2017-12-15

Ponsel Vivo Di 2018 Akan Dilengkapi Sensor Sidik Jari Di Dalam Layar

15 Desember 2017,

Sensor sidik jari di dalam layar bukanlah teknologi yang mudah diwujudkan setelah kegagalan yang dialami Apple dan Samsung. Namun pabrikan komponen Synaptics baru-baru ini mengumumkan tersedianya teknologi ini dan akan segera hadir di ponsel buatan Vivo pada 2018.

Hal ini terungkap dari pemberitaan di situs berita Forbes. Synaptics akan mengirimkan komponen teknologi sidik jari di dalam layar ke pabrikan ponsel Vivo. Komponen bernama Clear ID FS9500 ini disebut sebagai sensor sidik jari dalam layar pertama di dunia.

Sensor ini didesain untuk dipasang pada ponsel dengan model layar penuh tipe OLED yang populer di paruh kedua tahun 2017, termasuk ponsel Vivo pada V7 dan V7+. Kedua model tersebut memiliki sensor sidik jari di bagian belakang karena tidak adanya tempat di bawah layar akibat desain bezel yang tipis. Namun dengan sensor sidik jari buatan Synaptics, pengguna nantinya dapat menggunakan sidik jari untuk membuka perangkat dari bagian depan perangkat.

Clear ID sendiri merupakan pemindai sidik jari dengan tipe optik, terdiri dari sensor CMOS dengan ketebalan kurang dari 0.7 milimeter. Sensor ini bekerja ketika ujung jari pengguna menekan layar OLED dan memindai pola yang tercetak dari balik layar, lalu mengirimkan informasinya ke pengolah keamanan ponsel di dalam chipset. Fungsi Clear ID ini sama dengan sensor sidik jari pada umumnya, yaitu kemampuan digunakan untuk otentikasi pengguna untuk aplikasi dan fungsi enkripsi yang melindungi informasi sidik jari tersimpan.

Teknologi sensor sidik jari di dalam layar sempat akan dipasangkan pada Galaxy Note 8 oleh Samsung dan iPhone X oleh Apple. Namun kedua raksasa industri ponsel pintar tersebut gagal dalam mengimplementasikan teknologinya untuk diproduksi secara masif. Apple sendiri tidak lagi mau mengadopsi teknologi sidik jari yang selama ini dinamai TouchID, namun mulai mengandalkan fitur FaceID yaitu pengenal wajah untuk menjalankan fungsi keamanan perangkatnya.

(cyt)

About the Author

UlasMaster Chan

Sebagai seorang techie, UlasMasterChan gemar mengikuti perkembangan teknologi gadget, fotografi dan aplikasi perangkat mobile. Ponsel yang digunakan: Xiaomi Mi 5S, Samsung Galaxy A3

comment

Belum Ada Komentar

createTulis Komentar

• Alamat Email Anda Tidak Akan Dipublikasikan.
• Harap Maklum: Komentar akan melalui Tahap Moderasi, jadi tidak langsung muncul di sini :-).