Evercoss Genpro X – Ulasan

Evercoss Genpro X

Rating UlasAbis:
7.6

Desain

8

Performance

6.8

Fitur

7.1

Value for Money

8.5
Keunggulan:
+ Harga terjangkau dengan spesifikasi mencukupi
+ Performa mumpuni untuk pemakaian sehari-hari
+ Dukungan jaringan 4G FDD dan TDD Indonesia
Kekurangan:
- Hasil jepretan kamera utama kurang bagus
- Aplikasi kamera masih perlu diasah


 

Pabrikan ponsel lokal Evercoss selama ini memproduksi seri Elevate yang memiliki berbagai jenis fitur spesifik. Pemain di kelas menengah bawah ini merilis ponsel terbarunya dengan spesifikasi cukup baik dan harga terjangkau, yaitu Genpro X.

Dengan banderol di kisaran Rp. 1 jutaan, ponsel ini sangat menarik dengan spesifikasi yang bersaing dengan ponsel di kelas yang sama seperti Xiaomi Redmi 4A. Seperti apa fitur, performa dan pengalaman yang ditawarkan Genpro X? Simak ulasan lengkap khas UlasAbis berikut ini!


Evercoss Genpro X

Pantauan Harga:

Spesifikasi umum Evercoss Genpro X:

  • Kisaran harga Rp. 999,000 (per April 2017)
  • Layar 2.5D berukuran 5.0 inci resolusi HD 1280×720 (294 ppi)
  • Bodi berbahan plastik dan bingkai metal dengan desain tipis hanya 7.9mm dan berat 132gr
  • Platform Qualcomm Snapdragon 212 dengan CPU 4-inti @1.3GHz dan GPU Adreno 304
  • Kapasitas RAM 2GB tipe LPDDR3 dan ROM 16GB
  • Slot kartu microSD terdedikasi, mendukung sampai 64GB
  • Android Marshmallow 6.0
  • Kamera Utama 13MP dengan lampu flash LED tunggal
  • Kamera Depan 8MP
  • Baterai kapasitas 2,650mAh
  • Dual micro-SIM dengan kedua slot terpisah dari microSD
  • Dukungan seluruh jaringan 4G-LTE FDD (Band 3, 5, 8) & TDD (Band 40) di Indonesia
  • Wifi b/g/n, Bluetooth 4.0, FM Radio
  • Port Audio 3.5mm dan port micro USB
  • Sensor pemindai Sidik Jari di belakang perangkat
  • Sensor: Proximity, Akselerometer, Gyro dan Cahaya

Kekurangan:

  • Kapasitas baterai kecil, sulit bertahan 1 hari
  • Baterai tidak dapat dilepas
  • Kualitas hasil jepretan kamera belakang kurang bagus,

Genpro X merupakan seri pertama Genpro yang dirilis Evercoss sebagai ponsel kelas menengah. Seri Genpro diposisikan dibawah seri Luna sebagai ponsel kelas menengah atas dan di atas dengan seri Elevate dan seri Winner.

Genpro X merupakan ponsel pertama Evercoss di kelas menengah yang memiliki fitur pemindai sidik jari. Faktanya, Genpro X ini merupakan ponsel dengan pemindai sidik jari termurah di pasaran saat ini dengan harga di bawah Rp. 1 juta. Ponsel pesaing dari China, Xiaomi Redmi 4A dibanderol lebih mahal dari Genpro X namun belum dilengkapi sensor pemindai sidik jari.

Cek: Spesifikasi detail Evercoss Genpro X di tautan database UlasAbis.

Paket Penjualan


Kotak Evercoss Genpro X

Kotak perjualan Genpro X menekankan fitur yang menjadi andalan pada model ini, yaitu sidik jari pada bagian belakang perangkat. Kotaknya sendiri cukup sederhana berwarna biru gelap dengan gambar permukaan bumi di bawah ponsel.


Isi kotak: Perangkat utama dengan anti-gores terpasang, Charger, Kabel USB, Earphone, buku Panduan dan Garansi

Di dalam kotak, terdapat perangkat utama yang sudah dipasangi lapisan anti gores siap pakai, buku panduan dan garansi serta beberapa aksesoris. Charger bawaan memiliki rating 5V / 1A, disertai dengan kabel micro-USB untuk koneksi data dan isi daya. Selain itu terdapat sebuah earphone tipe in-ear.

Desain, Bentuk dan Kualitas Material


Evercoss Genpro X, dengan lapisan anti-gores bawaan

Bagian belakang Evercoss Genpro X, dari plastik yang dapat dilepas

Genpro X memiliki desain mirip dengan model Evercoss Elevate Y Smart. Bagian depan perangkat tertutup kaca dengan desain 2.5D yang agak melengkung di sekelilingnya. Bagian sisi atau bingkai perangkat terbuat dari bahan metal dengan akses metalik, sementara bagian belakang terbuat dari bahan plastik mulus dengan penutup yang dapat dilepas.

Selanjutnya kita simak bentuk Genpro X dari dekat.


Bagian atas layar

Di bagian atas layar, terdapat speaker untuk panggilan, diapit oleh lampu flash LED di sebelah ujung kirinya dan sensor proximity dan cahaya serta kamera depan di kanannya. Sensor proximity dan cahaya tertanam di bawah kaca, sehingga tidak mudah terlihat.


Bagian bawah layar

Pada bagian bawah layar terletak tiga tombol navigasi sentuh khas Evercoss. Tombol home terletak di tengah dengan simbol lingkaran. Di samping kiri dengan logo kotak adalah tombol menu aplikasi sementara di samping kanan tombol home terdapat simbol segitiga untuk navigasi kembali.

Ketiga tombol navigasi tidak dilengkapi dengan cahaya latar. Saat cahaya sekitar cukup, tombol navigasi dapat terlihat dengan mudah karena simbol berwarna putih. Namun pada keadaan gelap, tombol ini tidak terlihat sama sekali.


Bagian belakang atas

Pada bagian belakang, terdapat kamera utama di bawah lapisan kaca yang diberi bingkai metalik. Bingkai ini terpasang rata dengan permukaan sekelilingnya, sehingga tidak menganjal saat ponsel diletakkan di atas meja. Lapisan kaca kamera utama terbuat dari kaca yang cukup tahan gores, setidaknya goresan oleh kuku tidak membekas.

Di bawah rumah kamera belakang terdapat lampu flash LED tunggal. Di bawahnya lagi terdapat sensor pemindai sidik jari. Sensor ini memiliki warna abu-abu dikelilingi oleh kertas metalik mengkilap. Logo merek Evercoss metalik tercetak di bagian bawah sensor sidik jari.


Ada lapisan plastik pada sensor sidik jari yang harus dilepas sebelum dapat digunakan

Perlu dicatat bahwa saat pertama kali dibuka, sensor pemindai sidik jari dilapisi oleh plastik pelindung yang terpasang di bawah cover belakang perangkat. Pengguna harus melepas lapisan plastik ini sebelum dapat menggunakan sensor tersebut, dengan membuka cover dan melepas plastiknya. Jika tidak dilepas, sensor tidak dapat membaca sidik jari sama sekali.


Bagian belakang bawah

Pada bagian bawah panel belakang, terdapat logo Qualcomm Snapdragon yang menandakan perangkat ini ditenagai chipset buatannya. Di bawah logo terdapat lubang tempat speaker keras berada. Di kiri dan kanan lubang ini terdapat tonjolan kecil yang berfungsi untuk menyanggah perangkat agar suara speaker keras tetap terdengar saat diletakkan di atas permukaan yang rata.


Gambar atas ke bawah: Sisi kanan, sisi bawah, sisi kiri dan sisi atas perangkat

Bagian samping Genpro X terbungkus bingkai dari bahan metal dengan akses metalik di tepi bingkai. Di sisi atas dan bawah terdapat garis antena berwarna hitam yang terbuat dari plastik. Garis ini untuk memastikan resepsi sinyal GSM dan WiFi yang lebih bagus.

Pada sisi kanan perangkat, terdapat tombol volume dan tombol home. Tombol ini memiliki permukaan tidak mengkilap, sedikit berbeda dengan permukaan di sekitarnya.

Di sisi bawah terdapat port USB di bagian tengah. Port ini bertipe micro-USB dan terbalik atas-bawah dari ponsel pintar umumnya. Di sebelah kanan port ini terdapat lubang kecil yang merupakan tempat mikrofon berada saat melakukan panggilan.

Pada sisi kiri perangkat tidak terdapat apa-apa. Sementara pada sisi atas, terdapat port audio 3.5mm di sebelah kiri.

Secara keseluruhan, desain Genpro X terbilang cukup baik dan ada kesan elegan berkat aksen metalik di bingkai perangkat. Layar 2.5D juga membantu membawakan rasa premium.


Genpro X terasa nyaman dan mantap di tangan

Di genggaman tangan, Genpro X terasa cukup nyaman dan mantap. Permukaan perangkat tidak mudah slip sehingga perangkat tidak mudah lepas dari genggaman. Namun perangkat ini terbilang berat untuk ukuran ponsel dengan layar 5 inci, yakni mencapai 163 gr. Berat ini adalah rata-rata bobot ponsel dengan layar 5.5 inci. Kemungkinan bingkai metal menambah bobot keseluruhan yang cukup banyak. Akan tetapi, berat ekstra ini menambah kesan mantap dan kokoh sebuah perangkat, meskipun sebagian orang beranggapan berat berlebih tidaklah bagus. Ini adalah aspek subjektif yang bergantung pada selera pengguna masing-masing.

Layar dan Tampilan

Genpro X dibekali layar berukuran 5 inci dengan resolusi HD 1280 x 720. Ukuran dan resolusi ini dapat diterjemahkan menjadi kepadatan piksel 294 ppi. Untuk sebuah ponsel di kisaran harga Rp. 1 juta, layar Genpro X termasuk baik. Tampilan pada layar terlihat tajam dari jarak pandang normal, meskipun masih kalah tajam dengan layar Full HD dengan kepadatan piksel di atas 320 ppi.


Layar Genpro X dengan 294 ppi tampak cukup tajam, namun individu piksel masih dapat dilihat

Layar Genpro X yang bertipe IPS memiliki kecerahan maksimal yang cukup tinggi. Namun saat berhadapan dengan sinar matahari langsung, tampilan di layar sulit terlihat.


Layar Genpro X di bawah sinar matahari langsung, tampilan sukar terlihat

Untungnya Genpro X dilengkapi dengan sensor cahaya sehingga layar dapat secara otomatis menyesuaikan tingkat kecerahannya. Fitur ini sangat berguna untuk penggunaan yang sering berganti ruang yang berbeda kondisi cahayanya. Fitur “Kecerahan Adaptif” ini tidak aktif pada saat perangkat pertama kali dinyalakan dan tidak tersedia pada panel pengaturan cepat. Namun bisa diaktifkan pada menu Pengaturan > Tampilan > aktifkan Kecerahan Adaptif.

Performa

Genpro X ditenagai oleh chipset kelas bawah dari Qualcomm, yaitu Snapdragon 212 yang terdiri dari 4-inti CPU Cortex-A7 @1.3GHz dan pengolah grafis Adreno 304. CPU masih menggunakan set instruksi 32-bit.

Kapasitas RAM yang terpasang mencapai 2GB dengan tipe memori LPDDR2. Spesifikasi RAM ini dua generasi di bawah yang tersedia saat ini. Snapdragon 212 sebenarnya mendukung penggunaan memori tipe LPDDR3, namun sepertinya Evercoss memilih LPDDR2 untuk menekan harga jual perangkat ini.


Spesifikasi Genpro X

Spesifikasi Memori dan CPU

Skor AnTuTu: 23,994

Lambatnya memori LPDDR2 pada Genpro X jelas terlihat pada hasil benchmark AnTuTu. Angka uji benchmark memori-nya tertinggal jauh dari kebanyakan ponsel di kelasnya. Ponsel Xiaomi Redmi 4 Prime dengan LPDDR3 mencetak skor 5,518, 40% lebih tinggi dibanding skor Genpro X yang hanya 3,925.

Performa grafis 3D Genpro X kurang bagus. Skor AnTuTu di bawah 1,000. Dibanding dengan Redmi 3 Pro (Prime) yang menggunakan platform Snapdragon 616 mencetak skor 3D 4,895, atau hampir 5 kali lipat dibanding Genpro X. Dari sini jelas aplikasi permainan 3D berat tidak bisa mulus dijalankan di perangkat Genpro X.

Saat diuji dengan aplikasi permainan populer Clash of Clans, Genpro X dapat menampilkan tampilan yang dapat dimainkan meskipun dengan frame rate standar. Jika Anda sebelumnya terbiasa menggunakan ponsel dengan performa 3D mumpuni, Genpro X akan terasa ponsel yang lelet.

Aplikasi permainan 3D kedua yang dicoba adalah Tower Madness 2: 3D Defense. Permainan lawas ini menggunakan engine 3D sederhana. Di sini Genpro X dapat menjalankan aplikasi dengan lancar dan mulus, bahkan saat permainan berjalan intens.

Performa memuat / loading aplikasi terbilang cukup cepat. Saat diuji dengan membuka aplikasi Clash of Clans, Genpro X memuatnya dalam waktu 12.1 detik. Hal ini cukup wajar melihat RAM tipe LPDDR2, namun berkat kapasitasnya sebesar 2GB, aplikasi termuat tanpa perlu kehabisan RAM yang dapat membuat loading menjadi sangat lambat.

Meskipun performa 3D dan memori kurang baik, performa keseluruhan Genpro X tergolong mumpuni untuk penggunaan sehari-hari, seperti membuka aplikasi email, jejaring sosial atau chat. Aplikasi dapat berjalan dengan mulus dengan transisi yang cukup lancar. RAM sebesar 2GB juga membantu kemulusan pemakaian saat membuka aplikasi ringan sekaligus.

Namun lag terasa saat Genpro X membuka aplikasi yang memakan memori banyak. Contohnya membuka lebih dari 6 tab sekaligus pada Google Chrome, dengan beberapa situs yang dibuka mengandung banyak gambar yang tergolong berat. Pada kondisi ini berganti tab tampak lambat dan tampilan tab muncul agak lama.

Performa sensor pemindai sidik jari pada Genpro X tergolong cepat. Hanya dalam waktu sekitar 1 detik, sama cepatnya dengan sensor pada ponsel yang lebih mahal. Biasanya ponsel kelas bawah hanya dapat merekam maksimal 3 sidik jari, namun Genpro X cukup baik hati dengan menyediakan memori penyimpanan untuk 5 sidik jari.

Secara keseluruhan, performa Genpro X dapat mendukung aktivitas sehari-hari. Melakukan panggilan, mengirim pesan singkat atau pesan dengan aplikasi chat seperti BBM dan WhatsApp dapat dilakukan tanpa hambatan. Berselancar dengan browser Google Chrome dapat dilakukan secara mulus, dengan catatan tidak membuka tab terlalu banyak.

Tampilan Antarmuka & Aplikasi Terpasang

Genpro X dipasangi sistem operasi berbasis Android 6.0 Marshmallow. Keseluruhan sistem operasi berbasis pada versi Android stock alias murni dari Google, dengan sedikit modifikasi berupa tambahan aplikasi yang tergolong bloatware.


Tampilan Home

Laci Aplikasi 1

Laci Aplikasi 2

Aplikasi Google tersedia lengkap, yaitu Google, Chrome, Gmail, Maps, YouTube, Drive, Play Musik, Play Film dan TV, Foto dan Duo. Sayangnya tidak aplikasi Office yang dipasangkan sejak awal. Pengguna dapat menambah aplikasi Office dari Google dengan mengunduhnya melalui Play Store.

Aplikasi bloatware antara lain EC Nada Kita, EC Book, U-Box dan Toko1001. Hanya aplikasi EC Nada Kita yang dapat dihapus, selebihnya hanya dapat dinon-aktifkan pada pengaturan aplikasi.


Aplikasi Google

Tampilan Notifikasi

Panel Atur Cepat


Aplikasi EC Nada Kita

Aplikasi EC Nada Kita

Aplikasi EC Book


Pilihan EC Book

Aplikasi Toko1001

Aplikasi U-Box

Aplikasi dasar pada Genpro X kebanyakan masih menggunakan tampilan dari Android versi dasar, alias tidak diubah sedikit pun oleh Evercoss. Aplikasi Panggilan, Pesan, Kontak, Kalkulator, Alarm dan Kalender sama dengan yang ada pada Android One, baik dari segi tampilan, fitur maupun kegunaannya. Semuanya dapat menjalankan fungsinya dengan baik.


Tampilan Panggilan

Tampilan Pesan

Tulis Pesan


Tampilan Kalender

Tampilan Kalkulator

Tampilan Jam

Genpro X juga menyediakan aplikasi File Manager dan Notes yang memiliki tampilan dan fungsi standar. Aplikasi Note hanya mendukung penulisan catatan saja, tidak dapat digambari atau melampirkan gambar. Aplikasi File Manager dapat mengakses file di dalam perangkat dan menawarkan berbagai fungsi untuk membagi, melihat properties dan fungsi pencarian. Sayangnya tidak ada fitur “Copy-Cut-Paste” di aplikasi ini.


Tampilan Notes

Tulis Notes

Tampilan File Manager

Kinerja Baterai

Evercoss membekali Genpro X dengan baterai berkapasitas 2,650mAh. Baterai ini dapat memberikan tenaga ke perangkat selama 1 hari penuh dengan penggunaan normal. Kapasitas 100% pada pagi hari tersisa 29% pada jam 7 malam dengan penggunaan total sekitar 2 jam untuk browsing, 40 menit untuk bermain game, 30 menit melakukan panggilan dan sekitar 1 jam menggunakan aplikasi navigasi Google Maps.


Pemakaian baterai

Bertahan seharian

Untuk bermain game, daya yang disediakan mampu bertahan selama 2 jam 16 menit non-stop. Bagi pecandu permainan di Android, durasi ini mungkin mengecewakan. Namun bagi pengguna yang bermain game untuk menghilangkan penat, ini tentunya bukan masalah. Perlu dicatat bahwa perangkat terasa hangat saat digunakan bermain game non-stop, tetapi panasnya masih dapat ditolelir dan perangkat tetap bisa digenggam.

Genpro X tidak dilengkapi dengan fitur isi daya cepat. Untuk mengisi penuh baterai berkapasitas 2,650mAh dari kapasitas 15% dengan charger bawaan membutuhkan waktu sekitar 2 jam 12 menit.

Kualitas Kamera

Evercoss membenamkan sensor 13MP pada kamera belakang dan sensor 8MP di kamera depan Genpro X. Hitungan megapiksel kedua kamera ini terbilang tinggi untuk ukuran ponsel di kisaran Rp. 1 jutaan.

Kamera belakang dilengkapi fitur autofokus jenis kontras. Di atas kertas, autofokus jenis ini tidak secepat tipe PDAF atau pun Laser AF. Sementara pada kamera depan, titik fokusnya tetap atau disebut Fixed Focus (FF).

Berikut hasil jepretan menggunakan kamera utama Genpro X.


Foto 1: Luar ruang, Kondisi mendung, Modus Auto, HDR Off, Rasio 4:3


Foto 2: Zoom Foto 1, Ketajaman kurang, Detail objek banyak yang hilang


Foto 3: Luar ruang, Kondisi mendung, Modus Auto, HDR Off, Rasio 4:3


Foto 4: Zoom Foto 3, Ketajaman kurang, Detail objek banyak yang hilang

Hasil jepretan pada Foto 1 sekilas tampak cukup bagus, dengan detail seperti terlihat tegas dan tajam. Namun saat di-zoom, ternyata detail objek kabur dengan pola berbulir pada tepian objek. Hal yang sama terjadi pada Foto 3 dengan hasil zoom terpampang di Foto 4. Detil gambar terlihat penuh noise dan tidak tajam.

Dalam pengambilan gambar ini, pencarian fokus otomatis dapat mengunci objek dalam waktu sekitar 2 detik. Waktu ini cukup lama dibanding autofokus PDAF dan Laser AF. Akurasi dan presisinya cukup baik dan konsisten pada kondisi cahaya banyak.

Berikut kita simak hasil foto pada malam hari.


Foto 5: Malam hari, Modus Auto, HDR Off, Rasio 16:9


Foto 6: Malam hari, Modus Night, HDR Off, Rasio 16:9

Bisa diduga jika pada kondisi cahaya cukup hasil fotonya kurang bagus, pada malam hari akan lebih parah. Benar saja, jepretan Genpro X pada malam hari terbilang buruk. Dengan modus auto, hasil foto terlihat gelap yang berarti pengaturan parameter otomatis tidak teroptimalisasi dengan benar. Menggunakan modus Night, tangkapan cahaya lebih baik namun hasil foto menjadi lebih noisy atau berbulir. Objek juga menjadi blur, dan kembang cahaya pada lampu jalanan tampak berkabut.

Selain hasilnya kurang baik, performa pencarian fokus otomatis cukup lama dan memiliki akurasi dan presisi yang rendah. Butuh waktu sampai 3 detik untuk mencari fokus, meskipun sudah diarahkan ke gambar yang memiliki kontras cukup. Terkadang fokusnya gagal dan saat diulang pada titik yang sama terkadang berhasil terkunci.

Bagaimanapun juga, untuk ponsel seharga Rp. 1 juta hal ini bisa dimaklumi. Produsen tidak mungkin menghadirkan kualitas tinggi pada semua aspek. Tampaknya fitur fotografi Genpro X menjadi salah satu aspek yang dikorbankan.

Aplikasi kamera pada Genpro X terbilang membingungkan. Memang banyak fitur yang ditawarkan seperti pengaturan ISO, modus jepret, rasio aspek, kualitas dan ukuran gambar. Namun akses ke pengaturan terbilang memusingkan dan ada fitur yang tumpang tindih.

Di bagian atas aplikasi kamera terdapat pengaturan modus, opsi filter, pilihan kamera depan atau belakang, tombol HDR dan paling kanan ada menu pengaturan. Di pengaturan modus, terdapat banyak pilihan scene yang dapat dipilih, namun ada modus tumpang tindih, seperti fitur HDR dan Backlight yang secara esensi adalah modus yang sama.


Aplikasi Kamera

Pilihan Modus (1)

Pilihan Modus (2)


Pilihan Filter

Menu Pengaturan (1)

Menu Pengaturan (2)

Di dalam menu pengaturan, terdapat berbagai pilihan kendali fotografi. Susunan fitur ini tampak acak. Beberapa kendali terkait disusun terpisah jauh, seperti kendali “Picture Size” dan “Previewsize” (tulisannya beneran disambung) yang keduanya saling terkait. Ada juga kendali ZSL atau “Zero Shutter Lag” yang berkaitan dengan “Focus Mode” terpisah oleh kendali “White Balance”. Ini membingungkan bagi orang awan yang menggunakan aplikasi kamera Genpro X.

Kualitas Audio & FM Radio

Evercoss tidak mengandalkan fitur audio apa pun pada Genpro X. Perangkat ini dilengkapi sebuah speaker keras di belakang dan sebuah port audio 3.5mm di sisi atas perangkat. Ponsel ini juga dapat menerima siaran FM Radio yang menggunakan kabel earphone sebagai antena.

Speaker lantang pada bagian belakang perangkat menghasilkan suara yang cukup keras dan jelas. Pada volume maksimal, suaranya dapat mencapai 84 decibel, setara dengan keluaran suara Advan G1 yang mengunggulkan fitur speakernya. Meskipun begitu, kejernihan suara Advan G1 masih lebih baik dibanding Genpro X.

Keluaran audio melalui port 3.5mm terbilang biasa saja. Pengguna dapat mengatur keluaran suara melalui kendali equalizer dan pengencang bass. Fitur ini menggunakan Snapdragon Audio+. Kendalinya memiliki fungsi cukup baik, preset cukup lengkap dan intuitif. Sayangnya keluaran audio Genpro X jika diatur dengan bass yang tinggi terdengar pecah dan muncul distorsi. Meskipun menggunakan headphone kualitas atas, distorsi tetap terdengar. Untuk menghindarinya, kendali bass perlu diatur agar tidak terlalu tinggi.


Snapdragon Audio+

Pengaturan keluaran audio

FM Radio didukung oleh Genpro X. Aplikasinya memiliki fungsi yang cukup, yaitu memindai stasiun secara otomatis, merekam siaran radio dan akses cepat stasiun favorit. Kualitas resepsi sinyal radio cukup baik, meskipun noise terdengar jika sinyal radio kurang baik. Tampak pemutar radio pada ponsel ini tidak memiliki pengurang noise.


Aplikasi FM Radio

Pengaturan FM Radio

Kesimpulan dan Rekomendasi

Itulah ponsel Evercoss Genpro X yang dibanderol Rp. 1 juta. Ponsel ini sangat menarik selain karena harganya namun juga dari fitur dan spesifikasinya. Sensor pemindai sidik jari dengan performa mumpuni tertanam di bagian belakang perangkat. Chipset Qualcomm Snapdragon 212 dipadu dengan RAM 2GB cukup mampu menghadirkan performa mulus untuk penggunaan sehari-hari. Di atas kertas, ponsel ini memiliki “Value for Money” tinggi.

Sayangnya fitur lain tidak begitu bagus. Kamera utama memiliki hasil jepretan yang kurang bagus dengan detail yang kurang tajam. Keluaran audio juga terbatas pengaturannya karena saat diatur bass terlalu tinggi, suara akan terdistorsi dan terdengar pecah. Untungnya, ada fitur FM Radio pada Genpro X.

Untuk ponsel pintar budget rendah, Genpro X mampu menawarkan pengalaman menggunakan ponsel yang relatif baik. Dibanding ponsel lain di kisaran harga Rp. 1 juta, ponsel Evercoss ini adalah pilihan terbaik.

Pesaing terdekat dilihat dari perspektif “Value for Money”, ada ponsel Xiaomi Redmi 4A yang dijual resmi di Indonesia dengan harga Rp. 1.499 juta. Secara performa, ponsel ini lebih tinggi dengan platform Snapdragon 425 dan RAM 2GB serta ROM 16GB. Ponsel ini lebih baik performa grafis dan CPU-nya serta dibekali baterai lebih besar 3,120mAh. Namun model termurah dari Xiaomi ini belum dilengkapi dengan sensor pemindai sidik jari.


Xiaomi Redmi 4A

Cek: Perbandingan Evercoss Genpro X vs. Xiaomi Redmi 4A di tautan ini.

Xiaomi juga memiliki ponsel pintar murah dengan fitur sensor sidik jari, yaitu Redmi 4X yang baru saja dirilis. Ponsel versi importir umum dibanderol Rp. 1.599 juta untuk varian RAM 2GB dan ROM 16GB. Secara spesifikasi, Redmi 4X di atas Redmi 4A dan tentunya Genpro X. Redmi 4X menggunakan platform Snapdragon 435 yang lebih hemat daya.


Xiaomi Redmi 4X

Cek: Perbandingan Evercoss Genpro X vs. Xiaomi Redmi 4A di tautan ini.

(cyt)

Ada pertanyaan mengenai Evercoss Genpro X?
Silahkan tulis pertanyaan Anda di Kolom Komentar di bawah ini, tim Ulas-Master akan mencoba memberikan Solusi-nya!
comment

64 Komentar

  • Yuyuk:
    30 Oct 2017 · 13:51

    Cara matiin mode aman nya gimana ya?

  • Andi:
    29 Oct 2017 · 19:22

    Gan cara membuat ikon aplikasi menjadi rata kanan gimana ?

    • 31 Oct 2017 · 20:28

      Halo gan Andi. Fitur rata kanan secara otomatis tidak tersedia di Android yang terpasang pada Genpro X, gan.

  • chairullah:
    28 Oct 2017 · 03:43

    min mau tanya gen pro x bisa di sambung ke led tv pakai kabel mhl atau tanpa kabel pakai dongle bisa kaga?

    • 28 Oct 2017 · 21:36

      Halo gan Chairullah. Genpro X tidak mendukung MHL atau OTG sehingga tidak bisa menggunakan kabel MHL dan dongle Wifi.

  • Suikan:
    16 Oct 2017 · 18:24

    Sam genpro x ku gampang panas kalok di buat ojek online .. apa memang genpro x mudah panas.. jika di buat online terus…

    • 16 Oct 2017 · 21:03

      Halo gan Suikan. Penggunaan GPS dan aplikasi online cepat membuat hp jadi panas, gan. Model hp apapun akan panas kalau dua fitur tersebut aktif terus menerus.

      Saran ane, agan pastikan saja Genpro X mendapatkan udara yang mengalir, dan casingnya jangan yang tebal-tebal, kalau bisa berbahan metal sehingga bisa membantu “mendinginkan” hp.

  • rizqkhie:
    22 Sep 2017 · 23:15

    permisi kak , aku baru aja beli hp genpro x . pas aku ces udah 1 jam lebih kog tetep 20 % aja yah ? apa ada masalah ?

    • 23 Sep 2017 · 19:08

      Halo gan Rizqkhie. Pastikan charger sudah aktif (listriknya ada). Saat baterai sedang diisi, seharusnya ada indikasi di ikon baterai di bagian atas tampilan hp.

      Jika ternyata baterai sedang diisi namun kapasitas tetap 20%, sudah pasti ada masalah dengan baterainya, gan. Saran ane, sebaiknya diklaim garansi ke Pusat Service resmi Evercoss.

  • wawan:
    14 Sep 2017 · 19:08

    mau nanya kenapa hp genpro x saya klo di pasang earphone dalam keadaan terkunci hp sering mati.tadinya kirain hp saya sendiri yg kyak gtu.tapi ternyata hp evercoss genpro x teman saya juga sama sering mati

    • 14 Sep 2017 · 21:50

      Halo gan Wawan. Di unit Genpro X ane tidak ada masalah saat dipasang earphone dalam keadaan hp terkunci. Ane curiga ada masalah dengan hardware port 3.5mm, dan mungkin mempengaruhi unit tertentu. Saran ane, agan klaim garansi kerusakan cacat produksi dari pabrik ke Evercoss Service terdekat.

  • Jocky:
    11 Sep 2017 · 14:30

    Gan mo tanya hp gen pro x bisa buat remote tv g?

    • 11 Sep 2017 · 22:23

      Halo gan Jocky. Genpro X tidak dilengkapi dengan transmitter inframerah (IR) sehingga tidak dapat berfungsi sebagai remote TV atau perangkat elektronik lainnya. Perangkat yang memiliki IR biasanya memiliki jendela gelap di bagian sisi atas perangkat.


      Port IR Xiaomi Redmi Note 4

  • Viqi:
    10 Sep 2017 · 11:28

    Gans gmna sih caranya mengaktifkan lampu pemberitahuannya/variasi..kan di bagian atas??

    • 10 Sep 2017 · 18:26

      Halo gan Viqi. Genpro X tidak dilengkapi lampu LED notifikasi.

  • Adzhari:
    03 Sep 2017 · 21:28

    Saya baru beli ganpro x tapi saya masukin kartu SD ga kebaca knpa ya ??

    • 04 Sep 2017 · 21:44

      Halo gan Adzhari. Kartu SD yang agan gunakan class berapa, gan? Kartu SD yang ane coba class 10 dan UHS-1. Ane curiga Genpro X ini agak “pilih-pilih” dalam hal membaca kartu SD..

  • Kumo aji:
    29 Aug 2017 · 22:27

    Misi om mau nanya, genpro ane tiap instal bbm (ada bbrp aplikasi lain) kenapa pas bagian perizinan buat akses itu gak bisa si switch on ya ? Padahal pas awal2 bisa, skarang gak bisa. Udah di restart tp ttp aja. Mohon pencerahannya. Makasih.

  • Tri hariyanto:
    28 Aug 2017 · 09:56

    Kmrn sy beli Evercoss genpro-x, Micro SD kok tdk terbaca? Sdh sy coba Micro SD yg lain, sama tdk terbaca, gmn carax, makasih jwbnx

    • 28 Aug 2017 · 21:35

      Halo gan Tri Hariyanto. Di Genpro X ane, kartu microSD dapat terbaca dengan lancar. Saran ane:

      1. Pastikan kartu sudah terpasang dengan benar. Kadang-kadang kartu tergeser sedikit saat menutup tray bisa membuat tidak terbaca.

      2. Coba kartu SD dipakai di hp lain atau di memory card reader di komputer dan kartu SD terbaca dengan benar. Pastikan juga formatnya FAT32 atau exFAT jika kapasitas di atas 32GB.

      3. Jika masih tidak terbaca, kemungkinan ada masalah di slot kartu SD-nya. Saran ane, agan bawa lagi ke tempat agan membeli untuk dipastikan unitnya tidak cacat produksi. Jika memungkinkan, ditukar dengan yang baru saja, gan.

  • Amov:
    23 Aug 2017 · 15:50

    Genpro x ada LED notifikasi gak gan,,
    Jika tidak,,,apa ada solusi lain supaya ada LED notifikasinya entah itu pake flash depan.mksh…

    • 23 Aug 2017 · 22:04

      Halo gan Amov. Genpro X tidak dilengkapi lampu notifikasi, gan. Sebenarnya ada fungsi notifikasi menggunakan lampu flash di menu Aksesibilitas, tetapi yang aktif adalah lampu flash belakang, gan, bukan flash depan.

  • fauzi:
    22 Aug 2017 · 09:48

    katanya genpro support otg, tp begitu saya hub kabel otg ke fdisk ko ga ada apa2? gimana supaya bisa otg, mohon bantuannya

    • 23 Aug 2017 · 21:39

      Halo gan Fauzi. Genpro X tidak mendukung OTG, gan. Ane coba dengan USB drive dual OTG tidak bisa membaca, dan yang pakai adapter OTG juga tidak bisa deteksi drive USB.

      Koneksi OTG tergantung hardware (komponen di dalam hp), dan hardware pada GenPro X tidak mendukung OTG. Jadi, untuk GenPro X tidak ada yang bisa dilakukan untuk mengaktifkan fitur OTG.

  • hendra:
    12 Aug 2017 · 21:31

    hp genpro x pnya ane kok kurang senstif y layar ny…??? apa pnya agan2 jg spt itu???

    • 13 Aug 2017 · 19:17

      Halo gan Hendra. Kalau menurut ane, layar sentuh di Genpro X ane cukup sensitif, gan. Ane gunakan untuk bermain game yang memerlukan banyak sentuhan tidak ada masalah. Apakah Genpro X agan dilapisi tempered glass? Tempered glass yang tebal dapat mengurangi sensitivitas layar sentuh.

  • panca:
    10 Aug 2017 · 20:15

    maaf gan..saya baru beli evercoss genpro x..mohon bantuannya karena saat saya masukkan kartu 4G hape tidak ada sinyal/tidak terdeksi/no sim card..tapi saat saya masukkan kartu 3G baru terdeteksi..mohon pencerahannya…terima kasih

  • Arif:
    10 Aug 2017 · 06:59

    Gan kok di icon bbm,facebook,wa,dll gak muncul notifikasi ya,contoh klo ada pesan masuk cuma terlihat distatus bar.

  • satsat:
    07 Aug 2017 · 23:59

    rencana mau beli genpro x ini, karna cri second mi4i sma mi4c dirange 1,1jt msih susah hehehe.
    oya gan bukannya procie genpro x itu snapdragon 212 ya? sma kyk andromax L, mohon koreksi klau salah. thank.

    • 08 Aug 2017 · 09:09

      Halo gan Satsat. Agan benar, chipsetnya Snapdragon 212 karena GPU Adreno 304. Snapdragon 410 menggunakan Adreno 306. Terima Kasih atas koreksinya, gan Satsat.

  • Sigit:
    05 Aug 2017 · 20:47

    Saya mau tanya kenapa imei sv di hp genfro x saya 00,apakah berpengaruh,dan pada saat saya pindahkan data dari slot 1 ke slot 2,jaringan slot 1 menjadi 2g .apakah memang seperti itu,trima kasih gan

    • 05 Aug 2017 · 21:52

      Halo gan Sigit. IMEI SV (SV = Software Version) adalah identifikasi nomor software terkait pengelolaan kartu SIM. Angka yang biasa dicantumkan adalah 00 dan 01, beberapa pabrikan sampai 03. Jadi angka 00 di Genpro X agan menurut ane tidak ada masalah.

      Mengenai perpindahan SIM untuk data, kartu SIM yang agan pilih untuk mengakses data akan mendapatkan jaringan 4G sementara kartu SIM lainnya akan kebagian jaringan 3G atau 2G. Dan ini terjadi di semua ponsel dual SIM, gan. Dan jaringan 4G itu belum bisa dipakai untuk komunikasi suara (melakukan panggilan), gan. Contohnya, ketika agan menerima panggilan di kartu SIM 4G, jaringannya akan berubah menjadi 3G/2G saat menerima panggilan.

      • Sigit:
        05 Aug 2017 · 23:45

        Terima kasih master chan atas responnya

  • Gung eka:
    30 Jul 2017 · 09:55

    Pagi gan.. saya baru beli genpro x ni.. kemaren baru dateng normal2 aj dpke smpe akirnya td mlm saya carger.. pagi2 saya hidupin lagi hidup sebentar trus langsung mati total gk bisa di carger ato di rebort.. kyk gak ad tenaga masuk sama sekali ke hp.. penyebabnya apa ya ? Cara mengatasinya ? Apa harus ke evervoss sevice centre ya karna hp bru kmaren beli..

    • 30 Jul 2017 · 21:09

      Halo gan Gung Eka. Sewaktu di-charge tadi malam, agan sudah yakin baterainya memang sedang mengisi? Bisa jadi chargernya bermasalah, gan. Coba gunakan charger yang berbeda. Jika masih bermasalah, saran ane langsung di bawah ke Service Center Evercoss, mumpung masih fresh Genpro X-nya..

  • Abimanyu:
    22 Jul 2017 · 21:20

    Kenapa genpro buat main game bentar aja udah panas banget

    • 22 Jul 2017 · 22:35

      Halo gan Abimanyu. Iya, gan, unit Genpro X ane juga panas saat dimainkan untuk game 3D. Hp ini memang tidak memiliki performa yang cukup untuk menjalankan aplikasi berat seperti game 3D, dan chipset lawas Snapdragon 410 yang dipakai Genpro X memang terkenal cepat menjadi panas.

  • Rafi umam:
    21 Jul 2017 · 05:59

    Perbaiki nya dmna gan klok rusak

  • Abimanyu:
    18 Jul 2017 · 14:32

    kalo buat game kok cepet panas ya gan,apa normal kah??

  • Ibnu:
    17 Jul 2017 · 17:10

    Agan2 ada mhn bantuan dong ane baru install aplikasi WA dan bbm tp gak fungsi sempurna ada keterangan hamparan layar terdeteksi.. minta di nonaktifkan. Mhn pencerahan dong

    • 21 Jul 2017 · 19:17

      Halo gan Ibnu. Agan perlu mengaktifkan ijin lokasi aplikasi WA dan BBM di menu Pengaturan > Aplikasi > WhatsApp / BBM > Perijinan > aktifkan Lokasi.

  • Basith:
    16 Jul 2017 · 19:28

    Bro, cara mindahin aplikasi dari HP ke kartu external di Genpro X gimana sih ?

    Soalnya di pengaturan aplikasi tidak ada pilihan “pindahkan ke kartu SD”.

    Apakah cuma di Genpro X milik saya aja ataukah di semua Genpro X ?

    • 16 Jul 2017 · 19:55

      Halo gan Basith. Memindahkan aplikasi dari memori internal ke kartu SD tergantung dari aplikasinya, gan. Sejak Android 6.0 Marshmallow, tidak banyak aplikasi yang dapat dipindah ke kartu SD untuk menjaga performa dan stabilitas aplikasi. Hal ini tidak hanya di Genpro X, tetapi di seluruh ponsel Android 6.0 ke atas, gan.

  • Samid:
    06 Jul 2017 · 13:28

    Ini genprox saya habis ada update software, trus sinyal nya kok hilang hilang sim nya nggak trdeteksi, apakah emang begitu update terbarunya? Ty

    • 16 Jul 2017 · 19:54

      Halo gan Samid. Genpro X ane tidak ada masalah dengan kartu SIM setelah diupdate. Pastikan saja kartu SIM terpasang dengan benar, gan. Jika masih tidak bisa, coba gunakan kartu SIM agan di hp lain. Jika di hp lain terbaca, sebaiknya dibawa ke service center Evercoss, gan.

  • raja:
    27 Jun 2017 · 17:16

    Apa genpro x sudah mendukung otg gan?

    • 28 Jun 2017 · 20:50

      Halo gan Raja. Genpro X tidak bisa OTG, gan. Ane coba dengan USB drive dual OTG tidak bisa membaca, dan yang pakai adapter OTG juga tidak bisa deteksi drive USB.

  • Wisnu:
    24 Jun 2017 · 07:07

    Mau nanya nih
    Handphone ini kalau digunakan untuk memainkan game ritmik deresute (Idolmaster Cinderella Girls Starlight Stage) dengan pengaturan grafis 2 dimensi (bukan tampilan 3 dimensi) lag tidak ya? Juga touchscreen-nya tetap responsif atau tidak.
    (Game ritmik sulit dimainkan di handphone yang kurang responsif seperti Evercoss A75W).

    • 28 Jun 2017 · 20:47

      Halo gan Wisnu. Sorry ane gak bisa uji aplikas game ini karena Google Play tidak bisa memasang aplikasi ini (bukan untuk negara Indonesia, kata om Google). Tapi kalau ane tebak sih, Genpro X bisa menjalankan game ini cukup lancar, gan, karena sudah pakai Snapdragon 410 + RAM 2GB, sementara Winner Y1 A75W hanya pakai chip MT6582 dengan RAM 1GB.

  • iko:
    23 Jun 2017 · 23:19

    koneksi internet & wifi genpro x gmn gan ?

    • 24 Jun 2017 · 18:08

      Halo gan Iko. Sejauh yang ane coba, lumayan, gan. 4G indosat dan telkomsel lancar. Wifi juga OK, tidak ada kendala, gan.

  • ival:
    21 Jun 2017 · 15:57

    Gan kalau main game di hp evercoss genpro x bisa main mobile legends gk dan kalau di perbanyak aplikasi bisa ngeleg/lemot gk.ada sensor lampunya gk gan seperti di hp asus misalnya kalau ciri2 mau habis batrai merah,kalau sedang kuning . gan kalau harga hp evercoss genpro x yg skrng juni 2017 brpa harganya.. Sekian dari saya ass.

    • 22 Jun 2017 · 21:26

      Halo gan Ival. Genpro X bisa menjalankan aplikasi Mobile Legends, cuma kadang loadingnya agak lama, dan kalau lagi pakai jurus rame-rame gambar terpatah-patah, gan. Genpro X tidak dilengkapi lampu notifikasi, gan, jadi tidak ada indikator lampu untuk kondisi baterai. Harga Genpro X baru di kisaran Rp. 950 ribu – 1 juta, gan.

  • Irfan herdianto:
    06 Jun 2017 · 23:06

    Min mau tanya kenapa genpro x punya sy tiba2 panas,terus langsung mati.dan ga bs dhidupkan kembali??gimana caranya spy kembali normal.trims

    • 07 Jun 2017 · 19:02

      Halo gan Irfan. Sepertinya hp agan mengalami masalah hardware, mungkin baterainya. Saran ane segera bawa ke service center Evercoss, mumpung masih garansi.

  • rizky:
    10 May 2017 · 16:30

    min kalo apertur kamera belakangnya brapa.ya?.

    • 10 May 2017 · 20:22

      Halo gan Rizky. Sori, gan, terus terang ane juga gak tahu. Tetapi kalau melihat hasil fotonya di malam hari, ane curiga aperture-nya kecil, gan, kemungkinan f/2.8 ke atas. Tapi sekali lagi, ane gak bisa menemukan informasinya yang terpercaya, jadi ini hanya tebakan ane hehe..

  • Hasan Udin:
    25 Apr 2017 · 18:50

    Kalau dibuat virtual reality kenapa muter muter sendiri,
    Sensor gyronya yang bermasalah atau kenapa min?

    • 04 May 2017 · 20:23

      Halo gan Hasan Udin. Benar, gan, ane coba di VR box tampilan Genpro X agak berputar sedikit demi sedikit saat berpindah arah pandang.

      Ane curiga ini disebabkan Genpro X yang tidak dilengkapi sensor magnetometer (kompas), sehingga untuk arahnya mengandalkan sensor Gyro. Sensor gyro sendiri sangat sensitif terhadap perubahan sekecil apa pun, jadi saat ponsel bergetar, si sensor Gyro terbaca sebagai gerakan dan tampilan VR berubah juga.

  • Ozzy:
    13 Apr 2017 · 21:06

    Mau nanya hape apa saja yang sudah support jaringan 4G LTE Band 3/5/8/40 sekaligus support Native Volte dan VoWifi? Apakah hape ini termasuk support? Evercos genpro x, evercoss winner T, evercoss winner Y, blackberry aurora, LG K10 2017, LG Stylus 3? Makasih jawabannya.

    • 13 Apr 2017 · 21:46

      Halo gan Ozzy. Jaringan yang agan sebut adalah jaringan di Indonesia. Seluruh ponsel 4G yang beredar secara resmi di Indonesia 99% mendukung ke-4 band 4G-LTE itu. Untuk dukungan VoLTE, GenproX dan Aurora mendukung VoLTE. Tapi ponsel LG dan Redmi Note 4 belum pernah ane coba untuk VoLTE, jadi ane gak bisa info. Untuk VoWifi, sejauh yang ane tahu, belum ada ponsel di Indonesia yang mendukung fitur ini, gan.

      Berikut dukungan jaringan LTE yang agan tanyakan:
      Evercoss Genpro X: LTE1800 (B3), LTE850 (B5), LTE900 (B8), TD-LTE2300 (B40) + Dukungan VoLTE
      Blackberry Aurora: LTE2100 (B1), LTE1800 (B3), LTE850 (B5), LTE2600 (B7), LTE900 (B8), LTE850 (B26), TD-LTE2300 (B40) + Dukungan VoLTE
      LG K10 2017 & LG Stylus 3: LTE2100 (B1), LTE850 (B5), LTE1800 (B3), LTE2600 (B7), LTE900 (B8), LTE800 (B20), TD-LTE2300 (B40)
      Redmi Note 4: LTE2100 (B1), LTE850 (B5), LTE1800 (B3), LTE2600 (B7), LTE900 (B8), TD-LTE2600 (B38), TD-LTE2500 (B41), TD-LTE2300 (B40), TD-LTE1900 (B39)

      • Ozzy:
        14 Apr 2017 · 13:18

        Makasih banyak gan atas respon dan jawabannya. Ulasannya mantap.

createTulis Komentar

• Alamat Email Anda Tidak Akan Dipublikasikan.
• Harap Maklum: Komentar akan melalui Tahap Moderasi, jadi tidak langsung muncul di sini :-).