ZUK Z1 – Ulasan

ZUK Z1

Rating UlasAbis:
7.8

Desain

8

Performance

7.8

Fitur

8

Value for Money

7.6
Keunggulan:
+ Desain menawan dari metal dan kaca
+ Performa mumpuni dengan RAM dan ROM berkapasitas tinggi
+ Kamera utama menghasilkan foto tajam dan warna akurat
Kekurangan:
- Baterai tidak dapat diganti
- Tidak ada slot kartu microSD


 

Walaupun merupakan pemain lama di industri ponsel pintar, Lenovo menciptakan merek ponsel high-end untuk bersaing di kelas atas pasar ponsel. Merek ZUK merilis ponsel perdananya yang dinamai ZUK Z1. Ponsel ini langsung bersaing dengan deretan ponsel pintar papan atas seperti Samsung Galaxy S6, LG G4 dan Xiaomi Mi 4 (lihat perbandingannya di sini).


ZUK Z1

Spesifikasi umum ZUK Z1

  • Kisaran harga Rp. 4.1 juta (per Maret 2016) Versi RAM 3GB / ROM 64GB
  • Layar IPS 5.5 inci beresolusi FHD 1920×1080 (401 ppi)
  • Perlindungan layar tahan gores Gorilla Glass
  • Chipset Qualcomm Snapdragon 801 dengan 4-inti CPU Krait @2.5GHz dan GPU Adreno 330 @587MHz
  • RAM 3GB LPDDR3 Dual Channel dan ROM 64GB
  • Android Marshmallow 6.0 dengan rencana update ke Android 7.0 Nougat Beta
  • Bodi berbahan metal dan panel belakang dari kaca mengkilap
  • Ketebalan hanya 8.9mm, Bobot 175gr
  • Kamera Utama 13MP diafragma f/2.2 dan sensor Sony Exmor RS IMX214
  • Kamera Depan 8MP wide-angle, diafragma f/2.2
  • Baterai terintegrasi kapasitas besar 4,100mAh
  • Dukungan seluruh jaringan 4G-LTE di Indonesia
  • Wifi a/b/g/n/ac dual-band, Bluetooth 4.1, FM Radio dan USB OTG tipe-C versi 3.0
  • Sensor Pemindai Sidik Jari tertanam di tombol home

Kekurangan:

  • Baterai tidak dapat diganti
  • Tidak ada slot kartu microSD
  • Agak berat (175 gr) untuk ponsel pintar 5.5 inci

ZUK Z1 dirilis dengan harga Rp. 4.1 juta. Walaupun masuk ke kategori harga menengah, ponsel ini memiliki spek tinggi setara dengan ponsel flagship seperti LG G4 dan Samsung Galaxy S6. Fitur pemindai sidik jari sudah dimiliki pada ZUK Z1, dan ini menjadi salah satu daya tarik ponsel buatan Lenovo ini.

Cek: Spesifikasi detail ZUK Z1 di sini

Paket Penjualan


Box retail istimewa ZUK Z1

ZUK Z1 dikemas dengan kotak berwarna putih bertuliskan “a Lenovo Company” di sisi bawah dengan nama ZUK di bagian atas. Kemasan ini cukup besar untuk ponsel jaman sekarang, kira-kira 2 kali lebih besar. Seperti apa di dalamnya?


Perangkat utama di dalam kotak dengan plastik pelindung


Kotak aksesoris tertata rapih di kotak terpisah

Isi kotak tersusun dengan rapih. Aksesoris yang ada di dalamnya dikemas dengan kotak kecil lagi dan disusun secara pas di lapisan kedua di bawah perangkat utama. Ini lumrah untuk ponsel flagship mendapatkan kemasan yang istimewa.


Isi di dalam box: perangkat utama, charger 2A/5V dan kabel USB tipe-C, panduan singkat, pin pembuka slot SIM. Tidak ada earphone

Aksesoris bawaan ZUK Z1 terdiri dari charger 2A/5V, kabel USB tipe-C sepanjang 1 meter, pin pembuka slot SIM-card dan petunjuk penggunaan serta kartu garansi. Tidak ada earphone di dalam kemasan ini. Dengan kotak sebagus ini, agak di luar harapan tidak terdapat earphone.

Desain, Bentuk dan Kualitas Material

Dari banyak ponsel yang dibuat Lenovo, ZUK Z1 memiliki bahasa desain yang sangat berbeda. Lenovo tampaknya memang membuat perusahaan baru dengan merek baru dan desain yang terpisah dari lini ponsel pintar Lenovo. Tampaknya Lenovo berhasil membuat ponsel pertamanya dengan desain yang indah.


Bagian depan ZUK Z1


Bagian belakang ZUK Z1

ZUK Z1 mengusung desain sederhana hasil perpaduan bahan metal dan kaca. Di setiap sudut perangkat terdapat lekukan, termasuk di bagian transisi antara metal dan kaca pada bagian belakang perangkat. Bagian belakang terbuat dari kaca dengan kontur dari setiap sisi melengkung cembung sampai ke bagian tengah.

Bagian depan ZUK Z1 disebut dilindungi oleh kaca tahan gores Gorilla Glass dan lapisan anti sidik jari. Saat diuji, gesekan dengan ujung kuku tidak menggores kaca bagian depan perangkat. Namun untuk fitur anti sidik jari, tampaknya kurang berfungsi dengan baik setelah penggunaan dalam jangka waktu panjang. Bekas sidik jari tetap menempel dan layar menjadi agak buram. Jadi sebaiknya pastikan tangan Anda bersih saat menyentuh layar ZUK Z1.


Bagian atas layar

Di bagian atas layar terdapat grill speaker panggilan yang menyatu dengan sensor cahaya dan proximity. Di sebelah kanannya terdapat kamera depan di belakang kaca yang sama dengan layar. Di sebelah kiri grill sekilas tampak kosong, namun ada lampu notifikasi LED yang menyala saat di-charge atau ada notifikasi baru.


Lampu notifikasi di sebelah kiri grill speaker, cahaya yang dihasilkan cukup terang

Lampu notifikasi ini cukup terang saat menyala. LED yang terpasang merupakan gabungan dari 3 warna, merah, hijau dan biru. Dari menu pengaturan, pengguna dapat mengatur warna cahaya yang keluar pada saat notifikasi atau pengisian daya dengan warna apa pun campuran.


Bagian bawah layar, tombol home dibingkai dengan tepian metalik

Di bawah layar terdapat tombol home di bagian tengah. Desain tombol home agak berbeda dari desain bodi yang memiliki banyak kurva lengkungan di sana sini, yakni berbentuk kotak dengan tepian berwarna metalik. Di bawah permukaan tombol home tertanam sensor pemindai sidik jari.


Lampu backlight tombol sentuh kurang terang, cenderung tidak terlihat saat siang hari

Di kiri dan kanan tombol home terdapat tombol sentuh navigasi yang dilengkapi dengan lampu backlight. Lampu ini cukup membantu saat kondisi gelap namun tidak berguna saat kondisi terang karena lampu backlight menyala cenderung redup sehingga sukar terlihat di bawah cahaya terang.


Kamera utama dan lampu flash LED di bagian tengah

Logo ZUK metalik di bagian bawah

Bagian belakang perangkat ditempati oleh kamera utama, lampu flash LED tone ganda dan logo ZUK di bagian tengah bawah. Kamera utama dilapisi oleh kaca tahan gores dan dibingkai dengan logam untuk melindungi lensa dan sensor di dalamnya. Perlindungan ini cukup berguna karena saat diletakkan di atas meja, bagian kamera inilah yang langsung bergesekan dengan permukaan meja.

Selanjutnya, beralih ke bagian samping ponsel ZUK Z1.


Dari atas ke bawah: Sisi samping kiri, samping kanan, samping atas dan samping bawah

Bagian samping kiri ZUK Z1 memiliki slot kartu SIM di sebelah atas. Ponsel ini mendukung dua kartu SIM berukuran nano. Slot kartu SIM ini tampak menyatu dengan permukaan sekelilingnya.

Bagian samping kanan terdapat tombol power / kunci dan tombol volume up dan down yang menyatu. Tombol ini terbuat dari metal yang dipoles sehingga tampak indah. Posisi tombol power agak ke tengah dari panjang perangkat. Dengan pengaturan di menu, tombol power ini dapat difungsikan sebagai tombol jepret (shutter) kamera.

Pada bagian sisi atas terdapat port audio 3.5mm di sebelah kiri ponsel. Selain itu terdapat dua garis plastik yang berfungsi sebagai tempat sinyal menembus keluar dan masuk ke dalam perangkat. Sinyal tidak dapat menembus metal / logam, sehingga diperlukan celah yang terbuat dari plastik untuk jalan akses sinyal.

Pada sisi bawah, garis antena juga ada dua, di kiri dan kanan namun dengan posisi agak lebih ujung dari garis antena bagian sisi atas. Di antaranya terdapat tiga fitur, yaitu port USB tipe-C di bagian tengah, lubang mikrofon panggilan di kiri dan grill speaker luar di kanan.


ZUK Z1 mantap di tangan, walau terasa cukup berat

Secara keseluruhan, ZUK Z1 terasa mantap di tangan. Beratnya yang cukup terasa memberikan kesan kokoh saat digenggam. Walaupun terbuat dari kaca, bagian belakang mampu memberikan grip yang baik berkat kontur melengkung di seluruh panel belakang. Transisi yang mulus antara bingkai metal dan kaca bagian belakang membantuk menambah mantap pegangan.

Bobot 175gr memang tergolong berat untuk ponsel berukuran 5.5 inci. Rata-rata dari 285 ponsel di database UlasAbis dengan layar 5.5 inci hanya 163gr, sehingga ZUK Z1 memiliki berat 12gr di atas rata-rata. Berat ini disumbang oleh dimensi ponsel yang lebih panjang dari kebanyakan ponsel 5.5 inci dan juga baterai berkapasitas besar 4,100mAh yang terpasang di ZUK Z1.

Layar dan Tampilan


Layar IPS ZUK Z1 di bawah sinar matahari

Dengan teknologi IPS, layar ZUK Z1 dapat menghasilkan kecerahan layar yang tinggi. Disebut dalam halaman ZUK Mobile, kecerahan layar maksimal mencapai 450 nits. Di atas kertas, layar ini mampu digunakan dengan baik di bawah sinar matahari langsung. Saat diuji pada siang hari di bawah teriknya sinar matahari langsung, layar ZUK Z1 dapat terlihat dengan mudah, walaupun untuk membaca tulisan dibutuhkan usaha lebih.


Kerapatan piksel 401 ppi, tulisan tampak smooth, bahkan saat di zoom-in

Layar ZUK Z1 memiliki resolusi Full HD 1920 x 1080 dengan kerapatan piksel 401 ppi. Ketajaman gambar yang dihasilkan layar ini tentu tidak perlu diragukan lagi. Huruf, sudut dan garis tampak tidak terpikselasi atau tidak kotak-kotak, berkat kerapatan piksel yang lebih tinggi dari yang dapat dibedakan oleh mata, yaitu di atas 300 ppi.

Keunggulan layar IPS pada umumnya adalah sudut pandang yang luas. Layar IPS ZUK Z1 membuktikan hal ini. Warna pada layar terlihat konsisten pada sudut pandang sampai 80 derajat. Kekurangan layar IPS, yaitu rasio kontras yang rendah, tampaknya kurang mengena pada ZUK Z1 yang mampu memberikan rasio kontras 1500:1. Rata-rata layar IPS hanya memiliki rasio kontras statis 1000:1.

ZUK dan Cyanogen OS menghadirkan fitur untuk meringankan kerja mata saat menggunakan ponsel. Fitur LiveDisplay yang terdapat di menu pengaturan menawarkan pilihan pengaturan temperatur warna otomatis pada siang dan malam hari. Secara default, fitur ini mengurangi warna biru pada saat malam hari dan menormalkannya pada siang hari. Warna biru diketahui berkontribusi paling besar terhadap kelelahan mata, sehingga saat malam hari warna biru ini dikurangi dengan menurunkan temperatur warna ke sekitar 5,500K sementara pada siang hari diatur ke 6,600K.

Ponsel ini dilengkapi sensor cahaya yang dapat mengatur kecerahan layar tergantung dari kondisi di sekitar ponsel. Ini sangat berguna selain untuk mengurangi tekanan kerja pada mata, juga untuk meningkatkan efisiensi penggunaan baterai.

Secara keseluruhan, ponsel ZUK Z1 memiliki layar berkualitas tinggi yang dapat memenuhi kebutuhan penggunanya. Dilengkapi fitur otomatis, memandangi layar sepanjang hari menjadi lebih nyaman dan aman.

Performa

ZUK Z1 ditenagai chipset bertenaga buatan Qualcomm yaitu Snapdragon 801 yang memiliki 4-inti CPU Krait 400 @2.5GHz dan GPU Adreno 330 @587MHz. Chipset ini sama dengan yang dipasang pada LG G3, Samsung Galaxy S5 dan Xiaomi Mi 4.


Skor AnTuTu ZUK Z1: 66,500

Spesifikasi ZUK Z1

Ranking 44

Dipadu dengan RAM berkapasitas 3GB tipe LPDDR3 dual channel, ZUK Z1 mampu menghasilkan skor AnTuTu sebesar 66,500. Skor ini jauh di atas skor umum Snapdragon 801, namun berkat RAM dual channel, skor memori meluncurkan skor keseluruhan AnTuTu. Dengan performa AnTuTu setinggi ini, ZUK Z1 berada di atas iPhone 5S, Xiaomi Mi 4S dan LG G3.

Untuk bermain game populer seperti Clash of Clans, ZUK Z1 sangat mampu menjalankan aplikasi tersebut dengan lancar. Untuk memuat game ini pertama kalinya ternyata sangat cepat, yakni hanya 7.9 detik. Lagi, ini berkat RAM dual channel yang digunakan di ZUK Z1.

Saat digunakan untuk bermain game berat, bagian belakang ZUK Z1 terasa hangat cenderung panas namun masih bisa ditolerir. Panas berlebih ini dihasilkan oleh chipset bertenaga tinggi Snapdragon 801 yang beroperasi pada 2.5GHz. Hal ini wajar mengingat chipset yang dibuat dengan teknologi fabrikasi 28nm ini masih belum efisien.

Performa sensor sidik jari yang ada di tombol home terbilang cepat dan akurat. Hanya dalam waktu sekitar 0.5 detik, kunci sudah terbuka dan masuk ke tampilan home. Sensor ini mampu mengenali sidik jari dengan posisi sedikit miring, jadi ujung jari tidak harus tegak lurus untuk dikenali sensor.


Sensor sidik jari cepat dan akurat

Namun sensor sidik jari ini tidak dapat mengenali jika jari dalam keadaan basah atau kotor. Saat diuji dengan jari basah, sensor 100% gagal membaca sidik jari. Setelah dikeringkan, langsung sensor ini mengenali sidik jari yang sama dan membuka kunci ponsel. Jadi ponsel ini agak sulit dipakai jika setelah dari WC tangan Anda tidak dalam keadaan kering.

Secara keseluruhan, performa ZUK Z1 sangat cukup untuk penggunaan sehari-hari dan untuk bermain game berat sekalipun. Selama penggunaan beberapa hari, ZUK Z1 tidak pernah mengalami lag sedikit pun. Ini berkat chipset bertenaga dan RAM 3GB dual channel.

Tampilan Antarmuka & Aplikasi Terpasang

ZUK Z1 memiliki sistem operasi Android 5.0 Lollipop saat keluar dari kemasan, namun langsung dapat diupdate ke versi 5.1.1 melalui System Update. Sistem operasi yang terpasang dimodifikasi menggunakan Cyanogen OS versi 12.1.


Cyanogen OS

Pilihan di awal

Pilihan fitur Cyanogen

Cyanogen OS merupakan sistem operasi berbasis Android populer yang menawarkan pengalaman menggunakan Android murni tanpa perangkat lunak “titipan” atau tambahan yang memberatkan perangkat dengan tambahan fitur yang membantu penggunaan normal. Cyanogen OS dibuat berdasarkan sistem operasi “open-source” CyanogenMod OS, namun dengan beberapa perbedaan mendasar.


Tampilan Home

Daftar aplikasi hal. 1

Daftar aplikasi hal. 2

Tampilan Cyanogen OS terbilang sederhana. Tidak ada bloatware terpasang, namun ada aplikasi dasar dari Google seperti Gmail, Play Music, Maps, YouTube, Drive dan Chrome. Beberapa aplikasi dasar khas ZUK juga terpasang, seperti Gallery, Email, Calculator, File Manager dan Calender.


Aplikasi Gallery

Tampilan Gallery per Album

Aplikasi Calender


Aplikasi Calculator

Aplikasi File Manager

Aplikasi Google

Aplikasi dasar lainnya untuk melakukan panggilan, buku kontak dan pesan memiliki tampilan sederhana, senada dengan tampilan pada laman home.


Tampilan panggilan

Aplikasi Kontak

Aplikasi Pesan

Kinerja Baterai

Dengan kapasitas 4,100mAh, baterai ZUK Z1 tergolong besar untuk ukuran ponsel 5.5 inci yang umumnya hanya memiliki baterai 3,000mAh. Namun ternyata baterai sebesar ini bukan jaminan ponsel dapat bertahan lama digunakan karena pemakaian ponsel bergantung dari banyak faktor. Sebaik apa daya tahan energi ZUK Z1?


Aplikasi Gallery

Tampilan Gallery per Album

Saat diuji, UlasAbis cukup kesulitan menghabisi daya baterai ke 15%. Setelah dipakai untuk bermain game, browsing, memakai media sosial, menguji benchmark dan kamera dalam durasi total 7 jam dan waktu standy 9 jam, baterai ZUK Z1 mampu bertahan dari 100% ke 50% selama 16 jam. Artinya, ZUK Z1 dapat dipakai penggunaan normal selama 36 jam atau 1.5 hari. Pencapaian ini cukup baik mengingat chipset haus daya yang digunakan ZUK Z1.

Untuk mengisi daya baterai kembali dari 50% ke 100% dibutuhkan waktu sekitar 2 jam 21 menit dengan menggunakan charger bawaan. Sebenarnya ZUK Z1 mendukung pengisian daya cepat Quick Charge 2.0, namun charger bawaan tidak mendukung fitur ini. Saat diuji dengan charger Quick Charge, daya ZUK Z1 dapat terisi dari 50% ke 100% hanya dalam waktu 1 jam 36 menit, atau sekitar 36% lebih cepat.

Kualitas Kamera

Kamera utama ZUK Z1 memiliki sensor buatan Sony yaitu Exmor RS IMX214 yang memiliki resolusi 13MP. Kamera ini dilengkapi fitur Optical Image Stabilizer (OIS) untuk mencegah blur saat pengambilan gambar dan lensa Largan 5-element untuk kualitas jepretan yang maksimal.

Pada kondisi siang hari, hasil kamera utama ZUK Z1 tampak memukau, dengan detail yang tegas dan jelas serta warna yang akurat.


Foto 1: Cahaya banyak, Modus Auto, Rasio aspek 4:3


Foto 2: Cahaya banyak, Modus Auto, Rasio aspek 4:3


Zoom 80% Foto 2, detail sangat jelas

Dalam kondisi malam hari pun hasil jepretan dengan modus Auto tampak bagus, tidak ada noise walaupun gambar yang dihasilkan kurang detail. Menggunakan modus Night, hasilnya sedikit lebih baik dengan, namun tidak setajam pengambilan gambar pada siang hari. Modus HDR pada foto malam hari menghasilkan gambar yang penuh noise dengan ketajaman yang minim.


Foto 3: Malam hari, Modus Auto, Rasio aspek 4:3


Foto 3: Malam hari, Modus Night, Rasio aspek 4:3


Foto 3: Malam hari, Modus HDR, Rasio aspek 4:3

Sebagai ponsel flagship, ZUK Z1 dibekali cukup banyak fitur fotografi. Berbagai pengaturan dasar tersedia lengkap. Pengaturan kualitas foto, ukuran foto, deteksi foto, ISO, kalkulasi exposure dan antibanding dapat diatur di menu pengaturan umum kamera.


Aplikasi Kamera

Pilihan menu kamera

Modus dipilih dengan swipe vertikal


Pengaturan umum kamera

Pengaturan foto

Pengaturan video

Selain modus Auto, aplikasi kamera pada ZUK Z1 juga menawarkan banyak pilihan untuk berkreasi. Sayangnya antara modus pengambilan gambar dan filter kamera tidak dipisahkan sehingga agak membingungkan. Namun pilihan modus dan filter ini bisa dipilih untuk ditampilkan langsung di tampilan aplikasi kamera. Dengan hanya swipe secara vertikal, modus dan filter dapat dipilih secara cepat. Secara total ada 26 pilihan, dengan 11 pilihan filter dan 15 pilihan modus.


Pilihan modus 1

Pilihan modus 2

Pilihan modus 3


Pilihan modus 4

Saat penggunaan jarak dekat atau biasa disebut makro, kamera utama mampu mengunci objek dengan jarak sekitar 6cm dari lensa. Bokeh atau bentuk objek latar blur yang dihasilkan saat foto makro cukup lembut dengan transisi yang halus. Depth-of-field atau kedalaman fokus cukup rapat pada fokus terdekat.


Foto 4: Jarak fokus cukup dekat hanya 6cm, Modus Auto, rasio aspek 4:3

Kualitas Audio & FM Radio

Suara yang dihasilkan ZUK Z1 melalui port audio 3.5mm secara keseluruhan cukup baik, dengan satu catatan. UlasAbis mengujinya dengan mendengarkan file musik MP3 yang memiliki bit rate 320kbps menggunakan aplikasi Play Music. Pada kondisi normal, bass dan trebel kurang keluar dan terasa flat. Namun berkat aplikasi AudioFX bawaan Cyanogen OS equalizer kualitas bass dan trebel dapat diatur dan hasilnya cukup impresif. Bass dan Surround virtualizer dapat diatur dengan mudah untuk menghasilkan suara yang dikehendaki.


Aplikasi Play Music

Tampilan Now Playing

Aplikasi Cyanogen AudioFX

Saat memainkan musik melalui speaker luar (loudspeaker), seperti speaker pada ponsel umumnya, tidak ada gaung bass atau detil treble yang dapat dinikmati. Namun suaranya cukup jelas tanpa distorsi bahkan saat volume disetel maksimal. Speaker luar pada ZUK Z1 terdapat di bagian sisi bawah sebelah kanan port USB, jadi pada kondisi di atas meja speaker tidak tertutup.


Lokasi speaker mono ZUK Z1

ZUK Z1 tidak dilengkapi dengan penangkap sinyal FM Radio, sehingga siaran radio tidak dapat dinikmati di ponsel ini. Sebagai ponsel flagship yang seharusnya kaya fitur, ketiadaan FM Radio agak di luar harapan.

Kesimpulan dan Rekomendasi

Lenovo telah membuktikan kemampuannya memproduksi ponsel dengan desain menawan dari perpaduan bahan metal, kaca dan plastik. ZUK Z1 dapat memberikan kesan premium dan elegan namun tetap mantap dan kokoh di tangan. Dari segi harga, ponsel setara flagship ini termasuk ponsel menengah dengan banderol di kisaran Rp. 4.1 juta pada awal tahun 2016.

Dari segi spek, chipset Snapdragon 801 dipadu dengan RAM 3GB dan ROM 64GB mampu menghantarkan pengalaman menggunakan Android dengan mulus. Kamera utama 13MP buatan Sony diperkaya banyak fitur fotografi dapat memperkuat daya kreatif penggunanya. Kamera depan resolusi tinggi 8MP bisa menghasilkan foto selfie yang detil, cocok untuk pecinta selfie.

Untuk bermain game, ponsel ini mampu dengan mulus menjalankan game berat. Namun dengan chipset bertenaga tinggi yang beroperasi @2.5GHz, bagian belakang ponsel mudah menjadi hangat, walaupun masih bisa ditolerir.

Ponsel ini akan lebih baik lagi jika memiliki slot kartu microSD untuk menambah ruang memori di ponsel. Untungnya ZUK Z1 mendukung USB On-the-Go sehingga pengguna dapat memasukkan flash disk ke port USB pada perangkat ini, tentunya dengan menggunakan adapter khusus micro-USB ke USB tipe-C.

Ketiadaan FM Radio agak disayangkan, namun bagi pencinta siaran radio bisa mengakalinya dengan mengunduh aplikasi radio yang bisa streaming siaran radio dari internet.

Siapa kompetitor terdekat ZUK Z1? Dalam segi value for money untuk ponsel berukuran 5.5 inci, Xiaomi Redmi Note 2 Prime adalah kompetitor paling dekat dengan ZUK Z1. Walaupun diposisikan sebagai ponsel menengah ke bawah, Redmi Note 2 Prime yang ditenagai chpset Helio X10 8-inti @2.2GHz dan RAM 2GB LPDDR3 memiliki performa setara dengan ZUK Z1. Dari segi harga, ponsel ini dibanderol jauh di bawah ZUK Z1, yakni hanya Rp. 2 juta untuk varian RAM 2GB ROM 16GB, tidak sampai setengah harga ZUK Z1.


Xiaomi Redmi Note 2 Prime 2.2GHz

Jika layar ponsel lebih besar yang Anda butuhkan, tentunya Samsung Galaxy Note 4 patut diperhitungkan. Flagship seri Galaxy Note dari Samsung ini memiliki layar 5.7 inci dengan performa di atas ZUK Z1. Chipset performa tinggi Snapdragon 805 dan RAM 3GB dilengkapi dengan stylus memberikan banyak fitur. Harga ponsel ini di atas ZUK Z1, yaitu sekitar Rp. 5.2 juta.


Samsung Galaxy Note 4

Cek: Perbandingan ketiga ponsel ini di tautan ini.

(cyt)

Ada pertanyaan mengenai ZUK Z1?
Silahkan tulis pertanyaan Anda di Kolom Komentar di bawah ini, tim Ulas-Master akan mencoba memberikan Solusi-nya!
comment

2 Komentar

  • Febryan:
    02 Feb 2018 · 09:15

    Gan ,kok zuk z1 cepat panas ya ? Itu kenapa ,solusinya gimana

    • 02 Feb 2018 · 20:38

      Halo gan Febryan. ZUK Z1 memang dikenal cepat panas, gan. Maklum, CPU-nya sangat kuat namun tidak efisien sehingga cepat panas. Solusinya adalah dengan cara memasang casing yang tipis sehingga panas lebih mudah keluar.

createTulis Komentar

• Alamat Email Anda Tidak Akan Dipublikasikan.
• Harap Maklum: Komentar akan melalui Tahap Moderasi, jadi tidak langsung muncul di sini :-).