2017-12-15

Pengenal Wajah iPhone X Di-Bypass Teman, Pengguna Ditawari Refund

15 Desember 2017,

Salah satu fitur andalan Apple iPhone X adalah sensor pengenal wajah yang dinamai FaceID. Fitur ini diklaim lebih aman dari sensor sidik jari. Namun kabar terbaru mengungkap bahwa wajah yang mirip dapat membuka FaceID.

Kemungkinan orang lain dapat membuka FaceID seseorang adalah 1,000,000 : 1 dan diklaim Apple lebih baik dari sensor sidik jari yang populer di ponsel 1 tahun ke belakang. Namun di negara yang berpenduduk 1.3 milliar akan ada sekitar 1,300 orang yang dapat membuka FaceID seseorang.

Hal ini pun terjadi pada seseorang yang rekan sekantornya dapat membuka FaceID pada iPhone X miliknya. Dilansir dari situs berita JSTV, disebutkan seorang wanita bernama Yan mendapati iPhone X yang baru dibelinya dapat dibuka oleh rekan sekantor yang memiliki wajah agak mirip. Semirip apa? Bisa dilihat di foto di bawah ini.


Dua wajah wanita di China yang dapat membuka FaceID yang sama

Terkejut, sang pemilik iPhone X menghubungi pelayanan pelanggan Apple yang kontan langsung tidak mempercayai laporannya. Lalu kedua wanita itu membawa iPhone X ke Apple Store untuk mendemonstrasikan langsung ke staf Apple. Sang staf langsung mengklaim bahwa masalahnya ada di kamera pengenal wajah yang rusak dan menawarkan iPhone X pengganti.

Namun iPhone X pengganti tersebut juga mengalami hal yang sama pada FaceID-nya, yaitu dapat dibuka oleh kedua wanita. Akhirnya staf Apple menawarkan refund penuh atas iPhone X kepada sang pemilik. Sayangnya tidak disebut apakah sang staf Apple juga menyalahkan kamera FaceID pada iPhone X kedua.

Terhadap kasus ini Apple tidak melontarkan komentar dan sepertinya tidak akan menggubrisnya. Kepercayaan fitur FaceID terbilang sangat tinggi dari materi pemasarannya dan pernyataan-pernyataan petinggi Apple pada berbagai kesempatan, termasuk saat peluncuran iPhone X.

Apple sendiri menghilangkan sensor sidik jari atau yang disebut TouchID pada iPhone X dan berencana menghapusnya pada model-model iPhone yang akan datang. Fitur FaceID menuai opini yang berbeda-beda dari penggunanya, beberapa memilih mematikan fitur ini sama sekali dan menggunakan password untuk mengamankan perangkatnya.

(cyt)

About the Author

UlasMaster Chan

Sebagai seorang techie, UlasMasterChan gemar mengikuti perkembangan teknologi gadget, fotografi dan aplikasi perangkat mobile. Ponsel yang digunakan: Xiaomi Mi 5S, Samsung Galaxy A3

comment

Belum Ada Komentar

createTulis Komentar

• Alamat Email Anda Tidak Akan Dipublikasikan.
• Harap Maklum: Komentar akan melalui Tahap Moderasi, jadi tidak langsung muncul di sini :-).