LG Stylus 2 – Ulasan

LG Stylus 2

Rating UlasAbis:
7.2

Desain

7.2

Performance

6.5

Fitur

7.8

Value for Money

7.5
Keunggulan:
+ Ponsel menengah dengan stylus
+ Dukungan jaringan 4G-LTE FDD Band 3 dan Band 8 di Indonesia
+ Berat ponsel tergolong ringan, hanya 145gr dengan layar 5.7 inci
Kekurangan:
- Performa di bawah rata-rata
- Kualitas flip cover kurang baik dan tidak awet


 

Ponsel yang dilengkapi dengan stylus umumnya terdapat pada model kelas high-end seperti seri Galaxy Note dari Samsung atau tablet iPad Pro dari Apple. LG merupakan satu-satunya produsen ponsel yang menghadirkan ponsel di kelas menengah dilengkapi dengan stylus. LG Stylus 2 merupakan generasi ke dua seri Stylus yang dirilis pada bulan Maret 2016.


Samsung Galaxy J7 Prime

Pantauan Harga:

Bagaimana performa dan fitur yang terdapat pada LG Stylus 2? Mari simak ulasan lengkapnya khas UlasAbis!

Spesifikasi umum LG Stylus 2:

  • Kisaran harga Rp. 2.999 juta (per Jun 2016) Versi RAM 2GB / ROM 16GB
  • Layar IPS 5.7 inci beresolusi HD 1280×720 (257 ppi)
  • Perlindungan layar tahan gores Gorilla Glass
  • Chipset lawas Qualcomm Snapdragon 410 dengan 4-inti CPU 64-bit @1.2GHz
  • RAM 2GB LPDDR3
  • ROM 16GB dengan slot expansi terdedikasi MicroSD sampai 128GB
  • Dilengkapi stylus dengan slot penyimpanan di sisi bawah kanan perangkat
  • Android Marshmallow 6.0
  • Bodi Berbahan Plastik dengan flip cover khusus
  • Ketebalan hanya 7.4mm tanpa cover, Bobot sangat ringan 145gr
  • Kamera Utama 13MP dan Kamera Depan 8MP
  • Baterai kapasitas 3,000mAh, dapat diganti
  • Dukungan seluruh jaringan 4G-LTE di Indonesia
  • Wifi b/g/n, Bluetooth 4.1, FM Radio
  • Sensor lengkap yakni Proximity, Akselerometer, Gyro, Magnetik / Kompas, Cahaya

Kekurangan:

  • Performa di bawah rata-rata
  • Flip cover bawaan berkualitas rendah dengan jendela plastik rentan gores

Diposisikan sebagai ponsel menengah memang LG Stylus 2 tidak memiliki performa tinggi. Namun untuk penggunaan normal, ponsel ini mampu menghadirkan penggunaan yang mulus tanpa lag. Respon terhadap input stylus pun cukup akurat dan cepat diterima oleh perangkat. Untuk ponsel dengan stylus seharga Rp. 3 juta, LG Stylus 2 memiliki daya tarik tersendiri.

Dibanding generasi sebelumnya yakni LG G4 Stylus, LG Stylus 2 tidak berbeda jauh dalam sisi spek. Sama-sama ditenagai Snapdragon 410, Stylus 2 memiliki peningkatan dari sisi kamera utama (13MP vs. 8MP). Kapasitas RAM, ROM dan baterai antara LG Stylus 2 dan G4 Stylus tidak berbeda.

Cek: Spesifikasi detail LG Stylus 2.

Paket Penjualan


Box retail LG Stylus 2, dengan flip cover terpasang di perangkat

Kotak penjualan LG Stylus 2 berisi perangkat utama dan beberapa alat pendukung dasar seperti charger 1.5A 5V (7.5W), kabel micro-USB to USB sepanjang 90cm, earphone LG dan panduan singkat.


Flip cover tertutup, memperlihatkan sebagian layar berisi notifikasi

Termasuk dalam paket pembelian adalah sebuah flip cover yang bertuliskan “for Stylus 2”. Flip cover ini didesain khusus untuk ponsel LG Stylus 2. Perangkat mampu mengenali saat kondisi flip tertutup dan terbuka. Pembahasan lebih lanjut mengenai flip cover ini diulas pada bagian selanjutnya.

Desain, Bentuk dan Kualitas Material


Desain LG Stylus 2 dengan flip cover bawaan

LG Stylus 2 memiliki desain yang sederhana dan masih menggunakan bahasa desain yang sama sejak LG G2 dirilis. Tombol power / kunci dan tombol volume terletak di bagian belakang, sehingga seluruh sisi samping ponsel mulus tanpa tombol. Lengkungan bodi di setiap suduh juga mirip dengan beberapa ponsel LG lain seperti LG G2, G3 dan seri Stylus lain. Tidak ada hal baru dalam hal desain di sini.


Tombol kunci dan volume terletak di bagian belakang

Bagi pengguna yang baru menggunakan ponsel LG dengan tombol utama di belakang, mungkin butuh penyesuaian. Setelah beberapa hari penggunaan biasanya tangan akan sudah terbiasa meraih bagian belakang untuk menekan tombol power / kunci dengan cukup nyaman. UlasMasterChan telah menggunakan LG G2 sejak 3 tahun lalu, sehingga tidak terlalu merasa aneh menggunakan LG Stylus 2 dengan tombol di bagian belakang.


Layar LG Stylus 2


Layar bagian bawah LG Stylus 2, dengan logo LG berwarna putih mengkilap

Bagian depan layar hadir dengan desain minimalis. Di bagian kiri atas layar terdapat kamera depan untuk selfie dan panggilan video. Di sebelah kanannya terdapat sensor proximity dan cahaya. Di bagian tengah atas layar terletak speaker saat panggilan yang memiliki warna metalik.


Layar LG Stylus 2

Pada bagian belakang terdapat kamera utama di bagian tengah atas dengan lampu flash LED tunggal di sebelah kanannya. Di bagian bawahnya terdapat tiga tombol khas LG, yaitu tombol volume up dan down tersusun vertikal serta tombol kunci / power di antaranya. Di bagian kiri bawah terdapat speaker mono.

Bagian samping Stylus 2 memiliki desain mulus bersih dari tombol dan slot apa pun. Di sisi bagian atas juga tidak terdapat fitur apa pun. Di sisi bagian bawah terdapat port jack audio 3.5mm di sebelah kiri dan port micro-USB di posisi tengah. Di antaranya terdapat lubang kecil letak speaker saat melakukan panggilan telepon.

Secara keseluruhan ponsel ini terasa ringan dengan berat hanya 145gr. Dengan flip cover yang berbahan plastik dengan tekstur berpola kasar, ponsel ini cukup mantap digenggam. Namun dengan ukuran layar 5.7 inci ponsel ini mungkin agak besar dipegang apalagi dioperasikan dengan satu tangan, khususnya bagi wanita.

Flip cover bawaan LG Stylus 2 memiliki kualitas yang standar. Bagian jendela notifikasi yang terbuat dari plastik ternyata cukup rentan terhadap goresan. Bergesekan dengan kuku saja sudah cukup membuat goresan halus pada permukaan plastik bening ini. Bagian engsel yang terbuat dari fabrik berpola kulit juga tampak tidak awet, dapat dengan mudah rusak atau robek karena buka tutup flip.

Untungnya flip cover ini tersedia dari produsen aksesoris pihak ketiga. Saat dicek di situs e-commerce di Indonesia, beberapa merek aksesoris cukup terkenal menawarkan harga flip cover LG Stylus 2 di kisaran Rp. 110 – 150 ribu. Jadi, jika flip cover bawaan sudah usang, pengguna bisa membeli penggantinya dengan harga relatif murah.

Layar dan Tampilan


Layar LG Stylus 2 disandingkan dengan LG G2, sama-sama menggunakan layar IPS

LG Stylus 2 dibekali dengan layar IPS berukuran 5.7 inci dengan resolusi HD 1280 x 720. Layar ini bukanlah yang paling terang atau paling tajam di pasaran ponsel kelas menengah, namun layar LG ini cukup berguna di dalam dan luar ruangan.

Dengan kerapatan piksel 257 ppi, kotak-kotak setiap piksel masih dapat terlihat, sehingga tulisan belum tampak mulus. Memang, untuk dapat menghasilkan tulisan dan gambar tajam tanpa kotak-kotak piksel nampak dibutuhkan kerapatan piksel di atas 300 ppi.

Warna yang dihasilkan layar Stylus 2 tidak kontras, dengan warna hitam cukup terang sehingga menghasilkan rasio kontras yang kecil. Hal ini cukup lumrah untuk layar berteknologi IPS. Namun layar Stylus 2 memiliki sudut pandang cukup luas sampai 75 derajat masih menghasilkan warna yang konsisten.

LG Stylus 2 memiliki sensor cahaya yang sangat berguna menyesuaikan kecerahan layar saat kondisi cahaya sekitar berubah. Pengguna tidak perlu repot mengatur kecerahan cahaya saat berpindah dari kondisi cahaya terang ke ruangan yang lebih redup.

Performa

LG Stylus 2 ditenagai oleh chipset lawas buatan Qualcomm yaitu Snapdragon 410. Chipset ini sudah ada di dalam ponsel pintar sejak tahun 2013 lalu. CPU di dalam chipset ini terdiri dari 4-inti Cortex-A53 yang beroperasi @1.2GHz. Pengolah grafisnya menggunakan chip GPU Adreno 306 besutan Qualcomm.

Secara keseluruhan, LG Stylus 2 menawarkan performa yang terbilang cukup untuk penggunaan normal. Transisi layar saat menavigasi menu tampak mulus, demikian juga saat membuka tampilan notifikasi. Berganti aplikasi ringan seperti kontak, pesan atau aplikasi jejaring sosial seperti Facebook dan Instagram berjalan dengan mulus berkat RAM berkapasitas 2GB.

Namun untuk bermain game berat seperti Final Fantasy Brave Exvius, ponsel ini agak terseok-seok dengan gambar lag dan patah-patah. Saat digunakan untuk Clash of Clans, waktu memuat game ini cukup lama, yakni 19.6 detik.

Skor AnTuTu yang dihasilkan LG Stylus 2 adalah 26,976. Angka ini terbilang rendah untuk ponsel kelas menengah yang keluar di tahun 2016 ini. Hal ini disebabkan chipset lawas yang digunakan LG untuk ponsel ini. LG bisa saja menggunakan chipset menengah lainnya yang lebih baru seperti Snapdragon 615 yang memiliki performa lebih baik.

Tampilan Antarmuka & Aplikasi Terpasang


Tampilan Home

Aplikasi Bawaan 1

Tampilan tray notifikasi


Aplikasi Bawaan 2

Aplikasi Google 1

Aplikasi Google 2

LG Stylus 2 dibekali sistem operasi Android 6.0 Marshmallow yang dibalut dengan tampilan antarmuka khas LG. Antarmuka terbaru LG sudah tidak lagi menggunakan browser aplikasi, jadi seluruh aplikasi yang ada akan memiliki shortcut di tampilan utama. Pengguna dapat membuat folder untuk mengorganisir aplikasi yang terpasang agar lebih rapih.

Tampilan tray notifikasi dapat diakses dengan menarik bar bagian atas. Di dalamnya tersusun berbagai akses pintas pengaturan umum seperti WiFi, Suara, Bluetooth, Rotasi layar, dan banyak lagi yang dapat diatur sesuai keinginan pengguna.

LG memasukkan beberapa aplikasi bawaan. Termasuk di dalamnya adalah aplikasi Office dari Google, yaitu Google Docs, Google Sheets dan Google Slides. Selain itu seluruh aplikasi inti Google terpasang dan tersusun dalam folder Google. Aplikasi pengelolaan dari LG juga dipasangkan dalam folder Pengelolaan, yaitu aplikasi Battery Saver, Memory, Battery Usage, LG Backup dan RemoteCall Service.


Pengaturan SIM ganda

Informasi sistem operasi

Pengaturan stylus atau pen

Fungsi stylus dapat diatur di dalam menu pengaturan. Aksi saat pen dilepas dari rumahnya dapat diatur, termasuk menjalankan aplikasi tertentu. LG Stylus 2 mendukung aplikasi memo saat layar mati, sehingga tanpa membuka kunci ponsel, pengguna dapat menulis di atas layar dengan stylus.

Aplikasi dasar untuk panggilan, pesan, galeri dan kalender tersedia dengan tampilan khas LG. Seluruh aplikasi ini menjalankan fungsinya dengan baik, misalnya untuk sharing foto langsung ke aplikasi atau mengirimnya langsung via email.


Aplikasi Panggilan

Aplikasi Pesan

Aplikasi Galeri


Aplikasi Kalender

Aplikasi Musik

Aplikasi Radio

Kinerja Baterai


Info baterai

Penggunaan baterai

Detail penggunaan

LG Stylus 2 dibekali dengan baterai berkapasitas cukup besar, yakni 3,000mAh. Baterai ini mampu memberikan tenaga untuk perangkat Stylus 2 selama 1 hari penuh untuk penggunaan berat dan 2 hari untuk penggunaan normal.

Pengisian daya ponsel ini terbilang standar, yaitu sekitar 1 jam 40 menit dari tersisa 15% sampai 100% dengan menggunakan charger bawaan. Charger bawaan memiliki rating arus 1.5A. Sayangnya LG Stylus 2 tidak mendukung pengisian daya cepat Quick Charge 2.0 dari Qualcomm, walaupun chipset Snapdragon 410 dapat mendukung teknologi ini. Nampaknya LG ingin sedikit menghemat biaya dengan mengurangi fitur tersebut.

Kualitas Kamera

LG Stylus 2 dilengkapi dengan kamera utama beresolusi 13MP. Kamera ini memiliki fitur autofokus biasa, yaitu dengan deteksi kontras. Tidak ada fitur stabilisasi optis maupun lensa multi-elemen.


Foto 1: Jepretan Stylus 2 dengan cahaya terang, rasio aspek 16:9, modus auto


Foto 2: Jepretan Stylus 2 dengan cahaya terang, rasio aspek 16:9, modus auto


Zoom 80% Foto 2, dengan detail cukup tajam

Tampak dari hasil jepretan di atas, ketajaman hasil gambar cukup baik. Warna yang dihasilkan cenderung under-saturated, dengan warna merah tanah pada foto 2 tidak sekontras aslinya.


Foto 3: Jarak terdekat fokus kamera utama LG Stylus 2, modus auto

Saat pengambilan gambar, autofokus dapat terkunci dengan cukup cepat, yakni sekitar 1 detik. Pada pengambilan fokus jarak dekat, kamera utama LG Stylus 2 mampu mengunci jarak sedekat 5cm. Bokeh yang dihasilkan pun cukup baik.

Selanjutnya, kita simak tampilan aplikasi kamera yang ada di LG Stylus 2.


Tampilan app kamera

Pengaturan kamera

Pengaturan modus

Fitur yang ada di aplikasi kamera cukup standar. Opsi menu pengaturan dapat menyesuaikan tampilan grid 3×3, deteksi wajah, timer, HDR dan rasio aspek. Pilihan modus hanya menyediakan panorama atau auto saja. Tidak ada pilihan filter ataupun modus lain seperti modus malam, modus olahraga dan sebagainya. Jadi, fitur fotografi pada ponsel ini cukup terbatas.

Kualitas Audio & FM Radio

Ponsel LG Stylus 2 dilengkapi dengan port audio 3.5mm standar di sisi bagian kiri bawah perangkat. Tidak terdapat informasi penggunaan chip khusus untuk output audio. Hasil suara yang dihasilkan melalui port audio ke headphone professional terdengar biasa saja. Bass dan treble cukup terasa namun tidak pada tingkat yang luar biasa.


Speaker ada di belakang perangkat

Speaker keras pada LG Stylus 2 diposisikan di bagian belakang perangkat, sehingga saat perangkat diletakkan di atas meja dengan layar menghadap ke atas, suara dari speaker terdengar kurang jelas. Volume suara menjadi lebih kecil secara signifikan dibanding dalam posisi perangkat tegak atau berdiri.


Aplikasi Radio

Aplikasi Musik

Tampilan Now Playing

Ponsel ini dapat menangkap sinyal FM Radio dengan bantuan kabel earphone. Aplikasi bawaan dari LG dapat menjalankan fungsinya dengan baik, seperti tuning otomatis dan merekam siaran radio. Aplikasi musik yang terpasang ada dua, yaitu Musik bawaan LG dan Play Music dari Google. Keduanya dapat menjadi pemutar musik yang fungsional. Tidak ada komplain di sini.

Kesimpulan dan Rekomendasi

LG Stylus 2 merupakan ponsel yang menarik dengan kehadiran stylus terintegrasi dalam bodi ponsel. Stylus ini mampu menjalankan fungsi standarnya, namun tidak secanggih stylus pada ponsel Samsung seri Galaxy Note. Tetapi dengah harga sepertiga dari Galaxy Note 5, LG Stylus 2 memberikan pengguna dengan budget terbatas namun mengidam-idamkan stylus.

Ponsel ini dibanderol pada harga Rp. 3 juta saat ulasan ini dibuat. Harga ini cukup tinggi untuk performa yang ditawarkan. Chipset lawas Snapdragon 410, RAM 2GB dan ROM 16GB memang cukup mampu menjalankan sistem operasi Android 6.0 Marshmallow dengan mulus, namun kurang kuat saat dipakai bermain game berat.

Fitur fotografi juga kurang mumpuni untuk ukuran ponsel berkamera 13MP. Resolusi sebesar ini memang mampu menghasilkan jepretan tajam, sayangnya hanya itu saja. Kreativitas fotografi pengguna ponsel kurang bisa tersalurkan dengan LG Stylus 2.

Dari sisi desain dan bahan, tidak ada yang istimewa selain baterai yang dapat dicopot. Namun jika flip cover terpasang, mencopot flip cover membutuhkan usaha lebih karena cukup rapat sebelum bisa mengakses baterai di dalam casing ponsel.

Ponsel lain yang menggunakan stylus pada kisaran harga Rp. 3 juta bisa dibilang tidak ada di Indonesia. Namun jika stylus bisa diabaikan, maka cukup banyak ponsel yang memiliki performa lebih baik dari LG Stylus 2. Salah satunya Xiaomi Redmi Note 3.

Xiaomi Redmi Note 3 memiliki performa jauh di atas Stylus 2, dengan chipset Snapdragon 650 RAM 2GB dan ROM 16GB. Ponsel dari China ini dibanderol Rp. 2.3 jutaan. Selain itu bodi Redmi Note 3 sudah terbuat dari metal dengan fitur pemindai sidik jari, layar 5.5 inci FullHD dan kamera utama 16MP.

Jika budget bukan kendala Anda, jelas Samsung Galaxy Note 5 adalah alternatif terbaik apabila Anda ingin menggunakan stylus. LG sendiri memang membuat ponsel seri Stylus untuk mengisi kekosongan ponsel dengan stylus di kelas menengah. Galaxy Note 5 dibanderol sekitar Rp. 8.5 juta.

(cyt)

Ada pertanyaan mengenai LG Stylus 2?
Silahkan tulis pertanyaan Anda di Kolom Komentar di bawah ini, tim Ulas-Master akan mencoba memberikan Solusi-nya!
comment

Belum Ada Komentar

createTulis Komentar

• Alamat Email Anda Tidak Akan Dipublikasikan.
• Harap Maklum: Komentar akan melalui Tahap Moderasi, jadi tidak langsung muncul di sini :-).