Galaxy J7 Pro – Ulasan

Galaxy J7 Pro

Rating UlasAbis:
8.2

Desain

8.6

Performance

8.2

Fitur

8.2

Value for Money

7.9
Keunggulan:
+ Perfoma mumpuni
+ Kamera depan 13MP + flash LED
+ Fitur
+ Kapasitas baterai cukup besar 3,600mAh
Kekurangan:
- Hasil foto malam hari banyak noise


 
Samsung memperbaharui lini ponsel kelas menengah Galaxy J dengan seri Galaxy J Pro di tahun 2017. Seri ini meneruskan seri Galaxy J Prime sebagai model ponsel kelas menengah Samsung yang cukup sukses di pasar Indonesia.

Diluncurkan setelah “adik”-nya Galaxy J5 Pro, Galaxy J7 Pro 2017 menawarkan berbagai peningkatan dibanding model setaranya Galaxy J7 Prime dan memiliki diferensiasi yang jelas dibanding sang “adik” Galaxy J5 Pro. Samsung Indonesia menekankan fitur tersebut, dipadu dengan fitur kekuatan sinyal “Signal Max” dan penghemat kuota data “Ultra Data Saving”.


Samsung Galaxy J7 Pro

Pantauan Harga:

Spesifikasi umum Samsung Galaxy J7 Pro:

  • Harga Rp. 3.999 juta (per Juli 2017)
  • Layar tipe S-AMOLED 5.5 inci resolusi maksimum Full HD 1920 x 1080 (401 ppi)
  • Bodi berbahan metal, Layar dengan desain 2.5D
  • Fitur “Always-On Display”
  • Chipset Samsung Exynos 7870 terdiri dari 8-inti CPU Cortex-A53 @1.6GHz
  • RAM 3GB, ROM 32GB tipe eMMC 5.1 dan slot kartu microSD sampai 256GB
  • Android Nougat 7.0 dengan Tampilan Samsung UX terbaru
  • Kamera Utama 13MP diafragma f/1.7 dengan lampu flash LED
  • Kamera Depan 13MP diafragma f/1.9 dengan lampu flash LED
  • Baterai kapasitas 3,600mAh
  • Slot SIM card ganda dan dukungan seluruh jaringan 4G-LTE di Indonesia
  • Wifi a/b/g/n/ac, Bluetooth 4.2, FM Radio, NFC dan USB OTG
  • Sensor: Proximity, Gyro, Akselerometer, Cahaya, Kompas / Magnetik dan Sensor Pemindai Sidik Jari

Kekurangan:

  • Baterai tidak dapat diganti
  • Tidak ada fitur isi daya cepat

Perbedaan Dengan Galaxy J5 Pro 2017


Galaxy J7 Pro (kanan) dengan J5 Pro, keduanya Blue-Silver

Samsung Indonesia meluncurkan Galaxy J5 Pro lebih dulu dari model “kakak” Galaxy J7 Pro dengan perbedaan spesifikasi yang minimal, yaitu pada spesifikasi baterai, ukuran dan resolusi layar.

  • Baterai J5 Pro lebih kecil 3,000mAh sementara J7 Pro kapasitasnya 3,600mAh
  • Layar J5 Pro 5.2 inci beresolusi HD 1280 x 720, J7 Pro 5.5 inci resolusi Full HD 1920 x 1080
  • Fitur Always-On Display khas Samsung tersedia pada J7 Pro, absen di J5 Pro

Cek: Ulasan lengkap khas UlasAbis Galaxy J5 Pro di tautan ini.

Perbedaan Dengan Galaxy J7 Prime


Galaxy J7 Prime White-Gold dengan J7 Pro Blue-Silver

Dibanding Galaxy J7 Prime, J7 Pro menawarkan beberapa peningkatan dalam hal spesifikasi dan kelengkapan fitur. Perbedaan terletak pada tipe layar yang sudah mengusung S-AMOLED sementara J7 Prime hanya dibekali layar IPS. Baterai juga ditingkatkan dari 3,300mAh ke 3,600mAh. Resolusi kamera depan juga lebih baik yaitu 13MP dibanding 8MP pada J7 Prime.

Galaxy J7 Pro kini dibekali dengan sensor yang lengkap, yaitu sensor cahaya, proximity, akselerometer, gyro dan kompas atau magnetik. Dua sensor terakhir tersebut tidak tersedia pada J7 Prime, sehingga J7 Pro lebih baik dalam menjalankan aplikasi yang membutuhkan sensor kompas seperti Google Maps dan Pokemon Go.

Dari segi chipset, tidak ada perbedaan antara J7 Pro dan J7 Prime. Keduanya dibekali chipset Exynos 7870 dengan RAM berkapasitas 3GB dan ROM sebesar 32GB.

Cek: Perbandingan lengkap Galaxy J7 Pro vs. Galaxy J7 Prime di tautan ini.

Cek: Spesifikasi lengkap Galaxy J7 Pro di database UlasAbis.

Selanjutnya UlasAbis akan membahas dengan lengkap Galaxy J7 Pro.

Paket Penjualan


Kemasan Galaxy J7 Pro berwarna biru, dibundle dengan jelly case terpisah dan disatukan dengan selongsong putih

Galaxy J7 Pro dikemas dalam selongsong putih dengan gambar perangkat. Di dalam selongsong putih terdapat kotak berwarna biru yang berisi perangkat utama dan sebuah kotak lainnya yang berisi casing jeli transparan.


Isi kemasan: Perangkat utama, kartu garansi dan panduan singkat, pin pembuka kartu SIM, charger, kabel dan earphone

Di dalam kemasan biru, terdapat perangkat utama Galaxy J7 Pro, kartu garansi, petunjuk penggunaan dan aksesoris lengkap yaitu charger dengan rating 5V / 1.55A (7.75W), kabel micro-USB untuk isi daya dan transfer data sepanjang 1 meter, sebuah earphone dan pin pembuka slot kartu SIM. Seluruh aksesoris berwarna putih.

Desain, Bentuk dan Kualitas Material


Tampak depan Galaxy J7 Pro

Galaxy J7 Pro memiliki bodi berbahan metal dan desain panel belakang penyegaran dari model ponsel Samsung sebelumnya Galaxy J7 Prime. Dari depan, sekilas bentuk dan desain ponsel ini mirip dengan seri Galaxy A 2017 yaitu desain layar 2.5D dengan lengkungan halus di seluruh tepi layar.


Tampak belakang Galaxy J7 Pro dengan bodi full metal dan desain garis antena baru

Dibanding Galaxy J7 Prime, Galaxy J7 Pro terlihat lebih elegan berkat bahan metal dan tepi kiri dan kanan yang membulat. Namun masih kalah elegan dibanding Galaxy A7 2017 yang memiliki bodi metal dan bagian belakang berbahan kaca dengan kontur membulat yang sama.

Berikutnya, kita simak lebih detail desain Galaxy J7 Pro.


Bagian atas layar

Di bagian atas layar terletak speaker panggilan yang diapit oleh kamera depan di sebelah kirinya dan sensor proximity serta cahaya di sebelah kanannya. Di bagian paling kanan terdapat lampu flash LED. Logo Samsung berwarna perak metalik terdapat di bawah speaker, sebuah ciri khas Samsung.


Bagian bawah layar

Di bagian bawah layar terdapat tombol home khas Samsung yang juga menjadi rumah sensor sidik jari. Di sebelah kiri dan kanannya terdapat tombol akses aplikasi cepat dan tombol back. Kedua tombol tersebut tidak dilengkapi dengan lampu backlight, namun tercetak dari bahan yang reflektif sehingga mudah terlihat di tempat yang terang.


Bagian belakang sebelah atas

Pada bagian belakang terletak kamera belakang dengan lampu flash LED tunggal. Kedua komponen ini tersusun secara vertikal di dalam “rumah” berlatar hitam reflektif dan dikelilingi bingkai beraksen metalik. Permukaan “rumah” kamera ini lebih rendah dari permukaan sekitarnya, desain yang baik untuk mencegah tergoresnya kaca pelindung kamera.


Bagian belakang bawah

Di bawahnya terdapat logo Samsung yang memiliki karakter reflektif, berbeda dari seri Galaxy J Prime yang memiliki logo Samsung berwarna hitam tidak mengkilap. Di bawahnya lagi, terletak stiker informasi kode model, nomor IMEI dan nomor seri perangkat. Stiker ini dapat dilepas dengan sedikit usaha. Paling bawah terdapat informasi CE dan keterangan desain serta nomor IMEI dan nomor seri yang tidak dapat dihapus, tercetak dengan samar.

Desain garis antena yang terlihat di bagian belakang sangat berbeda dari seri Galaxy J Prime. Garis antena pada J7 Pro berbentuk huruf U yang melengkung dan menyambung ke arah sisi atas dan bawah perangkat. Secara keseluruhan, desain baru garis antena ini cukup menarik dan cocok dengan desain ponsel yang memiliki banyak lengkungan.

Selanjutnya kita lihat sisi samping perangkat.


Dari atas ke bawah: Sisi kanan, bawah, kiri dan atas

Desain bagian samping perangkat tidak berbeda jauh dari seri Galaxy J7 Prime dalam hal posisi tombol, port microUSB dan port audio 3.5mm. Perbedaan ada pada garis antena yang menyambung dari bagian belakang perangkat hingga ke sisi atas dan bawah. Selain itu permukaan bagian samping memiliki kontur yang sedikit membulat.

Pada sisi sebelah kanan terdapat tombol power / kunci dan lubang speaker keras mono di ujung atasnya. Pada sisi bawah terletak port micro-USB di bagian tengah, diapit oleh port audio 3.5mm di sebelah kanannya dan lubang kecil yang berisi mikrofon di sebelah kirinya. Garis antena terpasang di kedua ujungnya.

Di sisi kiri perangkat terpasang tombol volume naik dan turun terpisah. Di bawah atau kanannya terdapat dua slot. Slot pertama yang lebih kecil memuat kartu SIM 1 berukuran nano, sementara slot kedua dapat diisi kartu SIM 2 berukuran nano juga dan kartu microSD di sebelahnya. SIM 2 dan kartu microSD dapat digunakan secara bersamaan. Bagian sisi atas tidak memiliki fitur apa pun selain garis antena di kedua ujungnya.

Desain dan bentuk Galaxy J7 Pro terbilang cukup menawan dan elegan. Berat yang mencapai 170gr menambah kesan mantap, meski tergolong agak berat untuk ukuran ponsel dengan layar 5.5 inci. Tipis J7 Pro yang hanya 7.9mm terbilang cukup tipis dan cukup nyaman digenggam. Dimensinya cukup pas di tangan, namun agak besar saat ditaruh di kantung kemeja.

Layar dan Tampilan

Galaxy J7 Pro dibekali layar berukuran 5.5 inci dengan resolusi Full HD 1920 x 1080, yang berarti kepadatan piksel sebesar 401 piksel per inci. Kepadatan sebesar ini menghasilkan gambar yang tajam jika dilihat dari jarak normal.


Tampilan layar S-AMOLED Galaxy J7 Pro dengan kepadatan piksel 401 ppi dengan warna cerah, putih yang terang dan hitam yang gelap


Tampilan layar pada jarak dekat

Samsung memasangkan layar bertipe S-AMOLED pada Galaxy J7 Pro. Tipe layar ini sama dengan yang dipakai pada seri Galaxy A 2017 dan beberapa generasi Galaxy S sebelumnya. Layar canggih ini mampu menghadirkan tampilan dengan kontras yang sangat tinggi serta penggunaan daya yang rendah dibanding layar tipe IPS yang dipasangkan pada Galaxy J7 Prime.

Meski bertipe AMOLED, layar ini juga mampu memancarkan kecerahan yang cukup tinggi. Di bawah sinar matahari, layar J7 Pro masih dapat terlihat dengan mudah, meski dengan saturasi dan kontras yang berkurang.


Tampilan Fitur “Always-On Display”

Fitur “Always-On Display” tersedia di Galaxy J7 Pro. Fitur ini menampilkan informasi di layar ponsel ketika ponsel dalam keadaan terkunci namun tetap irit baterai. Berbagai informasi dapat diatur untuk ditampilkan, antara lain jam, notifikasi yang masuk dan foto. Fitur ini tidak tersedia pada model “adik”-nya yaitu Galaxy J5 Pro, meskipun layarnya sama-sama S-AMOLED.

Performa

Samsung menanamkan chipset besutannya yaitu Exynos 7870 yang memiliki 8-inti CPU Cortex-A53 @1.6GHz dan pengolah grafis Mali-T830MP2. Chipset ini sebelumnya digunakan pada Galaxy J7 Prime dan Galaxy A3 2017, dan sama dengan chipset yang disematkan pada seluruh seri Galaxy J 2017. Chipset ini dipadu dengan RAM berkapasitas 3GB tipe LPDDR3 dan ROM tipe eMMC 5.1 sebesar 32GB.


Bacaan AnTuTu, max 1.6GHz

Bacaan CPU-X, max 1.6GHz

Di beberapa titik informasi resmi dari Samsung menyebutkan Galaxy J7 Pro dilengkapi CPU dengan frekuensi 1.9GHz. Sayangnya, beberapa aplikasi informasi piranti keras menunjukkan frekuensi maksimal berada di 1.6GHz, yang berarti ponsel ini memiliki chipset yang sama dengan Galaxy J5 Pro dan Galaxy J7 Prime. Hal ini dibuktikan melalui hasil uji benchmark yang mirip antara ketiga ponsel tersebut.


Uji AnTuTu 47,992

Ranking AnTuTu > 50

Uji AndroBench, eMMC 5.1

Galaxy J7 Pro memiliki performa kelas menengah, dengan skor uji benchmark AnTuTu di angka 47,992. Angka ini setara dengan hasil uji Galaxy J7 Prime di angka 48,979 dan Galaxy J5 Pro di 46,145.

Untuk penggunaan sehari-hari, performa Galaxy J7 Pro terbilang mumpuni. Membuka aplikasi berjalan cepat, transisi halaman terasa lancar dan animasi terlihat mulus dan responsif. Game 3D berat seperti Mobile Legends, Modern Combat 5 dan Legend of Dischords Legacy dengan cukup mulus.

Performa Sensor Sidik Jari


Sensor pemindai sidik jari di tombol home di bawah layar

Ponsel ini dibekali dengan sensor sidik jari yang tertanam di tombol home di bawah layar. Sensor ini mampu mengenali sidik jari dan membuka kunci ponsel dengan cepat, di bawah 1 detik. Namun seperti pada Galaxy J Prime, sensor kesulitan membaca sidik jari yang agak kotor atau berminyak. Hal ini cukup wajar pada sensor sidik jari tipe optik.

Tampilan Antarmuka & Aplikasi Terpasang

Sistem operasi pada Galaxy J7 Pro sudah berbasis Android 7.0 Nougat yang dibalut dengan tampilan antarmuka khas Samsung versi terbaru yang disebut Samsung Experience 8.0. Tampilan sistem operasi ini sama dengan yang terpasang pada seri Galaxy S8. Secara keseluruhan, antarmuka pada Galaxy J7 Pro terasa mulus dengan animasi yang lancar dan mengalir.


Halaman Home

Laci Aplikasi 1

Aplikasi Cuaca


Tampilan kunci layar

Panel Atas 1

Panel Atas 2

Pada tampilan home, secara default tidak ada menu untuk membuka laci aplikasi. Laci aplikasi tersebut dapat dibuka dengan melakukan geseran layar dari atas ke bawah atau sebaliknya. Jika pengguna ingin menampilkan laci aplikasi, pengaturannya dapat diubah di menu Pengaturan > Tampilan > Layar Depan > Tombol Aplikasi > Tampilkan Tombol Aplikasi. Ini akan mengurangi ruang 1 pintasan aplikasi di bawah layar.


Folder Aplikasi Samsung

Aplikasi Google

Aplikasi Microsoft


Aplikasi Galaxy Apps

Samsung Notes

Folder Aman

Aplikasi dari Samsung tersedia dan diletakkan dalam satu folder. Aplikasi yang ada antara lain Samsung Health, Perekam Suara, Email, File Saya dan Internet. Di luar folder terdapat Galaxy Apps, Samsung Notes, Samsung Gift for Indonesia, mySamsung, Folder Aman dan Smart Tutor.

Aplikasi Google seluruhnya tersedia lengkap, demikian juga dengan aplikasi Office dari Microsoft seperti Excel, Powerpoint, Word, OneDrive dan Skype. Aplikasi Microsoft Office tersebut tersedia secara gratis untuk 1 bulan pertama, dan selanjutnya bisa menggunakan langganan Office 365.

Aplikasi dasar semuanya lengkap tersedia, seperti Pesan, Telepon, Kontak, Kalender, Galeri, Internet, Jam, Stopwatch, Kalkulator. Seluruh aplikasi dasar dapat menjalankan fungsinya dengan baik. Tampilannya juga sederhana dan mudah dimengerti. Di bawah ini adalah tampilan aplikasi-aplikasi pada Galaxy J7 Pro.


Panggilan

Kontak

Pesan


Internet

Galeri

Pengaturan


Stopwatch

Alarm

Tentang Ppnsel

Kinerja Baterai

Samsung memasangkan baterai terintegrasi berkapasitas 3,600mAh pada Galaxy J7 Pro. Kapasitas ini jauh meningkat dibanding baterai yang ada pada Galaxy J7 Prime yang hanya berkapasitas 3,300mAh. Samsung mengklaim baterai J7 Pro mampu bertahan selama 74 jam dalam memutar musik non-stop dan 20 jam waktu bicara di jaringan 3G.

Saat diuji, Galaxy J7 Pro mampu bertahan seharian penuh. Dimulai pada baterai 100% di jam 10 pagi, ponsel ini dapat melalui jam 6 sore dengan menyisakan daya 55%. Pemakaiannya saat diuji adalah normal cenderung ringan, dengan perkiraan waktu browsing 30 menit, bermain game 1.5 jam dan mengaktifkan GPS 50 menit.


Isi daya dengan port micro-USB

Untuk pengisian daya, J7 Pro tidak dilengkapi fitur isi daya cepat. Dengan mengandalkan charger bawaan 5V/1.55A, baterai dapat terisi dari 13% ke 100% dalam waktu 2 jam 10 menit. Pengisian daya dengan charger yang mendukung Quick Charge 3.0 tidak berbeda jauh dengan charger bawaan, yaitu 1 jam 56 menit dari 15% ke 100%.

Kualitas Kamera

Samsung menyematkan kamera belakang dan depan beresolusi 13MP pada Galaxy J7 Pro. Kamera belakang dilengkapi lensa dengan bukaan f/1.7 sementara kamera depan memiliki lensa f/1.9. Di atas kertas, lensa dengan bukaan sebesar ini mampu menghasilkan foto yang baik pada kondisi cahaya minim.

Kamera belakang dibekali sistem autofokus berbasis kontras, sementara kamera depan memiliki titik fokus tetap (fixed focus). Saat kamera belakang digunakan, performa autofokus cukup cepat, sekitar 1 detik untuk mengunci objek.

Berikut, kita lihat kualitas jepretan Galaxy J7 Pro.


Foto 1. Modus auto, kondisi cahaya cukup / mendung, HDR Off, Rasio 4:3


Foto 2. Zoom Foto 1, detail cukup tajam dan tegas, noise minim


Foto 3. Modus auto, kondisi cahaya cukup / mendung, HDR Off, Rasio 4:3


Foto 4. Zoom Foto 3, detail cukup tajam dan tegas, noise tidak tampak

Pada kondisi siang hari di Foto 1 dan dengan modus otomatis, hasil jepretan Galaxy J7 Pro terbilang baik, dengan detail terjaga, tegas dan cukup tajam. Noise yang dihasilkan pada bagian foto yang homogen tergolong minim hampir nihil.

Foto 3 juga memiliki kualitas yang baik, dengan detail terlihat baik, bahkan ketika di-zoom pada tingkat 100% pada Foto 4. Warna yang dihasilkan memiliki saturasi yang baik dan tonal warna seimbang. Noise yang muncul juga bisa dibilang minim.


Foto 5. Modus auto, kondisi cahaya cukup, HDR OFF, Rasio 4:3. Bokeh mudah dihasilkan.

Berkat bukaan lensa f/1.7, bokeh (latar belakang blur) dapat dihasilkan cukup mudah, yakni dengan hanya objek berjarak 50 cm dari lensa, seperti yang terlihat pada Foto 5.

Foto berikut memperlihatkan hasil jepretan J7 Pro pada malam hari.


Foto 6. Modus auto, kondisi cahaya minim / malam hari, HDR Off, Rasio 4:3


Foto 7. Zoom Foto 6, detail kabur, noise banyak


Foto 8. Modus Malam, kondisi cahaya minim / malam hari, HDR Off, Rasio 4:3

Dengan mengunakan modus otomatis, hasil jepretan J7 Pro malam hari di Foto 8 terlihat cukup baik secara umum, namun detailnya kurang tajam dan noise bermunculan pada bagian yang homogen, seperti di bagian langit. Ini di luar harapan lensa kamera belakang J7 Pro yang memiliki bukaan f/1.7 yang di atas kertas dapat menghasilkan foto malam hari dengan lebih baik.

Foto 10 menggunakan modus Malam Hari, memperlihatkan noise yang lebih banyak dibanding modus otomatis. Sepertinya modus Malam Hari hanya meningkatkan angka ISO sensor, namun tidak mengatasi noise yang muncul akibat ISO yang bertambah.

Secara keseluruhan, kamera belakang pada J7 Pro dapat menghasilkan foto yang baik dan tajam pada kondisi cahaya cukup. Sayangnya pada kondisi malam hari dengan cahaya yang minim, bukaan lensa f/1.7 tidak membantu sebagaimana mestinya.

Tampilan Dan Fitur Aplikasi Kamera

Aplikasi kamera pada J7 Pro memiliki tampilan antarmuka yang sama dengan ponsel Samsung lainnya seperti seri Galaxy S8 dan Galaxy A7 2017. Namun beberapa fitur absen jika dibandingkan dengan dua model ponsel di kelas atasnya tersebut.


Aplikasi Kamera

Pilihan Filter

Pilihan Modus

Aplikasi kamera J7 Pro dilengkapi dengan berbagai pilihan modus seperti Pro, Panorama, Foto Rangkaian, HDR, Malam, Olahraga dan Sound & Shot. Pilihan modus tersebut dapat diakses dengan swipe dari kiri layar. Selain itu terdapat pilihan efek kamera yang diakses swipe dari kanan, antara lain Dalam, Retro, Warna Pastel, Fajar, Cemara, Tenang, Film dan Abu-abu.


Modus Pro, kendali EV

Kendali ISO

Kendali WB

Beberapa pengaturan pada modus Pro absen. J7 Pro hanya dibekali fitur Pro dengan pengaturan EV, WB dan ISO. Tidak ada pengaturan Durasi Exposure dan Jarak Fokus di J7 Pro, sehingga praktis tidak banyak pilihan saat melakukan beberapa teknik fotografi seperti eksposur jangka panjang.

Di modus Pro ini, EV dapat dikendalikan dalam rentang -2 sampai +2 dengan step 0.1. Kendali angka ISO mencakup 100 sampai 800, sementara Imbangan Putih atau White Balance tersedia dalam 4 pilihan yaitu Lampu Pijar, Neon, Siang Hari dan Berawan.


Pengaturan Aplikasi Kamera 1

Pengaturan Aplikasi Kamera 2

Aplikasi kamera pada J7 Pro terbilang standar untuk ponsel menengah Samsung. Fiturnya tidak sebanyak model ponsel seri Galaxy A ataupun Galaxy S. Namun fungsinya cukup lengkap untuk fotografi umum sehari-hari.

Kualitas Audio & FM Radio

Samsung tidak menonjolkan fitur audio pada Galaxy J7 Pro. Ponsel ini memiliki 1 speaker mono di sisi samping kanan perangkat dan port audio 3.5mm di sisi bawah.


Port audio 3.5mm di sisi bawah kanan perangkat

Speaker keras di sisi kanan

Saat digunakan pada volume maksimal, speaker lantang Galaxy J7 Pro mampu menghasilkan suara cukup nyaring mencapai 83 decibel. Detail suaranya pun cukup baik, jelas dan tidak terdistorsi.


Pemutar Musik “Play Musik”

Efek Suara 1

Efek Suara 2

Untuk memutar lagu MP3, J7 Pro mengandalkan aplikasi dari Google yaitu Play Musik. Keluaran suara dari ponsel ini dapat dituning dengan fitur equalizer yang tersedia. Fitur ini sama dengan yang terpasang pada ponsel Samsung lainnya. Berkat fitur tuning audio tersebut, musik terdengar relatif lebih “berisi”, walaupun bass dan trebel masih cenderung terasa rata / flat.


Aplikasi FM Radio

Pengaturan FM Radio

Aplikasi FM Radio tersedia pada Galaxy J7 Pro dengan tampilan baru. Kualitas resepsinya terdengar cukup baik. Siaran radio yang biasanya agak terdistorsi terdengar cukup jernih, namun tidak sejernih ponsel yang memiliki chip audio khusus seperti LG G6, ASUS ZenFone 3 atau LG V20.

Kesimpulan dan Rekomendasi

Sebagai ponsel kelas menengah, Galaxy J7 Pro memiliki spesifikasi, performa dan fitur yang mumpuni dari berbagai aspek seperti chipset, layar, kamera dan berbagai sensor yang lengkap tersedia. Model ini meningkatkan fungsionalitas seri Galaxy J yang pada model-model sebelumnya banyak sedikit kekurangan dibanding ponsel lain di kelas menengah.

Meski demikian, banderol Galaxy J7 Pro setingkat lebih tinggi. Dihargai Rp. 3.990 juta saat peluncuran, ponsel ini memiliki harga di atas dengan Galaxy J7 Prime dengan chipset, kapasitas RAM dan ROM yang sama pada saat dirilis pertama kali di November tahun lalu.

Keunggulan utama Galaxy J7 Pro terletak pada bodi dan desain yang menawan berkat bodi metal dan lengkungan halus di seluruh bagian ponsel. Performa pun tidak kalah dengan ponsel kelas menengah lain. Namun kekurangannya terletak pada sisi kamera belakang yang masih belum dapat menghasilkan foto kualitas tinggi pada malam hari. Fitur baru pada Galaxy J7 Pro yang patut dicatat adalah “Always-On Display” yang sebelumnya hanya tersedia di seri Galaxy S dan Galaxy A saja.

Di kisaran harga Rp. 3.5 jutaan, pesaing terdekat Galaxy J7 Pro adalah ASUS ZenFone 3 ZE552KL. Saat ini, ponsel andalan ASUS tahun 2016 ini dibanderol Rp. 4.3 jutaan saat ini. ZenFone 3 dengan layar Full HD 5.5 inci tersebut unggul pada performa chipset Snapdragon 625 dan aspek fotografinya. Kamera belakang memiliki fitur TriTech AF untuk autofokus yang sangat cepat, fitur yang absen pada Galaxy J7 Pro.


ASUS ZenFone 3 ZE552KL

Cek: Perbandingan Samsung Galaxy J7 Pro vs. ASUS ZenFone 3 ZE552KL di tautan ini.

Cek: Ulasan lengkap ASUS ZenFone 3 ZE520KL khas UlasAbis.

(cyt)

Ada pertanyaan mengenai Galaxy J7 Pro?
Silahkan tulis pertanyaan Anda di Kolom Komentar di bawah ini, tim Ulas-Master akan mencoba memberikan Solusi-nya!
comment

150 Komentar

  • Andi:
    22 Oct 2017 · 19:47

    Bagiamana cara menggunkan folder aman krn sy pindahkan foto sm video dr galeri kefolder aman trus tdk ada muncul difolder aman…mohon bantuannya.

    • 22 Oct 2017 · 21:50

      Halo gan Andi. Foto dan Video yang agan pindahkan ke Folder Aman akan muncul di aplikasi Galeri di dalam Folder Aman, bukan di tampilan depan Folder Aman.

  • adikristianto:
    22 Oct 2017 · 17:53

    Hp saya j7pro.. sya blum pernah hbis btre, sekalikhabisan btre g maw di cas n g mau hidup lgi. Tng info nya

    • 22 Oct 2017 · 21:45

      Halo gan Adikristianto. Jika sebelumnya baterai sampai 0%, tunggu saja beberapa saat sekitar 20 – 30 menit di-charge, lalu baru coba nyalakan lagi hpnya. Baterai yang sampai 0% memang membutuhkan waktu lebih lama untuk “mengangkat” muatan listrik lagi.

  • Ridho:
    22 Oct 2017 · 13:28

    Mau tanya ni, kenapa samsung j7 pro saya kalau di depan televisi sinyalnya suka hilang ?. Terima kasih

    • 22 Oct 2017 · 21:42

      Halo gan Ridho. Hanya kebetulan saja sinyal di tempat televisi agan sangat lemah atau disebut blind spot sehingga tidak terbaca oleh hp.

      Agan bisa cek di menu Pengaturan > Tentang Ponsel > Status > Status Kartu SIM > Kekuatan Sinyal. Jika angkanya di bawah -100 dBm (misalnya -120 dBm), maka sinyalnya lemah dan akan sering hilang / putus. Ane duga, jarak 1 meter dari televisi agan juga sinyalnya lemah.

  • Felly:
    21 Oct 2017 · 21:11

    Hallo gan saya mau nanya gimana cara matiin ikon yg seperti alarm tersebut .. itu bukan alarm saya pikir alarm yg ada dj dekat jaringan dan knp skrang handpone saya ngk bs ngedownload apikasi seperti viu hooq dan lain2 nya pdhl pket msib banyak

    • 22 Oct 2017 · 20:39

      Halo gan Felly. Ikonnya seperti ini?

      Itu adalah ikon data saver atau penghemat data, mengindikasikan sisa kuota dari yang agan atur di awal. Pengaturannya ada di menu Pengaturan > Koneksi > Penggunaan Data > Penghemat Data. Untuk menghilangkannya agan harus mematikan perhitungan kuota.

      Masalah tidak bisa melakukan download, apakah ada tulisan “download tertunda” di Play Store? Jika iya, itu tandanya aplikasi inti Google sedang diupdate di background. Agan perlu menunggu beberapa saat sampai proses update selesai, baru bisa mengunduh aplikasi di Play Store.

  • Rofiq:
    21 Oct 2017 · 19:56

    Gan, mau tny bagaimana cara aktifin fitur nfc …pnya sya ko udh diaktifkan masih ga bs baca kartu brizzi, pake hp tmn yg dukung nfc bisa. Mngkinkah ada masalah dengan sensornya?bagaimna cara ngatasinya, apa harus ditanykan ke servis samsung

    • 22 Oct 2017 · 20:33

      Halo gan Rofiq. Agan membutuhkan aplikasi BRI Mobile dan koneksi NFC untuk membaca kartu Brizzi.

      Koneksi NFC dapat diaktifkan dengan cara menarik menu cepat di bilah atas, pilih NFC (di halaman kedua). Atau melalui menu Pengaturan > Koneksi > NFC dan Pembayaran > Aktifkan NFC.

      Di aplikasi BRI Mobile, agan harus memilih Brizzi > Info Saldo.

  • Firman:
    21 Oct 2017 · 17:07

    Permisi gan mau nanya ketika saya menekan tombol power saya menemukan icon yang bernama “mulai lagi” itu apa maksudnya dan fungsinya….

    • 22 Oct 2017 · 20:13

      Halo gan Firman. “Mulai Lagi” berfungsi untuk memulai ulang hp atau restart.

  • veronica:
    21 Oct 2017 · 16:32

    HP says terkena benda panas sehingga keseluruhannya ikut panas apakah berpengaruh buruk terhadap HP saya nantinya

    • 22 Oct 2017 · 19:52

      Halo ganwati Veronica. Benda panas yang dimaksud dalam wujud cair?

  • Peri:
    20 Oct 2017 · 15:12

    Sayangya tidak ada indikator led untuk samsung j7 pro

  • eva:
    19 Oct 2017 · 16:43

    Gan mau tanya,
    Sebulan yg lalu saya baru aja beli handphone samsung j7 pro, nah baru kemarin saya kena musibah handphone saya terjatuh tp untuk handphonenya sendiri tdk mengalami keretakan hanya saja layarnya mati dan saat saya tekan tombol power malah sekarang layarnya jadi kedip”.
    kalaupun memakai garansi dikenakan biaya brp ya dan solusinya gimana ya? Thanks

    • 21 Oct 2017 · 13:41

      Halo gan Eva. Kemungkinan ada masalah dengan LCD assembly agan, namun bisa jadi hanya konektornya saja. Saran ane, agan bisa periksakan ke Samsung Service Center untuk dicari tahu masalahnya. Jika disuruh ganti LCD, agan harus membayar sekitar Rp. 600 ribu.

  • Rayana:
    19 Oct 2017 · 08:17

    Maaf Mau nanya. Aplikasi viu tdk bs terbuka dgn keterangan bahwa viu tdk tersedia di Negara anda. Tapi lokasi udah update. Mohon bantuannya.

    • 21 Oct 2017 · 13:25

      Halo gan Rayana. Pastikan aplikasi Viu diberi ijin untuk memeriksa lokasi. Caranya:
      1. buka Pengaturan
      2. buka Aplikasi
      3. buka Viu
      4. buka Izin
      5. aktifkan Lokasi

  • Rehan:
    16 Oct 2017 · 14:39

    Mau tanya gan ,cara aktifkan panggilan menunggu di j7 pro gimana ya ?

    • 16 Oct 2017 · 20:59

      Halo gan Rehan. Cara mengaktifkan panggilan tunggu:
      1. buka Panggilan
      2. pilih ikon tiga titik di sudut kanan atas, lalu pilih Pengaturan
      3. pilih “Pengaturan Lainnya”
      4. aktifkan “Panggilan Tunggu”

  • Billy:
    16 Oct 2017 · 09:43

    Boss… tombol back & recent app galaxy j7 pro ga fungsi gmn yah… thx

    • 16 Oct 2017 · 20:53

      Halo gan Billy. Tombol navigasi sentuh di bawah layar adalah tombol mekanis. Ane curiga tombolnya bermasalah, mungkin karena kena air atau cacat produksi. Saran ane, agan klaim garansi saja ke Samsung Service Center untuk direparasi (gratis jika rusaknya bukan karena terkena air).

      Untuk sementara, agan bisa menggunakan aplikasi dari Play Store untuk mensimulasikan tombol di layar. Nama aplikasinya Virtual SoftKeys (no root).

  • Aris:
    16 Oct 2017 · 09:20

    Kalo ada tabd tamba (+) di atas pemberitahuan ada apa ya gan

    • 16 Oct 2017 · 20:48

      Halo gan Aris. Itu adalah icon data saver atau penghemat data, mengindikasikan sisa kuota dari yang agan atur di awal. Pengaturannya ada di menu Pengaturan > Koneksi > Penggunaan Data > Penghemat Data.

  • Ntong:
    16 Oct 2017 · 06:30

    Hallo ane mau nanya gimana ya caranya memainkan 2 aplikasi di samsung j7pro seperti nonton youtube sambil fb’n?

    • 16 Oct 2017 · 20:43

      Halo gan Ntong. Untuk mengaktifkan fitur Multi Window, caranya ada dua:
      Cara pertama:
      1. buka aplikasi pertama, misalnya YouTube
      2. tekan tombol Aplikasi Terkini (sebelah kiri tombol home)
      3. tekan ikon Multi Window (panah merah dalam gambar di bawah)

      4. pada jendela di bawah, pilih aplikasi lain
      5. pilih aplikasi kedua, misalnya FB

      Cara kedua:
      1. buka aplikasi pertama, misalnya YouTube
      2. letakkan jari pada bagian ujung kiri atas, lalu tarik ke kanan bawah. Aplikasi akan mengecil
      3. atur jendela aplikasi pertama sehingga agan bisa memilih aplikasi kedua
      4. pilih aplikasi kedua, misalnya Facebook
      5. lakukan langkah 2 dan 3 pada aplikasi Facebook.

      Semoga berhasil.

  • Stevanus Koez:
    14 Oct 2017 · 06:06

    Halo Gan, setelah saya seting akun email tiba2 suara J7Pro hilang baik mikrofon utk rekaman, suara saat memutar lagu/video, suara notifikasi mesenger ( sms, WA, BBM, Imo dll ), suara telp masuk jg hilang mohon pencerahannya Gan. Thx

    • 14 Oct 2017 · 21:15

      Halo gan Stevanus. Seharusnya tidak ada kaitan antara pengaturan akun email dan hilangnya fitur terkait suara pada J7 Pro agan.

      Pastikan fitur Jangan Ganggu tidak aktif. Lalu volume notifikasi tidak dalam posisi mute. Jika tidak berhasil, saran ane bawa ke Samsung Service Center untuk dicek untuk kemungkinan cacat hardware.

  • didi:
    13 Oct 2017 · 08:20

    Saya tertarik menggunakan Samsung j7 pro karena ada fitur nfc nya, selain itu fitur dan spesifikasi yang cukup baik. Yang ingin saya tanyakan, apakah nfc yg ada di j7 pro sudah support untuk cek saldo e -money dll.? Saya sudah coba dengan aplikasi ebanking mandiri, tapi belum bisa. Mohon informasi dan solusinya..makasih gan ..

  • Asi:
    12 Oct 2017 · 21:29

    Malam…
    Saya mau tnya. Kemarin saya uda download 2bbm di hp samsung j7 pro. Dan ga sngja kehapus utk bbm cdgn 1nya.. pas mw download lg malah ga bs. Ttp cm bs 1 aja. Gmn download bbmny biar 2 lagi ya?? Tlg infony ^^

    • 14 Oct 2017 · 20:44

      Halo gan Asi. Agan bisa mengaktifkan fitur Dual Messenger untuk menggunakan dua aplikasi BBM secara bersamaan. Caranya:
      1. buka Pengaturan
      2. pilih Fitur Lanjutan
      3. pilih Dual Messenger
      4. aktifkan untuk aplikasi BBM
      5. ikon BBM kedua akan muncul di laman depan

  • Hidayah:
    12 Oct 2017 · 21:23

    Numpang nanya gan..samsung j7pro ku koq lelet banget ya kalo di pake online atau huka youtube..tapi pada saat yang bersamaan (kondisi sinyal sama) aq pake cooldual koq cepet..slah j7pro ku dmn..makasih

    • 14 Oct 2017 · 20:15

      Halo gan Hidayah. Apakah kedua hp agan menggunakan operator yang sama?

  • Rizal:
    12 Oct 2017 · 14:52

    Hallo gan, cara ngilangin pemberitahuan (WA) dilayar atas bagaimana ya? Thx

    • 12 Oct 2017 · 20:21

      Halo gan Rizal. Agan bisa atur melalui pengaturan di dalam aplikasi WhatsApp. Caranya:
      1. buka aplikasi WhatsApp
      2. pilih menu (sudut kanan atas), lalu pilih Setelan
      3. pilih notifikasi
      4. pilih notifikasi pop-up, lalu pilih Tidak ada pop-up

  • DESTY RIGIYANTI:
    11 Oct 2017 · 14:46

    maaf ka mau tanya cara aktifkan Lampu LED Sebagai Notifikasi bagaimana ia?

    • 12 Oct 2017 · 20:15

      Halo gan Desty. Galaxy J7 Pro tidak dilengkapi dengan lampu LED notifikasi, gan. Sebagai gantinya, agan bisa memanfaatkan fitur Always On Display untuk meninjau notifikasi yang baru di hp agan. Cara mengaktifkannya melalui Pengaturan > Tampilan > Always On Display (paling bawah) > Aktifkan.

  • maman:
    11 Oct 2017 · 11:07

    Gan
    Saya sblmny pake kartu im3 sinyal 4g ada di samsung j7 pro
    Trus ane ganti 3 sinyal 4g kok tidak ada ? Apa karna kartunya ? Tlong pencerahanya ?

    • 12 Oct 2017 · 20:13

      Halo gan Maman.
      1. Pastikan mode jaringan sudah diatur ke LTE/3G/2G, di menu Pengaturan > Koneksi > Pengelola Kartu SIM > SIM (operator 3) > Mode Jaringan > LTE/3G/2G.
      2. Pastikan kartu SIM sudah mendukung akses ke jaringan LTE. Agan bisa menanyakan ke customer service apakah kartu SIM yang agan pakai sudah mendukung 4G atau belum.
      3. Pastikan lokasi agan tercakup jaringan 4G / LTE dari operator 3. Agan bisa cek di situs 3 Indonesia.
      4. Pastikan agan punya paket data yang aktif. Biasanya jika SIM tidak memiliki paket data aktif, akses ke jaringan 4G akan terblokir.

  • Juddin:
    11 Oct 2017 · 10:10

    Apakah j7 pro ini sdh menggunakan pelindung layar gorilla glass…?

    • 12 Oct 2017 · 20:04

      Halo gan Juddin. Galaxy J7 Pro tidak dilindungi dengan kaca Gorilla Glass. Tapi layarnya cukup tahan gores, gan, setidaknya dari benda tumpul seperti kuku.

  • Indra andi:
    08 Oct 2017 · 20:31

    Bagaimana cara menghidupkan lampu LED flash BAGIAN DEPAN j7 pro..? Soalnya kok flash yg belkang yang aktif bukan di depan..
    Mohon penjelasannya

    • 10 Oct 2017 · 20:32

      Halo gan Indra Andi. Mengaktifkan lampu flash LED bagian depan paling mudah adalah melalui aplikasi kamera. Masuk ke modus selfie, lalu tekan tombol petir sampai terpilih “lampu kilat diaktifkan”.

  • Poppy:
    07 Oct 2017 · 16:30

    Gan sy pasang daya hemat tp sy lupa pin nya untk menonaktif hemat daya kalo lupa pin gimana mas

    • 07 Oct 2017 · 16:31

      Halo ganwanti Poppy. Fitur hemat daya seharusnya tidak memerlukan PIN, gan. Agan bisa menonaktifkan melalui bilah pengaturan cepat dan menekan ikon Hemat Daya saja.

  • Mutiara:
    06 Oct 2017 · 08:28

    agan,,, mau tanya, kenapa saya tidak bisa memindahkan foto/video dari memory phone ke memory card ya? dan tidak bisa copy foto/video dari memory phone ke laptop? terima kasih untuk penjelasan solusinya,,,

    • 07 Oct 2017 · 16:22

      Halo gan Mutiara. Agan bisa memindahkan foto menggunakan aplikasi File Saya > pilih Penyimpanan Internal > pilih Folder atau File yang akan dipindahkan > Tekan dan Tahan, lalu pilih ikon 3 titik di sudut kanan atas > pilih Pindahkan > terakhir, pilih lokasi Kartu SD.

      Untuk memindahkan ke laptop, agan hanya perlu menhubungkan hp dengan laptop melalui koneksi kabel USB, lalu pilih Izinkan saat ada notifikasi di hp. Agan akan dapat browsing file di dalam hp melalui explorer di laptop.

  • Hendra:
    06 Oct 2017 · 05:34

    Pagi bos, mau nanya,bru bli j7pro 5hri yg llu,tpi ko knpa ya sring ke restart sndri,shri psti ada ke restart 1-3x ,kdang jga lama nyala nya cm muncul tulsan smsung, itu kdala nya apa ya,mhon bntuan nya bang,mksih…

    • 07 Oct 2017 · 16:17

      Halo gan Hendra. Restart yang agan alami apakah mendadak restart tanpa ada notifikasi apa-apa? Kalau iya, kemungkinan ada masalah dengan hp agan, kemungkinan masalah hardware. Namun bisa jadi masalahnya karena ada pembaruan sistem operasi yang dipasang secara otomatis dan membutuhkan update.

      • Hendra:
        08 Oct 2017 · 04:31

        Iya gan ke restart sndrii, tnpa ada pmbrithuan bsa mati n trestart sndri, mhon bntuan nya gmna spya ga gtu lgi,hrus di apain hp gw gan?pa bsa di bnerin sndri atau di bwa lngsng ke couter samsungnya lngsng..trma ksih

        • 08 Oct 2017 · 17:24

          Kalau tiba-tiba restart sendiri, berarti ada masalah bisa di komponen baterai atau chipsetnya. Ane tidak yakin masalahnya ada di sistem operasi, meski agan bisa pastikan lagi dengan cara melakukan reset pabrik lalu dicek apakah masih suka restart sendiri.

          Tapi karena masih garansi, saran ane dibawa saja ke Samsung Service Center untuk dicek dan direparasi.

  • Herni:
    05 Oct 2017 · 08:05

    Maaf gan mau nanya, kemarin saya bru ganti j7 pro. Terus aplikasi whatsapp saya kok jadi gak bisa muncul notifikasinya yaa jika aplikasinya gak dibuka ? Padahal di hp lama ada (lenovo A6000), jadi susah gan, gak tau ada pesan masuk atau gak jika gak buka aplikasinya. Mohon bantuannya gan, masalahnya dimana. Saya udah search kemana2 katanya krna fitur penghemat daya diaktifkan, tapi fitur gak aktif juga bgtu. Semua notifikasi whatsapp pun sudah saya hdupkan

    • 05 Oct 2017 · 21:26

      Halo gan Herni. Di J7 Pro ane, aplikasi WhatsApp berjalan dengan lancar, gan. Hal pertama yang ane curigai ada 3, pertama fitur hemat daya aktif (sama dengan pikiran yang lain). Coba pastikan melalui langkah berikut:
      1. buka Pengaturan
      2. pilih Pemeliharaan Perangkat
      3. pilih Baterai
      4. pilih Aplikasi Tidak Dimonitor
      5. pilih Tambah Aplikasi, pilih aplikasi WhatsApp, lalu Selesai
      Langkah ini memastikan WhatsApp diberi akses penuh dan dapat menggunakan daya sesukanya.

      Kedua: fitur hemat data ultra. Fitur tersebut sama dengan fitur hemat daya, berfungsi dengan membatasi akses aplikasi ke jaringan internet secara aktif. Agan bisa memastikan fitur ini nonaktif melalui menu di bagian atas, nonaktifkan Hemat Data Ultra.

      Ketiga: kemungkinan ada pengaturan notifikasi yang terbatasi. Cara memulihkannya:
      1. buka Pengaturan
      2. pilih Pemberitahuan
      3. pilih aplikasi WhatsApp
      4. pastikan Izinkan Notifikasi aktif
      5. agan bisa aktifkan Atur Sebagai Prioritas
      Silahkan dicoba dan semoga berhasil.

  • Riza:
    01 Oct 2017 · 23:10

    Min, tolong dong pilih j7 pro atau oppo F3 ..bingung nih

    • 02 Oct 2017 · 21:00

      Halo gan Riza. Pilihan agan harus sesuai dengan kebutuhan yang agan inginkan / dambakan di hp agan selanjutnya.

      Jika agan suka selfie atau wefie atau hobi bermain game di hp, saran ane sudah pasti Oppo F3. Jika agan suka dengan fotografi menggunakan kamera belakang, hasil jepretan kamera belakang J7 Pro sedikit lebih baik, gan.

  • Rukmaniyah:
    01 Oct 2017 · 23:05

    Kak .. notifikasi fb ga tampil . Gimana ya .. padahal udah aku aktifin semua di pengaturan ..

    • 02 Oct 2017 · 20:57

      Halo gan Rukmaniyah. Notifikasi bisa diatur dengan cara:
      1. buka menu Pengaturan > Pemberitahuan
      2. pilih aplikasi Facebook
      3. aktifkan Izinkan Notifikasi
      4. pilih “Di Layar kunci” > tampilkan konten
      Dengan pengaturan di atas, seharusnya notifikasi akan tetap muncul, dengan catatan memang ada notifikasi dari aplikasi Facebook.

      • nana:
        18 Oct 2017 · 07:18

        Gan, bisa minta tolong ss gimana itu pengaturan yang di layar kunci sama hasil notif nya gimana? apa bisa muncul kebaca masing2 chat, seperti saya dapet 5 chat line itu apa bisa kebaca masing2 kayak di ipin?

        • 18 Oct 2017 · 21:59

          Di layar kunci hanya dapat terbaca baris terakhir saja, gan. Tidak ada pengaturannya untuk bisa terlihat lebih banyak baris.

  • hayuning88:
    01 Oct 2017 · 15:08

    Ane dah beli j7 pro gan. tp malah ada rumor bahwa mau ada galaxy j7 edge. dr review di youtube kalo dr desain si jelas bagusan yg layarnya edge plus ada beberapa fitur di edge yg absen di pro, tp kamera edge dipangkas jd 12mp utk belakang, dan 5mp utk depan sama ky utk hp layar edge lain di seri A. pertanyaan ane, kira2 beneran mau rilis nggak ya itu yg edge di mari? di India udah si kayanya. terus worthed jg nggak ya utk ditunggu, dgn beberapa perbedaan fitur di atas? harganya di kisaran 5jt an kalo nggak salah

    • 02 Oct 2017 · 20:37

      Halo gan Hayuning88. Ane belum dengar adanya Galaxy J7 Edge dari sumber-sumber ane. Mungkin model yang dimaksud adalah Galaxy J7 Plus yang memang baru dirilis di India, dan sudah dirilis juga di Indonesia. J7 Plus memiliki kamera belakang ganda dan chipset yang lebih bertenaga, tetapi tidak ada layar lengkung seperti di Galaxy S7 Edge. Banderolnya kebetulan juga Rp. 5 juta, agan bisa dicek di toko ritel ternama.

  • Taqim:
    30 Sep 2017 · 23:24

    Gan cara menghidupkan flash led di j7 pro gimana ? Mohon pencerahannya.
    Terimakasih

    • 30 Sep 2017 · 23:26

      Halo gan Taqim. Lampu flash LED untuk kamera depan dan kamera belakang bisa agan aktifkan dengan menekan ikon petir di bagian atas aplikasi kamera sampai pilihannya “Lampu Kilat Diaktifkan”.

      • Taqim:
        30 Sep 2017 · 23:51

        Iyaa gan. Maksud nya jika ada pesan masuk, lampu led nya hidup. Gimana cara hidupin nyan gan.

        • 02 Oct 2017 · 09:23

          Oh, maksud agan lampu LED notifikasi. Sayangnya di J7 Pro tidak tersedia lampu LED notifikasi. Tapi sebagai penggantinya agan bisa mengaktifkan fitur Always-on Display untuk menampilkan notifikasi yang baru masuk di layar saat hp dalam keadaan terkunci.

          Cara mengaktifkannya di menu Pengaturan > Tampilan > Always On Display (paling bawah) > Aktifkan.

  • Andre:
    30 Sep 2017 · 02:38

    Misi gan.. mau tanya kalau beli j7 pro wajib masang tempered glass / tidak jg tidak masalah? Terima kasih sebelumnya

    • 30 Sep 2017 · 23:07

      Halo gan Andre. Galaxy J7 Pro tidak dilindungi oleh proteksi Gorilla Glass, jadi ane menyarankan melindunginya dengan pelindung layar seperti tempered glass.

  • Cumik:
    30 Sep 2017 · 00:41

    Hi gan.. mau tanya gan
    Waktu aku mau ganti dp bbm log in pertama kali di samsung j7 pro g sengaja kepencet menu pilihan ^foto^ abis itu g bisa lagi ganti pake menu pilihan ^galeri^
    Tak uplek2 dipengaturan g nemu2 juga gan.. hehehehe
    Trus aku searching2 katanya bisa dengan hapus pengaturan default di app bbm nya
    Tapi tak coba buka app bbm ternyata untuk j7 pro g support pengaturan defaultnya untuk bbm
    Terus gimana ya gan biar bisa ganti dp pake menu pilihan ^galeri^

    • 30 Sep 2017 · 23:06

      Halo gan Cumik. Sebenarnya sudah benar agan mengarah ke pengaturan Default, tetapi yang agan hapus pengaturan Default-nya adalah di aplikasi Foto, bukan di aplikasi BBM.

      Cara lengkapnya:
      1. buka menu Pengaturan > Aplikasi
      2. pilih ikon opsi (sudut kanan atas) > “Aplikasi Default”
      3. pilih “Atur Sebagai Default”
      4. pilih Foto
      5. pilih “Hapus Default”

  • Uci febrianti:
    29 Sep 2017 · 21:45

    Gan cara/pengaturan untuk tetap aktif paket datanya untuk sosmed dsb.a pada saat telpon masuk itu gimana ya ? Untuk samsung galaxy j7 pro, soalnya pada saat telpon masuk engga bisa sambil WA atau bbm secara bersamaan terima kasih :’)

    • 29 Sep 2017 · 22:44

      Halo ganwati Uci. Saat agan melakukan panggilan telepon, koneksi internet akan terputus secara otomatis jika dilakukan melalui kartu SIM yang sama, dan tidak ada pengaturan untuk mengubahnya karena ini adalah cara kerja kartu SIM jaringan GSM.

      Tapi agan bisa menggunakan dua kartu SIM lalu mengatur SIM 1 untuk data dan SIM 2 untuk panggilan telepon, sehingga saat SIM 2 dipakai untuk telepon, SIM 1 akan tetap aktif untuk data / internet.

      • Uci febrianti:
        29 Sep 2017 · 22:47

        Terimakasih atas jawabannya gan, tapi saya udah pakai sim yg berbeda, sim 1 buat paket data sim 2 nya khusus panggilan, tp tetep terputus, gimana ya gan ?? Ditunggu solusinya

        • 30 Sep 2017 · 22:58

          Ane barusan test. Jadi, ternyata konfigurasi yang ane sarankan justru tidak bekerja, yaitu saat SIM 1 diatur untuk panggilan dan SIM 2 diatur untuk data. Saat SIM 1 menerima panggilan, koneksi data di SIM 2 akan terputus. Dan ini terjadi di seluruh hp dual SIM (ane uji di Galaxy S8 dan Redmi Note 4).

          Tetapi, jika panggilan dilakukan pada kartu SIM yang diatur untuk data, justru koneksi data tetap aktif. Jadi saran ane, agan bisa mengatur SIM yang sama untuk panggilan dan untuk data. Atau jika tidak mau repot, agan bisa menggunakan 1 kartu SIM saja. Semoga membantu.

  • iqbal:
    28 Sep 2017 · 22:35

    Gan saya baru beli hp galaxy j7 pro,tp ko laci aplikasi y tidk bisa di buka y,dan ga bsa scrol ke atas atw ke bwah,mohon solusi y gan,trimakasih

    • 29 Sep 2017 · 22:02

      Halo gan Iqbal. Coba mulai ulang J7 Pro agan.

      Jika setelah direstart masih tidak bisa, coba langkah berikut:
      1. tekan dan tahan di area tampilan layar depan yang kosong
      2. pilih “Pengaturan Layar Depan”
      3. pilih “Tata letak Layar Depan”
      4. pilih “Hanya Layar Depan”, lalu pilih “Gunakan” 2x
      5. pilih “Layar depan dan layar Aplikasi”, lalu pilih “Gunakan”
      6. kembali ke Layar Depan, lalu coba usap dari bawah ke atas atau dari atas ke bawah untuk mengakses laci aplikasi

  • Ertwin:
    27 Sep 2017 · 10:15

    Gan mau nanya, saya beberapa hari beli j7pro setelah saya ugrade perangkat lunak baru malah kualitas kamera gak sebagus seperti sebelum di ugrade. Gambarnya agak pudar dan ada noisenya, bagaimana mengembalikan kualitas kamera seperti semula?
    Trimakasih.

    • 27 Sep 2017 · 20:59

      Halo gan Ertwin. Di unit J7 Pro ane dengan nomor versi perangkat lunak terbaru (J730GDXU1AQHB), tidak ada perbedaan kualitas foto dengan sebelum diupgrade, gan. Apakah agan membandingkan foto sebelum dan sesudah upgrade pada objek yang sama dengan kondisi cahaya yang sama?

      Perlu agan ketahui jepretan kamera J7 Pro memang agak ber-noise pada kondisi cahaya kurang, jadi kalau agan membandingkannya pada kondisi cahaya yang berbeda hasilnya pasti berbeda juga.

      Jika berkenan, agan bisa coba unggah foto yang agan maksud (sebelum dan sesudah) melalui akun Twitter dengan mention @ulasabis ๐Ÿ™‚

  • Ana:
    25 Sep 2017 · 21:31

    Maaf gan saya mau tanya. Sebelumnya sudah ada yang menanyakan lebih baik membeli a5 2017 atau j7 pro. Nah disini saya masih bingung beli a5 2017 atau j7 pro karena ada pengguna a5 2017 mengatakan bahwa baterai a5 2017 mudah menggelembung padahal speknya lebih bagus a5 2017. jadi lebih baik beli apa ya?

  • Jem:
    25 Sep 2017 · 11:20

    mau tanya dong, tolong di bantu gimana caranya agar data d Micro SD kebaca otomatis di J7 Pro, karna pada saat gw buka gallery foto2 dan video dll juga yang ada di Micro SD gk muncul, baru bisa di buka melalui folder file ini pengalaman pertama pake samsung sblmnya ipin user, bukannya harsnya otomatis pada saat buka gallery foto dan data yng ada di Mirosd akan kebuka dengan sendriya sesuai dgn jenis filenya ya? sama Disable Multi windows gimana caranya biar off di settngan udah off tp ttp aja mash multi windows udah cari sana sini gk nemu. mohon pencerahannya thank u.

    • 25 Sep 2017 · 21:45

      Halo gan Jem. Setelah agan memasukkan kartu microSD, agan harus melakukan Mulai Ulang perangkat. Atau sebaiknya kartu microSD dimasukkan saat hp dalam keadaan mati.

      Untuk multi-windows, perlu agan ketahui multiwindow adalah fitur yang membagi layar menjadi dua untuk masing-masing digunakan oleh aplikasi yang berbeda. Ane curiga yang agan lihat adalah tampilan Aplikasi Terkini yang muncul jika agan menekan tombol navigasi di sebelah kiri tombol home.

  • Eno:
    24 Sep 2017 · 12:52

    Gan saya mau nanya nih
    Saya rencana mau beli antara a5/j7 pro. Nah menurut agan lebih saranin beli yg mana?. Klo bisa tolong gan dijelasin apa yg gak dimiliki a5 tapi ada di j7 pro begitupun sebaliknya.

    Trus kalau mau main game 3d misalnya game mobile legend. J7 pro lancar jaya mentok di graphic low/medium/high begitu juga dengan a5. Trimakasih gan maaf pertanyaannya kebanyakan hahah

    • 24 Sep 2017 · 14:41

      Halo gan Eno. Galaxy A5 unggul dalam beberapa hal:
      1. Performa chipset, sehingga lebih lancar saat menjalankan aplikasi game berat seperti Mobile Legend, bisa grafik Medium.
      2. Perlindungan Gorilla Glass 4, kaca lebih tahan gores
      3. Ketahanan air dan debu IP68, lebih aman saat hp tidak sengaja terkena air.
      4. Desain lebih bagus, bagian belakang terbuat dari kaca.
      5. Mendukung fitur isi daya cepat

      Ulasan lengkap Galaxy A5 2017 bisa agan simak di sini.

      Galaxy J7 Pro keunggulannya:
      1. harganya yang lebih murah sekitar Rp. 3.6 juta,
      2. layar lebih besar 5.5 inci,
      3. baterai yang lebih besar 3,600mAh dan
      4. sudah menggunakan Android 7.0 Nougat.

      Beberapa pengguna J7 Pro di sini berkomentar J7 Pro agak nge-lag untuk bermain game 3D berat, gan. Jadi jika agan ingin bermain game lebih mulus, saran ane sudah pasti Galaxy A5 2017. Jika ingin layar yang lebih besar dan baterai setara J7 Pro, agan bisa memilih Galaxy A7 2017. Fitur dan spesifikasinya sama dengan A5 2017, hanya berbeda di layar 5.7 inci dan baterai 3,600mAh.

      • Eno:
        26 Sep 2017 · 21:06

        Ok gan trimakasih. Klo mnurut agan lebih cepat dan akurat mana fingerprint a5 atau j7 pro. Trus kamera yg lebih bagus yg mana. dan apakah a5 telah update ke nougat yg di Indonesia. Trimakasih gan

        • 27 Sep 2017 · 20:37

          Sensor sidik jari di Galaxy A5 2017 dan J7 Pro menurut ane tidak jauh berbeda. Saat ane uji keduanya sama-sama dapat mengenali sidik jari dalam waktu kurang dari 1 detik.

          Mengenai kamera, Galaxy A5 2017 lebih bagus, terlihat dari hasil jepretannya yang lebih minim noise dibanding Galaxy J7 Pro.

          Galaxy A5 2017 di Indonesia hingga saat ini belum kebagian Android 7.0 Nougat, gan. Namun bisa dipastikan Samsung akan merilis Nougat untuk Galaxy A5 2017, melihat sebagian besar negara di Eropa dan Asia sudah kebagian Nougat. Jadi tinggal menunggu waktu saja.

          • Eno:
            28 Sep 2017 · 19:41

            Ok gan trimakasih banyak. Jadi makin yakin untuk beli a5 2017 harganya pun nampak semakin turun. Sukses trus gan ๐Ÿ‘

  • Vhe:
    24 Sep 2017 · 06:34

    Pagi min, mau nanya tombol back dan tombol multi windows J7 Pro ga ada ya

    • 24 Sep 2017 · 14:30

      Halo gan Vhe. Ada, gan, tombol back di sebelah kanan tombol home, sementara tombol “recent apps” di sebelah kiri tombol home. Kedua tombol ini bersifat kapasitif (tombol sentuh), tidak dilengkapi dengan lampu backlight.

  • Lisa:
    23 Sep 2017 · 10:10

    Gan saya diberi tau salesnya kalo bisa dual line, fb, tapi itu bisa buat dual wa juga gak? Soalnya pengen beli j7pro buat bisnis aja. Maklum olshop. Kalau ada sekalian saran baiknya hp apa ya? Yg gk lelet dan memory lumayan gede. Thx ditunggu saran dan balasannya ๐Ÿ˜Š

    • 23 Sep 2017 · 19:53

      Halo ganwati Lisa. Galaxy J7 Pro mendukung dual akun untuk WhatsApp melalui fitur Dual Messenger. Aplikasi FB, Line, Skype juga didukung.

      Untuk mengelola online shop, J7 Pro cukup mumpuni, gan. OS Android sudah versi 7.0 Nougat, RAM dan ROM besar sehingga tidak lelet dan kapasitas penyimpanan data mencukupi dan bisa ditambah dengan kartu microSD jika memori penyimpanan terasa kurang. Layarnya juga cukup besar 5.5 inci tipe AMOLED cukup nyaman dilihat dalam waktu lama dan hemat daya.

  • Raka:
    22 Sep 2017 · 05:08

    Rencananya saya mau beli j7pro,kalo buat game ini bagus apa tidak ya?

    • 22 Sep 2017 · 09:17

      Halo gan Raka. Tergantung untuk bermain game apa, gan. Jika game 3D berat seperti Mobile Legends sebenarnya bisa dengan pengaturan grafis rendah. Jika diatur tinggi, game akan terasa lambat. Tapi untuk bermain game 2D ringan, Galaxy J7 Pro sudah mumpuni.

  • Said:
    22 Sep 2017 · 02:03

    Mengapa sensor proximity saya tidak berfungsi. Adakah cara lain agar sensor proximity saya berfungsi seperti sedia kala

    • 22 Sep 2017 · 09:20

      Halo gan Said. Bisa diinfo bagaimana cara agan menyadari sensor proximity tidak berfungsi?

      Saran ane, mumpung masih baru dan bergaransi, agan bisa periksakan Galaxy J7 Pro ke Samsung Service Center.

  • Budi sukarman:
    20 Sep 2017 · 03:27

    Gan mau tanya, saya baru pakai jpro7 selama 1 minggu, tetapi waktu saya pakai videocall yang di whatsapp, microphone nya gak berfungsi, lawan bicara saya tidak bisa mendengar suara dari saya, akan tetapi waktu penggunaan yang lain microphone masih bisa dipakai, misalnya waktu mengunakan call biasa bukan video call.

    • 20 Sep 2017 · 21:03

      Halo gan Budi. Ane curiga itu dari koneksi internetnya yang lelet sehingga suara tidak sampai ke lawan bicara agan. Untuk memastikan mikrofon di hp agan berfungsi dengan baik, agan bisa coba merekamnya dengan aplikasi bawaan “Perekam Suara”. Jika suara agan terekam, maka tidak ada masalah pada mikrofon, gan.

      Sekedar saran, jika agan sering melakukan video call, sebaiknya menggunakan aplikasi Google Duo. Aplikasi ini menghubungkan agan dan lawan bicara dari hp ke hp, berbeda dari aplikasi WhatsApp yang alurnya dari hp ke server WhatsApp lalu ke hp lawan bicara agan.

      • Budi sukarman:
        21 Sep 2017 · 03:37

        Trrima kasih gan

  • Sarah:
    19 Sep 2017 · 10:07

    Gan mau tanya
    Saya baru aja beli hp j7 pro , katanyakan whater proof tapi pas saya siram pakai air , malah gak bisa di sentuh layarnya ?
    Solusinya gimana gan ?

    • 19 Sep 2017 · 22:26

      Halo gan Sarah. Galaxy J7 Pro tidak waterproof / dustproof. Air dapat dengan mudah masuk dan merusak perangkat. Layar gak bisa disentuh akibat air sudah masuk ke bagian LCD. Solusinya hanya dengan mengganti LCD assembly dengan yang baru.

  • bas:
    18 Sep 2017 · 14:26

    saya baru 1 mggu beli j7 pro.ยน.keluhan layar kadang panas klo d pake kadang gak.panas nya lumayan .
    2 buat antigores g ada kah yang bisa nutupin ful layar .tolong d balas masalah panas dan antigores nya .d tggu

    • 18 Sep 2017 · 20:17

      Halo gan Bas. Menjawab pertanyaan agan:
      1. Menurut ane yang panas bukan layar, tetapi dari chip yang bekerja keras sehingga menghasilkan panas yang sampai terasa di bagian layar. Ane tidak yakin panasnya dari layar karena J7 Pro sudah menggunakan layar AMOLED yang hemat energi sehingga tidak mudah panas. Saran ane untuk ini, sebaiknya agan menggunakan casing yang lebih tipis sehingga panas dapat terbuang dari bagian belakang hp.
      2. Supaya antigores bisa menutupi seluruh layar termasuk di bagian tepi lengkungan 2.5D, agan bisa menggunakan screen protector yang terbuat dari film / plastik elastis, bukan tempered glass. Semua tempered glass sudah pasti berbentuk rata sehingga tidak bisa menutupi lengkungan halus di tepi layar. Yang susah adalah mencari barang screen protectornya, gan. Ane temukan 1 produk contohnya di Lazada, tetapi pengiriman dari luar negeri yang bisa sampai 3 minggu lama pengirimannya:

  • Jakfar tangahu:
    17 Sep 2017 · 20:23

    Ass..apa aplikasi yg bisa untuk peningkat kualitas suara j7 pro

    • 17 Sep 2017 · 21:38

      Halo gan Jakfar Tangahu. Untuk meningkatkan kualitas suara J7 Pro, agan bisa mencoba menggunakan pengaturan efek dan equalizer bawan Samsung. Caranya dengan membuka menu Pengaturan > Suara dan Getar > Kualitas Suara dan Efek. Di sini agan bisa mengatur bass dan trebel serta efek suara yang dikehendaki. Fitur ini aktif setelah headphone / earphone dicolok melalui port audio 3.5mm. Aplikasi lain dari Play Store bekerja dengan cara yang sama dengan pengaturan ini.

      Namun fitur ini tidak bisa menyamakan kualitas suara dari hp lain yang dilengkapi chip amplifier audio, gan, karena Samsung tidak memasangkan chip amplifier di J7 Pro.

  • Mbew satriani:
    17 Sep 2017 · 11:04

    Min mau tanya rencana aq pengen ganti hp sama J7pro ini apakah performa gamingnya bagus ? Sblmnya saya pake J7 2016 dan lancar jaya aq takut aja malah turun performanya setelah ganti ke J7pro.mksh

    • 17 Sep 2017 · 21:26

      Halo gan Mbew Satriani. Galaxy J7 Pro dan J7 2016 menggunakan chipset yang sama yaitu Exynos 7870. Namun aplikasi game di J7 2016 akan terlihat lebih mulus karena resolusi layarnya lebih kecil yaitu hanya HD 1280 x 720 sementara J7 Pro sudah menggunakan layar Full HD 1920 x 1080. Jadi game yang lancar di J7 2016 bisa jadi terlihat lag atau lelet di J7 Pro.

  • Cucu Nabi:
    17 Sep 2017 · 01:38

    Gan emng j7pro gak ada kunci aplikasi ya. Udh ane cari di seting keamanan dan sidik jari tp gak ada juga gan.
    Bahay ni bisa ketahuan istri.

    • 17 Sep 2017 · 21:07

      Halo gan Cucu Nabi. Yang agan butuhkan adalah aplikasi bawaan Samsung bernama Folder Aman. Aplikasinya tersedia di J7 Pro.

  • Waisal:
    16 Sep 2017 · 15:46

    Cara aktifkan notifikasi layar mati tanpa lampu kamera blakangnya bos g mna ya?

    • 16 Sep 2017 · 20:24

      Halo gan Waisal. Jika yang agan maksud lampu notifikasi LED yang menyala saat ada notifikasi baru, hp J7 Pro tidak dilengkapi lampu LED tersebut. Sebagai penggantinya, agan bisa memanfaatkan fitur “Always-on Display” untuk menampilkan notifikasi saat layar dalam keadaan mati.

  • denny:
    16 Sep 2017 · 11:39

    bro samsung j7 pro aku audio nya kurang mantap,bas nya flat bgt ketika memakai aplikasi play musik…memang seperti itukah dari sono nya ?

    • 16 Sep 2017 · 20:17

      Halo gan Denny. Agan bisa coba atur audio melalui menu Pengaturan > Suara dan Getar > “Kualitas Suara dan Efek” > lalu pilih pengaturan Kustom dan menaikkan slider Bass (paling kiri). Seharusnya bisa sedikit membantu.

      Tetapi perlu agan ketahui bahwa Galaxy J7 Pro memang tidak dilengkapi chip amplifier sehingga keluaran suara audio hanya apa adanya. Ponsel model ini memang tidak didesain Samsung sebagai ponsel musik, gan.

  • rexso:
    15 Sep 2017 · 09:31

    pengaturan landscape tampilan depan gmn gan.. .? muter2 ngga nemu2 landscape nya kalo pas buka aplikasi. saya maunya tampilan depan juga landscape /miring

    • 16 Sep 2017 · 19:40

      Halo gan Rexso. Tampilan depan (home) tidak bisa diputar menjadi landscape. Pengaturan ini dikunci di sistem operasi dan butuh akses Root untuk menggantinya. Pembukaan akses Root akan menghanguskan garansi, jadi saran ane dilakukan hanya jika hp sudah tidak garansi, gan..

  • Aditya Mora:
    14 Sep 2017 · 00:04

    Gan maaf nih Cara aktifin LED Notifikasi itu di mana yah ? Cuma kedipan Flash Atau emang berwarna ?

    • 14 Sep 2017 · 21:12

      Halo gan Aditya. Galaxy J7 Pro tidak dilengkapi lampu LED notifikasi di atas layar. Namun fungsi LED notifikasi digantikan oleh fitur “Always-On-Display” yang dapat menampilkan notifikasi apa saja yang sedang aktif.

      Kedipan flash itu sebenarnya fitur aksesibilitas, tidak didesain untuk menggantikan fungsi LED notifikasi.

  • Joko:
    12 Sep 2017 · 13:50

    Saya cuma mau ucapin terima kasih, sdh membuat artikel yg sangat bermanfaat.

  • Wahyudiannur:
    10 Sep 2017 · 23:53

    Samsung j7 pro saya ketika habis di reset pabrik tidak bisa memutar musik dari sd card..padahal sudah di pindahkan ke memory internal tetap masih saja tidak bisa memutar musik…
    Mohon pencerahannya …terima kasih

    • 11 Sep 2017 · 22:15

      Halo gah Wahyu. Saat memutar musik, ada error yang muncul? Agan menggunakan aplikasi pemutar musik apa? Play Musik?

  • abdul rahman:
    10 Sep 2017 · 11:53

    kenapa y hp samsung j7 pro bru 1 minggu sy pake kog kepala chargernya sama hpnya panas dua2nya pd saat dicharge pdhal posisi hp sy nonaktifkan??
    apa ini indikasi ad kerusakan??

    • 10 Sep 2017 · 18:32

      Halo gan Abdul Rahman. Pada saat sedang mengisi, charger dan hp menjadi agak panas adalah hal yang wajar, walaupun hp dalam keadaan mati. Yang penting, saat baterai terisi penuh, charger dan hp tidak panas meski masih terhubung. Selain itu, selama panasnya masih bisa ditolerir saat disentuh langsung, seharusnya tidak ada masalah.

    • bas:
      18 Sep 2017 · 14:28

      kasus nya sama kayak sya baru 1 mggu beli

  • Han:
    09 Sep 2017 · 15:50

    Maaf ni mau nanya,aku punya j7 pro tapi setelah berapa hari aku pakai tiba tiba ada muncul tanda (+) diatas layar dekat jaringan, itu tandanya apa ya, ?seblumnya trimaksih

    • Han:
      09 Sep 2017 · 16:09

      Lupa 1 lagi ni j7 pro anti air gak ?

      • 09 Sep 2017 · 16:34

        Tidak, gan, Galaxy J7 Pro tidak memiliki ketahanan air dan debu.

    • 09 Sep 2017 · 16:33

      Halo gan Han. Apakah tanda + berada di sebelah huruf H (terlihat H+)? Jika demikian, itu adalah indikator jaringan HDSPA (3.5G) sedang digunakan. Biasanya aktif saat panggilan data sedang berlangsung pada operator tertentu.

      • Han:
        09 Sep 2017 · 17:11

        maksud aku disebelah jaringannya ada tanda + yg dilingkari ,bukan jaringan H+ nya , trimaksih

        • 09 Sep 2017 · 17:57

          Maksud agan seperti gambar di bawah ini?

          Itu adalah icon data saver atau penghemat data, mengindikasikan sisa kuota dari yang agan atur di awal. Pengaturannya ada di menu Pengaturan > Koneksi > Penggunaan Data > Penghemat Data.

          • Rehan:
            09 Sep 2017 · 19:18

            Betul sekali ,terimakasih informasinya

  • Nurhayati:
    09 Sep 2017 · 14:39

    Gan mau nny ni..
    Apliikasi bawaan dri samsung j7 pro aplikasi ap aja ya gan ???

    • 09 Sep 2017 · 16:41

      Halo gan Nurhayati. Aplikasi bawaan di Galaxy J7 Pro sudah ane bahas di ulasan di atas. Ini tautannya. Silahkan disimak, gan.

  • susi:
    05 Sep 2017 · 20:58

    hallo gan saya mau tanya j7 pro apa ada lampu led nya jika ada pesan dll…lmpu nya kedap kedip seperti blackberri punya taw j7 prime….tolong bantu jawab yaach

  • rina:
    05 Sep 2017 · 13:42

    apakah j 7 pro bisa di pake dua wa

  • Amjad:
    03 Sep 2017 · 23:28

    Assalamualaikum.. maaf sebelumnya.. saya sudah pakai samsung j7 pro.. tapi apakah ada cara agar kamera depan tidam berefek. Karena pada saat melakukan video call dengan kamera depan hasilnya terlalu bersih. Tidak sesuai dengan warna kulit wajah saya.. jadi originalitas gambar yg dihasilkan agak kurang asli. Dan kebetulan yg saya telpon mengatakan kenapa hasilnya bgni.. kalo ada solusi dipersilahkan..terima kasih..

    • 04 Sep 2017 · 21:48

      Halo gan Amjad. Untuk mematikan efek “Beautification”, agan bisa klik logo wajah di kanan bawah (atau kanan atas jika posisi hp landscape) di tampilan kamera, lalu menggeser slider “Warna Kulit”, “Wajah Ramping” dan “Mata Besar” ke nol. Dengan pengaturan tersebut, wajah yang dipotret akan seperti aslinya.

  • Elis:
    31 Aug 2017 · 14:07

    Apakah samsung j7 pro ada lampu led nya.. apa bila ada pesan /bbm akan kluar chaya

  • rei:
    24 Aug 2017 · 13:02

    Bagaimana hasil foto kamera belakang dibanding J7 prime? Dengan harga yang lumayan jauh, apakah worth it? Makasih

    • 25 Aug 2017 · 20:46

      Halo gan Rei. Iya, gan, hasil jepretan kamera belakang Galaxy J7 Pro lebih bagus, baik pada kondisi cahaya cukup maupun cahaya minim, berkat bukaan lensa yang lebih besar f/1.7 pada J7 Pro versus f/1.9 pada J7 Prime.

      Selisih harga yang jauh antara J7 Pro dan J7 Prime (terpaut sekitar Rp. 800 ribu saat ini) cukup pantas berkat keunggulan J7 Pro pada:
      1. Kamera belakang dan depan lebih baik
      2. Layar S-AMOLED dengan warna yang lebih kontras dan hemat daya
      3. Baterai lebih besar 3,600mAh vs. 3,300mAh pada J7 Prime
      4. Dukungan fitur Always-On Display, menggantikan fungsi lampu notifikasi LED
      5. Android 7.0 Nougat yang lebih mulus dan mudah penggunaannya
      6. Sensor Gyro & Magnetik yang tidak ada pada J7 Prime

      Semoga membantu.

      • Rei:
        25 Aug 2017 · 22:17

        Trima kasih banyak penjelasannya. kebetulan hari ini jadinya beli J7 Pro. Baca ulasan agan jd makin jelas dan nggak nyesel beli nya..mantap..

  • Hadi:
    20 Aug 2017 · 10:27

    Gan, j7 pro ini sdh ada gorila glass lom ya? Soalnya ada artikel yg tulis ada..ada yg gak ada..bingung mana yg bener. kalo ada gorila glass brp? Thx gan

    • 20 Aug 2017 · 19:55

      Halo gan Hadi. Di situs Galaxy J7 Pro resmi, tidak disebutkan adanya perlindungan Gorilla Glass. Mungkin artikel lain berasumsi kaca pada Galaxy J7 Pro sama dengan kaca Galaxy J7 Prime yang memang terbuat dari Gorilla Glass 4. Jadi, ane yakin J7 Pro tidak dilindungi Gorilla Glass versi berapa pun.

      • Hadi:
        21 Aug 2017 · 00:44

        Ok gan thx infonya..

  • Rona:
    15 Aug 2017 · 08:25

    Gan ane mau nanya, untuk pencinta game sg j7 pro recomended banget atau ngga soalnya prosesornya 1.6 ghz ditakutkan lemot, apa ngaruh untuk 1.6 ghz tersebut??

    • 15 Aug 2017 · 20:26

      Halo gan Rona. Untuk game 3D berat, sebenarnya masih OK. Ane sudah coba game Mobile Legends, Legacy dan Modern Combat 5 masih bisa dimainkan di J7 Pro. Kalau untuk bermain game 2D di J7 Pro lancar jaya, gan.

      Agan rencana mau bermain game apa? Ane bisa tes dulu di unit J7 Pro ane.

  • dini:
    11 Aug 2017 · 18:26

    halo. Numpang nanya gan, dari segala aspek bagusan sg j7 pro apa oppo f3 ya? Tq

    • 11 Aug 2017 · 18:33

      Halo gan Dini. Galaxy J7 Pro dan Oppo F3 memiliki keunggulan masing-masing. Jadi untuk memilih di antara keduanya tergantung dari kebutuhan ane.

      Ane menyarankan Oppo F3 JIKA agan hobi Selfie / Wefie karena kamera depannya jauh lebih baik dari J7 Pro.
      Ane menyarankan Galaxy J7 Pro JIKA agan ingin hp yang baterainya tahan lama dan ingin bermain game yang membutuhkan sensor gyro dan kompas, karena Oppo F3 tidak memiliki kedua sensor tersebut.

      Dari segi performa, keduanya terbilang setara, dengan Oppo F3 sedikit lebih unggul berkat RAM dan ROM yang lebih besar dari J7 Pro.

      Perbandingan spesifikasi lengkapnya ada di tautan ini ya, gan.

      • dini:
        11 Aug 2017 · 20:39

        oke mksh ya info nya. Sangat membantu gan (y)

  • rere:
    10 Aug 2017 · 04:59

    Kenapa blum ada ulasan ttg kamera depan nya.??
    Tolong di bantu ulasan kamera dpan nya juga min..
    Tq..

    • 11 Aug 2017 · 18:40

      Siaapp laksanakan, gan Rere. Ditunggu yaa untuk ulasan kamera depannya..

createTulis Komentar

• Alamat Email Anda Tidak Akan Dipublikasikan.
• Harap Maklum: Komentar akan melalui Tahap Moderasi, jadi tidak langsung muncul di sini :-).