Mi A1 – Ulasan

Mi A1

Rating UlasAbis:
8.5

Desain

8.8

Performance

8.4

Fitur

8.5

Value for Money

8.6
Keunggulan:
+ Kamera ganda 12MP untuk efek blur & zoom 2X
+ Performa mumpuni, RAM 4GB
+ Bodi elegan, ketebalan hanya 7.3mm
+ Kualitas audio baik
Kekurangan:
- Tidak ada FM Radio
- Hasil jepretan banyak noise saat cahaya kurang
- Kamera depan hanya 5MP


 
Mi A1 merupakan ponsel pertama Xiaomi yang mengusung sistem operasi Android murni yang disebut Android One setelah selama ini selalu menggunakan antarmuka khas-nya MIUI. Ponsel ini dirilis pertama kali di India pada tanggal 5 September 2017 dan berselang 2 minggu diperkenalkan juga di Indonesia. Mi A1 juga merupakan seri pertama Mi yang dijual di Indonesia secara resmi.

Pada Mi A1, Xiaomi mengandalkan beberapa fitur yang sedang tren saat ini, seperti kamera belakang ganda, dukungan audio kualitas tinggi dan bodi berbahan metal. Semuanya tetap dipadukan dengan banderol yang terjangkau, yakni hanya Rp. 3.1 juta dan perlindungan garansi resmi.

Seperti apa pengalaman menggunakan Mi A1? Simak ulasan khas UlasAbis berikut ini!


Xiaomi Mi A1

Spesifikasi umum Xiaomi Mi A1:

  • Harga Rp. 3.099 juta (per Oktober 2017)
  • Layar tipe IPS LTPS 5.5 inci resolusi maksimum Full HD 1920 x 1080 (401 ppi)
  • Bodi berbahan metal, Layar dengan desain 2.5D
  • Ketebalan hanya 7.3mm
  • Platform Qualcomm Snapdragon 625 terdiri dari 8-inti CPU Cortex-A53 Max @2.0GHz
  • RAM 4GB, ROM 64GB tipe eMMC 5.1 dan slot kartu microSD sampai 128GB
  • Android Nougat 7.1.2 murni, tanpa bloatware
  • Kamera Utama Dual 12MP diafragma f/2.2 lensa lebar dan f/2.6 lensa tele, PDAF, OIS 4-Axis dengan lampu flash LED ganda
  • Kamera Depan 5MP diafragma f/2.2
  • Baterai kapasitas 3,080mAh
  • Slot SIM card ganda (nano-SIM) hybrid dan dukungan seluruh jaringan 4G-LTE di Indonesia
  • Wifi a/b/g/n/ac, Bluetooth 4.2 dan USB OTG
  • Sensor: Proximity, Gyro, Akselerometer, Cahaya, Kompas / Magnetik dan Sensor Pemindai Sidik Jari

Kekurangan:

  • Baterai tidak dapat diganti
  • Bukaan lensa kamera belakang hanya f/2.2
  • Resolusi kamera depan hanya 5MP
  • Tidak mendukung Quick Charge 3,0

Mi A1 menggunakan desain dan spesifikasi yang sama dengan ponsel Xiaomi lainnya yaitu Mi 5X. Tidak ada perbedaan secara desain dan spesifikasi, selain kapasitas RAM dan ROM yang lebih besar pada Mi A1 yang diluncurkan di Indonesia. Perbedaan mendasar terletak pada sistem operasi Mi 5X yang menggunakan MIUI khas Xiaomi sementara Mi A1 menggunakan Android One yang merupakan Android versi murni.

Spesifikasi Mi A1 tergolong ponsel kelas menengah atas, terlihat dari penggunaan platform Snapdragon 625, RAM 4GB dan ROM 64GB. Kamera ganda di belakang ponsel diklaim sekelas dengan kamera pada ponsel flagship seperti Mi 6 dan Mi Note 3.

Cek: Spesifikasi lengkap Mi A1 di database UlasAbis.

Selanjutnya UlasAbis akan mengulas lengkap setiap aspek dari Mi A1 berikut ini.

Paket Penjualan


Kemasan Xiaomi Mi A1 berwarna putih sederhana dengan gambar produk di luar

Seperti biasa, Xiaomi menggunakan kotak berwarna putih sederhana baik pada selongsong maupun di kotak bagian dalam. Di selongsong terdapat gambar produk dan berbagai informasi mengenai spesifikasi, IMEI, Nomor Seri dan tempat produksinya yang ada di pulau Batam, Indonesia.


Isi di dalamnya: perangkat Mi A1, kabel charger USB-C, charger 5V/2A dan beberapa dokumen

Di dalam kemasan terdapat perangkat utama Mi A1 yang masih dilapisi pelindung layar, charger 5V/2A, kabel USB-C, pin pembuka slot kartu SIM, petunjuk penggunaan dan kartu garansi resmi dari TAM. Seperti biasa, Xiaomi tidak menyertakan earphone di dalam kemasan.

Desain, Bentuk dan Kualitas Material


Tampak depan Mi A1

Mi A1 memiliki desain unibodi dengan bahan metal. Secara keseluruhan, desain Mi A1 berbeda dari ponsel Xiaomi lainnya, tentunya kecuali dari Mi 5X yang memang merupakan kembaran Mi A1. Layar Mi A1 sudah mengusung desain 2.5D dengan lengkungan halus di seluruh tepi bagian depan.


Tampak belakang Mi A1

Pada bagian belakang, Xiaomi menggunakan desain garis antena yang mengikuti bentuk perangkat. Desain ini sangat mirip dengan yang digunakan oleh Apple pada seri iPhone 7. Dan dengan kamera ganda di ujung kiri atas, sekilas Mi A1 terlihat seperti iPhone 7 Plus.

Berikutnya kita simak setiap sudut Mi A1 secara lebih detail.


Bagian atas layar

Bagian depan sebelah atas memiliki bezel yang tebal, memuat speaker panggilan di bagian tengah. Di sebelah kirinya terdapat sensor proximity, sensor cahaya dan kamera depan. Di posisi paling ujung kiri terdapat lampu LED notifikasi.


Bagian bawah layar

Di bawah layar terdapat tombol navigasi yang semuanya bersifat kapasitif atau tombol sentuh. Desain dan fungsi ketiga tombol navigasi ini sama dengan model ponsel Xiaomi lainnya, yaitu tombol home di tengah, tombol menu / aplikasi terkini di kiri dan tombol kembali di sebelah kanan. Ketiga tombol ini dilengkapi dengan lampu backlight berwarna putih yang cukup berguna saat penggunaan ponsel ini di tempat gelap.


Bagian atas belakang

Pada bagian belakang terdapat kamera ganda di sudut kiri atas dengan lampu flash LED ganda di sisi kirinya. Di atasnya terdapat garis antena dengan desain melengkung mengikuti bentuk tepi atas perangkat. Xiaomi meletakkan sensor pemindai sidik jari di bagian tengah belakang.

Kamera ganda pada Mi A1 memiliki rumah dengan tonjolan yang lebih tinggi dari permukaan di sekitarnya, kira-kira 1 mm. Saat diletakkan di atas meja, tonjolan kamera menyebabkan perangkat tidak bisa rata dengan permukaan meja. Namun hal ini tidak menjad masalah jika casing digunakan.


Bagian bawah belakang

Di bawahnya terletak logo Mi dan informasi perangkat serta tulisan Android One. Semuanya tercetak di permukaan panel belakang dengan warna yang senada dengan warna panel. Garis antena melengkung ada di tepi bawah.


Foto atas ke bawah: sisi kanan, sisi bawah, sisi kiri dan sisi atas

Pada sisi samping kanan terdapat tombol volume dan tombol power. Kedua tombol ini dilapisi dengan warna yang sama dengan sekitarnya dengan tepian yang mengkilap, memberikan kesan elegan dan premium.

Di sisi bawah terletak port USB tipe-C di bagian tengah. Di sebelah kiri terdapat port audio 3.5mm dan lubang kecil berisi mikrofon, sementara di sebelah kanan port USB ada gril yang berisi speaker. Xiaomi tidak lagi mengusung gril speaker ganda di sisi kiri dan kanan port USB seperti yang ada pada ponsel generasi sebelumnya yaitu Redmi 4, Mi 5 dan Redmi Note 4. Sudah pasti tidak akan ada lagi yang bingung mengapa gril speaker sebelah kiri tidak mengeluarkan suara.

Sisi samping kanan tidak memuat apa pun selain garis antena di kedua ujungnya. Garis antena ini adalah sambungan dari garis yang sama pada bagian belakang perangkat.

Di sisi atas, terdapat port infra-red di bagian tengah. Di sebelah kanannya terdapat lubang kecil yang merupakan letak mikrofon kedua berada. Mikrofon ini berfungsi untuk fitur noise-cancellation yang dapat memperjernih suara pengguna saat melakukan panggilan.

Dimensi fisik Mi A1 155.4 x 75.8 x 7.3 mm cukup normal untuk ukuran ponsel dengan layar 5.5 inci dan desain standar ber-bezel. Ponsel ini dapat dengan mudah digenggam dan dioperasikan dengan 1 tangan. Mi A1 dapat dengan mudah dimasukkan ke dalam kantong celana atau saku baju.


Bodi tipis Mi A1 pas di tangan

Secara keseluruhan, desain, bentuk dan “rasa” Mi A1 sangat baik. Bodi berbahan metal, bodi tipis yang hanya 7.3mm, berat hanya 168 gr dan lengkungan di sekeliling perangkat mampu membawa kesan premium dan elegan namun tetap nyaman digenggam. Bodi metal memiliki permukaan yang tidak licin sehingga terasa mantap digenggam.

Layar dan Tampilan


Layar IPS LTPS Mi A1, terlihat tajam dan saturasi warna yang tinggi

Layar Mi A1 memiliki ukuran 5.5 inci dengan resolusi Full HD 1920 x 1080. Kepadatan piksel layar ini mencapai 401 piksel per inci persegi. Layar IPS pada Mi A1 memiliki teknologi LTPS (Low-temperature polycrystalline silicon) yang merupakan teknologi yang digunakan dalam proses produksi. Seharusnya dengan teknologi LTPS, layar yang dihasilkan memiliki efisiensi lebih tinggi sehingga lebih hemat daya.


Kepadatan piksel 401 ppi, tampilan layar sangat tajam

Tampilan pada layar Mi A1 terlihat cerah dengan warna yang baik. Warna-warna terlihat cerah, sementara warna putih terlihat putih sewajarnya, tidak kemerahan atau kebiruan.

Berkat densitas piksel yang tinggi 401 ppi, tampilan piksel di layar Mi A1 terlihat sangat halus pada jarak pandang normal. Tulisan dan gambar terlihat mulus tanpa terlihat kotak-kotak piksel.

Layar Mi A1 memiliki tingkat kecerahan maksimum yang tinggi, sehingga dapat digunakan di bawah sinar matahari langsung, meski dengan tingkat saturasi warna dan kontras yang berkurang. Namun, tulisan masih dapat dengan mudah terbaca. Hal ini cukup wajar pada layar tipe IPS.

Performa

Xiaomi menyematkan platform Qualcomm Snapdragon 625 pada Mi A1. Platform ini memiliki 8-inti CPU Cortex-A53 @2.0Ghz dan pengolah grafis Adreno 506. RAM yang digunakan memiliki kapasitas 4GB tipe LPDDR3, sementara ROM yang dipasang mencapai 64GB berjenis eMMC 5.1. Spesifikasi performa ini di atas kertas tergolong kelas menengah atas.


Skor AnTuTu Mi A1

Spesifikasi Mi A1

Uji AndroBench, ROM eMMC 5.1

Pada uji benchmark AnTuTu, Mi A1 mampu meraih angka 63,041. Dengan angka ini, Mi A1 seharusnya mampu menjalankan semua aplikasi dengan lancar dan mulus.

Untuk menjalankan aplikasi sehari-hari seperti BBM, WhatsApp, Facebook, Instagram dan Twitter dapat berjalan dengan mulus dan semuanya dapat dibuka sekaligus, berkat RAM berkapasitas besar mencapai 4GB pada Mi A1. Untuk penggunaan sehari-hari, ponsel ini sangat mumpuni.

Bermain game 2D juga bukan masalah, dan game 3D berat dapat dimainkan dengan cukup baik. Beberapa aplikasi game yang sudah diuji adalah Mobile Legends dengan pengaturan grafis High, Clash of Clans dan Clash Royale, seluruhnya berjalan mulus.

Performa Sensor Sidik Jari

Mi A1 dilengkapi dengan sensor sidik jari di bagian belakang perangkat. Saat dites, sensor sidik jari dapat dengan cepat mengenali sidik jari dan masuk ke tampilan home dalam waktu kurang dari 1 detik. Sensor sidik jari juga dapat dengan mudah dijangkau, baik saat menggunakan tangan kiri maupun tangan kanan.

Tampilan Antarmuka & Aplikasi Terpasang

Sistem operasi yang terpasang pada Mi A1 berbasis pada platform Android One yang didukung langsung oleh Google. Tampilannya sangat sederhana dan merupakan versi dasar dari Android. Di dalamnya tidak banyak aplikasi terpasang, sehingga bisa dibilang ini adalah Android murni. Pengguna Xiaomi yang terbiasa dengan tampilan MIUI akan merasakan perbedaan yang signifikan saat menggunakan Mi A1.


Tampilan Home

Aplikasi terpasang

Bilah pengaturan cepat


Aplikasi Google

Aplikasi Mi, opsional

Android 7.1.2 terpasang

Seluruh aplikasi dasar tersedia lengkap, seperti aplikasi pesan, panggilan, kalender, kalkulator, email, foto dan pemutar musik. Semuanya hadir dengan tampilan sederhana khas Google, namun dengan fungsi yang lengkap. Berikut ini adalah tampilan dari aplikasi-aplikasi tersebut.

Xiaomi menawarkan pengguna untuk memasang dua aplikasi saat ponsel pertama kali diaktifkan, yaitu aplikasi forum MIUI Xiaomi dan aplikasi Mi Remote untuk memanfaatkan port infra-merah di bagian atas perangkat. Aplikasi ini dapat menggantikan fungsi remote alat elektronik berbagai jenis dan merek.

Kinerja Baterai

Mi A1 dibekali baterai berkapasitas 3,080mAh yang tertanam dan tidak dapat dilepas. Kapasitas ini tergolong kecil pada ponsel besutan Xiaomi dengan layar 5.5 inci seperti Redmi Note 4. Namun Xiaomi mengklaim bahwa baterai ini dapat digunakan untuk 1 hari penuh.

Saat diuji dengan penggunaan normal, Mi A1 dapat bertahan selama 1 hari, dimulai dari kapasitas 100% pada jam 7 pagi dan tersisa 32% pada jam 8 malam. Penggunaannya mencakup 1 jam bermain game, 2 jam mengakses sosial media, 1.5 jam membuka aplikasi Maps dengan GPS aktif dan 1 jam mendengarkan musik. Jadi, klaim Xiaomi cukup akurat dalam hal daya tahan baterai.


Isi daya 35% ke 100%: 87 menit

Saat diisi daya menggunakan charger 5V/2A bawaan, Mi A1 dapat terisi penuh dari 35% ke 100% dalam waktu 1 jam 27 menit. Mi A1 sendiri tidak mendukung isi daya cepat Quick Charge 3.0, sehingga saat menggunakan charger Quick Charge 3.0, pengisian dayanya berlangsung normal.

Platform Snapdragon 625 seharusnya mendukung fitur isi daya cepat Quick Charge 3.0, namun tampaknya Xiaomi memutuskan untuk tidak menyediakan fitur ini. Fitur ini juga absen pada beberapa ponsel Xiaomi lain yang mengusung Snapdragon 625 seperti Redmi 4 Prime.

Kualitas Kamera


Kamera utama Mi A1

Aspek fotografi merupakan salah satu unggulan pada ponsel Mi A1. Kamera utama ponsel ini memiliki dua sensor 12MP. Sensor pertama dilengkapi dengan diafragma f/2.2, lensa-lebar, autofokus PDAF dan stabilisasi OIS 4-axis, sementara sensor kedua memiliki lensa f/2.6 dan lensa-tele.

Seperti apa hasil jepretan kamera utama Mi A1? Silahkan simak hasilnya di bawah ini.


Foto 1: Modus Auto, HDR Off, Lensa-wide, Rasio 4:3, Kondisi siang hari


Foto 2: Zoom 100% Foto 1, Detail tajam, Noise minim


Foto 3: Modus Auto, HDR On, Lensa-wide, Rasio 4:3, Kondisi siang hari, Saturasi dan Kontras lebih baik dari Foto 1

Pada kondisi cahaya terang, hasil jepretan Mi A1 dengan modus Auto tergolong baik, dengan detail yang jelas dan tajam. Garis objek terlihat cukup tegas, tidak kabur. Kontras, saturasi warna dan highlight yang dihasilkan cukup akurat, tidak under-exposed atau pun over-exposed.

Highlight pada bayangan dapat ditingkatkan exposurenya melalui fitur HDR, dapat dilihat pada Foto 3. Tampak di foto ini, kontras dan saturasi warna sedikit meningkat dibanding foto tanpa HDR. Hal ini selalu terjadi jika fitur HDR diaktifkan.


Foto 4: Modus Auto, HDR On, Lensa-tele (2X), Rasio 4:3, Kondisi siang hari


Foto 5: Zoom 100% Foto 4, Detail tajam, Noise minim

Jepretan hasil lensa telephoto di Foto 4 memiliki kualitas yang sama dengan foto-foto hasil lensa lebar pada Foto 1 dan Foto 3. Tidak ada cacat khas lensa tele, tidak terlihat distorsi perspektif atau vignetting. Saturasi warna juga sama dengan hasil dari lensa lebar.

Selanjutnya, kita lihat hasil jepretan pada kondisi malam hari.


Foto 6: Modus Auto, HDR Off, Lensa-lebar, Rasio 4:3, Kondisi malam hari


Foto 7: Zoom 100% Foto 6, Detail agak kabur, Noise banyak

Kualitas foto pada malam hari tidak sebaik pada siang hari. Detail objek agak kabur dan noise memenuhi bagian foto yang homogen seperti pada bagian langit. Fitur HDR dan modus HHT (modus malam) juga tidak membantu banyak untuk memperbaiki kualitas foto.

Menggunakan modus Manual untuk fotografi malam hari terbilang mustahil karena dibatasinya parameter durasi shutter yang hanya maksimal 1/15 detik, sehingga tidak memungkin menggunakan ISO 100 untuk mengurangi noise. Tampaknya Xiaomi memang membatasi pengaturan manual ini.

Hasil Jepretan Kamera Ganda

Kamera ganda pada Mi A1 memiliki kombinasi kamera sudut-lebar (wide) dan telephoto dengan kemampuan zoom 2X. Kombinasi ini menawarkan fitur bokeh saat digunakan bersamaan. Xiaomi menamainya modus Potret (Portrait). Berikut adalah hasil jepretan Mi A1 dengan fitur dual-camera aktif.


Foto 8: Modus Auto, HDR Off, Modus Portrait (Dual Lens), Rasio 4:3, Kondisi dalam ruangan


Foto 9: Modus Auto, HDR Off, Modus Portrait (Dual Lens), Rasio 4:3, Kondisi dalam ruangan

Hasilnya sesuai ekspekstasi, bokeh dapat tercipta dan tampak baik. Objek di depan cukup tajam meski pada Foto 9 detail terlihat sedikit kurang tegas atau soft. Keseimbangan putih juga terlihat sedikit bergeser ke arah kebiruan. Sebagai pembanding, Foto 10 menunjukkan jepretan Galaxy S8 dengan fitur Selective Focus aktif. Terlihat jelas ketajamannya lebih baik dan keseimbangan putih lebih netral.


Foto 10 (referensi Samsung Galaxy S8): Modus Auto, HDR Off, Modus Selective Focus, Rasio 4:3, Kondisi dalam ruangan

Dibanding Redmi Pro yang merupakan ponsel pertama Xiaomi dengan kamera ganda, hasil jepretan Mi A1 tidak jauh berbeda. Detail objek agak kabur namun keseimbangan putih lebih netral. Foto 11 menunjukkan hasil jepretan Redmi Pro pada kondisi cahaya dan objek yang sama.


Foto 11 (referensi Xiaomi Redmi Pro): Modus Auto, HDR Off, Modus Stereo (Dual Camera), Rasio 16:9, Kondisi dalam ruangan

Sayangnya pada aplikasi kamera dan aplikasi Foto, gambar dari hasil kamera ganda tidak dapat diubah lagi, berbeda dari fitur yang ada pada aplikasi Galeri di MIUI yang dapat mengatur ulang fokus dan mereka tampilan 3D, seperti yang ada pada Redmi Pro dan Mi 6.

Tampilan Dan Fitur Aplikasi Kamera

Meski menggunakan sistem operasi Android murni, aplikasi kamera Mi A1 tetap menggunakan antarmuka khas MIUI. Tampilannya sama persis dengan aplikasi kamera pada ponsel Xiaomi lainnya. Fitur yang ditawarkan di aplikasi pun juga sama, termasuk modus Manual.


Aplikasi Kamera

Pilihan filter

Pilihan modus


Pilihan modus 2

Pengaturan 1

Pengaturan 2

Pilihan modus yang tersedia sama seperti yang ada di ponsel Xiaomi lain. Modus tersebut antara lain Panorama, Timer, Audio, Straighten, Manual, Beautify, Group Selfies, Tilt-shift, Square 1:1 dan HHT atau biasa dikenal sebagai modus Night. Pilihan filter juga tersedia, seperti Color Pop, Vivid, Mono, Mosaic, Fisheye, Mirror dan Tunnel.

Pada modus Manual terdapat 5 parameter yang dapat diatur, yaitu Keseimbangan Putih, Jarak Fokus, Durasi Paparan, Angka ISO dan Jenis Lensa yang dipakai. Keseimbangan Putih atau WB menyediakan pengaturan manual selain beberapa pengaturan tetap, yakni mulai dari 2000 – 8000 K. Jarak Fokus dapat dipilih dari makro sampai tak hingga atau infinity.


Modus Manual (Pro)

Parameter WB

Parameter Jarak Fokus

Parameter Durasi Shutter

Parameter Angka ISO

Durasi paparan atau Exposure Time dapat diatur dari 1/1000 detik sampai maksimal 1/15 detik. Angka ISO memiliki rentang dari 100 sampai 3200. Terakhir, parameter lensa memiliki dua pilihan, yaitu lensa lebar (wide) dan lensa telephoto.

Secara keseluruhan, kamera utama Mi A1 cukup baik pada kondisi cahaya yang mencukupi, dengan detail dan ketajaman yang baik. Kontras dan saturasi warna juga baik, khususnya jika fitur HDR diaktifkan. Sayangnya kamera ini tidak cocok digunakan pada kondisi cahaya kurang seperti pada malam hari, dengan hasil jepretan banyak noise dan objek yang tidak tajam. Modus Manual yang tersedia pun tidak dilengkapi fitur memadai untuk memotret pada keadaan gelap.

Kualitas Kamera Depan


Foto 12: Kamera depan, Rasio 4:3, Fitur permencantik On, Kondisi dalam ruangan

Kamera depan Mi A1 memiliki sensor beresolusi 5MP yang tergolong kecil untuk ukuran ponsel kelas menengah atas saat ini. Hasil jepretan kamera depan terbilang cukup baik, dengan fitur pemercantik wajah tersedia baik otomatis maupun secara Pro dengan pengaturan yang dapat diubah. Untuk pecinta selfie, kamera depan Mi A1 terbilang memadai, meski minim fitur lainnya dan resolusinya yang tidak terlalu tinggi dibanding ponsel sekelasnya.

Kualitas Audio & FM Radio

Xiaomi membenamkan chip audio atau amplifier khusus pada Mi A1 dan mengklaim mampu menghasilkan suara pada headphone atau speaker hingga impedansi 600 ohm yang berarti kekuatan amplifikasinya cukup tinggi. Impedansi setinggi ini umum terdapat pada headphone atau speaker kelas atas. Sekedar informasi, earphone dan headphone biasa memiliki impedansi sekitar 30 – 50 ohm.

Untuk memutar musik, Mi A1 menyediakan aplikasi dari Google yaitu Play Musik. Di dalamnya, keluaran audio bisa diatur sesuai dengan selera melalui pengaturan equalizer dari Snapdragon+. Efek bass tambahan dan efek surround dapat diaktifkan, serta beberapa preset equalizer. Selain itu efek gema (reverb) juga dapat dipilih.


Aplikasi Play Musik

Setelan Audio Snapdragon+

Pilihan efek Reverb

Saat diuji, kualitas suara dalam hal bass dan trebel terasa mantap. Bass terasa “nendang”, sementara trebel terasa “dalam” saat menggunakan headphone. Tidak hanya dengan headphone, kualitas suara juga tergolong baik saat dihubungkan ke speaker besar dan input unit audio mobil melalui koneksi AUX. Suara yang dihasilkan sangat menonjol dan jelas.

Kualitas suara Mi A1 sebanding dengan ponsel lain yang dilengkapi dengan chip audio khusus seperti seri Vivo V5, ASUS ZenFone 3 dan ZUK Z1. Namun jika dibandingkan dengan LG G6, keluaran suara Mi A1 terdengar masih memiliki noise pada volume tinggi, tidak sejernih keluaran suara LG G6. Hal ini wajar karena LG G6 memang mengandalkan kualitas audionya melalui chip Quad DAC kelas high-end.

Mi A1 tidak dilengkapi aplikasi FM Radio. Bagi yang gemar mendengarkan siaran radio, terpaksa harus menggunakan aplikasi radio berbasis internet.

Kesimpulan dan Rekomendasi

Mi A1 menawarkan fitur dan spesifikasi kelas menengah atas dengan harga terjangkau. Fitur andalan kamera ganda mampu menghasilkan jepretan yang baik pada kondisi cahaya cukup. Bodi berbahan metal dan ketebalan yang hanya 7.3mm memberikan kesan elegan dan premium. Sistem operasi Android murni berjalan sangat mulus dan tidak terbebankan banyak aplikasi yang tidak berguna.

Aspek audio menjadi kejutan istimewa bagi pemiliki Mi A1. Kualitas audio pada bass dan trebel terasa hidup. Keluaran audio dari ponsel ini terbukti mampu menghasilkan suara yang mantap dan seimbang bahkan saat menggunakan sistem speaker independen maupun terkoneksi ke audio di mobil melalui koneksi AUX.

Sayangnya beberapa fitur terasa kurang lengkap di Mi A1. Tidak adanya FM Radio salah satunya. Selain itu resolusi kamera depan yang hanya 5MP terasa kurang bagi penggemar swafoto. Dan terakhir, kamera utama kurang dapat diandalkan pada kondisi cahaya kurang karena banyaknya noise dan kurang tajamnya hasil jepretan di kondisi tersebut.

Namun dengan banderol yang hanya Rp. 3.1 juta saat peluncuran, Mi A1 memiliki value-for-money yang tinggi. Di kisaran harga ini tidak banyak ponsel mau menawarkan spesifikasi Snapdragon 625, kamera ganda dan sistem operasi Android murni yang bersih dari bloatware.

Salah satu penantang terdekat dari Mi A1 adalah Motorola Moto G5S Plus. Moto G5S Plus dibanderol sedikit di bawah Mi A1 yakni Rp. 3 juta pada saat ini. Ponsel ini sama-sama ditenagai oleh Snapdragon 625 dan dilengkapi kamera ganda. Namun kamera ganda pada ponsel ini memiliki perbedaan mendasar, yaitu kombinasi sensor berwarna dan sensor monokrom yang keduanya disebut dapat menghasilkan foto dengan ketajaman tinggi.


Motorola Moto G5S Plus

Cek: Spesifikasi Xiaomi Mi A1 vs. Motorola Moto G5S Plus di tautan ini.

Ponsel lainnya adalah model lawas dari Xiaomi yaitu Redmi Pro. Ponsel ini dibanderol di bawah Mi A1 yaitu hanya sekitar Rp. 2.5 juta untuk ROM 64GB. Redmi Pro juga memiliki kamera ganda dan hadir dengan chipset Helio X25 dengan 10-inti CPU dan baterai lebih besar 4,000mAh. Kualitas jepretan kamera utama sepadan dengan Mi A1, tetapi fitur audio Redmi Pro masih di bawahnya karena tidak adanya chip amplifier sehingga keluaran audio terasa flat. Namun ponsel ini tidak dijual resmi di Indonesia sehingga tidak ada perlindungan garansi.


Xiaomi Redmi Pro

Cek: Spesifikasi Xiaomi Mi A1 vs. Xiaomi Redmi Pro di tautan ini.
Cek: Ulasan Lengkap dari UlasAbis terhadap Xiaomi Redmi Pro di sini.

(cyt)

Ada pertanyaan mengenai Mi A1?
Silahkan tulis pertanyaan Anda di Kolom Komentar di bawah ini, tim Ulas-Master akan mencoba memberikan Solusi-nya!
comment

2 Komentar

  • Amir:
    18 Oct 2017 · 10:09

    Bang tolong pilihin,mending Mi A1 atau mi 5x

    • 18 Oct 2017 · 14:33

      Halo gan Amir. Singkatnya, ane menyarankan Mi A1.

      Alasannya: Mi A1 dan Mi 5X adalah ponsel yang sama secara spesifikasi hardware-nya sehingga performa dan fiturnya sama. Tapi Mi A1 dipasangi sistem operasi Android murni yang minim aplikasi yang tidak berguna, sementara Mi 5X menggunakan MIUI dari Xiaomi.

      Dan yang terpenting, Mi A1 dilindungi garansi resmi Xiaomi Indonesia, sementara Mi 5X barangnya datang dari China dan bergaransi distributor.

createTulis Komentar

• Alamat Email Anda Tidak Akan Dipublikasikan.
• Harap Maklum: Komentar akan melalui Tahap Moderasi, jadi tidak langsung muncul di sini :-).