ZenFone 3 ZE520KL – Ulasan

ZenFone 3 ZE520KL

Rating UlasAbis:
8.5

Desain

8.8

Performance

8.2

Fitur

8.8

Value for Money

8.4
Keunggulan:
+ Kamera utama kaya fitur
+ Sistem autofokus sangat cepat
+ Desain apik perpaduan metal dan kaca
+ Fitur audio dengan keluaran Hi-Res
Kekurangan:
- Aplikasi bawaan ZenUI terlalu banyak
- Tampilan ZenUI terkesan kurang rapih


 

Ponsel unggulan ASUS terbaru seri ZenFone 3 hadir dengan desain yang berubah drastis dibanding seri ZenFone 2. ASUS mengadopsi desain perpaduan bahan metal pada bingkai perangkat dan bahan kaca pada bagian depan dan belakang, menghasilkan kesan premium yang sepadan dengan kelas ponsel ini berada.

ASUS juga banyak menyematkan banyak fitur fotografi pada seri ZenFone kali ini. Ponsel ZenFone 3 ZE520KL dengan layar 5.2 inci dan ZE552KL dengan layar 5.5 inci diberi tagline “Built For Photography”. Apakah kualitas jepretan ZenFone 3 sesuai dengan taglinenya? Simak ulasan khas UlasAbis berikut ini!


ASUS ZenFone 3 ZE520KL

Pantauan Harga:

Spesifikasi umum ZenFone 3 ZE520KL:

  • Kisaran harga Rp. 3.9 juta (per Februari 2017) Versi RAM 3GB + ROM 32GB
  • Layar IPS 5.2 inci resolusi FHD 1920×1080 (424 ppi)
  • Bagian depan dan belakang dengan desain 2.5D dan perlindungan Gorilla Glass 3
  • Chipset 64-bit Qualcomm Snapdragon 625 dengan 8-inti CPU Cortex-A53 @2.0GHz dan GPU Adreno 506
  • RAM 3GB LPDDR3 Single Channel
  • Slot expansi terdedikasi MicroSD sampai 128GB
  • Android Marshmallow 6.0.1 dibalut ZenUI 3.0
  • Ketebalan hanya 7.69mm, Bobot 144gr
  • Kamera Utama 16MP diafragma f/2.0 dengan sistem PDAF + Laser AF
  • Kamera Depan 8MP diafragma f/2.0 dan lensa wide-angle
  • Baterai kapasitas 3,000mAh dengan dukungan Isi Daya Quick Charge 3.0
  • Dukungan seluruh jaringan 4G-LTE di Indonesia
  • Wifi b/g/n/ac, Bluetooth 4.2, FM Radio dan USB OTG
  • Port USB tipe-C dan Port Audio 3.5mm dengan output Hi-Res Audio 192KHz / 24-bit
  • Sensor Pemindai Sidik Jari di bagian layar
  • Sensor lainnya lengkap: Proximity, Gyro, Akselerometer, Cahaya, Kompas atau Magnetik dan Sensor Langkah

Kekurangan:

  • Baterai tidak dapat diganti
  • Aplikasi bawaan dari ZenUI cukup banyak, termasuk beberapa bloatware yang dapat dihapus

ZenFone generasi ke-3 memiliki bahasa desain yang sangat berbeda, spesifikasi yang lebih tinggi dan fitur yang lebih banyak dibanding generasi sebelumnya. ASUS membawa berbagai fitur terkini ke ponsel ini, seperti sensor sidik jari, desain layar 2.5D dan fitur fotografi termuktahir. ASUS juga mulai mengadopsi chipset buatan Qualcomm, meninggalkan chipset Intel Atom yang banyak dipakai pada seri ZenFone generasi ke-2.

Selain itu untuk pertama kalinya seri utama ZenFone hadir dengan ukuran layar 5.2 inci. Seri ZenFone 2 seluruhnya memiliki layar 5.5 inci kecuali seri turunannya ZenFone Go.

Cek perbandingan ZenFone 3 dan ZenFone 2 di tautan ini.

Paket Penjualan


Kemasan ZenFone 3 ZE520KL


Isi kemasan

Kemasan ZenFone 3 ZE520KL berwarna hitam metalik dengan tulisan ZenFone 3 berwarna emas mengkilap. ASUS tampaknya ingin memberikan kesan mewah sejak dari kemasannya. Isi di dalam kemasan sangat sederhana, yaitu terdiri dari perangkat utama, charger, kabel USB tipe-C sepanjang 90 cm dan panduan singkat serta pin pembuka slot kartu SIM. Tidak ada earphone dan aksesoris lain disertakan pada paket penjualan ini.

Charger bawaan memiliki rating keluaran 2A / 5V atau 10W. Charger tersebut tidak mendukung pengisian daya cepat, sementara perangkat ZenFone 3 ZE520KL ini mendukung pengisian daya cepat Qualcomm Quick Charge 3.0. Untuk memanfaatkan fitur isi daya cepat, charger yang mendukung fitur ini harus dibeli terpisah.

Desain, Bentuk dan Kualitas Material


Desain baru ASUS pada ZenFone 3

Desain yang diusung ASUS pada ZenFone generasi ke-3 ini sama sekali berbeda dari generasi sebelumnya. ZenFone 3 hadir dengan material perpaduan metal dan kaca 2.5D yang jelas memberikan kesan premium bak ponsel papan atas seperti Samsung Galaxy S7 dan Apple iPhone 6s.


Kaca glossy melapisi bagian belakang perangkat ZenFone 3

Permukaan kaca yang terpasang pada bagian belakang dan depan perangkat sangat memantulkan cahaya. Permukaan di bawah lapisan kaca memiliki kontur yang melingkar dengan pusat lingkaran ada di sensor sidik jari. Kaca di bagian belakang juga memiliki desain 2.5D dengan lengkungan halus di seluruh tepi kaca.

Kaca yang melapisi kedua sisi ZenFone 3 terlihat memikat. Sayangnya permukaan kaca mudah menjadi kotor akibat minyak dari jari pengguna sehingga harus rajin dibersihkan. Hal ini wajar untuk permukaan kaca. Solusinya agar permukaan kaca tidak terlihat kotor adalah dengan melapisi perangkat menggunakan casing. Casing transparan lebih disarankan untuk tetap menampilkan kaca yang elegan.


Bagian atas layar

Bagian atas layar cukup sederhana. Hanya ada lubang speaker panggilan di tengah dan kamera depan di sebelah kanannya. Di antaranya terdapat sensor proximity dan sensor cahaya. Pada unit berwarna hitam sensor tersebut tidak terlihat dengan jelas, seolah tidak ada, namun tampak sangat jelas pada unit dengan warna lain.


LED Notifikasi di kanan atas perangkat, cukup terang

Di bagian sudut kanan atas layar terdapat lampu notifikasi LED multi warna. Sayangnya warna apa yang ditampilkan untuk jenis notifikasi tertentu tidak dapat dipilih pada pengaturan. Walaupun begitu, warna nyala lampu LED ini cukup intuitif, yakni merah saat diisi daya, hijau saat daya penuh, dan warna lainnya saat ada notifikasi pesan atau email baru. LED notifikasi ini cukup terang sehingga mudah terlihat.


Bagian bawah layar

Di bagian bawah layar terdapat tiga tombol navigasi bersifat kapasitif atau sentuh. Tombol tengah berfungsi sebagai tombol home, tombol di kiri untuk kembali dan tombol di kanan adalah tombol menu atau pengganti aplikasi yang berjalan.

Ketiga tombol navigasi memiliki simbol yang berbahan metalik sehingga sangat mudah dilihat di bawah cahaya yang cukup. Namun tombol ini tidak dilengkapi dengan lampu backlight, sehingga saat keadaan gelap tombol navigasi praktis tidak dapat terlihat.


Bagian belakang sebelah atas, kamera utama dan deretan fitur pendukung fotografi. Sensor sidik jari di bawahnya

Pada panel belakang perangkat di bagian atas terdapat kamera utama yang diapit oleh lampu flash LED ganda di sisi kanan dan sensor autofokus laser di sisi kirinya. Kamera utama memiliki tonjolan yang lebih tinggi dibanding permukaan di sekelilingnya. Bagian ini berfungsi memberikan perlindungan tambahan untuk kamera dan lensa.

ASUS menyebut kaca pelindung kamera terbuat dari bahan kaca Sapphire yang lebih tahan gores dibanding kaca Gorilla Glass. Biasanya kaca Sapphire digunakan pada ponsel kelas atas. Tampaknya ASUS tidak tanggung-tanggung memaksimalkan aspek fotografi pada ZenFone 3 ini.


Bagian belakang sebelah bawah, logo ASUS dan stiker informasi perangkat

Di bagian bawah pada panel belakang terdapat logo ASUS dan stiker berisi nomor sertifikat CE, Serial Number, IMEI 1 dan IMEI 2. Stiker ini tidak dapat dilepas dengan mudah tanpa meninggalkan bekas.


Gambar atas ke bawah: Sisi kiri, sisi atas, sisi kanan dan sisi bawah perangkat

Bagian samping atau bingkai perangkat terbuat dari bahan metal dengan permukaan tidak memantulkan cahaya alias matte namun memiliki kontur yang agak membulat. Di samping kiri terdapat slot kartu SIM dan microSD. Slot SIM 1 dapat menerima kartu berukuran micro, sementara slot SIM 2 menerima kartu ukuran nano atau kartu microSD.

Pada sisi samping atas, terdapat port audio 3.5mm di sebelah kiri, bersilangan dengan posisi kamera depan. Di ujung kiri dan kanan terdapat garis antena yang terbuat dari plastik, untuk memastikan sinyal dapat diterima oleh antena internal.

Tombol home dan tombol power menghuni sisi samping kanan perangkat. Kedua tombol ini terbuat dari bahan metal dengan tekstur permukaan metalik melingkar. Tekstur ini mirip dengan yang ada pada ZenFone generasi kedua, dan sepertinya akan menjadi ciri khas ponsel ASUS.

Di sisi samping bawah terdapat port USB tipe-C di tengah dan grill speaker eksternal di kanannya. Garis antena juga disertakan di ujung kiri dan kanan. Mikrofon untuk panggilan terletak di kiri port USB berupa lubang kecil berukuran 1 mm.


Tebal perangkat ini 7.69 mm termasuk tonjolan kamera atau 6.8 mm tanpanya, tergolong cukup tipis

ZenFone 3 ZE520KL memiliki ukuran 146.9 x 73.98 x 7.69 mm. Tebal 7.69 mm ini mencakup tebal tonjolan rumah kamera utama. Tanpa menghitung kamera utama, tebal perangkat sekitar 6.8 mm. Dimensi ini membuat ponsel tampak cukup tipis walaupun bukan yang paling tipis. Sebagai pembanding, ponsel tertipis saat ini adalah Moto Z dengan tebal hanya 5.1 mm, sekitar 25% lebih tipis dari ZE520KL.

Secara keseluruhan ZenFone 3 ZE520KL terasa nyaman dan mantap digenggam baik pada kondisi tegak vertikal maupun saat horizontal seperti saat bermain game. Ini berkat permukaan frame yang memiliki kontur agak melengkung memberikan grip lebih baik namun tetap lembut.

Layar dan Tampilan


Layar Full HD ZenFone 3 ZE520KL dengan 424 ppi sangat tajam

ZenFone 3 ZE520KL dibekali layar 5.2 inci Super IPS+ beresolusi Full HD 1920 x 1080 yang berarti kepadatan piksel 424 ppi. Kepadatan setinggi ini menghasilkan ketajaman yang tinggi, sehingga bentuk, tulisan dan gambar tampil detail dan tegas tanpa ada kotak-kotak piksel yang nampak.


Layar ZenFone 3 ZE520KL sebagian di bawah sinar matahari langsung

Layar IPS dikenal memiliki tingkat kecerahan maksimal yang tinggi sehingga tampilan mudah dilihat bahkan saat berada di bawah sinar matahari langsung. Layar ZenFone 3 ZE520KL tidak terkecuali. Saat pengaturan kecerahan ditingkatkan ke maksimum, layar mudah terbaca.

Selain kecerahan, layar IPS juga memiliki sudut pandang yang lebih lebar dibanding layar AMOLED atau TFT biasa. Layar ZenFone 3 dapat dilihat dari sudut hingga 60 derajat dengan kontras dan warna yang relatif sama dengan sudut pandang normal. Hal ini berlaku hanya pada penggunaan dalam ruang, karena saat digunakan di luar ruang bagian kaca layar ZenFone 3 sangat memantulkan cahaya sehingga tampilan di layar sama sekali tidak terlihat.

Performa

ASUS menyematkan chipset kelas menengah atas pada ZenFone 3 yaitu chipset Qualcomm Snapdragon 625 yang memiliki 8-inti CPU Cortex-A53 @2.0GHz dan pengolah grafis Adreno 506. Secara umum, chipset ini terbilang mampu menjalankan berbagai aplikasi ringan maupun berat dengan performa yang baik. Lalu bagaimana hasil benchmarknya?


Spesifikasi

Skor AnTuTu: 62,875

Ranking di atas 50

ZenFone 3 ZE520KL mencetak hasil uji AnTuTu di angka 62,875. Skor ini cukup tinggi untuk ponsel kelas menengah saat ini dan setara dengan ponsel flagship keluaran awal tahun 2016 lalu yang ditenagai chipset Snapdragon 801 atau 808.

Jika dilihat lebih detail, skor yang menonjol ada pada kategori CPU sementara pada kategori 3D performanya masih kalah dengan chipset kelas menengah buatan Samsung Exynos 7880 yang terpasang pada model Galaxy A5 2017. Artinya performa bermain game 3D berat di ZenFone 3 masih kalah dengan performa dari ponsel Samsung tersebut.

Namun untuk bermain game biasa seperti Clash of Clans, performa ZenFone 3 masih tergolong sangat mumpuni. Proses memuat game ini juga cukup cepat, yakni hanya dalam waktu 7.1 detik permainan sudah bisa dimulai.

Performa sensor sidik jari ZenFone 3 tergolong cepat. Hanya dalam waktu kurang dari 1 detik sidik jari dapat dikenali dan ponsel masuk ke modus siaga. Sensor ini mampu mengenali sampai dengan 5 sidik jari, jadi setidaknya ponsel ini dapat digunakan oleh 2 orang yang berbeda dengan masing-masing menyimpan data sidik pada dua jari telunjuk di kedua tangan.

Tampilan Antarmuka & Aplikasi Terpasang


Tampilan Home

Halaman 2

Tampilan pengaturan cepat

ZenFone 3 ZE520KL dibekali sistem operasi Android 6.0 Marshmallow dengan balutan antarmuka khas ASUS yang dikenal dengan nama ZenUI 3.0. Balutan antarmuka dari ASUS ini banyak berbeda dari tampilan Android stock hampir pada seluruh aspek dari sistem operasi.

UlasAbis akan membahas seperti apa fitur dan tampilan aplikasi di dalam ZenUI 3.0 secara lengkap.


Panggilan (versi awal)

Kontak (versi awal)

Pesan (versi awal)

Sejujurnya, tampilan ZenUI bukanlah favorit kami. UlasAbis menilai tampilan yang ditawarkan ZenUI tidak merefleksikan kata “Zen” yang menyiratkan ketenangan batin. Hampir seluruh aplikasi memiliki terlalu banyak elemen yang tidak penting dan tampil mendominasi elemen yang seharusnya penting.

Contohnya antara lain tampilan panggilan memiliki garis tebal pembatas tombol angka yang cukup membuat tampilan keseluruhan tampak berantakan. Pada tampilan kontak, lagi, garis tebal pembatas pengelompokan huruf awal dan garis di bawah “Contacts to Display”, semuanya tampak berlebih dan terkesan “cluttered”.

Berbagai balutan antarmuka yang dimiliki Samsung, LG, Lenovo dan Xiaomi tampil lebih apik dan rapih.

Update: ASUS menawarkan update versi 13.20.10.152 yang memperbaiki tampilan Panggilan dan Pesan. Kini tampilan tampak jauh lebih baik tidak lagi terkesan berantakan. Pengguna harus mengunduh update-nya yang ditawarkan di sistem operasi

Tampilan barunya tampak seperti di bawah ini:


Tampilan Panggilan (versi diupdate)

Kontak (versi diupdate)

Pesan (versi diupdate)

ASUS memboyong cukup banyak aplikasi bawaan pada ZenFone 3 ini. Hampir semua aplikasi Google dasar sudah tersedia dari awal seperti Maps, Gmail, YouTube, Drive, Play Music dan lainnya. Aplikasi Office yang dipasang merupakan versi Google, yakni Google Docs, Google Sheets dan Google Slides. Tidak ada aplikasi Microsoft Office terpasang, namun aplikasi Office dari Google memiliki fungsi dasar yang sama.


Aplikasi Google

Aplikasi dasar ASUS

Bloatware

ASUS juga menyertakan aplikasi dasar dengan tampilan khas ASUS ZenUI. Aplikasi tersebut mencakup Gallery, File Manager, MiniMovie, PhotoCollage, Weather, QuickMemo, Clock, Calculator, Flashlight dan WebStorage.


Gallery

Flashlight

PhotoCollage


File Manager

Kalkulator

Converter


QuickMemo

Weather

ASUS juga memboyong aplikasi Mobile Manager yang memberikan akses pengendalian perangkat lebih mudah seperti pembatasan penggunaan koneksi data, penghemat baterai, pembersih memori, pengatur notifikasi, ijin aplikasi dan pengaturan keamanan dan privasi. Semuanya dipaketkan ke satu aplikasi tersebut.


Aplikasi Mobile Manager

Halaman ke-2

Data Usage


Power Saver

Boost

Notifications

Selain itu terdapat juga aplikasi ZenFone Care yang menghubungkan pengguna dengan forum dan bantuan dari tim ASUS. Aplikasi lain yang lebih berguna adalah Laser Ruler yang memanfaatkan sensor laser pada kamera utama untuk mengukur jarak sebuah objek di depan kamera.


ZenFone Care

Laser Ruler

Batasan pengukuran 10 – 150cm

ASUS juga memasangkan aplikasi bawaan milik developer lain yang mungkin tidak dibutuhkan oleh kebanyakan pengguna. Jenis aplikasi ini disebut Bloatware. ASUS memboyong 4 aplikasi Bloatware yang disatukan ke folder “Apps4U”, yaitu BaBe, Puffin, Instagram dan TripAdvisor. Untungnya, ASUS tidak menanam aplikasi bloatware ini di sistem operasi dan dapat dihapus. Di saat pabrikan lain mulai membersihkan bloatware dari ponsel yang ditawarkannya, tampaknya ASUS masih ketinggalan dalam inisiatif terkait bloatware tersebut.


Folder Apps4U, Bloatware

Untungnya bisa dihapus

Secara keseluruhan, ASUS menyediakan banyak aplikasi bawaan pada ZenFone 3 ini. Sebagian memang dapat membantu penggunanya menjalankan aktivitas sehari-hari, namun sebagian lainnya tidak memberikan manfaat bagi kebanyakan konsumen. Memang praktik memasangkan bloatware cukup marak pada 3 – 4 tahun lalu, namun dalam setahun ke belakang pabrikan ponsel seperti Samsung, LG, Xiaomi, Lenovo mulai mengurangi pemasangan aplikasi tidak berguna di produknya.

Untungnya beberapa aplikasi bawaan pada ZenFone 3 ini dapat dibongkar atau dihapus dan sebagian lainnya dapat dinon-aktifkan (disable).

Kinerja Baterai

ZenFone 3 ZE520KL dibekali dengan baterai berkapasitas 3,000mAh. Baterai ini mampu memberikan daya selama kurang lebih 1 hari penuh. Saat diuji denganpenggunaan normal, daya kapasitas 100% di pagi hari terpakai sampai 25% pada sekitar jam 7 malam, atau sekitar 13 jam untuk aktivitas campuran browsing durasi 2 jam, bermain game durasi 1 jam dan melakukan panggilan telepon selama 30 menit.

Bagi pecinta game mobile, ZenFone 3 ZE520KL dapat dipakai bermain game non-stop selama kurang lebih 6 jam 10 menit dari daya 100% sampai ke 15%. Daya tahan ini lumayan lama, berkat Snapdragon 625 yang cukup efisien. Bagian belakang perangkat terasa cukup hangat setelah digunakan bermain game 1 jam non-stop namun panasnya masih bisa ditolerir.


Konsumsi daya baterai

Durasi pengisian: 2 jam 20 menit

Untuk mengisi ulang daya, ZenFone 3 dengan chipset Snapdragon 625 seharusnya didukung fitur isi daya cepat Quick Charge 3.0. Sayangnya fitur ini tidak muncul saat UlasAbis menggunakan charger yang mendukung Quick Charge 3.0. ZenFone 3 hanya menyedot sekitar 2.4W atau 0.48A / 4.9V seperti halnya ponsel biasa. Pengisian daya dari 20% ke 100% memakan waktu sekitar 2 jam 20 menit, tergolong sangat lama untuk ponsel Snapdragon 625.


Daya yang diisi ke ZenFone 3 hanya 2.4W walaupun menggunakan perangkat isi daya Quick Charge 3.0

Charger yang sama mampu mendorong daya lebih tinggi pada ponsel lain seperti Xiaomi Mi 5s (15W) dan Samsung Galaxy A5 2017 (12W) yang mendukung isi daya cepat. Xiaomi Redmi 4 Prime yang memiliki chipset sama Snapdragon 625 juga dapat mengisi daya cepat sekitar 12W dalam waktu 1 jam 48 menit dari 19% ke 100% daya. ASUS tampaknya tidak mengaktifkan atau membatasi fitur Quick Charge 3.0 yang didukung chipsetnya.

Kualitas Kamera

Titik jual terdepan yang ditawarkan ZenFone 3 ZE520KL adalah fitur fotografinya. Untuk kamera utama, ponsel ini memiliki sensor 16MP Sony Exmor RS IMX298 yang dilengkapi serangkaian fitur pendukung seperti TriTech AF, sistem stabilisasi OIS dan EIS, Lensa Largan 6-elemen dan bukaan lensa f/2.0. Keseluruhan sistem kamera ini dinamai PixelMaster 3.0 oleh ASUS.

TriTech AF merupakan sistem autofokus yang menggabungkan performa autofokus berbasis laser dan PDAF. Kedua jenis autofokus tersebut mampu mendukung autofokus secara terus menerus (continuous) dan penguncian super cepat hanya 0.03 detik.

Saat diuji, kamera utama ZenFone 3 mampu mengunci autofokus dengan sangat cepat kurang dari 0.5 detik, khususnya pada objek jarak dekat dan menengah. Selain cepat, tingkat akurasinya juga tergolong tinggi pada objek jarak dekat berkat sistem laser fokusnya. Sistem laser ini juga memungkinkan penguncian fokus ke objek yang memiliki warna monoton seperti secarik kertas tidak seperti sistem fokus PDAF kurang akurat dalam mengunci permukaan yang seragam.

Namun untuk objek jarak jauh, waktu yang diperlukan untuk mengunci fokus tergolong biasa saja, karena pada jarak jauh sistem laser tidak berperan. Walaupun begitu, waktu fokusnya masih tetap terbilang cepat yakni sekitar 1 detik.

ASUS memang menawarkan fitur autofokus yang sangat baik pada ZenFone 3 ini, bahkan terbilang lebih baik dari kebanyakan ponsel kelas atas.

Lalu seperti apa hasil jepretannya?


Foto 1: Modus Auto + HDR On, kondisi cerah, Rasio Aspek 16:9.


Foto 2: Modus Auto + HDR On, kondisi cerah, Rasio Aspek 16:9.


Zoom 80% Foto 2: detail cukup tegas


Foto 3: Modus Auto, kondisi malam hari, Rasio Aspek 16:9


Foto 4: Modus Night, kondisi malam hari, Rasio Aspek 16:9


Foto 5: Modus Manual, kondisi malam hari, AF Infinty, Shutter speed 5 detik, EV 0, ISO 200, WB Auto, Rasio Aspek 16:9


Foto 6: Modus Manual, kondisi malam hari, AF Infinty, Shutter speed 10 detik, EV 0, ISO 200, WB Auto, Rasio Aspek 16:9

Menggunakan modus auto dan HDR On, hasil foto pada kondisi cerah memiliki detail yang lumayan baik. Objek tertangkap dengan tegas bahkan ketika di-zoom setiap detail tampak masih tetap tajam. Warna yang direkam kamera utama cenderung undersaturated alias tidak keluar.

Untuk fotografi malam hari, kamera ZenFone 3 tampak bisa menghasilkan foto cukup baik. Dengan modus auto, hasil gambarnya cukup baik, walaupun ketajaman objek masih rendah. Noise yang muncul hampir tidak ada. Pada modus malam, hasil jepretan tampak lebih baik dengan noise masih tetap minimal.

Dengan modus manual, hasilnya bisa lebih baik lagi melalui pengaturan shutter speed yang diperpanjang. Foto 5 memperlihatkan shutter selama 4 detik dengan ISO 200 sementara Foto 6 menggunakan shutter selama 10 detik dengan pengaturan lain sama dengan foto sebelumnya.

Bagi pecinta fotografi, aplikasi kamera ZenFone 3 menawarkan banyak fitur yang menarik dan umum ada di kamera DSLR atau Mirrorless. Berikut ulasan aplikasi kamera dan fitur-fitur yang tersedia.


Pilihan Modus

Pilihan Modus 2

Pilihan Modus 3

Pada modus manual, berbagai kendali yang ada pada kamera professional tersedia lengkap, mulai dari kendali jarak fokus, shutter speed, angka ISO, Nilai Exposure (EV) dan White Balance. Rentang pilihannya pun cukup lebar.


Modus Manual

Kendali AF

Kendali Shutter


Kendali ISO

Kendali EV

Kendali WB

Jarak fokus dapat diatur dari jarak terdekat untuk makro sampai jarak tak hingga atau infinity. Kecepatan shutter dapat diatur dari terendah 1/50000 detik sampai terlama 32 detik. Angka ISO tersedia dari ISO 50 – 3200. Nilai Exposure atau EV dapat dipilih dari -2 ke +2 dengan incremental step 1/3. White Balance juga dapat diatur dari 2500K sampai 6500K.

Tampilan aplikasi saat modus manual aktif juga komplit, yakni histogram di kiri atas layar, indikator horizon virtual di tengah layar dan pembacaan cahaya yang masuk di sisi kiri tengah layar. Seluruh informasi ini sangat membantu untuk fotografi manual seperti saat menggunakan kamera professional.

Untuk perekaman video, ponsel ini mendukung beberapa pilihan resolusi dari TV 640 x 480, HD 1280 x 720, Full HD 1080p 30fps, Full HD 1080p 60fps dan 4K 3840 x 2160. Kamera depan yang beresolusi 8MP juga memiliki fitur mempercantik atau Beautification yang dapat mengatur hasil selfie mulai dari bentuk wajah, bentuk mata, warna kulit, warna pipi dan kehalusan kulit.

Kualitas Audio & FM Radio

ASUS ZenFone 3 ZE520KL dilengkapi dengan chip Hi-Res Audio yang disebut mampu menghasilkan audio berkualitas tinggi 192KHz 24-bit. Saat diuji, kualitas audio ponsel ini memang di atas rata-rata. Suara keluaran melalui headphone professional terdengar kaya dengan bass rendah dan treble tinggi. Dibanding ponsel lain yang tidak memiliki chip khusus pengolah audio, output ZenFone 3 ini jelas berbeda.


Speaker ponsel dengan driver 5-magnet, suara sangat nyaring namun vokal tetap jelas

Speaker bawaan ponsel yang terdapat di sisi bawah perangkat juga sangat nyaring, mampu mencapai 84 decibel saat volume diatur maksimum. Selain keras, suara yang dihasilkan cukup jernih dengan suara vokal terdengar jelas, walaupun bass tidak terasa sama sekali. Hal ini wajar untuk ukuran speaker sekecil ini.

ZenFone 3 juga dibekali dengan resepsi siaran FM radio. Saat dites, penerimaan siaran radio kurang sempurna karena cukup banyak distorsi saat dipakai di dalam ruangan, sementara beberapa ponsel sekelas seperti Samsung Galaxy A5 2017 menghasilkan distorsi yang jauh lebih sedikit.

Kesimpulan dan Rekomendasi

ASUS menawarkan ZenFone 3 dengan peningkatan desain, spesifikasi dan fitur yang drastis dibanding generasi sebelumnya. Fitur fotografi dan fitur audio menjadi hal baru yang dibawa ASUS ke seri ponsel kelas menengahnya. Performanya pun tergolong mencukupi untuk penggunaan berbagai aplikasi berkat chipset Snapdragon 625 dan RAM 3GB.

Kekurangan ponsel ini lebih condong ke aspek piranti lunak. Android 6.0 Marshmallo yang dibalut ZenUI terbaru versi 3.0 tampak kurang terasah dengan sempurna, meninggalkan elemen-elemen antarmuka yang tidak perlu sehingga terkesan kurang rapih. Di saat pabrikan lain mengusahakan tampilan minimalis namun fungsional, ASUS tampak ketinggalan mengikuti tren ini.

Beberapa aplikasi bloatware terpasang di ponsel ini. Hal yang sudah jarang dilakukan oleh pabrikan ponsel besar seperti Samsung, Sony dan LG masih dipraktekkan oleh ASUS. Untungnya aplikasi bloatware ini dapat dibongkar oleh pengguna. Aplikasi cukup memakan banyak ruang penyimpanan selain menyedot lebih banyak data saat aplikasi diupdate ke versi yang baru.

Ponsel ini dibanderol Rp. 3.9 juta. Untuk ponsel menengah dengan fitur sebanyak ZenFone 3, harga ini sangat sepadan. Fitur fotografi dan audio selengkap yang ditawarkan ponsel ini biasanya hanya ada pada ponsel flagship dengan banderol di atas Rp. 8 juta.

Dari sisi harga, pesaing ponsel ini adalah Xiaomi Mi 5 yang dihargai Rp. 4 jutaan untuk versi 32GB. Ponsel flagship Xiaomi ini memiliki performa jauh di atas ZenFone 3 namun kurang dapat bersaing dalam urusan fotografi dan audio. Dari segi desain, ponsel ini sama-sama mengadopsi perpaduan desain metal dan kaca pada kedua sisi depan dan belakang.


Xiaomi Mi 5

Jika Anda mencari ponsel dari performanya, Mi 5 bisa menjadi pilihan yang tepat. Namun jika Anda memiliki hobi fotografi atau mendengarkan musik, jelas ZenFone 3 pilihan yang lebih baik.

Cek: Spesifikasi ZenFone 3 ZE520KL vs. Xiaomi Mi 5 di tautan ini.

Pilah: seluruh ponsel kisaran layar 5.2 inci dengan rentang harga maksimal Rp. 4.5 juta di tautan ini.

(cyt)

Ada pertanyaan mengenai ZenFone 3 ZE520KL?
Silahkan tulis pertanyaan Anda di Kolom Komentar di bawah ini, tim Ulas-Master akan mencoba memberikan Solusi-nya!
comment

29 Komentar

  • Usep Rahmat:
    10 Feb 2018 · 17:58

    Gan..zenfone 3 yg 4giga saya udah update oreo,tapi fitur radio nya ga ada ya

    Satu lagi,kalo datascrip garansi resmi asus bukan ya?
    Terima kasih..

    • 12 Feb 2018 · 22:29

      Halo gan Usep. Untuk aplikasi FM Radio ane juga baru sadar, setelah diupdate ke Android 8.0 Oreo aplikasi FM Radio hilang.

      Garansi resmi hp ASUS disediakan oleh Datascrip, gan.

  • denny:
    29 Jan 2018 · 17:18

    Gan ane udh dpet pemberitahuan untuk upgrade ke oreo dan sdh di download…aman ga gan kalo di instal trus apa bener data yg ada sebelumnya seperti foto video apapun itu hilang semua….?terima kasih

    • 02 Feb 2018 · 19:55

      Aman, gan. Data, foto, video, aplikasi tidak akan terhapus. Pastikan memori internal agan tersedia, cadangkan sekitar 3GB – 4GB seharusnya memadai.

  • denny:
    29 Jan 2018 · 14:46

    Mau tanya gan…apakah untuk asus ZenFone 3 ZE552KL sudah ada upgrade ke android Oreo….terima kasih

    • 02 Feb 2018 · 19:55

      Halo gan Denny. Sudah ada, gan. Update ke Android 8.0 Oreo bisa agan unduh dan pasang melalui menu Pengaturan. Ane sudah memasang versi Oreo di ZenFone ZE520KL ane, tampilan sangat berbeda dari sebelumnya. Dan yang pasti, konsumsi baterai jauh lebih irit.

  • denny:
    16 Jan 2018 · 15:50

    mau tanya gan, apa bner skrng harga’y sdh turun lagi sekitar 2,3 – 2,5 jt gan…? terima kasih gan

    • 21 Jan 2018 · 21:15

      Halo gan Denny. Iya, gan. Ada ASUS Zenfone 3 ZE520KL versi RAM 4GB yang harganya di kisaran Rp. 2.5 juta. Yang versi RAM 3GB (yang original) sudah agak langka.

  • denny:
    18 Dec 2017 · 17:34

    mau tanya gan untuk harga asus zenfone 3 ZE520KL ram 3GB untuk bulan desember skrng brpa ya gan… terima kasih

    • 18 Dec 2017 · 21:48

      Halo gan Denny. Versi RAM 3GB sudah cukup langka di pasaran dan harganya sulit diketahui dengan pasti, namun ane perkirakan di kisaran Rp. 3.3 jutaan. Agan bisa membeli versi RAM 4GB/32GB yang cukup mudah ditemukan dengan harga sekitar Rp. 2.8 jutaan.

      • denny:
        18 Dec 2017 · 21:57

        klo yg RAM 4GB itu yg layar nya 5,5″ ya gan… klo iya koq bisa levih murah

        • 18 Dec 2017 · 22:05

          Bukan, gan. ZE520KL layarnya 5.2 inci, namun versi yang sekarang ini banyak beredar sudah yang RAM-nya 4GB. Karena tersedia lebih banyak, otomatis harganya lebih murah, gan.

          • denny:
            18 Dec 2017 · 22:59

            itu harga 2,8 yg resmi atau bukan gan…

          • 25 Dec 2017 · 22:08

            Barangnya garansi resmi 1 tahun, gan Denny.

  • Muhammad Devanda Hendra Kusuma:
    10 Apr 2017 · 19:41

    Kira2 kalau update gtu perlu kuota banyak gak gan?
    Trs kalau sdh update ke OS NOUGAT bloatwarenya lebih banyak/lebih sedikit/sama aja.?

    • 10 Apr 2017 · 20:07

      Update ke Android 7.0 Nougat di ZenFone 3 butuh mendownload data 1.2GB, gan. Setelah diupdate, tidak ada penambahan aplikasi bloatware. Malah cenderung tidak ada banyak perubahan tampilan, selain di panel notifikasi.

  • Muhammad Devanda Hendra Kusuma:
    09 Apr 2017 · 16:51

    Gan, tlg dong saya diberitahu informasi harga asus zenfone 3 ze520kl ram3/4gb
    Dan asus zenfone ze552kl
    *harganya dibulan April..
    Tolong gan saya perlu banget…

    • 09 Apr 2017 · 17:59

      Halo gan Devanda. Harga Asus ZenFone 3 ZE552KL RAM 3GB ROM 64GB paling murah di kisaran Rp. 4.59 juta. Untuk model ZE520KL RAM 3GB ROM 64GB banderolnya Rp. 3.67 juta.

  • Muhammad Devanda Hendra Kusuma:
    07 Apr 2017 · 18:25

    Gan…kata tmn saya zenfone 3 ze520kl ini udah bisa diupgrade ke androis OS NOUGAT ya…?

    • 07 Apr 2017 · 19:07

      Halo gan Devanda. Iya gan, sudah ada update Android 7.0 Nougat untuk ZenFone 3 ZE520KL. Coba cek updatenya di menu Settings > System Updates.

  • elisa:
    02 Apr 2017 · 19:06

    Min dibandingin am huawei p9 lite gmna??

    • 02 Apr 2017 · 21:12

      Kalau dari segi kamera, fitur yang ada di ZenFone 3 masih di atas Huawei P9 Lite. Dari spek juga ZenFone 3 lebih tinggi dengan ROM 32GB sementara Huawei P9 Lite hanya 16GB, gan.

      Perbandingannya di tautan ini. Semoga membantu.

  • elisa:
    02 Apr 2017 · 13:22

    Makasih infonya min…😊😊

  • elisa:
    02 Apr 2017 · 07:08

    Atau ada opsi lain yang kisaran harga.nx. 3.5 jutaan

  • elisa:
    02 Apr 2017 · 07:00

    Gan mending mana asus zenfone 3 ze520kl vs j7 prime dan oppo f1 s?

    • 02 Apr 2017 · 12:35

      Kalau saya yang milih, saya akan pilih ZenFone 3 ZE520KL karena untuk fotografi fiturnya canggih dan speknya mumpuni. Kalau agawati suka selfie, bisa pilih Oppo F1s, tapi secara spek di bawah ZenFone 3.

      Ulasan lengkap J7 Prime ada di UlasAbis, bisa disimak komentar-komentarnya sebagai input untuk bahan pertimbangan 🙂

  • 01 Apr 2017 · 14:01

    Halo gan Devanda. Di ZenFone 3 hanya sedikit bloatware yang bisa dihapus. Namun aman jika dihapus:
    1. MyAsus Service Center
    2. Share Link
    3. ZenChoice
    4. ZenFlash S Camera
    5. ZenTalk
    6. WebStorage

    Bloatware lainnya bisa dinon-aktifkan (disable) dengan aman seperti: Do It Later, MiniMovie, TalkBack, dan ZenCircle. Sisanya sebaiknya dibiarkan saja aktif, gan. Semoga membantu.

  • Muhammad Devanda Hendra Kusuma:
    01 Apr 2017 · 05:28

    Tolong dong.., bloatware apa yang aman dihapus pada asus zenfone 3 ini

createTulis Komentar

• Alamat Email Anda Tidak Akan Dipublikasikan.
• Harap Maklum: Komentar akan melalui Tahap Moderasi, jadi tidak langsung muncul di sini :-).