Kamus Teknologi – Pixel

Pixel merupakan komponen terkecil dari layar tampilan yang memberikan penampakan warna dan garis yang secara bersama-sama dengan pixel-pixel berdekatan membentuk tampilan grafis yang dapat dilihat oleh pengguna. Pixel biasanya terdiri dari 3 warna dasar, yaitu merah, hijau dan biru. Seluruh jenis warna dapat dihasilkan dengan kombinasi ketiga warna dasar tersebut. Gambar di bawah memperlihatkan 9 pixel yang masing-masing terbagi menjadi 3 sub-pixel berwarna merah, hijau dan biru.

pixel

9 pixel dengan 3 sub-pixel per pixel

Pixel Density / Pixel, Densitas / PPI

Kepadatan pixel diukur dengan menghitung jumlah pixel dalam luasan 1 inci persegi. Semakin tinggi angka kepadatan pixel, semakin halus garis-garis yang tampak di layar tanpilan. Kepadatan pixel di atas 312 ppi sulit dibedakan oleh pengguna. Apple manamai layar tampilan dengan kepadatan 312 ppi ini dengan nama marketing Retina Display. Saat ini, kepadatan pixel tertinggi dimiliki oleh ponsel pintar Sony Xperia Z5 Premium Edition dengan kepadatan 808 ppi.

Ponsel dengan kepadatan pixel yang tinggi membuat citra tampilan layar lebih nyaman dilihat. Tetapi daya yang digunakan juga lebih tinggi karena dibutuhkan energi untuk menyalakan lebih banyak pixel, sehingga baterai lebih cepat habis. Ingat bahwa komponen layar adalah bagian yang paling banyak memakan daya baterai dibanding komponen CPU atau siaga jaringan. Bagi Anda yang mengutamakan ketahanan baterai, disarankan ponsel dengan layar HD yang sudah memberikan tampilan citra cukup halus.

 

Index Kamus