2018-02-23

Google Assistant Akan Tersedia Dalam Bahasa Indonesia

23 Februari 2018,

Google mengumumkan akan memperluas cakupan bahasa aplikasi asisten pribadi virtualnya ke lebih banyak negara dengan mendukung lebih banyak bahasa, salah satunya adalah bahasa Indonesia.

Dilansir dari blog Google, Google Assistant akan dikembangkan dengan cakupan yang lebih luas dan fitur-fitur baru. Sebanyak 30 bahasa baru akan ditambahkan, melengkapi 8 dukungan bahasa yang sudah tersedia saat ini.

Bahasa yang akan didukung antara lain Denmark, Belanda, Hindi, Norwegia, Swedia, Thailand dan Indonesia. Dukungan bahasa ini akan ditambahkan sepanjang tahun 2018 ini dan nantinya Google Assistant akan dapat dinikmati 95 persen ponsel Android secara global. Perlu dicatat bahwa hanya Android versi 7.0 Nougat ke atas yang dapat menikmati bantuan Google Assistant.

Selain bahasa, Google juga akan mengintegrasikan program Google Assistant dengan perangkat keras yang didedikasikan untuk Kecerdasan Buatan atau AI. Seperti diketahui sebelumnya banyak chipset ponsel pintar kelas atas sudah dipasangi chip khusus yang disediakan untuk program AI sehingga tidak membebani CPU utama. Ponsel besutan LG, Sony dan Xiaomi akan termasuk dari integrasi ini.

Google Assistant nantinya juga akan mampu memberikan saran berdasarkan lokasi pengguna. Keterhubungan dengan perangkat Google lain seperti Google Home juga akan didukung. Fitur “Routine” akan memudahkan pengguna melakukan beberapa hal sekaligus hanya dengan satu perintah, yang sangat berguna untuk kegiatan yang bersifat rutinitas.

(cyt)

About the Author

UlasMaster Chan

Sebagai seorang techie, UlasMasterChan gemar mengikuti perkembangan teknologi gadget, fotografi dan aplikasi perangkat mobile. Ponsel yang digunakan: Xiaomi Mi 5S, Samsung Galaxy A3

comment

Belum Ada Komentar

createTulis Komentar

• Alamat Email Anda Tidak Akan Dipublikasikan.
• Harap Maklum: Komentar akan melalui Tahap Moderasi, jadi tidak langsung muncul di sini :-).