Mi 5s – Ulasan

Mi 5s

Rating UlasAbis:
8.8

Desain

9

Performance

9.3

Fitur

9

Value for Money

8.1
Keunggulan:
+ Performa gahar Snapdragon 821 dan RAM 4GB LPDDR4 Dual Channel
+ Hasil jepretan kualitas tinggi berkat sensor besar kamera 12MP
+ Banderol hanya Rp. 4 juta (importir umum)
Kekurangan:
- Tidak ada FM Radio
- Fitur 4-axis OIS pada kamera utama hilang dari Mi 5


 

Seri flagship Xiaomi selalu dihuni oleh ponsel dengan spek kelas teratas namun dengan banderol kelas menengah. Mi 5s tetap mengikuti tradisi Xiaomi ini, dengan spek tinggi dan fitur yang sangat lengkap ponsel ini dibanderol mulai dari Rp. 4 juta saja. Apakah jargon “Ada uang Ada barang” masih berlaku dalam konteks ponsel Xiaomi Mi 5s? Simak ulas abis-nya berikut ini!


Xiaomi Mi 5s

Pantauan Harga:

Spesifikasi umum Mi 5s:

  • Kisaran Harga Rp. 3.9 juta (per Des 2016) Versi RAM 4GB / ROM 32GB
  • Layar IPS 5.15 inci Beresolusi FHD 1920×1080 (428 ppi)
  • Desain Unibodi Berbahan Metal dan Layar Dengan Desain 2.5D
  • Chipset Bertenaga Tinggi Snapdragon 821 dengan 4-inti CPU Kyro max @2.15GHz
  • RAM 4GB LPDDR4 Dual Channel
  • ROM 32GB Berteknologi UFS2.0
  • MIUI 8 Berbasis Android Marshmallow 6.0.1
  • Ketebalan hanya 8.25mm, Bobot 145gr
  • Kamera Utama 12MP Sony Exmor RS IMX378 dengan Ukuran Sensor 1/2.3″ dan Unit Sel Berukuran 1.55 μm
  • Kamera Depan 4MP wide-angle, Diafragma f/1.9
  • Baterai kapasitas 3,200mAh
  • Dukungan Seluruh Jaringan 4G-LTE di Indonesia
  • Wifi a/b/g/n/ac, MIMO, Bluetooth 4.2, NFC dan USB OTG
  • Sensor Pemindai Sidik Jari Ultrasonik di Tombol Home Dilapisi Kaca

Kekurangan:

  • Baterai tidak dapat diganti
  • Memori tidak dapat ditambah dengan kartu microSD
  • Tidak mendukung FM Radio
  • Tombol home kapasitif, bukan mekanik

Mi 5s merupakan iterasi penerus Mi 5 yang cukup sukses di pasar global. Berselang hanya 6 bulan, Mi 5s menawarkan sedikit peningkatan spek dibanding Mi 5. Xiaomi tampaknya hanya ingin menyegarkan tampilan ponsel flagshipnya ini sekaligus memperbaiki keluhan yang muncul terhadap desain Mi 5. Simak bagian “Desain” untuk informasi lebih lanjut.

Dibandingkan dengan Mi 5, Mi 5s memiliki beberapa perbedaan:

  • Sensor pemindai sidik jari jenis ultrasonik di balik kaca, versus sensor optis di tombol home dari plastik pada Mi 5
  • Chipset Snapdragon 821, versus Snapdragon 820 pada Mi 5
  • Kamera utama 12MP Sensor Sony IMX378, versus 16MP Sony IMX298 pada Mi 5
  • Kamera utama tanpa OIS, versus 4-axis OIS pada Mi 5
  • Kamera depan 4MP wide-angle, versus sensor 8MP pada Mi 5
  • Desain panel belakang dari metal, versus berbahan kaca pada Mi 5
  • Baterai 3,200mAh, versus 3,030mAh pada Mi 5

Cek: Spesifikasi detail Mi 5s di sini

Paket Penjualan


Kotak Mi 5s berwarna putih sederhana

Kotak penjualan ponsel pintar khas Xiaomi memiliki prinsip sederhana dengan warna putih tanpa banyak pernak-pernik. Kemasan Mi 5s pun bukan pengecualian, dengan logo Mi pada bagian dengan kotak foto perangkat tidak dicetak pada kemasan.


Isi Kotak Mi 5s, Perangkat Utama, Charger 2A, Kabel USB tipe-C 100cm, Petunjuk Pemakaian dan Pin Pembuka Slot kartu SIM

Isi di dalamnya juga sederhana seperti tampilan luar. Seperti biasa, Xiaomi tidak menyertakan earphone di dalam paket penjualan produk ponsel pintarnya, bahkan untuk kelas flagship sekalipun. Selain perangkat utama Mi 5s, terdapat charger 2A / 5V, kabel USB tipe-C sepanjang 1 meter, petunjuk penggunaan dan pin pembuka tray kartu SIM.

Charger bawaan di dalamnya tidak mendukung Quick Charge 3.0. Jadi untuk memanfaatkan fitur pengisian daya cepat pada Mi 5s, Anda harus membeli charger lain yang mendukung QC 3.0. Selain itu untuk menggunakan charger bawaan ini harus menggunakan adapter tambahan karena socket-nya masih standar China. Maklum, ini adalah produk dari importir umum.

Desain, Bentuk dan Kualitas Material


Xiaomi Mi 5s

Secara garis besar Mi 5s masih menggunakan bahasa desain yang sama dengan Mi 5, yaitu desain layar bezel tipis di sisi kiri dan kanan serta bagian belakang yang memiliki lengkungan landai.

Pada bagian depan, Mi 5s mengadopsi model layar yang sedang populer saat ini, yaitu kaca 2.5D dengan lengkungan halus di seluruh tepi dan agak tebal dibanding kaca konvensional. Bezel bagian samping kiri dan kanan layar sangat tipis, yaitu tidak lebih dari 2mm setiap sisinya.

Xiaomi memutuskan untuk mengganti material kaca pada bagian belakang Mi 5 menjadi metal pada Mi 5s. Hal ini berawal dari banyak komplain yang dilontarkan pengguna Mi 5 di forum Mi.com bahwa Mi 5 sangat licin dan mudah terlepas dari genggaman. Rupanya perpaduan desain melengkung dan permukaan dari kaca tidak berpadu dengan baik sehingga mudah slip secara tiba-tiba.


Panel belakang Mi 5s berbahan metal

Selain itu dari tes bengkok, bodi Mi 5 sangat rapuh karena bagian belakang yang terbuat dari kaca tidak bisa memberikan kekuatan struktur ponsel yang hanya mengandalkan besi di bagian bingkai perangkat. Xiaomi belajar dari hal ini dan mengganti bagian belakang Mi 5s dengan material metal yang dapat memberikan kekuatan struktur jauh lebih baik.

Mi 5s tidak dilindungi oleh perlindungan Gorilla Glass 4 seperti yang terpasang pada Mi 5. Namun Mi 5s disebut Xiaomi tetap memiliki ketahanan terhadap goresan walaupun perlindungan ini tidak bermerek Gorilla Glass atau DragonTrail karena berasal dari pemasok yang berbeda. Saat diuji gores dengan kuku, bagian depan Mi 5s tidak tergores, membuktikan kaca Mi 5s memang tahan gores.


Ketebalan Mi 5s mencapai 8.25mm

Dengan layar 5.15 inci, Mi 5s memiliki dimensi 145.6 x 70.3 x 8.25 mm. Mi 5s sedikit lebih besar sekitar 1 mm lebih panjang, lebih lebar dan lebih tebal dibanding Mi 5. Dibanding ponsel berlayar 5.2 inci merek lain seperti HTC 10, Sony Xperia XZ, Meizu Pro 6S dan ZUK Z2 Pro, ukuran Mi 5s tergolong lebih mungil namun lebih tebal.

Berat Mi 5s bisa dibilang cukup ringan, dengan berat hanya 145gr. Rata-rata berat ponsel berukuran 5.15 – 5.2 inci dalam database UlasAbis adalah 147.8gr, yang berarti Mi 5s lebih ringan 2% dari rata-rata ponsel yang sama dimensinya. Saat digenggam, ringannya ponsel ini cukup kentara.

Sekarang kita simak desain Mi 5s lebih detil.


Bagian atas layar, dengan kamera depan dominan

Bagian atas layar Mi 5s terdiri dari sensor cahaya dan proximity, grill speaker saat panggilan dan kamera depan. Tampak kamera depan cukup dominan dan kurang proposional. Selain itu peletakan ketiga fitur tidak simetris. Namun secara fungsi, kamera depan akan menjadi lebih baik saat digunakan untuk selfie atau panggilan video karena letaknya yang lebih ke tengah.

Logo Mi pada sudut kiri atas yang biasanya terpasang pada seri Mi hilang pada Mi 5s kali ini. Xiaomi memang pernah menanyakan kepada Mi Fans apakah logo Mi di sudut kiri atas ini tampak bagus dan saat mayoritas Mi Fans kurang menyukainya, Xiaomi memutuskan untuk menghilangkan logo Mi di bagian depan perangkat.


Bagian bawah layar, tombol navigasi kapasitif dan sensor sidik jari ultrasonik

Di bagian bawah layar terdapat 3 tombol sentuh navigasi yang semuanya dilapisi kaca yang sama dengan yang menutupi layar. Tombol di tengah juga berfungsi sebagai sensor pemindai sidik jari, dengan desain agak lebih rendah dari permukaan di sekitarnya.

Berbeda dari kebanyakan sensor sidik jari sebelumnya, sensor pada Mi 5s berada di bawah kaca. Xiaomi tampaknya ingin menguji desain ponsel dengan sensor sidik jari ultrasonik di bawah lapisan kaca. Sensor sidik jari berbasis optis yang umum dipakai tidak bisa menembus kaca, namun sensor ultrasonik mampu membaca menembus apapun termasuk air, minyak dan partikel debu.


Bagian belakang atas, kamera utama dengan lampu flash LED dual-tone di dalam garis antena

Di bagian belakang perangkat terdapat kamera utama di sudut kiri atas bersebelahan dengan lampu flash LED ganda. Fitur kamera utama ini terletak di dalam garis abu-abu yang merupakan tempat sinyal keluar masuk dari dan ke dalam perangkat. Desain garis antena ini bisa dibilang dijiplak dari Apple iPhone 7 karena sangat mirip.


Bagian belakang bawah, logo Mi dan garis antena

Di ujung bawah bagian belakang tidak terdapat apapun selain logo Mi berwarna perak mengkilap. Di bawahnya terdapat garis antena lagi dengan warna yang sama dengan garis di bagian atas.


Dari gambar atas ke bawah: Bagian sisi atas, sisi kiri, sisi bawah, dan sisi kanan

Di sisi atas perangkat terdapat port audio 3.5mm untuk mencolok headset atau earphone. Mi 5s tidak mendukung infrared untuk berfungsi sebagai remote perangkat elektronik lain. Tampaknya Xiaomi menyadari jika tidak terlalu banyak orang yang menggunakan ponsel mereka sebagai remote TV atau alat lainnya. Namun di saat darurat, fitur ini sebetulnya bisa sangat membantu.

Di bagian samping kiri tidak ada fitur apapun selain slot kartu-SIM. Mi 5s mendukung penggunaan dua SIM sekaligus dengan format nano-SIM. Slot SIM tidak dapat diganti dengan kartu microSD.

Pada sisi bawah, port USB tipe-C terpasang di bagian tengah bidang dengan grill speaker dan mur pengunci perangkat di kiri dan kanan port USB. Walaupun grill speaker ada dua, Mi 5s hanya memiliki 1 speaker mono di bagian kanan, jadi grill di bagian kiri murni hanya penyeimbang supaya terlihat simetris.

Di bagian samping kanan terdapat tombol kunci / power di bagian tengah dan tombol volume di atasnya. Posisi tombol ini agak serong mengikuti lengkungan landai antara bagian samping dan belakang perangkat. Walaupun begitu tombol ini masih dalam jangkauan jari tangan kanan dengan mudah saat digenggam.


Bentuk dan ukuran Mi 5s nyaman dan terasa mantap di tangan

Secara keseluruhan desain, bentuk dan ukuran Mi 5s terasa nyaman di tangan. Dengan permukaan metal bagian belakang matte dan desain melengkung, perangkat terasa mantap saat dipegang dan tidak slip, jauh lebih baik dari Mi 5 yang terbuat dari kaca dan sangat licin.

Layar dan Tampilan


Mi 5s dengan layar IPS FHD 1920 x 1080

Mi 5s dibekali layar berukuran 5.15 inci dengan resolusi Full HD 1920 x 1080, yang berarti memiliki kepadatan piksel 427 ppi. Dengan kepadatan setinggi ini, tampilan pada layar Mi 5s nyaman dibaca. Bentuk huruf terlihat tajam dan tegas.


Layar Mi 5s dihadapkan ke sinar matahari langsung, tampilan masih mudah terlihat – Pengaturan kecerahan layar maksimal.

Layar yang digunakan pada Mi 5s berteknologi IPS yang mampu menghasilkan kecerahan maksimum yang tinggi. Tampilan pada Mi 5s sangat mudah dibaca di bawah terik matahari. Namun keunggulan ini harus dibayar dengan rasio kontras yang rendah. Dibanding dengan layar AMOLED pada Redmi Pro, layar Mi 5s tampak memiliki kontras yang rendah.

Keunggulan lain dari layar IPS adalah sudut pandang yang luas dan konsisten dari segala sisi. Layar Mi 5s terbukti menghasilkan warna dan kecerahan yang konsisten dari segala arah pandangan bahkan dari sudut yang kecil.

Secara keseluruhan, layar Mi 5s tergolong mumpuni dan nyaman dipandang. Layar yang cerah memungkinkan penggunaan di berbagai kondisi terang maupun gelap. Penggantian antara dua kondisi tersebut dibantu oleh sensor cahaya yang dapat mengatur kecerahan layar sehingga nyaman di mata.

Performa


AnTuTu v6.2.7

Skor AnTuTu 140,480

Di atas perangkat Snapdragon 820

Dibekali chipset terdepan Qualcomm saat ini Snapdragon 821, performa Mi 5s terbilang sangat tinggi. Mencetak skor AnTuTu 140,480, Mi 5s lebih bertenaga dari OnePlus 3, Galaxy S7 Edge dan iPhone 6S. Selain itu, RAM di dalam Mi 5s berkapasitas 4GB dengan teknologi LPDDR4 Dual Channel. RAM ini sangat cepat sehingga membantu mendongkrak skor AnTuTu lebih tinggi lagi.

Snapdragon 821 yang digunakan dalam unit ulasan ini, Mi 5s 4GB + 32GB, diturunkan dari seharusnya 2.35GHz menjadi hanya 2.15GHz, sama dengan frekuensi pada Snapdragon 820. Perlu diketahui varian Mi 5s yang lebih tinggi dan Mi 5s Plus dibekali SD 821 dengan frekuensi normal 2.35GHz. Penurunan performa SD 821 @2.15GHz sekitar 8% dari Mi 5s varian lain, merujuk pada perbandingan dengan skor AnTuTu SD 821 @2.35GHz pada Mi 5s Plus.

Dengan performa setinggi ini, Mi 5s mampu menjalankan semua jenis aplikasi yang ada di Play Store dengan mudah dan cepat. Mi 5s mampu membuka aplikasi game populer Clash of Clans hanya dalam waktu 6.1 detik, sedikit lebih cepat dari perangkat Redmi Pro yang memiliki CPU 10-inti dalam chipset MediaTek Helio X25.

Pengalaman menggunakan Mi 5s terasa sangat cepat. Dari membuka email, browsing internet sampai bermain game apapun berjalan sangat mulus dan lancar. Dalam hal performa, Mi 5s tidak diragukan lagi berkat Snapdragon 821.

Performa pembacaan sensor sidik jari ultrasonik juga tergolong cepat. Hanya dalam waktu kurang 1 detik perangkat sudah terbuka dan masuk ke tampilan normal. Namun jika dibandingkan dengan sensor optis, sensor ultrasonik pada Mi 5s terasa sedikit lebih lambat. Walaupun begitu, keduanya tetap mampu membuka kurang dari 1 detik, sudah cukup cepat bagi kebanyakan orang.

Sensor ultrasonik disebut mampu membaca sidik jari dalam keadaan basah. Sensor optis jelas tidak mampu mengenali sidik jari yang basah saat diuji UlasAbis pada beberapa ponsel sebelumnya. Saat dicoba dengan jari yang basah, sensor ultrasonik pada Mi 5s mampu mengenali sidik jari secara normal. Bahkan ketika dicoba dengan cairan sanitizer, sensor tetap mengenali sidik jari sementara sensor optis pada Redmi Pro gagal berkelanjutan.

Tampilan Antarmuka & Aplikasi Terpasang


Tampilan Home MIUI 8 Standar

Halaman kedua MIUI 8 Standar

Alat MIUI 8

Mi 5s menjalankan MIUI versi 8.0.1 versi ROM Global berbasis Android 6.0.1 Marshmallow. Secara umum, tidak ada yang berbeda dengan MIUI pada Mi 5s. Tema dan aplikasi dasar yang ada sama dengan MIUI pada perangkat Xiaomi lainnya. Aplikasi dasar untuk pengolah pesan, melakukan panggilan dan buku kontak mampu memberikan fungsi yang dasar dengan baik.


Aplikasi Panggilan

Buku Kontak

Pengolah Pesan


Kalender

Galeri Foto

Pengaturan Perangkat

Dari seluruh aplikasi yang dipasang dalam MIUI 8 pada Mi 5s, tidak ada perbedaan dengan aplikasi dalam MIUI 8 pada ponsel Xiaomi lainnya, termasuk model lawasnya seri Mi 4, Redmi Pro dan Redmi 3. Jika Anda sudah pernah menggunakan ponsel Xiaomi dengan MIUI 8 sebelumnya, Mi 5s tidak menawarkan pengalaman baru dalam hal aplikasi bawaannya. Xiaomi memang tidak membedakan model ponsel dengan isi aplikasi dan fitur perangkat lunak bawaannya, dan Mi 5s pun tanpa pengecualian.

Aplikasi lain seperti Kompas, Kalkulator, Jam, Notes dan File Manager tersedia khas MIUI 8. Dengan tampilan sederhana, aplikasi-aplikasi ini dapat berfungsi dengan baik dan membantu dalam aktivitas sehari-hari.


App Kalkulator

App Jam

App Kompas


App Cleaner

App Notes

App Manajemen File

Update: Per Januari 2017, Xiaomi merilis ROM MIUI 8 untuk Mi 5s ROM Global dengan versi update v8.0.3.0 MAGMIDI melalui metode update OTA atau melalui System Update MIUI. ROM ini menyediakan banyak perubahan dan karena ini versi Global MIUI hadir tanpa aplikasi bloatware.

Kinerja Baterai


Mi 5s bertahan 1 hari lebih

6 jam penggunaan aktif

Mi 5s dibekali baterai berkapasitas 3,200mAh. Untuk pemakaian normal sehari-hari, baterai ini mampu memberikan daya lebih dari 1 hari, namun tidak bisa sampai 2 hari. Daya baterai menyentuh 35% setelah seharian dipakai untuk bermain game, update aplikasi, browsing internet dan menonton video selama total 6 jam serta cek email dan pesan sekitar 3 kali per jam.

Untuk Anda yang gemar bermain game non-stop, Mi 5s mampu bertahan sekitar 5 jam 45 menit sebelum daya baterai menyentuh 15%.

Dalam pengisian daya, Mi 5s mendukung fitur Quick Charge 3.0. Sayangnya untuk memanfaatkan fitur ini maka pengguna harus membeli charger yang mendukung karena charger bawaan tidak kompatibel dengan QC 3.0. Charger bawaan dapat mengeluarkan daya maksimal 2A / 5V.

Dengan charger ini Mi 5s dapat diisi dari kapasitas 15% sampai 100% dalam waktu 1 jam 23 menit. Sementara saat dicoba dengan charger Quick Charge, daya terisi hanya dalam waktu 49 menit, sekitar 38% lebih cepat.

Kualitas Kamera

Kamera Mi 5s merupakan salah satu komponen yang ditingkatkan oleh Xiaomi. Mi 5s dipasangkan sensor buatan Sony Exmor RS IMX378 yang memiliki ukuran sensor terbesar untuk ponsel pintar saat ini, yakni dengan diagonal 1/2.3″ atau sekitar 7.81 mm. Sebagai perbandingan, sensor iPhone 6s (IMX 315) berukuran diagonal 6.15 mm, ASUS Zenfone 3 Deluxe (IMX 318) 6.858 mm dan LG V20, Mi 5, OnePlus 3T (IMX298) memiliki sensor yang sama dengan diagonal sensor 6.4 mm. Semakin besar sensor, maka semakin besar ukuran piksel tiap individu sensor sehingga cahaya yang ditangkap semakin detil.

Sensor pada Mi 5s sama dengan yang dipakai oleh ponsel besutan Google Pixel dan Pixel XL. Kedua ponsel Google ini disebut menghasilkan jepretan lebih baik dari iPhone 7 dan merupakan yang terbaik di industri ponsel pintar saat ini. Jadi, apakah Mi 5s mampu menghasilkan foto berkualitas tinggi?

Jawaban singkatnya, Ya! Pengulas cukup dibuat terkesima oleh hasil jepretan kamera utama Mi 5s. Simak beberapa contoh jepretan Mi 5s berikut ini.


Foto 1: Modus Auto, Kondisi siang hari


Zoom Foto 1: 90%, Aspek Rasio 4:3, Detail sangat tegas


Foto 2: Modus HDR, Kondisi cahaya cukup


Zoom Foto 2: 80%, Aspek Rasio 4:3, Detail sangat tegas

Saat penjepretan malam hari, kamera Mi 5s juga mampu menghasilkan detil yang baik. Dibanding kamera ponsel lain seperti Redmi Pro, hasil Mi 5s lebih baik dalam hal detil dan ketegasan bentuk serta dengan noise yang minimal.


Foto 3: Modus HDR, Aspek Rasio 4:3, Kondisi malam hari

Berbeda dari aplikasi kamera pada ponsel Xiaomi lainnya, Mi 5s menawarkan modus Manual dengan kendali cukup memadai. Kendali White Balance (WB), ISO, Jarak Fokus dan Waktu Exposure dapat diatur. Fitur ini sangat membantu dalam mengambil gambar pada malam hari.

Di bawah ini hasil foto dengan modus Manual pada objek landscape kota malam hari.


Foto 4: Modus Manual, Aspek Rasio 16:9, Exposure 8 detik, ISO Auto, WB Auto, Fokus Infinity, Kondisi malam hari


Foto 5: Modus HHT (Night Mode), Aspek Rasio 16:9, Kondisi gelap dengan sedikit cahaya

Namun harus diketahui bahwa fotografi malam hari dengan Mi 5s harus dilakukan dengan tangan yang stabil, karena Mi 5s tidak dilengkapi dengan penstabil optis (OIS) yang terdapat pada Mi 5, jadi getaran sedikit pun akan menghasilkan foto yang blur saat exposure lebih dari setengah detik pada modus Manual. Bagi pengguna yang khawatir fotonya blur saat fotografi malam hari, modus Auto pada Mi 5s cukup mampu menjepret dengan blur minim.

Tampilan aplikasi kamera pada Mi 5s sama dengan yang ada pada ponsel Xiaomi lainnya dengan sedikit pengecualian, seperti yang sudah dibahas di atas adanya modus Manual dengan pilihan lebih banyak.


Modus Manual, kendali WB

Kendali Jarak Fokus

Kendali Exposure Time

Pada modus Manual, pengguna dapat memiliki pengaturan White Balance dari Incandescent, Daylight, Fluorescent dan Cloudy, serta pilihan manual yang dapat mengatur temperatur warna dengan rentang 2000K – 8000K. Jarak fokus kamera juga dapat dikendalikan dari jarak makro, standard sampai infinite dengan setelan 10 – 100.

Durasi exposure dapat diatur dari hanya 1/1000 detik sampai 32 detik. ISO atau kepekaan sensor yang dapat dipilih antara ISO 100 sampai maksimal ISO 3200. Jika tidak mau pusing, pilihan kendali manual ini masing-masing menawarkan pilihan auto.

Dengan modus Manual yang cukup lengkap, Mi 5s menawarkan kemampuan fotografi yang kaya. Tentunya Anda yang senang fotografi bisa menggunakan Mi 5s untuk menghasilkan karya kreatif kapan pun dan di mana pun selama Mi 5s ada di kantong.

Pilihan modus lainnya cukup standar, sama dengan yang ada pada ponsel Xiaomi lainnya.


Tampilan Kamera

Pilihan Filter

Pilihan Modus 1


Pilihan Modus 1

Tampilan Video

Pilihan Modus Video

Untuk merekam video, kamera Mi 5s mampu merekam sampai resolusi 4K dan memiliki fitur autofokus secara terus menerus. Terdapat pilihan modus time-lapse dengan interval dari 0.12 detik per foto sampai 60 detik per foto, dan modus slow-motion yang mampu menangkap video 150 frame per detik, atau sekitar 2.5 kali lebih lambat.


Foto 6: Modus Auto, Aspek Rasio 16:9, Jarak fokus Makro 6 cm

Kamera Mi 5s mampu menangkap fokus terdekat sejauh 6 cm dari depan lensa. Bokeh yang dihasilkan tampak halus tanpa ada distorsi dengan depth-of-field yang cukup dalam.

Mi 5s dilengkapi kamera depan 4MP. Walaupun secara resolusi lebih kecil, namun sensor kamera depan ini lebih baik dengan ukuran sensor (1/3″) dan piksel yang lebih besar (2µm) sehingga mampu menangkap detil lebih banyak dan lebih tajam. Bagi Anda yang gemar selfie, berkat fitur kamera depan Mi 5s cukup mumpuni menghasilkan foto selfie bagus.

Sayangnya lensa kamere depan Mi 5s tidak wide-angle, sehingga untuk melakukan groupie ruang foto agak terbatas.

Kualitas Audio & FM Radio

Xiaomi MI 5s di atas kertas tidak menawarkan fitur audio yang khusus. Dengan speaker mono di bagian bawah ponsel dan port audio 3.5mm, kelengkapan audio Mi 5s tergolong standard. Tidak ada chip audio terdedikasi seperti pada LG V20 atau Vivi V5 dan tidak ada pengaturan audio mumpuni seperti yang ada pada ZUK Z1 dengan Cyanogen OS. Mi Sound Enhancer yang ada di pengaturan Suara tidak banyak membantu karena memang pengaturannya hanya berbasis equalizer. Jika pengguna ingin menikmati audio semaksimalnya di Mi 5s bisa memasang aplikasi Google Play Music, lalu mengatur Equaliser, Surround Sound dan Bass Boost, hasilnya suara yang didengar dengan headphone cukup baik.

Seperti ponsel flagship kebanyakan, Mi 5s tidak dibekali resepsi FM Radio. Untuk mendengarkan radio pengguna harus menggunakan aplikasi streaming dari stasiun radio yang disukai, jika sang stasiun memiliki aplikasinya di Play Store. Jika tidak, Anda kurang beruntung.

Jadi, jika Anda mengincar Mi 5s untuk menikmati audio, maka ponsel ini bukan pilihan yang tepat. Faktanya, Xiaomi memang kurang memperhatikan fitur audio dalam jajaran ponsel pintarnya sampai saat ini.

Kesimpulan dan Rekomendasi

Mi 5s hadir sebagai peningkatan dari ponsel Mi 5. Namun peningkatan ini hanya berarti jika pengguna mencintai fotografi mobile. Hal terbaik yang ditawarkan Mi 5s dibanding Mi 5 adalah kamera utamanya yang menghasilkan jepretan dengan kualitas tinggi setara dengan ponsel Google Pixel dan Pixel XL, tetapi dengan harga yang hanya sepertiga dari ponsel Google tersebut.

Dibanderol Rp. 4 juta untuk varian 4GB+32GB dan sekitar Rp. 6 juta untuk varian teratas 6GB+128GB, Mi 5s merupakan ponsel dengan value for money tinggi. Ponsel Sony, Samsung atau LG dengan chipset Snapdragon 821 dibanderol Rp. 9 juta ke atas. Ponsel Google Pixel dihargai lebih dari Rp. 10,8 juta.

Jika Anda mencari ponsel dengan performa tinggi, kamera berkualitas atas dan desain yang modis namun dengan harga yang terjangkau, Mi 5s adalah ponsel yang sangat sesuai. Menawarkan value for money tinggi, Mi 5s dapat memberikan kepuasan lebih tinggi untuk setiap rupiah yang Anda bayar.

Pada kisaran harga Rp. 4 jutaan, penantang Mi 5s tidak banyak. ASUS Zenfone 3 (ZE520KL) yang memiliki layar 5.2 inci ditawarkan pada kisaran harga Rp. 3.8 juta. Secara performa, ponsel flagship terbaru ASUS yang memiliki skor AnTuTu sekitar 59,000 ini kalah jauh dari Mi 5s dengan skor 140,000.


ASUS Zenfone 3 ZE520KL

Cek: Perbandingan Mi 5s vs. Zenfone 3 520KL di tautan ini.

Penantang dalam fitur kamera adalah Huawei P9 yang memiliki kamera ganda hasil kolaborasi dengan Leica. Modus manual pada Huawei P9 seperti kendali pada kamera DSLR, dengan hasil jepretan yang terkenal bagus juga. Dari segi performa, ponsel flagship Huawei ini masih di bawah Mi 5s, dengan chipset Kirin 955, Huawei P9 mampu mencapai skor AnTuTu 96,000. Di sisi harga, Huawei P9 juga dibanderol jauh lebih mahal, yaitu di kisaran Rp. 6.9 juta, hampir dua kali harga Mi 5s.


Huawei P9

Cek: Perbandingan Mi 5s vs. Zenfone 3 520KL di tautan ini.

(cyt)

Ada pertanyaan mengenai Mi 5s?
Silahkan tulis pertanyaan Anda di Kolom Komentar di bawah ini, tim Ulas-Master akan mencoba memberikan Solusi-nya!
comment

10 Komentar

  • Vania:
    13 Oct 2017 · 20:03

    Kak saya mau nanya, bagusan xiaomi max 2 atau xiaomi mi 5s dari segi kamera depanya?

    • 14 Oct 2017 · 21:00

      Halo ganwati Vania. Kamera depan Mi 5s tentu lebih bagus dibanding Mi Max 2 karena sensor kamera depan Mi 5s sudah menggunakan lensa f/1.9 dan Ultra Pixel sehingga hasilnya lebih jelas dan lebih detail.

  • very aryanto:
    29 Sep 2017 · 15:56

    Mohon pendapat antara mi 5s dengan lg q5 plus dan nokia 6?

    • 29 Sep 2017 · 22:39

      Halo gan Very Aryanto. Ane asumsi maksud agan adalah LG Q6 Plus.

      Ketiga hp ini memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing, dan pilihan terbaik tergantung dari apa yang agan cari di hp agan selanjutnya.

      Jika agan menginginkan keunggulan dalam fotografi dan performa tinggi, Xiaomi Mi 5s pilihannya.

      Jika agan menginginkan hp yang terlihat kekinian, LG Q6 Plus pilihannya karena memiliki desain layar dengan bezel tipis. Secara performa dan kualitas jepretan, Q6 Plus masih di bawah Mi 5s.

      Untuk Nokia 6, ane tidak menyarankan karena dalam semua aspek di bawah Mi 5s dan Q6 Plus.

  • Wahyu Dwi Putra:
    06 Aug 2017 · 13:59

    Gan kalau dibandingkan dengan xperia x, xz dan xiaomi mi 6 yang baru rilis, worth mana nihh dari segi performa, daya tahan, dan ke-3 baru kamera.
    Trims.

    • 06 Aug 2017 · 16:43

      Halo gan Wahyu. Xperia X dan XZ memiliki performa dan kamera belakang di bawah Mi 6. Tapi kalau agan ingin memilih daya tahan, Xperia X dan XZ sudah terproteksi IP68 tahan air dan debu. Kalau ane boleh sarankan, pilih Mi 6 saja, gan, value for money-nya lebih tinggi.

  • Muhammad Devanda Hendra Kusuma:
    03 Apr 2017 · 05:01

    Gan kalau lenono zuk z2 sama asus zenfone 3 zoom itu udah rilis di Indonesia belum?
    Kalau sudah tolong berikan spesifikasinya dari kedua hp diatas..
    Makasih sebelumnya

  • Muhammad Devanda Hendra Kusuma:
    01 Apr 2017 · 14:29

    Gan…tolong berikan pendapat dong..
    Saya berencana beli hp merk nya
    *Oppo F1S(4+64)
    *Asus zenfone 3 ZE520KL
    *VIVO V5
    *SAMSUNG GALAXY J7 PRIME
    Menurut anda saya lebih membeli hp yang mana ya..,tolong komentarnya gan…soalnya saya bingung jika harus memilih salah satu dari itu….
    Sebelumnya makasih

    • 01 Apr 2017 · 14:41

      Halo gan Devanda. Untuk memilih HP, agan harus tahu dulu apa yang ingin didapatkan di HP baru:
      1. Jepretan Kamera bagus
      2. Kamera selfie bagus
      3. Performa main game 3D & 2D lancar
      4. Model hp yang keren
      5. Aplikasi lengkap seperti App Office
      6. Atau ada kriteria lain..

      Pilih mana yang prioritas no 1 sampai 4, gan. Setelah ada prioritas, akan mudah menentukan HP mana yang agan inginkan dan gak menyesal belakangan.

createTulis Komentar

• Alamat Email Anda Tidak Akan Dipublikasikan.
• Harap Maklum: Komentar akan melalui Tahap Moderasi, jadi tidak langsung muncul di sini :-).