Kamus Teknologi – System on Chip

SoC atau System-on-Chip atau biasa disebut Chipset adalah kesatuan chip yang mengintegrasikan chip-chip dengan berbagai fungsi ke dalam satu paket yang membentuk satu buah sistem. Chip-chip yang diintegrasikan antara lain chip CPU / Processor, chip Grafis atau GPU, chip yang mengolah informasi dari Kamera, akses jaringan 4G atau 3G, chip sensor, chip WiFi, dan lain-lain.


Gambar 1: Skematik SoC yang disederhanakan

Contoh SoC adalah seri Snapdragon buatan Qualcomm, seri MT6 buatan MediaTek, Exynos buatan Samsung, Kirin buatan Huawei dan seri Tegra buatan Nvidia. Produsen ponsel pintar asal China, Xiaomi, mulai merancang SoC sendiri yang diberi nama Pinecone.

Masing-masing produsen memiliki desain chip yang berbeda namun pada dasarnya memiliki komponen chip dengan fungsi yang sama. Gambar 1 memperlihatkan skematik komponen yang menyusun sebuah chipset.

UlasAbis menyediakan database chipset yang umum digunakan pada ponsel pintar. Database ini dapat diakses pada tautan ini.


Gambar 2: Ukuran chipset modern dibanding uang logam

 
Tabel 1: Vendor chipset ponsel pintar terkemuka saat ini

Vendor Chip

Merk Chip (SoC)

Tipe Processor / CPU

Tipe Grafis Chip / GPU

Qualcomm

Snapdragon

ARM Cortex series, Krait CPU, Kyro CPU

Adreno series

Nvidia

Tegra

ARM Cortex series

GeForce ULV series, GeForce ULP series, Maxwell GPU series

MediaTek

MT

ARM Cortex series

PowerVR series, ARM Mali series

Samsung

Exynos

ARM Cortex series, Mongoose CPU

PowerVR series, ARM Mali series

Intel

Atom

Intel Atom Z series

PowerVR series

HiSilicon / Huawei

Kirin

ARM Cortex series

ARM Mali series

Xiaomi

Pinecone

ARM Cortex series

ARM Mali series

 
Perbandingan CPU Ponsel Pintar vs. CPU Untuk PC

Dua tipe CPU yang mendominasi industri ponsel pintar saat ini adalah ARM dan Intel. ARM merupakan perancang chip yang biasanya digunakan pada perangkat elektronik kecil, sementara Intel selama ini dikenal sebagai perancang dan penghasil processor untuk PC.

Berbeda dengan processor Intel yang dipakai di PC, CPU Intel untuk ponsel pintar memiliki protokol dan arsitektur yang berbeda sehingga CPU Intel untuk desktop tidak bisa dibandingkan dengan CPU untuk ponsel pintar.

Performa Chipset

Chipset secera keseluruhan berpengaruh terhadap performa perangkat saat menjalankan fungsinya. Performa yang dihasilkan bergantung dari beberapa faktor, namun terutama dikontribusikan oleh CPU, GPU dan tipe RAM dan ROM yang didukung.

Untuk mengukur performa CPU dan GPU, diperlukan sebuah aplikasi pembanding yang disebut aplikasi Benchmark. Berbagai aplikasi Benchmark tersedia untuk diunduh di Play Store atau App Store. Aplikasi tersebut bekerja dengan memberikan beberapa pekerjaan yang kepada CPU dan GPU lalu menghitung waktu yang dibutuhkan. Hasilnya dapat dijadikan patokan dalam membandingkan performa satu tipe chipset dengan chipset yang lain.

Index Kamus