Redmi 3 Pro – Ulasan

Redmi 3 Pro

Rating UlasAbis:
7.8

Desain

8

Performance

7.2

Fitur

7.5

Value for Money

8.5
Keunggulan:
+ Kapasitas RAM besar 3GB
+ Sensor pemindai sidik jari
+ Baterai kapasitas besar 4,100mAh
Kekurangan:
- Unit terasa berat untuk ponsel 5 inci
- Baterai tidak dapat diganti
- Resolusi masih HD 1280 x 720


 
Xiaomi menempatkan seri Redmi sebagai seri yang memiliki spek menengah dengan harga terjangkau. Pada iterasi ke tiga, Xiaomi menawarkan spek dan fitur yang tersedia pada ponsel yang berada di kelas lebih tinggi. Redmi 3 Pro dilengkapi dengan sensor pemindai sidik jari, RAM 3GB, ROM 32GB dan kamera 13MP. Semuanya ini ditawarkan dengan harga di bawah Rp. 2 juta.

Pantauan Harga:

Spesifikasi umum Redmi 3 Pro:

  • Kisaran harga 1.7 juta (per Sep 2016)
  • Layar IPS 5 inci di-laminasi beresolusi HD 1280×720 (294 ppi)
  • Chipset Snapdragon 616 dengan processor 64-bit 8-inti maksimum 1.5Ghz
  • 3GB RAM LPDDR3
  • 32GB ROM (25GB yang dapat dipakai pengguna) dengan slot expansi MicroSD sampai 128GB
  • Android Kitkat 5.1 dengan tampilan MIUI 7, dapat diupgrade ke MIUI 8 per September
  • Bodi Berbahan Metal Magnesium
  • Ketebalan 8.5mm
  • Kamera Utama 13MP diafragma f/2.0 dengan Phase Detection Autofocus (PDAF), fitur pengenal wajah dan kemampuan perekam video 1080p
  • Kamera Depan 5MP diafragma f/2.2 dengan perekam video 720p
  • Baterai kapasitas besar 4100mAh dengan kemampuan Fast Charging
  • Dukungan jaringan 4G-LTE TDD (band 40) dan FDD (band 3)
  • Wifi b/g/n, Bluetooth 4.1, FM Radio, USB OTG, IR Blaster
  • Sensor lengkap untuk ponsel di kelasnya: Proximity, Akselerometer, Gyro, Magnet/Kompas, Cahaya dan Pemindai Sidik Jari

Kekurangan:

  • Baterai tidak dapat diganti
  • Tidak ada earphone di paket penjualan
  • Agak berat (144 gr) untuk ponsel pintar 5 inci

Dibanding generasi sebelumnya Redmi 2 Prime, Redmi 3 Pro memiliki spek yang jauh lebih tinggi. Hebatnya, Redmi 3 Pro ditawarkan dengan harga yang sama dengan Redmi 2 Prime pada saat peluncurannya bulan Juni 2016 lalu. Ini merupakan titik kuat penjualan seri Redmi yang sangat laku di pasaran, walaupun produk ini adalah produk importir umum yang notabene menawarkan kepuasan garansi lebih rendah daripada produk yang dijual melalui jalur resmi di Indonesia.

Cek: perbandingan Redmi 3 Pro vs. Redmi 2 Prime di sini.

Paket Penjualan

 

 
Redmi 3 Pro dikemas dengan kotak sederhana berwarna putih. Tidak ada embel-embel Pro di tulisan Redmi 3 ini. Untuk membedakan unit Redmi 3 biasa dengan Redmi 3 Pro, terdapat deskripsi spek di bagian belakang kotak. Redmi 3 Pro memiliki spek Built-in Fingerprint Sensor sementara Redmi 3 tidak.

 
Di dalam kemasan hanya terdapat 3 item, yaitu unit Redmi 3 Pro, charger 2A tipe 3 kaki, dan kabel micro USB sepanjang 30cm. Terdapat pula kartu garansi, user guide dan quick start guide. Penjualan tidak disertai earphone. Selain itu charger yang disertakan tidak kompatibel dengan colokan listrik di Indonesia sehingga harus menambah adapter sendiri.

Desain, Bentuk dan Kualitas Material

 
Redmi 3 merupakan seri Redmi pertama yang mengadopsi bahan dari metal. Metal dari magnesium membalut panel belakang dari perangkat. Bahan metal ini terasa mantap dan kokoh saat dipegang. Saat ditekan tidak tampak indikasi panel akan penyok. Bagian depan yang merupakan layar terlindungi plastik yang dilaminasi sehingga terasa kokoh juga. Namun plastik tetaplah plastik, saat diraba dan diketuk tetap seperti plastik.

Pada bagian belakang perangkat, terdapat kamera utama dan flash LED tunggal di bagian kiri atas. Sensor pemindai sidik jari berada di tengah bagian atas. Sensor ini dapat dijangkau dengan mudah dengan jari telunjuk baik tangan kiri maupun kanan. Pada bagian tengah bawah terdapat logo Mi. Di bawahnya ada grill speaker tunggal. Secara keseluruhan bagian belakang terlihat lapang dan seluruh elemen tersusun rapih.


Dari paling atas: bagian samping kanan, bagian atas, bagian samping kiri, dan bagian bawah perangkat

 
Pada bagian samping semuanya terbalut metal yang sama dengan panel bagian belakang. Bagian sudutnya dibuat melengkung pada seluruh sisi, memberikan kesan elegan. Di sisi samping kanan terdapat tombol power dan tombol volume. Pada bagian atas terdapat 3 lubang, yaitu port audio 3.5mm dan 2 lubang receiver dan transmitter infra-red yang dapat berfungsi sebagai pengganti kebanyakan remote, seperti remote TV, remote AC, dan sebagainya, dengan menggunakan app tertentu.

Di bagian samping kiri hanya ada slot SIM card. Slot pertama dapat diisi kartu SIM ukuran micro-SIM. Slot ke dua diisi dengan nano-SIM atau memori microSD sampai 128GB. Pada bagian bawah, terdapat port micro-USB untuk mengisi daya baterai dan transfer data menggunakan kabel. Terdapat juga lubang kecil yang digunakan untuk membuka panel belakang perangkat menggunakan alat khusus.

 
Pada bagian layar depan bagian bawah, terdapat tiga tombol sentuh yang merupakan ciri khas semua perangkat Xiaomi, yaitu tombol menu, home dan back. Tombol-tombol ini tidak dilengkapi dengan lampu backlight, sehingga akan sulit terlihat pada saat gelap. Namun pada saat terang, tombol-tombol ini dapat terlihat dengan mudah karena bahan reflektif yang digunakan simbol di tombol. Di bagian bawah tombol home terdapat lampu notifikasi yang dapat berpendar dengan berbagai warna.

 
Pada bagian atas layar, terdapat speaker saat melakukan panggilan. Di sisi kanannya terdapat kamera depan 5MP, sementara pada bagian kiri terdapat jendela sensor proximity dan cahaya yang sekilas tidak terlihat.

Secara keseluruhan desain Redmi 3 Pro cukup sederhana, namun tetap nyaman digenggam walaupun agak berat dan enak dilihat karena bodi yang tipis dan lengkungan pada panel bagian belakang. Mengenai berat yang agak berlebih untuk ponsel 5 inci, dapat dimaklumi dengan kapasitas baterai yang sangat besar di kelas yang sama.

Layar dan Tampilan

 
Untuk ponsel menengah, layar Redmi 3 Pro terbilang sangat baik. Redmi 3 Pro dibekali layar 5 inci dengan resolusi HD 1280 x 720 dengan kerapatan piksel 294 ppi. Kecerahan warna terlihat beda dengan layar Redmi 2 yang terbilang sedikit undersaturated.

 
Saat pemakaian di luar ruang pada siang hari, layar masih dapat terlihat dengan jelas. Dengan pengaturan cahaya maksimal, tulisan masih bisa terbaca dengan mudah.

Performa

Ditenagai chipset Qualcomm Snapdragon 616 dan RAM 3GB, ponsel terasa gesit saat bernavigasi layar home. Penggunaan apps juga terasa cepat dimulai. Pemakaian multitasking juga terasa cepat ketika berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi lain, tanpa ada lag sedikit pun. Saat pemakaian aplikasi normal, biasanya masih tersisa 1.5 – 1.7GB ruang RAM yang tersisa. Ini menunjukkan RAM 3GB lebih dari cukup untuk penggunaan sehari-hari.

 
Performa total yang diukur melalui aplikasi benchmarking Antutu menunjukkan skor 36,487. Skor ini cukup tinggi, melampaui skor LG G2, flagship dari LG pada 2014 lalu. Performa setinggi ini memungkin bermain game populer seperti Pokemon Go atau Clash of Clans tanpa hambatan.

Sensor pemindai sidik jari memiliki performa yang bagus dan responsif. Saat dites untuk unlock dari posisi layar mati, dalam kurang dari 1 detik sidik jari terbaca dan layar langsung masuk ke layar home. Performa sensor pemindai sidik jari pada Redmi 3 Pro sama cepatnya dengan Mi 4S.

Tampilan Antarmuka & Aplikasi Terpasang

 
Redmi 3 Pro dibalut dengan MIUI 7 di atas Android 5.1.1 Marshmallow. MIUI memiliki navigasi layar home yang mirip dengan iOS. Tidak ada apps browser. Artinya, setiap aplikasi yang diinstall, icon-nya akan ditempatkan di layar home. MIUI memang memperbolehkan penambahan halaman home tanpa batas. Selain itu pengguna juga dapat membuat folder yang dapat diisi icon aplikasi untuk memudahkan penataan icon-icon dalam satu grup.

Versi ROM yang terinstall pada unit ini sudah ROM Global MIUI 7. Semua service Google sudah terpasang dan berjalan dengan baik, termasuk Google Play Store. Selama trial perangkat Redmi 3 Pro ini, tidak ada masalah dengan aplikasi Google.

MIUI 7 pada Redmi 3 Pro dapat diupgrade ke MIUI 8 yang baru saja dirilis pada akhir Agustus dan tersedia untuk model ini pada awal September. MIUI 8 memberikan banyak perubahan seperti panel notifikasi di bagian atas yang dimodifikasi secara massive dan beberapa aplikasi tambahan bawaan MIUI. MIUI 8 dapat diupdate melalui aplikasi Updater MIUI dengan mendownload dari server Mi.com sebesar 950MB.

MIUI memberikan berbagai aplikasi bawaan bagi penggunanya. Aplikasi tersebut antara lain Browser, Calender, Notes, Explorer, Weather, Music, Mail, Clock, Recorder, Calculator, Scanner, Updater, Security, FM Radio dan Mi Remote. Sayangnya tidak ada aplikasi productivity seperti Office dan PDF reader. Pengguna harus mengunduh aplikasi dengan fungsi serupa dari PlayStore. Beberapa aplikasi bawaan ini tidak dapat di-uninstall, namun dapat di-nonaktifkan di menu pengaturan masing-masing aplikasi.

MIUI yang menjadi bawaan unit Redmi 3 Pro yang diulas di sini merupakan ROM Android Global. Apabila pengguna mendapatkan ROM China, maka akan banyak aplikasi-aplikasi yang sebenarnya diperuntukkan untuk konsumen di China.

Kinerja Baterai

 
Redmi didukung dengan baterai berkapasitas besar 4,100mAh. Baterai sebesar ini untuk perangkat keras kelas menengah dapat memberikan pengguna sampai 2 hari penggunaan normal. Untuk bermain clash of clans, pengguna dapat bermain hingga 6 jam non-stop dari baterai 100% hingga ke 15%. Sementara bagi trainer Pokemon Go, Redmi 3 Pro dapat mendukung permainan non-stop hingga 4 jam sampai baterai ke level 15%.

Saat pengisian daya menggunakan charger bawaan yang memiliki output 2A, baterai terisi dari 15% ke 100% dalam waktu 1 jam 15 menit. Ini setara dengan 1.1% per menit. Bagian belakang ponsel hanya terasa hangat saat diisi daya.

Yang unik dari pengaturan baterai di MIUI 7 ini, pengguna dapat mengatur jadwal on/off ponsel untuk menghemat baterai. Misalnya, pada saat pengguna tidur di malam hari namun tidak dapat mengisi daya, tapi tetap ingin terhubung pada saat terbangun dapat memanfaatkan fitur penjadwalan on/off ponsel. Fitur ini cukup praktis bagi pengguna yang hobi travelling.

Kualitas Kamera

Berikut adalah hasil jepretan Redmi 3 Pro yang sudah di-resize.

 

Saat pencahayaan yang cukup, kamera utama menghasilkan foto yang tajam dan cerah. Pada kondisi cahaya yang kurang, tampak noise masih dapat ditoleransi.

 
Kamera utama Redmi 3 Pro memiliki sensor 13MP dengan fitur Phase Detection Autofocus. PDAF memungkinkan autofocus bekerja lebih cepat dalam mendeteksi titik fokus lensa. Saat diuji, autofocus pada Redmi 3 Pro dapat terkunci dalam waktu 1 detik. Titik fokus terdekat dari lensa yang berhasil terkunci adalah sekitar 7cm. Dengan jarak sedekat ini, bokeh (gambar blur di bagian belakang) terlihat baik.

 
Fitur yang ditawarkan saat penjepretan cukup banyak. Tersedia pilihan mode kamera dan pilihan filter. Selain mode kamera, pengguna juga dapat memilih mode dengan pra-setting untuk scene-scene tertentu, seperti scene olahraga, scene malam hari, scene landscape, dan banyak lagi. Semua scene mengatur parameter kamera untuk mendapatkan gambar terbaik. Di mode manual pengguna dapat mengatur white balance dan ISO dari 100 sampai 800.

Kualitas Audio & FM Radio

Dari sisi audio, Redmi 3 Pro menawarkan fitur yang standar. Loudspeaker mono di bagian belakang ponsel terdengar mendem saat musik dinyalakan dan ponsel dalam posisi menghadap ke atas. Melalui port audio 3.5mm, suara yang didengarkan melalui headphone cukup baik, dengan bass dan treble sesuai dengan pengaturan di aplikasi yang dipakai seperti Google Play Music atau apps Music bawaan MIUI.

 
Redmi 3 Pro dapat menerima siaran FM Radio. Fitur yang ditawarkan melalui aplikasi bawaan MIUI FM Radio cukup standar. Fungsi merekam, tuning otomatis dan sleep timer dapat digunakan. Sayangnya kualitas audio dari siaran radio masih kurang baik dengan banyaknya noise. Sebagai pembanding, ponsel LG G2 memiliki kualitas audio dari siaran tertentu di lokasi dan antena / headset yang sama. Nampaknya di chip pengolah siaran FM Radio di Redmi 3 Pro tidak dilengkapi filter pengurang noise. Hal ini umum untuk ponsel di kelas menengah, seperti halnya Lenovo Phab Plus dan Xiaomi Redmi 2.

Kesimpulan dan Rekomendasi

Redmi 3 Pro merupakan ponsel kelas menengah dengan spek yang mumpuni untuk penggunaan sehari-hari. Harganya yang berada di batas bawah ponsel menengah membuat Redmi 3 Pro pilihan yang menarik bagi pengguna. Jadi, secara value for money, Redmi 3 Pro memiliki tempat terbaik di kelasnya.

Pilihan Redmi 3 Pro saat ini ada beberapa. Di harga sekitar Rp. 2 jutaan, pengguna dapat mempertimbangkan ponsel Xiaomi Mi 4C yang harganya sudah turun drastis dari sejak diluncurkan. Dengan chipset lebih mumpuni, Mi 4C mampu memberikan performa ponsel flagship di harga yang sangat terjangkau, sekitar Rp. 1.5 juta untuk varian RAM 2GB dan ROM 16GB atau sekitar Rp. 2.1 juta untuk RAM 3GB dan ROM 32GB. Namun Redmi 3 Pro menawarkan sensor pemindai sidik jari, bodi metal, dan baterai berkapasitas besar dibanding Mi 4C. Selain itu Mi 4C kekurangan slot microSD jika memori internalnya tidak mencukupi.

Cek: perbandingan Redmi 3 Pro vs. Mi 4C di sini

Selain itu, Lenovo K5 Plus juga dapat menjadi pertimbangan kedua. K5 Plus menawarkan chipset yang sama Snapdragon 616 dan bodi metal yang mirip. Keunggulan K5 Plus adalah layar 5 inci-nya beresolusi Full HD 1920 x 1080 sementara Redmi 3 Pro hanya beresolusi HD 1280 x 720. Namun K5 Plus hanya memiliki baterai berkapasitas 2,750mAh, ROM 16GB dan tanpa sensor pemindai sidik jari. Harganya pun berada di atas Redmi 3 Pro, yaitu sekitar Rp. 2.3 juta dengan RAM 3GB.

Cek: perbandingan Redmi 3 Pro vs. K5 Plus di sini

Dari pilihan di atas, ulasabis.com merekemondasikan Redmi 3 Pro bagi pengguna yang mengincar value for money. Ponsel kelas menengah kaya fitur dan desain metal yang elegan akan mampu memberikan nilai tinggi bagi penggunanya.

(cyt)

Ada pertanyaan mengenai Redmi 3 Pro?
Silahkan tulis pertanyaan Anda di Kolom Komentar di bawah ini, tim Ulas-Master akan mencoba memberikan Solusi-nya!
comment

3 Komentar

  • Winanda wr:
    03 Jun 2017 · 11:06

    Redmi 3s pro saya baru beli tidak ada app music sama mi remote bawaan,MIUI8 global versi 8.0.3.0

    • 03 Jun 2017 · 16:13

      Halo gan Winanda. Saran ane pasang ROM MIUI resmi dari Xiaomi. Versi terakhir MIUI V.8.2.5.0 MALMIDL. Tautan unduhnya di sini, gan.

  • wahid:
    27 May 2017 · 21:25

    buat rekaman suara dan video ,suaranya tidak jernih malah pecah gitu

createTulis Komentar

• Alamat Email Anda Tidak Akan Dipublikasikan.
• Harap Maklum: Komentar akan melalui Tahap Moderasi, jadi tidak langsung muncul di sini :-).