2017-12-17

Google Menutup Project Tango

17 Desember 2017,

Google mengumumkan penutupan project bertema Augmented Reality (AR) yang bernama Tango. Namun langkah ini bukan berarti Google keluar dari pengembangan AR.

Hal ini diketahui dari kicauan di akun Twitter Project Tango yang menyebutkan project tersebut akan ditutup pada tanggal 18 Maret 2018 mendatang. Project yang sudah dikawal sejak 3 tahun lalu akan dilanjutkan ke platform AR Google lainnya bernama ARCore.

Project Tango sendiri sudah menghasilkan dua ponsel yang mengadopsi teknologi ini, yaitu Lenovo Phab 2 Pro dan ASUS Zenfone AR. Keduanya adalah ponsel berspesifikasi menengah atas yang memang diperlukan untuk dapat menjalankan fitur AR dari Project Tango dengan lancar. Tinggi spesifikasi yang dibutuhkan dan kamera khusus pendukung AR menyebabkan ponsel-ponsel ini memiliki harga yang tinggi, sulit dijangkau oleh kebanyakan pecinta teknologi.

Berbeda dengan Tango, platform ARCore bertujuan menyediakan teknologi AR ke ponsel-ponsel yang banyak tersedia di pasaran saat ini. Kapabilitas dari Tango rencananya akan tersedia di platform ARCore. Saat ini hanya ponsel Pixel dan Pixel 2 yang mendukung ARCore. Namun Google berencana menerapkan ARCore ke sistem operasi Android secara utuh dan dipakai di seluruh ponsel berbasis Android.

Augmented Reality nantinya akan dapat dinikmati untuk berbagai tujuan, seperti desain 3D interior, eksterior ataupun bermain game. Tampilan dunia luar pada kamera akan digabungkan dengan objek yang diciptakan oleh aplikasi dan interaksi dapat terjadi secara dua arah.

(cyt)

About the Author

UlasMaster Chan

Sebagai seorang techie, UlasMasterChan gemar mengikuti perkembangan teknologi gadget, fotografi dan aplikasi perangkat mobile. Ponsel yang digunakan: Xiaomi Mi 5S, Samsung Galaxy A3

comment

Belum Ada Komentar

createTulis Komentar

• Alamat Email Anda Tidak Akan Dipublikasikan.
• Harap Maklum: Komentar akan melalui Tahap Moderasi, jadi tidak langsung muncul di sini :-).