Galaxy J7 Prime – Ulasan

Galaxy J7 Prime

Rating UlasAbis:
8

Desain

8.5

Performance

8.2

Fitur

7.5

Value for Money

7.8
Keunggulan:
+ Chipset dan RAM mumpuni
+ Baterai berkapasitas cukup besar 3,300mAh, mampu bertahan 2 hari lebih
+ Desain layar 2.5D tampil apik
+ Kamera 13MP dengan f/1.9
Kekurangan:
- Agak mahal untuk spek dan fitur yang ditawarkan
- Tidak ada sensor cahaya, sensor gyro dan sensor magnetik / kompas


 

Diperkenalkan pada bulan Oktober 2016 lalu, Samsung memposisikan Galaxy J7 Prime sebagai ponsel menengah dengan desain keren dan sarat fitur pintar dengan mengambil tagline “Intelligence In Style”.


Samsung Galaxy J7 Prime

Pantauan Harga:

Spesifikasi umum Galaxy J7 Prime:

  • Kisaran harga Rp. 3.7 juta (per Nov 2016) Versi RAM 3GB / ROM 32GB
  • Layar IPS 5.5 inci beresolusi FHD 1920×1080 (401 ppi)
  • Layar dengan desain 2.5D dan perlindungan Gorilla Glass 4
  • Chipset Samsung Exynos 7 Octa 7870 dengan 8-inti CPU Cortex-A53 @1.6GHz dan GPU Mali-T830MP2
  • RAM 3GB LPDDR3 Dual Channel
  • ROM 32GB dengan slot expansi terdedikasi MicroSD sampai 128GB
  • Android Marshmallow 6.0.1
  • Bodi Berbahan Metal dan Kaca 2.5D
  • Ketebalan hanya 8.1mm, Bobot 168gr
  • Kamera Utama 13MP diafragma f/1.9
  • Kamera Depan 8MP wide-angle, diafragma f/1.9
  • Baterai kapasitas 3,300mAh
  • Dukungan seluruh jaringan 4G-LTE di Indonesia
  • Wifi b/g/n, Bluetooth 4.1, FM Radio dan USB OTG
  • Sensor Pemindai Sidik Jari tertanam di tombol home

Kekurangan:

  • Baterai tidak dapat diganti
  • Tidak ada sensor cahaya, gyro dan sensor magnetik / kompas
  • Agak berat (175 gr) untuk ponsel pintar 5.5 inci

Sebagai penerus Galaxy J7 2016, Galaxy J7 Prime memiliki spek, fitur dan desain yang ditingkatkan. Kedua ponsel ini ditawarkan dengan kisaran harga yang sama saat pertama kali diluncurkan, yaitu sekitar Rp. 3.6 juta.

Dibandingkan dengan Galaxy J7 2016, Galaxy J7 Prime memiliki beberapa perbedaan:

  • Dilengkapi sensor pemindai sidik jari di tombol home
  • Layar berteknologi IPS, versus Super AMOLED pada J7 2016
  • Layar beresolusi Full HD 1920 x 1080, versus layar HD 1280 x 720 pada J7 2016
  • Desain layar 2.5D
  • Tersedia dengan ROM 32GB dan RAM 3GB
  • Sistem operasi berbasis Android 6.0

Cek: Spesifikasi detail Galaxy J7 Prime di sini

Paket Penjualan


Box retail Galaxy J7 Prime


Isi di dalam box: perangkat utama, charger dan kabel, panduan singkat, pin pembuka slot SIM dan earphone

Samsung Galaxy J7 Prime dikemas dalam kotak sederhana berwarna putih polos. Di dalam kotak terdapat unit Galaxy J7 Prime, charger dengan output 7.55W, kabel data 80cm, earphone Samsung, panduan singkat dan pin pembuka slot SIM-card.

Di kemasan bagian belakang tertulis spesifikasi ponsel di dalamnya. Satu hal yang perlu di-highlight, tertera di kemasan bahwa ponsel ini dibuat di Indonesia tepatnya di pabrik Samsung Electronic Indonesia di Cikarang, Bekasi. Kabel USB dan earphone juga disebut buatan Indonesia pada plastik selongsong. Hanya charger yang tertulis buatan negara lain.

Desain, Bentuk dan Kualitas Material


Galaxy J7 Prime memiliki desain elegan berkat layar 2.5D

Mulai semester 2 tahun 2016 ini, Samsung menerapkan bahasa desain baru untuk ponsel menengahnya. Layar 2.5D mulai diadopsi sejak ponsel seri Galaxy A 2016 dan diturunkan ke seri Galaxy J Prime. Desain ini memberikan J7 Prime terkesan lebih elegan dibanding desain layar rata seperti pada J7 2016, namun tetap sederhana.


Bagian atas layar

Di bagian atas layar terdapat speaker saat panggilan, kamera depan dan sensor proximity. Biasanya di sebelah sensor proximity terdapat sensor cahaya yang dapat mengatur terangnya tampilan layar utama. Namun J7 Prime tidak dilengkapi dengan sensor cahaya, walaupun tampak terdapat slot kosong untuk sensor cahaya.


Lampu LED notifikasi

Di samping sensor proximity terdapat lampu notifikasi RGB yang menyala cukup terang. Sayangnya di dalam pengaturan tidak ada cara untuk mengganti warna lampu untuk disesuaikan dengan jenis notifikasi. Walaupun demikian, lampu notifikasi tetap menyala biru saat ada notifikasi yang aktif. Saat di-charge, lampu notifikasi akan menyala merah dan hijau saat baterai penuh.

Aplikasi tertentu mendukung personalisasi warna lampu notifikasi. Contohnya adalah WhatsApp, dengan pengaturan di dalam aplikasi tersebut, warna lampu dapat diubah untuk notifikasi pesan pribadi dan notifikasi pesan grup. Aplikasi lain yang dapat memodifikasi warna lampu juga didukung oleh Galaxy J7 Prime.


Bagian bawah layar

Tombol home di bawah layar dibingkai dengan pola logam sehingga berkesan premium. Permukaan tombol tidak terbuat dari kaca, melainkan dari plastik. Hal ini tampak jelas saat pantulan cahaya diarahkan ke tombol dan kaca di sekelilingnya, terlihat tekstur yang berbeda. Hal ini wajar karena di bawah permukaan tombol ini terdapat sensor pemindai sidik jari optis yang tidak dapat membaca menembus kaca.

Di kiri dan kanan tombol home terdapat tombol kapasitif untuk navigasi. Tombol ini tidak memiliki lampu backlight, sehingga agak sulit untuk melihat simbol pada tombol saat keadaan gelap. Dalam keadaan terang, simbol dapat mudah terlihat karena simbol terbuat dari bahan reflektif. Namun ini tidak masalah karena setelah terbiasa, pengguna akan hafal posisi tombol dengan sendirinya. Hanya perlu penyesuaian.


Bagian atas panel belakang

Pada bagian belakang terdapat kamera utama di bagian tengah atas dan lampu flash LED tunggal di sebelahnya. Kamera utama dilapisi kaca pelindung dan posisinya di bawah permukaan panel belakang sehingga tidak ada tonjolan. Logo Samsung tepat berada di bawah kamera utama.

Panel belakang didominasi bahan metal yang kokoh dan terasa dingin di tangan. Bagian ujung atas panel belakang terdapat bagian yang terbuat dari plastik dengan warna sedikit berbeda dari panel berbahan metal. Bagian plastik ini menyimpan antena jaringan atau antena WiFi.


Bagian bawah panel belakang

Di bagian bawah panel belakang hanya ada tulisan model perangkat, keterangan sertifikat CE, nomor serial dan nomor IMEI. Bagian ujung bawah juga terdapat bagian yang terbuat dari plasti, sepertinya juga digunakan untuk meletakkan antena.


Gambar Atas ke Bawah: Bagian samping kiri, Bagian bawah, Bagian samping kanan dan Bagian atas perangkat Galaxy J7 Prime

Bagian samping kiri dan kanan Galaxy J7 Prime terbuat dari bahan metal dan masih panel yang sama dengan bagian belakang perangkat. Antara bagian belakang dan samping seluruhnya berbentuk melengkung. Saat digenggam, lengkungan ini memberikan pegangan yang lebih mantap.

Hal yang khas di ponsel buatan Samsung, tombol volume up dan down terdapat di bagian samping kiri, terpisah dari tombol power / kunci yang terpasang di sebelah kanan. Di samping kiri juga terdapat dua slot yaitu slot kartu SIM ke-1 dan slot kartu SIM ke-2 + kartu microSD. Galaxy J7 Prime mendukung penggunaan dua kartu SIM dan satu kartu microSD secara bersamaan.

Pada sisi bagian atas tidak terdapat apapun alias kosong melompong. Pada sisi bawah terdapat port micro-USB 2.0 dan port audio 3.5mm di sebelah kanannya.


Galaxy J7 Prime terasa ringan di tangan namun tetap mantap digenggam

Galaxy J7 Prime memiliki bobot 168gr dengan baterai terpasang tanpa aksesoris. Dibanding dengan ponsel dengan layar 5.5 inci, J7 Prime tergolong sedikit di atas rata-rata. Berat ponsel berlayar 5.5 inci dengan baterai di atas 3,000mAh adalah 164gr.

Berkat panel bagian belakang berbahan metal dengan pinggiran melengkung, J7 Prime terasa nyaman dan mantap dipegang. Namun permukaan metal ini bertekstur mulus sehingga agak licin sehingga harus lebih berhati-hati saat memegang dengan gaya yang tidak biasa.

Layar Galaxy J7 Prime terproteksi oleh Gorilla Glass 4 sehingga dapat memberikan perlindungan terhadap goresan benda keras. Kuku pengguna hingga kunci tidak mudah menggores layar J7 Prime.

Layar dan Tampilan

Kualitas layar Galaxy J7 Prime tergolong mainstream. Layar PLS LCD TFT, atau secara umum disebut IPS, yang memiliki resolusi Full HD 1920 x 1080 cukup banyak ditemui pada model ponsel kelas menengah, bahkan di kelas lebih bawah dari J7 Prime. Warna yang dihasilkan layar ini cukup kontras dan cerah. Namun pada J7 Prime, warna yang muncul agak over-saturated, dengan warna terang terlalu dominan dibanding warna gelap.

Layar IPS J7 Prime memiliki sudut pandang yang lebar. Saat dilihat dari sudut 60 derajat, warna masih tampak konsisten namun dengan tingkat luminasi yang berkurang. Bahkan pada sudut 80 derajat, gambar dan tulisan pada situs berita masih dapat terbaca.


Layar IPS Galaxy J7 Prime (kiri) vs. Layar AMOLED Xiaomi Redmi Pro (kanan)

Jika dibandingkan layar AMOLED, tentu layar IPS kalah dalam hal rasio kontras. Warna hitam yang dihasilkan layar IPS kalah gelap sementara untuk warna putih hampir sama, sehingga rasio kontras layar AMOLED jauh lebih besar dari layar IPS. Hasil perbandingan, layar AMOLED Redmi Pro tampak lebih kontras dibanding layar IPS J7 Prime yang memiliki warna lebih “rata” alias tidak kontras.


Layar Galaxy J7 Prime (kiri) di bawah sinar matahari langsung dengan mode Outdoor

Keunggulan layar IPS adalah kemampuan menghasilkan kecerahan maksimum yang tinggi. Layar Galaxy J7 Prime dapat digunakan di bawah sinar matahari langsung dengan mode Outdoor aktif. Mode ini secara sementara meningkatkan kecerahan layar ke tingkat tertinggi. Sayangnya mode Outdoor harus diaktifkan secara manual karena tidak adanya sensor cahaya.

Secara keseluruhan, layar Galaxy J7 Prime cukup nyaman di mata. Kepadatan piksel 401 ppi membuat gambar dan tulisan terlihat tajam dan jelas. Reproduksi warna cukup baik dan kecerahan maksimum sangat tinggi sehingga memudahkan penggunaan luar ruang. Semuanya ini akan lebih mantap apabila ada sensor cahaya untuk mengatur kecerahan layar secara otomatis. Sayangnya tidak ada sensor cahaya terpasang di J7 Prime.

Performa


Spek Galaxy J7 Prime

Skor AnTuTu: 46,466

Ranking 50

Galaxy J7 Prime ditenagai oleh chipset buatan Samsung Exynos 7 Octa 7870 yang memiliki 8-inti CPU Cortex-A53 @1.6GHz dan pengolah grafis Mali-T830 MP2. Chipset ini merupakan chipset dengan performa tertinggi kedua yang dimiliki Samsung saat ulasan ini dibuat, setelah Exynos 8890 yang dipakai pada seri Samsung Galaxy S7 dan Meizu Pro 6 Plus.

RAM yang digunakan pada J7 Prime memiliki kapasitas 3GB dengan tipe LPDDR3 sementara ROM berkapasitas 32GB. ROM ini menggunakan teknologi eMMC 5.1.

Hasil uji benchmark AnTuTu, Galaxy J7 Prime mampu menghasilkan skor 46,466. Skor ini cukup tinggi bila dibandingkan dengan ponsel keluaran tahun 2015 lalu. Di urutan skor AnTuTu, ponsel ini hanya bertengger di urutan ke-50, di bawah ponsel kelas atas tahun lalu seperti Xiaomi Mi 4S, iPhone 5S dan LG V10.

Jika disimak lebih detil, Galaxy J7 Prime meraih skor cukup baik untuk CPU dan RAM, namun ketinggalan di skor 3D dan UX. Dibanding ponsel di kisaran harga yang sama dari Xiaomi, yaitu Redmi Note 4, skor 3D J7 Prime hanya sepertiganya saja dan skor UX kurang dari setengahnya.

Terlepas dari skor benchmark, penggunaan normal J7 Prime sebenarnya cukup nyaman. Transisi antar halaman dan aplikasi cukup mulus. Saat multi-tasking, pergantian antar aplikasi berat cukup lancar. Hal ini berkat RAM 3GB yang mumpuni untuk peluncuran beberapa aplikasi berat. Bagi pengguna yang sering membuka aplikasi media sosial seperti Facebook, BBM, WhatsApp, Instagram dan Path dapat menjalankan aplikasi tersebut dengan mudah, secara bersamaan.

Untuk bermain game, ponsel ini lebih dari mampu memainkan game populer seperti Clash of Clans dan Clash Royale. Permainan berjalan mulus tanpa lag, bahkan ketika animasi yang intens layar masih dapat digerakkan dengan lancar. Peluncuran aplikasi game Clash of Clans termasuk cepat. Hanya dibutuhkan waktu 9.8 detik untuk memuat game ini sampai siap dimainkan.

Performa lainnya yang patut diulas adalah sensor pemindai sidik jari. Samsung meletakkan sensor ini di bawah permukaan tombol home di bawah layar.


Sensor pemindai sidik jari di tombol home

Saat digunakan, sensor pemindai sidik jari ini mampu mengenali sidik jari dengan sangat cepat, yakni di bawah 1 detik. Hanya dengan meletakkan ujung jari di atas sensor, layar sudah terbuka kuncinya dan masuk ke tampilan home. Sensor mampu membaca sidik jari walaupun jari diposisikan agak miring, namun dengan waktu yang sedikit lebih lama, sekitar 1.2 detik.

Samsung J7 Prime mampu merekam sampai dengan 5 sidik jari. Jadi pengguna dapat mendaftarkan lima jarinya atau memasukkan sidik jari orang lain ke ponsel J7 Prime.

Saat dicoba dengan jari yang basah, sensor pada J7 Prime tidak mengenali sidik jari. Walaupun dicoba dengan berbagai posisi berkali-kali, sensor tetap gagal membaca sidik jari. Hal ini wajar dengan sensor sidik jari berteknologi optis seperti yang digunakan pada J7 Prime. Pastikan tangan Anda bersih dari air dan minyak saat akan menggunakan sensor sidik jari pada ponsel ini.

Tampilan Antarmuka & Aplikasi Terpasang


Tampilan Home

Halaman ke-2

Tampilan menu utama


Menu utama hal 2

Aplikasi Microsoft

Aplikasi Google

Galaxy J7 Prime menggunakan sistem operasi Android 6.0 Marshmallow berbalut tema khas Samsung dengan icon membulat. Samsung juga memasangkan beberapa aplikasi buatan Samsung seperti S Planner, S Health, Galaxy Apps, Samsung Notes dan Galaxy Gift Indonesia. Yang terakhir merupakan aplikasi promosi pada merchant yang bekerja sama dan isinya berbeda-beda setiap hari.

Selain itu terdapat aplikasi bawaan lainnya langsung terpasang sejak awal, yaitu Line. Namun pengguna dapat menghapus aplikasi ini melalui menu pengaturan aplikasi. Ada juga aplikasi Opera Max yang dapat menghemat penggunaan data saat berinternet. Aplikasi ini mengkompres data gambar, musik dan video sehingga data yang diunggah atau unduh menjadi lebih sedikit.


Aplikasi Samsung Notes

Aplikasi Opera Max 1

Aplikasi Opera Max 2


Aplikasi Opera Max 3

Aplikasi Galaxy Apps

Aplikasi Galaxy Gift Indonesia

Aplikasi dasar seperti panggilan, kontak, pesan, kalkulator, galeri dan kalender memiliki tampilan sederhana namun tetap bermanfaat dan memiliki fungsi lengkap.


Aplikasi Panggilan

Aplikasi Kontak

Aplikasi Pesan


Aplikasi Kalender

Aplikasi Galeri

Aplikasi Kalkulator

Kinerja Baterai


Penggunaan Daya

Browsing dan Game 5 jam

Baterai sampai 31 jam

Samsung Galaxy J7 Prime dibekali dengan baterai berkapasitas 3,300mAh. Saat diuji, baterai ini dapat melayani aktivitas browsing dan bermain game selama 2 jam dalam jangka waktu 5 jam (3 jam sisanya dalam keadaan standby) dengan hanya menggunakan 11% daya baterai. Dalam keadaan ini, baterai dapat bertahan hingga 31 jam lebih atau 2.5 hari.

Hal ini cukup mengejutkan mengingat baterai Redmi Note 4 yang berkapasitas 4,050mAh hanya mampu dipakai 1 hari 20 jam sebelum harus di-charge. Kemungkinan chipset Exynos 7870 yang efisien membantu penggunaan baterai lebih lama.


Belum mendukung Fast Charging

Isi daya sampai 3 jam

Untuk pengisian daya, Galaxy J7 Prime tidak mendukung pengisian cepat. Dengan charger 2A / 5V bawaan, perangkat hanya menyedot arus 1A pada 5V. Baterai terisi penuh dari kapasitas 15% ke 100% dalam waktu 2 jam 54 menit.

Kualitas Kamera

Galaxy J7 Prime dibekali kamera utama dengan resolusi 13MP dan bukaan lensa f/1.9. Dengan diafragma sebesar ini, kamera J7 Prime memiliki performa yang baik saat kondisi cahaya kurang. Saat kondisi cahaya cukup, hasil jepretan J7 Prime terbilang baik, dengan saturasi warna dan exposure seimbang saat menggunakan modus auto. Simak hasilnya di bawah ini.


Foto 1: Modus normal / auto, kondisi cahaya mendung (overcast), rasio aspek 4:3


Foto 2: Modus normal / auto, kondisi cahaya mendung (overcast), rasio aspek 4:3


Detail zoom foto 2, detail cukup tajam


Foto 3: Modus normal / auto, kondisi malam hari, rasio aspek 4:3

Hasil jepretan pada malam hari tampak cukup baik dengan modus auto. Tidak ada noise yang muncul. Namun, seperti halnya kamera pada ponsel kelas menengah, detail tampak kurang jelas pada pengambilan foto malam hari. Selain itu autofocus terasa agak lama dan terkadang gagal mengunci objek gelap. Ini disebabkan kamera J7 Prime menggunakan deteksi kontras untuk mencari fokus pada objek, sehingga saat kontras kurang baik fokus tidak terkunci.

Sekarang, kita lihat fitur fotografi di aplikasi kamera pada Galaxy J7 Prime.


Tampilan app kamera

Pengaturan kamera

Pilihan ukuran jepretan


Pilihan efek & filter

Pilihan modus kamera utama

Pilihan modus kamera depan


Modus Pro – kendali ISO

Modus Pro – kendali WB

Modus Pro – kendali EV

Kamera utama Galaxy J7 Prime mendukung pengambilan gambar modus HDR, modus Pro dan Panorama. Pada modus HDR pengguna dapat mengambil gambar objek dengan latar belakang cahaya lebih terang. Program akan mengambil gambar yang sama dua kali dengan tingkat exposure berbeda, lalu menggabungkan untuk menghasilkan gambar antara objek dan latar yang sama tingkat terangnya.

Dalam modus Pro atau biasa disebut manual, pengguna dapat memilih pengaturan White Balance (WB), Exposure Value (EV) dan tingkat ISO. WB yang dapat dipilih ada 5, yaitu auto, incandescent, fluorescent, daylight dan cloudy. EV dapat dipilih -2 sampai +2 dengan incremental 1 EV. Sementara untuk ISO terdapat pilihan ISO 100 – 800 dan auto.


Foto 4: Modus normal, rasio aspek 4:3. Jarak terdekat fokus kamera pada 6.5cm

Penguncian fokus pada kamera utama J7 Prime menggunakan deteksi kontras yang memiliki performa cukup baik pada kondisi cahaya terang. Pada kondisi gelap atau tanpa kontras, fokus sukar diperoleh. Untuk fotografi makro atau jarak dekat, kamera ini mampu mengunci fokus sampai 6.5cm. Latar blur atau bokeh yang dihasilkan cukup bagus, berkat bukaan lensa yang tergolong besar yakni f/1.9.

Kualitas Audio & FM Radio


Tampilan app Radio

Tampilan app Play Music

Tampilan Now Playing

Galaxy J7 Prime memiliki fitur audio standar. FM Radio, pemutar musik dari Google Play Music dan speaker mono di sisi samping kanan ponsel. Port audio 3.5mm terdapat di sisi bawah sebelah kanan. Penempatan ini cukup baik karena tidak mengganggu kabel USB.

FM Radio mendukung seluruh jenis stasiun di band FM saja. Penggunaan di jaringan AM tidak dapat dipilih. RDS juga didukung di ponsel ini. Resepsi sinyal FM radio pada J7 Prime tergolong baik dengan noise yang minimum. Dibanding Galaxy A3 keluaran pertama, Galaxy J7 Prime menghasilkan tayangan radio lebih jernih. Aplikasi Radio ini mendukung perekaman siaran radio.

Pemutar audio yang menggunakan aplikasi dari Google yaitu Play Music terbilang biasa saja. Pengaturan equalizer dilakukan melalui aplikasi ini. Tidak ada yang istimewa di sini, hanya fungsi standar.

Kesimpulan dan Rekomendasi

Galaxy J7 Prime merupakan ponsel dengan performa cukup baik untuk ponsel kelas menengah keluaran Samsung. Dibanderol dengan harga Rp. 3.7 juta saat diluncurkan, J7 Prime menawarkan desain yang lebih baik dibanding ponsel pendahulunya J7 2016. Bisa dibilang desain J7 Prime baru dengan layar 2.5D menjadi alasan ponsel ini cukup banyak diminati.

Selain desain, chipset yang mumpuni, RAM berkapasitas 3GB dan ROM 32GB menjadi alasan ponsel ini mampu melayani kebutuhan penggunaan beberapa aplikasi bersamaan sampai untuk bermain game populer saat ini. Layar 5.5 inci sangat tajam dengan 401 ppi dan kecerahan maksimum yang tinggi mampu digunakan di luar ruang. Sayangnya sensor cahaya tidak tersedia, sehingga pengguna harus sering mengatur kecerahan layar secara manual dengan membuka slider pengaturan cepat.

Ponsel penantang Galaxy J7 Prime yang paling jelas adalah ponsel keluaran Xiaomi yaitu Redmi Note 4. Dibanderol jauh lebih murah di kisaran Rp. 2.5 juta, Redmi Note 4 memiliki chipset lebih bertenaga Helio X20 10-inti CPU, ROM lebih besar 64GB dan sensor lengkap termasuk sensor cahaya. Namun ponsel Xiaomi ini tidak tersedia secara resmi di Indonesia sehingga tanpa perlindungan garansi yang baik seperti Galaxy J7 Prime.


Xiaomi Redmi Note 4

Cek: Ulasan Lengkap Xiaomi Redmi Note 4 di sini!

Ponsel lain yang setara adalah Lenovo K4 Note. Dengan layar 5.5 inci IPS Full HD, Lenovo K4 Note ditenagai chipset 8-inti besutan MediaTek dan RAM 3GB yang memiliki performa sama dengan J7 Prime. ROM ponsel ini lebih kecil yaitu 16GB, namun sama-sama mendukung sensor sidik jari, micro-SD sampai 128GB, kamera utama 13MP dan baterai 3,300mAh. Ponsel ini tersedia resmi dari Lenovo Indonesia pada harga Rp. 2.6 juta, jauh lebih murah dari Galaxy J7 Prime.


Lenovo K4 Note

Cek: Perbandingan Galaxy J7 Prime vs. K4 Note di tautan ini.

(cyt)

Ada pertanyaan mengenai Galaxy J7 Prime?
Silahkan tulis pertanyaan Anda di Kolom Komentar di bawah ini, tim Ulas-Master akan mencoba memberikan Solusi-nya!
comment

435 Komentar

  • Daffa sumarno:
    25 Jul 2017 · 18:07

    Gan j7 prime ane ko saat mau aktifin mode hemat daya aplksi gbsa ya? Ada tulisan “tidak dapat digunakan ketika mode hemat daya ultra nonaktif, silahkan matikan mode hemat daya ultra dan coba lagi” pdhl mode hemat daya ane mati ko gan, mksih

  • ete saputra:
    24 Jul 2017 · 15:08

    Gan hp ane tadi pagi ada notif pembaruan perangkat sebesar 141mb’an kalo gk salah. Menurut agan bagusnya di upgrade atau tidak gan? Makasih ulasabis.com

    • 24 Jul 2017 · 21:31

      Halo gan Ete Saputra. Ane sudah pasang update itu di J7 Prime ane. Update ini membawa Patch Keamanan Android 1 Juni 2017, salah satu yang terbaru. Tapi selebihnya ane tidak melihat ada perubahan pada fitur atau tampilan. Meskipun begitu, ane selalu sarankan mengupdate sistem operasi ke versi yang terbaru untuk keamanan perangkat dari virus / malware, gan.

  • Windhy:
    24 Jul 2017 · 11:15

    min minta penjelasan aplikasi kontak saya ke nonaktif ,jd saya buka kontak gak bs , trus caranya mengaktifkan kembali masuk dimenu mana ya, saya pakai samsung j7 prime..trimakasih

    • 24 Jul 2017 · 20:59

      Halo gan Windhy. Untuk mengaktifkan aplikasi kontak, agan bisa coba menu Pengaturan > Pilih “Aplikasi” > Pilih “Manajer Aplikasi” > Pilih “Kontak” > Pilih “Aktifkan”.

      Jika aplikasi aktif namun Kontak tidak muncul, agan bisa coba ke Pengaturan > Aplikasi > Aplikasi Default > Aplikasi Panggilan > Pilih “Kontak”.

  • rosalia:
    24 Jul 2017 · 09:40

    kok led notifikasi ku gak nyala ya? padahal hp dalam posisi trkunci skrg gmna cara aktifin lg? bisa g? udah q lihat di pngaturan lo? bantu ya?

    • 24 Jul 2017 · 20:53

      Halo gan Rosalia. Agan bisa memastikan pengaturan lampu LED notifikasi benar, yaitu di menu Pengaturan > Tampilan > “Indikator LED” dalam posisi aktif. LED notifikasi akan aktif jika ponsel dalam keadaan terkunci dan ada notifikasi baru, sedang diisi daya atau sedang merekam suara.

  • Jefri:
    24 Jul 2017 · 06:12

    Gan mohon pencerahannya, saya baru2 ini pasang SD card dari hp yang lama, awalnya terbaca dan bisa di lihat data2nya, tapi belakangan SD cardnya berstatus “corrupted”, kemudian saya restart, nah bisa lagi trbaca, tapi setelah mematikan dan menghidupkan HP, statusnya corrupted lagi sampai saat ini dan tidak bisa terbaca lagi, kenapa ya ? Thanks

    • 24 Jul 2017 · 20:42

      Halo gan Jefri. Ane curiganya kartu SD Card agan terkena “bad sectors”, atau bagian dari memori yang tidak bisa terbaca lagi sehingga disebut “corrupted” oleh hp. Agan bisa mencoba memulihkan kartu SD Card. Caranya:
      Backup data:
      1. Masukkan SD Card ke cardreader komputer / laptop
      2. Copy seluruh file di SD Card ke folder di desktop komputer / laptop

      Format SD Card:
      1. Buka “My Computer”
      2. Klik kanan ke drive SD Card
      3. Pilih “Format”
      4. Pilih “Start”
      5. Setelah selesai, kembalikan data agan ke SD Card
      Semoga berhasil.

  • Nadia:
    23 Jul 2017 · 20:22

    Gan, smenjak saya ganti hp samsung galaxy j7 prime ini kupon starbucks di line saya tidak tertera. Apakah ada ksalahan pada hp saya ini?

    • 23 Jul 2017 · 23:50

      Halo gan Nadia. Memang begitu, gan, kupon-kupon lama tidak muncul lagi karena obrolan lama tidak ikut terbawa saat agan pindah hp. Ketika ada kupon baru, seharusnya agan akan tetap menerimanya.

      • Nadia:
        24 Jul 2017 · 01:52

        Tetapi saya tetap tidak menerima kupon baru. Apakah dengan saya mengganti hp ini dapat mempengaruhi hal tersebut?

        • 24 Jul 2017 · 20:33

          Gan, coba pastikan seluruh pengaturan ijin aplikasi Line sudah mencakup “Kontak”, “Lokasi” dan “Penyimpanan”. Caranya buka menu Pengaturan > Aplikasi > Manajer Aplikasi > LINE > Izin > Aktifkan “Kontak”, “Lokasi” dan “Penyimpanan” jika belum aktif. Opsi yang lain tetap apa adanya saja.

  • ramdhani:
    23 Jul 2017 · 00:17

    Gan, kalo jalanin google maps gmn caranya?
    Ga ada magnet compas soal nya
    Solusinya gimana gan??? ๐Ÿ™ ๐Ÿ˜ญ

    • 23 Jul 2017 · 13:18

      Halo gan Ramdhani. Meski tidak dilengkapi sensor magnetik / kompas, aplikasi Google Maps tetap dapat digunakan dan lokasi tetap dapat terkunci karena hanya memerlukan GPS saja. Hanya saja, tanpa sensor magnetik, arah agan menghadap tidak terlihat di peta (seperti di gambar bawah).


      Kiri: Tampilan GMaps tanpa sensor magnetik; Kanan: dengan sensor magnetik

  • Yuyun.karyadi:
    21 Jul 2017 · 08:41

    Maaf min mau nanya klo tombol kembalinya macet sama tampilan suka kembali sendiri kenapa ya ?
    Apa masalah hardwarenya atau gimana ?
    Thanks.

    • 22 Jul 2017 · 16:42

      Halo gan Yuyun. Maksud agan tombol kembalinya tidak responsif / tertunda ketika ditekan lalu selang beberapa saat tampilannya kembali sendiri? Jika benar, ini namanya lag akibat aplikasi-nya memakan terlalu banyak memori (RAM).

      Jika kejadian tombol kembali tidak responsif & tampilannya suka kembali sendiri terjadi terpisah, ane curiganya masalah hardware, ada yang short di tombol navigasi. Solusinya harus mengganti LCD assembly, gan.

  • Nadia:
    20 Jul 2017 · 19:19

    Halo gan mau nanya, cara foto otomatis tersimpan di kartu sd itu gmana ya?

    • 21 Jul 2017 · 19:07

      Halo ganwati Nadia. Pengaturan untuk menyimpan di kartu SD caranya:
      1. buka aplikasi Kamera
      2. pilih menu Pengaturan di sudut kiri atas (jika tidak ada, pilih “<" terlebih dahulu di sudut kanan atas) 3. pilih "Lokasi Penyimpanan" 4. pilih "Kartu SD" Semoga membantu.

      • Nadia:
        21 Jul 2017 · 19:53

        Ga ada kata “lokasi pnyimpanan” gan, gmana donk?

        • 21 Jul 2017 · 20:06

          Kalau pilihan “Lokasi Penyimpanan” tidak ada, berarti kartu SD tidak terbaca oleh hp, gan. Jika kartu SD terbaca, seharusnya tampilannya seperti ini, gan:

          • Nadia:
            21 Jul 2017 · 20:21

            Cara kartu sd terbaca oleh hp gmana ya?

          • 21 Jul 2017 · 20:31

            Kartu SD seharusnya terbaca secara otomatis ketika agan memasukkannya di tray kartu SD. Agan bisa memerika apakah kartu SD terbaca atau tidak melalui menu Pengaturan > Penyimpanan > Rincian (bagian atas setelah scan memori selesai) > Cek bagian paling bawah apakah ada tulisan kartu SD.

            Jika tidak ada, ane curiga kartu SD agan posisinya di tray tidak benar jadi tidak terbaca, atau sudah rusak.

  • Ryan Wahyu Alfian:
    20 Jul 2017 · 16:01

    Gan mau tanya, kalau buat main game mobile legend kok controlnya balik ke default lagi, padahal jari saya menunjuk ke arah yg saya tuju, setelah itu saya liat di forum. Rata2 j7 prime gitu semua. Apakah memang tdk bisa di buat game MOBA , RPG, saya baru beli 3 hari yang lalu. Saya kira handphone harga segitu pasti bagus. Ternyata lebih parah dr hp saya sebelumnya. Tolong gan ada solusi nya gak? Untuk touchscreen control j7 prime untuk bermain mobile legend. Makasih.

    • 21 Jul 2017 · 18:35

      Halo gan Ryan. Ane juga mengalami hal yang sama. Solusi ane saat ini adalah menggunakan controller game dengan koneksi bluetooth untuk bermain game dengan tombol d-pad virtual seperti Mobile Legends.

      • Ryan Wahyu Alfian:
        21 Jul 2017 · 22:43

        Kalau memakai joystick bluetooth apakah j7 prime saya harus di root, kebanyakan saya liat di inet, harus di root semua. Kalau agan bisa kasih tau caranya pakai josytick untuk bermain game mobile legend, tanpa j7 prime saya di root. Dan yg di gunakan agan pakai joystick merk apa? Kalau yg skrng lagi booming joystick mochute gan. Apa bener ?

        • 22 Jul 2017 · 16:12

          Joystick bluetooth tidak memerlukan root, gan. Yang butuh root adalah joystick yang dipasang ke micro-USB hp. Contohnya seperti di bawah ini, gan.

          • Ryan wahyu alfian:
            22 Jul 2017 · 16:40

            Apakah ada aplikasi tambahan gan, di perangkat j7 prime saya. Dan namanya apa? Kalau keymapping apakah harus di root ?

        • 22 Jul 2017 · 16:49

          Agan tidak perlu keymapping lagi, gan, ini plug and play karena didukung native oleh Android. Keymapping diperlukan untuk kalau agan menggunakan joystick / gamepad yang awalnya hanya untuk PC / laptop / console.

  • deddy:
    19 Jul 2017 · 23:28

    peemisi min….
    maaf mau nanya..
    sya bru bli 3hri lalu samsung j7 prime
    terus kadang sinyal hilang..
    harus di matikan dlu ..baru muncul lagi..
    gmna cara ngatasinnya ??

    • 21 Jul 2017 · 18:14

      Halo gan Deddy. Ane curiga sinyal di lokasi agan memang susah. Agan bisa cek kekuatan sinyalnya di menu Pengaturan > Tentang Perangkat > Status > Status Kartu SIM > Kekuatan Sinyal. Jika kekuatan sinyal di bawah -110 dBm, artinya sinyal memang buruk, gan. Solusinya agak sulit, namun agan bisa mengganti operator atau lokasi yang lebih baik di sekitar ruangan agan.

      Lalu agan bisa coba update sistem ke versi yang paling baru. Caranya buka menu Pengaturan > Tentang Perangkat > Unduh Pembaruan Secara Manual. Update terbaru bisa memperbaiki kestabilan resepsi sinyal (fitur bernama Signal Max dari Samsung tersedia di Galaxy J7 Prime)

  • Sulham:
    19 Jul 2017 · 21:00

    J7 prime bgus ngak buat main game?

    • 19 Jul 2017 · 21:03

      Halo gan Sulham. Game-nya apa, gan?

      Kalau untuk Clash of Clans, Clash Royale, Mobile Legends cukup mampu dimainkan dengan lancar, gan..

  • Eldorius ebenhazer:
    18 Jul 2017 · 20:22

    Gan gmana si cara mengoptimalkan hp j7 prime saya saat bermain game..kenapa lag2 ya ato freeze?padahal memory dan kuota sangat baik..saya bingung apa hp saya rusak

    • 18 Jul 2017 · 22:29

      Halo, gan Eldo. Seharusnya Galaxy J7 Prime sanggup memainkan game 3D yang cukup berat seperti Mobile Legends dan sejenisnya. Game yang agan mainkan apa, gan? Biar ane coba di unit J7 Prime ane.

  • rini kusuma:
    16 Jul 2017 · 17:25

    Om, J7 prime saya koq tidak ada Seting Camera ya? sehingga tidak bisa atur timer dan lain2nya . Padahal klo dilihat di Youtube seting camera ada di bagian atas ketika kamera di nyalakan.

    ini hanya ada Mode, pilihan kamera belakang atau depan, video atau camera, flash off on .

    please reply

    • 18 Jul 2017 · 22:28

      Halo gan Rini. Pengaturan kamera ada di tampilan paling atas, ada tombol “<" yang jika ditekan akan keluar beberapa menu pengaturan.

  • wahyu:
    14 Jul 2017 · 11:56

    Cara menghilangkan fdsyscare gmn gan? Sering bgt muncul . Mohon bantuan.a gan

    • Chandra:
      20 Jul 2017 · 13:38

      Hehe..kemaren waktu beli jg sempat gtu bro karena kita main hapus2 aplikasi yg diabggap gak penting, klo ane kemaren lgsg di reset lg ke bawaan pabrik (format ulang) , kaga muncul2 lagi dah tu fdsyscare nya.

  • hanafi:
    13 Jul 2017 · 21:35

    Gan ane mau tanya ne apa di aplikadi J7prime , memang tidak di lengkapi dengan aplikasi videonya.? Solanya ane bnyk movie yg menyatu dengan galeri foto..

    • 15 Jul 2017 · 13:56

      Halo gan Hanafi. Di dalam Galaxy J7 Prime hanya ada 1 aplikasi pemutar video dengan nama “Video Player”. Tetapi aplikasi ini tidak mendukung Playlist atau daftar putar sendiri, melainkan menggunakan aplikasi Galeri. Agan bisa mengunduh aplikasi pemutar video lain yang mendukung Playlist seperti “VLC for Android”.

  • Ari:
    13 Jul 2017 · 12:16

    Gan j7 prime ane kalo buat video trus kok kadang ngeblur” ya gambarnya itu knp ya gan ?

    • 13 Jul 2017 · 18:35

      Halo gan Ari. Blur terjadi jika titik fokus berubah. Coba saat agan merekam video, di layar tekan posisi objek yang agan ingin jadikan fokus untuk mengaktifkan kunci fokus. Akan ada icon AF di sudut kiri bawah tampilan, menandakan fokus dikunci.

  • dinda:
    12 Jul 2017 · 22:32

    gimana gan cara ganti pp di whatsap/aplud foto ke facebook kok gagal terus ,mohon solusinya ???

    • 13 Jul 2017 · 17:31

      Halo gan dinda. Ane curiga jaringan yang agan gunakan tidak stabil. Apakah saat menggunakan jaringan yang bagus, masih tetap gagal upload?

  • Ucok:
    12 Jul 2017 · 19:27

    Gan mau tanya, J7 prime saya waktu colok charger dalam posisi hape hidup muncul di layar warna biru kayak air gitu diatas tombol home

    • 12 Jul 2017 · 19:50

      Halo gan Ucok. Iya, gan, memang ada. Itu hanya animasi saja yang menunjukkan bahwa proses isi daya sudah dimulai.

      • Ucok:
        12 Jul 2017 · 20:01

        Terus mau tanya hape nya admin dikasih temperglass atau enggak? Hape saya dikasih temperglass cuma kayaknya jadi makin susah tekan tombol back krn jari kadang basah.

        • 12 Jul 2017 · 20:19

          Hehe kebetulan J7 Prime ane masih “telanjang”, gan, tidak ada tempered glass dan bahkan casing. Tapi kalau jari yang basah, tanpa tempered glass pun tombol navigasinya tidak lancar, gan, jadi sebaiknya menggunakan hp dengan jari kering.

  • Hilmiah:
    11 Jul 2017 · 20:06

    Min, notif yang berulang cara ngatasinya gimana yah? Tapi ini bukan nitif dari email saja (seperti jawaban mimin pada pertanyaan kasus yang sama di atas)
    Terimakasih sebelumnya

    • 11 Jul 2017 · 22:19

      Halo gan Hilmiah. Notifikasinya berulang beberapa menit sekali, atau beruntun sekaligus sampai notifikasi hilang?

      Untuk notifikasi beruntun, yang ane tahu hanya dari aplikasi Gmail, dan hanya terjadi saat menghapus notifikasi. Dapat dinonaktifkan di aplikasi Gmail > menu Setelan > akun xxx@gmail.com > Suara & Getar pada kotak masuk > nonaktifkan “Beri tahu untuk setiap pesan”. Aplikasi selain Gmail yang juga membunyikan notifikasi beruntun yang agan alami apa, gan?

      Untuk notifikasi yang berulang beberapa menit sekali, ada pengaturannya, yaitu di menu Pengaturan> Aksesibilitas > Pengingat Notifikasi > Nonaktifkan.

  • massema:
    11 Jul 2017 · 16:14

    minta pencerahhanya,,,,samsung j7 prime milik saya fingerprintnya kurang maksimal sewaktu buka tombol kunci,ale telalu menekan jari,,solusinya gmana???????

    • 11 Jul 2017 · 22:05

      Halo gan Massema. Maksudnya kurang maksimal gimana? Ane tidak paham.
      Supaya sensor dapat membaca sidik jari dengan lancar, pastikan saja permukaan sensor bersih.

  • yofri:
    11 Jul 2017 · 13:25

    gimana cara menhentikan bunyi notifikasi pada J7 prime?sementara aplikasix dimatikan

  • ditya:
    11 Jul 2017 · 11:05

    Gan fdsyscare muncul di layar itu mksudnya gmn.. fungsinya apa ya..? Tolong dijawab yaa..mksh bantuannya

    • 11 Jul 2017 · 19:35

      Halo gan Ditya. Ane belum tahu tentang fdsyscare ini, karena di unit J7 Prime yang ane miliki tidak pernah muncul warning, error, atau apa pun terkait fdyscare. Sementara ane cari tahu dulu, gan. Akan ane update jika sudah ketemu.

  • Sartika Nursholihat:
    11 Jul 2017 · 09:12

    Halo gan mau tanya apakah galaxy j7 prime sudah otg support? Kalau belum gimana caranya untuk bisa otg support? Thank you gan

    • 11 Jul 2017 · 19:33

      Halo ganwati Sartika. Galaxy J7 Prime mendukung fitur OTG, jadi bisa membaca drive USB yang mendukung OTG juga. Ane biasanya menggunakan dual drive USB OTG merek Sandisk dengan J7 Prime.

      • Sartika Nursholihat:
        11 Jul 2017 · 19:44

        Nah gan, ane kemaren beli sandisk tapi ngga kebaca di hp ane. Itu kenapa ya? Biar bisa kebaca di hp harus diapaan dulu ya? Mohon pencerahannya gan.

        • 11 Jul 2017 · 22:10

          Seharusnya tidak perlu diapa-apakan dulu, gan. Fungsi OTG sudah langsung aktif dan siap membaca perangkat OTG. Ane curiga di flashdisk-nya, karena ada beberapa model Dual USB OTG yang tidak kompatibel dengan ponsel Samsung. Saran ane, agan gunakan OTG Adapter micro-USB saja, gan, seharusnya dengan adapter OTG fungsi OTG berjalan dengan lancar.

  • Ajeng:
    11 Jul 2017 · 08:50

    Gan fdsyscare apa ya slalu muncul di aplikasi apa pun. Mengganggu skali.

    • 11 Jul 2017 · 19:35

      Halo ganwati Ajeng. Ane belum tahu tentang fdsyscare ini, karena di unit J7 Prime yang ane miliki tidak pernah muncul warning, error, atau apa pun terkait fdyscare. Sementara ane cari tahu dulu, gan. Akan ane update jika sudah ketemu.

  • hedi:
    10 Jul 2017 · 21:14

    min ko ane hp samsung j2 prime lampu pada keyped back,home,saveapp ko ga nyala?
    cara nyalainya gmana min?

    • 10 Jul 2017 · 22:06

      Halo gan Hedi. Ane tidak pegang unit J2 Prime, tetapi yang pasti J7 Prime tombol navigasinya tidak dilengkapi dengan lampu backlight, jadi ane bisa asumsikan tombol navigasi J2 Prime juga tidak memiliki lampu.

  • Tony:
    10 Jul 2017 · 19:33

    Gan,giman cara mengatasi J7 prime yang gagal update,sesudah update 100 % ,dan instal hp malah padam,cuma ada tulisan samsung dan lampu led hijau berkedip trs

    • 10 Jul 2017 · 22:08

      Halo gan Tony. Kondisi hp agan istilahnya “bricked”, akibat salah satu atau beberapa file di sistem operasi rusak saat dalam proses update. Proses menyembuhkannya agak rumit, jadi saran ane agan membawanya ke Samsung Service Center untuk dipulihkan piranti lunaknya.

  • Haidar:
    09 Jul 2017 · 17:22

    Halo agan ulashabis
    Saya mau nanya, saya baru beli samsung j7 prime seminggu yg lalu, saat buka kamera sama klik layar untuk autofokus ada bunyi “cetik” dari speaker, apakah normal dan ada pengaturannya? Mohon penjelasannya, terima kasih

    • 09 Jul 2017 · 18:07

      Halo gan Haidar. Di unit J7 Prime ane, tidak ada bunyi saat mengunci autofokus, dan tidak ada pengaturannya, gan. Ane asumsi suara yang agan dengar bukan dari suara sentuh sistem (bisa dinonaktifkan di menu Pengaturan > “Suara dan Getaran” > “Suara Sentuh”).

      Agan butuh pastikan bahwa sumbernya bukan karena aplikasi Kamera bawaan J7 Prime, caranya:
      1. unduh dan pasang aplikasi “Open Camera” di Play Store
      2. pastikan seluruh suara sudah pada volume minimum (nada dering, media, notifikasi, sistem)
      3. coba autofokus dengan aplikasi “Open Camera”
      4. jika bunyinya masih ada, berarti masalah ada di hardware. Sebaiknya dibawa ke Samsung Service Center untuk dicek, mumpung masih garansi, gan..
      Semoga membantu.

      • Haidar:
        10 Jul 2017 · 18:51

        Sdh saya coba saran dari agan dan ternyata msh ttp ada suara ketika klik layar utk autofokus, makasih gan sarannya

        • 10 Jul 2017 · 22:02

          Sudah ane coba lagi di J7 Prime ane dan menempelkan telepon di telinga, tidak ada bunyi apa pun saat melakukan autofokus (dengan pengaturan suara maksimum sekalipun). Sepertinya masalah ada di hardware kamera agan. Mumpung baru seminggu, sebaiknya di bawa ke Samsung Service Center untuk diperiksa, mumpung masih garansi, gan.

          • Haidar:
            10 Jul 2017 · 22:11

            Iya gan makasih sarannya ๐Ÿ™‚

  • ricko:
    09 Jul 2017 · 14:54

    gan fdsyscare apa yahh, menggangu sekali di hp samsung j7 prime saya

  • ricko:
    09 Jul 2017 · 14:50

    gan fdsyscare apa ya? suka muncul di hp samsung j7 sya, pdhal baru seminggu beli ๐Ÿ™

  • AL:
    08 Jul 2017 · 08:31

    mau tanya gan..
    1.gimana carannya ngatasi masalah pada wifi yg sering putus sendiri padahal ane uda coba beberapa cara ngatasinnya.sebulm download aplikasi lancar saja tp pas habis download aplikasi jadi sering putus sendiri koneksi wifix.
    2. gmn cara forwards dan backwards video dgn jari diletakkan dimana saja kemudian digeser tanpa menggunakan fitur garis dibawah soale kmren punya ane bisa tp sekarang ga bisa…itu jg terjadi setelah download dan install aplksi..

    • 08 Jul 2017 · 17:01

      Halo gan Al. Untuk masalah WiFi, pastikan pengaturan otomatis WiFi mati saat layar mati tidak aktif:
      1. buka menu Pengaturan > Wi-Fi
      2. pilih menu โ€œLainnyaโ€ (sudut kanan atas)
      3. pilih โ€œTetap nyalakan Wi-Fi selama mode ti..โ€
      4. pilih โ€œTidak pernahโ€ untuk mencegah Wi-Fi dimatikan saat mode tidur.

      Mengenai video player yang mendukung fitur gesture swipe untuk kendali video, yang pasti fitur tersebut tidak pernah tersedia di aplikasi bawaan Galaxy J7 Prime, gan. Mungkin agan menggunakan aplikasi lain untuk melihat video, seperti UC browser.

  • Boy:
    07 Jul 2017 · 19:18

    Gan, mau tnyk..
    Knp j7 prime kalau mode tidur (lampu layar mati), koneksi wifi suka mati sndri? TQ

    • 07 Jul 2017 · 22:54

      Halo gan Boy. Iya, gan, ada fitur di dalam J7 Prime yang dapat mematikan WiFi jika ponsel dalam modus tidur. Cara mengaturnya sebagai berikut:
      1. buka menu Pengaturan
      2. pilih Wi-Fi
      3. pilih menu “Lainnya” (sudut kanan atas)
      4. pilih “Tetap nyalakan Wi-Fi selama mode ti..”
      5. pilih “Tidak pernah” untuk mencegah Wi-Fi dimatikan saat mode tidur.
      Semoga membantu.

      • Boy:
        08 Jul 2017 · 07:43

        Ok TQ gan info seputar tanya jawabnya ponsel pintar tentang “wifi suka mati posisi tdr”. Smoga membantu, jaya slalu UlasAbis.com

  • Ann:
    06 Jul 2017 · 15:51

    Gan. Kl layar j7 prime pecah krn jatuh ga termasuk garansi ya? Lalu kl beli layarnya aja brp ya?? Dibanding service ke service center samsung lebih murah mn sm ke counter biasa? Hpnya ga rusak. Cm ga enak liatnya.

    • 06 Jul 2017 · 20:23

      Halo gan Ann. Layar yang pecah akibat kelalaian tidak dilindungi garansi, gan. Untuk mengganti layar J7 Prime nanti harus sepaket dengan LCD dan panel sentuhnya (1 display assembly). Harganya mungkin di atas Rp. 1 juta max Rp. 1.5 juta (perlu dikonfirmasi lagi langsung ke tempat reparasi / service), gan, belum ongkos reparasi.

      Kalau saran ane, sebaiknya dilakukan di Samsung Service Center karena mengganti display assembly pada J7 Prime membutuhkan alat dan tempat yang khusus (minim debu). Kalau di tempat sembarangannya, layar mungkin bisa diganti, namun bisa jadi komponen lain bermasalah dsb.

  • hmt:
    06 Jul 2017 · 14:35

    kak mau sharing. habis beli j7 prime, pas masih di home screen (lagi mau buka aplikasi, tapi belum klik, hanya slide antar halaman sj) suka muncul pop up iklan. sy sudah install clean master dan berbagai software (adblock, airpush detector dll) tapi semua bilang your phone is clean. akhirnya setelah dikasih tau teman, sy factory reset saja. eh ada beberapa aplikasi yg tadinya ada skrg tidak ada (UC browser, mata, babe, opera mini, dst). dan skrg j7 prime sy tidak pernah muncul iklan lagi. kira2 itu kenapa ya kak? padahal sy beli masih segel lho… seram sekali..

    • 06 Jul 2017 · 20:17

      Halo gan Hmt. Ane curiganya hp agan sudah di-injeksi dengan aplikasi iklan oleh tangan jahil, dan yang namanya segel mudah diduplikasi. Yang jelas di unit J7 Prime ane tidak pernah muncul iklan yang tiba-tiba muncul di halaman home. Factory reset memang cara tercepat menghilangkan aplikasi iklan tersebut, namun aplikasi bloatware yang memang bawaan Samsung juga akan ikut terhapus.

      Kalau suatu saat terulang, saran ane agan membawa hp yang dipasangi iklan ke Samsung Service Center agar mereka bisa mencari tahu siapa dan di mana aplikasi iklan tersebut dimasukkan ke perangkat mereka. Yang pasti, Samsung Indonesia tidak mungkin menanamkan aplikasi seperti itu di perangkat mereka.

  • Ika:
    06 Jul 2017 · 00:13

    Kak, mau tanya dong. Baru berapa hari ini beli j7 prime. Saat awal saya charge dalam keadaan mati. Hari berikutnya jg saya charge dlm keadaan mati. Tp saat saya charge dalam keadaan menyala battery jd cepet nambahnya. Dr 11% belom ada satu jam sudah 64% . Pdhl ga didukung fast charging. Itu knp ya kak? Apakah normal?

    • 06 Jul 2017 · 19:39

      Halo gan Ika. Baterai 3,300mAh J7 Prime agan terisi dari 11% ke 64% berarti ada 1,750mAh yang masuk selama 1 jam agan melakukan charging. Rating charger bawaan J7 Prime adalah 1,550mA (1.55A), yang artinya 1 jam hanya bisa memasok 1,550mAh. Jadi kalau agan menggunakan charger bawaan, naiknya bacaan kapasitas baterai hp agan memang kurang normal. Tapi kalau agan menggunakan charger lain dengan rating 2A masih masuk akal koq.

      Tapi menurut ane agan tidak perlu khawatir, bisa saja agan men-charge hp saat kondisi baterai dingin (bacaan 11%), lalu dicharge 1 jam dan menjadi agak hangat (terbaca 64%). Saat baterai dingin, bacaan baterai mungkin terbaca lebih rendah dari sebenarnya. Sebaliknya saat kondisi baterai menjadi lebih hangat.

    • Andrie Saptria:
      08 Jul 2017 · 09:52

      Gan fdsyscare apa ya slalu muncul di aplikasi apa pun.

      • 08 Jul 2017 · 17:03

        Terus terang ane belum ketemu ada error terkait fdsyscare. Ane mulai curiga itu adalah virus bawaan aplikasi yang diunduh, gan. Di unit J7 Prime ane sudah hampir sebulan ane pakai belum ketemu apa pun terkait fdsyscare.

  • Muhammad atthoriq:
    05 Jul 2017 · 23:22

    Gan apa bisa diperbaiki analog yg suka lepas di game . Hp saya j7 prime . Smua game pasti analognya bermasalah . Sperti ga bisa digerakan . Padahal aplikasi sudah saya tutup smua . Tngan saya juga tidak jauh dri analog ctrlnya di hp saya . Mohon penjelasan/cara memperbaikinya trima kasi

    • 06 Jul 2017 · 19:10

      Halo gan Atthoriq. Ane belum bisa menemukan solusi untuk masalah yang satu ini, meskipun ane curiga dengan layar sentuh pada J7 Prime yang kadang terlewat menerima input. Ane akan coba menggunakan fling joystick dan joystick mobile microUSB / Bluetooth untuk membuktikan kalau masalahnya di layar sentuh. Ane update hasilnya nanti, gan.

  • amat:
    05 Jul 2017 · 22:46

    mau nanya gan, kalo lampu led nya biru ga bisa mati karna terciprat air itu jd masalah gak ya?

    • 06 Jul 2017 · 18:33

      Hal gan Amat. Maksudnya lampu LED notifikasinya nyala terus? Saran ane, sebaiknya direparasi / bawa ke Samsung Service Center, gan, karena bisa jadi ada arus pendek di sirkuit lampu LED notifikasi dan bisa berdampak ke komponen lain.

  • Putra:
    05 Jul 2017 · 18:52

    Gan, kalau mematikan layar dengan menekan tombol power atau menyalakan layar ada bunyi tik, apakah normal?

    • 05 Jul 2017 · 22:15

      Halo gan Putra. Di J7 Prime ane juga ada bunyi saat menekan tombol power / kunci. Wajar koq, gan, hp lain juga ada bunyinya, meski tidak sekeras bunyi tombol J7 Prime.

  • Devi Kurniasih:
    05 Jul 2017 · 16:06

    gan saya mau tanya. saya baru beli samsung galaxy j7 prime 3 hari yg lalu tapi tombol/touch back nya kadang berfungsi kadang jg tidak, seperti lambat padahal belum di isi banyak app. itu kenapa ya? apakah ada solusinya?

    • 05 Jul 2017 · 22:13

      Halo gan Devi. Tombol back di J7 Prime agan saat tidak berfungsi benar-benar tidak ada reaksi atau bereaksi tapi ada jeda-nya, gan? Jika tidak bereaksi sama sekali (meski kadang-kadang), kemungkinan ada masalah sama hardwarenya, bisa karena kena air atau ada objek lain yang masuk ke dalam mengganggu kerja tombol sentuhnya. Saran ane dibawa kembali ke toko atau Samsung Service Center untuk dicek dan diklaim garansi, gan.

  • Tywa:
    05 Jul 2017 · 12:28

    Mau tanya knpa camera belakang smsung j7 prime hasil.x bagus tpi giliran mau d.upload atau di jadikan dp bbm itu pecah ..
    Mohon pnjelasanya

    • 05 Jul 2017 · 21:54

      Halo gan Tywa. Saat foto diupload menjadi DP BBM, foto otomatis di-kompres oleh BBM sehingga menjadi lebih kecil (hanya berukuran 198 x 198) sehingga menjadi pecah saat ditampilkan di layar Full HD Galaxy J7 Prime. Itu memang sudah setelan dari aplikasi BBM-nya, gan, tidak bisa diapa-apain lagi.

  • Riani:
    05 Jul 2017 · 11:06

    Mau tanya gan , klo hp samsung j prime alarmnya ga akan bunyi ya klo hpnya kita matikan ? Soalnya klo hpnya di matiin alarm ga bunyi, apa emang gtu ya gan? Sama notifikasi suaranya ga bisa beda beda ya antara notifikasi bbm , line dan wa ? Thanks ya gan

    • 05 Jul 2017 · 21:50

      Halo gan Riani. Benar, memang begitu, seluruh hp Android tidak akan bisa berbunyi alarm-nya jika dalam keadaan mati, berbeda dengan Blackberry yang sebenarnya tidak benar-benar mati saat dimatikan dayanya.

      Untuk nada notifikasi, agan bisa mengaturnya di menu Setelan atau Pengaturan di masing-masing aplikasinya.
      BBM: tab paling kanan > Setelan Notifikasi > Notifikasi > Nada
      WhatsApp: menu Setelan > Notifikasi > Nada Notifikasi
      Line: tab paling kanan > icon kanan atas > Notifikasi > Suara

  • handoyo:
    05 Jul 2017 · 09:02

    gan mau tanya.
    saat ganti simcard 1 untuk koneksi internet kenapa muncul notif pengalihan pengaturan.
    sdh diklik seting data sim 1.tp tetep ga koneksi juga. mohon pencerahan. trimakasih

    • 05 Jul 2017 · 21:43

      Halo gan Handoyo. Ane sudah coba dengan J7 Prime ane, sudah bolak balik SIM 1 & SIM 2 untuk data tidak ada masalah, dan tidak ada notifikasi “pengalihan pengaturan” seperti yang agan informasikan. Koneksi internet juga tersambung.

      Jika agan memindahkan SIM yang ada di SIM 1 ke slot SIM 2 dan menggunakan koneksi data di SIM 2, apakah juga menemui notifikasi dan koneksinya bermasalah?

  • Lina:
    03 Jul 2017 · 22:47

    Gan, waktu awal mau set ringtone saya sudah masuk menu set ringtone -> add from device storage. Salahnya saat muncul opsi antara one drive atau storage, ga sengaja kepencet one drive.. Sekarang dia selalu hanya nongol one drive saja, ga bs lgi pilih dri storage.. Ada solusi gimana menghilangkan one drive tanpa reset factory setting gan? Jd bs langsung pilih lagu dari storage

    • 03 Jul 2017 · 23:32

      Halo ganwati Lina. Cara untuk mengembalikan pilihan add from device storage:
      1. buka Settings > Applications
      2. pilih “Application Manager”
      3. pilih More di sudut kanan atas
      4. pilih “Reset app preferences” (paling bawah)
      Setelah itu pemilih ringtone akan melupakan pilihan awal, dan agan bisa memilih ulang sumber file ringtone. Semoga membantu!

      • Lina:
        04 Jul 2017 · 10:02

        Sip gan, sudah bisa.. Thanks sarannya

  • System:
    02 Jul 2017 · 11:44

    Gan ulas abis mau nanya nih.. saya kan main game idol life dan dream league.. menurut saya game ini berat dan tidak lancar dimainkan.. kira2 penyebabnya apa ya gan padahal ram besar.. terus
    Apabila dipaksakan main game berat dapat merusak hp tidak gan ?
    Terima kasih

    • 02 Jul 2017 · 19:00

      Halo gan System. Kedua game yang agan mainkan itu termasuk game 3D berat. Biasanya 15 menit bermain, bagian belakang hp sudah panas. Panas itulah yang tidak baik untuk hp, gan, khususnya terhadap “umur” baterai (baterai jadi cepat drop). Saran ane, saat panas hp diademkan, misalnya dengan meletakkan di atas lantai keramik atau meja kaca (hp tanpa casing, jadi bodi metal langsung bersentuhan dengan permukaan).

      • System:
        04 Jul 2017 · 00:52

        Menurut agan sebaiknya gimana? Apa saya uninstall 2 game berat tersebut untuk kesehatan baterai atau saya tetap bisa memainkannya.. padahal ramm 3gb knp ga kuat ya gan.. apa mungkin j7 tidak memakai snapdragon.. tq

        • 04 Jul 2017 · 17:38

          Kalau menurut ane, tidak apa-apa memainkan game berat yang agan sukai, toh beli hp kan memang untuk dipakai. Supaya awet, kalau bagian belakang hp sudah agak memanas disentuh, sebaiknya diademkan dulu, gan.

          Semua hp yang sekelas Galaxy S8 kalau dipakai bermain game 3D berat setelah beberapa menit juga menjadi panas, gan, jadi panas memang karena game-nya, bukan karena piranti kerasnya.

  • Rino:
    02 Jul 2017 · 01:19

    J7prime sudah medung usb otg belum…
    Kalo sudah itu otg yang kelas apa aja bos…??
    Trimakassih

    • 03 Jul 2017 · 23:38

      Halo gan Rino. Galaxy J7 Prime mendukung OTG sehingga dapat membaca USB Drive OTG atau perangkat USB lainnya menggunakan adapter OTG. Versi yang didukung USB 2.0.

  • Bambang Try:
    01 Jul 2017 · 17:58

    Mau tanya ini bang.
    Kenapa ya SG J7 Prime saya pada saat download apapun dari chrome atau pun opera mini selalu gagal atau download berhenti/putus di tengah jalan bila membuka aplikasi lain, layar redup/terkunci.
    Mohon solusinya bang Ulas AbIS The Best.

    • 01 Jul 2017 · 22:42

      Halo gan Bambang Try. Terima kasih atas sanjungannya ๐Ÿ™‚
      Ada dua hal yang ane curigai:
      1. Mode “Hemat Daya” aktif di hp agan. Mode ini bekerja dengan membatasi data seluler ketika layar padam atau aplikasi tidak terbuka. Saran ane, pastikan tidak ada mode “Hemat Daya” yang aktif. Caranya di menu Pengaturan > “Smart Manager” > Baterai > “Mode Hemat Daya” > Non-aktifkan.
      2. Akses data dibatasi pada jaringan WiFi tertentu. Pastikan pembatasan jaringan nonaktif. Caranya buka menu Pengaturan > “Penggunaan Data” > Lainnya > Batasi Jaringan > Nonaktifkan jaringan tempat hp agan terhubung.
      Semoga membantu!

  • Lita:
    26 Jun 2017 · 15:36

    Min Minta penjelasannya kenapa di hp samsung galaxy j7 prime sering muncul fysdscare terhenti…Padahal gak ada aplikasi seperti itu yang do download…
    Terima kasih

    • 01 Jul 2017 · 16:03

      Halo ganwati Lita. Sori ane sudah seminggu penuh menggunakan Galaxy J7 Prime, namun belum ketemu sama error fdsyscare jadi belum bisa memberikan solusi. Saran ane untuk saat ini, pastikan semua aplikasi terupdate saja, gan, termasuk aplikasi Samsung dan aplikasi dari Google Play Store.

  • Rizky Ananda:
    24 Jun 2017 · 12:19

    Halo gan,mau nanyak ni hp j7 prime pas saat pengisian batre lebih bagus di matikan hpnya atau di hidupkan trims

    • 01 Jul 2017 · 16:01

      Halo gan Rizky. Pengisian daya bisa dilakukan saat hp dalam keadaan hidup maupun mati, menurut pengalaman ane sama saja. Namun jika dalam keadaan hidup, pastikan baterainya tidak terlalu panas (di-charge sambil dipakai untuk main game berat, dsb), karena jika baterai terlalu panas dalam jangka panjang akan mengurangi daya tahan baterai sehingga menjadi cepat drop.

  • Annisa desiana:
    24 Jun 2017 · 05:03

    Baru saja hp di cas gan.. jd saya kesenggol gelas berisi air teh hangat sedikit.. kenak hp dri sisi tombol power.. dan skrg tombol power tidak fungsi di tekan.. apa bisa di selesaikan jika di bawa ke service center gan ? Soalnya btrai tanam kan.. dan speaker agak kecil suara nya

    • 01 Jul 2017 · 15:59

      Halo ganwati Annisa. Jika masih garansi, sebaiknya dibawa ke Samsung Service Center saja untuk dicek kerusakannya. Mungkin akan kena charge karena garansi normal Samsung tidak mencakup kerusakan akibat terkena air.

  • Noni:
    22 Jun 2017 · 09:00

    AganMaster… knp di layar saya sk muncul fdsysCare sering muncul dilayar? It sangt mengganggu pandangan layar saya. Padahal saya hanya mendownload aplikasi whatsapp saja. Selebihnya dari aplikasi bawaan hp. Mohon solusinya gan…

    • 22 Jun 2017 · 21:28

      Halo gan Noni. Mengenai fdsyscare, ane belum menemukan sumbernya hingga saat ini karena belum pernah menemui error / warning-nya. Ane curiga ada aplikasi yang bermasalah, gan. Saran ane saat ini hanya melakukan reset pabrik (factory reset) untuk mereset seluruh aplikasi & sistem operasi ke awal.

    • nugraha:
      25 Jun 2017 · 16:53

      Dilayar tertera fdsyscare telah berhenti.
      Sangat mengganggu sekali.
      Payah bgt ,pdhp hp beli baru bkn second

  • NUNGSI:
    21 Jun 2017 · 09:39

    Kak mau tanya. kok samsung galaxy j7 ku kalo buat putar musik sering bgt stop2 sndri ya.. sekalipun hp nya lagi gk dipegang sama skali.
    cara mengatasinya gimana ya??

    • 22 Jun 2017 · 21:08

      Halo ganwati Nungsi. Hal yang sama juga pernah ane alami, tidak hanya di J7 Prime, tapi di beberapa ponsel Android lain. Ane biasa mematikan fungsi “Shuffle” (putar lagu acak) yang biasanya ada di tampilan “Now Playing” aplikasi Play Musik, lalu musik tidak lagi berhenti tiba-tiba, tapi belum bisa ane pastikan apakah memang fitur Shuffle yang bermasalah. Silahkan dicoba, gan.

  • Ajeng Hernanda:
    21 Jun 2017 · 08:39

    Min, mau tanya kenapa ya samsung galaxy j7 prime aku mati total? Padahal sebelumnya masih baik baik aja
    Terus cara ngebetulinnya gimana? Mohon jawabannya ya min

    • 22 Jun 2017 · 20:54

      Halo gan Ajeng. Hp yang mati total bisa karena baterai atau komponen lain yang rusak. Penyebabnya banyak, gan, harus dicek oleh ahlinya. Saran ane dibawa aja ke Samsung Service Center untuk dicek masalahnya. Kalau masih garansi, seharusnya gratis, gan.

  • Gobezt:
    20 Jun 2017 · 06:08

    Maaf gan mau tanya..?
    Hp aq samsung j 7 prime baru dapat kiriman dari orang tua saya di saudi
    Tapi kenapa kalo di masukin sim selalu minta pin… padahal sim nya gak terkunci

  • Deny:
    19 Jun 2017 · 09:11

    Halo gan mo tanya saya baru saja memiliki samsung galaxy j7 prime, terkadang suka muncul notifikasi dengan tulisan “unfortunately fdsysCare has stopped” mksdnya apa ya? Kadang suka mengganggu karena hrs di ok-kan dulu.

    • 19 Jun 2017 · 21:19

      Halo gan Deny. Peringatan yang muncul itu tandanya ada aplikasi yang hang / error di latar. Ane gak tahu dari aplikasi mana yang muncul, nama fdsyscare tidak umum, saran ane agan coba ingat peringatan tersebut muncul sejak agan pasang aplikasi apa, nah kemungkinan aplikasi itu yang bermasalah. Lalu coba bersihkan cache aplikasi itu, jika peringatan masih muncul juga, uninstall aplikasi tersebut, gan.

  • tiya:
    16 Jun 2017 · 20:03

    gan,, aku baru dibeliin hp j7 prime.. batrei non removable bagus awet gak gan?

    • 16 Jun 2017 · 20:33

      Halo ganwati Tiya. Awet atau tidaknya baterai tergantung pemakaian, gan. Saran ane, jaga agar baterai dan hp tidak terlalu panas karena musuh utama keawetan baterai adalah panas yang berlebih. Panas mempercepat penurunan kapasitas baterai. Contoh kalau hp lagi di-charge sambil dipakai, kalau sudah agak hangat, sebaiknya ditunggu sampai agak adem dulu.

  • Linson juntak:
    16 Jun 2017 · 14:12

    Minta bantuannya gan, hp ane masih bagus sih. tapi 3hari yang lalu ane gak punya charger dan minjam charge teman, udah siap charger kurang lebih 3 jam.
    hp ane ini kapasitas baterainya masih aja nunjukin 11%
    Baterainya masih tahan lama gan, cuman kapasitasnya aja nunjukin 11% melulu.
    Mohon bantuannya agan.

    • 16 Jun 2017 · 20:26

      Halo gan Linson. Ane curiga antara dua penyebab berikut ini:
      1. Update data persentase baterai yang corrupt. Solusi: bersihkan partisi cache. Caranya:
      1.1. Restart hp, lalu tekan dan tahan tombol volume up, tombol home dan tombol power bersamaan sampai layar berwarna biru
      1.2. Tunggu sampai memasuki menu Android Recovery (layar hitam dengan tulisan putih)
      1.3. Pilih “Wipe Cache Partition” dengan tombol volume down, gunakan tombol power untuk memilih
      1.4. Pilih “Reboot System Now” untuk masuk ke sistem operasi secara normal
      Jika masih belum normal, ane curiga hal ke-2:

      2. Baterai agan bermasalah, pembacaan voltase / sisa kapasitas baterai bermasalah. Solusinya adalah dengan membawa hp agan ke Samsung service center untuk reparasi / ganti baterai. Kalau masih garansi, agan bisa komplain supaya tidak dikenai biaya.

  • imas:
    14 Jun 2017 · 10:23

    Gan saya abis beli hp di LZD.
    Tapi ini aneh bikin saya bingung.
    Waktu datang box masih rapi tersegel. Dan hp masih mulus spt baru tapi waktu saya akttifkn hp pertama kali nya. Tidak masuk seting. Langsung ke menu utama. Dan ada Apk terunduh .. ada lazada, pegi2, dll. Tapi saya cek imei cocok. Dan *#0*# bisa
    Itu hp saya bekas atau gimana ya.
    Mohon pnjlasannya. Agar sy tdk bingung gan. Trmakasih

    • 14 Jun 2017 · 20:42

      Halo gan. Di J7 Prime ane tidak ada aplikasi Lazada, Pegipegi saat pertama kali dibuka. Ane curiga ada yang memasukkan aplikasi itu sebelum didistribusikan oleh oknum penjual yang nakal, gan. Saran ane, sebaiknya lakukan “Reset Pabrik” di ponsel agan, untuk mendapatkan sistem operasi semula dan memastikan tidak ada aplikasi aneh yang terpasang (dan takutnya tersembunyi).

      • nugraha:
        24 Jun 2017 · 15:24

        Mohon penjelasan, saya baru beli samsung j7 prime, tapi setelah mulai mengaktipkan hp. Selalu ada tulisan fdsyscare telah berhenti. Itu knp y?
        Pdhl semua aplikasi telah diperbaharui.
        Mohon penjelasannya.

  • Naufal Gulo:
    12 Jun 2017 · 13:20

    Gan. Mau nanya, gmna ngilangin notif peringatan penggunaan data ny?
    Tolong bantuan ny, tq

    • 16 Jun 2017 · 20:10

      Halo gan Naufal. Settingnya ada di menu Pengaturan > “Penggunaan Data” > nonaktifkan “Notifikasi Pnggunaan Data”

  • vina fransiska:
    11 Jun 2017 · 00:13

    Gan mau tanya dong ,, knpa si akhir” ini klo nyetel musikk suka mati”an trz gan sblomnya gk pernah loh gan tolong di respon gan

  • Sutrisno:
    10 Jun 2017 · 09:38

    Gan, apa ada aplikasi mematikan layar tanpa tekan tombol power, selama ini saya pake apk lock screen.
    Tapi di J7Prime, apk lockscreen bentrok dgn sidik jari, jadi setelah tap icon lockscreen, layar mati, terus menyalakan layar dgn sidik jari, layar tetap mati. Atau ada trik lain?

    Satu lg lagi, apa ada apk secure folder samsung yg bisa jalan di J7prime mellow, kalo nunggu prime nougat masih lama gan.
    Terima kasih

    • 10 Jun 2017 · 18:07

      Halo gan Sutrisno. Ada aplikasi lain seperti Wave Unlock atau sejenisnya untuk mematikan layar tanpa tombol power, tetapi aplikasi ini juga tidak bisa berjalan bersamaan dengan sensor sidik jari. Ane belum menemukan solusi tanpa mematikan fitur sensor sidik jari, gan.

      Sebagai alternatif dari aplikasi Secure Folder, agan bisa menggunakan Samsung Knox di J7 Prime, lalu melindungi Knox dengan password. Atau, agan bisa menggunakan aplikasi dari PlayStore, seperti kombinasi FingerSecurity + GalleryVault untuk melindungi file gambar dan video dengan sidik jari.

  • aji:
    08 Jun 2017 · 20:12

    Gan mau nanya,cara mematikan notifikasi pesan masuk yang berulang di Samsung j7 gmana ya.brisik bunyi terus.

    • 08 Jun 2017 · 20:16

      Halo gan Aji. Suara notifikasi itu berasal dari email yang masuk bukan?

      Kalau iya, ada cara untuk menonaktifkannya, yaitu:
      1. Buka aplikasi Gmail
      2. Tarik kolom menu dari tepi kiri layar
      3. Pilih โ€œSetelanโ€
      4. Pilih akun agan โ€œxxxxx@gmail.comโ€
      5. Pilih โ€œSuara & getar pada kotak masukโ€
      6. Nonaktifkan โ€œBeritahu untuk setiap pesanโ€

  • Bram:
    07 Jun 2017 · 18:03

    Gan mau nanya saya pakai j7 prime ini pas lagi main game moba kayak ml gitu analogny suka gamau jalan /kurang responsif tp buat aktivitas lain lancar apa solusinya ya gan?? Apa dicoba reset factory??

    • 07 Jun 2017 · 19:49

      Halo gan Bram. Analognya pakai apa, gan? Fling atau model gamepad?

      • Bram:
        10 Jun 2017 · 20:01

        Kaga gan maksudnya pake hp doang

        • 10 Jun 2017 · 21:41

          Halo, gan. Di J7 Prime ane sih lancar-lancar aja, gan. Saran ane, sebelum membuka ML, tidak ada aplikasi lain yang aktif. Ane curiga kapasitas RAM terpakai. Sama jaga jari dari pad gerak, jangan terlalu jauh dari sudut kiri bawah. Kadang kalau lagi asik dan pad bergeser, gerakan hero akan terhenti.

          • Bram:
            14 Jun 2017 · 13:05

            Ooh gitu gan, iya tuh bener suka berhenti gitu heronya

    • Muhammad atthoriq:
      05 Jul 2017 · 23:18

      J7 prime saya juga gtu gan . Ada juga teman saya yg kyj gtu gan . Cuman di game

  • Fatmawati:
    04 Jun 2017 · 10:22

    Gan, mau nanya . Kok samsung j7 prime saya klo mau ngirim sms ke 3digit misal 234 kok selalu gagal ? Itu kenapa yahh?

  • Rudi Kurniadi:
    04 Jun 2017 · 04:42

    Min maaf mau tanya nih kamera j7 prime saya ko kalah sama j2 prime, j5 prime ?
    Padahal setting kamera di samain semua tapi hasilnya semi kuning aga blur ! Sebabnya apa ya ?

    • 04 Jun 2017 · 14:53

      Halo gan Rudi. Terima kasih atas informasinya. Terus terang ane belum pernah cek hasil jepretan pakai J2 Prime atau J5 Prime karena asumsinya hasil J7 Prime lebih bagus atau setidaknya sama dengan model hp kelas yang lebih bawah. Tapi ane penasaran dan akan coba cek hasilnya.

      • Rudi Kurniadi:
        06 Jun 2017 · 00:36

        Oke gan terimakasih atas infonya ๐Ÿ˜Š
        Ternyata setelah di tanyakan lagi handphone saya harus di bawa dulu ke samsung service center untuk di perbaiki ..

  • System:
    03 Jun 2017 · 21:30

    Gan.. mau nanya knp ya kalau buka fb dan instagram gambarnya gak maksimal alias agak pecah gitu gan

    • 03 Jun 2017 · 22:08

      Halo gan System. Memang seperti itu, gan. File di FB dan Instagram berukuran maksimal 1080 piksel, pas dengan lebar piksel J7 Prime. Sebenarnya tidak pecah kalau tidak di-zoom.

      • System:
        04 Jun 2017 · 05:08

        Tidak di zoom pun tetap pecah dan ngeblur.. video di instagram pun tidak bagus.. apa ada masalah dgn hp saya gan ? Terima kasih

        • 04 Jun 2017 · 15:09

          Gan, di J7 Prime ane tidak ada masalah pada gambar di FB dan IG. Coba 2 langkah ini untuk memperbaiki kualitas gambar yang diunduh aplikasi:
          1. Pastika fitur “Penghemat Data” di app Facebook dalam kondisi nonaktif (“Mode Data Aktif”), ada di bagian paling atas
          2. Pastikan fitur “Hemat Data Ultra” nonaktif. Pengaturannya ada di Pengaturan > Smart Manager > Hemat Daya Ultra (hal. 2)

          Kedua fitur ini bekerja dengan mengkompres ukuran foto dan video yang masuk ke aplikasi di hp, sehingga kualitasnya berkurang. Semoga berhasil.

          • Dessy:
            23 Jun 2017 · 23:03

            Gan, masalah saya sama. Foto di ig pecah. Udah di coba saran yg di atas, tapi gak berhasil. Ada cara lain gan? Terima kasih

        • Dessy:
          24 Jun 2017 · 16:47

          Gan system, berhasil gak perbaiki gambar di IG dan FB jadi gak pecah? Saya telpon ke Samsung center tapi mereka juga gak bisa bantu.

  • Turman:
    03 Jun 2017 · 20:07

    Min, punya saya kok koneksi datanya sering terputus, padahal signalnya 4g fullbar. Jadi mesti on/off data seluler dulu baru bisa konek. Kadang malah harus on/off mode terbang baru konek. Kira kira kenapa ya? Mohon solusinya

    • 03 Jun 2017 · 22:01

      Halo gan Turman. Saran ane, jangan percaya bar penunjuk sinyal di atas layar, gan. Coba cek kekuatan sinyal lebih akurat. Caranya:
      1. buka menu Pengaturan
      2. buka “Tentang Perangkat” (paling bawah)
      3. buka “Status”
      4. buka “Status kartu SIM”
      5. Cek angka kekuatan sinyal:
      * lebih kecil dari -60 dBm: sempurna
      * antara -61 dBm sampai -80 dBm: koneksi stabil
      * antara -91 dBm sampai -100 dBm: sinyal kurang bagus, kadang ganti ke 3G
      * lebih besar dari -101 dBm: sinyal jelek untuk data
      * lebih besar dari -120 dBm: dijamin call drop (3G)

      Kalau memang masalahnya karena kekuatan sinyal lemah, solusinya mencari tempat yang kekuatan sinyalnya bagus ๐Ÿ™‚

  • ete saputra:
    02 Jun 2017 · 13:31

    Master mau tanya, batrai ane kok boros banget ya gak sesuai sama ulasan yang ada yang bisa bertahan seharian bahkan 2 hari. Di ulasan batrai j7 prime tidak fast charging. Tapi kalo j7 ane fast charging master. Apakah samsung j7 ane tidak asli master? Mohon pencerahannya master ulasabis.com makasih

    • 02 Jun 2017 · 20:26

      Halo gan Ete. Konsumsi baterai tergantung dari pemakaian, kualitas sinyal dan aktivitas aplikasi yang aktif di latar. Ketika ane ulas unit J7 Prime-nya memang tidak banyak aplikasi yang dipasang, jadi ane bisa pakai 2 hari.

      Chipset Exynos 7870 di J7 Prime tidak mendukung teknologi fast charging atau sejenisnya, gan. Agan bisa konfirmasi fast charging dengan menggunakan charger Quick Charge?

      • ete saputra:
        07 Jun 2017 · 19:32

        Ok min mantap makasih pencerahannya master. Kalo fast charging ane gak tau jelasnya min. Tapi yang jelas disaat batrai ane 35%-100% hanya butuh waktu cas sekitar kurang dari 1 jam min. Otu normalkan min?

        • 07 Jun 2017 · 19:50

          Gan, boleh kasih tahu agan pakai charger merek apa, gan? Ratingnya berapa volt / ampere, gan?

          • ete saputra:
            11 Jun 2017 · 16:49

            Kalo itu ane kurang paham master. Yang jelas ane pake charger asli bawaan samsung j7 primenya master. Yang ane takutkan apa samsung ane gak ori ya? -___-

  • lisbeth:
    02 Jun 2017 · 11:46

    Halo min…. mau tanya. Nada dering di hp samsung J7 Prime ane kok gak bisa di add nada dering yg baru.
    Ane udah coba ke ringtone trus add from device storage trus ane klik lagu yg ada di my drive tp gak bisa jg. knp ya? thanks b4

    • 02 Jun 2017 · 21:09

      Halo ganwati Lisbeth. Setelah klik lagu yang ada di device storage, apa yang terjadi? Ada error yang muncul kah?

      Sudah dicoba di unit J7 Prime ane, tidak ada masalah, gan.

  • Ari:
    02 Jun 2017 · 00:13

    Min cara putar video selanjutnya di galery supaya otomatis gimana caranya ya?

    • 02 Jun 2017 · 21:01

      Halo gan Ari. Aplikasi Galeri bawaan J7 Prime tidak memiliki fungsi auto-play video, gan. Ane sarankan agan menggunakan aplikasi video player dari Play Store. Hampir semua video player mendukung playlist dan bisa auto-play.

  • Affandi:
    01 Jun 2017 · 17:01

    Min, apakah kaca pelindung kamera blkng dn flash dpt mnahan air?

    • 02 Jun 2017 · 21:02

      Halo gan Affandi. Bisa, gan, tapi hanya sebatas cipratan air saja. Kalau direndam, sepertinya akan merembes juga.

  • fira:
    01 Jun 2017 · 07:30

    Saya baru pakai j7 prime uda semingguan, tapi akhir2 ini ko kalo saya mau lock hp, pas saya pencet tombol power, layar mati kaya uda ke lock, tapi tiba2 muncul lagi dan ga ke lock. Gimana ya

    • 01 Jun 2017 · 13:41

      Halo gan Fira. Agan mengaktifkan fitur buka lock dengan sidik jari? Kalau iya, ane curiganya dua hal:
      1. Ada aplikasi yang menghalangi layar untuk terkunci normal
      2. Ada bug di sistem. Ane sarankan lakukan pembaharuan sistem terbaru melalui menu Pengaturan > Tentang perangkat > Unduh Pembaruan Secara Manual > Instal jika ada.

      Kalau agan tidak aktifkan fitur sidik jari, kemungkinan tombol powernya bermasalah, gan, jadi meski hanya sekali dipencet, tapi terbaca 2 kali oleh sistem. Ane sarankan diperbaiki ke Samsung Service Center.

      • fira:
        04 Jun 2017 · 18:41

        Iya saya pakai fingerprint gan, kayanya dari salah satu aplikasi. Soalnya saya ngaktifin unduh aplikasi selain di playstore, apa bahaya buat sistem gan?

        • 04 Jun 2017 · 19:52

          Halo gan Fira. Sebaiknya coba hapus instalasi aplikasi yang agan instal dari luar Play Store, lalu ditest apakah masih bermasalah saat dibuka lock-nya.

          Seluruh aplikasi yang ada di Play Store sudah diperiksa oleh Google (dan komunitasnya) sehingga aman, tapi yang dari luar, ada resiko aplikasinya mengandung virus atau tidak berfungsi dengan baik.

  • alfiansyah:
    31 May 2017 · 06:23

    Maksudnya data latar belakang terbatas di hemat data utra apaan yah???

    • 02 Jun 2017 · 20:38

      Halo gan Alfiansyah. Maksudnya, mode hemat data ultra membatasi koneksi internet (data) seluler dari aplikasi yang berjalan di latar (background). Selain itu, mode ini juga mengkompres gambar, video atau laman web sehingga data yang digunakan lebih hemat. Intinya, kuota awet, gan, tapi hasil gambar di browser kualitasnya lebih rendah dan beberapa aplikasi tidak berjalan sebagaimana mestinya.

  • fadil:
    30 May 2017 · 08:02

    Min apakah j7 prime prosesornya kuat untuk game berat??

    • 02 Jun 2017 · 20:32

      Halo gan Fadil. Game berat yang agan ingin coba apa, gan? Ane coba di unit J7 Prime ane.

  • monika:
    27 May 2017 · 02:03

    Min, samsung j7 prime bisa multi-window kaya e7 nggak sih? Thanks

    • 27 May 2017 · 14:53

      Halo ganwati Monika. J7 Prime tidak mendukung fitur multi-window. Mungkin kalau nanti Samsung menyediakan update ke Android 7.0 Nougat fitur multi-window mungkin akan ada, karena fitur ini native di Nougat.

  • sayyidah:
    26 May 2017 · 04:10

    saya mau nanya kenapa ketika hemat daya nya d aktifkan layar hp nya langsung mati gg hidup

    • 26 May 2017 · 21:23

      Halo gan Sayyidah. Itu memang “bug” pada sistem operasi di J7 Prime. Agan bisa menyembuhkannya dengan memperbaharui sistem operasi hp. Caranya:
      1. Buka menu Pengaturan
      2. Pilih “Tentang Perangkat” (paling bawah mentok)
      3. Pilih “Unduh pembaruan secara manual”
      4. Unduh / Download pembaruan yang ada

      Versi yang ane sudah konfirmasi “bug” di atas hilang adalah vesi G610FDXU1AQC4/G610FOLE1AQC1/G610FDDU1AQC3. Semoga membantu!

  • Muhammad Duta:
    22 May 2017 · 21:50

    Gan kalo pake flip case nggak muncul s view nya itu kenapa ya gan ? dan apa solusinya ? trims

    • 02 Jun 2017 · 20:43

      Halo gan Muhammad Duta. J7 Prime tidak mendukung S Cover, gan. Tapi agan bisa menggunakan aplikasi dari Play Store yang namanya S View Lite, namun dengan fitur yang lebih sedikit dari versi aslinya.

  • waidi:
    18 May 2017 · 22:18

    izin tanya gan.. apakah samsung galaxy j7prime mampu memutar video 4k. 2160ร—3840.. tolong di jawab gan.. please…!!!

    • 18 May 2017 · 22:55

      Halo gan Waidi. 4K tidak mampu diputar di J7 Prime, gan, max video resolusi FHD saja.

  • Joeleefirst:
    18 May 2017 · 20:47

    Master, mau tanya cara mengatur tampilan desktop pada layar, agar supaya terlihat penuh (tidak ada baris pembatas pada bagian atas)(baris pembatas bagian atas tempat notifikasi agar terlihat transparan supaya tidak terlihat sperti ada batasan garis)
    Trima kasih

    • 18 May 2017 · 21:46

      Halo gan Joeleefirst. Gunakan tema “Default” saja, gan. Di menu Pengaturan > Tema > Default. Tema Default di J7 Prime ane tidak ada pembatas antara bar notifikasi dan bagian bawahnya.

      • Azis:
        21 May 2017 · 00:45

        Gan, samsung j7 prime tidak ada pengaturan sentuh getar yak? Tq

  • Caknur:
    18 May 2017 · 19:55

    Selamat malam admin..cara seting menghidupkan layar tanpa tombol di hp samsung j7 prime gimana ya.mksh admin

    • 18 May 2017 · 21:44

      Halo gan. Kalau ane biasanya memakai fitur sensor sidik jari untuk membuka kunci (tidak perlu ditekan tombolnya). Kalau maksud agan fitur ketuk layar, J7 Prime tidak mendukungnya, gan.

      • Caknur:
        18 May 2017 · 22:52

        Kalo pakai aplikasi pendukung yg cocok apa master?untuk menghidupkan layar dengan cara ketuk,karena kalo pakai sidik jari ane masih blm minat,ane masih cari cara lain master,mungkin master ada saran dengan aplikasi lain.terima kasih master

        • 18 May 2017 · 23:18

          Aplikasi yang bisa meniru fitur ketuk untuk menyalakan layar cukup banyak di Play Store, gan, seperti KnockOn. Tapi semua aplikasi ini berfungsi dengan terus mengaktifkan layar berwarna hitam supaya bisa merespon ketukan pada layar saat dalam posisi di-lock, jadi layar sebenarnya masih hidup. Akibatnya baterai cepat habis, gan.

          Ponsel yang benar-benar mendukung fitur ketuk untuk hidupkan layar menggunakan fungsi khusus pada processor sehingga dapat menerima input meskipun layarnya mati. Processor J7 Prime tidak memiliki fungsi ini, gan, jadi secara hardware memang tidak bisa.

          Saran ane, sebaiknya mulai meminati pakai sidik jari di J7 Prime, gan. Hehe ๐Ÿ™‚

          • Caknur:
            18 May 2017 · 23:25

            Terima kasih saran nya master,ane akan dengan sidik jari

  • ilham:
    16 May 2017 · 05:32

    Gan ss j7 prime mau nanya performanya..kalo hanya krperluan browsing streaming download dan game online coc clash royale ama get rich spesifikasi udah cukup bukan?

    • 17 May 2017 · 21:01

      Halo gan Ilham. Kalau untuk keperluan agan ini, J7 Prime cocok, gan. Ane pakai untuk main game berat seperti “Legacy” dan “FF Brave Exvius” lancar jaya.

  • Omen:
    15 May 2017 · 03:40

    Min cara masukin musik dari sd card ke aplikasi musik ss j7 prime gimna ya. Sd card ke baca di file saya tp di app musik ga ke baca baca ? Terimakasih

    • 15 May 2017 · 19:55

      Halo, gan Omen. Aplikasi musiknya menggunakan apa, gan? Kalau di aplikasi “Play Musik”, seharusnya file musik di SD Card akan otomatis terbaca, gan.

  • Anna:
    14 May 2017 · 18:50

    Mau nanya yah. Saat hp br dinyalakan apakah tulisannya memang cm samsung? Bukan samsung galaxy j7 prime? Thx.

    • 15 May 2017 · 19:35

      Halo ganwati Anna. Dua-duanya, gan. Pertama tulisannya Galaxy J7 Prime (dan “Powered by Android” di bawahnya), kedua baru tulisan Samsung muncul saat loading sistem operasi.

      • Anna:
        16 May 2017 · 19:34

        Loh kok di j7 prime sy cm ada tulisan samsung aja ya????? Waduh asli apa nggak nih gan ya??? Sy cek imei n sn nya valid tp….

        • 17 May 2017 · 20:33

          Semua HP Samsung seharusnya menampilkan nama modelnya sebelum logo Samsung, gan. Coba lakukan pembaharuan sistem operasinya, gan.

          • Anna:
            19 May 2017 · 20:26

            Hihi iya gan maap ternyata ada ๐Ÿ˜

  • Nia:
    14 May 2017 · 15:14

    Gan mau nanya. Kok nada notif untuk semua aplikasi kaya bm, Wa, sms dll sama semua pada galaxy j7 prime ya? Gimana caranya agar nadany bisa beda. Biar gak bingung gitu. Mohon penjelasan gan.

    • 15 May 2017 · 19:44

      Halo gan Nia. Bisa, gan. Kalau WA, pengaturan suara notifikasi ada di dalam aplikasinya. Caranya:
      1. Buka WA, Tekan icon menu di paling kanan atas
      2. Pilih “Setelan”
      3. Pilih “Notifikasi”
      4. Pilih “Nada notifikasi” sesuai selera, untuk Pesan dan Group

      Untuk BBM sama, pengaturannya ada di dalam aplikasi.
      1. Buka BBM, lalu pindah ke tab “Saya”
      2. Pilih “Notifikasi”
      3. Pilih “Notifikasi” lagi
      4. Pilih “Nada” yang agan sukai

      Untuk suara notifikasi SMS juga sama, ada di bagian Pesan:
      1. Buka “Pesan”
      2. Pilih “Lainnya” di sudut kanan atas
      3. Pilih “Pengaturan”
      4. Pilih “Notifikasi”
      5. Pilih “Suara Notifikasi” yang agan sukai

      Semoga membantu!

  • Kun dewi:
    14 May 2017 · 12:36

    Misi mau nanya , samsung j7 prime saya layarnya kok tiba tiba warnaya agak kekuningan ya, itu gimana ya ?

    • 14 May 2017 · 14:30

      Halo ganwati Kun Dewi. Saran ane, cari tahu dulu ini masalah software atau hardware. Untuk itu harus masuk ke “Mode Aman” alias “Safe Mode”. Caranya adalah:
      1. Matikan J7 Prime
      2. Nyalakan lagi J7 Prime dan tunggu sampai logo Samsung muncul
      3. Tekan dan tahan tombol volume down sampai logo Samsung hilang (sekitar 10 detik)
      4. Pastikan ada tulisan “Mode Aman” di sudut kiri bawah
      5. Buka aplikasi yang banyak warna putihnya seperti Chrome
      6. Jika layar masih kekuningan, maka segera bawa J7 Prime ke Samsung Service Center. Jika masih garansi, layar akan diganti.
      7. Jika layar tidak kekuningan, maka ada aplikasi yang menyebabkan layar kekuningan (ane sangsi ada aplikasi normal yang bisa bikin layar kekuningan, bisa jadi virus). Solusi tercepat adalah dengan “Factory Reset” (jangan lupa backup data penting ke kartu microSD. Solusi terlama adalah menemukan aplikasi tersebut dan uninstall.

  • Irsam:
    14 May 2017 · 06:00

    Gan mau nanya hape sy samsung J7 prime kadang ada notifnya system upgrade gagal. Itu solusinya gmn ya gan

    • 14 May 2017 · 14:49

      Halo gan Irsam. System upgrade gagal berarti si HP gagal memasang update sistem terbaru. Ada beberapa sebab:
      1. Koneksi internet tidak stabil. Kalau di tengah proses mengunduh file upgrade koneksi internet terputus, akan muncul notifikasi software upgrade failed / gagal.
      2. Ruang penyimpanan memori (ROM) tidak cukup untuk mengunduh file upgrade. Pastikan memori internal memiliki ruang sekitar 2GB – 3GB jika ukuran upgrade sekitar 1GB.
      3. Bersihkan Cache Partisi (Wipe Cache Partition), ini untuk memastikan tidak ada file unduhan sistem update yang nyangkut.
      Caranya:
      a. Restart perangkat.
      b. Tekan dan tahan tombol Volume up + Tombol Power + Tombol Home
      c. Lepas tombol saat animasi logo Samsung muncul
      d. Tunggu sesaat, HP akan masuk ke Mode Recovery
      e. Pilih “Wipe Cache Partition” dengan tombol volume down
      f. Setelah selesa, pilih “Reboot Now”

      Coba unduh update secara manual dengan menggunakan koneksi internet yang stabil, gan. Jika sistem upgrade berhasil, seharusnya tidak ada notifikasi gagal lagi. Semoga membantu, gan.

      • Irsam:
        14 May 2017 · 21:15

        Maaf ternyata bukan sistem upgrade gagal tulisannya tpi ‘sistem upgrade terhenti’ itu muncul kadang2 notifx

        Klo aku charge dlm keadaan mati kadang tampilannya lama bgt keluarnya sekitar 1 menit setelah logo samsung muncul klo aku on kan lg hpx.. trus ada tulisannya ” proses sistem tidak menanggapi” anda ingin menutupnya??
        Pilihannya tunggu atau ok

        Itu aja kendalanya gan selain itu semua fungsi normal. Mohon dibantu gan solusinya

        • 15 May 2017 · 20:34

          Ane curiganya ada yang “nyangkut” di program updatenya, gan, jadi si program hang / freeze. Saran ane coba langkah “Wipe Cache Partition” di atas, gan. Kalau tidak berhasil, coba Factory Reset (“Reset Data Pabrik”), gan. Jangan lupa untuk mencadangkan data sebelum Factory Reset. Semoga berhasil, gan.

  • Selvia:
    12 May 2017 · 20:59

    Gan mau tanya. Kenapa ya kamera depan j7 prime malah jelek kualitasnya padahal saya buat 8mp. Seperti hp china. Tapi ketika di luar ruangan dg cahaya yang sangat terang hasil fotonya sangat bagus. Apakah hp j7 prime saya palsu? Ketika saya cek dg kode kode samsung juga bisa.

    • 12 May 2017 · 21:29

      Halo, ganwati Selvia. Kualitas kamera tidak bisa hanya diukur dari resolusi megapikselnya saja, tetapi ada komponen lain seperti lensa (jenis lensa, diafragma lensa, dsb), jenis sensor (CMOS, ISOCELL, dsb) dan banyak faktor lainnya. Kamera depan J7 Prime memang saat kondisi cahaya minim hasilnya kurang bagus, noise di mana-mana dan detailnya hilang. Menurut ane ini sih wajar karena J7 Prime tidak mengandalkan fitur kamera depannya, jadi dikasih spek yang biasa saja.

      Saran ane, jika aganwati memang senang ber-selfie ria, sebaiknya memilih ponsel yang memang mengunggulkan fitur selfienya, seperti model terbaru Oppo F3 atau Vivo V5s atau Vivo V5 Plus. Hasilnya hampir pasti jauh lebih baik dari jepretan kamera depan J7 Prime.

  • king:
    12 May 2017 · 16:35

    j7 prime saya touchwiz error jdny lampu lcd gak nyala atau gelap…sdh di flash bbrp kali tetap gak bisa.ada solusi gak om?makasih

    • 12 May 2017 · 20:14

      Halo, gan. Ane curiganya masalah hardware, karena kalau di-flash tapi masih gagal berarti masalahnya bukan di software. Saran ane, agan bawa ke service center Samsung untuk reparasi, semoga masih garansi.

  • Riana:
    12 May 2017 · 14:21

    Min mau nanya..
    Kalau apps lock untuk ngunci aplikanya ga ada gimana min?

    • 12 May 2017 · 20:37

      Halo ganwati Riana. Galaxy J7 Prime tidak dilengkapi dengan aplikasi bawaan “Folder Aman” (“Secure Folder”) yang hanya tersedia di seri Galaxy A dan Galaxy S saja. Namun aganwati bisa mengunduh aplikasi serupa dari Samsung yang bernama “Samsung My Knox” dari Play Store.

  • uchiha:
    11 May 2017 · 21:34

    mau tanya kan katanya ada knock locknya gtuh yah..
    cara aktifinnya di j5 prime gmn? dimananya ya? bantu gan..

    • 12 May 2017 · 20:40

      Halo gan Uchiha. Maksudnya aplikasi Knox? Kalau Samsung Knox, bisa diaktifkan di menu Pengaturan > Smart Manager > Keamanan Perangkat > Instal My Knox. Nanti aplikasinya bisa diunduh dari Play Store. Seharusnya tersedia untuk J5 Prime juga.

  • Iskandar:
    11 May 2017 · 11:24

    Min, mau nanya saya
    Kok tampilan di lock screen j7 prime saya menampilkan 2 jam
    Yg pertama menampilkan roaming dan jam kedua menampilkan home

    Itu pengaturan nya ada di mana kalau mau hilang kan atau ubah jam nya min

    • 11 May 2017 · 13:37

      Halo gan Iskandar. Untuk menonaktifkan jam roaming ada di menu Pengaturan > Layar Kunci dan Keamanan > Info dan Pintasan Aplk > Jam Ganda > lalu di-nonaktifkan.

      Semoga membantu.

      • Iskandar:
        11 May 2017 · 15:03

        Terima kasih min
        Sekarang tampilan jam nya sudah satu

  • Elok:
    11 May 2017 · 00:13

    Min minta penjelasannya ya. Kenapa notifikasi tiap 10detik bunyi bunyi terus. Tolong jelaskan pengaturan cara mematikannya. Padahal barunya j7 prime tidak seperti itu. Terimakasih

    • 11 May 2017 · 13:48

      Halo gan. Notifikasi yang menimbulkan bunyi ane tebak dari aplikasi Gmail bukan? Kalau iya, ada cara untuk menonaktifkannya, yaitu:
      1. Buka aplikasi Gmail
      2. Tarik kolom menu dari tepi kiri layar
      3. Pilih “Setelan”
      4. Pilih akun agan “xxxxx@gmail.com”
      5. Pilih “Suara & getar pada kotak masuk”
      6. Nonaktifkan “Beritahu untuk setiap pesan”

      Selamat mencoba, gan.

  • Rizqi:
    08 May 2017 · 17:30

    Gan ane pake samsung j7 prime kenapa bbm nya gk bisa masuk .dari pertama bli

  • Clara Rizka Putri:
    08 May 2017 · 16:09

    Halo, Kak. Mau tanya, Kenapa pada waktu memutar musik pakai Google Play Music, samsung galaxy j7 prime saya suka berhenti tiba tiba ya? Saya sudah coba player lain, seperti MusicXmatch. Tetap mati tiba tiba. Kira kira jeda waktu dari saya nyalakan musik hingga mati tiba tiba 9-10 menitan. Padahal sebelumnya, tidak apa apa. Saya pernah memasang musik hingga berjam jam tapi tidak apa apa. Mohon solusinya, Kak. Terima kasih.

  • Ivvi:
    08 May 2017 · 13:46

    Assalamualaikum gan.. mohon pencerahannya… hiksss

    Baru beli hp samsung sehari yg lalu… pertama lampu led nyala ktika hp lock dan ada notif.. tp kok skrg g nyala knp yaa gan… :'(

    Lalu gan.. mau tanya.. kok kamera belakang klo posisi dekat muka agak ngeblur gt knp y gan ada pengaturannya g sh gan biar halus gt? Atau pke aplikasi apa ya gan?

    Trmksh gan ..dtunggu jawabanny ๐Ÿ™‚

    • 08 May 2017 · 22:02

      Mualaikumsalam ganwati Ivvi.

      HP yang baru dibeli itu Galaxy J7 Prime kan, gan? Normalnya lampu LED mati saat hp dalam posisi lock (dan tidak ada notifikasi baru). Mungkin pas aganwati melihat lampu LED nyala adalah ketika HP lagi di-charge. Saat J7 Prime di-charge, memang saat posisi lock, lampu LED akan menyala, tapi ini karena sedang di-charge, gan.

      Kalau ada notifikasi, seharusnya LED notifikasi nyala, gan. Pastikan pengaturannya sudah benar di menu Pengaturan > Tampilan > Indikator LED dalam keadaan ON.

      Benar, ganwati, kamera belakang saat ada objek yang terlalu dekat dengan lensa akan terlihat blur karena tidak berada di jangkauan fokusnya. Semua kamera memang begitu, gan.. Saran ane supaya gak ngeblur, jangan terlalu dekat dengan kameranya, gan. Jarak fokus terdekat kamera J7 Prime sekitar 8 cm. Lebih dekat dari itu akan ngeblur.

      Semoga membantu.

  • Ikbal:
    08 May 2017 · 09:30

    Gan galaxy j7prime jaringan datanya suka ngilang sendiri.padahal dilokasi saya sudah suport 4g. Di hape lain tidak ada kendala. Mohon pencerahannya..

    • 08 May 2017 · 22:24

      Halo gan Ikbal. Saran ane coba cek kekuatan sinyal 4G di lokasi agan, pakai informasi dari ponsel. Caranya:
      1. Buka menu Pengaturan
      2. Pilih “Tentang Perangkat” (paling bawah mentok)
      3. Pilih “Status”
      4. Pilih “Status kartu SIM”
      5. Lihat Kekuatan Sinyal:
      * lebih kecil dari -60 dBm: sempurna
      * antara -61 dBm sampai -80 dBm: koneksi stabil
      * antara -91 dBm sampai -100 dBm: sinyal kurang bagus, kadang ganti ke 3G
      * lebih besar dari -101 dBm: sinyal jelek untuk data
      * lebih besar dari -120 dBm: dijamin call drop (3G)

      Kalau memang kekuatan sinyalnya lebih kecil dari -80dbm tetapi suka ngilang 4G, berarti ada masalah sama HP, gan. Saran ane coba diupdate ke sistem operasi terbaru yang ada. Kalau masih gak sembuh, bawa ke service center, gan..

  • Dawam azriel:
    07 May 2017 · 00:13

    Gan mau nanya nih, apakah memang tombol back sama app recent j7 prime ga ada lampunya ya? Padahal kalau bisa udah lengkap banget.

  • Emy:
    06 May 2017 · 08:11

    Halo Gan…saya mau tanya J7 prime saya sebelum nya ringtone bisa diganti lagu lain (bukan dr bawaan HP).seminggu yg lalu saya klik pindahin lagu dari device ke sdcard.lalu ringtone lagu yg kemarin saya pasang langsung berubah dan hilang semua, saya udah coba ganti dari setting sound yang keluar add dari alamat email.sudah saya coba masukin lagu nya tapi tetep ga bisa berubah..please jadi ga nyaman klo ringtone nya ga asik..makasih Gan please reply…

    • 09 May 2017 · 20:59

      Halo gan Emy. Ane coba di J7 Prime ane sih tidak ada masalah, saat musik dipindahkan ke SD card masih bisa dipilih sebagai ringtone. Gan Emy pastikan saja file musik di SD card masih bisa terbaca di dalam aplikasi “File Saya” > Audio. Lalu di Pengaturan “Suara dan Getaran”> Nada Dering > Nada Dering > “Tambah dr pnympanan prngkt”. Kalau terbaca di File Saya, seharusnya lagunya keluar di pilihan ini.

  • Safik:
    05 May 2017 · 14:40

    Gan, cara mengaktifkan fitur signal max gimana caranya ? Atau apakah fitur ini sudah otomatis berjalan dgn sendirinya apa perlu di aktifkan manual.Trims

    • 05 May 2017 · 19:02

      Fitur Signal Max sebenarnya adalah kombinasi antena ganda dan software / driver di dalam sistem operasi, jadi tidak ada aplikasi yang bisa diakses. Signal Max aktif secara otomatis saat sinyal lemah dan saat melakukan panggilan, gan Safik.

  • Safik:
    04 May 2017 · 14:37

    Trims min. Nanya lagi min, Apakah di samsung Galaxy J7 Prime Sudah mendukung Signal Max?

    • 04 May 2017 · 20:39

      Halo gan. Sudah, gan, fitur Signal Max sudah tersedia di J7 versi Prime.

  • Devi Intan:
    04 May 2017 · 06:05

    Mau tanya kenapa ketika membuka kamera hp samsung j7 prime suka tiba-tiba terdengar ada bunyi nya? (Seperti bunyi krek) Apakah itu hal wajar atau gimana ya? Terimakasih

    • 04 May 2017 · 20:42

      Halo ganwati Devi. Kapan bunyi itu muncul, gan? Kalau digerakkan? Apa malah saat diletakkan begitu saja bisa bunyi sendiri? Bunyinya bukan dari speaker hp?

      Kalau memang ada bunyi saat ponsel digerak-gerakkan, saran ane sebaiknya hp langsung dibawa ke Samsung Service Center dan ulangi dan perdengarkan bunyinya ke staf Samsung-nya, gan. Mumpung masih garansi..

      • Devi Intan:
        06 May 2017 · 10:16

        Gan kamera nya tuh bunyinya pas mau ngefokusin objek suka bunyi di pinggir speaker hp nya. Baiknya gimana ya gan?

        • 15 May 2017 · 20:16

          Gan, sepertinya tidak wajar ada bunyi “krek” seperti itu. Takutnya ada mekanisme autofokus yang longgar. Sebaiknya segera di bawah ke Samsung Service Center untuk direparasi atau diganti komponen yang rusak.

    • Safik:
      15 May 2017 · 20:11

      Apakah Problem Bunyi saat Membuka kamera& saat mau fokus sudah ketemu masalahnya ?

  • bilal:
    03 May 2017 · 17:43

    gan numpang nanya saya baru beli hp j7 prime tapi bingung mau nyimpan kontak selalu hamparan layar dari setelan>aplikasi tolong pencerahannya gan

    • 03 May 2017 · 20:17

      Halo gan Bilal. Maksudnya mau memindahkan kontak dari hp lama, gan?

  • Safik:
    03 May 2017 · 05:06

    Nanya lagi gan, cara menggunakan mode layar landskap pada Samsung Gal 7 Prime caranya gimana ya ? Padahal di Hp samsung s3 saya yg dulu tinggal tarik layar dari atas kebawah, udh kelihatan icon mode layar landscapnya gan. Mohon pencerahannya ? Trims.

    • 03 May 2017 · 20:23

      Halo gan Safik. Galaxy J7 Prime tetap punya pengaturan mode layar landscape, gan. Caranya tarik bar atas ke bawah, lalu ada icon yang namanya “Potret” atau “Putar Otomatis”. Saat “Putar Otomatis” yang aktif, Hp diputar menjadi landscape dan layarnya otomatis mengikuti.

      Sayang mode layar landscape hanya aktif untuk aplikasi tertentu, gan. Dan tidak bisa dikunci untuk tetap landscape.

  • eka Purwanto:
    02 May 2017 · 10:09

    Mw tanya gan knpa klw foto kmera dpan hasil nya kebalik…?

    • 02 May 2017 · 20:49

      Halo gan Eka. Iya gan, secara default hasil foto kamera depan memang terbalik. Untuk menormalkan, tinggal diubah pengaturannya melalui menu Pengaturan di kiri atas tampilan aplikasi kamera > Aktifkan “Simpan Gmbr Sbg Dipratinjau”.

  • Safik:
    02 May 2017 · 07:42

    Numpang nanya min. Samsung galaxy j7 prime layar depannya sudah dilindungi corning gorilla glass 4, apa belum ? Trims. Dan gimana ketahan nya terhadap goresan goresan ?

    • 02 May 2017 · 20:52

      Halo gan Safik. Galaxy J7 Prime sudah dilengkapi lapisan Gorilla Glass 4, gan. Ane coba menggoresnya pakai ujung kuku dan pakai ujung pin pembuka tray SIM-card, keduanya tidak bisa menggores kaca J7 Prime, gan.

      • Anna:
        14 May 2017 · 18:12

        Menggoresnya hati2 ya gan? ๐Ÿ˜†
        Saya tetep pk lapisan pelindung lg gan. Drpd nyesel ๐Ÿ˜

  • Misgianto:
    28 Apr 2017 · 23:27

    Numpang tanya gan, setelah saya perbaharui untuk aplikasinya semua kenapa ya hp ane kok panas dibagian belakang nya, mohon pencerahanya gan, mauliate

    • 29 Apr 2017 · 14:39

      Halo gan Misgianto. Panas di bagian belakang atas di sekitar kamera belakang adalah hal yang wajar, gan. Bagian tersebut adalah tempat CPU berada yang pasti menjadi panas setelah dipakai non-stop, seperti untuk mengunduh dan memasang aplikasi dalam waktu yang lama. Selama panasnya masih bisa ditolerir, tidak ada yang perlu dikhawatirkan, gan.

      Panas di ponsel yang berbahaya jika terjadi di bagian belakang bawah, gan. Di sini letaknya komponen baterai. Baterai yang menjadi panas tanda adanya cacat, dan bisa berbahaya (seperti kasus Galaxy Note 7).

  • Sanur:
    28 Apr 2017 · 22:25

    Gan ane mau nanya nih. Kenapa ya setelah ane upgrade ke versi paling baru. Kalo ane ngetik dimana aja (wa,line,saat browsing,dll) itu agak macet ngetiknya dari satu huruf ke huruf lainnya. Itu kenapa yak gan? Mohon bantuannya

  • Arya Arhadi:
    26 Apr 2017 · 14:51

    Gan pada samsung j7 prime bagus mana google play atau harus unduh pemutar music sendiri,skalian tolong kasih tau pemutar music asli samsung yg bisa ane unduh,maksih

    • indra k.:
      01 May 2017 · 08:24

      sama2 kurang enaknya gan, mending makek power amp pro sekalian. memang harus beli sih tapi sekali beli bisa dipakai di device android apapun asal makek akun yg sama, fitur komplit, output jangan nanya lagi.. nendang abisss.

  • shenia:
    25 Apr 2017 · 16:33

    sore gan, saya baru beli samsung j7 prime 2 hari lalu, tapi dari hari pertama selesai charge waktu saya sedang gunakan dia restart sendiri kirakira hingga 3kali dalam waktu yang tidak terlalu cepat dan berkelanjutan diharihari selanjutnya, hari ini pun terjadi lagi tapi ini lebih parah, hpnya awalnya tidak bisa di sentuh lalu layar hitam tapi tidak mati, seperti nge lag. sarannya gan..

    • 25 Apr 2017 · 20:29

      Halo ganwati Shenia. Perangkat yang sering restart sendiri kecuali habis mengupdate sistem operasi, biasanya gejala cacat produksi pada chip di dalamnya, dan ini jika diperbaiki mustahil bisa sempurna. Saran ane sih sebaiknya ditukar dengan unit baru, mumpung baru belum 1 minggu.

  • tony_malvient:
    22 Apr 2017 · 09:52

    Gan mohon penjelasan nya di samsung galaxy j7 prime kalo video call kamera depan fungsi gak sih efek selfi nya kaya foto selfie kan suka ada warna kulit terus wajah ramping Dan lain nya ????!!
    mohon penjelasan nya gan ditunggu..

    • 22 Apr 2017 · 20:16

      Halo gan Tony. Video call tidak bisa menggunakan efek Beautify seperti pada foto selfie karena aplikasinya berbeda.

      • Ade:
        24 Apr 2017 · 16:35

        Gan kalo perekam suara pas nelepon ga ada ya ?

  • adez:
    22 Apr 2017 · 01:26

    Ndan ane bli j7 prime nCh..knpa hp ane ga bsa tlfn,padahal ane blm ngisi plsa
    Hahahahaaaaa..numpang canda ndan.
    Ane akui j7 prime emang ok

  • weli:
    20 Apr 2017 · 11:06

    gan kenapa j7prime sy gampang panas saat browsing

    • 21 Apr 2017 · 21:40

      Halo gan Weli. Menurut ane panas sedikit (atau hangat) saat browsing masih normal, gan. Aktivitas browsing meskipun kelihatannya ringan, tapi butuh banyak RAM dan CPU di background, apalagi ketika banyak tab yang aktif atau menonton video, gan.

  • bella:
    19 Apr 2017 · 17:02

    di samsung j7 prime kok setiap dengerin lagu suka mati sendiri dan hidup lagi .. di joox.. di play musik juga …
    untuk denger lagu yg ada di memory sebaiknya lewat aplikasi apa dengerin nya.

    • 19 Apr 2017 · 21:01

      Halo ganwati Bella. Agan mendengarkan musiknya pakai headphone / earphone, bluetooth atau pakai speaker ponsel? Berapa lama waktu berlalu dari saat musiknya mati sampai hidup? Selang waktunya selalu sama atau berbeda-beda?

      Ane sudah coba mendengarkan musik 1 jam lebih di J7 Prime ane, gak ada masalah, gan.. Paling saat ada notifikasi masuk, suara musik mengecil sedikit lalu kembali lagi.

  • Putra:
    18 Apr 2017 · 11:39

    Gan kenapa ya j7 prime ane kalau di “low brighnes” nya saat lg ngeliat hasil poto kayak nerang sendiri, trus kalau lg main COC yg risih pas lg mau searching attack layar nerang trus udah dapet yg mau di attack layar ngeredup lg. Tapi kalau brightness nya di naekin dikit gak ada masalah.

    • 18 Apr 2017 · 22:08

      Halo gan Putra. Iya, gan, di unit J7 Prime ane juga sama, saat dipakai main COC layar bisa nerang sendiri tapi cuma pas lagi cari lawan saja. Ane belum bisa menemukan cara supaya ini gak terjadi. Kalau diamati, ini hanya terjadi pada aplikasi tertentu saja, dan gak ada polanya. Sori, belum bisa ane bantu solusinya, gan.

  • Armanita:
    18 Apr 2017 · 11:29

    Gan nanya dong, di samsung j7 prime ini memang gak ada mode multiwindows ya gan? Gimana caranya ya biar bisa multiwindows gitu..apa harus diroot?

    • 18 Apr 2017 · 22:12

      Halo ganwati Armanita. Galaxy J7 Prime gak mendukung Multiwindows. Saat ini hanya seri Galaxy S saja (S5, S6 dan S7) yang menyediakan fitur Multiwindow Mode. Mungkin harus menunggu sampai J7 Prime kebagian Android 7.0 Nougat, karena di Nougat fitur Multiwindow memang didukung secara native. Kalau di-root, ane belum pernah dengar ada aplikasi / patch yang bisa memasang Multiwindow ini, gan. Dan root perangkat menghapus garansi lho, gan ๐Ÿ™‚

  • ikman surya:
    17 Apr 2017 · 15:21

    gan saya baru beli j7 prime ga bisa ganti dp bbm lewat gambar tapi lewat kamera sama contoh gambar bisa
    saya sdh daftar id bbm yang baru hasil nya sama
    mohon penjelasan nya
    terimakasih

    • 18 Apr 2017 · 22:35

      Halo gan Ikman Surya. Saat mencoba mengganti DP lewat gambar, apakah ada error yang muncul, gan? Kalau tidak ada error tapi tetap masih tidak bisa pasang DP, saran ane coba hapus isntalan BBM, lalu install ulang versi terbaru dari Play Store. Lalu pastikan semua Izin diberikan. Ane coba BBM di J7 Prime ane bisa ganti DP dengan lancar, gan. Semoga membantu.

  • galih akyasa:
    16 Apr 2017 · 07:42

    Gan mau tanya lagi nih , sony xperia z3 sama note 4 dan j7prime bagusan mana ?

    • 16 Apr 2017 · 20:56

      Untuk kebutuhan sehari-hari, ane rekomendasi Galaxy Note 4, gan. Ini model flagship dari Samsung, spek lebih tinggi, dilengkapi dengan S-Pen.

      Untuk fotografi, Sony Xperia Z3 lebih mantap, gan, kameranya 20.3MP. Ponsel ini sudah tahan air dan debu IP68 juga.

      Untuk main game, ane rekomendasi Galaxy Note 4 dan Xperia Z3, keduanya mumpuni.

  • rizal:
    15 Apr 2017 · 18:11

    Ini kan saya lagi cas hp saya j7 prime kok cuma digeser aja udh bisa dibuka padahal saya setnya finger sama pin.
    Pengaturannya dimana ya ?

    • 16 Apr 2017 · 20:47

      Halo gan Rizal. Coba buka Pengaturan > Layar kunci dan Keamanan. Ane curiganya sih fitur Smart Lock aktif di J7 Prime agan. Smart Lock dapat secara otomatis menonaktifkan kunci perangkat saat berada di lokasi tertentu, seperti di rumah.

  • yustia:
    14 Apr 2017 · 13:28

    kak..share pengalaman donk barangkali ada yg bisa bantu..jadi pas ada panggilan masuk itu kenapa di samsung galaxy j7 prime flash yang belakang itu nyala..cara buat matiin flash belakang j7 prime pas ada panggilan masuk itu gimana ya?? maksudnya biar kalo pas ada panggilan masuk ga nyala gtu flash belakangnya..makasih..

    • 14 Apr 2017 · 15:20

      Halo ganwati Yustia. Caranya mudah untuk menon-aktifkan flash yang menyala saat ada panggilan. Caranya:
      1. Buka “Pengaturan”
      2. Buka “Aksesibilitas”
      3. Pilih “Pendengaran”
      4. Nonaktifkan “Pemberitahuan Flash”.
      Semoga membantu.

  • galih akyasa:
    14 Apr 2017 · 06:16

    Gan mau tanya, samsung galaxy note 4 uadah ada fingerprint sama 4G gak si?

    • 14 Apr 2017 · 15:28

      Galaxy Note 4 sudah memiliki sensor sidik jari di tombol home di bawah layar, gan. Jaringan 4G juga sudah didukung.

      Spesifikasi lengkap Galaxy Note 4 di sini ya, gan.

  • Rudhy:
    14 Apr 2017 · 00:36

    Gan aku kan biasa ngecas hp j7 prime aku dlm kondisi d mati kan tapi kok saat 100% indikator led masih tetap merah. Bukannya harusnya sdh hijau.
    Awalnya aku pikir blm penuh benar. Tp aku udah biarin di cas sampai 30 menit kondisi 100% indikator led tetap merah. Itu knp ya?

    • 14 Apr 2017 · 18:16

      Halo gan Rudhy. Di unit J7 Prime ane sih ketika 100% indikator LED berwarna hijau, tapi memang jika ada notifikasi yang masuk dan masih aktif, warnanya jadi ketimpa (ungu). Saran ane coba diperbaharui software-nya ke yang paling update, gan, versi G610FDXU1AQC4.

  • galih akyasa:
    13 Apr 2017 · 22:30

    makasih atas penjelasannya

  • vivin:
    13 Apr 2017 · 22:30

    Kalau j7 prime di root terlalu beresiko g gan? Sarannya enak di root ap g gan , soalnya kalau droot bisa bobol wifi sana sini ๐Ÿ˜‰

    • 14 Apr 2017 · 18:24

      Halo gan Vivin. Yang pasti kalau di-root, garansi otomatis hilang. Saran ane tunggu nanti garansi habis aja baru di-root.

  • Okta:
    13 Apr 2017 · 16:45

    Gan bagusan vivo v5 atau j7 prime?

    • 13 Apr 2017 · 20:20

      Halo gan Okta. Ane pilih Galaxy J7 Prime, gan. Layar Vivo V5 masih HD 1280 x 720 piksel, sementara J7 Prime sudah Full HD 1920 x 1080, lebih enak dilihat. Cuma kalau agan demen selfie, Vivo V5 kamera depannya lebih unggul dengan resolusi 20MP. Tapi ane gak doyan selfie hehe, jadi ane lebih condong ke J7 Prime.

  • galih akyasa:
    13 Apr 2017 · 16:28

    katanya sih nge lag saat main aspalht extrime sama modern combat 5

    • 13 Apr 2017 · 20:18

      Udah ane coba game Modern Combat 5: Blackout & Asphalt Xtreme. Secara keseluruhan keduanya lumayan lancar 30 fps di J7 Prime, gan. Tapi pas adegan yang grafiknya intens, lumayan nge-lag sedikit, tapi gambarnya gak sampai patah-patah.

  • galih akyasa:
    13 Apr 2017 · 12:32

    kata orang samsung j7 prime sering lag saat main game HD , apa benar?

    • 13 Apr 2017 · 12:51

      Halo gan. Apa title game-nya, gan? Biar ane coba gamenya di J7 Prime.

  • Ari:
    12 Apr 2017 · 20:46

    Kenapa saat hp masuk ke 5% layar hp mati ( bukan redup ) tapi sms, telpon dll tetap masuk, tetapi layar hp tidak menyala dan baru menyala saat hp disambung ke charger

    • 12 Apr 2017 · 21:37

      Halo gan Ari. Ane curiganya hp J7 Prime agan masih memiliki bug / error, di mana saat modus “Hemat Daya” aktif DAN tingkat kecerahan layar mentok paling rendah, layar akan mati (gelap) tapi sistem operasi masih berjalan. Waktu hp menyentuh 5%, modus “Hemat Daya” otomatis aktif, dan jika tingkat kecerahan paling rendah, layar akan mati karena bug ini.

      Agan bisa meng-update sistem operasi J7 Prime agan melalui update OTA di menu Pengaturan > Tentang Perangkat > Unduh Pembaruan Secara Manual. Update terbaru ini menyembuhkan bug / error di atas, gan. Semoga membantu.

      • Ari:
        12 Apr 2017 · 21:43

        Terus gan, saat nyalain hemat daya layar hp juga mati tapi kalo disambung ke charger menyala. Saat charger dicabut hp kembali mati saat hemat daya on

        • 12 Apr 2017 · 21:54

          Iya gan, simptom-nya seperti itu. Saat charger dipasang, modus “Hemat Daya” otomatis non-aktif, meskipun baterai masih di bawah 5%. Tapi modus “Hemat Daya” kembali aktif saat charger dicabut. Agan bisa meningkatkan kecerahan layar sedikit supaya layar tidak mati lagi saat modus “Hemat Daya” aktif.

  • Andis:
    09 Apr 2017 · 18:29

    Jawaban UMC sekaligus jadi ilmu bagi saya & bermanfaat.
    Terima Kasih.

  • Andis:
    08 Apr 2017 · 13:36

    Andis butuh jawaban:
    1. Apa arti ‘root’ & fungsinya?
    2. SG J7P sdh ato blom utk ‘root’?
    Trmksh…

    • 09 Apr 2017 · 18:10

      Halo gan Andis. Menjawab pertanyaan agan:
      1. Root itu adalah akun di setiap perangkat berbasis Linux (seperti Android) yang memiliki akses penuh terhadap seluruh aspek dari sistem operasi, termasuk seluruh file dan pengaturan sistem. Secara normal, akses ke akun Root di semua perangkat komersil diblok oleh pabrikannya. Untuk mengakses Root, biasanya harus melewati proses yang disebut “Unlock Bootloader”. Biasanya Root diakses supaya bisa meng-install sistem operasi yang berbeda (alias ROM custom).
      2. Semua perangkat Android pada dasarnya bisa diakses Root-nya melalui berbagai cara, termasuk Galaxy J7 Prime. Tapi perlu diketahui bahwa Samsung akan menghanguskan garansi jika Root dibuka. Jadi sebaiknya agan mencoba Root saat ponselnya sudah habis masa garansinya, gan.

  • heroe batubara:
    07 Apr 2017 · 20:50

    Halo gan..
    Sebenarnya warna tema setelah kita reset hp j7 prime tersebut, tema nya itu berwarna kuning atau biru sich…?
    Setahu saya sewaktu saya beli tema nya kuning tapi setelah saya reset kok biru??

    • 07 Apr 2017 · 21:54

      Halo gan Heroe. Saat pertama kali dibeli, tema memasang wallpaper kuning, gan, tetapi jika tema-nya direset, wallpapernya akan berubah ke wallpaper pertama. Agan bisa merubah wallpaper lagi ke yang kuning di menu Pengaturan > Wallpaper > pilih wallpaper ke tiga dari kiri.

  • Hariansyah:
    06 Apr 2017 · 22:07

    Om kenapa setiap ada pemberitahuan atau bisa disebut notifikasi aplikasi masuk seperti bbm. Line. Wa itu. Kita udah buka pesan itu semua yang masuk dari aplikasi tersebut tetapi tetap saja berbunyi seperti ada notifikasi yang masuk padahal notifikasi itu sudah saya buka semua . Tetapi masih aja berbunyi suara notifikasi nya itu. Mohon pencerahan nya om

  • Wahyu:
    06 Apr 2017 · 17:59

    maaf sebelumnya..
    mau tanya kak..
    saya baru beli j7prime
    tapi kenapa tidak ada aplikasi hangout, foto, dan musik
    padahal ketiga aplikasi tersebut adalah aplikasi bawaan samsung

    • 07 Apr 2017 · 19:10

      Halo gan Wahyu. Aplikasi Hangout ada di folder Google, beserta dengan aplikasi Foto dan musik (Play Musik). Jika tidak ada, J7 Prime-nya sebaiknya di-reset saja (Reset Data Pabrik) untuk memulihkan aplikasi-aplikasi bawaan.

  • luluk:
    05 Apr 2017 · 07:03

    gan, kenapa hasil kamera berupa picture yang sudah tersimpan di gallery, ada yang muncul tanda serunya dan malah kadang blank jadi warna abu abu semua dan tidak ada lagi gambarnya.

    • 05 Apr 2017 · 13:44

      Halo gan Luluk. Tanda seru pada gambar dan warna abu-abu saat dibuka artinya file gambar tidak dapat ditemukan. Ane tebak gambarnya disimpan di kartu microSD, dan curiga kartunya tidak terbaca atau corrupt.

  • Senior:
    04 Apr 2017 · 20:37

    Setau saya panel atas dan bawah pada bagian belakang itu juga terbuat dari bahan metal, bukan plastik. Kecuali yang saudara maksud yang warna putih itu sepanjang layar dari atas hingga bawah termasuk samping

    • 05 Apr 2017 · 13:45

      Bener, gan senior. Bagian belakang terbuat dari metal, tapi bagian atas dan bawahnya sampai ke samping yang permukaan warnanya berbeda itu terbuat dari plastik.

  • Andis:
    04 Apr 2017 · 12:37

    Sy lagi mo tanya…
    Waktu kamera blakang dibuka muncul hentakan stelah itu kira kira 10 detik muncul lagi sedikit hentakan. Padahal blom mengambil gambar foto atau selama proses pengambilan rekaman video juga ada sedikit hentakan.
    Apakah itu memang bawaan SG S7Prime? Ato hp ane yg trouble? Trmksh… jawabanya

    • 05 Apr 2017 · 14:09

      Halo gan Andis. Suara hentakannya sekeras apa gan? Asalnya dari speaker atau dari kameranya? Kalau ada hentakan yang agak keras dari kamera sih ane pastikan ini tidak normal.

      Ane coba sama unit J7 Prime di sini, hentakan memang ada saat pertama kali membuka aplikasi kamera, tapi hentakannya ini sangat halus yang hanya terdengar jika perangkat diletakkan 1 cm dari telinga. Saat merekam video tidak ada hentakan. Ane tebak hentakan halus ini adalah bunyi mekanisme autofokus pada kamera belakang. Kalau hentakannya cukup terdengar pada jarak penggunaan normal, sebaiknya dibawa ke Samsung Service Center, gan..

  • NOVE:
    04 Apr 2017 · 04:40

    Knpa SG J7 Prime gak berfungsi pengaturan kecerahan dan gak bisa redup cahayanya padahal saya sudah reset pabrik berkali2 masih tetap tidk berfungsi hampir kecerahan kira2 100% atau tidak dapat diatur, apa permasalanhannya gan? Tks

    • 05 Apr 2017 · 13:48

      Halo gan Nove. Maksud agan pengaturan kecerahan otomatis pada J7 Prime?

      Samsung Galaxy J7 Prime tidak dilengkapi sensor cahaya, gan. Jadi pengaturan kecerahan layar harus dilakukan manual dengan menggeser slider di panel pengaturan cepat.

  • Trisno:
    03 Apr 2017 · 19:00

    Selalu pending tiap hari kalo di reboot baru bs gak pending lg. Itu kenapa ya

    • 05 Apr 2017 · 14:02

      Halo gan Trisno. Mungkin maksudnya pending download saat di aplikasi Play Store? Coba langkah berikut, gan:
      1. Buka menu “Pengaturan”
      2. Pilih “Aplikasi”
      3. Pilih “Manajer Aplikasi”
      4. Pilih aplikasi “Google Play Store”
      5. Pilih “Penyimpanan”
      6. Pilih “Hapus Data” dan “Hapus Memori” alias Cache
      7. Kembali ke laman sebelumnya, lalu pilih “Paksa Berhenti”
      8. Coba download ulang

      Jika masih Download Pending, info ke sini lagi, gan.

      • Trisno:
        05 Apr 2017 · 17:10

        Bukan buat download gan tp ane ngchat digrup wa n bbm lalu blom ada chat masuk padahal sudah byk ratusan chat yg masuk trs stlah sy reboot hp matikan ulang stlah kmbli hidup baru ratusan chat ea n bbm bru pada masuk beruntun dan data byk sinyal ada tanda sinyal 4g jg bagus gan knp sllu bgtu ada solusi nya gk

  • Misgianto:
    03 Apr 2017 · 18:58

    Saya dengar sudah ada versi android baru gan, apa bisa samsung j7 prime update vetsi terbaru nya, dan kapan dirilis gan

    • 05 Apr 2017 · 13:51

      Halo gan Misgianto. Iya sudah ada Android 7.0 Nougat di ponsel-ponsel yang lebih baru. Kabar yang ane terima, J7 Prime kebagian Android baru ini di bulan November 2017, gan. Beritanya ada di tautan ini, gan.

  • Chia:
    02 Apr 2017 · 23:14

    Kak kamera depan mmng seperti itu setelah foto hasilx terbalik. Yg sebelah kiri pas foto hasilx fotox jadi sebelah kanan. Pengaturanx yg slah atau mmng seperti itu..

    • 05 Apr 2017 · 13:41

      Halo ganwati Chia. Saat mengambil gambar selfie, memang hasilnya akan dibalik otomatis. Tidak ada menu pengaturan membalik gambar di aplikasi kamera. Namun aganwati bisa meng-edit untuk membalik hasil foto selfie dengan cara:
      1. Buka hasil foto selfie melalui geser kiri atau melalui Galeri
      2. Tap foto 1 kali, lalu pilih menu “Ubah” di bawah
      3. Pilih “Balik Horiz.” untuk membalik foto
      4. Pilih “Gunakan” untuk menyimpan

      • Suhardi Harahap:
        19 Apr 2017 · 14:50

        Gan, di j7 prime saya ini, camera depan nya ketika saya mengambil foto selfie hasil fotonya sesuai dengan camera pada layar (tidak terbalik).
        Hasil foto selfie terbalik atau tidak terbalik, dapat di atur di pengaturan kamera depan.
        Pilih/klik “simpan gambar seperti dipratinjau” jika aktif, maka hasil foto tidak terbalik, dan jika di klik lagi/tidak aktif, maka hasil foto akan terbalik. Siang gan

  • Rudhy:
    02 Apr 2017 · 20:52

    Gan kok hp aku paket datanya cepat hangat ya gabisnya. Aku pakai kartu m3 dgn mode jaringan 4g tp gan dalam 1 hari kok kuota nya d habis. Mohon solusinya gan.

    • 02 Apr 2017 · 21:21

      Halo gan Rudhy. Coba cek aplikasi mana yang makan data paling banyak, gan. Cara cek-nya di menu Pengaturan > Penggunaan Data. Di sini agan bisa pantau aplikasi yang nyedot data dalam jumlah besar.

      Jika yang paling banyak nyedot data adalah Google Play Store atau Galaxy Apps, berarti ada aplikasi yang diupdate oleh ponsel melalui jaringan 4G. Solusinya matikan update otomatis-nya, gan. Caranya:
      1. Buka “Play Store”
      2. Buka Menu (icon kiri atas)
      3. Pilih “Setelan”
      4. Pilih “Update Aplikasi Secara Otomatis”
      5. Pastikan pilihan di “Update Aplikasi Secara Otomatis Hanya Melalui WiFi” atau “Jangan Update Aplikasi Secara Otomatis”

      Semoga membantu.

      • rudhy:
        03 Apr 2017 · 00:55

        gan yang paling banyak menggunakan data itu berturut-turut.
        instagram
        youtube
        facebook.

        sama 1 lg gan kok tiap star up kan muncul tulisan samsung tp kok ga ada nada nya gitu??

  • Ega:
    02 Apr 2017 · 09:36

    Gan, apa nanti katanya bakalan di rilis samsung j7 2017 ya sekitar bulan juli? Nah itu untuk spesifikasi detail nya lebih bagus daripada j7 prime apa malah dibawah j7 prime? Terus untuk harganya nanti kiraยฒ berkisar berapa gan? Soalnya mau beli j7 prime tp masih kepo sama j7 2017 yg blm di rilis๐Ÿ˜‚

    • 02 Apr 2017 · 12:16

      Halo gan Ega. Spesifikasi Galaxy J7 2017 sudah pernah muncul di situs benchmark, klik di sini untuk beritanya di UlasAbis.com. Spek-nya tidak banyak berbeda dari Galaxy J7 2016. Layar Galaxy J7 2017 diperkirakan masih 5.5 inci resolusi HD 1280 x 720 sementara J7 Prime sudah FHD 1920 x 1080 (5.5 inci juga). RAM dan ROM-nya juga lebih kecil dari versi Prime, yaitu hanya 2GB dan 16GB. Jadi secara spek, masih di bawah J7 Prime.

      Kalau agan memang cari ponsel Galaxy J dengan spek tinggi, harus menunggu versi “Prime 2017”, gan.. Perkiraan sih J7 2017 dirilis bulan Juni atau Juli nanti.

      • Ega:
        02 Apr 2017 · 16:41

        Emang nanti bakalan ada samsung keluaran baru yang prime 2017 ya gan? Sekitar bulan apa gan mulai di perkenalkan nya?

        • 02 Apr 2017 · 21:23

          Kemungkinan besar J7 Prime akan keluar versi 2017, gan. Karena model yang ini sangat sukses buat Samsung, pastinya akan dirilis model baru. Perkiraannya sih bulan September 2017 baru dirilis, gan.

      • Arief:
        15 Apr 2017 · 08:40

        Aplikasi cm security dan pembersih lainnya penting ga buat j7prime???๐Ÿ˜…

        • 15 Apr 2017 · 15:33

          Kalau ane bilang sih, gak perlu lagi, gan. Karena di J7 Prime sudah ada Smart Manager yang bisa diakses di menu pengaturan. Aplikasi ini berasal dari Samsung, jadi seharusnya aman dan sudah memiliki fungsi pembersih dan keamanan juga.

  • Fakhri:
    01 Apr 2017 · 13:16

    Hallo min, cara me lock 4G di hp j7 prime ini gimana ya? Saya sudah membeli paket 3G + 4G tetapi yang terpakai hanya 3G nya saja, padahal di jaringan seluler sudah tertulis sambung otomatis LTE/3G/2G. Gimana solusinya min?

    • 01 Apr 2017 · 14:37

      Halo gan Fakhri. Untuk mengunci jaringan hanya 4G, dulu bisa menggunakan teknik *#*#4636#*#*, *#2263* atau *#0011#. Tapi pas ane coba di J7 Prime, ketiga cara ini tidak berfungsi. Sepertinya sudah di-lock oleh Samsung.

      Ane saranin tidak perlu di-lock ke 4G, pastikan saja sinyal 4G memang sudah mencapai lokasi agan dan SIM card sudah dukung 4G (SIM card 4G khusus). Seharusnya hp otomatis mencari 4G jika memang tersedia sinyalnya. Lagipula jika di-kunci ke 4G, agan gak bisa melakukan panggilan telepon dan SMS karena butuh koneksi 3G/2G untuk telepon dan terima SMS.

      Sori gak ada solusi, gan.

  • pram:
    31 Mar 2017 · 21:51

    gan mo numpang tanya donk kenapa ya kho J7 prime ane belum 1 minggu trus ada permintaan pembaruan system setelah pembaruan system selesai ini hape jadi ga jelas gini gan wifi ga bisa di aktifkan padahal sudah di aktifkam tp tetep mati lagi, padahal sudah saya refresh manual tetep aja bgtu….
    mohon pencerahan donk gan

    • 31 Mar 2017 · 22:16

      Halo gan Pram. Sebelum pembaharuan sistem apakah wifi-nya normal gan?

      Kalau normal sebelum tetapi bermasalah sesudah pembaharuan, ane saranin langkah di bawah ini:
      1. Tahap 1: reset biasa (tekan tombol power > Mulai Lagi),
      2. Tahap 2: jika tahap 1 masih gak bisa, coba “Reset Pengaturan Jaringan” di Menu Pengaturan > Cadangkan dan Reset > Reset Pengaturan Jaringan (data akan tetap aman)
      3. Tahap 3: jika tahap 2 masih gak bisa, coba “Reset Data Pabrik” di Menu Pengaturan > Cadangkan dan Reset > Reset Data Pabrik (seluruh data terhapus)
      4. Tahap 4: jika tahap 3 masih gak bisa, terpaksa di bawa ke Samsung Service Center. Kemungkinan si teknisi akan menimpa sistem operasi dengan yang awal, lalu melakukan pembaharuan sistem lagi.

      Semoga membantu gan.

  • aria:
    31 Mar 2017 · 05:00

    Ass gan.
    Saya pake J7 yg pertama.
    Hasil gambar dari camera depan nya Klo pake flash ko jd ke coklatan Muka nya Kaya kebakar apalagi gk pake flash item banget padahal setingan udah d samakan sama J7 yg lain nya , Tpi ttep gak normal kya J5/J7 yg lain nya gtu.
    Itu knp ya, kira” penyab dri apa ya.
    Apa mungkin camera depan nya gagal ?

    Makasih gan sebelum nya.

    • 31 Mar 2017 · 19:58

      Halo gan Aria. Maap ane gak punya unit J7 generasi pertama jadi gak bisa mencoba langsung. Tebakan ane sih ini dari aplikasi kamera bawaan Galaxy J7 yang belum sempurna.

      Saran ane, coba selfie pakai aplikasi namanya “Open Camera” dari Play Store. Di situ ada pengaturan gelap / terangnya foto tanpa pakai flash. Semoga membantu, gan.

  • R 15 KI:
    31 Mar 2017 · 02:17

    Permisi gan mau tanya,apakah di samsung j7 prime saat pengambilan gmbar melalui kamera depan saat flasnya di nylain lyar akan putih ya kyak ngeblank gtu..
    Apakah hp saya nrmal..
    Mohon pencerahannya

    • Rudi:
      31 Mar 2017 · 11:32

      Setau saya itu normal gan…saya punya juga seperti itu bila selfi pake kamera depan kondisi flash nyala akan terjadi blank putih tapi foto tetap jadi kok

    • 31 Mar 2017 · 19:23

      Halo gan R 15 KI. Bener yang dibilang gan Rudi. Itu namanya fitur “Screen Flash”, jadi menggunakan layar sebagai pengganti lampu flash yang biasanya pakai lampu LED. Memang tidak seterang lampu LED, namun cukup membantu selfie di malam hari..

  • Rudi:
    29 Mar 2017 · 23:11

    Gan numpang tanya saya baru beli samsung j7 prime warna pink tapi ada keanehan pas waktu di pakai
    Sebagai info saya memakai sim card XL dua2nya
    Masalahnya untuk sim 1 or sim 2 yg posisinya menjadi 2G tidak lama sekitar 3 jam sim 2 or 2G tidak aktif padahal kondisi hp stand by
    Jadi kita telpon hanya terdengar tlp yg anda tuju sedang dialihkan kalo sudah seperti ini hp tidak bisa di hubungi
    Tapi kalo kita tlp keluar sim yg bermasalah itu langsung aktif seperti sedia kala alias bisa di tlp kembali.
    Pertanyaan saya
    1.apakah untuk sim card yg sama tidak mendukung?
    2.apakah hp saya bermasalah?
    Sebagai info saya sudah ganti sim yg baru takut2 sim tersebut sudah berkarat dan hp saya sudah di software dari pihak samsung tapi tetap saja seperti itu
    Mohon pencerahan nya gan maklum saya gaptek
    Thanks & Regards

    • 31 Mar 2017 · 19:42

      Halo gan Rudi. Ane coba tes pakai dua kartu telkomsel di sim1 dan sim2, sinyalnya aman sejak pagi sekitar jam 10 sampai sekarang (jam 19.30). Ditelepon keluar masuk baik sim1 maupun sim2 juga lancar.

      Ane curiganya di hp agan sim2 yang sinyalnya 2G itu terputus karena memang lemah sinyal (ane asumsi agan ada di dalam rumah). Saat agan coba telepon keluar, si hp langsung mencari sinyal sim2 sekuat-kuatnya terus tersambung, jadi panggilannya bisa keluar.

      Saran ane, setting aja sim2 itu untuk stand by di 3G yang relatif lebih kuat sinyalnya. Komen balik ya gan klo masih suka error.

      • Rudi:
        31 Mar 2017 · 21:19

        Hallo gan untuk masalah sim itu bukan lemah signal karena sim 1 dan sim 2 yg akan jadi 2G pasti akan mati padahal tidak cuma bahasanya dialihkan padahal kita stand by signal full…untuk masalah ini saya sih sudah minta replase ke service center samsung gan…kemungkinan itu hp memang ada masalah di mainboardnya ato waktu QC mungkin kelolosan tuh alias cacat produk gan itu sih asumsi aku saja selebihnya mungkin agan lebih paham dan puji tuhan hari ini hp barunya datang juga dan di tukarkan 1 full sett senang deh tapi masih ngeri2 sedap gitu gan takut masalah lama kembali terjadi tapi mudah2anlah ngak ada masalah bikin stress aja haha…terimakasih banyak yah gan atas info dan sharenya lumayan masuk sini bisa dapet banyak pelajaran di dunia Smartphone hihihihi…..oke Bang UlasAbis Smoga makin maju lapak pengetahuannya yah bang tengkyuuu

        • 31 Mar 2017 · 21:36

          Sipp gan Rudi. Terima kasih banyak sudah sharing di UlasAbis ๐Ÿ™‚
          Share lagi ke sini yaa kalau masalahnya ternyata masih muncul di unit baru.. hehe..

          • Rudi:
            31 Mar 2017 · 21:51

            Ok siap Ndan ๐Ÿ˜ƒ๐Ÿ‘

  • Abdul:
    29 Mar 2017 · 19:01

    J7 prime koneksi wifinya kok lemot ya gan? Knp ya tanks

    • 29 Mar 2017 · 20:07

      Halo gan Abdul. Maksudnya sinyal ke internet bukan, gan? Kalau koneksi internet melalui Wifi tergantung dari koneksi router ke internet. Biasanya sih yang lemot dari router ke internet. Kalau kasusnya begitu, saran ane ganti provider yang lebih cepet internetnya, gan.

  • Andis:
    28 Mar 2017 · 18:38

    Dear UMC;
    Sy aktif tanya gpp ya…
    Sy pernah baca berita asing di briefing sebelah kiri home screen, menyebutkan bahwa akan ada update Marsmallow ke Nougat di bulan Juli 2017 pada Samsung J-series termasuk J7Prime.
    Apakah itu benar atau cuma hoax?
    Terima kasih jawabanya.

    • 28 Mar 2017 · 19:20

      Halo gan. Memang ada kabarnya seperti itu untuk Galaxy J7 2016. Untuk Galaxy J7 Prime, kemungkinan lebih lama lagi, yaitu di akhir 2017 baru kebagian update ke Android Nougat.

      Beritanya ada di tautan ini yaa.

  • Asep septian:
    28 Mar 2017 · 16:31

    Owh ,gtu ya gan ,.. Mksih infonya , ea soalnya klo di aflikasi lain emng gak blur cuma di bbm aj ,. Mksih gan ,

  • Andis:
    28 Mar 2017 · 08:55

    UlasMasterChan, tanya lagi ya…
    1. Apa arti atau fungsi update firmware & bagaimana caranya?
    2. Apakah tidak akan menimbulkan kekhawatiran setelah di update firmware?
    Terima kasih atas jawabanya.

    • 28 Mar 2017 · 16:30

      Halo, gan Andis. Ane coba jawab berdasarkan pengalaman ane:

      1. Update firmware berfungsi untuk memperbaharui sistem operasi Android pada perangkat. Biasanya firmware baru membawa fitur baru, update keamanan perangkat terbaru dan pemusnahan bug jika ada. Jadi setelah di-update, seharusnya perangkat menjadi lebih aman, lebih cepat dan bersih dari bug, plus jika ada, ketambahan fitur baru.
      Cara meng-update firmware yang disarankan adalah melalui menu pengaturan > tentang perangkat > unduh pembaruan. Nanti ponsel secara otomatis mencari apakah ada firmware baru yang tersedia. Jika ada, ponsel akan meminta konfirmasi kita untuk unduh update tersebut.

      2. Update firmware melalui cara di atas (no. 1) tergolong cara paling aman karena langsung diunduh dari server Samsung. Firmware sejatinya bertujuan memperbaiki dan meningkatkan kualitas sistem operasi perangkat, jadi asal dilakukan dengan cara yang benar, seharusnya tidak perlu ada kekhawatiran.

  • Asep septian:
    26 Mar 2017 · 22:26

    Assalammualaikum gan, mau nanya ni , saya pake j7 prime 2017 , hasil foto” selfi sy bagus sekali ,tapi pas di jadiin Dp bbm knp blur ya , apa ukurannya terlalu besar ,fHD1920x1080, stlah saya pake aplikasi editan ttp aja ngeblur alias pecah,.maaf saya awam ,mohon di bantu hehe mksih

    • 27 Mar 2017 · 20:01

      Mualaikumsalam gan Asep. Memang begitu, gan. Di aplikasi BBM, DP secara otomatis dikecilkan resolusi-nya menjadi 200 x 200, jadi pasti blur saat dibuka gambarnya. Jadi ini memang salah satunya jeleknya BBM, gan.

      Berbeda dengan profile picture di aplikasi WhatsApp bisa mendukung resolusi 640 x 640 jadi tidak blur. Semoga membantu.

  • Rudhy:
    26 Mar 2017 · 18:32

    Gan ane pakai j7 prime.
    Ane udah update firmware terbaru tp kok ga bisa aku unduh tema dr galaxy thema?
    Setiap mau unduh selalu muncul motif ” tidak dapat mengunduh tema dalam bentuk tampilan tombol ” mohon pencerahan nya.

    • 27 Mar 2017 · 19:47

      Halo gan Rudhy. Di J7 Prime ane sih tema bisa diunduh dan dipasang. Bisa diinfo tema apa yang dicoba tapi tidak bisa diunduh, gan? Mungkin tema tertentu memang tidak kompatibel sama J7 Prime..

      J7 Prime ane sudah firmware terbaru versi G610FDXU1AQC4/G610FOLE1AQC1/G610FDDU1AQC3.

      • rudhy:
        28 Mar 2017 · 08:23

        terima kasih gan atas pencerahanya.
        ane baru liat pembaruan firemware nya. lg d unduh nih.
        masalah yg tema ternyata letanknya pada pengatuaran tampilan tombol ( pengaturan > aksesibilitas > penglihatan > tampilan bentuk tombol) jika tampilan bentuk tombol di aktifkan maka kt tidak bisa mengunduh tema dari bawaan HP.

        • 28 Mar 2017 · 16:22

          Siip, gan Rudhy. Terima Kasih juga atas solusi masalah tema-nya.

      • rudhy:
        28 Mar 2017 · 10:33

        gan ane mau nanyanih. maaf baru ke pikiran.
        di j7 prime kok sidik jari yg bisa di gunakan kok hanya 3, klw baca2 di situs samsung bisa sampai 5 sidik jari, (maaf alamat link nya lupa).

        • 28 Mar 2017 · 16:19

          Iya gan, Galaxy J7 Prime hanya dapat mengenali 3 sidik jari. Ponsel kelas menengah Samsung hanya bisa merekam 3 sidik jari saja, termasuk Galaxy A5 2017, gan. Yang bisa rekam 5 sidik jari hanya seri Galaxy S7 saja.

          • rudhy:
            30 Mar 2017 · 13:10

            siang gan. maaf aku jadi banyak nanya nih.
            kok pada saat samsung j7 prime aku star up ga ada bunyi welcome samsung gitu.
            kan biasanya saat star up itu muncul tulisan samsung di iringi dengan nada gitu, nah d hp ane kok bagian nada itu kok ga ada ya?? mohon pencerahaannya.

            sebenarnya sih ga mengganggu sih hanya rada lain-lain aja, soalnya d hp samsung ane yg lain pasti ada nadanya gitu. hehe

  • Dinny:
    25 Mar 2017 · 18:16

    Kameranya koq hasilnya kurang bagus ya jd seperti ada bercak2nya gt…ga mulus, malah kalah kinclong dibandingkan hp samsung grand prime

  • Heru D Pratama:
    23 Mar 2017 · 16:53

    Gan.. ane pke j7 prime.. tp knp yaa aplikasi pembersih cache ga bisaa d pake.. pdahal apk smart manager bawaan ga ngapus cache… truz ane cari d pengaturan ada yg memperbolehka aplikasi hapus cache.. tp pas d aktifin setiap msuk k pngaturan lngsung bug.. tba2 scroll k bwah sndiri.. solusinyaa gmn gan??

    • 27 Mar 2017 · 19:13

      Halo gan Heru. Nama aplikasi untuk hapus cache apa, gan?

      • Heru D Pratama:
        28 Mar 2017 · 15:41

        ES task manager, link 2 sd. Dsb nyaa gan.. jd setiap apk hapus cache yg ada d playstore ga fungsi d j7 prime saya.. pling hnya brfungsi untuk menghapus apk yg aktif d latar belakang & mnambah kapasitas ram… saya mw root hh ane tp msh sayang gan..

        • 28 Mar 2017 · 17:12

          Gan, untuk aplikasi ES Task Manager dan sejenisnya, sudah diketahui memang tidak bisa menghapus cache lagi sejak Android 6.0 Marshmallow. Alasan jelasnya tidak diketahui.

          Namun agan masih bisa menggunakan aplikasi bawaan J7 Prime yaitu Smart Manager, bisa menghapus cache juga. Aplikasinya terintegrasi dengan menu Pengaturan > Smart Manager > Penyimpanan > Data Yang Tidak Perlu > Hapus

  • Tonny:
    23 Mar 2017 · 09:52

    Kalo untuk bermain game moba atau game 3d suka ada kendala gak di j7 prime seperti lag

    • 23 Mar 2017 · 19:43

      Halo, gan Tonny. Game 3D apa nih gan yang mau dites?

      Sejauh ini sih ane baru coba game yang relatif ringan seperti Clash of Clans, Clash Royale, Final Fantasy Brave Exvius, Angry Birds, Plants vs. Zombie, semuanya lancar jaya gan.

      • Tonny:
        24 Mar 2017 · 09:05

        Kalo kaya game kritika, legacy of discord dan mobile legend apa suka lag?

        • 25 Mar 2017 · 22:40

          Ane baru cobain Legacy of Discord di J7 Prime, hasilnya lancar jaya gan. Animasi mulus, efek transparansi juga berlangsung mulus tanpa lag.

          • Randhy:
            07 Apr 2017 · 20:14

            Aku pengguna sm j7 prime.. mau nanya Mengapa kalau bermain game mobile legenda sering lag. sedangkan HP adek aku gak lag padahal pakai Xiaomi. Aku lihat spek di internet katanya sinyal HP ini emang kurang. Apa bener.. apakah bisa di gantikan dengan WiFi?

  • teddi:
    23 Mar 2017 · 09:34

    Hallo gan. Saya mau tanya. Itu di gambar yang bagian baterai, kok dari 89% waktu Habisny tertulis 30jam++. Sdg kan di hp saya, dari 100% perkiraan waktu habis hanya 14-15jam. Bagaimana itu gan?

    • 23 Mar 2017 · 19:36

      Halo, gan Teddi. Perkiraan sisa waktu pemakaian baterai tergantung dari histori siklus pemakaian baterai sebelumnya. Jika pemakaian diprediksi 15 jam dari 100%, maka terakhir agan pakai J7 Prime dari 100% hanya bertahan 15 jam saja.

      Ane menguji waktu pemakaian baterai dengan menggunakan ponsel untuk browsing dan main game selama 2 jam dalam jangka waktu 5.5 jam. Hasilnya tersisa baterai 89% yang jika penggunaannya sama maka butuh waktu 31 jam sampai baterainya habis.

      • Teddi:
        23 Mar 2017 · 19:42

        Lah itu gimana bisa sampe 31 jam gan? Padahal ane make ya 15-20jam aja udh mati gan

        • 23 Mar 2017 · 19:47

          Itu prediksi pemakaian, gan, berdasarkan histori penggunaan 2 jam browsing + main game dengan 5.5 jam total waktu standby. Memang J7 Prime belum sempat kita siksa baterainya. Nanti kita update ulasannya dengan histori pemakaian mode siksa gan, kita lihat sampai berapa lama baterai J7 Prime bisa tahan. Thx

          • Teddi:
            23 Mar 2017 · 19:50

            Ohh berarti selama ini mungkin saya ngaktifin mode siksa baterai kali ya๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚ oke gan thanks infonya

  • Agus:
    22 Mar 2017 · 20:54

    Gan aku baru ganti hp dari oppo f1s ke samsung j7 prime, yg aku tanyakan kenapa kontak gmail aku yg tersimpan di f1s gak langsung otomatis ada di kontak j7 prime aku, aku coba buka di pengaturan terus di google terus di memulihkan kontak terus memulihkan dari oppo f1s itu kok loading terus???

    • 22 Mar 2017 · 21:25

      Halo, gan Agus. Di unit Galaxy J7 Prime kami, fitur memulihkan kontak dari pengaturan Google berjalan dengan baik saat diuji dari 3 hp, Xiaomi Redmi Pro, Advan G1 dan Samsung Galaxy A5 2017. Kalau kondisinya loading terus, kemungkinan koneksi ponsel ke server Google sempat terputus. Saran saya restart J7 Prime, lalu dicoba pulihkan lagi, gan.

      Kalau masih tidak bisa, terpaksa pulihkan kontak manual, dengan cara men-Ekspor kontak di Oppo F1s menjadi file vCard (VCF), lalu pindahkan file ini ke J7 Prime dan di-import manual melalui: Kontak > Lainnya > Pengaturan > Impor/Ekspor Kontak > Impor Kontak

  • Bramansyah:
    22 Mar 2017 · 19:34

    Gan sbenarny j7 prime bnyk masalah gk sih, jd ragu belik nya kalau gni…
    Saya lihat komenan pada bnyk minus kyknya…

    • 22 Mar 2017 · 20:28

      Halo gan Bram, J7 Prime ini secara desain dan hardware lumayan bagus untuk ponsel kelas menengah. Soal minus alias bug yang disebut di komentar di atas, belum ada bug yang sampai mengganggu pemakaian ponsel dalam jangka panjang. Semua bug J7 Prime ini bisa dihindari.

      Tapi sudah menjadi hal yang jamak, bahwa Samsung jarang merilis update untuk memperbaiki bug di ponsel kelas menengahnya, seperti Galaxy seri J ini. Hanya Galaxy seri S (kelas atas) saja yang sering di-update dan diperbaiki jika ada bug.

      Jika agan bisa menunggu 1 atau 2 bulan lagi, seri J ini akan muncul yang baru, yaitu Galaxy J7 2017 dan J5 2017. Mungkin model baru ini lebih sedikit bug-nya, siapa tahu ๐Ÿ™‚ Cuma saran yaa, gan. Keputusan saya kembalikan ke agan lagi.

      • Bramansyah:
        23 Mar 2017 · 06:46

        Mksd agan akan ada kluar hp kluaran baru lagi buat samsung j7 prime atu j5 sekitaran 2 bulan lagi gitu???

        • 23 Mar 2017 · 20:34

          Ralat, gan. Ane baru kontak orang Samsung Indonesia, Galaxy J7 2017 paling cepat bulan Juli baru dirilis. Saat ini statusnya belum masuk ke dirjen postel, jadi mungkin bulan Mei baru masuk perijinan, kelar 1 bulanan di Juni, rilis di Juli.

          Kalau kelamaan, J7 Prime lumayan OK, gan. Harganya juga udah menyentuh Rp. 3.1 jutaan beberapa situs belanja online.

          • Bramansyah:
            24 Mar 2017 · 05:48

            Tp d toko 3,4 mwh gan ๐Ÿ™

  • Misgianto:
    22 Mar 2017 · 01:59

    mau nanya gan, saya punya hp samsung galaxy J7 Prime, setelah saya upgrade kenapa waktu saya buat hemat daya layar tidak bisa dibuka lagi, tetapi hp nya hidup, kalau mau nyalakan harus dicharger dahulu baru nampak dan bisa dibuka, mohon info nya gan, tks

    • 22 Mar 2017 · 19:02

      Halo gan Misgianto. Di unit Galaxy J7 Prime kami juga mengalami hal yang sama setelah di-update, gan. Kami duga ini adalah bug yang muncul sejak update terakhir. Samsung Service Center sudah kami hubungi untuk melaporkan bug ini. Semoga update berikutnya memperbaiki bug ini.

      Untuk sementara, saran saya jangan gunakan mode hemat daya untuk sementara waktu.

    • 27 Mar 2017 · 19:49

      Gan, di update firmware terbaru bug ini sudah hilang. Saat mode Hemat Daya aktif, tingkat kecerahan paling rendah, layar masih tetap terlihat.

      Firmware terbaru J7 Prime versi G610FDXU1AQC4/G610FOLE1AQC1/G610FDDU1AQC3 (22.3MB)

      • Misgianto:
        03 Apr 2017 · 18:07

        Terima kasih gan untuk info nya, setelah saya upgrade ke versi terbaru apabila saya buat mode hemat daya layar nya tidak blank lagi, sukses buat ulasabis.com, lain kali boleh tanya lagi kan gan hehehehehe……..๐Ÿ˜ƒ๐Ÿ˜†๐Ÿ˜…

  • arie:
    21 Mar 2017 · 15:34

    mau nanya min.. hp saya samsung j7 prime.. pas subuh baterai 18% lagi lalu syaa cas pas jam7 mau diliat hp nya ga bisa idup tapi led nya nyala.. itu kenapa yaa trus harus digimanain biar nyala lgi

    • 21 Mar 2017 · 21:25

      Halo gan Arie. Coba reset hp J7 Prime-nya. Caranya tekan bersamaan tombol Volume bawah dan tombol Power/Kunci bersamaan selama kurang lebih 10 detik (agak lama). Nanti hp akan memulai ulang.

  • Bramansyah:
    19 Mar 2017 · 07:39

    Gan, bagusan mana saat kita ngecas hp posisi hp mati apa hidup?

    • 19 Mar 2017 · 12:06

      Halo, Gan Bram. Kalau berdasarkan pengalaman, nge-charge hp dalam kondisi mati atau hidup sama saja. Yang penting saat di-charge dalam keadaan hidup, baterai jangan sampai terlalu panas karena musuh utama baterai adalah panas berlebih. Baterai bisa jadi panas bila hp dipakai bermain game berat lama-lama sambil di-charge. Sebaiknya dihindari supaya awet baterainya.

      • Bramansyah:
        19 Mar 2017 · 14:27

        Awq mau belik j7 prime ni gan,menurut agan bagusan xiomi apa zamsung j7 prie ini, bajet saya 3,5 juta…

        • 19 Mar 2017 · 16:37

          Galaxy J7 Prime lumayan mumpuni untuk pemakaian sehari-hari dan game ringan gan. Plus, hp Samsung ini ada garansi resminya 1 tahun, jadi kalau ada apa-apa lebih mudah daripada hp Xiaomi yang rata-rata garansi distributor.

          Tapi kalau mau hp performa tinggi di harga Rp. 3.5 jutaan, hp Xiaomi Mi 5 32GB cukup OK. Kalau mau performa setara tapi harganya lebih murah, bisa pertimbangkan Xiaomi Redmi Note 4 gan.

          • bramansyah:
            20 Mar 2017 · 07:15

            Ok fix saya j7 prime gan, yg ada gaaransi dong…
            Makasih infony yah..

          • 20 Mar 2017 · 21:11

            Siip, gan. Senang bisa membantu ๐Ÿ™‚

  • Ita:
    16 Mar 2017 · 21:43

    Mau tanya gan, untuk ganti lampu led notifikasi gimana ya?

    • 17 Mar 2017 · 18:09

      Halo, agawati Ita. Saat ini warna lampu notifikasi J7 Prime tidak dapat diganti melalui pengaturan, namun bisa diubah dengan menggunakan aplikasi tertentu seperti WhatsApp.

      Di dalam WhatsApp, warna lampu notifikasi dapat diubah dengan cara:
      1. Buka menu pengaturan WhatsApp (ujung kanan atas, icon tiga titik tersusun vertikal)
      2. Pilih “Setelan”
      3. Pilih “Notifikasi”
      4. Pilih “Lampu”, lalu pilih warna yang dikehendaki untuk notifikasi pesan pribadi atau grup

  • rey:
    14 Mar 2017 · 20:51

    maaf gan ane mau tanya
    ane beli hp j7 prime di negri unta arab
    kebetulan ane bawa kartu sim indo
    Tapi pas di masukin tidak ada jaringan terus minta pin sim
    sedangkan ane belum perna pake pin sim kartunya
    tapi pas ane masukin ke hape yang ane bawa dari indo bisa sinyal pull

    • 15 Mar 2017 · 19:41

      Halo, Gan Rey. Jika PIN belum pernah diaktifkan, coba masukkan 1234 (PIN standard). Coba max 2 kali aja gan, karena jika 3 kali salah maka kartu sim kena blokir, butuh PUK untuk buka blokirnya. Mengenai sinyal, jika PIN belum dimasukkan, sim card tidak bisa mendapatkan sinyal, jadi coba buka PIN-nya dulu gan.

  • wahyu.:
    14 Mar 2017 · 10:37

    Gan kenapa hp j7 prime sering mati sendri apabila di Diem.en menghidupkanya juga harus pakek tombol power atas bawa sma tombol kunci. Klaw tombol kunci saja gak bisaa. Solusinya gan

    • 14 Mar 2017 · 19:39

      Halo, Gan Wahyu. Sepertinya hp agan itu hang, dan kalau sampai harus di-restart keras (tekan tombol volume atas + power + kunci berarti ada masalah sama sistem operasinya. Sebaiknya dibawa ke service center Samsung terdekat, gan.

      Lokasi terdekatnya bisa dicek di situs Samsung ini, gan.

  • i putu sudarmayasa:
    13 Mar 2017 · 16:10

    Gan j7 prime ku kok gak bisa buka aplikasi pakai sidik jari.padahal z sdah buka pengaturan.prifasi dan keamanan kok gak ada tulisan kunci aplikasi.z liat di youtube j7 yg lain ada gan

    • 13 Mar 2017 · 20:10

      Halo, Gan. Coba buka pengaturan sidik jari di menu Pengaturan > Layar Kunci & Keamanan > Sidik Jari. Agan bisa mendaftarkan sidik jari di sini, lalu setelah selesai sidik jari bisa digunakan untuk buka ponsel.

      • Zaky:
        06 May 2017 · 23:47

        Gan mau nanya.. j7 prime q sdh aq set sidik jari. Klo buat buka kunci sdh bs pake sidik jari. Tp kok d pengaturan privasi tetep g ad app lock nya. Gmana gan?

  • Izah:
    13 Mar 2017 · 04:43

    Gmn cara melihat hsil tekaman video dร ri ponsel j7 prime??selain dari galery

    • 13 Mar 2017 · 20:01

      Halo, Gan Izah, selain lewat galeri, rekaman video bisa dibuka dari aplikasi “My Files”, ada di folder Tools di menu Apps. Di dalamnya bisa dipilih menu “Videos”, lalu pilih file rekaman yang ingin ditonton.

  • Andis:
    12 Mar 2017 · 23:33

    Bagaimana cara mengembalikan “weather card” pada “google applikasi”? karena saya tidak sengaja sentuh never appear.
    Terima kasih.

    • 13 Mar 2017 · 19:57

      Halo, Gan Andis. Coba langkah ini untuk mengembalikan Weather info di Google Apps:
      1. Buka Google Apps
      2. Tap bagian kanan atas dari salah satu feed (bentuknya tiga titik berjejer vertikal)
      3. Pilih “Sesuaikan Feed” atau “Customize the Feed”
      4. Pilh menu paling bawah “Lainnya” atau “Everything Else”
      5. Tap “Continue to get weather updates”, pilih “Ya”

      Kemudian refresh Google Apps. Weather card seharusnya muncul kembali.

  • Rizal:
    12 Mar 2017 · 08:41

    Halo Agan ulas abis.com Thanks info nya mengenai tombol back light nya. Saya baru beli ho J7 prime semalam. Kok berbeda dengan E7 saya sebelum nya.

    Makasih ya gan

    • UlasJongos Joe:
      12 Mar 2017 · 15:18

      Halo, Gan Rizal. Iya, Gan, bahkan hp Samsung Galaxy Core saya dulu aja punya tombol dengan backlight. Mungkin Samsung pengen mengurangi biaya produksi jadi gak dikasih backlight di J7 Prime..

  • hilmy:
    12 Mar 2017 · 00:31

    gan hp saya barusan upgrade firmware karena muncul pemberitahuan untuk upgrade, setelah saya upgrade jika saya menyalakan mode hemat daya lalu pencerahan saya atur paling kiri (paling redup) layar terlihat mati(blank) tapi hp tetap nyala(jalan) apa emang seperti itu?

    • 12 Mar 2017 · 14:46

      Halo, Gan Hilmy. Seperti ini memang bug di firmware baru karena hal yang sama ditemukan juga di unit J7 Prime kami dengan firmware terbaru. Kami sudah komplain ke Samsung melalui MySamsung app.

      Semoga Samsung cepat menggulirkan update firmware baru untuk menghilangkan bug ini.

    • 27 Mar 2017 · 19:51

      Gan, di update firmware terbaru bug ini sudah hilang. Sekarang saat mode Hemat Daya aktif, tingkat kecerahan paling rendah, layar masih tetap terlihat.

      Firmware terbaru J7 Prime versi G610FDXU1AQC4/G610FOLE1AQC1/G610FDDU1AQC3 (22.3MB)

  • Stacy:
    11 Mar 2017 · 06:56

    Gan samsung j7prime gimana cara buat folder di menunya?

    • 11 Mar 2017 · 14:40

      Halo, ganwati Stacy, untuk membuat folder di menu aplikasi caranya:
      1. Tap “Ubah” di kanan atas layar
      2. Gabungkan 2 icon aplikasi yang ingin dimasukkan ke dalam folder
      3. Folder akan terbuat dan bisa dinamai

      Untuk membuat folder di tampilan dasar / home, bisa langsung menggabungkan 2 icon aplikasi, folder langsung terbuat dan bisa dinamai juga.

  • Dina:
    11 Mar 2017 · 00:10

    Untuk ngerubah font samsung galaxy J7 prime gmn? Selain yg ada d pengaturan tampilan nya…

    • 11 Mar 2017 · 14:49

      Hai, ganwati Dina, untuk merubah font di sistem, harus menggunakan pengaturan Tampilan > Huruf.

      Ada 5 pilihan standar huruf atau font di sana, tapi bisa ditambah dengan mengunduh melalui menu “Unduh Font” di menu paling bawah pilihan font.

  • Shinta:
    08 Mar 2017 · 04:00

    Gan samsung j7 prime gmn cara pindahin aplikasi dr internal ke sd card ya biar ram ga full?

    • 08 Mar 2017 · 16:22

      Halo Aganwati, untuk memindahkan aplikasi dari internal ROM ke kartu SD, caranya:
      1. Masuk ke “Manajer Aplikasi” di menu Pengaturan > Aplikasi > Manajer Aplikasi
      2. Pilih aplikasi yang ingin dipindahkan
      3. Pilih opsi “Penyimpanan”
      4. Pilih tombol “Ubah”, lalu pilih lokasi penyimpanan menjadi Kartu SD

      Selanjutnya akan ada proses pemindahan dari memori internal ke kartu SD yang memakan waktu beberapa detik. Berhasil deh!

      Perlu diketahui tidak semua aplikasi dapat dipindah ke kartu SD. Ini tergantung dari si pembuat aplikasinya (si developer). Contohnya, aplikasi WhatsApp tidak bisa dipindah, tapi aplikasi Line dan kebanyakan aplikasi game bisa dipindah ke kartu SD.

  • adiet:
    07 Mar 2017 · 19:33

    Hallo gan..apakah tombol backlight pada samsung j7 prime tidak menyala ya?

    • 07 Mar 2017 · 19:54

      Hai, Gan Adiet. Iya, Gan, Samsung Galaxy J7 Prime dan ponsel seri Galaxy J lain tidak dilengkapi backlight di tombol navigasi. Samsung hanya membekali backlight di seri Galaxy S dan Galaxy A saja.

  • Elky:
    06 Mar 2017 · 15:49

    J7prime knp notification suka tdk muncul klo aplikasinya tdk dibuka terlebih dahulu. Padahal di setting kita sudah set.

    • 06 Mar 2017 · 19:29

      Halo, Gan Elky. Coba non-aktifkan fitur penghematan daya aplikasi dengan cara:
      Pengaturan > Smart Manager > Baterai > Penghematan Daya Aplikasi > Rincian > matikan tombol Aktif menjadi Tdk Aktif.

      Kabari yaa, berhasil atau tidak..

    • Romy:
      03 Apr 2017 · 22:32

      Iya ini WA ane ga mau muncul notifnya

  • andis:
    01 Mar 2017 · 23:30

    kok tdk ada app kompas pd j7 prime?

    • UlasMasterChan:
      02 Mar 2017 · 20:58

      Halo Gan, app Kompas tidak tersedia sejak awal, tapi bisa di-download di Play Store.

      • Ulas Jongos Joe:
        04 Mar 2017 · 13:23

        Mungkin maksudnya aplikasi untuk melihat kompas arah mata angin, Master.. bukan buat baca berita..

  • tari:
    20 Feb 2017 · 16:18

    Minta bantuannya,notifikasi whatshapp,line di samsung j7 prime klo hp dalam keadaan terkunci gak keluar notifikasinya? harus di buka dulu app nya baru, pesan bisa masuk. mohon bantuannya. terima kasih

    • UlasMasterChan:
      20 Feb 2017 · 20:28

      Hai, aganwati Tari, supaya notifikasi keluar, coba cek di menu Pengaturan > Notifikasi, pastikan Semua Aplks dalam posisi On. Jika memang ada notifikasi yang sedang tidak dikehendaki, bisa dinonaktifkan secara masing-masing di bawahnya.. Jika masih tidak bisa, beritahu yaa. ๐Ÿ™‚

      • Romy:
        03 Apr 2017 · 22:31

        Gimana gan wsap ane ga mau nongol di notif, udah diliat dipengaturan notif juga ttep ga bisa, harus buka wsap baru pada masuk pesannya

        • 16 Apr 2017 · 11:09

          Gan, supaya notifikasi aplikasi masuk dengan lancar, pastikan dua hal ini:
          1. Fitur Penghematan Daya Aplikasi, fitur ini bisa dinonaktifkan atau menonaktifkan pada aplikasi tertentu. Fitur ini ada di menu Pengaturan > Baterai > Penghematan Daya Aplikasi > Rincian
          2. Fitur Hemat Daya nonaktif. Fitur ini membatasi aplikasi untuk aktif di latar saat aktif, contohnya aplikasi WhatsApp tidak bisa menerima pesan kecuali dibuka aplikasinya. Fitur ini ada di menu Pengaturan > Baterai > Modus Hemat Daya.

          Semoga membantu.

  • Angga:
    15 Feb 2017 · 17:53

    Hai gan.minta bantu..hp baru beli 3 minggu tiba2 waktu charge hp..indikator tidak muncul…lalu biasa charge 2 sd 3 jam sudah penuh..ini lebih sri 5 jam baru penuh mohon solusi gan

    • UlasMasterChan:
      15 Feb 2017 · 19:23

      Halo, gan Angga. Indikator lampu led di atas layar memang hanya menyala ketika J7 Prime dalam keadaan terkunci. Saat dipakai indikatornya memang tidak muncul dan tidak ada pengaturannya.

      Bisa diceritakan kondisi chargenya seperti apa? Jika agan menggunakan hp saat sedang di-charge, pastinya waktu charge akan menjadi lebih lama. Kalau di-charge dalam keadaan layar mati saja butuh waktu sampai 3 jam dari 15% ke 100%.

  • Jamal maliana:
    14 Feb 2017 · 00:21

    Min minta penjelasannya hp ane SM GALAXY J7 PRIME di Box tecantum tylisan Signal 4G lah knp di hp nya H+ ya. Sy sudah komplain ke pihak tokonyg menjual. Kata dia gk ada signal. Gimana min? Apa bnr…

    • UlasMasterChan:
      14 Feb 2017 · 10:16

      Halo, gan Jamal. Simcard yang dipakai sudah mendukung 4G belum?
      Galaxy J7 Prime sudah mendukung jaringan 4G di Indonesia, jadi seharusnya bisa 4G, tapi simcardnya harus yang 4G juga, gan.

createTulis Komentar

• Alamat Email Anda Tidak Akan Dipublikasikan.
• Harap Maklum: Komentar akan melalui Tahap Moderasi, jadi tidak langsung muncul di sini :-).