Infinix Note 4 – Ulasan

Infinix Note 4

Rating UlasAbis:
8.1

Desain

8.2

Performance

7.5

Fitur

8.1

Value for Money

8.7
Keunggulan:
+ Hasil kamera belakang baik
+ Kapasitas baterai besar 4,300mAh
+ Dukungan isi daya cepat 18W
Kekurangan:
- Bass dan trebel terdengar rata
- Panel belakang sulit dibuka
- Bodi berbahan plastik


 
Infinix adalah perusahaan teknologi asal Hong Kong yang memiliki beberapa model ponsel yang dipasarkan di Indonesia. Salah satunya adalah seri Note yang cukup populer sebagai ponsel dengan spesifikasi kelas menengah dan harga terjangkau. Model terbarunya Note 4 tetap diposisikan sebagai ponsel kelas menengah namun dengan harga yang lebih murah dibanding generasi sebelumnya Note 3.

Infinix Note 4 menonjolkan desain elegan, baterai berkapasitas besar dengan fitur isi daya cepat. Semuanya dipadukan dalam paket penjualan yang dibanderol hanya Rp. 2 juta saja.


Infinix Note 4

Spesifikasi umum Infinix Note 4:

  • Harga Rp. 2.049 juta (per September 2017)
  • Layar tipe IPS 5.7 inci resolusi Full HD 1920 x 1080 (401 ppi)
  • Bodi berbahan plastik, Layar 2.5D
  • Chipset MediaTek MT6753 terdiri dari 8-inti CPU Cortex-A53 @1.3GHz
  • RAM 3GB, ROM 32GB tipe eMMC 5.1 dan slot kartu microSD sampai 128GB
  • Android Nougat 7.0 dengan XOS versi 2.3
  • Kamera Utama 13MP diafragma f/2.0 dengan lampu flash LED ganda
  • Kamera Depan 8MP diafragma f/2.0 dengan lampu flash LED
  • Baterai kapasitas besar 4,300mAh
  • Teknologi isi daya cepat XCharge maksimal 18W
  • Slot micro-SIM card ganda dan dukungan seluruh jaringan 4G-LTE di Indonesia (setelah diupdate)
  • Wifi a/b/g/n, Bluetooth 4.2, FM Radio dan USB OTG
  • Sensor lengkap: Proximity, Gyro, Akselerometer, Cahaya, Kompas / Magnetik dan Sensor Pemindai Sidik Jari

Kekurangan:

  • Bodi terbuat dari plastik, bukan metal
  • Akses ke kartu micro dan kartu SIM sulit dibuka
  • Bass & trebel terdengar flat melalui earphone / headphone

Cek: Spesifikasi lengkap Infinix Note 4 di database UlasAbis.

Perbedaan Dengan Infinix Note 3

Dibanding model generasi sebelumnya Note 3, Note 4 memiliki perbedaan dalam hal spesifikasi. Ukuran layarnya tidak lagi 6 inci, melainkan hanya 5.7 inci pada Note 4. Kapasitas memori internal ditingkatkan menjadi 32GB, sementara kapasitas baterai sedikit dikurangi dari 4,500mAh menjadi 4,300mAh.

Cek: Perbandingan Infinix Note 4 dan Note 3 di sini.

Perbedaan Dengan Infinix Note 4 Pro

Seri Note 4 memiliki satu varian di atasnya, yaitu Note 4 Pro. Model ini memiliki dukungan stylus khas Infinix yang dinamai X-Pen. Bagian belakang Note 4 Pro terbuat dari bahan metal dan hadir dengan desain berbeda dari Note 4, yakni dari garis antena yang mirip dengan iPhone 7. Namun tidak ada perbedaan spesifikasi di antara kedua model tersebut.

Cek: Perbandingan Infinix Note 4 dan Note 4 Pro di sini.

Berikut kita simak pemaparan seluruh aspek Infinix Note 4 khas UlasAbis.

Paket Penjualan


Kemasan Infinix Note 4


Isi di dalam kemasan

Infinix Note 4 dikemas dalam kotak berwarna biru sederhana. Di dalamnya terdapat perangkat utama pada sisi atas, sementara aksesoris dan dokumen-dokumen diakses melalui sisi bawah.

Aksesoris yang disertakan cukup lengkap, yaitu charger XCharge 18W (rating 9V/2A atau 12V/1.5A), kabel charger pipih, earphone tipe in-ear berwarna putih, jelly case transparan, lapisan anti gores dan buku panduan pemakaian serta buku garansi. Tidak ada pin pembuka slot SIM karena kartu SIM dipasang dengan membuka bagian belakang perangkat.

Dengan adanya jelly case dan lapisan anti-gores, Note 4 dapat langsung dapat dipakai untuk kegiatan sehari-hari. Jelly case bawaan terasa cukup tebal dan tidak mudah slip. Lapisan anti-goresnya juga sangat tipis, sehingga tidak mempengaruhi sensitivitas layar sentuh.

Desain, Bentuk dan Kualitas Material


Bagian depan Infinix Note 4

Desain Infinix Note 4 berbeda dari model sebelumnya Note 3. Note 4 mengadopsi desain sederhana dengan bezel tebal di bagian atas dan bawah layar. Infinix menggunakan bahan plastik untuk bagian bingkainya dan bagian panel belakang perangkat.


Bagian depan atas

Di bagian atas layar terdapat speaker panggilan di bagian tengah, diapit oleh sensor proximity, sensor cahaya dan lampu flash di sebelah kirinya dan kamera depan di sebelah kanannya. Lampu LED notifikasi terpasang di ujung kanan sejajar dengan kamera depan.

Lampu LED notifikasi pada Note 4 dapat memancarkan warna merah, biru dan hijau yang diatur untuk tipe-tipe notifikasi, seperti merah saat pengisian daya, hijau saat notifikasi pesan dan biru saat perekaman suara selesai. Infinix menyebut lampu ini sebagai LED Reminder Lights.


Bagian depan bawah

Di bagian bawah layar terletak tombol home yang juga tempat sensor pemindai sidik jari. Tombol ini bersifat mekanis alias dapat ditekan. Permukaannya mengkilap dan sedikit lebih rendah dari permukaan di sekitarnya, dan dengan bingkai di sekelilingnya memberikan kesan elegan.

Di sebelah kiri dan kanan tombol home terdapat tombol navigasi. Tombol kiri difungsikan sebagai tombol aplikasi terkini sementara tombol kanan untuk navigasi kembali. Kedua tombol ini tidak dilengkapi dengan lampu backlight sehingga tidak terlihat saat keadaan gelap.


Bagian belakang, permukaan mengkilap bak kaca

Bagian belakang Note 4 memiliki permukaan yang mengkilap. Sekilas, bagian ini terlihat terbuat dari bahan kaca. Namun bagian ini terbuat dari bahan plastik yang diberi stiker transparan mengkilap. Tepi kiri dan kanan panel didesain dengan lengkungan halus yang dipadu dengan permukaan mengkilap memberikan kesan premium.


Bagian belakang dengan cover yang dibuka

Panel cover plastik ini dapat dibuka dengan cara ditarik menggunakan alat pencongkel atau kuku jari. Tanpa alat atau kuku jari, panel plastik ini cukup sulit dibuka sehingga agak sulit untuk mencapai kartu SIM dan kartu microSD yang dipasang di balik cover ini.

Meski cover belakang bisa dibuka, baterai Infinix Note 4 tidak dapat dengan mudah dibuka untuk diganti. Infinix juga melarang pelindung baterai dibuka untuk mengganti baterai tanam (built-in) ini.


Bagian belakang atas

Di bagian belakang sebelah atas, terdapat kamera utama yang dilengkapi dengan lampu LED ganda di bawahnya. Logo Infinix terletak di bagian tengah.


Bagian belakang bawah

Pada bagian bawah panel belakang terdapat nama model Note. Di sini tidak terdapat nomor IMEI atau nomor seri ponsel. Informasi tersebut berada di balik cover.

Berikut kita simak detail perangkat di seluruh sisi samping.


Gambar atas ke bawah: Sisi kiri, bawah, kanan dan atas

Pada bagian samping kiri terdapat tombol volume dan tombol kunci / daya. Tombol ini memiliki penampakan yang senada dengan permukaan di sekitarnya, dan sama-sama terbuat dari bahan plastik.

Di bagian sisi bawah terletak port microUSB untuk pengisian daya dan koneksi data melalui USB. Di sebelah kiri dan kanan port microUSB tersebut terdapat dua gril speaker. Gril sebelah kiri memuat speaker keras sementara gril sebelah kanannya memuat mikrofon untuk panggilan maupun rekaman.

Bagian samping kanan tidak memiliki fitur apa pun. Pada bagian sisi atas terletak port audio 3.5mm.


Infinix Note 4 pas di tangan

Dilihat dari dimensinya, Note 4 cukup nyaman digenggam, pas di tangan pria dewasa. Namun ponsel ini terasa berat, akibat dari baterai besar 4,300mAh. Beratnya mencapai 188 gram, terbilang berat untuk ukuran ponsel dengan layar 5.7 inci. Sebagai pembanding, Galaxy Note 5 hanya memiliki bobot 171 gram saja, dengan ukuran baterai 3,000mAh.

Secara keseluruhan, Infinix Note 4 terkesan elegan dan premium saat dilihat, meskipun sesungguhnya tidak terbuat dari bahan plastik yang jika dipegang memberikan kesan yang berbeda.

Layar dan Tampilan


Layar IPS 5.7 inci beresolusi Full HD 1920 x 1080

Infinix memasangkan layar IPS berukuran 5.7 inci dengan resolusi Full HD 1920 x 1080. Artinya layar ini memiliki kepadatan 386 piksel per inci. Densitas piksel ini di atas angka retina display di 312 ppi, sehingga dipastikan layar Infinix Note 4 mampu menghasilkan tampilan yang tajam pada penggunaan normal.


Ketajaman layar 386 ppi, tampilan di layar terlihat tajam


Dari jarak lebih dekat lagi, masih terlihat tajam

Seperti pada layar IPS umumnya, layar Note 4 terlihat memiliki kontras yang standar saja. Pada kecerahan layar tinggi, kontras layar terlihat berkurang. Ini terlihat dari tampilan warna hitam yang agak memutih akibat lampu backlight yang semakin terang. Namun hal ini cukup wajar dan terjadi pada layar IPS.

Tingkat kecerahan layar maksimal pada Note 4 mampu melawan sinar matahari langsung. Tentunya kontras dan saturasi tampilan tampak berkurang. Namun tulisan dan gambar masih dapat dibaca dan terlihat.

Performa

Infinix Note 4 ditenagai oleh chipset buatan MediaTek dengan tipe MT6753. Chip ini dibuat dengan teknologi fabrikasi 28nm, tergolong teknologi lawas. Di dalamnya terdapat 8-inti CPU Cortex-A53 @1.5GHz dan 3-inti GPU Mali-T720 @700MHz. Note 4 memiliki chipset yang sama dengan ponsel Infinix lainnya yaitu Note 3 dan Zero 4.

Di atas kertas, performa yang dihasilkan oleh MT6753 berada di kelas menengah bawah saat ini. Namun untuk menjalankan berbagai aplikasi ringan seperti aplikasi media sosial, chatting dan untuk berselancar di web, chip ini masih sangat mumpuni.


Skor AnTuTu 37,553

Spek Note 4

Hasil AndroBench

Skor uji benchmark AnTuTu Infinix Note 4 menghasilkan skor 37,553. Skor ini setara dengan ponsel flagship keluaran tahun 2014 lalu seperti LG G2 atau Galaxy S5. Sementara pada uji AndroBench, memori internal Note 4 mampu membaca data 230 MBps dan menulis 119 MBps, yang berarti ponsel ini dibekali memori eMMC 5.1.

Performa ini mampu dengan mudah melahap game 2D dengan mudah. Namun saat menjalankan game 3D berat seperti Mobile Legends dan Pro Evolution Soccer, pengalaman bermain kurang nyaman akibat anmiasi yang terpatah-patah saat grafis intens menggunakan pengaturan grafik bawaan (default).

Secara keseluruhan Infinix Note 4 mampu menjalankan aplikasi sehari-hari dengan mudah dan mulus. Namun perangkat ini kurang bertenaga saat menjalankan game 3D berat. Pengguna yang gemar bermain game harus puas menjalankan game ringan pada Note 4.

Performa Sensor Pemindai Sidik Jari


Sensor sidik jari di bawah layar

Note 4 dilengkapi dengan sensor sidik jari pada tombol home di bawah layar. Sensor ini bekerja dengan cepat, mampu mengenali sidik jari dalam waktu tidak sampai 1 detik. Sidik jari yang agak basah, kotor dan berminyak sukar dikenali oleh sensor ini. Hal ini wajar pada sensor sidik jari berbasis optik.

Penggunaan sensor sidik jari dilakukan dengan terlebih dahulu menekan tombol mekanis. Sayangnya tidak ada pengaturan agar sidik jari dapat dibaca tanpa menekan tombol.

Tampilan Antarmuka & Aplikasi Terpasang

Infinix Note 4 ditanamkan sistem operasi berbasis Android 7.0 Nougat dengan balutan antarmuka XOS 2.3 Chameleon khas Infinix. XOS memiliki banyak aplikasi, fitur dan tampilan buatan yang unik, menawarkan pengalaman yang berbeda dari Android versi dasar tersebut.


Tampilan Home

Laman 2

Laci Aplikasi


Pengaturan Cepat 1

Pengaturan Cepat 2

Tentang Perangkat

Di dalamnya, Note 4 dipasangi aplikasi bawaan yang berguna dan yang tidak alias bloatware. Beberapa aplikasi yang tergolong bloatware adalah MagicMovie, Lazada, PalmChat, PalmPlay dan CarlCare. Selain MagicMovie, aplikasi ini dapat dibongkar untuk mengosongkan sedikit ruang penyimpanan memori.


Aplikasi khas XOS

Aplikasi MedSos

Aplikasi Media


Aplikasi Tools

Aplikasi Google

Aplikasi sosial media juga sudah terpasang, seperti Instagram, Facebook, WhatsApp dan Messneger. Aplikasi-aplikasi Google tersedia lengkap yaitu Google, Chrome, Gmail, Maps, YouTube, Drive, PlayMusic, PlayMovie, Duo, Photos dan Voice Search. Asisten virtual dari Google, Google Assistant, juga terpasang langsung.


Aplikasi Berkas

Phoenix Browser

Tampilan situs


Aplikasi Galeri

Optimisasi Sistem

Google Assistant

Aplikasi dasar tersedia lengkap di XOS pada Note 4. Semuanya mampu berfungsi dengan baik dan memiliki semua kegunaan untuk menjalankan aktivitas sehari-hari seperti mengirim pesan teks, panggilan suara, panggilan video, membuka galeri foto dan pengelola kontak. Untuk browser, XOS memiliki Phoenix Browser.


XTheme untuk Tema antarmuka

Pilihan kategori, gratis

Tema XOS dapat diubah dengan mudah melalui aplikasi XTheme. Tema hasil kreasi pengguna lain juga dapat dipilih berdasarkan kategori, diunduh, dipasang dan dinikmati. Tema-tema ini tersedia secara gratis.

Kinerja Baterai

Fitur yang diunggulkan Infinix pada Note 4 adalah kapasitas baterainya yang besar 4,300mAh dan dukungan isi daya cepat XCharge. Teknologi ini disebut dapat mengisi 45% baterai hanya dalam waktu 30 menit dengan menggunakan charger 18W bawaan.

Infinix mengklaim baterai 4,300mAh mampu bertahan selama 2 hari untuk pemakaian normal dan 1.5 hari untuk pemakaian berat. Saat diuji, klaim tersebut benar. Dimulai dengan 100% pada jam 8 pagi, Note 4 mampu bertahan pada jam 8 malam dengan menyisakan 63% pada penggunaan normal, yaitu 2 jam bersosial media, 1 jam berselancar, 2 jam membuka aplikasi Google Maps aktif dan 1 jam bermain game. Keesokan paginya, Note 4 masih memiliki daya 60% dan tersisa 22% pada jam 8 malamnya.


Bermain game nonstop 6 jam

Penggunaan baterainya

Hari kedua, jam 20:00

Untuk menjalankan aplikasi game 2D online, Note 4 dapat digunakan selama 6 jam nonstop dengan menghabiskan 50% kapasitas baterai, atau sekitar 10 jam sampai baterai menjadi 15%. Untuk bermain game 3D berat online seperti Mobile Legends, Note 4 dapat bertahan selama sekitar 4 jam nonstop dan menghabiskan 75% kapasitas baterai.


Charger XCharge maksimal 18W (9V/2A atau 12V/1.5A)

Dalam mengisi daya menggunakan charger XCharge bawaan, pengisian dari 15% ke 100% membutuhkan waktu 1 jam 30 menit, dengan 30 menit pertama kapasitas langsung mampu menyentuh angka 58%. Bagian belakang perangkat terasa agak panas saat diisi daya, namun masih dapat disentuh dan wajar.

Fitur XCharge yang dibekali pada Note 4 memberikan nilai tambah tersendiri, mengingat ponsel di kisaran harga Rp. 2 jutaan jarang memiliki fitur isi daya cepat. Hanya Meizu M5 Note yang juga didukung teknologi isi daya cepat mCharge. Ponsel populer Xiaomi Redmi Note 4X tidak memiliki fitur isi daya cepat.

Kualitas Kamera

Kamera belakang Infinix Note 4 memiliki resolusi 13MP dilengkapi dengan fitur autofokus dan lensa f/2.0. Pada kamera depan, Infinix membenamkan sensor 8MP fokus tetap yang memiliki fitur pemercantik wajah hasil jepretan. Berikut kita lihat hasil jepretan kamera Note 4.


Foto 1: Modus Auto, Kondisi siang hari, Rasio Aspek 4:3


Foto 2: Zoom 100% Foto 1, detail tajam dan tegas. Noise minimal pada awan


Foto 3: Modus Auto, Kondisi siang hari, Rasio Aspek 4:3


Foto 4: Zoom 100% Foto 3, detail tajam dan tegas. Noise muncul, namun minim

Hasil jepretan kamera Note 4 menggunakan modus auto terlihat cukup baik, dengan detail yang tajam dan tegas serta warna yang cukup akurat dengan saturasi baik. Namun noise sedikit muncul di bagian gambar yang homogen seperti birunya awan dan abu-abunya aspal jalanan. Tampaknya pengaturan ISO pada modus auto disetel agak tinggi. Hal ini bisa diminimalisir dengan menggunakan modus Pro dan mengatur ISO pada angka 100.

Berikutnya, kita lihat hasil jepretan pada malam hari.


Foto 5: Modus Auto, Kondisi malam hari, Rasio Aspek 4:3


Foto 6: Zoom 100% Foto 5, detail kabur, bentuk tidak jelas


Foto 7: Modus Night, Kondisi malam hari, Rasio Aspek 4:3, Noise banyak muncul, detail masih kabur

Menggunakan modus auto untuk fotografi malam hari bukanlah ide yang baik. Objek pada hasil jepretan tampak kabur dan tidak jelas. Sepertinya Infinix mengatur ISO terlalu tinggi saat kondisi cahaya minim dan fitur filter pengurang blur bekerja menghilangkan noise yang muncul sekaligus detail foto. Modus Night juga tidak membantu banyak, malah noise yang muncul lebih banyak pada modus ini.

Untungnya Infinix membekali modus Professional pada aplikasi kamera bawaan. Modus Pro ini biasanya cocok untuk fotografi malam hari. Seperti apa hasilnya?


Foto 8: Modus Pro, Kondisi malam hari, ISO 100, WB Auto, EV 0, MF ∞, Shutter 4 detik, Rasio Aspek 4:3


Foto 9: Zoom 100% Foto 8, detail cukup tajam. Noise minimal

Hasil foto malam hari menggunakan modus Professional cukup mengejutkan. Dengan ISO diatur konstan pada angka ISO 100, noise terlihat nyaris tidak ada namun detail foto tetap terjaga dan tegas. Foto 9 memperlihatkan detail Foto 8, jauh berbeda dengan detail pada Foto 6. Perlu dicatat bahwa dalam pengambilan foto 8 menggunakan modus Professional diperlukan alat untuk menjaga ponsel tidak bergerak sedikit pun selama periode shutter 4 detik.


Tampilan App Kamera

Pilihan Modus

Pengaturan cepat


Pengaturan lengkap

Tampilan selfie

Modus Professional pada Infinix Note 4 menyediakan 6 parameter untuk diatur. Yang pertama adalah Exposure Metering yang dapat diatur antara spot, center atau frame average. Shutter dapat diatur dari 1/100 sampai 6 detik. Angka ISO tersedia dari 100 sampai 1600. EV dapat diset dari -3 sampai +3 dengan langkah 0.5.


Pengaturan Metering

Pengaturan Shutter

Pengaturan ISO


Pengaturan EV

Pengaturan WB

Pengaturan Jarak Fokus

Keseimbangan putih atau WB memiliki 7 pengaturan yang sudah diatur. Sayangnya tidak ada pilihan pengaturan WB manual. Terakhir adalah pengaturan jarak fokus, mulai dari makro sampai tak hingga.

Pengaturan pada modus Professional di Note 4 hampir setara dengan yang ada pada ponsel kelas flagship dan jauh di atas ponsel di kisaran harga Rp. 2 juta. Bagi pengguna yang gemar fotografi, Infinix Note 4 memiliki nilai plus berkat modus Pro tersebut.

Pada kamera depan, Infinix menanamkan kamera 8MP dengan fokus tetap. Kamera ini disebut memiliki piksel sensor besar sehingga mampu menghasilkan foto dengan detail tajam. Selain itu juga ada lampu flash LED untuk selfie pada kondisi cahaya gelap atau ingin lebih menekankan ekspresi di wajah. Berikut adalah hasil foto jepretan kamera selfie Note 4, dengan UlasTigor sebagai objeknya.


Foto 10: Modus Auto, Selfie kondisi cahaya cukup, Lampu flash tidak aktif


Foto 11: Modus Auto, Selfie kondisi cahaya cukup, Lampu flash aktif

Untuk selfie, aplikasi kamera menyediakan modus WideSelfie untuk mengambil foto selfie lebih lebar dengan cara menjepret lalu memutar ponsel ke kiri dan ke kanan. Fitur ini mirip dengan panorama, namun khusus untuk selfie.

Secara keseluruhan, aspek fotografi pada Note 4 cukup mumpuni dan sebanding dengan ponsel buatan China di kisaran harga yang sama, seperti Xiaomi Redmi Note 4. Tersedianya modus Professional lengkap menjadikan nilai tambah yang cocok untuk penggemar fotografi malam hari.

Kualitas Audio & FM Radio

Infinix tidak mengandalkan fitur audio pada Note 4. Ponsel ini memiliki port audio 3.5mm dan mendukung aplikasi FM Radio yang berjalan dengan kabel earphone sebagai antena. Tidak ada chip khusus audio atau amplifier di dalamnya.


Speaker tunggal di bawah, sebelah kiri port USB

Suara keluaran dari speaker keras (loudspeaker) pada Note 4 terbilang sangat nyaring, mampu mencapai 83 decibel. Keunggulan ini cukup jamak ditemukan pada jajaran ponsel di kisaran Rp. 2 juta seperti Advan G1 dan Blackberry Aurora.


Equalizer

Pilihan preset

Pilihan preverb (efek gema)

Saat mendengarkan musik menggunakan earphone / headphone, Note 4 memiliki pengaturan audio melalui equalizer bawaan XOS. Pengaturannya cukup mudah dan tersedia beberapa pilihan preset equalizer. Sayangnya, meski sudah diatur suara bass dan trebel terdengar flat atau rata. Peningkatan bass tidak terasa dentumannya di headphone, sangat berbeda dari ponsel yang memiliki amplifier atau chip DAC seperti Asus ZenFone 3, Vivo V5 ataupun LG G6.


Aplikasi FM Radio

Mode Tidur

Mulai Radio Otomatis

Penerimaan siaran radio juga memiliki distorsi pada tingkat minimal. Ini juga disebabkan oleh absennya penyaring penerimaan siaran radio yang biasanya dilakukan oleh chip audio khusus. Meski demikian, Infinix menyediakan fitur yang berguna untuk mematikan siaran radio secara otomatis dan untuk menyalakan kembali pada waktu yang dapat diatur, sehingga bisa digunakan sebagai alternatif alarm pagi.

Kesimpulan dan Rekomendasi

Dibanderol seharga Rp. 2 juta, Infinix Note 4 memiliki “value for money” yang tinggi, berkat spesifikasi dan fitur yang terbilang tinggi untuk ponsel di kisaran harga ini. Keunggulan daya tahan baterai dan kemampuan mengisi daya baterai dengan cepat menjadi keunggulan yang bermanfaat bagi yang membutuhkan ponsel bertahan 2 hari.

Layar 5.7 inci juga terlihat tajam. Performa komputasinya tergolong mencukupi untuk kebutuhan sehari-hari seperti membuka media sosial, berselancar dan mengelola email. Kebutuhan untuk bermain game ringan juga dapat dipenuhi, namun untuk bermain game 3D berat Note 4 agak terseok, meski game tetap dapat dimainkan.

Fitur fotografi pada Note 4 menjadi kejutan tersendiri. Modus professional yang ditawarkan jarang tersedia pada ponsel di kisaran harga Rp. 2 jutaan, bahkan oleh spesialis ponsel murah spek tinggi seperti Xiaomi dan Meizu. Menggunakan modus professional dengan pengaturan parameter yang tepat dapat menghasilkan jepretan yang baik, minim noise dan tajam. Dan fitur ini tidak diunggulkan oleh Infinix pada media pemasarannya.

Kelemahan Note 4 ada pada bahan dan desain cover belakangnya yang terbuat dari plastik dan agak sulit dibuka sehingga menyulitkan akses ke kartu SIM dan kartu microSD. Membutuhkan alat khusus yang tidak disediakan di dalam kemasan untuk membuka cover belakang dengan aman tanpa menggores covernya. Selain itu aspek audio terbilang biasa saja, namun cukup lengkap dengan adanya FM Radio dan equalizer audio.

Pesaing terdekat Infinix Note 4 adalah Redmi Note 4 versi Snapdragon. Ponsel besutan Xiaomi ini memiliki performa di atas Note 4 berkat platform Snapdragon 625 yang mampu mencetak skor uji AnTuTu di atas 60,000 versus 37,000 oleh Note 4. Namun Note 4 memiliki keunggulan di kapasitas baterai yang sedikit lebih besar 4,300mAh vs. 4,100mAh, dukungan teknologi isi daya cepat dan sistem operasi yang sudah berbasis Android 7.0 Nougat saat ini.


Xiaomi Redmi Note 4 (Snapdragon 625)

Cek: Perbandingan Infinix Note 4 vs. Xiaomi Redmi Note 4 di tautan ini.

Cek: Ulasan lengkap khas UlasAbis untuk Redmi Note 4.

Ponsel lainnya yang patut dipertimbangkan adalah dari pabrikan asal China yaitu Meizu M5 Note. Ponsel ini juga dibanderol Rp. 2 juta, namun dengan performa yang lebih tinggi dari chipset MediaTek Helio P10 (skor AnTuTu 45,000). Ponsel ini sama-sama memiliki baterai besar 4,000mAh dan fitur isi daya cepat mCharge 3.0, setara dengan XCharge pada Note 4. Keunggulan M5 Note ada pada fitur audio Hi-Fi dengan chip amplifier khusus.


Meizu M5 Note

Cek: Perbandingan Infinix Note 4 vs. Meizu M5 Note di tautan ini.

(cyt)

Ada pertanyaan mengenai Infinix Note 4?
Silahkan tulis pertanyaan Anda di Kolom Komentar di bawah ini, tim Ulas-Master akan mencoba memberikan Solusi-nya!
comment

2 Komentar

  • Icuk Sepria Ananta:
    10 Oct 2017 · 20:39

    Kak..q baru beli infinix note 4 di lazada..kmren datang langsung q charger sejam dr jam 22.00 sampe 23.00 lalu q off kan,hari ini jam 19.00 hpx q aktifkan kok tinggal 87% aku bwt nyoba foto sebentar kok tiba2 habis batteray nya..gimana sih cara pake nya kak?ini q yg ga bisa mengoprasikan apa emg ada kerusakan di hp nya..

    • 10 Oct 2017 · 20:49

      Halo gan Icuk Sepria Ananta. Dari cerita agan, ane curiga baterainya bermasalah, gan. Sebaiknya agan segera kontak Service Center Infinix yang ada di kartu garansi di dalam box, lalu jelaskan masalahnya. Karena masih dalam masa garansi, hp agan seharusnya akan direparasi secara gratis (mungkin ganti baterai).

createTulis Komentar

• Alamat Email Anda Tidak Akan Dipublikasikan.
• Harap Maklum: Komentar akan melalui Tahap Moderasi, jadi tidak langsung muncul di sini :-).