Redmi 4 Prime – Ulasan

Redmi 4 Prime

Rating UlasAbis:
8.6

Desain

8.6

Performance

8.2

Fitur

8.5

Value for Money

9.2
Keunggulan:
+ Chipset Snapdragon 625 dengan performa lumayan
+ Value for Money, hanya Rp. 2 juta
+ Baterai berkapasitas besar 4,100mAh
Kekurangan:
- Baterai tidak dapat diganti
- Belum ada ROM MIUI Global


 

Masih tetap dengan strategi yang sama, Xiaomi merilis seri Redmi 4 dengan spek menengah namun dibanderol dengan harga yang sangat terjangkau. Generasi ke-4 seri Redmi ini hadir dengan tiga pilihan varian, yaitu Redmi 4A, Redmi 4 Standard dan Redmi 4 Prime yang merupakan varian paling tinggi. Seperti apa Redmi 4 Prime yang dibanderol Rp. 2 juta ini? Simak ulasan khas UlasAbis berikut ini.


Xiaomi Redmi 4 Prime warna Gold

Pantauan Harga:

Spesifikasi umum Redmi 4 Prime:

  • Kisaran Harga Rp. 2 juta (per Jan 2017) Versi RAM 3GB / ROM 32GB
  • Layar IPS 5 inci Beresolusi FHD 1920×1080 (441 ppi)
  • Desain Berbahan Metal dan Layar 2.5D
  • Chipset Bertenaga Snapdragon 625 dengan 8-inti CPU Cortex-A53 @ 2GHz
  • RAM 3GB LPDDR3
  • ROM 32GB dengan slot MicroSD sampai 128GB
  • MIUI 8 Berbasis Android Marshmallow 6.0.1
  • Ketebalan hanya 8.25mm, Bobot 145gr
  • Kamera Utama 13MP, f/2.2, Phase Detection Auto Focus, lensa 5-elemen dan flash LED dual-tone
  • Kamera Depan 5MP
  • Baterai kapasitas 4,100mAh
  • Dukungan Seluruh Jaringan 4G-LTE di Indonesia
  • Wifi a/b/g/n, Bluetooth 4.2, USB OTG, transmitter Infra Red
  • Sensor Pemindai Sidik Jari di bagian belakang perangkat
  • Sensor lengkap: Proximity, Akselerometer, Cahaya, Gyro, Magnetik / Kompas

Kekurangan:

  • Baterai tidak dapat diganti
  • Belum ada ROM MIUI Global

Redmi 4 Prime merupakan kelanjutan dari seri Redmi 3S yang cukup populer. Peningkatan yang paling menonjol adalah pada resolusi layar Redmi 4 Prime yang sudah Full HD 1920 x 1080. Generasi ke-4 ini untuk pertama kalinya Xiaomi memasangkan layar Full HD ke seri Redmi yang selama ini hanya dibekali resolusi HD saja.

Cek: Tabel perbandingan Redmi 4 Prime vs. Redmi 3S vs. Redmi 3 Prime di sini.

Cek: Spesifikasi lengkap Redmi 4 Prime (32GB) di tautan ini.

Cek: Tabel perbandingan seluruh seri Redmi 4, Prime, Standard dan 4A di sini.

Paket Penjualan


Isi kotak Redmi 4 Prime: Charger 2A/5V, Kabel 80cm, Perangkat Utama, Buku Panduan dan Pin Pembuka Slot SIM

Redmi 4 Prime dikemas dalam kotak putih sederhana khas Xiaomi. Pada bagian atas hanya ada angka 4 berwarna putih yang tampak saru dengan latar putih. Kotak ini seukuran dengan perangkat utamanya.

Saat dibuka, isi di dalamnya tidak mengejutkan. Xiaomi memang tidak memberikan aksesoris macam-macam di dalam dus, seperti earphone atau casing perangkat. Di kotak terdapat perangkat utama Redmi 4 Prime, charger 2A/5V, kabel USB sepanjang 80cm, Buku Panduan dan Pin pembuka slot kartu SIM.

Desain, Bentuk dan Kualitas Material


Redmi 4 Prime dengan desain mirip Redmi Pro / Redmi Note 4

Secara desain Redmi 4 Prime hampir sama persis dengan Redmi Note 4 atau Redmi Pro yang diluncurkan lebih dulu. Tidak ada yang unik atau baru pada desain Redmi 4 Prime. Namun ponsel ini tetap memberikan kesan premium namun sederhana berkat layar 2.5D dan frame kokoh dari metal.

Layar Redmi 4 Prime mengusung desain bezel tipis dan tampak terpasang dari ujung kiri ke ujung kanan. Hal ini berbeda dengan desain pada Redmi Note 4 yang memiliki bezel di sisi kiri dan kanan layar. Bagian tepi dikelilingi lapisan metal yang dipoles mengkilap. Dari depan, ponsel tampak premium dan elegan.


Bagian depan atas


Bagian depan bawah

Di bagian atas layar terdapat kamera depan, grill speaker saat panggilan dan kumpulan sensor cahaya dan proximity. Ketiga fitur berjejer rata tidak diposisikan simetris. Di bawah layar, terdapat tiga tombol navigasi bersifat kapasitif atau sentuh. Seperti pada seri Redmi sebelumnya, tombol ini tidak memiliki lampu latar sehingga pada keadaan gelap simbol tombol ini tidak terlihat. Namun hal ini bukan masalah jika sudah terbiasa terhadap posisi tombol.


Bagian belakang atas

Di bagian belakang perangkat terdapat kamera utama dengan lampur flash LED ganda di sebelah kirinya. Di bawahnya terpasang sensor pemindai sidik jari. Paling atas terdapat bagian berwarna lebih gelap yang terbuat dari plastik untuk akses sinyal bagi antena. Selebihnya tidak ada fitur lain pada bagian belakang selain logo Mi pada bagian bawah perangkat.


Gambar atas ke bawah: bagian sisi kiri, bawah, kanan dan atas perangkat

Di samping kiri perangkat terdapat slot kartu SIM yang dapat memuat kartu SIM ukuran micro (SIM 1) dan nano (SIM 2). Tray nano-SIM dapat dipasangkan kartu microSD. Di setiap ujungnya terdapat garis moulding plastik untuk resepsi antena.

Di bagian samping bawah, terdapat port micro USB di bagian tengah dengan deretan lubang di kedua sisinya. Deretan lubang sebelah kanan menjadi tempat speaker luar, sementara yang kiri hanyalah penyeimbang desain saja.

Di bagian samping kanan perangkat terdapat tombol power dan volume yang diposisikan agak ke atas perangkat. Di bagian ujungnya juga terdapat garis antena.

Pada sisi atas, terdapat lubang transmitter infra merah pada bagian tengah. Port audio 3.5mm terletak di ujung sebelah kiri perangkat.


Redmi 4 Prime berukuran kecil nyaman digenggam

Bodi yang terbuat dari metal memberikan kesan premium. Saat digenggam, Redmi 4 Prime terasa cukup mantap dan tidak terasa licin berkat bodi yang mungil dan lengkungan pada tepian bagian belakang. Permukaan panel belakang yang tanpa tekstur sebenarnya cukup licin, namun berkat desain lengkungan tersebut perangkat tidak mudah slip dari tangan.

Dimensi Redmi 4 Prime hanya 141.3 x 69.6 x 8.9 mm dengan bobot 156gr. Untuk ukuran ponsel 5 inci, dimensi tersebut cukup kecil. Sementara untuk bobotnya Redmi 4 Prime cukup berat, ponsel 5 inci di database UlasAbis rata-rata memiliki berat 149.8gr.

Secara keseluruhan, desain dan bentuk Redmi 4 Prime berkesan premium. Mantap digenggam, ponsel ini cukup aman untuk dibawa di genggaman seharian.

Layar dan Tampilan


Layar Redmi 4 Prime Full HD 1920 x 1080

Redmi 4 Prime dibekali layar berukuran 5 inci dengan resolusi Full HD 1920 x 1080 dan berteknologi IPS. Resolusi setinggi ini adalah untuk pertama kali Xiaomi memasangkannya pada ponsel di seri Redmi. Dibanding layar HD pada generasi sebelumnya atau pada Redmi 4 versi standard, jelas bahwa tampilan layar Full HD Redmi 4 Prime tampak lebih tajam berkat kepadatan piksel setinggi 441 piksel per inci.

Saat digunakan di bawah sinar matahari, layar IPS Redmi 4 Prime mampu melawan sinar matahari sehingga tulisan tetap dapat terbaca. Berpindah dari luar ruang ke dalam ruangan juga nyaman berkat fitur pengaturan kecerahan layar otomatis.

Warna yang dihasilkan layar Redmi 4 Prime tergolong baik. Merah dan biru dihasilkan tampak cerah dan konsisten. Saat dipandang dari sudut yang sempit, warna tetap terlihat cerah berkat tipe layar IPS, bahkan sampai sudut 80 derajat dari bidang yang tegak lurus dengan layar.

Kontras layar Redmi 4 Prime cukup baik, dengan warna hitam yang cukup gelap dan warna putih yang sangat terang. Namun kontras ini masih kalah jauh dengan layar AMOLED yang ada pada Redmi Pro.

Performa

Ditenagai oleh chipset Snapdragon 625, Redmi 4 Prime memiliki performa setara ponsel menengah ke atas keluaran tahun 2016, dan setara dengan ponsel kelas atas keluaran tahun 2015. Chipset Redmi 4 Prime juga dipakai pada ponsel andalan Asus yakni ZenFone 3 ZE520KL dan ZE550KL yang harganya jauh di atas Redmi 4 Prime.


Skor AnTuTu 62,430

Skor CPU detil

Ranking di bawah iPhone 5s

Dari tes benchmark AnTuTu, Redmi 4 Prime mampu mencetak skor 62,430. Skor ini setara dengan performa dari Qualcomm Snapdragon 808, salah satu chipset untuk ponsel flagship pada dua tahun lalu. Dilihat dari skornya, Snapdragon 625 paling unggul di performa multi-CPU. Dari kemampuan grafis 3D juga tidak kalah dari Snapdragon 808.

Saat digunakan untuk aktivitas normal, Redmi 4 Prime berfungsi dengan gesit dan tanpa tersendat. RAM berkapasitas 3GB dan CPU 8-inti 2GHz pada Redmi 4 Prime sangat mencukupi untuk membuka aplikasi sosial media, membaca berita di browser Chrome dan sesekali bermain game favorit. Semuanya tanpa hambatan, tampilan sangat responsif bahkan saat berpindah dari satu aplikasi yang aktif ke aplikasi aktif lainnya.

Untuk bermain game populer Clash of Clans, performa grafis Redmi 4 Prime tidak diragukan lagi. Semuanya berjalan dengan lancar. Waktu untuk memuat permainan pun tergolong cepat, yaitu hanya 7.8 detik. Dibanding ponsel generasi sebelumnya Redmi 3 Pro, waktu loading aplikasi lebih cepat sampai 30%.

Performa sensor sidik jari Redmi 4 Prime tergolong sangat cepat. Hanya dalam waktu kurang dari 1 detik sejak ujung jari diletakkan di atas sensor, ponsel sudah terbuka dan masuk ke tampilan home.

Setelah pemakaian ponsel ini selama 3 hari penuh, tidak ditemukan hambatan dalam penggunaan sehari-hari dan saat bermain game. Semuanya berjalan dengan lancar dan mulus. Secara performa, ponsel Redmi 4 Prime terbilang mumpuni.

Tampilan Antarmuka & Aplikasi Terpasang

Redmi 4 Prime yang dijual di Indonesia masih di-import langsung dari China atau Hong Kong sehingga versi MIUI awalnya masih versi ROM China. Namun salah satu pihak di rantai pasok perangkat ini telah mengubah ROM MIUI 8 menjadi versi “Global” yang tidak resmi dirilis oleh Xiaomi alias palsu. Kabar baiknya, di ROM ini tidak ada lagi aplikasi bawaan ROM China yang mengganggu dan tertanam dalam di sistem operasi. Kabar buruknya, terdapat aplikasi bawaan pembuat ROM palsu ini, seperti yang ada pada unit Redmi 4 Prime yang diulas di sini.

Update: MIUI 8 Versi ROM Global untuk Redmi 4 Prime sudah dirilis pada tanggal 11 Januari dengan versi V8.1.2.0.MBEMIDI! Sayangnya untuk Redmi 4 standard dan Redmi 4A belum ada ROM Global


Tampilan home

Halaman ke-2

Aplikasi dasar

MIUI 8 berbasis Android 6.0 Marshmallow memiliki tampilan yang sederhana. Pada Redmi 4 Prime, MIUI 8 hampir sama persis dengan yang ada pada ponsel Xiaomi lainnya. Perbedaan sederhana terdapat pada beberapa aplikasi yang terhubung dengan perangkat keras seperti aplikasi kamera. Aplikasi kamera akan dibahas secara detail pada bagian Kamera.


Aplikasi Panggilan

Aplikasi Contact

Aplikasi Pesan


Aplikasi Kalender

Aplikasi Explorer

Aplikasi Pesan

Aplikasi dasar lainnya terpasang lengkap. Semua yang biasanya ada pada ponsel pintar ada pada MIUI 8 di Redmi 4 Prime, yaitu Kalkulator dengan Converter satuan dan kurs mata uang, Jam / Alarm, Stopwatch dan Timer.


Aplikasi Kalkulator

Aplikasi Converter

Aplikasi Alarm


Aplikasi Jam

Aplikasi Stopwatch

Aplikasi Timer

MIUI 8 juga menawarkan aplikasi yang berguna seperti aplikasi FM Radio, Remote dan Kompas dengan tampilan khas MIUI. Semua fungsi aplikasi tersebut didukung oleh Redmi 4 Prime dengan baik.


Aplikasi FM Radio

Aplikasi Remote

Aplikasi Kompas

Kinerja Baterai

Redmi 4 Prime dibekali baterai berkapasitas 4,100mAh yang sama dengan Redmi 3 Pro. Kapasitas sebesar ini tergolong sangat besar untuk ukuran ponsel 5 inci yang biasanya hanya dipasangkan baterai sekitar 3,000mAh.

Dengan kapasitas ini Redmi 4 Prime mampu bertahan selama 2 hari penuh tanpa diisi daya. Penggunaan normal sehari-hari dari daya 100% pada jam 6 pagi sampai 10 malam dengan total waktu browsing 3 jam, ber-sosial media sekitar 2 jam, telepon 1 jam dan bermain game 1 jam per hari hanya menguras 43% daya baterai.

Redmi 4 Prime tidak mendukung pengisian daya cepat. Dengan menggunakan charger bawaan 2A/5V atau 10W, Redmi 4 Prime terisi dari 19% ke 100% dalam waktu 1 jam 48 menit.

Kualitas Kamera

Kamera utama Redmi 4 Prime memiliki resolusi 13MP dengan fitur PDAF dengan bukaan lensa f/2.2. Di atas kertas, spek kamera utama ponsel ini bukanlah yang terbaik. Namun hasil jepretan kamera ini cukup baik. Simak hasilnya di bawah ini:


Foto 1: Siang hari cuaca cerah sedikit berawan, Modus Auto, HDR Off, Rasio 4:3


Foto 2: Sore hari cuaca mendung, Modus Auto, HDR Off, Rasio 4:3

Kualitas foto pada siang hari cukup baik, dengan tepi dan bentuk objek tampak tajam. Namun warna yang dihasilkan kurang mencolok dan cenderung under-saturated. Tidak ada distorsi yang terlihat pada gambar. Jadi untuk fotografi siang hari, kamera Redmi 4 Prime cukup bagus, tetapi butuh sentuhan pasca-jepret untuk menghasilkan foto dengan warna yang lebih bagus.


Foto 3: Malam hari, Modus Auto, HDR Off, Rasio 4:3


Foto 4: Malam hari, Modus HHT (Night mode), HDR Off, Rasio 4:3

Saat digunakan untuk fotografi malam hari, hasil jepretan tergolong biasa saja untuk ponsel kelas menengah. Diafragma f/2.2 memang kurang mumpuni untuk fotografi pada cahaya minim. Hasil fokus tampak cukup tajam, namun garis dan bentuk objek sedikit blur sehingga saat di-zoom terlihat kabur. Saat menggunakan modus HHT atau Night Mode, hasilnya tidak jauh berbeda. Hal ini memang diharapkan dari ponsel kelas menengah.

Saat melakukan fotografi pada kondisi cahaya cukup, autofokus bekerja dengan baik dan cukup cepat. Sensor mengunci fokus objek dengan akurat hanya dalam waktu sekitar 1 detik. Pada kondisi malam hari, autofokus lebih sulit dikunci. Proses pengambilan Foto 3 dan Foto 4 memakan percobaan fokus 4-5 kali sampai fokus yang diinginkan terkunci. Saat gagal fokus, hasil foto jadi blur.


Foto 5: Sore hari, Modus Auto, HDR Off, Rasio 4:3, Jarak terdekat yang dapat terkunci fokus-nya

Jarak fokus terdekat kamera Redmi 4 Prime sekitar 6 cm. Ini adalah normal untuk kamera ponsel. Hasil bokeh atau objek blur di latar cukup baik, sama dengan hasil bokeh pada kamera ponsel lain.


Aplikasi Kamera: pilihan filter

Pilihan modus jepret

Modus manual

Aplikasi kamera bawaan MIUI pada Redmi 4 Prime sama dengan aplikasi standar MIUI. Tidak ada fitur yang menonjol di sini. Modus manual hanya memberikan kendali untuk mengubah white balance dan ISO saja, tidak ada pilihan jarak fokus dan waktu exposure seperti yang ada di ponsel Xiaomi kelas atas Mi 5s.

Kualitas Audio & FM Radio

Redmi 4 Prime memiliki fitur audio yang biasa. Port audio 3.5mm tetap ada di bagian atas perangkat. Hasil suara yang dihasilkan dari port ini terbilang biasa saja dengan bass dan treble yang harus menggunakan pengaturan equalizer pada MIUI untuk menghasilkan audio lebih baik.

Speaker pada Redmi 4 Prime tergolong cukup keras, mampu mencapai 86 decibel dengan volume maksimum. Speaker tunggal terletak di bagian bawah ponsel pada deretan lubang / grill di sebelah kanan port micro USB.


Aplikasi FM Radio

Fitur FM Radio

Redmi 4 Prime mendukung resepsi sinyal FM Radio. Aplikasi yang digunakan untuk mendengarkan siaran FM Radio standard MIUI memiliki fungsi yang lengkap seperti sleep timer, scan otomatis dan perekaman siaran. Kualitas audio yang dihasilkan ponsel ini bukanlah yang terbaik. Distorsi cukup jelas terdengar di tempat ponsel flagship seperti LG G2 dan ZUK Z1 mengeluarkan siaran FM Radio yang sama tanpa distorsi.

Kesimpulan dan Rekomendasi

Seri Redmi besutan Xiaomi selalu menjadi perhatian karena spek yang mumpuni dengan banderol harga yang terjangkau. Redmi 4 Prime tidak terkecuali. Peningkatan pada layar dan chipset memberikan value lebih tinggi lagi bagi pengguna yang menginginkan performa ponsel tinggi untuk bermain game dan aktivitas sehari-hari. Dengan harga Rp. 2 juta dan performa setinggi ponsel flagship tahun 2015 lalu, ponsel ini memiliki value for money sangat tinggi.

Fitur kamera utama 13MP dan kamera depan 5MP cukup memberikan nilai tambah. Fotografi pada siang hari bukanlah masalah bagi kamera Redmi 4 Prime. Sayangnya hasil jepretan pada kondisi cahaya minim masih kurang bagus. Namun untuk ponsel di harga ini sangatlah wajar.

Jadi untuk Anda yang mencari kamera performa tinggi dengan harga terjangkau, Redmi 4 Prime adalah pilihan yang tepat. Dengan ketersediaan ROM MIUI versi Global untuk ponsel ini, MIUI akan terasa seperti sistem operasi standard Android dengan aplikasi Google terpasang sejak awal.

Pesaing Redmi 4 Prime pada titik harga Rp. 2 jutaan adalah ponsel dari Meizu M5. Ponsel dari pabrikan sesama asal China ini dibanderol sekitar Rp. 1.7 juta di China, sama-sama diposisikan sebagai ponsel spek mumpuni dengan harga terjangkau. Ditenagai chipset Mediatek MT6750 dan RAM 3GB + ROM 32GB, performa ponsel ini sedikit di bawah Redmi 4 Prime.


Meizu M5

Pesaing berikutnya adalah Lenovo Vibe K5 Plus. Ponsel yang dirilis pada awal 2016 ini memiliki spek setara Redmi 3 Prime, yaitu dengan chipset Snapdragon 616, RAM 3GB dan ROM 16GB. Dari segi performa, ponsel Lenovo ini di bawah Redmi 4 Prime. Jika Anda mencari ponsel dengan fitur audio yang lebih baik, Vibe K5 Plus adalah pilihannya. Ponsel ini mendukung Dolby Atmos dan dilengkapi speaker stereo. Saat ini Vibe K5 Plus dibanderol sekitar Rp. 2 juta.


Lenovo Vibe K5 Plus

Cek: Seluruh ponsel dengan spesifikasi dan harga kisaran Redmi 4 Prime di tautan ini.

(cyt)

Ada pertanyaan mengenai Redmi 4 Prime?
Silahkan tulis pertanyaan Anda di Kolom Komentar di bawah ini, tim Ulas-Master akan mencoba memberikan Solusi-nya!
comment

55 Komentar

  • Edo:
    07 Sep 2017 · 01:01

    Gan saya mau Tanya kok fingerprint Di R4P saya tidak berfungsi padahal sudaj menggunakan ROM global yg dri MIUI… Mohon pencerahannya..

    • 07 Sep 2017 · 20:26

      Halo gan Edo. Pastikan beberapa hal ini untuk mengfungsikan fingerprint:
      1. Fingerprint sudah didaftarkan melalui menu Setelan > Kunci Layar & Sidik Jari > Kelola Sidik Jari > Tambah Sidik Jari.
      2. Pilihan “Menerapkan Sidik Jari” untuk “Layar Kunci” dalam keadaan aktif (di laman menu yang sama dengan langkah 1).
      3. “Kunci Layar” dalam keadaan aktif, di menu Setelan > Kunci Layar & Sidik Jari > Setel Kunci Layar

  • Adib wahyu pratama:
    01 Sep 2017 · 16:22

    Gan , untuk xiaomi redmi 4 prime di update ke v8.2.4.0.MBEMIDL , 4Gnya ilang ga gan? Tolong infonya ya gan hehe

    • 03 Sep 2017 · 19:22

      Halo gan Adib. Jika diupdate melalui Updater bawaan MIUI, seharusnya tidak ada masalah terhadap 4G yang hilang, gan.

  • Masrur:
    17 Aug 2017 · 10:26

    Gan saya posisi di depok, kalo beli xiaomi redmi 4 prime dimana ya, ko saya cari cari di toko tidak ada lagi

    • 18 Aug 2017 · 21:01

      Halo gan Masrur. Coba di toko online seperti Lazada. Biasanya masih ada merchant yang punya stoknya.

  • Yongki:
    30 Jul 2017 · 23:47

    Gan kenapa warna senter redmi 4 prime warnanya kuning bukan putih

    • 31 Jul 2017 · 21:14

      Halo gan Yongki. Benar, gan, di unit Redmi 4 Prime ane juga lampu senternya agak kekuningan. Hal ini wajar karena lampu senter menyalakan kedua LED dual-tone (putih dan kuning) dengan intensitas maksimal sehingga akan tampak kekuningan, seperti baju putih dikasih noda kuning akan terlihat kuning. Tapi karena dua LED yang menyala, intensitas cahayanya sekitar dua kali lebih terang dari lampu LED hp lain yang hanya 1 saja.

  • Adi:
    10 Jul 2017 · 21:15

    Mau nanyak ni yg redmi 4 udh keluar atau belum miui versi terbarunya?

    • 10 Jul 2017 · 21:33

      Halo gan Adi. MIUI versi terkini Redmi 4 Prime adalah v8.2.4.0.MBEMIDL. Kalau Redmi 4, versi terkini v8.2.10.0.MAMMIEA.

      • Adi:
        10 Jul 2017 · 21:36

        Boleh minta link nya gan? Soalnya di updater ndk ada muncul2

          • Adi:
            11 Jul 2017 · 05:24

            Maaf ni gan nanyak lagi trus klo kita update rom, data sama aplikasi ikutan kehapus ndak?

          • 11 Jul 2017 · 18:30

            Kalau update menggunakan updater di menu Setelan (metode OTA) tidak akan menghapus data dan aplikasi, gan.

            Data hanya akan terhapus jika agan berganti versi MIUI dari versi yang lebih baru ke yang lama, dan biasanya ada peringatannya sebelum data dihapus dan proses update dimulai.

          • Adi:
            20 Jul 2017 · 20:40

            Gan ndk kompatibel romnya yg redmi 4 ndk bisa ke instal

          • 21 Jul 2017 · 19:08

            Gan, pastikan agan mengunduh file ROM yang sesuai dengan tipe Redmi 4 agan, karena ROM untuk Redmi 4 Prime berbeda dengan Redmi 4 biasa.

          • Adi:
            31 Jul 2017 · 16:08

            Link official nya salah kyknya gan, soalnya udh sya download yg buat redmi 4 biasa pas dibuka isinya rom buat redmi 4x solusinya gmna gan

  • Firman:
    06 Jul 2017 · 21:55

    Boleh nanya donk..
    Kalo di R4P slot SIM 2 apakah tetap bisa 4G? Atau hanya 3G? Soalnya sim card sdh 4G tp bgtu browsing koq lbh sering 3G/HSDPA?

    • 07 Jul 2017 · 22:46

      Halo gan Firman. Kedua slot SIM pada Redmi 4 Prime dapat menggunakan jaringan 4G, namun hanya 1 slot yang 4G-nya dapat aktif jika ada dua SIM yang terpasang, yaitu SIM yang dipilih untuk panggilan data saja. Menurut ane, untuk kasus agan, sinyal jaringan 4G di tempat agan lemah sehingga sering berpindah ke 3.5G.

      Agan bisa mencoba cara berikut untuk “memaksa” Redmi 4 Prime akses 4G:
      1. ketik *#*#4636#*#*
      2. pilih informasi telepon2 (jika agan pakai sim 1, maka telepon1)
      3. pada bagian “setel jenis jaringan yang disukai”, pilih “LTE Only”, lalu kembali ke tampilan home
      4. jaringan akan reset, dan hanya akan memilih jaringan 4G

      Catatan: jika hanya jaringan 4G yang aktif, agan tidak dapat menerima SMS dan panggilan karena membutuhkan jaringan 3G untuk terima SMS dan melakukan panggilan, sementara 4G murni untuk data (kecuali ada fitur VoLTE).

  • sam:
    30 Jun 2017 · 10:05

    Sy mw tnya gan…xiaomi redmi 4 prime sy setelah update ROM MIUI GLOBAL ko malah ga respon ya layarnya. Mohon penjelasannya gan dan cara mengatasinya.

    • 30 Jun 2017 · 20:05

      Halo gan Sam. Agan melakukan update ke ROM Global dari ROM China? Apakah clean install?

  • Wahyu:
    29 Jun 2017 · 21:03

    Gan redmi 4 prime saya klo buat foto bagus, tp klo di zoom maksimal kok blur ya? Kira2 mslh dimana ya gan.trims

    • 30 Jun 2017 · 19:56

      Halo gan Wahyu. Memang begitu, gan. Redmi 4 Prime tidak memiliki fitur zoom optikal, hanya zoom digital yang kalau di-zoom akan menjadi blur seperti men-zoom hasil jepretan.

  • boy:
    18 Jun 2017 · 00:43

    Gan saya mau bertanya.
    Apakah R4P led notifikasi nya bsa di ganti warna untuk apl bbm, line, WA, dll.
    Sebab saya ganti, tetap aja warna lampu pesan untuk bbm, line nya tdk berubah sma sekali. Pohon bantuan nya.

  • Wahyay:
    17 Jun 2017 · 14:21

    Gan mo tanya nih, kamera Xiaomi ane klo buat vcall itu gelap. Apa semua Xiaomi sama klo buat vcall/ buat foto secara langsung di apk?
    Ane pke redmi 3, sebelumnya Gonta ganti MIUI msh sama sekarang MIUI 8.2

  • Ardhy:
    17 Jun 2017 · 07:39

    Saya mau tanya, kenapa saat memasukkan foto berita di web yg saya kelola sangat susah bahkan tidak pernah berhasil?
    Mungkin ada solusinya bos, karna saya ganti hp ini buat mempermudah kerja, kok malah jadi susah dan gak bisa update berita2 yg mau saya tayangka.
    Terima kasih bos

    • 17 Jun 2017 · 17:24

      Halo gan Ardhy. Agan memasukkan foto melalui aplikasi apa, gan? Browser seperti Chrome ke sebuah situs / portal?

      • Ardhy:
        18 Jun 2017 · 14:33

        Ya dari google masukin nya, gimana solusinya min

        • 18 Jun 2017 · 14:47

          Pantes gak bisa, gan. Google gak bisa masukin gambar. Kalau mau dibantu solusinya, paparkan dengan jelas permasalahan agan.

  • Ozan Rcb:
    08 Jun 2017 · 10:30

    R4p kameranya pakai sensor sony atau samsung?

    • 08 Jun 2017 · 19:22

      Halo gan Ozan. Kamera belakang Redmi 4 Prime menggunakan sensor Samsung S5K3I8.

  • ada:
    07 Jun 2017 · 20:45

    Saya mau tanya . Kata temen saya yg pke xiaomi. Katanya penyimpanannya itu setelah dipakai dan diinstal apk. Itu cpat penuh walau yg ramnya 3 gb. Katanya speknya itu ga sesuai dgn realitanya. Trus katanya klo bnyk apk lngsung ngeblank. Itu gmna ya ko bisa bgitu ? Mohon penjelasn tntng itu

    • 07 Jun 2017 · 22:01

      Halo gan ada. Selama ane pakai dan menguji ponsel Xiaomi, ane belum pernah ketemu masalah yang agan gambarkan, seperti aplikasi ngeblank, memori cepat penuh, dll. Seperti ponsel Android lainnya, manajemen memori di ponsel Xiaomi sudah baik sehingga jarang RAM 3GB sampai habis.

      Instalasi apk dari luar Play Store yang agan ceritakan, sudah pasti mengandung resiko kena virus, karena apk di Play Store tidak diperiksa oleh tim Google keamanannya.

  • Denn:
    31 May 2017 · 16:47

    Gan apakah sekarang xiomi redmi 4 prime sudah ada ROM globalnya ? Terus masih enak Rom global atau Rom China? Makasih

    • 31 May 2017 · 22:22

      Halo gan Denn. Sudah, gan, Stable ROM MIUI Global untuk Redmi 4 Prime tersedia secara resmi. Versi terakhir V8.2.4.0.MBEMIDL, tautan untuk unduhnya di sini, gan.

  • Andi:
    17 May 2017 · 17:33

    Gan saya mau tanya? Spiker 4prime keduaduanya aktif atau satu aja. Yg di sebelah USB. Tq

    • 17 May 2017 · 20:19

      Halo gan Andi. Hanya satu saja, gan, yang di sebelah kanan port micro-USB. Yang di sebelah kiri itu lokasi mikrofon saat melakukan panggilan.

  • Nafeesa:
    12 May 2017 · 00:53

    gan kalo sy punya xiaomi rom global terus di reset nanti rom nya tetep global atau berubah jadi apa ngga gan?

    • 12 May 2017 · 11:20

      Halo gan. Akan tetap Global, gan. Factory Reset itu hanya menghapus data, aplikasi dan pengaturan saja. Versi sistem operasinya akan tetap sama. Contoh: Ponsel ketika dibeli Android 5.1, kemudian diupdate ke Android 6.0. Jika di-factory reset, ponsel akan tetap berbasis Android 6.0.

  • Dani kurnia:
    11 May 2017 · 20:14

    Malam saya mau nanya…apa hp xiomi 4 prime bisa diganti baterai baru….

    • 11 May 2017 · 20:45

      Halo gan Dani. Bisa, gan. Tapi membutuhkan alat dan material khusus untuk membongkar dan memasang baterai baru. Saran ane bawa saja ke Service Center (jika resmi) atau ke toko reparasi ponsel yang berpengalaman.

  • Afrizal:
    07 May 2017 · 15:54

    Halo gan saya mau nanya saya beli xiaomi redmi 4 baru tapi kenapa pas kalo lagi di pake kadang pencerahannya agak redup sendiri kadang juga cerah sendiri itu apanya ya gan apa itu sensor apa gimana?

    • 07 May 2017 · 16:08

      Halo gan Afrizal. Benar, gan, itu sensor cahaya yang secara otomatis mengatur kecerahan layar berdasarkan kondisi pencahayaan di sekitarnya. Agan bisa menonaktfikan fitur pengaturan kecerahan otomatis dengan mematikannya di menu cepat di atas yang ada tombol A (Kecerahan). Atau menggunakan menu Setelan > Tampilan > Tingkat Kecerahan > Kecerahan Otomatis.

      Semoga membantu, gan.

  • Gerald:
    03 May 2017 · 17:17

    Saya mau nanya . Cara mengubah mode redmi 4 prime ke mode perfomance gimana ya? Kan ada 2 mode , mode balance dan perfomance. Saya jg pengguna redmi 4 prime soalnya. Thks

    • 06 May 2017 · 20:12

      Halo gan Gerald. MIUI belum menawarkan aktivasi mode performance atau balanced langsung dari menu pengaturannya. Ada beberapa cara untuk mengaktifkan mode performance, contohnya melalui aplikasi Mi Verification yang bisa diunduh melalui forum MIUI. Tapi mode ini hanya aktif saat Mi Verification berjalan, dan langsung kembali ke mode balanced setelah aplikasi dimatikan.

      Yang ane pahami, Xiaomi menggunakan peningkatan performa otomatis saat dibutuhkan, gan. Jadi untuk menjalankan aplikasi berat, mode performance otomatis berjalan.

  • jerry:
    30 Apr 2017 · 00:25

    saya mau nanya klo redmi 4 prime nya di cass,tapi hp nya di matiin,itu gak apa2 kan..mskipun di cassnya sharian,yg pnting hp nya dimatiin?

    • 30 Apr 2017 · 12:39

      Halo gan Jerry. Benar, gan, untuk baterai yang awet, cara terbaik mengisi daya baterai adalah dengan mematikan ponsel saat di-charge. Agan tidak perlu khawatir kelamaan charge karena semua ponsel saat ini secara otomatis mematikan daya yang masuk ke baterai apabila sudah 100%.

  • sank indra:
    28 Apr 2017 · 20:37

    hallo gan, 4 prime yg saya gunakan apa bisa diatur notifikasinya biar tampilannya kotak..soalnya geser kekiri terus agak susah..

    • 28 Apr 2017 · 23:00

      Halo gan Sank Indra. Bisa, gan, update saja ke MIUI 8.2.xx, tampilan notifikasinya sudah kotak (buka ke bawah, bukan lagi geser ke kiri). Caranya buka menu Setelan > Tentang Ponsel > Pembaruan Sistem (di bar bawah), lalu unduh dan pasang update ke MIUI 8.2.xx

  • Anzianal walkers:
    27 Apr 2017 · 06:20

    saya mau nanya kira2 harga di Bulan juni..
    xiaomi brapa??
    trus Bagus yang rdmi note/rdmi prime??

    • 27 Apr 2017 · 19:37

      Halo gan Anzianal. Harga terupdate dari situs ritel online ada di bagian atas artikel ini ya, gan. Redmi 4 Prime di kisaran Rp. 1.9 juta – 2 jutaan. Redmi Note 4 dan Redmi 4 Prime berbeda ukuran layar, gan, jadinya tergantung sama selera agan sendiri. Redmi Note 4 ukuran layarnya 5.5 inci, sementara Redmi 4 Prime layarnya 5 inci.

  • Renata:
    04 Apr 2017 · 16:25

    Saya mw tanya
    Krn br pertama kali saya baru pertama sekali menggunakan xiaomi..biasanya Samsung atau Sony..Krn ingin cb yg lain saya tadinya ingin beli Lg Krn spupu saya blg xiaomi bagus Fiture nya jg ga kalah dgn Android yg SDH ternama tp harga lbh murah..yg saya mw tanyakan saya beli xiaomi redmi note4 3gb ram 64 kl tdk slh..itu 2,3jt..
    Lalu dibelakang body android saya tepatnya dibawah lambang MI ada tertulis China mobie phone 4G LTE
    sedangkan ketika saya browsing smw gmbr tdk ada tertera tulisan sprt Android sya..apakah asli xiaomi yg saya beli dan apakah tdk dibohongi saya dgn harga yg beli..mohon informasinya
    Terima kasi

    • 05 Apr 2017 · 14:17

      Halo ganwati Renata. Yang ganwati beli itu adalah Xiaomi Redmi Note 4 impor dari China melalui importir umum. Redmi Note 4 yang resmi hanya tersedia melalui Eraphone. Untuk harganya kalau di kisaran 2.3 juta masih OK, karena produk resmi dengan RAM 3GB + ROM 32GB saja dibanderol Rp. 2.4 juta di Eraphone, gan.

  • Cuu:
    02 Mar 2017 · 20:04

    Bang kalo redmi 4 prime itu gak ada aplikasi google nya ya?

    • UlasMasterChan:
      02 Mar 2017 · 21:16

      Halo, Gan. Aplikasi Google belum ada kalau beli yang bergaransi distributor. Tapi aplikasi Google baru ada setelah diupgrade ke ROM MIUI versi Global. Cara updatenya bisa di-klik di sini yaa.

createTulis Komentar

• Alamat Email Anda Tidak Akan Dipublikasikan.
• Harap Maklum: Komentar akan melalui Tahap Moderasi, jadi tidak langsung muncul di sini :-).