Galaxy A5 2017 – Ulasan

Galaxy A5 2017

Rating UlasAbis:
8.3

Desain

9

Performance

8.1

Fitur

8.5

Value for Money

7.9
Keunggulan:
+ Desain, bentuk dan perpaduan metal dan kaca yang menawan
+ Kamera depan resolusi 16MP
+ Layar AMOLED 5.2 inci Full HD yang nyaman di mata
Kekurangan:
- Harga lumayan tinggi
- Fitur kamera utama kurang banyak


 

Seri Galaxy A merupakan lini ponsel Samsung yang diposisikan tepat di bawah seri flagship Samsung Galaxy S. Samsung selalu membubuhkan fitur-fitur canggih pada seri Galaxy S ke seri Galaxy A ini. Generasi terbaru Galaxy A keluaran 2017 pun masih tetap mengikuti tradisi ini. Berbagai fitur yang sebelumnya hadir di Galaxy S6 dan S7 ditawarkan pada seri Galaxy A 2017.

Seperti apa kecanggihan Galaxy A 2017? Simak ulasan khas UlasAbis di bawah ini!


Samsung Galaxy A5 2017

Pantauan Harga:

Spesifikasi umum Galaxy A5 2017:

  • Kisaran harga Rp. 5.3 juta (per Februari 2017) Versi RAM 3GB + ROM 32GB
  • Layar AMOLED 5.2 inci resolusi FHD 1920×1080 (424 ppi)
  • Layar dengan desain 2.5D dan perlindungan Gorilla Glass 4
  • Bodi berbahan metal dengan kaca melapisi bagian depan dan belakang
  • Proteksi tahan air dan debu IP68
  • Chipset Samsung Exynos 7 Octa 7880 dengan 8-inti CPU Cortex-A53 @1.9GHz dan GPU Mali-T830MP3
  • RAM 3GB LPDDR3 Dual Channel
  • Slot expansi terdedikasi MicroSD sampai 128GB
  • Android Marshmallow 6.0.1
  • Ketebalan hanya 7.9mm, Bobot 159gr
  • Kamera Utama dan Kamera Depan 16MP diafragma f/1.9
  • Baterai kapasitas 3,000mAh dengan dukungan Isi Daya Cepat
  • Dukungan seluruh jaringan 4G-LTE di Indonesia
  • Wifi a/b/g/n/ac, Bluetooth 4.2, NFC, FM Radio dan USB OTG
  • Port USB tipe-C
  • Sensor Pemindai Sidik Jari tertanam di tombol home
  • Sensor lainnya lengkap: Proximity, Gyro, Akselerometer, Cahaya, Kompas atau Magnetik dan Sensor Langkah

Kekurangan:

  • Baterai tidak dapat diganti
  • Kamera utama 16MP memiliki fitur yang biasa saja
  • Agak berat (159 gr) untuk ponsel pintar 5.2 inci

UlasAbis akan mengulas Galaxy A5 2017 yang memiliki spesifikasi yang sama dengan Galaxy A7 2017 dengan perbedaan hanya pada bagian layar 5.2 inci vs. 5.7 inci pada Galaxy A7 2017. Sementara dibanding Galaxy A3 2017 yang memiliki layar 4.7 inci, chipset Galaxy A5 2017 lebih tinggi, yakni Exynos 7870 vs. Exynos 7880 pada Galaxy A5.

Galaxy A5 2017 membawa berbagai desain dan fitur baru dibanding generasi sebelumnya Galaxy A5 2016. Desainnya pun sangat berbeda. Selain itu seri 2017 ini memiliki proteksi tahan air dan debu IP68 yang belum pernah ada pada seri Galaxy A sebelumnya. Fitur ini dibawa Samsung dari seri Galaxy S7.


Galaxy A5 2017 Hitam dan Galaxy A5 2016 Emas, bagian atas

Galaxy A5 2017 Hitam dan Galaxy A5 2016 Emas, bagian belakang

Cek: Perbandingan Galaxy A5 2017 vs. Galaxy A5 2016 di tautan ini.

Paket Penjualan


Kemasan retail Galaxy A5 2017

Kemasan Galaxy A5 2017 tidak berbeda dari kemasan ponsel lainnya buatan Samsung, kotak berwarna putih sederhana dengan nama model di atasnya. Angka tahun 2017 dicetak di sudut kanan atas, agak berbeda dari tahun lalu yang dicetak dengan angka 6 di sebelah nama model.


Isi di dalam kemasan

Di dalam kemasan terdapat perangkat utama, charger Samsung yang mendukung isian daya cepat, kabel USB tipe-C sepanjang 120 cm, adapter microUSB ke USB tipe-C, earphone Samsung, Panduan Singkat dan pin pembuka slot kartu SIM. Samsung juga membundling kartu perdana 4G dari Telkomsel serta alat T-Cash via NFC.

Desain, Bentuk dan Kualitas Material


Galaxy A5 2017, sangat mengkilap berkat bahan kaca

Galaxy A5 2017 tampil sangat berbeda dari model generasi sebelumnya. Berbahan metal pada bingkainya dan kaca pada bagian belakang dan depan, ponsel ini terlihat mengkilap memberikan kesan premium. Bagian bingkainya yang terbuat dari metal justru tidak mengkilap sehingga menonjolkan kesan kokoh bahan metal.


Bagian samping Galaxy A5 2017 dengan cat matte yang tidak mengkilap

Pada bagian depan, kaca 2.5D melapisi layar dan hampir seluruh bagian depan perangkat. Kaca ini memiliki perlindungan Corning Gorilla Glass 4 yang mampu selamat jatuh dari ketinggian sekitar 1.5 meter.


Bagian atas layar, sensor cahaya dan proximity, grill speaker dan kamera depan 16MP

Pada bagian atas layar terdapat grill speaker saat melakukan panggilan yang diapit oleh sensor proximity dan cahaya di sisi kiri dan kamera depan 16MP di sisi kanan. Di bagian bawah grill terdapat logo Samsung.

Galaxy A5 2017 tidak memiliki lampu LED notifikasi yang umumnya ada di deretan fitur di atas layar. Fungsi LED notifikasi digantikan oleh layar Selalu Hidup (Always-on Display). Topik ini akan dibahas lebih lanjut di bagian Layar.


Bagian bawah layar, dengan tombol home mekanis, tertanam sensor sidik jari

Di bagian bawah layar terdapat tombol home mekanis yang juga menjadi tempat sensor pemindai sidik jari. Di kiri dan kanannya terdapat tombol navigasi kapasitif yang dilengkapi dengan LED untuk menerangi logo navigasi.


Bagian atas panel belakang, kamera utama dengan flash LED tunggal. Logo Samsung kedua di bagian tengah di bawah kamera

Bagian belakang perangkat Galaxy A5 2017 juga terbuat dari kaca seperti bagian depan. Seluruh tepian panel kaca juga berkontur membulat mirip dengan lekukan yang ada pada seri Galaxy S7. Lekukan ini membuat perangkat cukup nyaman digenggam.

Walaupun begitu, keseluruhan permukaan belakang perangkat terasa cukup licin. Saat dipegang dengan tangan basah, licinnya permukaan belakang sangat terasa dan mudah lolos dari tangan. Hal ini umum dialami oleh ponsel dengan bagian belakang terbuat dari kaca seperti Xiaomi Mi 4S. Solusinya cukup mudah, pegang ponsel lebih hati-hati saat tangan basah, atau menggunakan casing yang menutupi bagian belakang.

Pada sisi belakang di bagian tengah atas terdapat kamera utama 16MP yang dilengkapi dengan lampu flash LED di sisi kanannya. Tepat di bawah kamera terdapat logo Samsung.


Bagian bawah panel belakang, kamera utama dengan flash LED tunggal

Di bawahnya relatif tidak terdapat apa-apa selain nomor sertifikasi CE dan informasi IMEI 1, IMEI 2 serta Nomor Seri (Serial Number) perangkat. Informasi ini tercetak di bodi perangkat di bawah kaca pelapis bagian belakang.

Selanjutnya kita simak bagian samping perangkat.


Dari gambar atas ke bawah: Sisi kiri, sisi atas, sisi kanan dan sisi bawah perangkat Galaxy A5 2017

Pada bagian sisi samping kiri perangkat terdapat tombol volume yang terdiri dari dua tombol terpisah untuk menaikkan dan menurunkan volume suara. Di sebelahnya pada bagian bawah terdapat slot SIM 1 tipe nano-SIM.

Di sisi atas terdapat slot SIM 2 tipe nano-SIM dan kartu microSD. Kedua slot ini terpisah, sehingga Galaxy A5 2017 dapat menggunakan dua kartu SIM dan kartu microSD secara bersamaan. Di kedua ujung kiri dan kanan terdapat garis antena dengan warna berbeda dibanding permukaan metal di sekitarnya.

Di samping kanan terdapat tombol power / kunci perangkat. Pemisahan antara lokasi tombol power dan tombol volume merupakan desain khas Samsung. Berbagai pabrikan lain biasanya menempatkan tombol power dan tombol volume pada sisi yang sama. Ini bukan masalah jika Anda terbiasa menggunakan ponsel Samsung, namun jika Anda menggunakan ponsel selain Samsung bersamaan dengan ponsel Samsung, salah tekan tombol cenderung sering terjadi.

Di sisi bawah terdapat dua jenis port, yaitu port USB tipe-C pada bagian tengah dan port audio 3.5mm di sebelah kanannya. Di ujung kiri dan kanan terdapat dua garis antena.


Gasket karet pada tray kartu SIM pencegah air dan debu masuk ke dalam perangkat, ditunjuk dengan pin pembuka slot

Seluruh seri Galaxy A 2017 memiliki fitur tahan air dan debu. Fitur ini dicapai dengan menambahkan perlindungan ekstra berupa gasket karet pada seluruh bagian perangkat tempat air dan debu berpotensi masuk. Contohnya adalah bagian slot kartu SIM, gasket karet terpasang menyatu dengan tray kartu SIM.

Perlu diketahui bahwa meskipun ponsel ini disebut tahan air, Samsung tidak memberikan garansi dari kerusakan akibat terkena air. Jadi jika ponsel ini ternyata rusak oleh air, pengguna harus membayar biaya reparasi, jika memang masih bisa.


Tebal Galaxy A5 2017 mencapai 7.9 mm

Galaxy A5 2017 bukanlah ponsel tertipis yang ada di pasaran. Dibanding generasi-generasi sebelumnya, seri Galaxy A 2017 ini semakin tebal, dari 6.7 mm pada generasi pertama, menjadi 7.3 mm pada generasi 2016 dan akhirnya menebal lagi ke 7.9 mm pada keluaran 2017. Tampaknya desain lengkung pada panel belakang terpaksa menambah ketebalan perangkat.

Secara keseluruhan ponsel ini nyaman digenggam, berkat kontur melengkung pada bagian belakang. Bagian samping perangkat yang terbuat dari metal tidaklah licin sehingga jika digenggam dengan normal, ponsel tidak mudah lepas dari genggaman. Bahan metal ini juga memberi kesan kokoh terhadap keseluruhan ponsel. Jadi, dari segi desain dan bentuk, Galaxy A5 2017 tidak diragukan.

Layar dan Tampilan


Layar 5.2 inci dengan 424 piksel per inci tulisan terlihat mulus tanpa patahan

Galaxy A5 2017 dibekali dengan layar berukuran 5.2 inci dan resolusi Full HD 1920 x 1080. Dengan kepadatan piksel mencapai 424 piksel per inci, layar ponsel sangat tajam. Bentuk karakter huruf dan angka terlihat tegas dan tajam. Layar ponsel ini berteknologi Super AMOLED yang mampu menampilkan rasio kontras tinggi berkat kecerahan warna hitam yang sangat rendah nyaris nol.


Layar Galaxy A5 2017 di bawah terpaan sinar matahari langsung, pengaturan kecerahan layar maksimal

Layar AMOLED Galaxy A5 2017 cukup terang untuk dilihat di bawah sinar matahari langsung. Tulisan masih dapat terbaca, walaupun tidak semudah layar IPS seperti yang terpasang pada Galaxy J7 Prime.


Layar Galaxy A5 2017 di bawah terpaan sinar matahari langsung, pengaturan kecerahan layar maksimal

Pada kondisi dalam ruang, layar AMOLED ini terlihat sangat kontras dengan warna terang tampil cerah sementara warna gelap tampil redup. Ponsel ini dilengkapi sensor cahaya yang dapat mengatur kecerahan layar secara otomatis. Hal ini tentu sangat berguna bagi pengguna ponsel yang sering keluar masuk ruangan.


Tampilan Always-On Display pada layar Galaxy A5 2017

Samsung menawarkan fitur baru pada Galaxy A keluaran 2017 ini, yaitu layar Always-On atau selalu hidup. Fitur ini memungkinkan beberapa informasi tetap terlihat di layar walaupun kondisi layar mati. Meskipun layar tetap menampilkan informasi, tampak penggunaan baterai untuk layar tetap minimal, berkat layar AMOLED yang mampu menyala dengan cerah tanpa dibantu cahaya tambahan di belakang layar.

Secara keseluruhan, Galaxy A5 2017 menghadirkan layar yang nyaman dipandang mata untuk waktu lama berkat layar resolusi tinggi dan jenis layar Super AMOLED. Di pengaturan perangkat terdapat pengurang cahaya biru sehingga lebih nyaman lagi di mata. Cahaya biru pada perangkat disebut lebih melelahkan untuk mata, sehingga fitur pengaturan tersebut cukup berguna saat membaca dalam waktu lama, contohnya saat membaca ulasan ini.

Performa

Galaxy A5 2017 ditenagai oleh chipset buatan Samsung yaitu Exynos 7880. Chipset ini merupakan chipset baru yang dibuat dengan teknologi fabrikasi 14nm. Di dalamnya terdapat 8-inti CPU Cortex-A53 yang beroperasi pada 1.9GHz dan pengolah grafis GPU Mali-T830MP3 yang memiliki 3-inti GPU @950MHz. Di atas kertas, chipset ini tergolong mumpuni untuk menjalankan berbagai aplikasi mulai dari app sosial media sampai game.

Chipset ini dipadu dengan RAM berkapasitas 3GB tipe LPDDR3 yang memiliki channel ganda atau dual-channel. Dengan adanya channel ganda, proses loading aplikasi menjadi lebih cepat. Hal ini terbukti dari waktu loading game populer Clash of Clans yang hanya membutuhkan waktu 6.3 detik dari aplikasi dibuka sampai permainan siap dipakai.

Lalu berapa skor benchmark Galaxy A5 2017 dibanding ponsel lainnya? UlasAbis menggunakan aplikasi benchmark AnTuTu untuk menguji ponsel ini.


Skor AnTuTu: 58,259

Ranking > 50

Spesifikasi

Skor AnTuTu yang diraih Galaxy A5 2017 mencapai 58,259. Skor ini tergolong tinggi untuk kelas menengah, dan lebih baik dari ponsel flagship keluaran tahun 2015. Jika dibedah lebih dalam, Galaxy A5 2017 memiliki performa CPU yang setara dengan Galaxy J7 Prime yang ditenagai chipset Exynos 7870. Namun Galaxy A5 2017 mampu menghadirkan skor performa grafis 3D yang 3 kali lebih tinggi dari J7 Prime, berkat 3-inti GPU yang ada di dalam Exynos 7880 versus 2-inti GPU pada Exynos 7870.


Sensor pemindai sidik jari, dengan performa mencukupi, meskipun bukan yang tercepat

Performa yang akan diukur lainnya adalah sensor pemindai sidik jari. Galaxy A5 2017 dilengkapi sensor sidik jari yang tertanam pada tombol home di bawah layar. Sensor ini mampu membaca sidik jari dalam waktu sekitar 1 detik. Performanya bukanlah yang tercepat dibanding beberapa ponsel high-end saat ini, namun cukup cepat untuk digunakan, kecuali bagi pengguna yang super tidak sabaran.

Tampilan Antarmuka & Aplikasi Terpasang


Tampilan Home

Halaman ke-2

Aplikasi Flipboard terintegrasi


Menu Aplikasi

Halaman ke-2

Tampilan Pengaturan

Galaxy A5 2017 menggunakan sistem operasi Android 6.0 Marshmallow dengan balutan tampilan khas Samsung. Tampilan ini tidak jauh berbeda dari yang ada di dalam ponsel Samsung lain seperti seri Galaxy J7 Prime.

Di dalamnya terdapat cukup banyak aplikasi yang sudah terpasang dari awal alias bawaan perangkat. Kebanyakan aplikasi ini cukup berguna seperti aplikasi dari Google, Microsoft dan Samsung sendiri.


Aplikasi Microsoft

Aplikasi Google

Aplikasi Samsung

Hampir semua aplikasi Google penting sudah tertanam di Galaxy A5 2017 seperti Gmail, Chrome, Maps, Youtube dan PlayMusic. Terdapat juga aplikasi Microsoft Office seperti Word, Excel, Powerpoint, OneNote, OneDrive dan Skype. Untuk menggunakan aplikasi Office ini pengguna masih harus mengunduh update versi Full. Setelah diupdate, aplikasi tersebut dapat digunakan secara penuh tanpa biaya tambahan.

Samsung juga memasangkan aplikasi khas Samsung seperti Galaxy Apps, S Health dan S Voice. Aplikasi tersebut tersimpan rapih di satu folder, namun semuanya tidak bisa dihapus dari sistem operasi. Beberapa memang bisa di-nonaktifkan (disable), namun ada beberapa yang tidak bisa seperti Galaxy Apps dan Samsung Themes.


Aplikasi Galaxy Apps

Aplikasi S Health

Aplikasi Samsung Notes

Aplikasi dari Samsung tersebut umumnya cukup berguna bagi pengguna. Samsung Notes, Opera Max, Galaxy Gift Indonesia dan Galaxy Essentials memiliki manfaat bagi sebagian pengguna. Opera Max adalah aplikasi untuk menghemat penggunaan data. Galaxy Gift adalah daftar promo yang dapat digunakan khusus pengguna ponsel Galaxy. Galaxy Essentials menawarkan aplikasi penting untuk ponsel Samsung.


Aplikasi Galaxy Gift

Aplikasi Opera Max

Aplikasi Galaxy Essentials

Selain itu, aplikasi dasar yang terpasang mampu menjalankan fungsinya dengan baik. Tampilannya pun cukup baik dan intuitif. Berikut tampilan beberapa aplikasi dasar yang terpasang.


Tampilan Panggilan

Tampilan Kontak

Tampilan Pesan


Tampilan Gallery

Tampilan Kalender

Tampilan Radio


Tampilan Jam Weker

Tampilan Stopwatch

Tampilan Timer

Kinerja Baterai

Galaxy A5 2017 dibekali dengan baterai 3,000mAh. Dibanding generasi sebelumnya, baterai ini memiliki kapasitas lebih besar 100mAh. Untuk pemakaian normal, daya pada baterai mampu bertahan sampai 1 hari penuh. Saat memulai hari dengan 100% daya, baterai ponsel dapat menyediakan tenaga sampai melewati jam 6 petang dengan menyisakan sekitar 30% daya.

Ponsel ini mendukung pengisian daya cepat atau Fast Charging. Dengan charger bawaan yang juga mendukung Fast Charging, Galaxy A5 2017 dapat diisi dayanya dari 25% ke 100% dalam waktu 52 menit. Pengisian daya ini memang tidak secepat Quick Charge 3.0. Daya yang disalurkan oleh charger bawaan sekitar 12W. Sebagai perbandingan, charger Quick Charge 3.0 mampu menyemburkan daya sampai 24W ke perangkat yang kompatibel.


Daya yang masuk dengan Fast Charging, sekitar 12W (8.79 volt x 1.39 ampere)

Kualitas Kamera

Kamera utama Galaxy A5 2017 memiliki sensor 16MP berteknologi BSI (Back-Side Illumination) dengan diafragma lensa f/1.9. Kamera ini diklaim mampu menghasilkan foto kualitas baik pada kondisi cahaya minim.

Saat diuji pada kondisi cahaya cukup, hasil jepretan Galaxy A5 2017 terbilang bagus dengan reproduksi warna yang cukup baik walaupun agak undersaturated dan tingkat ketajaman tinggi. Tampak setiap garis tergambar dengan tegas pada Foto 1 dan Foto 2.


Foto 1: Modus Auto, kondisi cahaya cukup, rasio aspek 4:3


Foto 2: Modus Auto, kondisi cahaya cukup, rasio aspek 4:3


Zoom Foto 2: Tingkat Zoom 90%, hasil sangat tajam dan bentuk terlihat tegas, berkat resolusi 16MP


Foto 3: Modus Auto, kondisi malam hari, rasio aspek 4:3


Foto 4: Modus Night, kondisi malam hari, rasio aspek 4:3

Kamera Galaxy A5 2017 cukup baik digunakan pada fotografi malam hari. Dengan modus Auto (Foto 3), noise yang muncul minimal, namun detail gambar kurang tertangkap ketajamannya. Modus Night (Foto 4) dapat menambah cahaya yang masuk ke sensor sehingga cahaya lampu jalanan lebih terlihat terang pada hasilnya.

Fitur fotografi yang ada di Galaxy A5 2017 cukup standar. Modus yang dapat dipilih adalah Auto, Pro, Panorama, Hyperlapse, HDR atau Rich Tone, Night dan Food. Pilihan filter juga ada 16 opsi. Pada modus Pro ada tiga aspek yang dapat dikendalikan adalah ISO, Exposure Value dan White Balance. Sayangnya tidak ada kendali jarak fokus dan waktu exposure.


Aplikasi Kamera

Pilihan Modus

Pilihan Filter


Kendali ISO: 0 – 800

Kendali EV: -2 sampai +2

Kendali WB

Kualitas Audio & FM Radio


FM Radio

Efek Audio SoundAlive

Efek Audio SoundAlive 2

Samsung tidak secara spesifik menonjol kualitas audio dari Galaxy A5 2017. Saat diuji, ponsel ini memiliki fitur audio yang cukup baik. Selain FM Radio, Galaxy A5 2017 juga memiliki aplikasi efek audio yang disebut SoundAlive. Panel kendali audio ini dapat diakses melalui aplikasi Play Music > Setting > Equalizer. Tampilannya seperti yang terlihat pada gambar di atas. Hasilnya cukup baik saat menggunakan headphone atau earphone. Dengan pengaturan yang pas, output suara yang dapat menjadi bagus. Tentunya hal ini tergantung selera masing-masing.


Speaker ada di sisi samping kanan perangkat

Speaker luar perangkat ini cukup unik karena terleta di bagian samping kanan perangkat, di atas tombol power. Konfigurasi speaker luar biasanya terletak di sisi bawah atau di belakang perangkat. Pada volume maksimal, speaker ini mampu menghasilkan suara maksimal 83 decibel, cukup keras untuk ponsel sekecil ini.

Kesimpulan dan Rekomendasi

Samsung Galaxy A5 2017 merupakan ponsel baru Samsung yang memiliki desain atraktif. Selain itu, spesifikasi ponsel ini tergolong menengah atas, sesuai dengan posisi Galaxy A yang berada di kelas menengah atas. Dari desain, bentuk dan kualitas bahan, kesan premium dan elegan menempel erat pada ponsel ini. Saat digenggam, kesan tersebut semakin terasa berkat bahan metal dengan permukaan matte serta bahan kaca pada bagian depan dan belakang.

Ponsel ini dapat menemani hampir seluruh pengguna dengan performa mumpuni. Pecinta musik dan penggemar selfie maupun fotografi mobile dapat memanfaatkan fitur dan performa Galaxy A5 2017. Namun ponsel ini kurang cukup bagi pengguna yang sangat membutuhkan performa ekstra tinggi seperti untuk bermain game 3D berat, atau saat mengolah file Excel berukuran besar.

Dengan harga Rp. 5.3 jutaan, ponsel ini terbilang cukup mahal. Namun yang ditawarkan darinya cukup sepadan.

Pesaing terdekat di kisaran harga ini adalah ponsel kelas flagship keluaran Xiaomi yakni Mi 5S. Memang secara kelas ponsel Xiaomi ini di atas Galaxy A5 2017, namun berada pada kisaran harga yang sama di sekitar Rp. 4 juta sampai 5 juta. Secara performa, tidak diragukan lagi Mi 5s jauh di atas ponsel Galaxy A5 2017. Ponsel Samsung ini sedikit lebih unggul dari desain dan bahan yang menurut UlasAbis lebih elegan daripada Mi 5s.


Xiaomi Mi 5s

Cek: Spesifikasi Galaxy A5 2017 vs. Xiaomi Mi 5s di tautan ini.
Cek: Ulasan Lengkap Xiaomi Mi 5s di sini.

Penantang lainnya adalah ponsel ASUS ZenFone 3 ZE520KL. Sama-sama ponsel menengah berukuran 5.2 inci, ZenFone 3 ZE520KL memiliki performa dan kualitas desain setara. Ponsel ASUS ini dibanderol lebih rendah daripada Galaxy A5 2017, yakni sekitar Rp. 4 jutaan. ZenFone 3 memiliki keunggulan pada sisi fotografinya, tepatnya pada fitur yang ditawarkan kamera utama yaitu sistem TriTech AF untuk autofokus super cepat dan aplikasi kamera dengan modus manual yang lebih kaya fitur.


ASUS ZenFone 3 ZE520KL

Cek: Spesifikasi Galaxy A5 2017 vs. ASUS ZenFone 3 ZE520KL di tautan ini.

(cyt)

Ada pertanyaan mengenai Galaxy A5 2017?
Silahkan tulis pertanyaan Anda di Kolom Komentar di bawah ini, tim Ulas-Master akan mencoba memberikan Solusi-nya!
comment

110 Komentar

  • nadia:
    25 Jul 2017 · 14:12

    gan untuk pilihan modus kamera gimana ya dan pilihan HDR ada gak ya

    • 25 Jul 2017 · 18:07

      Halo ganwati Nadia. Di pilihan modus salah satunya ada modus HDR (Rich tone), gan.

  • Nabila Diah.p:
    23 Jul 2017 · 15:40

    Gan aku mau tanya gimana sih aktifin sim card ganda pda samsung galaxy A5 2017.

    • 23 Jul 2017 · 16:00

      Halo ganwati Nabila. Kartu SIM ganda seharusnya terbaca dan aktif otomatis saat hp membaca ada dua kartu SIM. Ane curiga salah satu kartu SIM agan tidak terbaca. Saran ane, pastikan posisi kartu SIM sudah benar dan tidak bergeser-geser.

      Jika terbaca dengan benar, seharusnya agan dapat melihatnya di menu Pengaturan > Koneksi > Pengelola Kartu SIM. Di dalam menu ini akan terlihat SIM 1 dan SIM 2 yang terbaca.

  • Andrew:
    19 Jul 2017 · 22:51

    Gan cara mengatur peyimpanan ke micro sd atau ke perangkat gimana ya?

    • 21 Jul 2017 · 18:05

      Halo gan Andrew. Penyimpanan foto dan musik secara otomatis akan berubah ke microSD ketika terdeteksi pertama kali. Atau agan bisa mengubahnya di menu pengaturan di dalam aplikasi kamera > Lokasi Penyimpanan (Storage Location) > SD Card.

      Untuk pemindahan penyimpanan aplikasi dapat dilakukan dengan:
      1. buka menu Settings
      2. pilih Apps
      3. pilih aplikasi yang ingin dipindahkan
      4. pilih Storage
      5. pada bagian “Storage Used”, pilih Change*
      6. pilih SD card
      *) kebanyakan aplikasi yang terpasang tidak menyediakan pilihan Change karena diblokir oleh pembuat aplikasinya.

  • Fuji:
    18 Jul 2017 · 19:30

    Samsung a5 2017 milik saya klo dicash dlm keadaan mati/nyala smpe 98an tb2 skturun jd 93% drstu klo ud saya nyalain lg baru dya cepet n butuh wktu 2jam an dr15%-100% ..ud konsul ksc n d insta ulang tp g ngaruh

  • Yeni:
    15 Jul 2017 · 16:54

    Gan, mau tanya samsung A5 2017 saya klo dalam kondisi di cas, dan jari saya menyentuh bagian bawah dekat colokan cas, layarnya suka bergerak otomatis, misalnya sperti back, pdahal saya tidak menyentuh tombol back

  • diah:
    14 Jul 2017 · 09:59

    Gan mau tanya. Saya kan punya flashdisk otg. Tp sy colokkan dgn usb conector bawaan A5 2017 kok enggak bisa ya kedetek ya flashdisknya?
    Makasih

    • 15 Jul 2017 · 15:44

      Halo ganwati Diah. Iya memang tidak bisa, gan, karena connector USB itu tidak mendukung OTG dan hanya bisa digunakan untuk isi daya saja. Agan harus menggunakan adapter OTG USB tipe-C.

  • Sahra:
    12 Jul 2017 · 23:01

    Malam gan.
    Samsung A5 2017 baru 3 bulan beli tiba2 mati abis dicharge lama akibat ketiduran (2 jam lebih)
    Ga mau nyala nih, apa solusinya?
    Tolong dijawab ya.
    Makasih.

    • 13 Jul 2017 · 17:37

      Halo gan Sahra. Sepertinya ada masalah perangkat keras, kemungkinan di komponen baterai. Berhubung masih 3 bulan, saran ane A5 2017 agan dibawa saja ke Samsung Service Center untuk reparasi, mumpung masih terlindungi garansi.

  • Bayu:
    09 Jul 2017 · 05:05

    Gan mau tnya ane beli power bank aukey 10000mAh dg fitur quick charge 2.0 dg output daya 2,4A/9v=1,67A/12v=1,25A sama dg output adapter bawaannya, pas ane nyobain cas di samsung A5 2017 ane knp fitur fast charge nya ga aktif ya? Pdhl klo menggunakan adapter bawaannya samsung lngsung aktif fast chargingnya waktu ngecas.

    • 09 Jul 2017 · 14:52

      Halo gan Bayu. Galaxy A5 2017 menggunakan chip Samsung Exynos dan mendukung fitur “Fast Charging” namun bukan standar Quick Charge 2.0 atau pun 3.0 yang merupakan standar milik Qualcomm pada chip Snapdragon-nya. Jadi agan hanya bisa menggunakan charger dari Samsung yang mendukung Fast Charging untuk memanfaatkan fitur isi daya cepat pada Galaxy A5 2017.

      • Bayu:
        09 Jul 2017 · 21:48

        Tapi kenapa di samsung galaxy s7 bisa ya fast charginya gan pas di coba pke powerbank, kn sm2 pke exynos jg. adaptornya pun sama outputannya

  • Destra:
    07 Jul 2017 · 08:44

    Gan lubang kecil di pojok atas kanan itu lubang apa ya? Dan fungsi ny utuk apa

    • 07 Jul 2017 · 22:51

      Halo gan Destra. Di lubang itu terdapat mikrofon yang berfungsi untuk memperjenih suara agan saat melakukan panggilan telepon, jadi orang yang agan telepon akan mendengar suara agan lebih jelas. Nama fitur ini adalah “noise cancellation”. Biasanya ponsel kelas menengah atas memiliki lubang ini, antara di sisi atas perangkat atau di belakang, dekat kamera.

      • Destra:
        10 Jul 2017 · 09:31

        Berarti ada dua microfon mksdnya di samsung A5 ya gan.. atas sama bawah.. untung gak kecolok dg jarum kayak mau buka sim card. Thank ilmu nya ulas abis memang top

        • 10 Jul 2017 · 21:12

          Benar, gan, ada dua mikrofon, tetapi keduanya punya fungsi berbeda, mikrofon yang di bawah untuk menangkap suara sementara mikrofon yang di atas berfungsi untuk mendengar suara di sekitar agan lalu menghilangkan suara itu dari tangkapan suara mikrofo bawah sehingga terdengar lebih jernih. Kedua lubang mikrofonnya jangan dicolok yah, gan, rusak nanti πŸ™‚

  • Jemble:
    04 Jul 2017 · 16:42

    Gan kalau samsung a5 2017 retak kacanya masih tetap anti airnya gak gan

  • Otong:
    23 Jun 2017 · 07:47

    Gan mau nanya nih..cara mengaktifkan pop up view ato pop up window di a5 itu gimana ya gan?yang ada punya ane cuman bisa multi window aja, yang pop up windownya kagak bisa. Bilangnya sih dari sudut atas ditarik gitu..tapi yang ada malah status bar notifikasi yang turun. Belon dan abisnye ane ucapin makasih gan.

  • Kiki kurniawan:
    17 Jun 2017 · 17:16

    Gan mau tanya donk…..cara conect usb otg di a5 2017 gmn y..?Saya dah coba di j7prime langsung kebaca klo di a5 gk kebaca di folder saya ….mohon pencerahan y

    • 17 Jun 2017 · 17:34

      Halo gan Kiki. Mengklarifikasi situasi agan, agan menggunakan USB OTG yang punya dua colokan, dan agan mencolok USB OTG dengan port micro USB lalu menggunakan converter micro-USB ke USB Tipe-C?

      Untuk men-connect USB ke port USB tipe-C Galaxy A5 2017, agan tidak bisa menggunakan converter micro-USB ke USB Tipe-C (ini hanya converter biasa). Agan memerlukan adapter khusus OTG “USB ke Tipe-C” yang memang mendukung OTG. Converter biasa tidak mendukung OTG.

      Kalau ane pakai ini:

  • Mochi:
    17 Jun 2017 · 13:29

    Hallo .. aq mw nax knpa hp A5 2017 aq kn kmren aq pake bereng sktr 15 menit gitu .. stlah itu suara saat di pakai buat nelpon itu agak pecah yaa ??
    Masalahx di mna ??

    • 17 Jun 2017 · 17:26

      Halo gan Mochi. Ane curiga ada sisa air yang menutupi celah-celah speaker. Pastikan benar-benar kering dulu, gan, baru dipakai. Caranya mungkin dengan diangin-angini bagian lubang speakernya. Kalau masih tidak bisa, saran ane bawa ke Samsung Service Center untuk dicek apakah ada benda yang masuk terbawa air ke speaker.

  • Zacky:
    16 Jun 2017 · 18:21

    Gan kalo kaca gslaxy a5 2017 saya mengalami keretakan harus gnti kaca gorilla glass sj kah atau harus ganti satu paket Lcd+touchscreen?

    • 16 Jun 2017 · 20:30

      Halo gan Zacky. Setahu ane, ponsel yang kedap air antara kaca layar, LCD dan touchscreen jadi satu assembly / satu paket. Saran ane, agan bawa ke Samsung service center untuk reparasi layar.

  • Nald:
    15 Jun 2017 · 12:31

    Gan, Hp A3 2017 ane kok ga bisa munculin notifikasi setiap ada pemberitahuan masuk… biasanya sih ada.. sdh di stel dipengatutan jg ga bisa.. tulisan “show notification” ga bisa diubah on.. off mulu..

    • 16 Jun 2017 · 19:54

      Halo gan Nald. Yang tidak bisa memunculkan notifikasi di mana, gan? Di tampilan Always-on Display atau di panel notifikasi (yang ditarik dari atas)?

  • Adam:
    14 Jun 2017 · 11:27

    Min, saya ingin bertanya apakah di a5 2017 ada fitur untuk mengunci aplikasi dengan sidik jari atau pola agar aplikasi tersebut tidak bisa di buka sembarangan??

    • 14 Jun 2017 · 20:48

      Halo gan Adam. Ada, gan, namanya aplikasi “Folder Aman” (“Secure Folder” dalam bhs Inggris). Di Galaxy A5 2017 aplikasi ini sudah tersedia di folder “Samsung”.

  • Panji:
    13 Jun 2017 · 15:49

    Agan mohon pencerahannya hp a5 2017 saya baru saja kemasukan dlm air. Speakernya jadi sangat kecil sekali suaranya nyaris tdk terdengar apa itu jadi masalah ya dan solusinya bagaimana?

    • 13 Jun 2017 · 19:20

      Halo gan Panji. Pastikan bekas air sudah kering dari seluruh lubang. Kalau masih ada sisa air, suaranya akan menjadi kecil karena tersumbat air. Kalau sudah kering masih suaranya kecil, ane sarankan bawa ke Samsung Service Center untuk diperiksa, gan.

  • Roy:
    12 Jun 2017 · 21:14

    Gan..kenapa A5 2017 tiba” mati sendiri dan g bs idup lg..solusinya apa yah..sdh ditekan 3 tombol berbarengan jg tdk bs hidup..thx

  • Mohammad Alan:
    11 Jun 2017 · 05:14

    Maaf numpang tnya agan2 yg baik hati, sy pengguna A5 2017. Screen sy lapisi tempered glass. Nah, barusan jatuh waktu mau selfie. Jatuhnya ke lantai pas permukaan layar. Sy lihat, tmpered glass retak dan pecah. Lalu sy lepas dan sy buang sja. Kmudian sy check kondisi layar hp sy. Smpat ngrasa takut skali jngan2 ada yg pecah jg atau ada kerusakan. Ttapi spertinya tdak apa2 dan normal. Namun sy ingin bnar2 memastikan apakah memang kkuatan corning gorrila glass pda layar A5 2017 itu benar2 kuat kah?? Kbetulan memang jatuhnya tdak terlalu tinggi. Mhon sy diyakinkan bnar2 ttg kekuatan layar gorila glass pda galaxy A5 2017. Trims

    • 11 Jun 2017 · 16:09

      Halo gan Mohammad Alan. Galaxy A5 2017 dilindungi Gorilla Glass 4 yang di atas kertas dapat menahan kerusakan akibat jatuh dari ketinggian 1 meter dengan peluang tanpa cacat pada kaca 80%. Kalau di permukaan kaca hp agan masih mulus, seharusnya tidak ada kerusakan alias aman, gan.

      Supaya lebih aman, saran ane agan lapisi hp dengan kaca tempered glass lagi. Sekuat apa pun Gorilla Glass 4, kalau ada kaca tempered di atasnya akan lebih membantu mengamankan kaca hp agan.

  • Mulya:
    10 Jun 2017 · 00:44

    gan mau tanya : imei a5 2017 saya cek di info imei online kok tidak bisa, apa hp a5 saya palsu, gimana cara cek imei yg benar

    • 10 Jun 2017 · 16:42

      Halo gan Mulya. Ane coba cek imei agan tadi, statusnya clean, gan, terdeteksi sebagai Galaxy A5 2017 Duos A520F. Agan bisa cek di situs ini. Saran ane, jangan bagikan nomor IMEI di forum publik, gan, karena bisa disalahgunakan. Ane hapus imei yang agan masukan di komentar agan.

  • Hari Ramadhan:
    08 Jun 2017 · 01:00

    Gan mau tanya pada layar hp a5 2017 saya tidak dapat disentuh,sebelumnya saya mencoba fitur yang ada untuk kedipan mata.
    Namun setelah saya klik OK, pada layar hp muncul pada setiap notifikasi, keterangan jam ada kotak warna biru.
    Bagaimana caranya agar layar dapat disentuh lagi gan?

    • 08 Jun 2017 · 19:07

      Halo gan Hari. Fitur yang ada kedipan mata maksudnya dari sebuah aplikasi, gan?

      Kalau itu aplikasi, paling dihapus instalasinya saja, gan. Langkahnya di bawahnya:
      1. Restart / mulai ulang HP, jika tidak bisa menggunakan cara biasa, agan bisa tekan tombol volume down + tombol power selama 10 detik untuk memulai ulang HP
      2. Saat logo Samsung muncul, tekan dan tahan tombol volume down sampai loading selesai, kira-kira 20 detik
      3. Agan akan masuk ke mode Safe Mode. Seharusnya aplikasi yang menyebabkan layar tidak dapat disentuh tidak muncul
      4. Hapus instalasi dengan cara biasa: Pengaturan > Aplikasi > Pilih aplikasi yang bermasalah > Hps Instalasi
      Semoga membantu!

    • Deyen:
      12 Jun 2017 · 12:17

      Mas Hari Ramadhan sudah dapat solusi..? saya juga mendapatkan masalah yang sama. gabisa masuk, karena berpindah-pindah secara otimatis..

  • Erlyndaaa:
    07 Jun 2017 · 10:02

    Mau tanya gan,
    Samsung a5 2017 saya brbahasa indonesia. Gimana caranya screnshot tanpa harus tekan tombol home. Sy acak2 pengaturan tapi belum dapat dmna pengaturannya. Trmkasih sblumnya

    • 07 Jun 2017 · 19:28

      Halo gan Erlyndaaa. Setahu ane Samsung hanya menyediakan metode screenshot dengan tombol power + tombol home saja. Untuk mengambil screenshot tanpa menekan tombol home, saran ane agan gunakan aplikasi dari Play Store seperti Screenshot easy atau Screengrabber dkk.

    • resti anindita:
      08 Jun 2017 · 05:42

      Halo erlyndaa..bantu jawab pertanyaanya yah kebetulan saya juga pake samsung a5..kalo screenshot caranya usap layar hp menggunakan telapak tangan (posisi telapak tangan miring yaa). Usapkan dari kiri ke kanan layar..

      • 08 Jun 2017 · 19:11

        Wah terima kasih, gan Resti. Ane baru tahu caranya bisa dengan usap pinggiran telapak tangan πŸ™‚
        Terima kasih sudah sharing yaa.

        • Dherycho:
          14 Jun 2017 · 22:21

          Saya coba kok tidak bisa gan ? Mohon pencerahan nya tentang screenshoot ini..

    • Otong:
      23 Jun 2017 · 07:32

      Masukan tambahan gan. Untuk screenshoot dengan cara usap itu bisa untuk semua samsung. Karena samsung mega ane juga pake cara itu. Untuk a5 selain usap bisa juga dengan cara mengaktifkan asistant menu di setting..di asistant menu itu juga ada icon screenshoot yg bisa diklik kapan aja.

  • Ramon:
    04 Jun 2017 · 18:43

    Gan mohon pencerahannya mau tanya saya sudah merubah suara grace note di noifikasi tetapi masih ada saja suara itu dimana cara merubahnya thanks..

    Pemberitahuan >>notifikasi >>pengingat notifikasi Aktif : pasti timbul suara grace note.mohon pencerahan gimana untuk merubahnya???

    • 04 Jun 2017 · 20:04

      Halo gan Ramon. Maksudnya agan mau menonaktifkan suara notifikasi yang muncul terus? Kalau agan mengaktifkan Pengingat Notifikasi, jika ada notifikasi yang belum dibaca maka suara notifikasi akan muncul terus setiap 1 menit sekali. Atau ane salah tangkap maksud agan?

      • Ramon:
        04 Jun 2017 · 22:05

        Bukan itu gan maksudnya, ane mau merubah suara grace note dimana lokasinya? Saya sudah merubah suara lain di notifikasi tp ko masih timbul suara grace note. Apa itu notifikasi ataukah pengingat

        • 06 Jun 2017 · 18:34

          Aplikasi apa yang menimbulkan suara grace note yang agan maksud?

          • Ramon:
            07 Jun 2017 · 14:12

            Merubah suara pengingat gan dimana ya letaknya, baru ini saya di bikin bingung sama galaxy a5 2017 pada samsung sebelum ini mudah sekali untuk merubah nada nada notifikasi ntah itu update aplikasi dll

          • 07 Jun 2017 · 20:12

            Di A5 2017 hanya ada 2 tempat merubah suara notifikasi, gan, yaitu di Nada Dering dan Suara Notifikasi, keduanya ada di menu Pengaturan > Suara dan Getar.

  • mkhadavi:
    04 Jun 2017 · 08:40

    Min mau tanya ne..gua kmrn masukin foto ke dalam folder aman lewat perangkat saya atau perangkat telpon.trus waktu cek di folder aman kok ga ada ya min gmn tuh ???

  • Muhammad nur fallah:
    02 Jun 2017 · 23:45

    Apakah a5 2017 bisa hide aplikasi ?

    Dan menonaktifkan data aplikasi agar data tidak terpaki ?

    Di tunggu jawaban nya gan. Trimakasih

    • 03 Jun 2017 · 16:08

      Halo gan Nur Fallah. Bisa, gan, aplikasi yang tidak bisa dibongkar bisa dinonaktifkan. Caranya:
      1. Buka menu Pengaturan
      2. Pilih “Aplikasi”
      3. Pilih aplikasi yang tidak dikehendaki
      4. Pilih “Paksa Berhenti” lalu “Nonaktifkan” atau “Hps Instalan”
      5. Setelah pilih “Nonaktifkan” lalu pilih “Penyimpanan”
      6. Pilih “Hapus Data” dan “Hapus Memori” yang muncul jika masih ada data di memori

  • Adel:
    30 May 2017 · 14:24

    S 5 2017 sudah ada games launcher bawaan kah?

  • Tio:
    29 May 2017 · 20:21

    Maaf tanya, untuk kamera depan auto fokus / bokeh
    Bisa d nonaktifkan gk ya
    Buat selfie rame” kurang enak..

  • Cut:
    29 May 2017 · 01:12

    Saya ngerasa samsung A5 2017 yg saya miliki ini speaker ny kurang keras. Saat keadaan sdkt berisik, suara speaker langsung rendah hampir tak terdengar. Ada solusi?

    • 29 May 2017 · 21:33

      Halo, gan Cut. Suara speaker Galaxy A5 2017 memang kurang keras karena di dalamnya ada lapisan pelindung yang menahan air dan debu masuk. Lapisan ini mengurangi intensitas suara speaker. Semua hp yang punya rating tahan air dan debu IP68 memang seperti itu, gan.

  • Anna:
    28 May 2017 · 21:06

    Gan, di samsung a5 2017 gak ada pemutar musiknya ya??

    • 28 May 2017 · 22:33

      Halo gan Anna. Ada, gan, aplikasinya Play Musik, letaknya di folder Google.

  • Meri satriani:
    28 May 2017 · 14:04

    Hallo gan.
    Mau tanya ne, saya baru beli hp samsung a5 2017, d dalam kotak terdapat micro usb conector bacaannya, itu buat apa yaa, saya binggung itu?
    Trimakasih

    • 28 May 2017 · 18:52

      Halo ganwati Meri. Micro-USB Connector fungsinya sebagai adapter untuk menghubungkan port USB tipe-C di Galaxy A5 2017 dengan colokan yang ujungnya tipe micro-USB, biasanya ada di kabel charger HP yang masih menggunakan port micro-USB (hp Samsung jaman dulu). Aganwati memerlukan adapter / konektor ini jika hp agan mau di-charge menggunakan kabel charger biasa (ujungnya micro-USB).

  • Christ:
    28 May 2017 · 05:36

    Halo gan πŸ™‚
    Numpang nanya untuk pembelian pertama samsung a5 2017 dichargenya berapa lama ya ?
    Terus setelah itu saran untuk mulai charge saat bat hp sisa brapa persen untuk waktu berapa lama ?

    • Sha:
      28 May 2017 · 17:12

      Hi gan ..
      Mw nanya untuk pembelian pertama samsung a5 2017 dichargenya berapa lama ya ?
      Terus setelah itu saran untuk mulai charge saat bat hp sisa brapa persen untuk waktu berapa lama ?
      Tolong dijawab ya gan ty

    • 28 May 2017 · 18:35

      Halo gan Christ. Baterai di A5 2017 sudah berjenis lithium-polymer (Li-Po), gan. Baterai jenis ini tidak lagi menjalani “tradisi” di-charge sekian lama pertama kalinya karena tidak ada efek memori seperti di baterai jenis Ni-Cd atau Ni-MH. Supaya awet, ane sarankan jaga temperaturnya saja jangan sampai panas (hangat tidak apa-apa) karena musuh utama baterai Li-Po adalah panas berlebih yang dapat merusak sel baterai dan menurunkan kapasitas maksimal baterai (cepat drop). Dan jangan sampai baterai drop di bawah 10% juga.

  • Nurul:
    27 May 2017 · 13:39

    Gan, mau tanya ane baru ni beli a5 2017 tp pas dicas hpny panas mulu gan itu knp ya? Pdhl kondisinya lg turn off.

    • 27 May 2017 · 14:58

      Halo ganwati Nurul. Kalau hp menjadi hangat saat di-charge adalah wajar, tapi kalau sampai jadi panas sehingga tidak bisa disentuh, itu bahaya. Saran ane kalau memang sampai terlalu panas, hp-nya dibawa ke service center Samsung untuk dicek. Nanti hp aganwati akan dicek dengan charger lain, untuk memastikan apakah yang bermasalah charger-nya atau unit hp-nya. Jika cacat pada baterai hp, sebaiknya minta tukar dengan unit baru, gan.

  • Dhani:
    19 May 2017 · 21:35

    Misal layar mati terus layar diketuk 2 kali biasa.nya di hp android lain bisa nyala, memangnya di a5 2017 gak bisa ta gan. ?
    Sudah tak cari dipengaturan gak ketemu

    • 20 May 2017 · 20:26

      Halo, gan Dhani. Samsung belum pernah menyediakan fitur ketuk 2 kali untuk hidupkan layar, bahkan di Galaxy seri S atau Note sekalipun, jadi Galaxy A5 2017 tidak mendukung fitur ini.

      Sayangnya, aplikasi yang menyediakan fitur ini di Play Store (seperti KnockOn, Double Tap To Screen On, dsb) bentrok dengan fitur Always-On Display. Jika fitur ketuk 2 kali untuk hidupkan layar diaktifkan melalui aplikasi, Always-On Display tidak akan muncul dan terganggu fungsinya. Jadi saran ane, sebaiknya membiasakan diri dengan menggunakan sidik jari untuk menghidupkan dan masuk ke laman depan, gan..

    • Otong:
      23 Jun 2017 · 07:39

      Masukan gan. Untuk on off dengan cara ketuk bisa pake aplikasi EZ screen off dan EZ screen on. Ane juga pake aplikasi itu. Dan g bentrok dengan AOD. Malah iconnya bisa muncul di AOD.

  • Archi:
    19 May 2017 · 15:07

    Gan, ini saya baru beli a5 2017, tapi belum saya masukkan kartu SIM maupun Kartu SD, nah setelah saya masukkan itu kemudian muncul PIN, sebelumnya sudah saya atur PIN nya, tp itu tertulis bahwa “tulis PIN ulang setelah itu bisa atur sidik jari, setidaknya 4 karakter” ini aku udah coba tulis PIN nya tp gagal teru, brapa PIN awal untuk samsung a5 2017 ini gan? terima kasih

    • 19 May 2017 · 15:27

      Halo gan Archi. Pastikan saat membuat PIN agan sudah memasukkan PIN dua kali (PIN yang sama). Yang pertama adalah PIN yang agan inginkan, dan yang kedua untuk mengkonfirmasi agan masih ingat PIN yang pertama. Setelah itu sidik jari baru bisa direkam. Tidak ada PIN awal untuk HP yang baru dibuka, gan. Agan sendiri yang mengatur PIN awalnya. Semoga membantu!

      • Archi:
        19 May 2017 · 17:48

        oh iya gan terimakasih, memang saya yang lupa dengan pin saya hehe.. terimakasih sudah membantu

  • Riko:
    18 May 2017 · 18:15

    Gan…numpang tanya…hp ane samsung A3 2017.. belum 2 bulan ane pakek trus juga blm pernah hp nya masuk air…tapi kenapa muncul notifikasi ” periksa port ” ” kelembaban terdeteksi. Sebelum di charger periksa port/usb benar2 kering…
    Trus ane matiin hp..memang gx ada lagi notifikasi…tp nggak lama muncul lagi notifikasinya…permasalahannya setiap kali muncul notifikasi itu..hp samsung a3 ane gx bisa di charger…
    Mohon bantuannya gan…tks

    • 18 May 2017 · 19:09

      Halo, gan Riko. Galaxy A 2017 dilengkapi dengan sensor kelembaban yang terletak di ujung dalam port USB tipe-C. Sensor ini bisa saja mendeteksi kelembaban yang berasal dari perubahan temperatur mendadak. Contohnya saat agan dari ruangan yang panas dan lembab lalu tiba-tiba masuk ke ruangan yang dingin, uap air bisa mengembun dan terbaca sensor.

      Saran ane, yang pertama coba keringkan sepenuhnya sensor lembab yang ada di port USB dengan cara berikut ini:
      1. Menggunakan hair-dryer selama kurang lebih 5 menit, ditembakkan ke arah dalam port USB. HP dalam keadaan mati daya.
      2. Meletakkan di dalam kotak kedap udara bersamaan dengan produk penyerap lembab yang bisa dibeli di supermarket. Tinggalkan HP selama minimal 6 jam dengan HP dalam keadaan mati daya.
      3. Masukkan ke dalam kantong berisi beras dan tutup rapat. Beras bisa menyerap kelembaban. Berasnya jangan ada kutu, gan, nanti HPnya kutuan.

      Jika salah satu cara di atas tidak berhasil, ane sarankan segera bawa ke Samsung Service Center untuk diperiksa, kemungkinan sensor lembabnya malfungsi. Tapi sebelumnya pastikan agan memeriksa penanda kerusakan air di ponsel A3 2017 agan. Penanda ini kalau di A5 2017 terletak di dalam slot SIM-card 2 di sisi atas HP, berupa selembar kertas kecil berukuran 5mm x 5mm dengan pola X merah. Jika kertasnya masih berwarna putih, maka belum pernah rusak oleh air. Tapi jika berwarna kemerahan, maka air pernah masuk ke dalam perangkat.

      Semoga membantu!

  • Ovi Hendri:
    17 May 2017 · 22:19

    Selamat malam gan, mau tanya.
    Kalau cara mengatur jika kita tekan tombol back bergetar dan pada saat paste tulisan juga bergetar gimana ya.? Karena di galaxy A2015 bisa kok di 2017 gak ketemu.
    Mohon bantuanya.

    • 18 May 2017 · 19:20

      Halo gan Ovi Hendri. Pengaturannya ada di menu “Pengaturan” > “Suara dan Getar” > Aktifkan “Suara Sentuh”
      Semoga membantu.

  • Imam:
    17 May 2017 · 17:29

    Gan ane mau tanya klu ap bisa a5 bisa dihubungkan dengan kabel otg

    • 17 May 2017 · 20:29

      Halo gan Imam. Galaxy A5 2017 mendukung kabel OTG tapi yang ujungnya UBS tipe-C. Kalau pakai adapter micro-USB ke USB tipe-C lagi tidak bisa terbaca OTG-nya, gan.

      Ane pakai adapter OTG yang ini, gan:

  • AyangNSR:
    15 May 2017 · 21:08

    Hallo maaf sebelumnya pengen tanya.. Kenapa ya SIM 2nya gak bisa nelpon ke luar dan gak bisa nerima panggilan masuk juga? Bisa Kasih solusi nya? Terimakasih

    • 15 May 2017 · 22:04

      Halo gan Ayang. Kalau SIM 2 dipindah ke posisi SIM 1 apakah bisa nelpon / terima panggilan?

  • Rizal:
    12 May 2017 · 20:01

    Misi mas mau nanya nih misal lampu layar mati bisa di hidupkan dengan jari dalam 2 ketukan atau 3 ketukan pada layar bisa apa ngga mas

  • darry:
    10 May 2017 · 18:15

    mas.. gimana cara nonaktifkan/matikan lampu tombol back (kanan) dan tombol multi tab nya (kiri) ?

    • 10 May 2017 · 20:21

      Halo gan Darry. Di Galaxy seri A 2017, Samsung tidak lagi menyediakan pengaturan untuk mematikan durasi cahaya tombol sentuh (backlight). Kalau memang mau diatur, agan harus menggunakan aplikasi bernama “Galaxy Button Lights 2” dari Play Store. Aplikasinya tergolong ringan dan berfungsi dengan baik di Galaxy seri A 2017. Semoga membantu.

  • Andy:
    08 May 2017 · 19:31

    Pengen tanya :
    1. Bisa buat nyimpen file rahasia ga… biar ga kebuka sembarangan…
    2. Kalo kita lg buka aplikasi yg lain trus ada notifikasi seperti WA, BBM, FB, SMS atau lainnya ganggu aplikasi yg lg kita buka ga…

    • 10 May 2017 · 20:27

      Halo gan Andy, menjawab pertanyaan agan:
      1. Ada aplikasi bawaan Samsung Galaxy A 2017 bernama “Folder Aman”. Setiap aplikasi atau file yang disimpan di folder ini harus melewati pemeriksaan sidik jari baru bisa terbuka.
      2. Saat ada notifikasi yang masuk tidak mengganggu aplikasi yang sedang kita buka, gan, karena notifikasi hanya akan ada pop-up dari bagian atas layar dan bisa diabaikan dengan aman.
      Semoga membantu!

  • Tomi:
    07 May 2017 · 21:05

    Salam sejahtera…
    Ada yang ingin saya tanyakan mas…
    1. Apakah di semua seri galaxy A 2017 tidak ada fitur auto on/off yang dapat diatur pada waktu tertentu ?
    2. Saya pakai A3 2017, alarm tidak aktif saat perangkat dalam kondisi off. Apakah ada pengaturan tertentu supaya dapat aktif?
    Terimakasih…

    • 07 May 2017 · 23:02

      Halo gan Tomi. Salam sejahtera. Menjawab pertanyaan agan:
      1. Tidak ada, gan. Fitur auto on/off belum pernah ada di Android. Yang ada auto off saja melalui aplikasi yang diunduh dari Play Store, seperti “Power Schedule”, “Auto Off”, dll. Kalau bisa auto on, berarti ponselnya tidak benar-benar dalam kondisi off, gan, karena kalau off berarti tidak ada power dan tidak ada processor yang aktif.

      2. Tidak ada juga, gan. Pada ponsel Android, kondisi perangkat off berarti benar-benar tidak ada tenaga yang mengalir ke processor, sehingga sistem operasi tidak berjalan.

      Auto on/off hanya (pernah) ada di ponsel Blackberry, gan, tapi itu karena memang sistem operasinya tidak benar-benar dalam kondisi off. Semoga membantu!

      • win:
        08 May 2017 · 00:40

        Maafgan sebelomnya, fitur auto off itu… yang bisa biki hp kita Mati dan Hidup dengan waktu yang sudah kita tentukan ya gan ???
        klo jawabannya iya, saya pernah Pakai Mi3 gan.. ada penganturan Auto Off gitu gan..

        • 08 May 2017 · 21:47

          Benar, gan, fitur auto off itu yang bisa menjadwalkan matinya HP. Tapi kalau menjadwalkan HP On sih ane ragu ada yang bisa, gan. Karena kalau di Android, kondisi Off itu benar-benar tidak nyala HP-nya. Jadi kalau auto off sudah umum dengan aplikasi atau di HP tertentu, gan, tapi auto-off untuk Android, belum ada setahu ane.

  • A Zuma Nova W:
    06 May 2017 · 15:57

    Gan mau nanya untuk A5 2017 kalo dipasang headset ga ada notifikasinya ya??

    Atau apa emang kaya gitu?
    Soalnya saya udah otak_atik dipengaturan tapi gak nemu” cara ngaktifinya, walau sudah nyambung suaranya tapi gak muncul tanda notifnya

    • 06 May 2017 · 16:59

      Halo gan Zuma. Benar, gan, di semua ponsel Galaxy tidak muncul ikon headset saat menggunakan port audio 3.5mm. Ane coba di Galaxy J7 Prime dan Galaxy S8 sama, tidak ada ikon headset di notifikasi atau di manapun. Kalau memang mau ditampilkan, butuh mengubah file pengaturan sistem operasi, gan. Tentunya ini butuh root HP, dan menghilangkan garansi resmi πŸ™‚

      • Anna:
        15 May 2017 · 08:13

        Di s4 mini sy nongol tuh gan gambar headsetnya di atas layar.

        • 15 May 2017 · 20:24

          Benar, gan, di Samsung Galaxy Duo juga masih muncul icon headsetnya. Tapi di Galaxy keluaran 2015 (Galaxy A3 dan A5) icon headset mulai tidak muncul, hanya ada notifikasi ketika headset terpasang saja lalu hilang. Dan di Galaxy keluaran 2016 ke atas (ane tes Galaxy J7 Prime, Galaxy A5 2017 dan Galaxy S8) sama sekali tidak ada tanda kalau headset sudah terpasang. Mungkin teknisi sistem operasi Samsung lupa memasangnya πŸ™‚

  • Hafidh:
    06 May 2017 · 11:39

    Mas, untuk A3 2017 saya ketika nerima notif WA, layar tidak nyala hanya suara notif saja. Tapi untuk SMS, dll. Layar menyala. Emang seperti itu ya? Trims

    • 06 May 2017 · 12:49

      Halo gan Hafidh. Iya memang seperti itu, gan, notifikasi panggilan masuk atau SMS memang mengaktifkan layar. Notifikasi email, WA atau aplikasi lainnya tidak membangunkan layar, hanya suara saja. Samsung tidak menyediakan pilihan untuk mengijinkan aplikasi tersebut membangunkan layar.

      Kalau saran ane sih, aktifkan saja “Always-On Display”, gan, disitu notifikasi WA yang masuk akan langsung memunculkan icon WA atau notifikasi lainnya.

      • Hafidh:
        08 May 2017 · 09:26

        Oh gitu.. Oke makasih infonya Min.. Saya kira punya saya OS-nya bug hahaha, ternyata emang gitu

  • fhie:
    01 May 2017 · 16:44

    mas napa ya a5 2017 sy untuk notifikasi sms ga ada suaranya yg berfungsi hanya getar.. ???

    • 01 May 2017 · 17:04

      Halo gan Fhie. Pastikan pengaturannya sudah benar.
      1. Di menu Pengaturan > Suara dan Getar > Mode Suara > pilih “Suara”
      2. Di menu Pengaturan > Suara dan Getar > Volume > Notifikasi > atur di mana saja asal bukan paling pojok kiri
      3. Di menu Pengaturan > Suara dan Getar > Suara Notifikasi > Notifikasi Pesan > Pastikan “Aktif” & Suara Notifikasi bukan “Hening”
      4. Di menu Pengaturan > Suara dan Getar > Jangan Diganggu > “Non-aktifkan”

      Semoga membantu, gan.

  • nurul:
    27 Apr 2017 · 05:15

    pernah denger kalo samsung a5 2017 ada efek ghostingnya kalo di bawah terik matahari. Bener gak?

    • 30 Apr 2017 · 13:06

      Halo gan Nurul. Efek ghosting yang ane tahu terjadi akibat piksel yang terlalu lama menyala, seperti yang bisa terjadi saat “Always-on Display” aktif di layar AMOLED Galaxy A5 2017. Tapi Samsung menggunakan cara sederhana untuk mencegah ghosting, yaitu dengan menggeser tampilan “Always-on Display” sebanyak 1-2 piksel dari waktu ke waktu.

      Kalau di bawah terik matahari, menurut ane gak ngaruh ke ghosting, gan.

  • Ica:
    23 Apr 2017 · 10:35

    Min terus fungsi lingkaran kecil yamg disebelah kiri speker depan itu apa? Led kah?

    • 23 Apr 2017 · 12:51

      Halo ganwati Ica. Lingkaran kecil di kiri speaker di atas layar adalah “rumah” sensor proximity dan sensor cahaya. Galaxy A5 2017 tidak dilengkapi LED notifikasi, karena fungsinya sudah digantikan fitur “Always-on Display”.

  • Muhammad Devanda Hendra Kusuma:
    19 Apr 2017 · 15:52

    Gan kalau fitur ALWAYS ON DISPLAY pada galaxy a5 2017 ini menguras banyak daya gak
    Trs hrg bulan ini tahun ini berapa??

    • 19 Apr 2017 · 16:44

      Always-on Display tidak boros, gan, karena memang fitur ini tidak mengaktifkan lampu backlight layar, sehingga konsumsi dayanya rendah. Ane cobain antara Always-on Display aktif dan tidak aktif, tidak terlihat perbedaan konsumi daya yang signifikan.

      Mengenai harga terupdate, ada di kolom “Pantauan Harga” di bagian atas laman ini, gan, sekitar Rp. 4.7 juta.

  • Muhammad Devanda Hendra Kusuma:
    19 Apr 2017 · 13:24

    Gan bloatware yang bisa di disable apa aja(tapi aman untuk hp)???
    Trs kalau menurut anda galaxy a5 2017 apa zenfone 3 ze552kl??
    Tolong jawab dua duanya gan..

    • 19 Apr 2017 · 14:08

      Halo gan. Bloatware yang bisa di-disable, pasti aman untuk hp. Yang gak aman, sudah diatur agar tidak bisa di-disable oleh Samsung.

      Kalau agan ingin fitur fotografi pada kamera belakang yang lebih canggih (modus manual / pro lengkap, autofokus cepat), ZenFone 3 ZE552KL jauh lebih bagus, gan. Di luar spek & fitur kamera, Galaxy A5 2017 lebih bagus menurut ane dari segi desain, fitur tahan air IP68 dan fitur always-on display.

createTulis Komentar

• Alamat Email Anda Tidak Akan Dipublikasikan.
• Harap Maklum: Komentar akan melalui Tahap Moderasi, jadi tidak langsung muncul di sini :-).