author

UlasMaster Chan

Sebagai seorang techie, UlasMasterChan gemar mengikuti perkembangan teknologi gadget, fotografi dan aplikasi perangkat mobile. Ponsel yang digunakan: Xiaomi Mi 5S, Samsung Galaxy A3

comment

Belum Ada Komentar

createTulis Komentar

• Alamat Email Anda Tidak Akan Dipublikasikan.
• Harap Maklum: Komentar akan melalui Tahap Moderasi, jadi tidak langsung muncul di sini :-).