Mi 4S – Ulasan

Mi 4S

Rating UlasAbis:
8

Desain

8.5

Performance

8.5

Fitur

7.8

Value for Money

7.5
Keunggulan:
+ Desain menawan dari metal dan kaca
+ Pemindai sidik jari yang sangat cepat
+ Performa tinggi tanpa lag
Kekurangan:
- Kamera kurang bagus saat pencahayaan minim
- Baterai tidak dapat diganti
- Tidak ada FM Radio


 
Xiaomi Mi 4S merupakan model ke-empat dan terakhir di seri Mi 4 setelah sebelumnya ada model Mi 4, Mi 4i dan Mi 4C. Mi 4S diluncurkan sebelum Mi 5 dan ditempatkan sebagai alternatif pilihan di bawah Mi 5. Bisa dibilan, Mi 4S adalah model transisi dari Mi 4 ke Mi 5. Berbagai fitur yang akan hadir di Mi 5 sudah disediakan pada Mi 4S seperti sensor pemindai sidik jari dan material bodi yang terbuat dari kaca.

Spesifikasi umum Mi 4S:

  • Kisaran harga Rp. 3.5 – 3.8 juta (per Sep 2016)
  • Layar IPS 5 inci beresolusi FHD 1920×1080 (441 ppi)
  • Chipset Snapdragon 808 dengan processor 64-bit 6-inti beroperasi pada 1.8Ghz
  • 3GB RAM LPDDR3
  • 64GB ROM (58GB yang dapat dipakai pengguna) dengan slot expansi MicroSD sampai 128GB
  • Android Lollipop 5.1 dengan tampilan MIUI 7, dapat diupgrade ke MIUI 8 per September
  • Bodi berbahan Metal di samping dan Kaca di bagian depan dan panel belakang
  • Berat cukup ringan, 133gr
  • Ketebalan 7.8mm
  • Kamera Utama 13MP diafragma f/2.0 dengan Phase Detection Autofocus (PDAF), fitur pengenal wajah dan kemampuan perekam video 1080p
  • Kamera Depan 5MP diafragma f/2.0 dengan perekam video 720p
  • Baterai kapasitas besar 3210mAh dengan kemampuan Quick Charge 2.0
  • Dukungan jaringan 4G-LTE TDD (band 40) dan FDD (band 3)
  • Wifi a/b/g/n/ac, Bluetooth 4.1, USB OTG, IR Blaster
  • Sensor lengkap: Proximity, Akselerometer, Gyro, Magnet/Kompas, Cahaya dan Pemindai Sidik Jari

Kekurangan:

  • Baterai tidak dapat diganti
  • Tidak ada earphone di paket penjualan
  • Tidak ada FM Radio

Perangkat keras yang digunakan untuk Mi 4S hampir mirip dengan Mi 4C. Keduanya sama-sama ditenagai chipset Snapdragon 808 dan memiliki RAM 3GB. Perbedaan yang membuat Mi 4S lebih baik adalah dari material bodi dan ROM yang tersedia. Mi 4S hanya memiliki 1 varian dengan ROM 64GB sementara Mi 4C terdapat 2 varian RAM 2GB ROM 16GB atau RAM 3GB ROM 32GB. Mi 4S juga merupakan ponsel seri Mi pertama yang dibekali sensor pemindai sidik jari.

Cek: perbandingan Mi 4S vs. Mi 4C vs. Mi 4i di sini.

Paket Penjualan


Kemasan Mi 4S Khas Xiaomi

 
Mi 4S dijual dalam kotak kemasan sederhana berwarna putih khas Xiaomi. Di dalam paket penjualan terdapat perangkat utama Mi 4S, charger 2A, kabel USB tipe-C dan panduan penggunaan serta garansi serta pin pembuka slot SIM card. Tidak ada earphone di dalam paket penjualan Xiaomi Mi 4S, seperti biasa. Ini adalah salah satu cara Xiaomi untuk menekan harga jual tanpa mengurangi spek pada produknya.

Desain, Bentuk dan Kualitas Material

 
Mi 4S memiliki bodi terbuat dari metal dan kaca dengan desain yang sederhana khas ponsel dalam seri Mi. Secara keseluruhan Mi 4S terkesan premium seperti sebuah iPhone, berkat perpaduan material metal dan kaca. Saat digenggam, Mi 4S terasa mantap namun tetap ringan. Bagian panel belakang yang terbuat dari kaca tidak licin di jari sehingga tidak slip dari genggaman. Tidak ada kesan ringkih bahan plastik di Mi 4S, tidak seperti Mi 4C atau Mi 4i.

 
Pada bagian atas layar terdapat grill speaker saat melakukan panggilan. Di sampingnya terdapat kamera depan 5MP dan sensor proximity serta sensor cahaya. Di samping kiri sensor terdapat lampu LED notifikasi multi-warna yang dapat disetel untuk menampilkan tertentu dan berbeda untuk setiap jenis notifikasi. Misalnya, pengguna dapat setel warna biru muda untuk notifikasi email, warna ungu untuk notifikasi WhatsApp, dan sebagainya. Paling ujung kiri pada bagian ini terdapat logo Mi yang terbuat reflektif, memberikan kesan premium. Logo Mi pada sudut pandang tertentu tampak menyaru dengan lapisan kaca yang menutupi seluruh bagian depan.

 
Di layar bagian bawah terdapat 3 tombol kapasitif yang sensitif terhadap sentuhan. Tombol navigasi sama dengan yang ada di seluruh model Xiaomi, yaitu tombol menu, tombol home dan tombol back. Ketiga tombol ini memiliki back-light berwarna putih yang akan menyala saat tombol disentuh atau ponsel aktif selama durasi tertentu. Durasi menyalanya back-light dapat diatur di pengaturan dengan durasi default 5 detik.

 
Bagian belakang Mi 4S terlihat minimalis. Hanya ada kamera utama, lampu flash dual-tone, sensor pemindai sidik jari dan logo Mi reflektif. Keseluruhan panel belakang tertutup kaca yang sama dipakai untuk menutup bagian layar dengan pengecualian pada muka sensor pemindai sidik jari dan kaca pelindung kamera. Kamera utama rata dengan permukaan lainnya. Kaca pelapis bagian belakang tidak slip saat dipegang. Namun setelah lama dipegang berkali-kali, sidik jari tampak berbekas sehingga pengguna harus cukup rajin membersihkan bagian belakang. Ini wajar untuk permukaan ponsel yang berbahan kaca.




 

Di sisi samping kiri yang terbuat dari metal cenderung lapang. Hanya ada slot SIM card dan micro-SD yang pada kondisi tertutup rata dengan permukaan samping kiri lainnya. Slot micro-SD dapat dipasang SIM berukuran nano. Di tepian metal memanjang terdapat garis metal yang dipoles menjadi mengkilap. Garis metal mengkilap ini melingkari seluruh tepian samping Mi 4S, memberikan kesan premium dan canggih.

Pada sisi bagian bawah terdapat dua grill speaker dan port USB tipe-C di tengahnya. Di kiri dan kanan grill speaker terdapat garis antena. Sekilas desain sisi bagian bawah ini mirip dengan iPhone dan ponsel-ponsel kelas atas lainnya.

Di samping kanan ponsel, ada tombol volume dan tombol power / lock yang terbuat dari bahan metal juga dengan pinggiran mengkilap. Terdapat garis antena di atas tombol volume.

Di bagian atas, port audio 3.5mm ditempatkan di bagian kiri sisi ini disamping transmitter dan receiver IR. Di bagian ujung kanannya terdapat lubang kecil yang digunakan untuk keperluan service perangkat. Bagi pengguna, lubang kecil ini tidak memiliki fungsi.

Secara keseluruhan, desain Mi 4S memang tampak mewah namun tetap sederhana. Tidak banyak lekukan pada panel depan dan belakang. Tidak cuma tampak premium, bahan metal dan kaca juga memberikan rasa mantap saat digenggam.

Performa


AnTuTu dan Layar Pengaturan

 
Mi 4S ditenagai oleh chipset Snapdragon 808 yang merupakan chipset flagship dari Qualcomm hasil pengembangan Snapdragon 801 dan 810. Saat diuji dengan AnTuTu, unit Mi 4S yang diulas ini mampu mencapai skor 55,948. Performa setinggi ini mampu menjalankan berbagai aplikasi berat dan game populer dengan lancar. RAM 3GB LPDDR3 yang dipasangkan membuat multitasking terasa ringan. Saat digunakan untuk membuka berbagai aplikasi game Line, aplikasi phone MIUI, gallery MIUI, social media Path, aplikasi chat WhatsApp dan BBM, RAM yang terpakai sekitar 2GB masih menyisakan sekitar 900MB cukup untuk membuka beberapa aplikasi lainnya. Bermain Clash of Clans, Clash Royal atau Pokemon Go terasa ringan dengan animasi yang halus.

Performa sensor pemindai sidik jari yang dipasang di bagian belakang terasa cepat. Dalam 1 detik sidik jari terbaca dan ponsel masuk ke halaman home. Sayangnya, setelah beberapa hari penggunaan, terkadang sensor sidik jari gagal membaca. Ponsel harus di-restart untuk memperbaiki hal ini dan sensor bekerja seperti sedia kala. Kemungkinan masalah ini disebabkan aplikasi di sistem operasi yang error dan berhenti berfungsi.

Tampilan Antarmuka & Aplikasi Terpasang


MIUI 7 Bawaan Mi 4S

 

Mi 4S keluar dari kemasan dengan sistem operasi Android 5.1 Lollipop terpasang dan dibalut dengan user interface MIUI 7. MIUI memiliki navigasi layar home yang mirip dengan iOS. Tidak ada apps browser. Artinya, setiap aplikasi yang diinstall, icon-nya akan ditempatkan di layar home. MIUI memang memperbolehkan penambahan halaman home tanpa batas. Selain itu pengguna juga dapat membuat folder yang dapat diisi icon aplikasi untuk memudahkan penataan icon-icon dalam satu grup.


MIUI 8 Setelah Update

 
MIUI 7 pada Mi 4S dapat diupgrade ke MIUI 8 yang baru saja dirilis pada akhir Agustus dan tersedia untuk model ini pada awal September. MIUI 8 memberikan banyak perubahan seperti panel notifikasi di bagian atas yang dimodifikasi secara massive dan beberapa aplikasi tambahan bawaan MIUI. MIUI 8 dapat diupdate melalui aplikasi Updater MIUI yang akan mendownload ROM dari server Mi.com sebesar 1,1GB.

MIUI memberikan berbagai aplikasi bawaan bagi penggunanya. Aplikasi tersebut antara lain Browser, Calender, Notes, Explorer, Weather, Music, Mail, Clock, Recorder, Calculator, Scanner, Updater, Security, FM Radio dan Mi Remote. Sayangnya tidak ada aplikasi productivity seperti Office dan PDF reader. Pengguna harus mengunduh aplikasi dengan fungsi serupa dari PlayStore. Beberapa aplikasi bawaan ini tidak dapat di-uninstall, namun dapat di-nonaktifkan di menu pengaturan masing-masing aplikasi.

Kinerja Baterai


Pengaturan daya baterai dengan fitur-fitur yang membantu menghemat pemakaian daya baterai

 
Mi 4S memiliki baterai berkapasitas 3,210mAh yang tergolong cukup besar untuk ponsel kelas atas. Baterai ini dapat memberikan tenaga untuk penggunaan normal sampai 1 hari. Saat mulai beraktivitas jam 6 pagi hari, Mi 4S dapat bertahan sampai jam 7 malam menyisakan 35% daya. Untuk penggunaan berat seperti bermain Pokemon Go, Mi 4S dapat melayani kebutuhan daya sampai 2 jam 12 menit sebelum baterai tersisa 15% dengan pengaturan backlight layar paling rendah. Hasil ini jauh di bawah durasi bermain Pokemon Go dengan Redmi 3 Pro yang mampu mencapai 4 jam karena ponsel itu memiliki baterai 4,100mAh dan layar resolusi lebih rendah.

Untuk pengisian ulang daya, Mi 4S mendukung Quick Charge 2.0. Pemanfaatan fungsi ini sayangnya memerlukan charger yang mendukung teknologi Quick Charge 2.0 juga. Charger 2A bawaan Mi 4S tidak mendukung teknologi tersebut. Untuk mengisi ulang baterai dari 15% ke 100% dibutuhkan waktu 1 jam 20 menit dengan charger bawaan.

Hal unik dari pengaturan baterai di MIUI, pengguna dapat mengatur jadwal on/off ponsel untuk menghemat baterai. Misalnya, pada saat pengguna tidur di malam hari namun tidak dapat mengisi daya, tapi tetap ingin terhubung pada saat terbangun dapat memanfaatkan fitur penjadwalan on/off ponsel. Fitur ini cukup praktis bagi pengguna yang hobi travelling. Selain itu pengguna dapat melakukan pengaturan bagaimana cara MIUI untuk menghemat penggunaan baterai, termasuk menonaktifkan aplikasi yang berjalan di latar sistem operasi.

Kualitas Kamera

Mi 4S dibekali kamera utama 13MP dengan fitur PDAF dan bukaan lensa f/2.0. Hasil jepretannya lumayan bagus pada kondisi cahaya terang. Ketajamannya terbilang sangat baik dengan reproduksi warna yang baik juga. Hasil gambarnya bagus secara keseluruhan pada fotografi luar ruang di siang hari.


Sampel foto luar ruang siang hari

Sampel foto pada cahaya terang

Zoom 100% pada foto sebelumnya

 
Kamera utama Mi 4S memiliki fitur autofocus yang cepat. Fokus dapat terkunci kurang lebih 1.5 detik. Autofocus dapat mengunci fokus hingga jarak sedekat 7.5 cm dari lensa. Hasil bokeh pada latar foto jarak dekat cukup baik.


Fokus terdekat pada 7.5cm

 
Jepretan di dalam ruang dengan pencahayaan artifisial mencukupi juga cukup bagus dan tajam.


Foto indoor dengan pencahayaan cukup, hasil foto tajam

Foto indoor pencahayaan cukup, Warna tertangkap dengan cerah

 
Untuk kualitas foto pada malam hari, tampak cukup banyak noise yang dihasilkan, khususnya pada area gelap. Modus manual tidak dapat menghasilkan foto malam hari yang baik dengan menghilangkan noise dengan cara merendahkan ISO karena pengaturan exposure time terbatas hanya maksimal 0.5 detik. Selain itu, autofocus saat membidik subyek di malam hari sering gagal, membuat subyek di luar fokus. Untuk mengurangi noise, pengguna dapat menggunakan modus HHT alias modus malam. Pada modus ini tampaknya aplikasi kamera menjalankan program pengurangan noise setelah foto diambil.


Hasil jepretan malam hari dengan modus HHT

 

Selain modus normal, aplikasi Mi 4S juga menyediakan pilihan modus panorama dan pilihan filter. Pengguna dapat memilih modus pra-setting untuk scene-scene tertentu, seperti scene olahraga, scene malam hari (HHT), scene landscape, dan banyak lagi. Semua scene mengatur parameter kamera untuk mendapatkan gambar terbaik. Di mode manual pengguna dapat mengatur white balance dan ISO dari 100 sampai 800. Exposure time dapat dipilih dari 1/80 detik ke maksimal 1/2 detik. Perlu diketahui bahwa exposure 1/2 detik kurang cukup untuk menangkap objek yang minim cahaya sehingga harus dikompensasi dengan menaikkan ISO yang berakibat banyaknya noise pada hasil jepretan. Modus HHT dapat membantu mengurangi noise.


Aplikasi fotografi MIUI

 

Kualitas Audio & FM Radio

Speaker utama Mi 4S terdapat di sisi bagian bawah. Walaupun terdapat dua grile speaker, namun Mi 4S hanya dibekali sebuah speaker mono yang terdapat di grile sebelah kanan port USB. Saat volume disetel maksimum, speaker mampu menghasilkan suara cukup keras, namun tetap jernih dan tidak pecah. Karena grile speaker berada di posisi bawah, suara saat perangkat ditaruh di atas meja tetap terdengar baik.


Aplikasi Music pada MIUI, dengan pengaturan equaliser yang dapat diakses saat menggunakan headphone atau earphone

 

Suara yang dihasilkan ke headphone dari port 3.5mm Mi 4S terbilang baik. Tidak ada noise yang terdengar walaupun volume ditinggikan. Biasanya pada suara yang dihasilkan melalui port audio kelas bawah terdapat noise yang terus berbunyi walau tidak ada input dari aplikasi. Hal ini tidak terjadi pada Mi 4S. Pada aplikasi Music bawaan MIUI, pengguna dapat melakukan pengaturan equaliser untuk memperoleh bass atau trebel yang dikehendaki.

Sayangnya Mi 4S tidak dilengkapi dengan FM Radio. Pengguna yang ingin mendengarkan siaran radio terpaksa menggunakan aplikasi streaming radio.

Kesimpulan dan Rekomendasi

Mi 4S mempunyai performa dan desain yang baik. Bisa dibilang Mi 4S merupakan model paling sempurna dari seri Mi 4. Jaringan 4G dapat didukung baik FDD band 3 dan TDD band 40 di Indonesia. Pemindai sidik jari berfungsi dengan cepat.

Sayangnya kamera utama masih belum bagus untuk pengambilan gambar pada malam hari. Noise yang banyak dan exposure time yang terbatas membuat fotografi malam kurang seru dengan Mi 4S. Selain itu, tidak terdapat FM Radio pada perangkat ini. Baterai juga tidak dapat diakses untuk diganti saat performanya sudah turun. Namun hal ini umum pada ponsel kelas atas yang menggunakan bodi metal.

Alternatif Mi 4S adalah Mi 5. Ponsel flagship Xiaomi ini diluncurkan hanya berselang beberapa minggu dari Mi 4S. Mi 5 memiliki desain yang lebih berani dengan ukuran layar yang sedikit lebih besar. Secara performa Mi 5 juga lebih tinggi karena menggunakan chipset yang lebih baru Snapdragon 820. Hasil Antutu menunjukkan Mi 5 225% lebih bertenaga daripada Snapdragon 808 yang dipakai di Mi 4S. Dari segi harga, Mi 5 32GB dapat dibeli dengan harga Rp. 3.8 juta sementara Mi 4S saat ini dijual Rp. 3.5 juta dengan ROM 64GB. Selisih harga Rp. 300 ribu ini, membuat Mi 5 adalah pilihan yang jelas lebih baik dari Mi 4S.


Xiaomi Mi 5

 
Cek: Perbanding Mi 4S vs. Mi 5 di sini.

Samsung Galaxy S6 Edge memiliki spek yang lebih tinggi dari Mi 4S khususnya pada kamera dan desain keseluruhan. Namun, harga Galaxy S6 Edge yang di atas Rp. 8.5 juta membuat Mi 4S memberikan value lebih tinggi untuk setiap rupiahnya. Dari performa, Galaxy S6 Edge hanya mencetak skor Antutu 9% di atas Mi 4S. Namun Galaxy S6 Edge dibekali kamera utama yang lebih baik, yaitu resolusi lebih tinggi 16MP versus 13MP pada Mi 4S, serta hasil fotografi pada malam hari yang lebih baik dari Mi 4S.


Samsung Galaxy S6 Edge

 

Cek: Perbandingan Mi 4S vs. Galaxy S6 Edge di sini.

(cyt)

Ada pertanyaan mengenai Mi 4S?
Silahkan tulis pertanyaan Anda di Kolom Komentar di bawah ini, tim Ulas-Master akan mencoba memberikan Solusi-nya!
comment

3 Komentar

  • APHU:
    26 Dec 2017 · 22:10

    Master,numpang tanya…
    sy punya mi4s rom china, masalah belakangan ini adalah sering sekali mengalami “ghost touch” utamanya pada panel bagian bawah…
    apakah solusinya master?trus apakah masalah tsb bisa berkaitan dgn lubang utk charger yg tidak lagi rapat klo dicolok?ato LCDnya yg bermasalah?
    sempat tempo hari sy ke tempat servis
    katanya tdk ada kerusakan LCD…Jadi bingung…mohon pencerahannya master

    • 28 Dec 2017 · 22:49

      Halo gan APHU. Apakah “ghost touch” yang agan alami hanya terjadi jika charger terhubung?

      • APHU:
        28 Dec 2017 · 23:26

        Ghost Touchx biasa terjadi klo hapenya sudah terpake agak lama Dan biasanya dibarengi dgn suhu baterei yg agak panas…
        Paling parah klo dalam posisi menulis pesan…Ketikan jd kacau Dan biasa terkirim sendiri…

createTulis Komentar

• Alamat Email Anda Tidak Akan Dipublikasikan.
• Harap Maklum: Komentar akan melalui Tahap Moderasi, jadi tidak langsung muncul di sini :-).