2017-12-27

Oppo A83 Dirilis Tanpa Sensor Sidik Jari

27 Desember 2017,

Oppo merilis A83 yang memiliki desain layar lebar berbezel tipis di atas dan bawah layar. Berbeda dari model-model yang baru-baru ini dirilis, A83 hadir tanpa sensor sidik jari di bagian belakangnya.

Secara desain dan spesifikasi, ponsel kelas menengah ini sama dengan Oppo F5 Youth namun dengan perbedaan terletak pada ukuran dan resolusi layar yang lebih kecil yakni hanya 5.7 inci HD+ 1440 x 720 piksel. Spesifikasi chipset kedua ponsel ini sama, yakni MediaTek Helio P23 MT6763T.

Cek: Perbedaan lengkap Oppo A83 vs. F5 Youth di sini.

Perbedaan lainnya adalah pada sensor sidik jari yang pada F5 Youth terletak di bagian belakang perangkat. Pada A83, sensor sidik jari tidak lagi tersedia. Fitur pengamanan perangkat digantikan oleh kamera depan yang berfungsi juga sebagai pengenal wajah.

Oppo mengikuti langkah Apple yang menghilangkan Touch ID, fitur sensor sidik jari pada seri iPhone 7 dan 7s, yang tidak lagi dipakai pada iPhone X namun digantikan dengan FaceID.

Oppo mengklaim sensor pengenal wajahnya dapat mengenali dan membuka perangkat hanya dalam waktu 0.18 detik saja, jauh lebih cepat dari fitur serupa pada OnePlus 5T yang membutuhkan waktu 0.4 detik meski spesifikasinya lebih tinggi.

Pada kamera, Oppo tidak menyematkan sensor resolusi tinggi pada A83 seperti yang pada F5 Youth. Sensor kamera belakang memiliki resolusi 13MP sementara sensor kamera depan 8MP yang dilengkapi fitur AI Beauty untuk selfie.

Baterai yang diusung A83 memiliki kapasitas 3,180mAh dengan fitur isi daya cepat VOOC. Sistem operasi yang terpasang adalah Android 7.1 Nougat dengan balutan ColorOS 3.2. Sayangnya Oppo tidak membekali A83 dengan NFC yang cukup berguna di Indonesia untuk membaca saldo kartu e-money.

Oppo memasang harga A83 di 1,399 Yuan atau sekitar Rp. 2.9 juta dan sudah bisa dipesan di toko resmi Oppo di China. Penjualannya sendir baru dimulai tanggal 29 Desember mendatang.

(cyt)

About the Author

UlasMaster Chan

Sebagai seorang techie, UlasMasterChan gemar mengikuti perkembangan teknologi gadget, fotografi dan aplikasi perangkat mobile. Ponsel yang digunakan: Xiaomi Mi 5S, Samsung Galaxy A3

comment

Belum Ada Komentar

createTulis Komentar

• Alamat Email Anda Tidak Akan Dipublikasikan.
• Harap Maklum: Komentar akan melalui Tahap Moderasi, jadi tidak langsung muncul di sini :-).