2018-01-27

Google Clips, Kamera Pintar Otomatis Dengan AI

27 Januari 2018,

Google merilis produk pintar terbarunya Google Clips. Perangkat kamera ini dapat menangkap klip pendek dan foto secara otomatis berkat kemampuan mengenali ekspresi wajah, kondisi pencahayaan dan framing subjek.

Google Clips mengandalkan chip canggih yang dilengkapi alogritma pembelajaran mesin yang dinamai Moment IQ. Chip ini dapat mengenali ekspresi wajah dan mendeteksi apakah sebuah momen pantas direkam. Selain itu framing dan pencahayaan juga diatur otomatis saat perekeman. Klip yang direkam hanyalah video saja, tanpa audio. Perangkat ini juga menangkap gambar foto.

Dilihat spesifikasinya, Google Clips memiliki lensa yang dilindungi Gorilla Glass 3 dan fokus tetap (fixed). Konektivitasnya menggunakan WiFi Direct atau Bluetooth LE ke perangkat Android minimal versi 7.0 Nougat ataupun iPhone minimal iOS 10. Perangkat ini tidak membutuhkan koneksi internet sehingga hasil rekaman bersifat lokal dan aman. Media penyimpanan yang tersedia mencapai 16GB.

Baterai di dalam perangkat ini mampu bertahan untuk 3 jam perekaman pintar. Beratnya hanya 60 gram dan dapat dipasang menggunakan klip pada berbagai tempat, atau didirikan di atas meja. Sayangnya tidak ada informasi resolusi klip yang dapat direkam.

Keistimewaan Google Clips tampaknya hanya ada pada fitur kepintaran buatan AI yang terus menerus belajar mencari momen terbaik yang patut direkam. Secara piranti keras, spesifikasinya standar saja, tidak ada sistem autofokus, sensor canggih atau lensa untuk pencahayaan redup.

Google Clips sudah mulai dipasarkan di Amerika Serikat melalui toko Google resmi dengan banderol US$ 249 atau sekitar Rp. 3.3 juta. Apakah perangkat ini akan populer masih menjadi pertanyaan besar.

(cyt)

About the Author

UlasMaster Chan

Sebagai seorang techie, UlasMasterChan gemar mengikuti perkembangan teknologi gadget, fotografi dan aplikasi perangkat mobile. Ponsel yang digunakan: Xiaomi Mi 5S, Samsung Galaxy A3

comment

Belum Ada Komentar

createTulis Komentar

• Alamat Email Anda Tidak Akan Dipublikasikan.
• Harap Maklum: Komentar akan melalui Tahap Moderasi, jadi tidak langsung muncul di sini :-).