ZUK Z2 – Ulasan

ZUK Z2

Rating UlasAbis:
8.8

Desain

9.1

Performance

9.1

Fitur

8.7

Value for Money

8.5
Keunggulan:
+ Bodi premium dari fiberglass dan kaca
+ Value for Money tinggi
+ Cara navigasi unik namun intuitif
+ Update ke Android 7.0 Nougat tersedia per Jan 2017
Kekurangan:
- Cyanogen OS dari ZUK Z1 lebih kaya fitur
- Beberapa aplikasi bawaan tidak dapat dihapus
- Fitur audio kurang mantap


 
ZUK merupakan seri ponsel pintar premium dari Lenovo. Generasi kedua seri ZUK yaitu ZUK Z2 hadir dengan spesifikasi tinggi, material premium dan berbagai fitur khas.

Ponsel ZUK sebenarnya tidak dipasarkan secara resmi di luar China. Jadi ponsel ZUK yang beredar di Indonesia dijual oleh importir umum dengan garansi distributor, termasuk ZUK Z2. Namun untuk melihat kecanggihan ponsel ZUK Z2, UlasAbis mengulasnya dengan lengkap.


ZUK Z2 (versi Plus)

Pantauan Harga:

Spesifikasi umum ZUK Z2:

  • Kisaran harga Rp. 3.1 juta (per Maret 2017) Versi Plus dengan RAM 4GB + ROM 64GB
  • Layar IPS LTPS 5 inci resolusi FHD 1920×1080 (441 ppi)
  • Layar dengan desain 2.5D dan perlindungan Gorilla Glass 4
  • Bodi berbahan metal, bingkai dari fiberglass dan kaca melapisi bagian depan dan belakang
  • Chipset Qualcomm Snapdragon 820 dengan 4-inti Kyro CPU @2.15GHz dan GPU Adreno 530
  • RAM 4GB LPDDR4 Dual Channel
  • Android Marshmallow 6.0, dapat diupgrade ke Android 7.0 Nougat berbalut ZUI 2.5
  • Ketebalan hanya 8.45mm, Bobot 149gr
  • Kamera Utama 13MP Dengan PDAF + CAF, f/2.2 dan Kamera Depan 8MP diafragma f/2.0
  • Baterai kapasitas 3,500mAh dengan dukungan Isi Daya Cepat Quick Charge 3.0
  • Dukungan seluruh jaringan 4G-LTE di Indonesia
  • Wifi a/b/g/n/ac, Bluetooth 4.1, NFC, USB OTG
  • Port USB tipe-C dan Port audio 3.5mm
  • Sensor Pemindai Sidik Jari tertanam di tombol home
  • Sensor lengkap: Proximity, Gyro, Akselerometer, Cahaya, Kompas atau Magnetik dan Sensor Langkah

Kekurangan:

  • Baterai tidak dapat diganti
  • Tidak ada FM Radio
  • Tidak ada slot kartu MicroSD
  • Beberapa aplikasi bloatware yang tidak dapat dihapus

Di atas kertas spesifikasi ZUK Z2 tergolong kelas atas, seperti halnya ZUK Z1 saat peluncuran juga menawarkan spesifikasi terbaik kala itu. Dengan banderol yang cukup terjangkau hanya sekitar Rp. 3 juta, ponsel ZUK Z2 menawarkan “value for money” tinggi. Namun apakah ponsel dapat dipakai dengan mudah di Indonesia? Simak ulasan abis-nya khas UlasAbis berikut ini.

Perlu diketahui bahwa ponsel generasi kedua dari ZUK memiliki beberapa varian, yaitu ZUK Z2 biasa dengan RAM 3GB dan ROM 32GB, lalu ada ZUK Z2 Plus dengan RAM 4GB dan ROM 64GB dan varian tertinggi ZUK Z2 Pro dengan RAM 6GB dan ROM 128GB. UlasAbis akan mengulas unit ZUK Z2 Plus dengan kode nama “Z2131”.

Paket Penjualan


Paket Penjualan ZUK Z2, tidak ada aksesoris earphone

Kemasan ZUK Z2 jelas memperlihatkan bahwa produk ini seharusnya diperuntukkan bagi pasar China. Kemasan produk ZUK memang selalu unik, termasuk ZUK Z2 yang memiliki warna putih dengan desain bagian penutupnya berwarna abu-abu.

Di dalam kemasan terdapat perangkat utama ZUK Z2, charger 5.3V / 2.5A, kabel USB tipe-C untuk isi daya dan transfer data sepanjang 1 meter, buku manual berbahasa mandarin, kartu VIP ZUK berwarna hitam dan pin pembuka slot kartu SIM. Tidak ada earphone atau aksesoris lain yang disertakan.

Perangkat utama sudah dilapisi pelindung layar yang berbahan agak buram. Ponsel dapat digunakan tanpa mencopot pelindung layar ini, namun dengan tingkat kecerahan yang berkurang. Cukup berguna jika Anda malas membeli lapisan anti-gores.

Desain, Bentuk dan Kualitas Material


Bagian depan ZUK Z2


Bagian belakang ZUK Z2

ZUK Z2 memiliki ukuran layar 5 inci dan dimensi bodi 141.65 x 68.88 x 8.45mm. Ponsel ini tergolong kompak, berbeda dari ZUK Z1 yang terbilang bongsor dengan layar 5.5 inci.

Desain ZUK Z2 ini sederhana namun tetap elegan berkat pilihan bahan bodi yang digunakan. Bagian depan dan belakang dilapisi kaca tahan gores Gorilla Glass 4, sementara bagian samping terbuat dari bahan fiberglass yang juga tahan gores namun tidak ada kilapan seperti kebanyakan ponsel berbahan metal.

Berikutnya, kita simak lebih detil setiap sudut ponsel ZUK Z2.


Kamera depan dan grill speaker yang disatukan dengan sensor cahaya dan proximity

Di bagian atas layar terdapat dua fitur, yaitu kamera depan di kiri dan grill speaker panggilan di tengah yang juga memuat sensor proximity dan sensor cahaya. Di bagian kanannya terdapat lampu notifikasi LED yang jika tidak menyala sukar terlihat karena ukurannya yang kecil.


Lampu notifikasi LED

Saat menyala, lampu notifikasi LED cukup jelas terlihat. Sayangnya warna nyala lampu LED ini tidak dapat diatur pada menu pengaturan. Warna standarnya hanya putih saat diisi daya, merah saat baterainya tinggal sedikit dan hijau saat baterai penuh terisi.


Bagian bawah layar, hanya ada tombol home mekanis, tidak ada tombol sentuh navigasi

Di bagian bawah layar ada tombol mekanis berbentuk persegi panjang dengan sudut membulat. Tombol ini juga memuat sensor sidik jari dan sensor sentuh yang dapat membaca gestur slide ke kiri dan ke kanan. Slide ini berfungsi untuk beralih antar aplikasi yang aktif.

ZUK Z2 tidak memiliki tombol sentuh navigasi yang umumnya berada di bagian kiri dan kanan tombol mekanis. Hal ini memang agak aneh awalnya untuk bernavigasi. Untuk bernavigasi back dan menu, pengguna harus membiasakan diri menggunakan fitur sentuh di tombol mekanis, yaitu sentuh sekali untuk kembali, dan tekan dua kali untuk mengakses sejarah aplikasi.


Kamera utama di bagian belakang dengan lampu LED tunggal


Logo ZUK di bagian belakang

Di bagian belakang perangkat terdapat kamera utama dan lampu flash LED tunggal di sudut kiri atas. Di bagian tengah bawah terdapat logo ZUK berwarna silver yang berkilap. Selebihnya, bagian belakang rata dengan balutan kaca menutupi seluruh permukaan. Kaca ini merupakan Gorilla Glass 4 yang tahan gores.


Bagian samping ZUK Z2

Pada bagian samping kanan perangkat terdapat dua tombol di sebelah atas yaitu tombol volume dan tombol power atau kunci perangkat. Tombol ini terbuat dari bahan fiberglass yang sama dengan sekitarnya, sehingga terlihat seragam. Di sebelah bawahnya terdapat slot kartu SIM yang juga terbuat dari fiberglass.

Di sisi samping bawah, ada port USB tipe-C di tengah, port audio 3.5mm di sebelah kirinya dan speaker lantang di kanannya.

Bagian sisi samping kiri dan atas tidak memiliki fitur apa pun. Permukaan kedua sisi ini benar-benar mulus hanya dari fiberglass saja. Di sini kesan sederhana ponsel ini ditegaskan secara gamblang oleh ZUK.

Secara keseluruhan, desain dan bentuk ZUK Z2 sangatlah sederhana dan kompak. Bobotnya tergolong biasa saja untuk ponsel berukuran layar 5 inci. Rata-rata ponsel dengan layar 5 inci memiliki berat 148 gr di database UlasAbis, sehingga ZUK Z2 hanya 1 gr di atas kebanyakan ponsel 5 inci.

Namun berat ZUK Z2 justru menambah kesan mantap saat digenggam. Permukaan samping perangkat yang berbahan fiberglass tidak licin sehingga tidak mudah lepas dari genggaman secara tidak terduga. Bahan fiberglass ini juga memberikan kesan mewah yang berbeda saat memegang ponsel berbahan metal atau plastik. Kesimpulannya, ZUK Z2 senyap namun menawan.

Layar dan Tampilan

ZUK Z2 dibekali dengan layar IPS 5 inci berteknologi LTPS (Low-temperature polycrystalline silicon) yang merupakan teknologi layar LCD beresolusi tinggi namun tetap hemat daya. Layar ini menghasilkan kecerahan yang cukup tinggi dengan kontras yang cukup baik.

Resolusi layar ZUK Z2 adalah Full HD 1920 x 1080. Dipadukan dengan layar yang hanya 5 inci, densitas pikselnya mencapai 441 piksel per inci. Dengan kepadatan setinggi ini tampilan layar sangat tajam dan antara piksel tidak dapat terlihat perbedaannya.


Layar ZUK Z2 di bawah sinar matahari, tingkat kecerahan diatur maksimum

Layar ZUK Z2 dapat dipakai di bawah sinar matahari. Tulisan dapat terbaca cukup mudah, walaupun kontras warna tidak lagi terlihat dengan mudah.

ZUK Z2 dilengkapi sensor cahaya sehingga kecerahan dapat diatur secara otomatis. Bagi pengguna ponsel malam hari, terdapat menu “Night Color” untuk mengurangi emisi cahaya biru dengan cepat. Menu ini dapat diatur untuk berada di Quick Panel.

Performa

ZUK Z2 memiliki chipset performa tinggi kelas atas Qualcomm Snapdragon 820. Chipset ini terdiri dari 4-inti Kyro @2.15GHz dan pengolah grafis Adreno 530 yang dilengkapi RAM LPDDR4 berkapasitas 4GB berkonfigurasi dual channel.


Skor AnTuTu: 145,272

Android 7.0

Spesifikasi

Kombinasi CPU dan GPU serta RAM tipe LPDDR4 tersebut mampu memberikan skor AnTuTu di angka 145,272, skor yang lazim untuk ponsel kelas high-end. Perlu dicatat bahwa skor ini diperoleh setelah sistem operasi diupdate ke Android 7.0 Nougat. Sebelumnya dengan Android 6.0 Marshmallow, skor AnTuTu hanya di kisaran 125,000.

Dengan performa ini, ZUK Z2 dapat melahap segala jenis aplikasi sehari-hari dan aplikasi game 3D berat sekalipun. Waktu untuk memuat aplikasi pun tergolong sangat cepat yaitu hanya 5.1 detik. Uji ini dilakukan dengan Android 7.0 Nougat.

Performa Sensor Sidik Jari

ZUK Z2 dilengkapi dengan sensor sidik jari yang tertanam di tombol home mekanis di bawah layar. Performa sensor ini cukup cepat, mampu mengenali sidik jari dan membuka kunci ponsel dalam waktu kurang dari 1 detik. Sensor ini juga cukup akurat mengenali sidik jari.

Tampilan Antarmuka & Aplikasi Terpasang

Sistem operasi pada ZUK Z2 berbasis Android 6.0 Marshmallow. ZUK sudah tidak lagi menggunakan sistem operasi mod Android yang disebut Cyanogen OS yang digunakan di ZUK Z1, namun menggunakan antarmuka yang dikembangkan sendiri bernama ZUI. ZUK Z2 memiliki ZUI versi 2.3 saat dibongkar dari kemasan.

Update: ZUK sudah merilis ZUI versi 2.5 untuk ZUK Z2 pada akhir Januari lalu. Versi ini sudah berbasis Android 7.0 Nougat yang memberikan banyak peningkatan performa dan beberapa fitur baru. Meskipun diupdate, sebagian besar tampilan ZUI tidak banyak mengalami perubahan, jadi peningkatan hanya terjadi di mesin Android.


Laman Home

Laman Home 2

Tampilan Quick Panel

Tampilan daftar notifikasi

Tampilan Sejarah Apps

About: setelah update ke Nougat

Tampilan ZUI terbilang sederhana dan elegan, mirip dengan tampilan iOS pada iPhone. Laman homenya memuat seluruh aplikasi yang tertanam di perangkat. ZUI tidak memiliki laci aplikasi seperti Android lain, mengikuti iOS. Folder aplikasi dapat dibuat dengan mudah yaitu hanya memindahkan icon aplikasi ke icon lainnya yang ingin ditaruh dalam satu folder.

Cara menampilkan menu cepat atau disebut “Quick Panel” di ZUI cukup unik, yaitu dengan menarik dari bawah layar. Menu cepat ini terpisah dari tampilan daftar notifikasi yang dibuka dengan menarik dari atas layar seperti Android pada umumnya. Keunikan ini bisa membingungkan pengguna di awal, namun setelah terbiasa hal ini bukan masalah.

Aplikasi dasar yang disertakan cukup lengkap dan berfungsi sebagaimana mestinya. Aplikasi tersebut adalah pesan, panggilan, kontak, galeri, kalender, kalkulator, kompas, recorder, jam, file manager dan notes (setelah update ke ZUI 2.5).


Panggilan

Kontak

Pesan


Kalender

Galeri

Kalkulator


Jam

Kompas

Notes (ZUI 2.5)

ZUK Z2 yang beredar di Indonesia melalui importir umum sebenarnya adalah diperuntukkan pasar China. Sehingga di dalam sistem operasinya terdapat aplikasi bloatware yang berbahasa mandarin. Untungnya kebanyakan aplikasi tersebut dapat dihapus bersih dari perangkat.

Aplikasi bloatware ini dapat dibersihkan: QQMusic, AMap, SHAREit, Sogou IME for ZUK, App Center dan WeChat.

Beberapa aplikasi bawaan ZUI masih berbahasa mandarin dan tidak dapat dihapus, namun dapat di-nonaktifkan / di-disable. Aplikasi tersebut adalah: Weather, GT Browser, PositionTravel dan UserCenter.


App Center, dapat dihapus

GT Browser, bisa di-disable

Sayangnya ZUK tidak merilis ZUI versi Global untuk ZUK Z2, sehingga tidak ada pilihan sistem operasi dari ZUK yang dapat dipasang pada perangkat ini selain sistem operasi bawaannya. Meskipun demikian, ponsel ini dapat digunakan dengan cukup baik setelah menghapus dan men-disable beberapa aplikasi bawaan berbahasa mandarin dan memasang aplikasi pilihan dari Play Store.

Kinerja Baterai

ZUK Z2 dibekali baterai berkapasitas 3,500mAh. Untuk ukuran ponsel 5 inci, kapasitas ini cukup besar.

Daya tahan baterai ZUK Z2 cukup lumayan, dari kapasitas 100% ponsel dapat dipakai melewati 1 hari lebih sampai kapasitas 12% esok harinya jam 8 pagi. Ini diperoleh dengan penggunaan normal, yaitu kira-kira waktu bermain game 3 jam, berseluncur di internet sekitar 5 jam total, mendengarkan musik 1 jam.

Update: Setelah diupdate ke Android 7.0 Nougat, baterai ZUK Z2 terasa lebih awet. Penggunaan yang normal bisa menyisakan daya 25% setelah 1 hari penuh dilewati.

ZUK Z2 mendukung isi daya cepat Quick Charge 3.0 dari Qualcomm. Dengan menggunakan charger bawaan yang memiliki rating output 5.3V / 2.5A (13.25W), ZUK Z2 dapat diisi dalam waktu singkat. Dari kapasitas 15% ke 100% memakan waktu 112 menit. Charger bawaan tampaknya tidak mendukung Quick Charge 3.0, namun arus yang dikeluarkan tidak jauh berbeda dengan charger khusus Quick Charge 3.0, yaitu di kisaran 5V / 1.5A.

Kualitas Kamera

ZUK Z2 dibekali kamera utama beresolusi 13MP dengan fitur PDAF dan CAF. Kamera yang digunakan dilengkapi lensa dengan bukaan f/2.2 dan memiliki lensa 5-elemen yang dapat meningkatkan kualitas gambar. Ini adalah spesifikasi di atas kerta. Bagaimana dengan hasil jepretannya?


Foto 1: Modus Auto, kondisi mendung, HDR Auto, rasio 4:3


Foto 2: Modus Auto, kondisi cerah, HDR Off, rasio 4:3


Zoom Foto 2: Detail tajam, tepi objek tampak tegas

Dengan cahaya cukup, kamera utama ZUK Z2 mampu menghasilkan foto dengan kualitas tinggi. Detail objek dapat tertangkap dengan baik, dengan tepian yang tegas tanpa ada noise. Warna yang dihasilkan juga cukup akurat dengan white balance yang tepat saat menggunakan modus Auto.

Selanjutnya, kita simak hasil jepretan malam hari.


Foto 3: Modus Auto, kondisi malam hari, HDR Off, rasio 4:3


Foto 4: Modus Manual, kondisi malam hari, HDR Off, WB Auto, Exposure 8 detik, ISO 200, Flash off, rasio 4:3

Untuk fotografi malam hari, kamera utama ZUK Z2 tergolong bagus. Meskipun hanya berbekal bukaan lensa f/2.2, foto yang dihasilkan minim noise dan tetap tajam. Ketajamannya tidak jauh berbeda saat mengambil foto pada siang hari.

Aplikasi kamera ZUK Z2 dilengkapi dengan modus Manual yang sangat bermanfaat untuk mengambil foto landscape di malam hari. Foto 4 merupakan hasil menggunakan modus Manual dengan waktu eksposure 8 detik. Hasilnya memang over-exposure, demi memperlihatkan fitur kamera ZUK Z2 yang biasanya hanya ada di ponsel kelas atas.

Aplikasi kamera ini cukup sederhana dan antarmuka-nya mudah dijelajahi.


Tampilan aplikasi Kamera

Pilihan pengaturan

Modus Manual


Pilihan filter

Rekam Video

Pengaturan video

Modus yang dapat dipilih tidak banyak, hanya ada pilihan pengaturan dasar yang dapat diakses melalui tiga menu di atas tampilan. Tidak ada pilihan khusus modus Night, modus Olahraga dan sebagainya. Namun ada pilihan modus Manual yang tersedia di bagian bawah sebelah kiri tombol jepret.

Modus manual menawarkan pilihan setara kamera professional. Pengguna dapat mengendalikan angka ISO, White Balance (WB), Exposure time dan jarak fokus manual (MF). Tidak ada pilihan Exposure Value (EV) di modus Manual, namun tersedia dalam modus Auto.

Angka ISO tersedia dari 100 – 3200. Pengaturan WB menggunakan 4 angka preset dan juga pilihan manual dari 2000 – 8000K. Waktu exposure dapat dipilih dari 1/4000 – 32 detik, sementara MF dapat dipilih dari terdekat sekitar 6.5 cm dari lensa sampai terjauh tidak hingga.

Untuk pengambilan video, ZUK Z2 mampu merekam video beresolusi 4K, FHD dan HD. Pengambilan video slow-motion pun didukung dari 120fps, 240fps dan 960fps. Perlu diketahui bahwa slow-motion di atas 120fps dilakukan dengan ekstrapolasi frame hasil rekaman 120fps, sehingga video yang dihasilkan tampak terpatah-patah.

Pengguna yang ingin berkreatif ria, dapat menggunakan pilihan filter dengan swipe kanan tampilan utama aplikasi kamera. Pilihan filter tersebut adalah Normal, Vivid, Food. LOMO, Dusk, Soft, Grayscale dan Salt.

Kualitas Audio & FM Radio

Model generasi sebelumnya ZUK Z1 dilengkapi dengan Dirac Sound yang mampu menghasilkan suara, bass dan treble berkualitas tinggi. Sayangnya fitur ini hilang dari ZUK Z2. Keluaran suara ZUK Z2 melalui headphone tampak biasa saja.

Aplikasi equalizer AudioFX yang ada di ZUK Z1 juga hilang, diganti dengan Snapdragon Audio+. Hal ini wajar karena AudioFX merupakan aplikasi bawaan Cyanogen OS yang sudah tidak lagi digunakan oleh ZUK pada ZUK Z2. Snapdragon Audio+ tersedia pada ZUI 2.5 dan dapat digunakan dengan berbagai aplikasi musik.


Snapdragon Audio+

Pemutar video bawaan, sederhana

Mengenai pemutar musik, ZUK Z2 tidak menyediakan aplikasi Play Music, tetapi terdapat QQMusic yang berbahasa mandarin. Aplikasi ini sama sekali tidak bisa dipakai meskipun pengaturan bahasa sudah diganti ke Bahasa Inggris. Untungnya aplikasi ini bisa dihapus dan diganti dengan aplikasi pemutar musik lainnya yang bisa diunduh dari Play Store atau mencari file APK-nya di internet.

ZUK Z2 tidak dilengkapi dengan aplikasi FM Radio, dan tidak mendukung resepsi siaran radio. Untuk mendengar radio, pengguna ZUK Z2 harus memakai aplikasi streaming radio dari stasiun favoritnya, jika ada.

Jika Anda berharap fitur audio kualitas tinggi pada ZUK Z2 lebih baik dari ZUK Z1, maka kemungkinan Anda akan kecewa. Namun begitu, bagi pendengar audio yang biasa-biasa saja, ZUK Z2 sudah mencukupi.

Kesimpulan dan Rekomendasi

ZUK Z2 adalah ponsel premium dengan spesifikasi tinggi dan fitur yang banyak dan unik. Dari desain dan bentuk, ponsel ini terlihat elegan namun tetap minimalis. Saat digenggam, ponsel ini pas di tangan dengan kesan mantap tetap terasa berkat beratnya dan material bingkai perangkat dari fiberglass.

Dengan banderol di kisaran Rp. 3.2 juta – 4 juta, ponsel ini memiliki “Value for Money” tinggi. Jarang ada ponsel di kisaran harga ini menawarkan chipset Snapdragon 820, RAM 4GB LPDDR4, ROM 64GB dan baterai 3,500mAh.

Sayangnya fitur audio berkualitas tinggi hilang dari ZUK Z1. Sistem operasinya pun tidak lagi Cyanogen OS, namun diganti dengan hasil pengembangan ZUK sendiri yaitu ZUI. Sisi positifnya, ZUK mengembangkan OS-nya dengan cukup cepat, terlihat dari Android 7.0 Nougat yang digulirkan lebih cepat dari kebanyakan pabrikan ponsel seperti Samsung dan Xiaomi.

ZUK Z2 memiliki aplikasi bawaan yang diperuntukkan bagi pelanggannya di China, dan tidak ada ROM versi Global seperti ponsel Xiaomi yang menghilangkan aplikasi bloatware tersebut. Untungnya sebagian besar aplikasi tersebut dapat dihapus dari perangkat.

Untuk kisaran harga Rp. 3 – 4 juta, ponsel yang dapat bersaing dengan ZUK Z2 hanyalah Xiaomi Mi 5. Kedua ponsel dari pabrikan China ini dibekali chipset performa tinggi Snapdragon 820 dan spesifikasi setara lainnya. Mi 5 memiliki ukuran layar yang lebih kecil sedikit, yaitu 5.15 inci dibanding 5 inci pada ZUK Z2. Namun Mi 5 dapat dipasangi ROM MIUI versi Global yang memiliki dukungan penuh terhadap aplikasi Google dan tanpa aplikasi Bloatware berbahasa mandarin.


Xiaomi Mi 5

Cek: Perbandingan spesifikasi ZUK Z2 vs. Xiaomi Mi 5 di tautan ini.

Pesaing berikutnya adalah ponsel ASUS ZenFone 3 ZE520KL. Ponsel ini memiliki spesifikasi chipset dibawah ZUK Z2, yaitu hanya dengan Snapdragon 625, RAM 3GB dan ROM 32GB. Namun ponsel ini dibekali fitur fotografi yang sedikit di atas ZUK Z2, yaitu dengan sensor 16MP, lensa wide-angle dengan bukaan f/2.0 dan teknologi 3 autofokus (Laser, PDAF dan Kontras). Selain itu ZenFone 3 ini dipasangi fitur audio di atas ZUK Z2, yaitu dengan Hi-Res Audio sehingga keluaran bass terasa lebih dalam didukung dengan pengaturan audio.

Ponsel ini dibanderol lebih mahal Rp. 3.8 juta, namun dengan dukungan garansi resmi dari ASUS Indonesia. ZUK Z2 hanya bergaransi distributor karena tidak dijual resmi di Indonesia.

Cek: Ulasan lengkap ASUS ZenFone 3 ZE520KL khas UlasAbis di tautan ini.

Cek: Perbandingan spesifikasi ZUK Z2 vs. ASUS ZenFone 3 ZE520KL di tautan ini.


ASUS ZenFone 3 ZE520KL

(cyt)

Ada pertanyaan mengenai ZUK Z2?
Silahkan tulis pertanyaan Anda di Kolom Komentar di bawah ini, tim Ulas-Master akan mencoba memberikan Solusi-nya!
comment

Belum Ada Komentar