2018-01-12

Apple Dituntut 370 Ribu Orang Karena Melambatkan iPhone

12 Januari 2018,

Apple mengakui memperlambat iPhone generasi lawasnya pada Desember lalu, namun mengklaim hal tersebut dilakukan bertujuan untuk memperpanjang umur baterai yang sudah kurang bagus. Meski sudah menawarkan diskon tinggi untuk penggantian baterai dan mengembalikan kecepatan, banyak pengguna tetap keberatan dan merasa dirugikan.

Hal ini berbuntut pada dituntutnya Apple oleh ratusan ribu penggunanya di Korea Selatan. Dilansir dari situs Cult of Mac, sebanyak 370,000 individu melayangkan gugatan ke Apple di Pengadilan Seoul pada hari Kamis lalu, menuntut ganti rugi sekitar 2.2 juta Won atau sekitar Rp. 28 juta per orang dengan total sekitar Rp. 10 triliun. Seluruh pengguna ini merasakan dan terdampak langsung dari melambatnya iPhone mereka.

Di bawah undang-undang Korea Selatan, setiap penyedia pembaruan sistem operasi wajib menginformasikan di depan seluruh perubahan yang terjadi pada perangkat sebelum konsumen membeli perangkat. Apple dituduh tidak menginformasikan tentang perlambatan perangkat setelah kondisi tertentu dicapai.

Apple sendiri sebelumnya sudah menyatakan bahwa perlambatan tersebut bertujuan untuk memperpanjang umur baterai akibat berkurangnya kualitas baterai lithium-ion pada seri iPhone 6 dan iPhone 6s serta iPhone SE. Disebutkan Apple bahwa baterai yang sudah tua tidak mampu memasok arus puncak sehingga kinerja chipset harus dijaga agar tidak menjadi tinggi guna mencegah perangkat mati mendadak.

Apple mencoba “berdamai” dengan pengguna yang kecewa dan marah dengan memberikan potongan dari US$ 50 menjadi US$ 29 untuk penggantian baterai iPhone 6, iPhone 6s dan iPhone SE hingga Desember 2018 mendatang untuk mengembalikan performa baterai dan performa perangkat secara keseluruhan.

Tentunya masalah ini bisa menjadi batu sandungan baik secara finansial atau kekuatan merek Apple iPhone di masa yang akan datang. Bagaimana Apple akan menangani masalah ini patut ditunggu.

(cyt)

About the Author

UlasMaster Chan

Sebagai seorang techie, UlasMasterChan gemar mengikuti perkembangan teknologi gadget, fotografi dan aplikasi perangkat mobile. Ponsel yang digunakan: Xiaomi Mi 5S, Samsung Galaxy A3

comment

Belum Ada Komentar

createTulis Komentar

• Alamat Email Anda Tidak Akan Dipublikasikan.
• Harap Maklum: Komentar akan melalui Tahap Moderasi, jadi tidak langsung muncul di sini :-).