Vivo V5 – Ulasan

Vivo V5

Rating UlasAbis:
7.9

Desain

8.2

Performance

7.5

Fitur

8.2

Value for Money

8
Keunggulan:
+ Kamera selfie tercanggih
+ Kapasitas RAM tinggi 4GB
+ Paket penjualan lengkap, termasuk casing bening
+ Kualitas audio dengan headset sangat baik
Kekurangan:
- Resolusi layar HD kurang tajam untuk ukuran 5.5 inci
- Baterai tidak dapat diganti


 

Meneruskan model V3 yang diperkenalkan April 2016 lalu, Vivo merilis V5 menjelang pergantian tahun. Kali ini, seri V terbaru diposisikan sebagai ponsel pintar jago selfie dengan tagline “Perfect Selfie” yang mengandalkan kamera beresolusi 20MP dan lampu flash lembut (soft).


Vivo V5 berwarna Crown Gold

Pantauan Harga:

Spesifikasi umum Vivo V5:

  • Kisaran harga Rp. 3.5 juta (per Des 2016)
  • Layar IPS 5.5 inci beresolusi HD 1280×720 (267 ppi)
  • Layar dengan desain 2.5D dengan Gorilla Glass, bodi paduan bahan Metal dan Plastik
  • Chipset MediaTek MT6750 dengan 8-inti CPU Cortex-A53 @1.5GHz dan GPU Mali-T860
  • RAM kapasitas besar 4GB LPDDR3
  • ROM 32GB dengan slot expansi MicroSD sampai 128GB
  • Android Marshmallow 6.0
  • Ketebalan hanya 7.6mm, Bobot 154gr
  • Kamera Utama 13MP diafragma f/2.2 dan PDAF
  • Kamera Depan 20MP Sony Exmor RS IMX376, wide-angle, f/2.0 dengan kemampuan merekam 1080p dan aplikasi Selfie kaya fitur, lampu flash lembut Selfie
  • Baterai kapasitas 3,000mAh
  • Dukungan seluruh jaringan 4G-LTE di Indonesia TDD-LTE dan FDD-LTE
  • Wifi b/g/n, Bluetooth 4.1, FM Radio dan USB OTG
  • Sensor Pemindai Sidik Jari tertanam di tombol home kapasitif
  • Sensor: Cahaya, Proximity, Magnetik / Kompas dan Akselerometer

Kekurangan:

  • Baterai tidak dapat diganti
  • Layar kurang tajam hanya dengan 267 ppi

Tidak tanggung-tanggung, Vivo membekali V5 dengan kamera depan Sony Exmor RS IMX376 yang memiliki resolusi 20MP. Selain sensor yang masif, Vivo juga memasangkan aplikasi kamera yang mendukung banyak fitur selfie seperti make-over otomatis dengan banyak pengaturan.

Dari segi desain, bodi V5 berbingkai metal dan panel belakang dari plastik dengan konsep minimalistik memberikan tampilan ponsel yang sederhana namun elegan. Untuk menyokong performanya, Vivo membenamkan chipset kelas menengah dari MediaTek yaitu MT6750 yang memiliki 8-inti CPU Cortex-A53 @1.5GHz. Bagaimana performanya? Simak ulasan lengkap khas UlasAbis.com!

Cek: Spesifikasi Vivo V5 di sini.

Paket Penjualan


Kemasan Vivo V5


Isi di dalam: Perangkat, charger dan kabelnya, earphone, casing bening, buku panduan dan pin pembuka slot kartu SIM

Tidak seperti ponsel buatan China umumnya, Vivo memberikan aksesoris yang lengkap di dalam kemasan penjualan Vivo V5. Charger 2A/5V, kabel micro-USB 1 meter, petunjuk pemakaian, pin pembuka slot kartu-SIM dan sebuah casing plastik bening untuk melindungi ke perangkat V5.

Layar perangkat utama V5 sendiri ditempeli lapisan bening yang sekilas seperti anti-gores. Awalnya UlasAbis mengira ini adalah anti-gores yang dapat melindungi layar dari goresan, namun lapisan ini ternyata cukup mudah tergores. UlasAbis merekomendasikan untuk mengganti lapisan ini dengan anti-gores yang sesungguhnya seperti tempered glass. Walaupun begitu, lapisan ini bisa membantu menjaga layar dari goresan sampai Anda mendapatkan anti-gores.


Label di belakang Vivo V5

Di kemasan tertulis unit Vivo V5 yang diulas ini dibuat di Indonesia oleh PT Vivo Mobile Indonesia.

Desain, Bentuk dan Kualitas Material


Tampak depan Vivo V5, sederhana


Tampak belakang, tepian melengkung

Desain yang dianut Vivo untuk V5 mirip dengan desain beberapa ponsel keluaran tahun ini, yaitu dengan layar 2.5D dengan bingkai dari metal dan bagian belakang terbuat dari plastik bertekstur metal. Tepian bagian belakang dibuat melengkung di sekeliling perangkat.


Bagian atas layar dari kiri ke kanan: kamera selfie 20MP, grill speaker panggilan, sensor dan lampu flash


Bagian bawah layar diisi tombol sentuh dari kiri ke kanan: menu, home dan back

Pada bagian atas layar terdapat kamera selfie, grill speaker, sensor dan lampu flash yang semuanya disusun cukup simetris dan rapih. Di bagian bawah layar terdapat deretan tombol navigasi kapasitif yang dilengkapi dengan lampu backlight untuk membantu iluminasi simbol navigasi pada kondisi gelap. Pada keadaan terang, simbol navigasi nyaris tidak terlihat karena berlatar putih juga.

Tombol home di tengah juga berfungsi sebagai lokasi pemindai sidik jari. Tombol home ini bukanlah tombol mekanis melainkan tombol sentuh atau kapasitif sehingga tidak dapat ditekan. Dengan pinggiran dari bahan metalik, tombol home ini tampak tombol mekanis dan merangsang untuk ditekan pada awalnya.


Bagian atas belakang perangkat, terdapat kamera utama 13MP dan lampu flash LED tunggal dengan garis reflektif


Bagian bawah belakang perangkat, hanya ada garis reflektif

Panel belakang perangkat ini terbuat dari plastik dengan lapisan cat metalik sehingga memberikan kesan bahan metal. Di bagian atasnya, terdapat kamera utama 13MP yang dilengkapi dengan lampu flash LED tunggal bukan dual-tone. Di bawahnya terdapat garis reflektif yang memantulkan cahaya. Garis ini bukanlah garis antena karena panel belakang yang terbuat dari plastik, sinyal dapat menembusnya tanpa bantuan garis antena. Garis yang sama juga terdapat di ujung bawah bagian belakang.

Pada bagian bawahnya ada merk Vivo tertulis dengan bahan yang sama reflektifnya dengan garis di bagian atas. Tepat di bawahnya terdapat tulisan halus pen-desain perangkat ini, yaitu Vivo Mobile Communication.

Beralih ke bagian sisi samping perangkat.


Dari atas ke bawah: bagian samping kiri, kanan, atas dan bawah

Di sisi samping kiri terdapat slot kartu SIM dan lubang ejektor tray kartu SIM. Khas pada ponsel Vivo, lubang ejektor terpisah dari slot kartu SIM. Tray kartu SIM ini dapat memuat dua kartu SIM berukuran micro, dengan slot kedua dapat diganti dengan kartu microSD sampai 128GB (microSDXC) untuk menambah kapasitas penyimpanan data.

Pada sisi samping kanan ada tombol volume up dan down serta tombol power / kunci perangkat. Tombol mekanis ini terbuat dari bahan metal yang sesuai dengan desain sekitarnya.

Di sisi atas tidak terdapat apapun. Bagian sisi bawah terletak jack audio 3.5mm dan lubang mikrofon pada sebelah kiri port micro-USB yang ada di tengah. Di sebelah kanannya terdapat grill speaker luar. Port micro-USB yang digunakan untuk pengisian daya dan transfer data melalui kabel masih menggunakan port lama. Uniknya, port micro-USB ini berposisi terbalik dari kebanyakan ponsel.

Vivo V5 memiliki berat hanya 154gr dan tergolong ringan untuk ponsel berukuran layar 5.5 inci. Berat ponsel berlayar 5.5 inci dengan baterai di atas 3,000mAh adalah 164gr, berdasarkan data dari database ponsel UlasAbis. Kecilnya bobot Vivo V5 sepertinya disumbang dari panel belakang dan bagian samping yang terbuat dari plastik sehingga mengurangi puluhan gram dibanding penggunaan bahan metal, seperti pada Samsung J7 Prime dan Xiaomi Redmi Note 4.

Secara keseluruhan Vivo V5 cukup nyaman dipegang. Permukaan bagian belakang memang agak licin dan mudah terpeleset dari telapak tangan, namun bagian melengkung cukup untuk memberikan pegangan lebih erat saat digenggam.

Layar dan Tampilan

Vivo membekali V5 dengan layar 5.5 inci dengan resolusi HD 1280 x 720 yang memiliki kepadatan piksel 267 ppi. Dengan kepadatan densitas ini, gambar dan tulisan pada layar Vivo V5 tetap tampak tajam dan mudah dikenali. Namun bagi Anda yang terbiasa menggunakan ponsel dengan kepadatan piksel di atas 300 ppi, layar Vivo V5 akan terasa kurang tajam.

Vivo seharusnya bisa menggunakan layar beresolusi Full HD untuk Vivo V5. Selain karena layar ponsel pada kisaran harga Rp. 3 – 4 juta sudah menggunakan resolusi FHD, Vivo V5 yang dibekali kamera 20MP akan dapat lebih menampilkan hasil foto lebih tajam dan lebih nyaman di mata apabila menggunakan layar Full HD.

Layar V5 ini menggunakan teknologi IPS yang standar. Layar mampu menghasilkan kecerahan maksimal yang tinggi dan dengan mudah dapat digunakan di bawah sinar matahari langsung. Layar IPS juga dapat mengakomodir suduh pandang yang lebih lebar. Gambar dan warna pada Vivo V5 masih dapat terlihat konsisten sampai sudut 75 derajat.

Sensor cahaya pada bagian depan membantu mengatur kecerahan layar saat berpindah ruangan yang berbeda kondisi cahayanya. Selain itu terdapat fitur Eye Protection yang mengurangi cahaya biru pada layar sehingga lebih nyaman di mata. Fitur ini sangat berguna bagi Anda yang suka melihat ke layar ponsel pada kondisi gelap untuk waktu yang lama.

Performa

Vivo V5 ditenagai oleh chipset MediaTek MT6750 yang merupakan chip kelas “Super-Mid”, untuk kelas menengah dengan performa ekstra. Chipset ini cukup jamak dipakai pada ponsel kelas menengah sesuai peruntukkannya dari MediaTek. CPU yang dipakai didalamnya terdiri dari 8-inti Cortex-A53 yang beroperasi pada 1.5GHz. Pengolah grafis mengandalkan GPU Mali-T860.

Vivo membekali V5 dengan jumlah RAM yang besar, yakni 4GB. Jumlah ini biasanya disematkan pada ponsel kelas high-end seperti Samsung Galaxy S7 dan Xiaomi Mi 5S varian tertinggi. Jumlah RAM sebesar ini memberikan ruang sangat banyak untuk pengguna yang hobi ber-multitasking, atau menggunakan banyak aplikasi secara bersamaan. Namun agaknya RAM 4GB untuk ponsel dengan chipset performa menengah agak mubazir. Ponsel lain dengan chipset lebih bertenaga tidak pernah kehabisan memori RAM yang hanya 3GB, seperti pada Xiaomi Redmi Note 4 atau Redmi 3 Prime.

Untuk ROM, Vivo V5 menyediakan ruang penyimpanan data 32GB yang dapat ditambah dengan kartu microSD sampai 128GB. ROM sebesar ini seharusnya masih cukup, kecuali bagi pencinta selfie yang terus menerus menggunakan kamera depan Vivo V5 pada resolusi 20MP. Sekedar pembandingan, memori 32GB hanya mampu menyimpan foto 20MP sebanyak 8,000 foto. Jika foto selfie diambil 20 kali sehari, ROM 32GB cukup untuk 400 hari.


Spek Chipset Vivo V5

Skor AnTuTu: 41,446

Ranking 51

Pada uji performa menggunakan AnTuTu, Vivo V5 menghasilkan skor 41,446. Skor ini cukup tinggi untuk ukuran ponsel menengah dan di atas ponsel-ponsel flagship keluaran tahun 2015 lalu yang menggunakan chipset Snapdragon 800, seperti pada LG G2 (AnTuTu sekitar 32,000). Dibanding ponsel keluaran tahun 2016, performa Vivo V5 masih di bawah ponsel Xiaomi Redmi 4 Prime, Xiaomi Mi 4S, Meizu M3 Note dan iPhone 5S.

Saat penggunaan normal, performa Vivo V5 terbilang cukup konsisten dan mulus. Pembukaan aplikasi dan navigasi menu terasa ringan dan mulus tanpa ada lag atau patah. Saat membuka banyak aplikasi, kapasitas RAM 4GB terbukti mampu menjamin semuanya tetap berjalan mulus. Saat diuji dengan seluruh aplikasi jejaring sosial dan aplikasi pesan terbuka, aplikasi game masih dapat berjalan lancar.

Sayangnya, kapasitas RAM yang sangat besar tidak membantu banyak mendongkrak performa Vivo V5 saat bermain game. Proses loading game populer Clash of Clans membutuhkan waktu cukup lama, yakni sampai 9.6 detik, di bawah ponsel lain yang memiliki RAM 3GB. Memang kapasitas RAM hanya berpengaruh pada ruang untuk membuka banyak aplikasi secara bersamaan, namun tidak berdampak pada kecepatan proses data yang lebih banyak dipengaruhi pada kinerja CPU.

Vivo V5 dilengkapi dengan sensor pemindai sidik jari pada tombol home di bagian depan. Sensor pada V5 diklaim Vivo memiliki performa cepat hanya dalam waktu 0.2 detik mampu mengenali sidik jari. Hasil pengujian UlasAbis, perangkat terbuka dalam waktu sekitar 0.7 detik dari saat pertama ujung jari diletakkan di atas sensor. Perbedaan ini kemungkinan akibat dari CPU yang kurang cepat dalam membuka kunci, jadi walaupun sensor mengenali dalam waktu cepat, jeda akibat CPU membuat keseluruhan waktu buka perangkat menjadi lama.

Saat dicoba dengan jari yang basah, sensor Vivo V5 tidak mengenali sidik jari. Walaupun dicoba dengan berbagai posisi berkali-kali, sensor tetap gagal membaca sidik jari. Hal ini wajar dengan sensor sidik jari berteknologi optis seperti yang digunakan pada Vivo V5. Pastikan tangan Anda bersih dari air dan minyak saat akan menggunakan sensor sidik jari pada ponsel ini.

Tampilan Antarmuka & Aplikasi Terpasang


Tampilan Home

Halaman ke-2

Aplikasi khas Vivo

Aplikasi Google 1

Aplikasi Google 2

Pilihan Tema Funtouch

Vivo V5 dibekali sistem operasi Android 6.0 Marshmallow yang dibalut dengan tema khas Vivo bernama Funtouch OS versi 2.7.4 yang dapat diupdate ke 2.7.13 Beta saat pertama kali dinyalakan. FunTouch OS buatan Vivo memiliki rasa seperti sistem operasi pada iPhone iOS dengan seluruh icon aplikasi terpasang di halaman home dan tidak memiliki laci aplikasi seperti Android versi asli. Ini mirip dengan MIUI milik Xiaomi.

Beberapa aplikasi bawaan Funtouch sudah terpasang, antara lain aplikasi dasar seperti Compass, FM Radio, Calculator, Notes dan Recorder, serta aplikasi pre-load seperti UC Browser, EasyShare, vivoCloud, Facebook dan Whatsapp. Kecuali vivoCloud, aplikasi ini bisa dibongkar untuk menghemat ruang penyimpanan data sebesar 540MB.


Tampilan daftar notifikasi

Tampilan pusat kontrol

Tampilan pusat kontrol

Yang unik dari Funtouch adalah pemisahan antara pusat kontrol dan daftar notifikasi. Pada Android versi asli, pusat kontrol dan notifikasi dapat dibuka dengan menarik turun bagian atas tampilan. Pada Funtouch, daftar notifikasi dibuka dengan menarik turun (swipe down) bagian atas, sementara pusat kontrol terbuka dengan menarik bagian bawah (swipe up). Daftar aplikasi yang terbuka (recent apps) tampilannya berada di laman pusat kontrol.

Tampilan Funtouch memang berbeda dari kebanyakan balutan / tema OS Android pada umumnya. Butuh penyesuaian pada awalnya pengunaan ponsel Vivo karena navigasi yang ada kurang begitu jelas, seperti letak pusat kontrol dan daftar recent app memiliki cara berbeda untuk mengaksesnya.

Akses pusat kontrol dari bawah ini menimbulkan masalah saat pengguna menjalankan aplikasi dengan layar penuh (full screen). Pusat kontrol tidak dapat diakses dengan swipe dari bawah layar dan pengguna harus keluar dulu dari aplikasi untuk mengakses pusat kontrol. Ini disebabkan perilaku Android hanya dapat memberikan akses dari bagian atas pada aplikasi layar penuh.

Di bawah ini adalah tampilan beberapa aplikasi dasar dan aplikasi bawaan yang terpasang pada Vivo V5 dengan Funtouch OS versi 2.7.4.


Aplikasi Panggilan

Aplikasi Pesan

Aplikasi Album


Tampilan Calender

Aplikasi WPS Office

Aplikasi WPS Office Word


UC Browser

i Music

Tampilan Now Playing i Music

Vivo memasukkan berbagai fitur kenyamana penggunaan ponsel seperti Smart Multiscreen, Smart Motion, One-handed, Super Screenshot dan Smart Click. Pengguna dapat mengatur berbagai kemudahan membuka aplikasi dan menggunakan perangkat dengan cepat.


Smart Multiscreen

Smart Motion

One-handed


Super Screenshot

Smart Click

Fitur yang dibawa dalam Funtouch memang lengkap dan dapat memudahkan penggunanya lebih cepat menggunakan perangkat dan mengakses aplikasi favorit. Seluruh aplikasi dasar pun lengkap tersedia dan menyediakan fungsi yang standar.

Kinerja Baterai

Baterai yang dipasangkan untuk V5 memiliki kapasitas 3,000mAh. Kapasitas sebesar ini tergolong standar untuk ponsel berukuran layar 5.5 inci.


Penggunaan baterai untuk bermain game

Saat diuji, baterai Vivo V5 dapat bertahan selama 1 hari dengan penggunaan normal, yakni sekitar 1 jam waktu bermain game, 4 jam browsing, 1 jam menggunakan GPS dan 4 – 5 kali panggilan telepon selama 15 menit setiap panggilan. Jika digunakan untuk bermain game online seperti Clash of Clans, Vivo V5 hanya mampu bertahan sekitar 6 jam 10 menit non-stop sebelum daya baterai menyentuh 15% dan harus diisi ulang.

Pengukuran penggunaan baterai pada Vivo V5 harus menggunakan aplikasi khusus yang diunduh melalui Play Store karena pada pengaturan tidak terdapat menu baterai yang biasanya ada pada Android versi asli. Tidak diketahui mengapa Vivo tidak menyediakan menu tersebut di dalam Funtouch OS.

Kualitas Kamera

Kamera utama Vivo V5 dibekali sensor beresolusi 13MP dengan fitur PDAF dan diafragma lensa f/2.2. Spek kamera utama ini bukanlah yang terdepan, namun cukup mumpuni untuk pengguna yang gemar fotografi. Hasil jepretan kamera utama cukup tajam dan warna yang cukup akurat walaupun cenderung over-saturated.

Kamera utama Vivo V5 memiliki fitur pengaturan kompensasi cahaya saat pengambilan gambar, tergantung dari hasil pembacaan titik fokus. Jadi, saat fokus diarahkan ke titik yang terang, exposure value (EV) akan menjadi lebih singkat, sementara jika fokus diarahkan ke bagian gelap, EV akan ditambah sehingga exposure lebih lama. Hasilnya, pada modus HDR pengambilan gambar yang kontras antara terang dan gelap cukup sulit dilakukan, dengan kecenderungan bagian gelap tidak terlihat. Namun hal ini bukan menjadi masalah jika modus HDR digunakan.

Hasil jepretan kamera utama Vivo V5 dapat disimak di bawah ini.


Foto 1: Modus auto, Kondisi mendung, rasio aspek 4:3


Foto 2: Modus HDR, Kondisi mendung, rasio aspek 4:3


Foto 3: Modus auto, Kondisi mendung, rasio aspek 4:3


Zoom 90% Foto 3. Detail tajam dan warna akurat


Foto 4: Modus auto, Kondisi malam hari, rasio aspek 4:3

Kamera utama Vivo V5 mampu menghasilkan foto cukup baik pada kondisi malam hari. Hasil keseluruhan terbilang cukup baik berkat resolusi tinggi yang dihasilkan, walaupun jika diamati detail objek kurang tajam alias agak blur. Kadar noise masih dapat ditoleransi pada bagian foto yang gelap.

Kamera depan memiliki cerita yang lain dari kamera utama. Sensor Sony IMX376 dengan resolusi 20MP (19.6MP tepatnya) memiliki kualitas jauh lebih baik dari pada kamera utama. Hasil jepretan selfie (atau wajah subyek jika menggunakan kamera utama) jauh lebih detil dan tajam. Pada modus normal, noda terkecil di wajah subyek terlihat dengan jelas.

Sayangnya detil seperti jerawat dan noda pada wajah tersebut tidak dikehendaki. Vivo menghadirkan fitur untuk mempercantik jepretan wajah yang dinamai Face Beauty. Melalui aplikasi filter, wajah subyek diperhalus dengan menghilangkan noda atau titik yang kontras dengan warna di sekitarnya. Jadinya, detail foto hasil resolusi 20MP tidak berguna jika hasil selfie yang dikehendaki adalah hasil filter Face Beauty.


Fitur One-tap Makeover

Custom Face Beauty

Kamera depan Vivo V5 dilengkapi dengan lampu LED lembut untuk menerangi wajah saat selfie. Lampu ini bukan lampu flash yang menyala dengan intensitas tinggi dalam waktu singkat. Lampu LED softlight menyala secara terus menerus. Cahaya dari lampu ini dapat digunakan untuk memberikan cahaya yang merata ke seluruh wajah dan cukup membantu saat pengguna ingin melakukan selfie saat kondisi kurang cahaya.

Jika Anda berpikir untuk menggunakan kamera depan pada Vivo V5 sebagai kamera utama untuk menjepret pemandangan, Anda akan kecewa. Kamera depan 20MP ini tidak dilengkapi dengan auto-fokus dan tidak mampu mengunci fokus pada objek yang jauh. Sehingga foto pemandangan akan blur alias tidak fokus. Untuk mengambil foto pemandangan, Anda harus menggunakan kamera belakang 13MP.


Aplikasi Kamera

Pilihan Modus

Pilihan Ukuran Foto


Pilihan filter

Video, 1080p / 720p / 480p

Fitur Face Beauty


Pilihan Watermark 1

Pilihan Watermark 2

Fitur fotografi pada aplikasi kamera Vivo V5 tergolong lengkap. Selain Face Beauty, terdapat pilihan modus seperti HDR dan Night, pilihan filter seperti Sunrise dan Black & White dan banyak pilihan watermark. Untuk merekam video, baik kamera utama maupun kamera depan mampu merekam sampai resolusi 1080p.

Hasil foto Vivo V5 dapat diatur rasio aspeknya dari 16:9, 4:3 atau 1:1. Sayangnya ukuran foto atau resolusi foto tidak dapat diatur. Secara normal, aplikasi kamera akan mengambil gambar dengan resolusi maksimum, yaitu 13MP pada kamera belakang dan 20MO pada kamera depan.

Secara keseluruhan, Vivo V5 menawarkan unsur fotografi yang lengkap, mampu menunjang penggunanya yang hobi selfie maupun fotografi spontan. Hasil jepretan tidak mengecewakan baik untuk selfie maupun jepretan pemandangan. Pada kondisi cahaya gelap, kamera utama cukup mumpuni, namun hasilnya bukan termasuk istimewa.

Kualitas Audio & FM Radio

Vivo V5 mengandalkan fitur audio kualitas HiFi (High Fidelity) menjanjikan keluaran audio yang jernih dan bebas distorsi berkat chip yang didedikasikan untuk mengubah sinyal audio digital ke analog (DAC) yang dinamai AK4376. Hasilnya, luar biasa! Saat menggunakan headphone tertutup (circumaural), kualitas audio terdengar sangat jernih dan bass serta treble terasa lebih hidup, lebih keluar dan lebih bertenaga.


Aplikasi i Music dengan HiFi

Pengaturan Audio Effect

Audio Effect detil

Pada pemutar lagu bawaan Funtouch, i Music, terdapat Audio Effect yang dapat diaktifkan dan memberikan sentuhan pada berbagai elemen lagu sehingga menghasilkan efek yang dikehendaki. Sayangnya Audio Effect ini agak rumit dan tidak ada template sederhana yang dapat dipilih secara cepat oleh pengguna. Namun tanpa effect ini pun, hasil suara dengan HiFi aktif sudah sangat baik.


Aplikasi FM Radio

Untuk menerima siaran FM Radio, aplikasi bawaan Vivo tampil cukup sederhana dengan fungsi yang lengkap termasuk merekam siaran radio. Hasil penerimaan siaran radio cukup jernih dengan noise yang minimal.

Kesimpulan dan Rekomendasi

Vivo V5 merupakan ponsel yang mengejutkan dengan fitur yang banyak, spek yang mumpuni namun dengan harga yang cukup terjangkau. Dibanderol Rp. 3.5 juta, Vivo V5 memiliki value for money tinggi. Tetapi Vivo V5 akan lebih diminati oleh pecinta selfie berkat kamera 20MP dan musik kualitas tinggi melalui ponsel pintar berkat chip audio terdedikasi.

Layar Vivo V5 dapat menghasilkan kecerahan yang tinggi dengan warna yang kontras, namun layar HD berukuran 5.5 inci kurang mampu menampilkan hasil jepretan 20MP dengan sempurna.

Vivo V5 memiliki banyak pesaing untuk ponsel dengan layar 5.5 inci. Pesaing dari pabrikan ponsel negara China juga adalah Xiaomi Redmi Pro. Ponsel dengan kamera ganda ini juga menawarkan fitur fotografi unik tersendiri dan merupakan ponsel berkamera utama ganda yang paling murah di pasaran saat ini. Dibanderol kurang dari Rp. 3 juta untuk ukuran ROM 64GB saat ini, Redmi Pro memiliki chipset yang jauh lebih kuat dengan skor AnTuTu di kisaran 90,000 atau lebih dari dua kali skor Vivo V5. Layar Redmi Pro juga sudah memiliki teknologi AMOLED dan resolusi Full HD sehingga kualitas tampilan jelas lebih baik dari Vivo V5.

Namun Redmi Pro tidak memiliki garansi resmi di Indonesia, berbeda dengan Vivo V5 yang merupakan produksi pabrik Vivo di Indonesia. Selain itu, Vivo V5 jauh lebih unggul untuk melakukan foto selfie.

Cek: perbandingan Vivo V5 vs. Redmi Pro di sini.
Cek: ulasan lengkap Redmi Pro di sini.


Xiaomi Redmi Pro

Pesaing lainnya adalah Samsung Galaxy J7 Prime. Sama-sama dibuat di Indonesia, Galaxy J7 Prime memiliki chipset yang lebih bertenaga Exynos 7 Octa 7880 dengan RAM lebih kecil yaitu hanya 3GB. Ponsel Samsung ini dibanderol di atas Vivo V5 yaitu di kisaran Rp. 3.7 juta. Selain layar IPS 5.5 inci Full HD, J7 Prime juga menawarkan desain bodi metal yang serupa dengan Vivo V5. Namun dari segi fotografi, Vivo V5 mutlak lebih unggul di sini. Sama-sama memiliki kamera utama 13MP, kamera depan Vivo V5 jauh lebih mumpuni dan didukung dengan fitur selfie yang lengkap, kamera depan J7 Prime tidak dapat bersaing di sini.

Cek: perbandingan Vivo V5 vs. Galaxy J7 Prime di sini.
Cek: ulasan lengkap Samsung Galaxy J7 Prime di sini.


Samsung Galaxy J7 Prime

(cyt)

Ada pertanyaan mengenai Vivo V5?
Silahkan tulis pertanyaan Anda di Kolom Komentar di bawah ini, tim Ulas-Master akan mencoba memberikan Solusi-nya!
comment

58 Komentar

  • Ria:
    09 Jul 2017 · 23:05

    Min V5s kalau mau ganti nada pemberitahuan di bbm/WA pake nada yg ada di file musik gmna cara nya ?

  • Nana:
    05 Jul 2017 · 09:06

    Gimana caranya menampilkan LED notifikasi pada Whatsapp?

    • 05 Jul 2017 · 21:22

      Halo gan Nana. Seharusnya LED notifikasi untuk aplikasi WhatsApp sudah langsung aktif dari awal. Untuk mengaktifkannya, agan bisa atur melalui aplikasi WhatsApp > pilih menu kanan atas (tiga titik berjejer) > Setelan > Notifikasi > Lampu > Pilih salah satu warna. Apapun pilihan warna lampu LED di setelan ini tidak berpengaruh, lampu LED notifikasi Vivo V5 hanya akan berwarna hijau saja, gan. Semoga membantu.

  • Deas:
    01 Jul 2017 · 10:58

    Permisi min,
    Mau tanya nih, bagaimana caranya download aplikasi easyshare untuk vivo, gak sengaja ke hapus jadi…

    Trus gimana sih cara tandai gambar dan dipindahkan ke sd card..?
    Pliss bantu. .
    Thx

  • Elang:
    30 Jun 2017 · 19:14

    Halo gan mohon dibantu sya punya hp vivo v5 kalo pada saat memutar musik dan vidio paused sendiri.. gimana ya,,,,

  • Haeril:
    23 Jun 2017 · 00:53

    Hallo mau nanya nih kok Vivo v5s ada aplikasi proses berjalan yah, jd Ram nya terpakai trus.. Gmn cara mngatasinya?

  • Ayu:
    22 Jun 2017 · 20:46

    Min mau tanya, klo mau ilangin tulisan Short on Vivo V5s d gambar gimana yah? Soalnya kalo pake yang panorama tulisannya nggak keluar. Makasih

  • Sudjai:
    14 Jun 2017 · 17:53

    Vivo y53 dikolom sms selalu tertulis …vivo pintar,jadi klo mau sms mesti hapus dulu tulisan tsb ,klo nggak dihapus ikut terkirim.mengapa

  • indah:
    14 Jun 2017 · 13:16

    min mau nanya, untuk hp vivo v5 cara ngesave gambar yg diambil di google/internet ko ga bisa ya, biasanya kalau di hp android lain gambar tersebut di tekan yang lama baru ada pilihan save, nah kalau vvivo v5 s ini saya sudah tekan lama tidak muncul pilihan save, dan akhirnya saya screenshot. mohon arahanya

    • 14 Jun 2017 · 21:49

      Halo ganwati Indah. Di Vivo V5 ane bisa koq, gan, baik pakai Chrome maupun Vivo browser. Cukup tekan lama di gambar, lalu akan muncul beberapa pilihan tergantung konteks, salah satunya “Simpan Gambar”:

      Ane curiga situs yang aganwati kunjungi memang melarang menyimpan gambar. Kalau masih belum bisa, coba gunakan browser yang berbeda, gan, takutnya di browser yang aganwati pakai ada plugin yang mencegah menu konteks muncul.

  • Apri:
    09 Jun 2017 · 13:00

    Gan. Saya baru seminggu beli Vivo V5 lite. Batre habis total. Pas di charge semalaman, kok ngga ngangkat ya gan. Cuma layar tampilan nya “vivo” berkedip. Thx

    • 09 Jun 2017 · 15:05

      Halo gan Apri. Vivo V5 lite agan sudah coba dinyalakan dengan tombol power? Kalau masih belum bisa, coba tekan dan tahan tombol power selama kurang lebih 10 detik untuk memulai ulang (restart) hp. Jika masih tidak bisa juga, saran ane segera di bawa ke Service Center Vivo untuk diperiksa, gan, takutnya ada data korup karena baterai habis total.

  • Allu:
    09 Jun 2017 · 00:11

    Halo gan, Bagaimana cara menutup aplikasi yg sudah terbuka pada vivo v5 ? Mhon bantuanx

    • 09 Jun 2017 · 15:12

      Halo gan Allu. Untuk menutup aplikasi yang terbuka agan bisa menggunakan panel pengaturan cepat dengan cara mengusap dari bagian tepi bawah layar ke atas atau menekan tombol menu (kiri) selama 2 detik. Di panel pengaturan cepat, ada deretan paling atas adalah aplikasi yang terbuka, bisa agan tutup dengan men-drag aplikasi ke atas, atau dengan tombol percepat di sudut kiri bawah untuk menutup semua aplikasi yang terbuka.

  • ambo tang:
    02 Jun 2017 · 15:23

    baik saya pengguna vivo 5 plus. Tombol sentuh bagian kiri dan tombol tengah tdk berfungsi mohon di berikan diskusinya cepat

  • Ade Akmal Putra:
    29 May 2017 · 08:33

    Mohon sekali dibantu, saya baru saya sebagai pengguna Vivo V5 Plus Limited Edition warna black, saya mencoba memindahkan semua file2 di group WA ke komputer tidak muncul nama file nya di laptop. Di smartphone lama cukup di colok ke laptop langsung semua file terbaca oleh laptop nya. Solusi nya bagaimana yah?

  • sumidi:
    20 May 2017 · 05:23

    Ini led notifikasi nya kok nggak mau nyala ya saya pake v5s tolong pencerahannya min

  • sandy:
    16 May 2017 · 16:52

    Halo… Kok recent apps button di vivo v5s kadang gak bisa berfungsi walaupun udh ditekan berkali kali. Dia baru berfungsi lagi kalau layar abis dikunci….mohon dijawab

    • 17 May 2017 · 20:55

      Halo gan Sandy. Sori ane belum punya unit Vivo V5s, dan di V5 ane fungsi tombolnya normal, gan.

      Kalau dari pengalaman ane, masalah agan bisa akibat software atau hardware. Untuk memastikannya apakah masalah software atau bukan, coba factory reset saja. Seharusnya dalam keadaan baru, tombol navigasi berfungsi sempurna. Jika ternyata masih bermasalah, maka sudah pasti sumbernya di hardware, mungkin produk cacat atau ada kabel yang longgar. Kalau masalahnya hardware, sebaiknya dibawa ke service center untuk reparasi, mumpung masih garansi, gan.

  • Sandy:
    11 May 2017 · 12:56

    Apakah warna gray nya terbatas,,,?

    • 11 May 2017 · 13:23

      Di Lazada warna Grey tersedia, gan. Cek kolom “Pantauan Harga” di bagian atas laman ini ya, gan.

  • Sandy:
    10 May 2017 · 15:59

    Halo,,Aku mau tanya. Berapa pilihan warna pada vivo v5 dan v5s,,,?? Tlong di bls ya ,,,aq tnggu
    Terima kasih

    • 10 May 2017 · 16:04

      Halo gan Sandy. Vivo V5 ada warna Crown Gold, Grey dan Rose Gold (pink). V5S baru tersedia warna Crown Gold saja saat peluncuran di Indonesia.

  • Sofi:
    10 May 2017 · 00:46

    Min mau tanya kalah saya memperbaharui thema vivo V5 muncul untuk di aktifkan di administrasi perangkat. Tp saya ragu untuk mengaktifka. Kalau saya aktifkan apa yg terjadi apa ada berpengaruh dengan hp nanti min. Terimakasih

  • awandar:
    07 May 2017 · 18:58

    gini mas saya pakai hp vivo v5 pemutar musiknya kadang mati / pause sendiri gitu juga pemutar videonya..pemutar musik nya yang saya yakni aplikasi bawaan vivo.

  • adiba:
    04 May 2017 · 22:15

    Min mau tanya. Kenapa kalo lagi nyalain musik tiba tiba berhenti sendiri. Muter video jg gitu. Trmksih

  • Ira:
    03 May 2017 · 18:44

    Bagaimana cara mengetahui baterai vivo sudah terisi full 100% saat di cas?

    • 03 May 2017 · 20:53

      Halo ganwati Ira. Saat baterai sedang di-charge, lampu LED notifikasi akan menyala (hijau) terus menerus. Saat terisi penuh, lampu LED notifikasi akan mati.

  • adi:
    01 May 2017 · 21:11

    Malam gan momod…
    vivo v5 untuk bagian album photo, bagaimana cara mengatur agar by date/mount …dan bagaimana cara mencari photo dengan search name…supaya bisa langsung di cari.
    saya gaptek soal android..terimakasih.

    • 01 May 2017 · 21:52

      Halo gan Adi. FunTouch OS pada Vivo V5 belum mendukung sort by date di tampilan Albumnya. Agan bisa menggunakan aplikasi serupa dari Google yang bernama Google Photos. Aplikasi ini bisa mengelompokkan by date. Unit Vivo V5 ane FunTouch OS versi 3.2.2.

  • Sandy:
    26 Apr 2017 · 15:59

    Haloo,,, apakah ada LED notifikasi di vivo v5,,??

    • 26 Apr 2017 · 20:01

      Halo gan Sandy. Vivo V5 memiliki LED notifikasi di sudut kanan atas layar. LED-nya hanya 1 warna, yaitu hijau saja.

  • Sandy:
    25 Apr 2017 · 16:29

    Halo aku mau tanya. Cara aktifkan LED notifikasi gimana,,karna saya suka kalau ada LED notifikasi nya tolong dijawab ya,,,terima kasih

    • 26 Apr 2017 · 20:05

      Pengaturan LED notifikasi ada di menu Pengaturan > Pengaturan Lainnya > Lampu Pemberitahuan Berkedip Teratur. Pilihan ini untuk mengatur apakah lampu notifikasi berkedip atau tidak berkedip saja.

      Sayangnya hanya ada pengaturan ini di Vivo V5, karena hanya ada 1 warna LED saja yaitu warna hijau, bukan tiga warna (RGB) seperti yang ada pada kebanyakan ponsel kelas menengah, gan.

  • pauline:
    24 Apr 2017 · 19:26

    Malam saya mau nanya kan di jaringan ada 2 sim nah saya sempet nonaktifkan sim kart 1 nah… Sama mau mengaktifkan kembali sim 1nya gimana ya… Di pengaturan jaringan gk ada… Mohon bantuanya

    • 24 Apr 2017 · 19:48

      Halo ganwati Pauline. Seharusnya pengaturan untuk mengaktifkan kembali SIM Card ada di tempat yang sama, yaitu menu Pengaturan > Jaringan Seluler > Setelan Kartu SIM > SIM1 (atau SIM2), geser tombol di sebelah kanan untuk mengaktifkan. Jika tidak ada, ane curiga kartu SIM aganwati tidak terbaca oleh ponsel. Ane sarankan untuk membuka tray, lalu membenarkan posisi SIM Card, memasangkannya lagi, lalu restart ponselnya.

  • Dian:
    23 Apr 2017 · 22:03

    Agan mau nanya untuk sim toolkit gak kelihatan. Gimana cara munculinnya. Thank you

    • 24 Apr 2017 · 15:04

      Halo ganwati Dian. SIM Toolkit ada di menu Pengaturan > Telepon > STK (paling bawah).

  • Hastak:
    21 Apr 2017 · 21:48

    Halo saya pengguna vivo v5 saya menemukan masalah saat memutar musik. Setelah memutar musik lebih dri 3 mnt atau 5 mnt aplikasi musiknya otomatis akan ke pause itu gmn yah min?

    • 21 Apr 2017 · 21:52

      Halo gan Hastak. Boleh tahu pakai aplikasi pemutar musiknya apa? Play Musik? Atau yang lain?

  • Dewi Jazillah:
    21 Apr 2017 · 18:59

    Min mau tanya, aku coba buka tray sim card pake colokannya itu ko ga bisa ya. Padahal udah aku tekan tekan. Itu gimana sih Min? Makasih

    • 21 Apr 2017 · 21:26

      Halo ganwati Dewi. Sebenarnya hanya tinggal ditekan dengan pin pembuka yang tersedia, gan. Memang butuh ditekan agak keras. Kalau masih gak berhasil, coba agan pakai ujung paper clip stainless seperti pada gambar di bawah ini.

      Membuka tray SIM Card Vivo V5

  • Jebi:
    20 Apr 2017 · 11:05

    emang kamera vivo bagus selfie di dalam ruangan , tpi saat di luar ruangan mw selfie cahaya nya silau, padahal pengaturan sudar dirumah cahaya non aktip tpi masih jg silau,, dan sinyal nya susah. nyesel x lah

  • mengga:
    15 Apr 2017 · 01:00

    Gan mau tanya ane baru ganti ke vivo v5 trus langsung ane upgred ke versi 2.7 tp kok lampu indikator kagak nyala ye? Gmn solusinya gan makasih

  • Azi:
    14 Apr 2017 · 16:15

    Min, mau nanya aku baru punya hp vivo v5 tapi yang lite, baru kemarin, ,gak sempet minta contoh ke penjualnya gimana caranya bukak tray sim card min, aku nyoba pakek kuncinya ke lubang injectornya gak bisa” itu ditekan atau diputar ya? Mohon bantuannya min belum paham sim hybrid

    • 14 Apr 2017 · 16:33

      Halo gan Azi. Ane asumsi tray sim card V5 Lite sama dengan V5. Caranya tinggal pakai jarum / pin pembuka yang disertakan di kotaknya. Ujung pin tinggal dicolok ke lubang di samping tray, lalu ditekan sampai terbuka tray-nya.

  • Isti:
    14 Apr 2017 · 09:00

    Min mau nanya, kalau nya mau beli hp bagusan Vivo v5 atau Oppo f1 s ?

    • 14 Apr 2017 · 15:25

      Halo ganwati Isti. Secara desain, ane bilang Oppo F1s lebih bagus. Tapi untuk kamera selfie, Vivo V5 lebih bagus. Jadi tergantung aganwati lebih pilih fitur atau desain. Spesifikasi lainnya bisa dibilang sama antara Vivo V5 dan Oppo F1s. Harganya juga relatif sama di kisaran Rp. 3.2 jutaan.

      Untuk lihat perbandingan keduanya, bisa dicek di sini.

  • Lola:
    31 Mar 2017 · 14:07

    Kenapa saat bikin video, kamera depan nya terbalik, tetapi saat selfie enggak??

    • 31 Mar 2017 · 20:09

      Halo ganwati Lola. Sebenarnya yang terbalik itu saat mengambil selfie. Secara “default”, pengaturan selfie pasti terbalik atau “Mirrored”. Ganwati bisa mengubah pengaturannya tap menu pengaturan di kanan atas (tiga titik berbaris), cari icon pengaturan kedua dari paling kanan lalu, non-aktifkan pilihan “Selfie Dicerminkan” atau “Mirrored Selfie”. Nanti hasilnya akan sama dengan saat merekam video.

  • ulva:
    27 Mar 2017 · 22:56

    Bagaimana cara ganti font vivo v5 gan
    Sudah pakai hifont tetep gk bisa

    • 28 Mar 2017 · 18:12

      Halo ganwati Ulva. Sepertinya Vivo tidak mengijinkan merubah font Vivo V5 selain menggunakan aplikasi iTheme bawaan Vivo. Kami menggunakan berbagai jenis aplikasi font dan hasilnya tetap nihil.

  • lia:
    21 Mar 2017 · 04:06

    Bagaimana cara agar pada saat baca selalu standby tanpa menyentuh layar utk waktu yg agak lama?

    • 21 Mar 2017 · 21:17

      Halo, ganwati Lia. Vivo V5 bisa diatur agar layarnya tetap standby paling lama 30 menit. Caranya:
      1. Masuk ke “Pengaturan”
      2. Tap “Pengaturan Lainnya”
      3. Tap “Kunci Otomatis”
      4. Pilih “30 menit”

      Sayangnya tidak ada cara untuk mengaktifkan layar Vivo V5 selamanya sampai dikunci, maksimal hanya 30 menit.

  • Firda:
    17 Mar 2017 · 17:54

    Gimana cara membuka jaringan yg terkunci?

    • 17 Mar 2017 · 18:22

      Halo ganwati Firda. Bisa didetailkan dulu jaringan yang terkunci seperti apa?

      Seharusnya Vivo V5 mendukung jaringan 4G di Indonesia langsung saat dibuka dari box, jadi tidak perlu dibuka kunci apa pun. Tentunya untuk mengakses jaringan 4G butuh SIM card yang mendukung 4G juga.

  • Riko:
    20 Feb 2017 · 22:12

    Untuk hasil kamera depan v5 hasilnya terbalik. Gmn cr mirror lgsg ya?

    • UlasMasterChan:
      20 Feb 2017 · 22:43

      Halo, Gan Riko. Supaya hasilnya gak di-mirror otomatis, saat di aplikasi kamera selfie, tap menu pengaturan di kanan atas, lalu non-aktifkan pilihan Mirrored Selfie.

createTulis Komentar

• Alamat Email Anda Tidak Akan Dipublikasikan.
• Harap Maklum: Komentar akan melalui Tahap Moderasi, jadi tidak langsung muncul di sini :-).