2018-01-24

Vivo X20 Plus UD: Dengan Sensor Sidik Jari Di Layar Pertama Di Dunia

24 Januari 2018,

Pabrikan ponsel asal China, Vivo, berhasil menjadi yang pertama dalam meluncurkan ponsel pintar dengan teknologi sensor sidik jari di dalam layar. Ponsel ini dinamai X20 Plus UD dan sudah dapat dipesan di China.

Teknologi sensor sidik jari di dalam layar sebelumnya sempat dicoba oleh Samsung untuk Galaxy S8 dan Note 8 dan Apple untuk iPhone X. Namun kedua pabrikan ponsel teratas dunia ini tidak mampu mengusungnya untuk diproduksi massal.

Vivo bekerja sama dengan perusahaan asal Amerika Serikat, Synaptics, mengembangkan X20 Plus UD yang dilengkapi sensor sidik jari di dalam layar. Meski berada di dalam layar, Vivo mengklaim sidik jari mampu dikenali dalam waktu 0.6 hingga 0.7 detik.

Sensor sidik jari tersebut menggunakan teknologi photoelectric reflection yang terdiri dari piksel RGB yang mampu menembus layar di atasnya hingga ketebalan 0.68mm untuk mencapai permukaan jari membaca sidik jari.

Pada spesifikasinya, Vivo tidak membedakan X20 Plus UD dari X20 Plus yang sudah dirilis sebelumnya. Platformnya mengandalkan Snapdragon 660 dengan RAM berkapasitas 4GB dan ROM 128GB yang dapat ditambah dengan kartu microSD. Baterainya memiliki kapasitas 3,800mAh sedikit lebih kecil dibanding versi X20 Plus reguler dengan baterai 3,905mAh, kemungkinan untuk mengakomodir sensor sidik jari di dalam layar.

Kamera belakang memiliki dua sensor dengan resolusi 12MP dan 5MP. Lensanya hadir dengan bukaan f/1.8. Pada kamera depan terdapat sensor 16MP dengan lensa f/2.0 untuk selfie dan panggilan video. Vivo juga membenamkan chip khusus fotografi dengan RAM khusus 256MB.

Vivo X20 Plus UD dibanderol dengan harga 3,598 Yuan atau sekitar Rp. 7.7 juta. Ponsel ini mulai tersedia untuk dipesan hari ini dan akan dikirim mulai tanggal 29 Januari mendatang. Sayangnya tidak konfirmasi apakah ponsel ini akan tersedia di negara lain, termasuk di Indonesia.

(cyt)

About the Author

UlasMaster Chan

Sebagai seorang techie, UlasMasterChan gemar mengikuti perkembangan teknologi gadget, fotografi dan aplikasi perangkat mobile. Ponsel yang digunakan: Xiaomi Mi 5S, Samsung Galaxy A3

comment

Belum Ada Komentar

createTulis Komentar

• Alamat Email Anda Tidak Akan Dipublikasikan.
• Harap Maklum: Komentar akan melalui Tahap Moderasi, jadi tidak langsung muncul di sini :-).