OnePlus 3T – Ulasan

OnePlus 3T

Rating UlasAbis:
8.9

Desain

9.3

Performance

9.2

Fitur

8.9

Value for Money

8.2
Keunggulan:
+ Layar Optic AMOLED yang memukau
+ Desain premium dan menawan
+ Sistem operasi selalu diupdate OnePlus
+ Tidak ada bloatware
Kekurangan:
- Tidak ada slot kartu microSD
- Tidak ada FM Radio


 

OnePlus merupakan pabrikan ponsel yang hanya berkutat di kategori ponsel kelas atas. Model terbarunya OnePlus 3T terus menawarkan spesifikasi teratas dengan berbagai fitur menarik dan desain atraktif dengan harga yang terbilang cukup terjangkau.

UlasAbis mengulas ponsel flagship ini untuk melihat fitur yang ditawarkannya. Simak ulasan khas UlasAbis berikut ini!


OnePlus 3T

Pantauan Harga:

Spesifikasi umum OnePlus 3T:

  • Kisaran harga Rp. 6 juta (per Maret 2017) Versi RAM 6GB + ROM 64GB
  • Layar tipe Optic AMOLED 5.5 inci resolusi FHD 1920×1080 (401 ppi)
  • Desain layar 2.5D dan perlindungan Gorilla Glass 4
  • Bodi berbahan metal dengan desain tipis hanya 7.35mm dan berat 158gr
  • Chipset Qualcomm Snapdragon 821
  • RAM 6GB tipe LPDDR4 Dual Channel, ROM 64GB tipe UFS 2.0
  • Android Marshmallow 6.0.1, dapat diupgrade ke Android 7.1 Nougat
  • Kamera Utama 16MP diafragma f/2.0, PDAF, OIS & EIS dengan sensor Sony Exmor RS IMX298
  • Kamera Depan 16MP diafragma f/2.0, EIS, lensa wide-angle
  • Baterai kapasitas 3,400mAh dengan dukungan Isi Daya Cepat Dash Charge
  • Dukungan seluruh jaringan 4G-LTE di Indonesia
  • Wifi a/b/g/n/ac, Bluetooth 4.2, NFC dan USB OTG
  • Port USB tipe-C dan port Audio 3.5mm dengan DIRAC HD Sound
  • Sistem operasi terupdate: Android 7.1.1 Nougat (per 21 Maret)
  • Sensor lengkap: Proximity, Gyro, Akselerometer, Cahaya, Kompas / Magnetik, Sensor Langkah dan Sensor Pemindai Sidik Jari

Kekurangan:

  • Baterai tidak dapat diganti
  • Tidak ada slot kartu microSD
  • Tidak ada FM Radio

OnePlus 3T merupakan versi segar dari OnePlus 3 dengan perbedaan yang minim. Secara desain, tidak ada perbedaan antara keduanya. OnePlus sedikit meningkatkan chipsetnya dari Snapdragon 820 ke Snapdragon 821. Kapasitas baterai juga diperbesar dari 3,000mAh menjadi 3,400mAh. Kamera depan juga lebih tinggi, yakni 16MP pada 3T sementara OnePlus 3 hanya memiliki sensor 8MP. Selain itu OnePlus 3T hadir dengan pilihan kapasitas ROM 128GB, dengan RAM tetap 6GB.

Cek: Perbandingan OnePlus 3T vs. OnePlus 3 di sini.

Ponsel keluaran OnePlus sendiri selalu ditunggu oleh para fans-nya. OnePlus memang terkenal dekat dengan pecinta produknya ini karena banyak pendapat, masukan dan usul para fans yang dijadikan nyata oleh OnePlus pada produknya.

Seperti apa ponsel OnePlus 3T ini? Kita lihat setiap aspeknya di bawah ini.

Paket Penjualan


Kotak Penjualan OnePlus 3T


Isi di dalam kotak: Perangkat utama 3T, Charger Dash, kabel USB tipe-C, pin slot kartu SIM dan dokumentasi

Sebagai ponsel premium, OnePlus 3T dikemas dengan kotak penjualan yang khas dan premium. Tempat ponsel diletakkan terbuat dari plastik dengan dudukan yang pas dengan perangkat 3T. Aksen merah dan penataan aksesoris yang rapih memberikan kesan bahwa ponsel ini benar-benar produk kelas atas.

Di dalam kotak terdapat perangkat utama 3T, Charger Dash dengan rating 5V/4A (20W), kabel USB tipe-C merah, pin pembuka slot kartu SIM, dokumentasi panduan dan stiker OnePlus. Aksesorisnya cukup lengkap, hanya saja tidak ada earphone bawaan.

Perangkat OnePlus 3T sudah dilengkapi dengan lapisan anti-gores yang langsung terpasang di perangkat. Lapisan ini terbuat dari plastik, bukan kaca tempered. Namun karena terbuat dari plastik yang elastis, lapisan ini dapat terpasang dengan rapih pada sisi lengkungnya di pinggiran layar.

Desain, Bentuk dan Kualitas Material


OnePlus 3T, bagian depan didominasi kaca


OnePlus 3T, bagian belakang dari bahan metal

OnePlus 3T memiliki desain yang sama persis dengan OnePlus 3. Bagian depan didominasi oleh bahan kaca yang merupakan Gorilla Glass 4. Bagian belakang dan samping terbungkus oleh bahan metal yang disebut OnePlus sebagai aluminium space-grade tahan banting.


Bagian atas layar, lampu notifikasi LED, kamera depan dan sensor cahaya dan proximity

Bagian atas layar memuat speaker panggilan di tengah. Kamera depan dan rumah sensor cahaya dan proximity terletak di sebelah kirinya. Di ujung paling kiri terdapat lampu LED notifikasi multi-warna. Warna lampu notifikasi dapat diatur dengan banyak pilihan di menu pengaturan.


Bagian bawah layar, tombol navigasi sentuh

Di bagian bawah layar, terdapat tiga tombol sentuh kapasitif. Tombol di tengah juga memuat sensor pemindai sidik jari. Meskipun terlihat seperti tombol, tombol tengah tidak dapat ditekan melainkan dioperasikan dengan sentuhan. Tombol tengah dikelilingi dengan bingkai metalik dan sedikit lebih rendah dibanding permukaan kaca di sekitarnya.

Sensor sidik jari yang sekaligus tombol home dilindungi dengan material kaca tahan gores. Namun permukaannya cukup mudah menarik minyak dari jari, sehingga tapak sidik jari sering kali meninggalkan bekas.


Bagian belakang, kamera utama dan lampu flash LED tunggal

Bagian belakang terdapat kamera utama yang berada di rumah sebagai tempat perlindungan. Kacanya diklaim OnePlus terbuat dari sapphire yang sangat tahan gores. Rumah kamera utama lebih menonjol dibanding permukaan di sekelilingnya, sekitar 1 mm lebih tinggi.

Di bagian tengah di bawah lampu flash terdapat logo OnePlus yang mengkilap. Di bawahnya terdapat informasi perangkat, nomor IMEI dan nomor model. Bagian ini terbuat dari stiker yang sangat sulit dilepas tanpa merusak permukaan bagian belakang perangkat.

Di atas kamera terdapat garis antena untuk meningkatkan resepsi sinyal jaringan dan WiFi. Di sisi bawah juga terdapat garis antena serupa. Warna garis antena lebih gelap dibanding permukaan panel belakang dan terbuat dari plastik.


Bagian belakang bawah lowong

Bagian belakang OnePlus 3T memiliki desain yang agak melengkung di dekat tepi kiri dan kanannya. Lengkungan ini cukup halus, namun cukup membantu menghasilkan pegangan yang mantap untuk ponsel ini. Ditambah permukaan metal yang tidak licin, perangkat ini sangat nyaman digenggam dan tidak mudah slip.

Selanjutnya, kita simak sisi samping OnePlus 3T.


Gambar atas ke bawah: Sisi kiri, sisi bawah, sisi kanan, sisi atas

Di sisi kiri perangkat terdapat tombol volume di bagian tengah. Di atasnya terdapat slider Peringatan atau Alert. Slider ini dapat digeser ke tiga titik untuk mengatur cepat tipe peringatan terhadap panggilan atau notifikasi yang masuk. Titik paling bawah mengaktifkan modus peringatan normal, titik tengah mengaktifkan modus Do Not Disturb dan titik paling atas untuk modus senyap atau Silent.


Dari dekat: Tombol di sisi kiri, Alert slider dan tombol volume

Di sisi bawah, terdapat port USB tipe-C di bagian tengah, diapit oleh gril speaker tunggal di kirinya dan port audio 3.5mm di kanannya. Ada lubang kecil di antara port USB dan audio yang merupakan tempat mikrofon panggilan berada. Di ujung kiri dan kanan sisi bawah terletak mur.

Di sisi kanan terletak tombol kunci / daya. Di sebelahnya terdapat slot kartu SIM. Slot ini dapat memuat dua kartu SIM berukuran nano-SIM. Sayangnya tidak ada slot untuk kartu microSD pada perangkat ini.


Dari dekat: Tombol di sisi kanan, tombol kunci / daya, dan slot kartu SIM

Di sisi atas perangkat tidak terdapat apa-apa alias kosong. Perangkat ini tidak memiliki transmiter infra-red yang biasanya ada di perangkat Xiaomi.

Dari dimensinya, OnePlus 3T terbilang mungil. Meskipun dibekali layar berukuran 5.5 inci, ponsel ini hanya berbeda sedikit dari ponsel Xiaomi Mi 5s yang memiliki ukuran layar 5.15 inci. Dibanding dengan ponsel Xiaomi Redmi Pro dengan layar sama 5.5 inci, OnePlus 3T lebih kecil. Tebal perangkat hanya 7.35mm, memberikan kesan tipis.


Ketebalan hanya 7.35mm memberikan kesan tipis yang kentara

Berat OnePlus 3T hanya 158 gr juga terbilang ringan dibanding ponsel dengan layar lebih kecil seperti Samsung Galaxy A5 2017 yang memiliki layar 5.2 inci namun dengan berat 159 gr. Untuk ponsel dengan layar 5.5 inci, 3T tergolong ringan. Rata-rata ponsel dengan layar 5.5 inci di database UlasAbis memiliki berat 163 gr.

Secara keseluruhan, perangkat OnePlus 3T memiliki desain yang mewah dan dengan material yang premium. Gorilla Glass 4 pada kaca pelapis layar, kaca tahan gores pada tombol home dan sensor sidik jari, kaca Sapphire pada rumah kamera belakang dan metal aluminium kelas ruang angkasa dibekali pada OnePlus 3T.

Saat digunakan ponsel ini juga nyaman digenggam. Lengkungan halus, ketipisannya dan permukaan metal yang tidak licin menambah mantap saat menggenggam OnePlus 3T.

Layar dan Tampilan

OnePlus 3T dibekali layar tipe Optic AMOLED yang diklaim menghasilkan warna yang jelas / kontras dan seperti hidup. Tipe layar ini merupakan layar yang sama dengan AMOLED pada ponsel buatan Samsung karena bersumber dari pabrikan yang sama. Namun OnePlus merekayasa lebih dalam saturasi warna layar dan menambahkan judul Optic di depan. Apakah ini hanya jargon untuk kepentingan pemasaran saja?

Ternyata, hasilnya adalah layar dengan tampilan warna yang menawan. Sejujurnya, layar OnePlus 3T memiliki tampilan yang paling memukau dari seluruh ponsel yang pernah diulas di sini, bahkan dibandingkan dengan layar Super AMOLED pada Galaxy A5 2017. Tingkat saturasi warna dikombinasikan dengan kontras tinggi layar AMOLED memproduksi tampilan yang nyaman dilihat. Seluruh gambar di layar terlihat tegas dan cerah.


Tampilan OnePlus 3T dari dekat, warna memiliki saturasi tinggi dan kontras yang dalam

Layar ini berukuran 5.5 inci dengan resolusi Full HD 1920 x 1080 piksel, yang berarti kepadatan piksel 401 piksel per inci. Dengan kepadatan setinggi ini, seluruh bentuk, gambar dan tulisan terlihat sangat tajam.


Tampilan OnePlus 3T, diambil dari jarak lebih dekat lagi, layar 401 ppi sangat tajam

Layar Optic AMOLED ini juga cukup mampu melawan sinar matahari langsung. Meskipun tidak seterang layar IPS, tampilan masih dapat terbaca. Selain itu tingkat kecerahan layar OnePlus 3T dapat diatur secara otomatis, sehingga perangkat dapat dipakai berpindah ruangan dengan kondisi cahaya berbeda dengan mudah.


Layar OnePlus 3T di bawah sinar matahari

Performa

OnePlus 3T dibekali chipset kelas atas Snapdragon 821 dari Qualcomm. Chipset ini terdiri dari 4-inti CPU yaitu 2-inti CPU Kyro 200 @2.35GHz dan 2-inti yang sama @1.9Ghz. Pengolah grafisnya mengandalkan Adreno 530 @624MHz. OnePlus memasangkan RAM LPDDR4 dengan konfigurasi Dual Channel sebanyak 6GB. Untuk ROM, terdapat memori tipe UFS 2.0 yang di atas kerta 5 kali lebih cepat daripada tipe eMMC 5.1.

Piranti keras ini dikombinasikan dengan sistem operasi Oxygen OS berbasis Android 6.0 Marshmallow mampu menghasilkan performa yang sangat tinggi. Saat diuji dengan AnTuTu, skor yang diraih 3T mencapai 163,574, menempatkan ponsel ini di posisi ke-3 teratas di bawah iPhone 7 Plus dan iPhone 7.


Skor AnTuTu: 163,574

Ranking 3

Spesifikasi

Performa ini menghasilkan pengalaman penggunaan ponsel yang sangat lancar. Saat bermain game 3D berat, tampilan tetap mulus. Game ringan seperti Clash of Clans, Clash Royale berjalan dengan mulus juga.

Selain performa di dalam game, membuka aplikasi juga sangat cepat. Game populer Clash of Clans mampu disiapkan hanya dalam waktu 4.8 detik. Ini lebih cepat dari ZUK Z2 yang memiliki Snapdragon 820 dan Android 7.0 Nougat. 3T mampu meraih ini berkat ROM tipe UFS 2.0 yang memiliki kecepatan akses tinggi, 5 kali lebih cepat dibanding tipe umum eMMC 5.1 serta RAM LPDDR4 dengan Dual Channel.

RAM berkapasitas 6GB sangatlah cukup untuk menjalankan berbagai aplikasi secara bersamaan. Aplikasi sosial media, chatting, browser dan pemutar musik dapat dengan mudah dijalankan bersamaan. Mengganti antara aplikasi aktif yang satu dengan yang lain dapat dilakukan dengan mulus tanpa lag sedikit pun.

Satu hal yang perlu dicatat adalah panas pada bagian belakang perangkat, tepatnya di sekitar kamera utama. Saat digunakan untuk bermain game berat dalam waktu lama, bagian ini bisa terasa sangat panas terhadap sentuhan jari. Kami uji dengan bermain game Clash of Clans selama kurang lebih 1.5 jam non-stop, dan terpaksa berhenti karena bagian belakang sudah sangat panas.

Masalah panas ini bukanlah kami yang temukan. Ternyata di forum OnePlus.net, issue ini sudah seringkali dilayangkan. Solusi yang diberikan oleh tim OnePlus adalah menghentikan permainan sampai perangkat menjadi dingin. Memang, setelah aplikasi game ditutup, perangkat kembali dingin dalam waktu kurang dari 10 menit, berkat bodi metal yang dapat mendinginkan perangkat dengan relatif cepat.

Sumber panas ini tidak lain adalah chipset Snapdragon 821 yang disetel maksimum pada 2.35GHz. Pabrikan lain seperti Xiaomi mengatur frekuensi chipset ini hanya di 2.15GHz untuk mencegah panas berlebih. Sayangnya hingga kini tidak ada solusi yang permanen dari OnePlus untuk issue ini.

Update: Setelah diupdate ke Android 7.0 Nougat melalui Oxygen OS versi 4.0.3, panas perangkat relatif berkurang namun tetap terasa hangat. Bagi UlasAbis, solusinya masih setengah jalan. Jadi issue panas pada 3T kami anggap masih belum terselesaikan.

Performa yang akan diukur lainnya adalah sensor pemindai sidik jari. OnePlus 3T dilengkapi sensor sidik jari yang tertanam pada posisi tombol home di bawah layar. Sensor ini mampu membaca sidik jari dalam waktu kurang dari 1 detik. Performanya tergolong sangat cepat dan akurat.

Tampilan Antarmuka & Aplikasi Terpasang

OnePlus 3T dipasangi sistem operasi Android 6.0 Marshmallow dengan balutan Oxygen OS khas OnePlus versi 3.5.3 saat pertama kali dibuka. Per 25 Februari 2017, OnePlus menyediakan update Oxygen OS versi 4.0.3 yang sudah berbasis Android 7.0 Nougat. Dan per 15 Maret 2017, Oxygen OS versi 4.1 dirilis dengan Android 7.1.1 Nougat terpasang.


Tampilan Home Oxygen OS 3.5.3

“Shelf”, slide ke kiri dari Home

Tampilan Menu


Panel Pengaturan Cepat

Menu Pengaturan

Tentang Perangkat

Oxygen OS merupakan sistem operasi yang dibangun dari Android versi dasar alias Stock Android. Perubahan yang dilakukan tidaklah sebanyak yang dilakukan oleh pabrikan ponsel lain seperti Xiaomi, Samsung dan Huawei. OnePlus meletakkan beberapa aplikasi yang khas, sambil tetap mempertahankan aplikasi dasar dari Google.

Di Oxygen OS tidak terdapat bloatware sama sekali untuk versi International. Namun untuk versi India, terdapat beberapa aplikasi titipan seperti Amazon Prime yang bisa dihapus. Unit yang UlasAbis uji adalah versi International.

Seluruh aplikasi dasar tersedia lengkap, kebanyakan dengan tampilan khas Android versi dasar. Pesan, Kalender, Buku Kontak, Galeri, Alarm dan Kalkulator tampil dengan desain minimalis, namun fungsinya lengkap.


Kalender

Kontak

Pesan


Galeri

Alarm

Kalkulator

Aplikasi Google juga lengkap tersedia, seperti GMail, Google Drive, Play Music, Play Movies, Maps, Hangout dan Chrome. Namun Google Play Games harus diunduh sebelum dapat digunakan. Saat pertama kali digunakan, Google Play Service juga harus diupdate.


Aplikasi Google

Google Assitant

Jawaban sang asisten

Yang istimewa, OnePlus 3T sudah memiliki aplikasi Google Assitant terpasang. Aplikasi ini terpasang langsung saat pengguna mengupdate Google Play Service. Google Assitant adalah aplikasi asisten virtual pintar yang dapat mengerti dan menjalankan perintah penggunanya.

Berbeda dari Google Now, Google Assistant dapat mengintepretasikan perintah dengan baik dan meresponnya serta menjalin komunikasi dua arah dengan pengguna. Google Assistant awalnya tersedia khusus di ponsel Google Pixel dan Pixel XL, namun mulai tersedia di perangkat Nexus dan perangkat buatan pabrikan lainnya secara terbatas mulai bulan Maret 2017. OnePlus merupakan salah satu pabrikan di luar Google yang mendapatkan aplikasi ini.

Secara keseluruhan, Oxygen OS terbilang sangat rapih dan bersih dari aplikasi yang tidak berguna alias bloatware. Dari kotak penjualannya, OnePlus 3T sudah dapat memberikan fungsi lengkap sebuah ponsel pintar. Plus, aplikasi Google Assistant merupakan nilai lebih.

Kinerja Baterai

OnePlus 3T dibekali baterai berkapasitas 3,400mAh, lebih besar dari generasi sebelumnya OnePlus 3 yang hanya memiliki baterai 3,000mAh. Perangkat ini juga dilengkapi teknologi isi daya cepat yang dinamai Dash Charge. Pemanfaatan teknologi ini harus menggunakan charger dan kabel khusus yang disertakan pada paket penjualan. Charger ini memiliki rating 5V / 4A atau 20W, lebih tinggi dari charger Quick Charge 3.0 dengan rating 18W.

Saat pemakaian normal, OnePlus 3T mampu bertahan dari pagi sampai sore dengan masih menyisakan daya 65% dan pada malam hari tersisa 30%. Menurut kalkulasi aplikasi baterai bawaan, perangkat dapat bertahan sampai 5 jam lagi atau sekitar jam 2 pagi. Artinya, penggunaan normal dapat melewati 1 hari dengan mudah dan masih cukup banyak daya tersisa.


Penggunaan normal bisa 1 hari

Dash Charge tidak aktif

Harus dengan charger & kabel khusus

Untuk pengisian daya, Dash Charge mampu menghembuskan 20W. Namun untuk dapat mengisi dengan metode Dash Charge, charger dan kabel bawaan harus digunakan. Saat menggunakan charger bawaan namun dengan kabel lain, Dash Charge tidak terjadi. Yang terjadi hanya isi daya normal dengan rating 5V / 1.4A. Saat Dash Charge aktif, terdapat konfirmasi di bawah informasi status pengisian.

Saat diisi dengan Dash Charge, perangkat menjadi agak panas tetapi masih dalam batas normal. Tampak jelas bahwa daya yang terisi sangat cepat naiknya, 15 menit dapat mengisi sekitar 30%. Jelang penuh, isi daya agak melambat, namun panasnya juga berkurang.

Kualitas Kamera

OnePlus 3T dilengkapi dengan kamera utama beresolusi 16MP dengan sensor Sony Exmor RS IMX298. Sensor ini dilengkapi dengan fitur PDAF, OIS, EIS dan bukaan lensa f/2.0. Seluruh fitur ini membantu pengambilan gambar lebih cepat, lebih stabil dan lebih tajam.

Berikut ini hasil jepretan OnePlus 3T.


Foto 1: Modus Auto, Kondisi mendung di siang hari, HDR Auto, Rasio aspek 4:3


Foto 2: Modus Auto, Kondisi mendung di siang hari, HDR Auto, Rasio aspek 4:3


Zoom 90% Foto 2: Detail masih awet dan sangat tajam

Pada kondisi cahaya yang cukup di Foto 1 dan Foto 2, hasil jepretan kamera OnePlus 3T tergolong sangat baik dan tampak tajam. Detail tertangkap dengan baik berkat sensor 16MP, sehingga saat di-zoom gambar tetap tajam. Warna yang ditangkap cukup akurat, meski cenderung under-saturated.


Foto 3: Modus Auto, Kondisi malam hari, HDR Off, Rasio aspek 4:3


Foto 4: Modus Auto, Kondisi malam hari, HDR On, Rasio aspek 4:3

Pada kondisi cahaya redup, kamera OnePlus 3T ternyata cukup baik. Gambar yang dihasilkan masih tajam, walaupun tidak setajam saat penjepretan siang hari. Hal ini wajar untuk ponsel kamera. Bagian gelap pada Foto 3 memiliki noise yang minim, namun saat menyalakan HDR noise pada Foto 4 menjadi lebih banyak.

Autofokus OnePlus 3T terbilang cukup cepat dan konsisten, berkat sistem PDAF atau Phase Differential Auto Focus. Penguncian autofokus dapat dilakukan dalam waktu sekitar 1 detik, dan saat berpindah titik fokus, penguncian terjadi dengan konsisten pada titik tertentu.

Berikut kita simak aplikasi kamera bawaan.


Tampilan Aplikasi kamera

Pilihan modus cepat

Pengaturan aplikasi


Atur cepat Rasio, Timer, Grid 3×3

Modus Rekam Video

Modus Manual

Aplikasi kamera bawaan Oxygen OS pada OnePlus 3T dilengkapi dengan modus manual. Di sini pengguna dapat mengendalikan 4 parameter pengambilan gambar, yaitu ISO, White Balance, Durasi Exposure dan Jarak Fokus. Angka ISO dapat diatur dari 100 sampai 3200, White Balance melalui preset 4 titik. Durasi Exposure atau Rana dapat dikendalikan dari 1/8000 sampai 30 detik, sementara Jarak Fokus tersedia pilihan makro sampai tak hingga.


Atur manual ISO

Atur manual WB

Atur manual Rana

Sayangnya di aplikasi kamera ini tidak ada dua fitur yang biasanya disediakan, yaitu pilihan modus scene dan filter kamera. Di sini tidak ada pilihan untuk modus malam hari, sport atau sejenisnya. Filter kamera seperti Hitam Putih, Mozaic, Color Pop dan lain-lain juga nihil dari aplikasi. Pengguna terpaksa menggunakan aplikasi lain untuk menambah filter pada hasil jepretan, seperti aplikasi Instagram.

Ada tiga modus video yang tersedia, yaitu video normal, video slow-motion dan video time-lapse. Video normal dapat diatur resolusinya dengan pilihan 720p, 1080p, 1080p 60fps dan 4K. Untuk slow-motion, hanya ada 1 pilihan resolusi yaitu 720p 120fps. Video time-lapse dapat dilakukan dalam resolusi 1080p atau 720p, namun tidak dapat diatur seberapa cepat gambar direkam.

Kualitas Audio & FM Radio

OnePlus 3T dilengkapi fitur audio Dirac HD Sound. Fitur ini diklaim mampu menghasilkan suara yang bening dan lebih alami. Bass dan trebel lebih baik dengan definisi yang lebih tinggi, sehingga keluaran suara terdengar lebih dinamis.

Hasilnya kami konfirmasi sebagai benar. Keluaran suara OnePlus 3T melalui port audio 3.5mm terdengar dalam, kaya dan bening. Bass dan treble pada pengaturan normal memang kurang terasa, namun berkat pengaturan equalizer, bass dan efek surround, suara menjadi lebih hidup. Saat menggunakan pengaturan bass tinggi, noise juga minimal, hanya muncul pada saat bass benar-benar diatur sangat tinggi (frekuensi sangat rendah).


Google Play Music

Pengaturan Audio pada Oxygen 3.5

Pengaturan Audio pada Oxygen 4.0

Speaker keras atau loudspeaker OnePlus 3T terdapat di sisi bawah perangkat, di sebelah kiri port USB. Penempatan ini agak berbeda dari kebanyakan ponsel yang biasanya meletakkan speaker di sisi kanan port USB. OnePlus 3T hanya memiliki 1 speaker mono. Speaker ini sangat nyaring bunyinya, mampu mencapai 84 decibel.

OnePlus 3T tidak dapat menangkap siaran FM Radio. Hal ini cukup jamak untuk ponsel kelas atas. Bagi pengguna yang ingin mendengarkan siaran radio, terpaksa menggunakan aplikasi streaming siaran radio.

Kesimpulan dan Rekomendasi

OnePlus 3T merupakan ponsel yang didesain sebagai ponsel flagship, menyaingi Samsung seri Galaxy S7 Edge, LG G5 dan iPhone 6S. Meskipun desainnya tidak ada yang inovatif, OnePlus 3T tetap terlihat mewah dan menawan. Tiap sisinya terlihat rapih. Bahannya juga premium, dari aluminium space-grade dan kaca Gorilla Glass 4. Bahkan perlindungan kamera utama memiliki kaca Sapphire.

Sisi spesifikasi juga sangat gahar. Chipset Snapdragon 821 dan RAM 6GB tentunya selalu dapat melayani penggunaan aplikasi berat pada 3T. Namun ponsel dengan spesifikasi gahar selalu ada sisi buruknya, yaitu panas berlebih saat dipakai bermain game dengan durasi lama. Panas mulai terasa saat bermain game selama 1 jam non-stop. Namun untuk penggunaan normal sehari-hari, panas bukanlah masalah yang sering muncul. Untuk browsing, 3T tetap biasa saja, tidak terlalu panas.

Seluruh keunggulan (dan kekurangan) OnePlus 3T dibanderol seharga Rp. 6 juta. Ini merupakan harga yang sepadan untuk ponsel kelas flagship dan dukungan piranti lunak Oxygen OS dari OnePlus yang terbilang rajin di-update.

Sebagai ponsel flagship, saingan OnePlus 3T adalah Xiaomi Mi 5s Plus. Dibanderol pada kisaran harga yang mirip Rp. 5 – 6 jutaan, Mi 5s Plus memiliki piranti keras yang tidak jauh berbeda yaitu chipset Snapdragon 821. Perbedaan terletak pada sisi fotografi, di mana Mi 5s Plus dilengkapi kamera ganda dengan sensor yang lebih bagus Sony Exmor RS IMX378, versus IMX298 pada 3T.


Xiaomi Mi 5s Plus

Cek: Spesifikasi OnePlus 3T vs. Xiaomi Mi 5s Plus di tautan ini.

Ponsel flagship Huawei P9 juga berada di kisaran harga Rp. 6.3 jutaan. Ponsel ini memiliki spesifikasi di bawah OnePlus 3T, yaitu chipset Kirin 955 dan RAM 3GB LPDDR3. Namun dalam segi kamera, P9 lebih unggul berkat kamera ganda dengan lensa dari Leica. Huawi P9 di Indonesia hadir dengan garansi resmi dari Huawei Indonesia. Ini adalah nilai plus, mengingat OnePlus 3T hanya memiliki garansi internasional yang harus diklaim ke luar negeri.


Huawei P9

Cek: Spesifikasi OnePlus 3T vs. Xiaomi Mi 5s Plus di tautan ini.

(cyt)

Ada pertanyaan mengenai OnePlus 3T?
Silahkan tulis pertanyaan Anda di Kolom Komentar di bawah ini, tim Ulas-Master akan mencoba memberikan Solusi-nya!
comment

2 Komentar

  • Ahmadfandi:
    25 Mar 2018 · 00:21

    Klok pake charge lain apakah juga bikin bateri cepat habis karena cari charge yg ori susah.

  • Ahmadfandi:
    25 Mar 2018 · 00:18

    Kalok charging pake charge lain tak jadi masalah kah terutama pada keawetan bateri itu sendiri

createTulis Komentar

• Alamat Email Anda Tidak Akan Dipublikasikan.
• Harap Maklum: Komentar akan melalui Tahap Moderasi, jadi tidak langsung muncul di sini :-).