Redmi 4X – Ulasan

Redmi 4X

Rating UlasAbis:
8.3

Desain

8.4

Performance

7.9

Fitur

7.8

Value for Money

9.1
Keunggulan:
+ Value for Money tinggi
+ Performa mumpuni
+ Sensor lengkap, termasuk sidik jari
Kekurangan:
- Hasil kamera utama banyak noise


 

Xiaomi selalu dikenal dengan ponsel pintarnya yang memiliki spesifikasi tinggi namun dengan harga yang terjangkau. Seri Redmi terbaru memapankan Xiaomi pada posisi ini. Redmi 4X yang dirilis pada bulan Maret lalu dibanderol mulai dari Rp. 1.4 jutaan.

Seperti apa ponsel pintar murah dari Xiaomi ini? Simak ulasan lengkap khas UlasAbis di bawah ini!


Xiaomi Redmi 4X warna Gold

Pantauan Harga:

Spesifikasi umum Redmi 4X:

  • Kisaran Harga Rp. 1.4 jutaan (per Mei 2017) Versi RAM 2GB / ROM 16GB
  • Layar IPS 5 inci Beresolusi HD 1280×720 (294 ppi)
  • Desain Berbahan Metal dan Layar 2.5D
  • Chipset Bertenaga Snapdragon 435 dengan 8-inti CPU Cortex-A53 @ 1.4GHz
  • RAM 2GB tipe LPDDR3
  • ROM 16GB tipe eMMC 5.1 dengan slot MicroSD sampai 128GB
  • MIUI 8.2 Berbasis Android Marshmallow 6.0.1
  • Ketebalan hanya 8.65mm, Bobot 150gr
  • Kamera Utama 13MP, f/2.2, Phase Detection Auto Focus, lensa 5-elemen dan flash LED tunggal
  • Kamera Depan 5MP
  • Baterai kapasitas 4,100mAh
  • Dukungan Seluruh Jaringan 4G-LTE di Indonesia
  • Wifi b/g/n, Bluetooth 4.2, USB OTG, transmitter Infra Red dan lampu notifikasi 1 warna (putih)
  • Sensor Pemindai Sidik Jari di bagian belakang perangkat
  • Sensor lengkap: Proximity, Akselerometer, Cahaya, Gyro, Magnetik / Kompas

Kekurangan:

  • Baterai tidak dapat diganti
  • Belum ada ROM MIUI Global ROM MIUI Global Redmi 4X sudah tersedia dengan kode MAMMIEA
  • Kualitas jepretan kamera di bawah seri Redmi 4 / 4 Prime

Ponsel ini meneruskan model Redmi 4A yang juga dijual dengan harga terjangkau. Xiaomi menambahkan fitur sidik jari dan meningkatkan chipset di dalamnya untuk performa yang lebih tinggi. Selain itu kapasitas baterai disamakan dengan “kakak”-nya seri Redmi 4 / 4 Prime menjadi 4,100mAh. Redmi 4A hanya dibekali baterai 3,120mAh.

Cek: Perbandingan spesifikasi Redmi 4X vs. Redmi 4A di tautan ini.

Cek: Spesifikasi lengkap Redmi 4X di database UlasAbis.

Di atas kertas, peningkatan dari Redmi 4A adalah yang sangat ditunggu-tunggu dan dirasa hilang jika dibanding dengan seri Redmi 4 / 4 Prime. Bisa dibilang, Redmi 4X adalah perpaduan silang antara Redmi 4A dan 4 / 4 Prime. Selain spesifikasi, harganya juga dipadu silang, di atas banderol Redmi 4A namun di bawah seri Redmi 4.

Seperti apa detail Redmi 4X? Mari menyimak paparan setiap aspek dari Redmi 4X ini.

Paket Penjualan


Kotak penjualan Redmi 4X

Redmi 4X dibungkus dalam kotak sederhana berwarna putih dengan tulisan 4X di bagian atas dan samping kotak. Tulisan Redmi dicetak dalam bahasa mandarin, menunjukkan bahwa perangkat ini seharusnya untuk pasar China yang diimpor oleh importir umum ke Indonesia, alias tidak resmi dari Xiaomi Indonesia.

Model Redmi 4X sebenarnya sudah dijual resmi oleh group Erajaya dengan kotak berbahasa Indonesia. Bagi Anda yang ingin terlindungi garansi resmi oleh Xiaomi Indonesia, sebaiknya membeli Redmi 4X dari outlet resminya.


Isi di dalam kotak: Perangkat utama, Charger, Kabel USB, Buku Manual dan Pin slot SIM

Isi di dalam kotak penjualannya tidak banyak, dan ini sudah menjadi ciri khas seluruh model Xiaomi. Terdapat perangkat utama Redmi 4X, charger 5V/2A, kabel micro-USB sepanjang 80 cm, buku manual dan garansi serta pin pembuka slot SIM. Charger bawaan tidak mendukung Quick Charge 3.0. Tidak ada earphone di dalam paket penjualan.

Desain, Bentuk dan Kualitas Material

Redmi 4X memiliki bahasa desain yang mirip dengan Redmi 4A. Material bodi terbuat dari bahan metal. Bagian bingkai di sekeliling perangkat dan panel belakang menyambung jadi satu dengan mulus dan lekukan halus, memberikan kesan desain unibodi.


Desain minimalis Redmi 4X

Bagian belakang Redmi 4X

Bagian layar hadir dengan desain 2.5D dengan lengkungan halus di setiap tepi layar. Bezel di bagian atas dan bawah layar masih tebal, dan di kiri dan kanan layar terdapat bezel sekitar 3mm, tidak setipis Redmi 4 / 4 Prime.


Bagian atas layar

Di atas layar terdapat sensor proximity dan sensor cahaya. Di tengah terdapat speaker panggilan, dan di kanannya terletak kamera depan. Xiaomi mendesain ketiga fitur di atas layar tersebut secara simetris, bahkan ukuran sensor dan kamera depan sama besarnya.


Bagian bawah layar

Lampu notifikasi LED 1 warna aktif

Di bagian bawah layar, ada tiga tombol navigasi sentuh khas Xiaomi. Tombol di kiri adalah tombol akses aplikasi aktif, tombol di tengah untuk home dan tombol di kanan untuk navigasi kembali. Di bawah tombol home terdapat lampu LED notifikasi yang berwarna putih. Warna lampu LED ini tidak dapat diatur dan hanya mengeluarkan warna putih saja untuk segala jenis notifikasi.


Bagian atas belakang, terletak kamera utama, lampu flash dan sensor sidik jari

Di bagian belakang perangkat terdapat kamera utama dengan lampu flash di ujung atas kiri di atas garis antena, sama dengan posisi pada Redmi 4A. Kamera utama diberi bingkai dengan akses metalik mengkilap. Xiaomi tampaknya tidak memasangi kaca pelindung kamera utama dengan yang tahan gores. Untungnya posisi bingkai kamera agak lebih menonjol dibanding kaca kamera sehingga dapat mencegah tergores.


Bingkai kamera tidak sejajar dengan permukaan di sekitarnya

Jika diperhatikan dari dekat, bagian panel metal di atas garis antena agak melengkung ke arah atas. Lengkungan ini tidak diikuti bingkai kamera utama, sehingga bagian atas bingkai kamera terlihat lebih menonjol dibanding permukaan di sekitarnya.

Di bagian bawahnya terdapat sensor pemindai sidik jari yang diposisikan di tengah. Sensornya berbentuk bulat dan lebih rendah dari permukaan di sekitarnya. Warna permukaan sensor senada dengan sekitarnya, dalam unit yang diulas juga berwarna emas meski lebih gelap.


Bagian bawah belakang

Di bawahnya lagi terdapat logo Mi dan garis antena bawah. Garis antena memiliki aksen yang sama dengan garis antena atas, yakni mengkilap dengan warna keemasan. Garis antena pada Redmi 4X tampil berbeda dari Redmi 4A dan Redmi 4, dan mirip dengan yang digunakan pada Vivo V5.


Gambar atas ke bawah: Sisi kanan, sisi kiri, sisi atas dan sisi bawah

Pada bagian samping kanan perangkat, terdapat tombol volume dan tombol daya di atasnya. Di samping kiri terletak slot kartu SIM dan kartu microSD yang dapat memuat satu kartu SIM berukuran micro dan satu kartu SIM nano atau satu kartu microSD.

Di sisi atas bagian kiri terdapat port audio 3.5mm. Di tengah terdapat transmitter IR (inframerah) untuk menggantikan fungsi remote pada sebagian besar alat rumah tangga. Di kanannya terdapat lubang kecil yang berfungsi untuk “Noise-cancellation” agar suara panggilan lebih jernih.

Di sisi bawah perangkat terdapat port micro-USB di tengah, diapit oleh gril yang berisi speaker di kanan dan berisi mikrofon di kiri. Sebagian orang menduga kedua gril ini berisi speaker, namun sebenarnya hanya gril yang kanan yang berisi speaker.


Ukuran Redmi 4X pas di tangan, tidak mudah slip, namun agak berat

Secara keseluruhan Redmi 4X cukup nyaman digenggam. Permukaan metal mampu memberikan kesan premium, dan berat ponsel menambah kesan mantap. Berbicara soal berat, Redmi 4X jauh lebih berat dari Redmi 4A dengan selisih hampir 20 gram. Hal ini disebabkan oleh baterai yang lebih besar pada Redmi 4X. Memang normal kapasitas baterai yang lebih besar akan menambah berat perangkat.

Layar dan Tampilan


Redmi 4X dengan layar 5 inci resolusi HD

Layar Redmi 4X memiliki ukuran 5 inci dengan resolusi HD 1280 x 720. Kedua varian 2GB+16GB dan 3GB+32GB sama-sama dipasangi layar HD. Ukuran dan resolusi tersebut diterjemahkan ke kepadatan piksel 294 ppi, cukup tajam namun masih di bawah ambang batas tampilan “retina” 312 ppi.


Layar 294 ppi Redmi 4X


Detail cukup tajam

Saat dilihat pada jarak normal, tampilan di layar Redmi 4X terlihat tajam. Tulisan, bentuk dan gambar tampak tajam dan tegas. Hanya jika dilihat dari jarak yang agak dekat 10 – 15 cm dari layar, baru individu piksel terlihat. Tentunya tidak setiap saat pengguna melihat layar dari jarak sedekat itu.


Layar Redmi 4X kecerahan maksimum di bawah sinar matahari

Redmi 4X memiliki layar dengan tipe IPS. Tipe layar ini mampu menghasilkan tingkat kecerahan layar maksimal yang tinggi, namun dengan rasio kontras di bawah layar AMOLED. Hal ini dapat diberlakukan untuk Redmi 4X. Pengguna dapat mengatur kontras ini dengan mengubah pengaturan saturasi warna pada menu Pengaturan Tampilan > Warna & Kontras. Pemilihan saturasi Standard membuat warna hitam lebih gelap. Namun ini menyebabkan warna cerah terlihat lebih gelap juga.

Ponsel ini dilengkapi sensor cahaya yang dapat mengatur kecerahan layar secara otomatis tergantung dari kondisi cahaya di sekitarnya. Sensor ini bekerja cukup baik dan akurat mengatur kecerahan layar yang nyaman di mata. Untuk ponsel dengan banderol segini, adanya sensor ini menjadi nilai tambah.

Performa

Redmi 4X dibekali chipset buatan Qualcomm yaitu Snapdragon 435. Chipset ini baru saja dirilis pada kuartal 2 tahun 2016 lalu, menawarkan CPU yang lebih banyak dari Snapdragon 425 dan peningkatan modem LTE dibanding Snapdragon 430. Tipe RAM yang digunakan adalah LPDDR3 Single Channel dan tipe ROM-nya eMMC 5.1.


Hasil uji AnTuTu: 42,309

Informasi

Hasil uji AndroBench: eMMC 5.1

Hasil pengujian AnTuTu Redmi 4X mampu mencetak angka 42,309. Angka ini 16% lebih tinggi dari yang dihasilkan Snapdragon 425 yaitu 36,000, dan setara dengan hasil Snapdragon 430 di kisaran 42,000.

Untuk penggunaan ponsel sehari-hari, Redmi 4X mampu memberikan performa yang baik. Aplikasi dapat terbuka dan berjalan dengan lancar, serta animasi terlihat mulus. Multi-tasking beberapa aplikasi ringan sekaligus juga berganti dengan halus, seperti aplikasi WhatsApp, Chrome dan Facebook. Saat berganti melibatkan aplikasi berat seperti game 3D, memang ada sedikit lag sekitar 1 detik, namun masih dapat ditoleransi.

Dalam memuat aplikasi game seperti Clash of Clans, Redmi 4X membutuhkan waktu 8.2 detik. Waktu ini tidak terlalu buruk. Meski dengan RAM berkapasitas 2GB, aplikasi permainan seperti Clash of Clans dan Clash Royale dapat dijalankan dengan mudah.

Sensor Sidik Jari


Sensor sidik jari Redmi 4X di bagian belakang

Performa sensor sidik jari Redmi 4X tergolong cepat. Hanya dalam waktu kurang dari 1 detik sejak ujung jari diletakkan di atas sensor, ponsel sudah terbuka dan masuk ke tampilan home. Akurasi dan presisi sensor tidak ada masalah. Sensornya sendiri diletakkan di posisi yang mudah dijangkau.

Tampilan Antarmuka & Aplikasi Terpasang

Redmi 4X belum memiliki ROM MIUI versi global resmi. Di unit yang diulas ini, Redmi 4X dipasangi ROM hasil rekayasa yang tidak resmi. Namun di ROM ini seluruh aplikasi standar ROM Global sudah terpasang seperti aplikasi Google, dan aplikasi yang biasa ada di ROM China sudah hilang. Bahasa Indonesia pun tersedia di menu pengaturan bahasa dan input. ROM ini berbasis MIUI 8.2 Stable. Karena ini adalah ROM tidak resmi, fitur pembaharu sistem operasi tidak berjalan.

MIUI 8.2 pada Redmi 4X mempunyai tampilan dan “rasa” yang sama dengan MIUI pada perangkat Xiaomi lainnya, seperti Redmi 4, Redmi Note 4 dan Mi 5s. Bagi Anda yang sudah pernah menggunakan ponsel Xiaomi tentunya sudah terbiasa dengan tampilan antarmuka Redmi 4X.


Halaman Home

Halaman Home 2

Tentang Perangkat

ROM ini memiliki aplikasi yang ada di versi Global, seperti berbagai aplikasi Google dan Perkakas khas Xiaomi. Aplikasi Google sudah terpasang dengan baik dan menyatu dengan sistem operasi. Tampaknya versi ROM yang terpasang ini adalah hasil rekayasa dari ROM Global juga.


Aplikasi Google

Aplikasi Tools khas

Seluruh aplikasi dasar untuk ponsel tersedia lengkap untuk menunjang aktivitas. Aplikasi Panggilan, Pesan, Kontak, Kalender, Kalkulator, File Manager, Galeri memiliki fungsi yang lengkap dan tampilan khas Xiaomi yang sederhana.


Tampilan Panggilan

Pesan

Kalender


Kalkulator

File Manager

Internet bawaan

Kinerja Baterai

Redmi 4X dibekali baterai berkapasitas 4,100mAh yang sama dengan Redmi 4 / 4 Prime. Kapasitas ini jauh di atas Redmi 4A yang hanya memiliki baterai 3,120mAh, atau 25% lebih banyak. Dengan baterai sebesar ini, Redmi 4X dapat dengan mudah digunakan lebih dari 1 hari.


Pemakaian 11 jam, sisa 67%

Konsumsi daya perangkat

Konsumsi daya aplikasi

Saat diuji, Redmi 4X dapat bertahan dari 100% di jam 7 pagi sampai tersisa 67% pada jam setengah 7 malam. Uji ini dilakukan dengan penggunaan normal sehari-hari yakni melakukan panggilan sekitar 40 menit, bermain game 1 jam, berselancar internet sekitar 1 jam dan memeriksa media sosial 2 jam, dengan total durasi aktif layar sekitar 3 jam.

Saat digunakan untuk bermain game nonstop, setelah digunakan 3 jam terus menerus, kapasitas Redmi 4X berkurang sekitar 50%. Jika diekstrapolasi, artinya Redmi 4X dapat digunakan bermain game selama 6 jam nonstop.

Untuk mengisi daya, Redmi 4X tidak dibekali teknologi isi daya cepat walaupun chipset Snapdragon 435 mendukung teknologi Quick Charge 3.0. Saat menggunakan charger yang mendukung Quick Charge 3.0, isi daya cepat tidak terdeteksi dan waktu yang dibutuhkan untuk mengisi daya sama cepatnya dengan saat menggunakan charge bawaan 5V/2A. Dari 15% ke 100% memakan waktu sampai 121 menit.

Kualitas Kamera

Redmi 4X dibekali kamera utama beresolusi 13MP dan kamera depan 5MP. Pada kamera utama, terdapat fitur autofokus PDAF yang dapat mengunci fokus objek dengan cepat. Selain itu juga terdapat lensa 5 elemen yang bertujuan untuk mengurangi distorsi dan gangguan warna pada hasil jepretan.

Seperti apa kualitas jepretan Redmi 4X akan kita lihat di bawah ini.


Foto 1: Modus Auto, Kondisi siang hari, HDR Off, Rasio 4:3


Foto 2: Zoom 100% dari foto 1, detail cukup tajam dan tegas


Foto 3: Modus Auto, Kondisi siang hari, HDR Off, Rasio 4:3


Foto 4: Zoom 100% dari foto 3, bentuk jelas, detail tetap terjaga

Pada kondisi cahaya mencukupi, hasil jepretan Redmi 4X terbilang mengejutkan. Biasanya ponsel dengan harga di bawah Rp. 1.5 juta tidak bisa menghasilkan gambar dengan kualitas detail yang baik. Namun, Redmi 4X membuktikan berbeda. Detail objek pada hasil foto di atas tergolong baik, tajam dan tegas, dengan noise yang minimal.

Hasil tangkapan warna juga terbilang memiliki saturasi yang baik dan keseimbangan putih atau White Balance yang cukup akurat dengan aslinya saat modus auto digunakan. Jepretan Redmi 4X setara dengan Redmi 4 Prime yang harganya 50% lebih mahal.

Lalu bagaimana performa kamera Redmi 4X pada kondisi malam hari?


Foto 5: Modus Auto, Kondisi malam hari, HDR Off, Rasio 4:3


Foto 6: Zoom 100% dari foto 5, penuh dengan noise, detail hilang


Foto 7: Modus HHT, Kondisi malam hari, HDR Off, Rasio 4:3

Kamera utama Redmi 4X tampaknya memang tidak didesain untuk fotografi malam hari. Hasil jepretan objek yang sama pada saat siang hari menghasilkan gambar yang berkualitas buruk saat menggunakan modus Auto. Noise hampir memenuhi seluruh detail objek sehingga tidak jelas.

Saat menggunakan modus malam atau yang disebut HHT, hasilnya tidak jauh berbeda. Modus ini mengurangi angka ISO dan menambah durasi buka shutter sensor untuk melewatkan lebih banyak cahaya. Tetapi modus HHT tidak membantu memperbaiki kualitas jepretan yang masih penuh noise.

Hal ini sebenarnya wajar karena untuk dapat menghasilkan foto yang baik pada malam hari dibutuhkan bukaan lensa yang besar dan sensor yang besar juga. Keduanya menambah biaya komponen yang ujungnya akan menyebabkan harga perangkat ponsel menjadi lebih tinggi.


Foto 8: Modus Auto, Kondisi siang hari, Jarak dekat 10 cm dari lensa, HDR Off, Rasio 4:3

Untuk fotografi jarak dekat, hasil kamera utama Redmi 4X terbilang lumayan. Detail tetap terjaga. Tampaknya pada kondisi cahaya yang cukup, kamera Redmi 4X tergolong baik.

Fitur autofokus yang dibekali adalah PDAF atau Phase Difference Auto Focus. Jenis autofokus ini dapat merubah kuncian fokus dengan cepat bahkan objek berpindah tempat. Artinya fitur ini cocok saat merekam video maupun saat pengambilan foto biasa. Saat diuji, autofokus dapat mengunci objek yang berjarak dekat maupun jauh dalam waktu 1 detik.

Berikut kita simak fitur-fitur yang disediakan di dalam aplikasi kamera Redmi 4X.


Tampilan App Kamera

Pilihan Modus

Pilihan Filter


Kendali EV -2 sampai +2

Modus Manual

Tampilan Rekam Video

Aplikasi kamera menawarkan 9 pilihan modus, yaitu Panorama, Timer, Audio, Manual, Pelurus, Percantik, HHT, Suasana dan Tilt-Shift serta modus Auto. Ini adalah pilihan standar yang biasanya ada di MIUI. Beberapa pilihan filter juga tersedia, seperti Lomo, Color Pop, Rustic, Es, Jelas, Analog, Matte, Hitam Putih, Sketsa. Selain itu juga ada efek pada gambar antara lain, Melebar, Menciut, Merenggang, Mata Ikan, Mosaik, Cermin dan Terowongan.

Pada modus Manual terdapat kendali White Balance (Imbangan putih) dan Angka ISO saja. WB dapat dipilih dengan pengaturan awal Pijar, Siang Hari, Neon dan Berawan serta Auto. Angka ISO tersedia dari 100 sampai 3200.

Secara keseluruhan kamera utama Redmi 4X terbilang mumpuni dalam kondisi cahaya cukup. Fiturnya juga lengkap, selain di modus manual yang kurang kendali durasi shutter, bukaan lensa dan jarak fokus. Pada kondisi cahaya gelap, memang wajar jika hasilnya kurang baik pada ponsel dengan harga di bawah Rp. 1.5 juta.

Kualitas Audio & FM Radio

Redmi 4X dibekali speaker lantang mono di bagian bawah ponsel dan port audio 3.5mm di bagian atas. Speaker lantang terletak di sebelah kanan port micro-USB. Meskipun di sebelah kirinya terdapat gril speaker, di dalamnya tidak ada speaker, tapi ada mikrofon di sini. Posisi speaker ini cukup baik karena tidak terhalang saat perangkat diletakkan di atas meja.


Speaker di kanan port micro-USB


Port audio 3.5mm di sisi atas

Hasil keluaran speaker lantang cukup baik dan nyaring. Saat diuji pada volume maksimum suaranya dapat mencapai 84 decibel. Suara sekeras ini tergolong keras. Suara yang dihasikan pada volume tertinggi bersih dari distorsi, meskipun ada sedikit noise alias tidak jernih.


Aplikasi Play Musik

Tampilan Now Playing

Aplikasi FM Radio

Dengan menggunakan earphone, kualitas audio Redmi 4X terbilang biasa saja. Suaranya cukup jernih, namun bass dan trebel agak datar. Hal ini dapat diperbaiki menggunakan equalizer bawaan MIUI dan fitur Mi Sound Enhancer yang tersedia di menu Setelah > Suara dan Getaran > Pengaturan Audio.

Redmi 4X dilengkapi dengan penerima siaran FM Radio. Kualitas resepsi siaran radio tergolong baik, meskipun noise masih terdengar pada siaran radio yang stasiunnya jauh. Tampaknya tidak ada chip khusus untuk mengurangi noise di Redmi 4X, sama pada seluruh ponsel seri Redmi.

Kesimpulan dan Rekomendasi

Dengan banderol hanya Rp. 1.4 jutaan untuk versi 2GB+16GB, Redmi 4X merupakan model ponsel yang menarik. Spesifikasi dan fiturnya terbilang lengkap, setara dengan ponsel yang dihargai di kisaran Rp. 2 juta. Qualcomm Snapdragon 435 dan fitur sidik jari merupakan nilai tambah yang menjadi keunggulan Redmi 4X.

Dibanding Redmi 4A, Redmi 4X memiliki peningkatan yang diharapkan. Chipset yang lebih bertenaga, fitur sensor sidik jari dan baterai dengan kapasitas lebih besar. Dengan harga yang hanya terpaut Rp. 200 ribuan, Redmi 4X adalah pilihan yang lebih baik.

Pesaingnya tidak banyak jika melihat spesifikasi performa Redmi 4X. Dari sisi harga, Redmi 4X bersaing dengan Infinix Hot 4. Ponsel 5.5 inci ini memiliki sensor sidik jari dan RAM 2GB serta ROM 16GB, namun dengan chipset yang lebih performanya di bawah Snapdragon 435, yaitu MediaTek MT6580. Kameranya juga hanya 8MP di belakang dan 5MP di depan, dan belum mendukung jaringan 4G. Banderol Hot 4 saat ini berada di kisaran Rp. 1.3 jutaan.


Infinix Hot 4

Cek: Perbandingan Xiaomi Redmi 4X vs. Infinix Hot 4 di tautan ini.

Evercoss memiliki ponsel dengan banderol Rp. 1.3 juta dan dilengkapi sensor sidik jari dan RAM 2GB serta ROM 16GB. Genpro X memiliki layar 5 inci dengan chipset Snapdragon 410. Kapasitas baterai ponsel lokal ini juga lebih kecil, yakni hanya 2,650mAh. Selain itu hasil jepretan kamera Redmi 4X jauh lebih baik. Namun Genpro X dilindungi garansi resmi dari Evercoss.


Evercoss Genpro X

Baca: Ulasan lengkap dari Evercoss Genpro X khas UlasAbis!

Cek: Perbandingan Xiaomi Redmi 4X vs. Evercoss Genpro X di tautan ini.

(cyt)

Ada pertanyaan mengenai Redmi 4X?
Silahkan tulis pertanyaan Anda di Kolom Komentar di bawah ini, tim Ulas-Master akan mencoba memberikan Solusi-nya!
comment

366 Komentar

  • Jamilah:
    25 Jul 2017 · 10:54

    Bagaimana klo di hp xiomi not 4x pro bisa pake Smartfren bisa internetan tapi ko gak bisa SMSan dan tlp..
    Bagaimana ya caranya?

  • dedew:
    25 Jul 2017 · 10:01

    gan mau tanya , untuk ganti rom r4x , apakah harus ubl terlebih dahulu ?
    saya mau ganti versi rom yg sebelumnya

    • 25 Jul 2017 · 17:46

      Halo gan Dedew. Untuk downgrade versi tidak perlu ubl / unlock dulu, gan, bisa langsung menggunakan metode recovery. Tapi data dan aplikasi akan hilang bersih seluruhnya, gan..

  • Zaki izzulhaq:
    24 Jul 2017 · 22:42

    Halo master, mau nanya, hp redmi 4x 3/32 ku kok nge charge nya lama sampai baterai nya full. Bahkan untuk baterai full 100% membutuh kan waktu lbih dari 5 jam bahkan lbih, masalah dr hp saya d mn ya? Rom nya sdh 8.2.1.0 (MAMMIEA)

    • 25 Jul 2017 · 17:37

      Halo gan Zaki. Redmi 4X memiliki baterai besar 4,100mAh, jadi secara teori saja dengan charger 1A dibutuhkan waktu sampai 4.1 jam untuk mengisi sampai baterai penuh. Namun waktu isinya bisa lebih lama lagi jika baterai / hp dalam kondisi panas, karena adanya proteksi panas akan mengurangi arus yang masuk ke baterai. Saran ane, untuk mempercepat, sebaiknya hp / baterai dijaga temperaturnya jangan sampai terlalu panas, gan, misalnya dengan tidak sambil menggunakan hp sambil diisi dayanya.

      Kemudian ane menyarankan untuk update MIUI ke versi v8.2.10.0.MAMMIEA, di update ini ada perbaikan perangkat untuk pengisian daya yang lebih “dingin”.

  • FAUQ:
    24 Jul 2017 · 12:56

    Gan, menurut agan, MIUI lebih baik diupgrade ke 8.2.10.0 gak gan?
    Juga apakah harus WiFi? Masak tak bisa pake paket data 4G? Soalnya paket 4G saya masih banyak gan?
    Terus, hp saya selalu muncul notifikasi Google “mendownload bahasa Indonesia” menunggu WiFi. Gak ilang² gan. Solusinya?

    • 24 Jul 2017 · 21:19

      Halo gan FAUQ. Redmi 4X ane sudah diupdate ke 8.2.10.0, semuanya lancar-lancar saja, gan, jadi menurut ane sebaiknya diupdate saja. Untuk mengunduh update melalui paket data 4G, saran ane agan pindahkan kartu SIM 4G agan ke hp lain lalu aktifkan hotspot, hubungkan ke perangkat agan, lalu unduh updatenya.

      Notifikasi Google mengunduh bahasa Indonesia seharusnya hanya sesaat saja. Jika unduhannya kelar, seharusnya notifikasi hilang, gan. Untuk itu, agan perlu koneksi WiFi yang bagus..

  • rindra arif pratama:
    24 Jul 2017 · 11:02

    gan maaf mau tanya..
    device saya xiaomi redmi 4x prime
    yang ram 3 internal 32
    ada notif update rom ke 8.2.10.0
    dengan ukuran 1.5G
    sedangkan punya adek saya cuma 197Mb..
    device sama ( belinya bareng hehehe)
    itu gmn penjelasannya?

    • 24 Jul 2017 · 20:50

      Halo gan Rindra. Ane menduga Redmi 4X yang meminta update hanya 197MB saat ini versi MIUI v8.2.9.0.MAMMIEA, sementara yang meminta update 1.5GB versi MIUI-nya di bawah itu, misalnya dari v8.2.1.0.MAMMIEA. Bisa jadi versi MIUI yang tertanam di perangkat berbeda tergantung dari ketersediaan versi terbaru saat perangkat diproduksi.

      Redmi 4X ane hanya membutuhkan 197MB untuk mengudpate dari v8.2.9.0 ke v.8.2.10.0

  • aldi:
    24 Jul 2017 · 10:30

    Makasih jawabannya master chan.
    Iya saya beli di tokoh gan, saya minta pesankan yang garansi tam lewat tokoh konter hp tersebut , mungkin karena itu kali ya lewat mi verification gk cukup info

    • 24 Jul 2017 · 20:44

      Sip, gan Aldi. Verifikasi Mi di depan tokonya saja, gan. Hehe..

      • aldi:
        25 Jul 2017 · 10:31

        maksudnya master chan ?

        • 25 Jul 2017 · 17:31

          Kalau agan beli yang resmi TAM, seharusnya Mi Verification berhasil dilakukan. Untuk membuktikan keaslian, agan bisa melakukan Mi Verification langsung di depan petugas tokonya.

  • Aji:
    23 Jul 2017 · 12:23

    Gan, lampu tombol xiaomi bisa nyala ga ya ? Kalo bisa dimana nyalain nya ?

    • 23 Jul 2017 · 13:00

      Halo gan Aji. Xiaomi Redmi 4X tidak dilengkapi lampu backlight pada tombol navigasi, gan.

      Di perangkat yang mendukung, letak pengaturannya ada di menu Setelan > “Setelan Tambahan” > Tombol > “Lampu Tombol”.

  • renaldy:
    22 Jul 2017 · 19:41

    maap numpang tanya
    apakah xiaomi 4x ini tahan air
    xiaomi sayang sdh saya coba
    awal ny gak apa apa
    tetapi setelah saya restar gak bisa hidup lagi
    cuman nyala lampu led yang warna ny kadang hijau kadang putih kadang merah
    mohon penjelasan nya
    terimakasih

    • 22 Jul 2017 · 22:33

      Halo gan Renaldy. Redmi 4X tidak tahan air karena tidak ada perlindungan khusus untuk menahan air dan debu masuk ke dalam perangkat. Ane cukup yakin hp agan sudah kemasukan air dan terjadi arus pendek di motherboard dan bisa jadi di komponen lainnya. Lampu LED yang menyala-nyala mengindikasikan masalah pada motherboard. Tidak ada yang bisa dilakukan, gan..

  • Dhika:
    22 Jul 2017 · 18:42

    Cara menurunkan spek kembali seperti awal V8.2.10.0 ke V8.2.1.0 bagaimana gan?

    • 22 Jul 2017 · 22:30

      Halo gan Dhika. Maksudnya mengembalikan versi dari v8.2.10.0 ke 8.2.1.0? Caranya dengan flash ulang ROM, gan, tetapi akan menghilangkan seluruh data dan aplikasi yang sudah terpasang. Prosesnya sendiri cukup panjang dan melibatkan koneksi dengan PC. Saran ane, bisa dibawa ke toko reparasi hp khusus untuk software.

  • Dhika:
    22 Jul 2017 · 16:12

    Bagaimana menurunkan spek xiaomi redmi 4X ke versi semula gan?

  • Indra:
    22 Jul 2017 · 12:25

    Kenapa memori internal saya cuma 10 GB, kan harusnya 16 pada Xiaomi resmi 4x

  • Indra:
    22 Jul 2017 · 12:12

    Gimana sih gan pindah Rom dari distributor ke Rom resmi xiaomi

  • Intan:
    22 Jul 2017 · 11:11

    Gan redmi 4x and ko gaada pengaturan led notifikasi yaa, ya kaya telpon itu warna merah itu gaada gan.

    • 22 Jul 2017 · 18:19

      Halo gan Intan. Xiaomi memang tidak menyediakan pengaturan warna LED notifikasi di Redmi 4X, gan, sehingga hanya dapat menyala dengan warna putih saja. Kemungkinan ini salah satu fitur yang ditanggalkan Xiaomi untuk menurunkan harga Redmi 4X.

  • Dhika:
    22 Jul 2017 · 08:21

    Kenapa setelah saya update ke versi V8.2.10.0 saat merekam video suara nya gede kecil untuk handphone xiaomi redmi 4X?

    • 22 Jul 2017 · 18:17

      Halo gan Dhika. Rekaman video di Redmi 4X ane tidak ada masalah, gan. Saat merekam video, pastikan mikrofonnya tidak tertutup tangan agan. Mikrofon terletak di sebelah kiri port micro-USB di sisi bawah perangkat.

  • wiguna:
    22 Jul 2017 · 01:17

    gan ane mau tanya nih, kenapa katu sim ane gak kebaca di xiaomi redmi 4x, gimna cara agar bisa terdeteksi

    • 22 Jul 2017 · 18:13

      Halo gan Wiguna. Kartu SIM seharusnya terbaca secara otomatis oleh perangkat. Ane curiga kartu SIM agan yang bermasalah. Saran ane, agan tukarkan dengan yang baru dengan membawanya ke pelayanan pelanggan operator agan. Ganti kartu SIM gratis, gan.

  • Rivaldi Iskandar:
    21 Jul 2017 · 21:35

    saya mau tanya… apakah bisa baterai HP Xiaomi redmi 4x jika rusak diganti atau dibetulkan…? thanks

    • 22 Jul 2017 · 15:54

      Halo gan Rivaldi. Bisa, gan, tapi membutuhkan alat khusus untuk membuka dan mencapai baterai. Saran ane, agan bawa ke tempat reparasi khusus hp Xiaomi.

  • kiss:
    21 Jul 2017 · 08:21

    maaf gan ane mau nanya..
    ane baru beli xiaomi 4x,tetapi ane perhatikan dan ane cek untuk versi miui nya
    miui global 8.2 stabil 8.2.5.0.0 MAMCNEA benar iya itu cina?
    nah misalkan ane update secara manual biar menjadi MAMMIEA bisa gak..
    terus untuk bahasanya suport indo kah.. dan 4G nya ilang gak?

    • 21 Jul 2017 · 19:28

      Halo gan Kiss. Iya, gan, ROM itu versi Cina, bisa dilihat ada huruf “CN” di kode ROM. MIUI versi Global mengandung huruf “MI”. Untuk mengubah dari ROM Cina ke ROM Global MAMMIEA bisa saja dilakukan dengan beberapa syarat:
      1. perlu membuka / unlock bootloader
      2. akan kehilangan seluruh data dan aplikasi.
      3. menggunakan program Mi Flash dan PC / laptop Windows
      4. metodenya menggunakan Fastboot, tidak bisa menggunakan pembaruan sistem di menu Setelan > Tentang Ponsel
      5. file ROM MIUI Global yang ingin dipasang versi Fastboot

      Versi Global MIUI pasti memiliki pilihan bahasa Indonesia, dan 4G-nya tidak hilang karena ponsel buatan China pasti mendukung jaringan 4G di Indonesia.

      • kiss:
        21 Jul 2017 · 22:58

        tarimksh atas jawabn ya gan… dan saya mau bertanya lagi soal rom cina tsb .

        ada kah cara lain selain jawaban tsb misalkan melakukan donlaod file rom yg ada di en.miui.com terus dipasang via hp tsb .. bisa tidak gan .. sperti tutorial di artikel agan .

        • 22 Jul 2017 · 16:52

          Sayangnya tidak bisa, gan, karena ROM China dan ROM Global sebenarnya adalah dua ROM yang sangat berbeda sehingga tidak bisa hanya dilakukan upgrade secara langsung.

          Jika mengupgrade tipe ROM yang sama seperti dari ROM Global versi distributor ke ROM Global resmi, memang bisa hanya dengan mengunduh dari situs MIUI lalu memasukkan file-nya ke hp melalui USB karena menggunakan bootloader yang sama. Tapi ROM China memiliki bootloader yang berbeda.

  • Tomi:
    20 Jul 2017 · 17:05

    Halo Master, xiaomi redmi 4x saya kalo ada telepon masuk tidak terdengar suara ringtonenya knp ya? Saya sudah setting di menu sound & vibration tetapi tidak bisa. Anehnya menerima telepon whatsapp atau line suara ringtonenya terdengar. Mohon pencerahannya terima kasih

    • 21 Jul 2017 · 19:01

      Halo gan Tomi. Saran ane, pastikan beberapa hal ini, gan:
      1. ponsel tidak dalam kondisi Hening / Silent dan volume dering ponsel tidak minimal / mute.
      2. pastikan file ringtone dapat terbaca, bisa dicoba dengan play melalui aplikasi pemutar musik
      3. gunakan versi sistem operasi MIUI Global Stable terbaru. Versi terkini: v8.2.10.0.MAMMIEA. Versi “tua” terkadang memiliki bug yang bisa menyebabkan anomali saat penggunaan hp.

  • Daffa gandara:
    20 Jul 2017 · 16:34

    Kenapa Xiaomi saya kalo buka aplikasi lalu kembali ke home ada tulisan tunggu sebentar dan loadingnya lama ? Mohon bantuannya

    • 21 Jul 2017 · 18:42

      Halo gan Daffa. Itu tandanya RAM yang tersedia sudah sedikit sehingga sistem operasi perlu membersihkan RAM dulu sebelum menampilkan tampilan home. Untuk ini, tidak ada solusinya, gan, karena masalah hardware. Mungkin agan memerlukan hp dengan RAM yang lebih besar untuk mengakomodir kebutuhan penggunaan aplikasi agan.

  • Anonim:
    20 Jul 2017 · 12:05

    Gan lubang headset xiaomi 4xitu lebih gede yah?aku pake headset yang biasa dipake di asus samsung dll ga nancep semuanya gitu

    • 21 Jul 2017 · 18:30

      Halo gan. Tidak, gan, Redmi 4X menggunakan port audio 3.5mm yang sama dengan seluruh ponsel Android lainnya. Ane menggunakan earphone yang sama dengan seluruh ponsel lain yang pernah diulas di UlasAbis, earphone ane bisa terpasang dengan pas di Redmi 4X.

  • Putra:
    20 Jul 2017 · 03:13

    Hp saya udh nougat gan karena di update melalui twrp dan sampai skrg tidak ada bug dan kendala menurut saya.kalau menurut agan gmna saran nya.ap ttp gw pakai ke room nougat apk atau pindah ke room global asli bawaan nya atau 8.2.10.0 ?
    Terima kasih

    • 21 Jul 2017 · 18:17

      Halo gan Putra. Gan, bisa diinfo agan menggunakan ROM versi xiaomi.eu atau dari sumber lain? Sumber ROM MIUI yang menurut ane aman hanya ada dua yaitu MIUI.com (resmi oleh Xiaomi) dan Xiaomi.eu (sekumpulan fans MIUI yang diakui oleh MIUI.com). Selain itu, ane tidak rekomendasi karena ROM-nya bisa berisi virus yang tidak terdeteksi yang bisa mencuri data pribadi agan, dsb.

  • Irvan wahyudi:
    19 Jul 2017 · 21:55

    Gan ane mau tanya ,kalau msalny redmi 4x ane ngecas ny lama gmana itu ya? Ngecas kadang smpai 5 jam ,apa solusi perbaikanny ,udh d tny ke toko hp. Ktnya ga ada masalah d hp ,versi hp ane msh yg 8.2.1.0,apa perlu di update?

    • 21 Jul 2017 · 17:08

      Halo gan Irvan. Redmi 4X memang tidak mendukung teknologi isi daya cepat, dan kapasitas baterainya besar sehingga isi dayanya memang bisa mencapai 5 jam pada kondisi tertentu. Jadi sebenarnya masih normal, gan. Saran ane, agan bisa mempercepat sedikit pengisian daya dengan 2 cara:
      1. Isi daya tanpa memakai hp. Penjelasannya: isi daya akan berjalan lebih cepat jika hp dalam kondisi dingin, dan berkurang (karena proteksi di dalam baterai) jika baterai memanas. Ini bisa mempercepat 5% – 10%.
      2. Gunakan kabel yang lebih baik kualitasnya, dan kalau bisa lebih pendek. Kabel bawaan Xiaomi kurang bagus kualitasnya dibanding kabel yang dijual oleh pihak ketiga yang memang menawarkan kualitas tinggi. Kabel yang baik bisa mempercepat isi daya sekitar 10% – 15% lebih cepat.
      Semoga membantu.

  • ami:
    19 Jul 2017 · 21:14

    Mlm gan, emang klo mau update MIUI mesti pke wifi.
    Apa bner klo dah d update os nya jdi nougat.
    Perbedaan yg udah d update sama yg blm d update. Trims

    • 19 Jul 2017 · 21:24

      Halo gan Ami. Iya, gan, update MIUI akan meminta koneksi WiFi untuk mengunduh update-nya. Untuk versi Nougat, hingga saat ini belum dirilis secara umum dan akan diupdate bersamaan dengan MIUI 9. Versi v8.2.10.0.MAMMIEA yang terakhir masih berbasis Android 6.0 Marshmallow.

      Update terakhir ini memperbaiki banyak “bug” yang ada di versi-versi sebelumnya, termasuk mencegah ponsel menjadi terlalu panas saat sedang diisi daya. Selebihnya untuk tampilan bisa dibilang sama, gan.

      • Andi:
        21 Jul 2017 · 09:16

        Maaf gan mau tanya, saya pakai redminote 4 ori garansi tam, versi miu nya 8.2.10.0 yg mau ditanyakan.Apakah ini versi asli karena ada yg bilang kalau asli 4 digit, sedangkan 5 digit biasanya room distributor. Trims sebelumnya ya.

        • 21 Jul 2017 · 19:30

          Iya, versi terkini MIUI Global Stable untuk Redmi 4X adalah v8.2.10.0. Dan ini dihitung 4 digit, gan. Yang 5 digit itu seperti 8.2.5.0.0 (ada 4 titik di antara digit pertama dan terakhir).

  • Gaizka mendieta:
    19 Jul 2017 · 16:02

    Gan, tulisane made in indonesianya itu dimana ya?
    Trs klo mau update mui 8.2.10.0 aman ngga klo hp ane gaada made in indonesianya?

    • 19 Jul 2017 · 21:04

      Halo gan Gaizka. Tulisan “Dibuat di Indonesia” ada di bagian bawah dus dan belakang perangkat, gan.

      Jika tidak ada, hp masih bisa dipakai, hanya saja statusnya ilegal untuk dijual / diedarkan di Indonesia karena tidak memenuhi kelengkapan TKDN 30%.

  • aldi:
    19 Jul 2017 · 12:07

    oke sama2 master chan.
    ada pertanyaan lagi nih,
    saya kan melakukan 3 test perangkat xiaomi saya.
    1. lewat mi verification. setelah kode nya saya scan trus resultnya not enough info hanya menunjukkan nomor imei dengan total saya melakukan verifikasi.
    2. lewat imei verification, setelah memasukkan kode imei dan sn, tidak ada hasil yang didapat.
    3. lewat antutu officer (untuk mengetahui apakah device saya ori atau palsu, kw, copy) , hasilnya adalah uknnown , tapi device terdeteksi redmi 4x ,
    trus ada note : New device or a third party ROM can cause identification error.
    mohon bantuannya master apakah xiaomi redmi 4x saya asli / palsu,
    resmi atau tidak

    • 19 Jul 2017 · 21:20

      Halo gan Aldi.

      Untuk verifikasi melalui Mi Verification, hasilnya hanya positif / valid jika ponsel agan dibeli melalui toko resmi seperti erafone dll. Jika dibeli melalui online tidak resmi, hasilnya sudah pasti disebut “counterfeit” (barang palsu) atau “not enough info”.

      Melalui imei verification bisa membuktikan apakah perangkat asli atau tidak. Agan bisa cek secara online, tapi seharusnya tidak perlu mendaftarkan SN, gan, cukup angka IMEI-nya saja. Ane biasanya menggunakan situs http://www.imeipro.info untuk cek IMEI.

      Kalau menggunakan AnTuTu Officer, seharusnya jawaban yang muncul antara Good atau Copy. Jawaban Unknown berarti aplikasi ini tidak dapat menentukan. Saran ane, coba ulangi uji ini beberapa kali sampai mendapatkan jawaban selain Unknown, gan.

      Just info, unit Redmi 4X ane hasil dari cek:
      1. Mi Verification: Tidak pass
      2. IMEI Verification: Pass
      3. AnTuTu Officer: Good

      • aldi:
        19 Jul 2017 · 23:17

        Makasih jawabannya master chan.
        Iya saya beli di tokoh gan, saya minta pesankan yang garansi tam lewat tokoh konter hp tersebut , mungkin karena itu kali ya lewat mi verification gk cukup info

  • Ulum:
    19 Jul 2017 · 09:48

    Bagaimana cara mengupgrade

    • 19 Jul 2017 · 20:59

      Halo gan Ulum. Upgrade bisa dicoba melalui menu Setelan > Tentang Ponsel > Pembaruan Sistem.

  • Nasukan:
    18 Jul 2017 · 21:42

    Br beli redmi 4x Via on line SDPPI 2014 baru tau kl BM, trus gmn master bs dipake enggak ini hp

    • 18 Jul 2017 · 22:32

      Halo gan Nasukan. Bisa, gan, Redmi 4X yang dijual di China kebetulan cocok dengan pita jaringan 4G di Indonesia. Lalu mengenai sistem operasi MIUI, meski BM agan tetap bisa menggunakan versi resminya MIUI Global Stable. Barang BM hanya tidak memiliki ijin untuk diedarkan saja sebenarnya.

  • aldi:
    18 Jul 2017 · 13:39

    oke sama2 master chan.
    ada pertanyaan lagi nih,
    perangkat xiaomi saya saya cek lewat https://jd.mi.com/ dan melakukan scan pas resultnya not enough information, tapi nomor imei benar, gimana tuh master ?

  • Dido:
    18 Jul 2017 · 12:50

    Halo gan master, ane liat* banyak video yang melihatkan kalo redmi 4x itu tahan air gan.. apa benar gan?? Terima kasih gan..

  • Fadli Nasution:
    18 Jul 2017 · 10:53

    Selamat siang master, mau tanya apakah untuk layar utama redmi 4x 3/32 sudah dilindungi dengan corning gorilla glass atau pelingung layar lainnya? Soalnya di ulasan lain ada yang bilang sudah dilingungi tapi juga ada yang bilang belom, jd yang benarnya yg mana master? Terima kasih

    • 18 Jul 2017 · 13:36

      Halo gan Fadli. Seri ponsel Redmi tidak pernah dilindungi oleh perlindungan ternama apa pun seperti Gorilla Glass dll, namun layarnya cukup tahan gores, setidaknya kuku saja tidak akan menggores kaca Redmi 4X. Jadi, memang ada ketahanan goresnya, tetapi tidak sekuat Gorilla Glass.

  • Dimas:
    18 Jul 2017 · 02:34

    Mau nanya nih master. Xiaomi redmi 4x itu apa anti air ya? Soalnya saya pernah baca di situs2 katanya anti air. Tp saya masi ragu mau mencoba hehe mohon dibalas

    • 18 Jul 2017 · 13:19

      Halo gan Dimas. Tidak, gan, Redmi 4X tidak anti air. Jika terendam, air mudah masuk melalui slot kartu SIM karena tidak dilindungi gasket karet. Contoh tray kartu SIM yang dilindungi gasket terlihat di gambar ini. Ini adalah ponsel Galaxy A5 2017 yang ketahanan air dan debu IP68.

  • Yoegi eka prasetia:
    17 Jul 2017 · 05:29

    Gan,saya mw nnya,redmi 4x saya kok ga bisa getar di mode silent,udh saya ubah pngaturan nya ttp sama ga getar jga,terus untuk kamera depan knpa gelap saat kondisi low light scara pngaturan nya udh saya bwt smaksimal mungkin,mohon pencerahan nya gan..

    • 17 Jul 2017 · 21:14

      Halo gan Yoegi. Mengenai fungsi getar saat di mode silent, ini memang bug yang sudah diketahui dan sampai saat ini belum ada perbaikannya dari Xiaomi, gan.

      Untuk kamera depan, agan bisa mencoba aplikasi “Open Camera” untuk selfie. Aplikasi ini memiliki pengaturan “Exposure Compensation” yang dapat membuat gambar lebih terang. Semoga membantu.

  • aldi:
    16 Jul 2017 · 09:48

    Putih sih master kalau kontras di atur full
    Tapi gk putih amat, sedikitttttt kayak ada campuran kuning, jadi kesannya kayak putih gimna gitu ya

    • 16 Jul 2017 · 19:02

      Iya, gan, tidak ada layar LED yang dapat menampilkan putih sempurna, pasti ada keseimbangan putih yang bergeser, cenderung ke arah kemerahan atau kekuningan. Layar S-AMOLED Samsung misalnya, cenderung kemerahan, gan. Yang penting, agan bisa membedakan antara warna putih dan kuning sebenarnya 🙂

      • aldi:
        16 Jul 2017 · 21:53

        Iya master chan ,
        Tadi sempat juga baca dan test ane test kalau rwdmi 4x ane pakek type lcd ebbg , jadi putih kekuningan kalau boe putih kemerahan , yang putih kalau gk salah tienma.

        • 17 Jul 2017 · 20:38

          Oh begitu, gan. Ane belum pernah cek sampai pembuat LCD-nya. Terima kasih sudah berbagi informasi di UlasAbis, gan Aldi. 🙂

  • bagus:
    16 Jul 2017 · 02:32

    Mau nanya gan, adakah tips untuk penggunaan pertama xiaomi redmi 4x? Biasanya update miui munculnya brp hari setelah pembelian perangkat Terus apa perlu perangkat saya di update ke versi baru atau nggk? Kira2 ngaruh gk kalau saya gk memperbaharui sistem miui saya? Mohon pencerahannya gan, thanks

    • 16 Jul 2017 · 18:59

      Halo gan Bagus. Saran ane, sebaiknya ponsel Xiaomi diupdate ke versi MIUI terbaru. Pastikan versi MIUI yang dipasang adalah Global Stable. Untuk Redmi 4X, versi terbaru saat ini adalah v.8.2.10.0.MAMMIEA. Versi ini memperbaiki banyak “bug” yang ada di versi-versi sebelumnya, termasuk mencegah ponsel menjadi terlalu panas saat sedang diisi daya. Jika tidak diupdate, sebenarnya tidak ada masalah besar dan masih tetap bisa digunakan.

  • Ken:
    15 Jul 2017 · 19:38

    Trus saya pasang teperglass redmi4x tp kok gak pas dilayar hp saya gan.. Trus tepperglass nya kyak ada air di layar hp saya gan … Apa solusi nya gan …

    • 15 Jul 2017 · 21:37

      Solusinya gunakan screen protector yang bukan tempered glass, gan. Redmi 4X memiliki layar 2.5D yang bagian tepinya agak melengkung, sementara tempered glass tidak bisa melengkung sehingga produsen tempered glass memotong ukuran sehingga tidak mengenai bagian yang melengkung.

      Mungkin bukan air di dalam tempered glass, gan, tetapi udara yang terperangkap. Udara ini bisa dihilangkan dengan mengusapnya ke tepi tempered glass.

  • Ken:
    15 Jul 2017 · 19:34

    Slmt malam gan .
    Mau nanya saya baru saja beli redmi 4x gan tapi tidak ada garansi tam nya kira2 hp saya resmi gak gan .?????

    • 15 Jul 2017 · 21:35

      Halo gan Ken. Agan bisa cek di kotaknya, jika tidak ada tulisan “Dibuat di Indonesia” atau sejenisnya, sudah pasti hp tidak resmi alias barang Black Market. Redmi 4X yang resmi harus dibuat di Indonesia karena peraturan TKDN 30% untuk seluruh ponsel 4G.

  • AhmdSyhwn:
    15 Jul 2017 · 18:33

    Sebelumnya makasih nih gan pertanyaan sebelumya udah di jawab. Ane mau nanya lagi nih, emang apa bedanya update miui manual dan nunggu pembaruan dari sistem update. Kalo update manual filenya lebih gede, terus gimana cara update dari sistem update. Mohon pencerahanya gan

    • 15 Jul 2017 · 21:34

      Perbedaan update miui manual memang mengharuskan pengunduhan file yang lebih besar karena mencakup seluruh ROM MIUI, sementara kalau melalui sistem update ukuran lebih kecil karena hanya berisi file yang diubah saja.

      Untuk update dari sistem update tergantung dari giliran, dan tidak ada yang bisa dilakukan selain menunggu kebagian giliran update dan bersabar :). Redmi 4X yang ane pakai kebagian update terpaut sekitar 1 bulan dari punya teman ane, gan.

  • Ramdani:
    14 Jul 2017 · 22:01

    Maff bos saya pnya xiaomi redmi 4x tapi kalo di cas hp nya panas kalo pun lagi mati jga

    • 15 Jul 2017 · 16:29

      Halo gan Ramdani. Saran ane, segera update ke MIUI terbaru v.8.2.10.0.MAMMIEA karena di versi ini Xiaomi memperbaiki masalah panas yang berlebih saat diisi daya.

  • HALIM ERLANDO MALIK:
    14 Jul 2017 · 19:52

    Gan Mau Nanya Saya Kan Habis Beli Xiaomi 4X yang RAM 2/16 itu Pertama Kali pengecesan lama nya berapa jam? Dan apa sampai Baterai nya Full aja Makasih Gan

    • 15 Jul 2017 · 16:26

      Halo gan Halim. Untuk isi daya pertama kali dilakukan hanya sampai baterai penuh 100% saja, setelah itu bisa langsung dipakai normal. Itu cara lama saat menggunakan baterai tipe berbasis ion Nickel, gan, karena “Memory effect” jadi awalnya baterai harus diisi daya sampai 8 jam.

      Baterai Redmi 4X dan ponsel modern lainnya berbasis Li-ion tidak harus diisi daya hingga beberapa jam untuk mendapatkan kapasitas yang maksimal. Begitu daya 100%, bisa langsung dipakai.

  • AhmdSyhwn:
    14 Jul 2017 · 17:37

    Gan ane mau nanya nihh ane bru beli redmi4x 1 minggu. Kok kalau diketuk ketuk dibagian deket kamera kok ada bunyi “creekk” gitu gan. Dan kalo di kocok hpnya ada bunyi dikit. Itu gimana ya gan? Mohon jawabannya

    • 15 Jul 2017 · 16:17

      Halo gan AhmdSyhwn. Bunyi yang agan dengar itu wajar, gan. Tidak hanya hp Redmi 4X, tapi hp Samsung atau Vivo lainnya juga memiliki bunyi yang sama ketika dikocok atau diketuk pada sekitar bagian kamera belakang. Bunyinya berasal dari berbagai komponen yang memang tidak direkatkan, seperti dari kabel konektor antara papan sirkuit, komponen penggetar, elemen lensa di kamera dan sebagainya. Sejauh komponen berfungsi, menurut ane agan tidak perlu khawatir.

  • Eka:
    14 Jul 2017 · 12:27

    Gan ini redmi 4x update V8.2.10.0 4G nya aaman kah? Atau dihilangin?

    • 15 Jul 2017 · 15:48

      Halo gan Eka. Aman, gan, ane sudah pakai v8.2.10.0.MAMMIEA di Redmi 4X ane seminggu ke belakang, 4G Indosat dan Telkomsel lancar jaya.

  • Rochma:
    14 Jul 2017 · 08:02

    Halo masterchan mau tanya ni… Untuk baterai 4x yg non removable kalau belum habis dayanya di charger lagi apa ada pengaruh di baterainya gan? Kalau ada pengaruh mohon penjelasannya gan, trimakasih 😊

    • 15 Jul 2017 · 15:35

      Halo ganwati Rochma. Prinsip supaya baterai ponsel awet menurut pengalaman ane ada dua:
      1. Jangan biarkan muatan di baterai kosong sampai benar-benar 0%. Ini menyebabkan sel-sel baterai kehilangan kekuatannya untuk menyimpan muatan saat diisi daya lagi.
      2. Jangan biarkan baterai menjadi panas dalam jangka waktu yang lama. Panas menyebabkan sel baterai terdegradasi dengan cepat, sehingga baterai jadi cepat “bocor”.

      Baterai modern berbasis Li-ion atau Li-po sudah didesain tidak bermasalah diisi dayanya ketika masih 50% atau bahkan 80%, selama kedua hal di atas dihindari. Jadi, agan bisa isi daya kapan pun, gan.

  • aldi:
    14 Jul 2017 · 06:49

    next answer master chan .
    ane kan dah beli yang Garansi TAM,
    trus pas di buka warna display layar putihnya gk maksimal kayak ada kuningnya sedikit sih masih nmpak putih, tapi gk maksimal, gimana itu master ?

    • 15 Jul 2017 · 15:31

      Untuk keseimbangan warna kuning di tampilan layar, ada cara untuk mengaturnya, gan:
      1. buka menu Setelan
      2. pilih “Tampilan”
      3. pilih “Warna & kontras”
      4. geser slider Warna ke Standard atau Dingin
      5. pilih “Peningkatan Kontras”
      Atau agan bisa memiliki sampai mendapatkan tampilan yang agan sukai.

      • aldi:
        15 Jul 2017 · 17:02

        sudah diatur master di cool atau dingin dan kontras sudah saya atur , tapi masih ada master putih kekuningan pas di bandingkan dengan Xiaomi lain punya teman ane, mohon penjelasannya dan bantuan

        • 15 Jul 2017 · 22:33

          Kalau agan membandingkan dengan Xiaomi model lain, keseimbangan warnanya sudah pasti berbeda, gan, karena setiap LCD memiliki karakteristik warna putih yang berbeda-beda. Contohnya, layar AMOLED buatan Samsung warna putihnya agak kemerahan, dan layar seri Redmi agak kekuningan dan seri Mi juga kekuningan. Jadi, sudah bawaannya, gan, tidak ada yang bisa diatur lagi selain dari pengaturan “Warna & kontras” tadi.

          • aldi:
            16 Jul 2017 · 09:42

            Jadi bukan karena rusak gan layarnya ?

          • 16 Jul 2017 · 19:00

            Iya, bukan rusak, gan, menurut ane itu bawaan pabriknya.

  • Kadek.:
    13 Jul 2017 · 23:19

    Om swastyastu.

    Milik saya tidak bisa di gunakan setelah ubah pengaturan accesabilitas.

    Apa masalah nya.

    Santi santi om.
    Sukseme.

    • 15 Jul 2017 · 14:11

      Halo gan Kadek. Pengaturan aksesibilitas mana yang agan ubah? Seharusnya pengaturan akseseibilitas bisa dimatikan kapan pun, gan.

  • wfk_994:
    13 Jul 2017 · 06:21

    Gan, sya mau nanya, saya kan make dual sim, sim 1 buat telp + sms, sim 2 buat data, pertanyaan sya 4g nya itu cuma bisa di sim 1 apa sim 2 nya jg bisa..? mksih gan

    • 13 Jul 2017 · 17:41

      Halo gan wfk_994. Kedua slot SIM pada Redmi 4X mendukung jaringan 4G, gan, tetapi hanya ada 1 kartu yang dapat mengaktifkan 4G saja. Jadi jika SIM 2 disetel 4G, SIM 1 otomatis hanya bisa mengakses 3G/2G, dan sebaliknya.

  • Rizky a:
    12 Jul 2017 · 21:28

    Halo saya mau nanya kalau ganti lampu notifikasi bagaimana ya.? untuk 4x

    • 13 Jul 2017 · 17:29

      Halo gan Rizky. Maksud agan mengganti warna lampu notifikasi? Lampu notifikasi Redmi 4X hanya bisa menyala dengan satu warna yakni warna putih saja, gan.

  • Aga:
    11 Jul 2017 · 22:34

    Good sangat membantu

  • Dheapajrinsy:
    11 Jul 2017 · 11:38

    Halo, saya mau nanya… Kalo misalnya saya ganti kartu yg sim 1 nya apakah semuanya teriset?
    Pasalnya saya baru pertama kali memakai hp xiaomi ini.. Xiaomi saya redmi 4x 2/16gb.. Pertama saya pakai, saya masukan yg kartu sim 1 nya untuk kuota 3, trus yg sim 2ny telkomsel.. Saya sudah masukan nomor 3 yg kuota saya, saya mau ganti kartu…saya mau ganti telkomsel.. Pas saya udh tukar ada pemberitahuan disuruh masukan sandi gitu.. Kalo misalnya mau ganti sim 1 ke sim 2 ato pun sebaliknya, apakah aplikasi seperti WhatsApp harus dibuat ulang?

    • 11 Jul 2017 · 20:41

      Halo gan Dheapajrinsy. Mengganti kartu SIM tidak akan me-reset hp dan aplikasi di dalamnya. Sandi yang diminta saat mengganti SIM mungkin berasal dari proteksi PIN pada kartu SIM, gan. Ane sudah sering keluar masukkan kartu SIM ke Redmi 4X ane, tidak ada yang ter-reset selain jaringannya tentunya..

      Aplikasi WhatsApp akan tetap berjalan dan tidak terpengaruh dari pergantian SIM, jadi agan bisa gonta-ganti kartu SIM tanpa harus membuat ulang akun WhatsApp.

  • Anjar:
    11 Jul 2017 · 11:24

    Halo.. Saya mau tanya, saya punya xiaomi 4x.. Rom 32 ram 3, saya mwu nanya.. Saya kn nyimpen berkas trmbunyi.. Cara membuka ny gmn iy.. Tolong

    • 11 Jul 2017 · 20:34

      Halo gan Anjar. Cara untuk mengakses berkas yang tersembunyi:
      1. masuk ke aplikasi “Berkas”
      2. pilih tab “Penyimpanan”
      3. tarik layar ke bawah sampai setengah layar (tarikan pertama untuk segarkan layar, tarikan kedua membuka kunci berkas tersembunyi)
      4. masukkan kata kunci / pola yang agan pasang di awal
      5. berkas yang tersembunyi akan muncul

  • aldi:
    11 Jul 2017 · 06:06

    master chan mo tanya,,
    apakah redmi 4x yang di boxnya ada tulisan global version hanya untuk negara india dan malaysia saja, apakah tidak untuk indonesia? mohon penjelasannya

    • 11 Jul 2017 · 18:50

      Halo gan Aldi. Iya, gan, ponsel 4G (seperti Redmi 4X) yang diedarkan di Indonesia harus dibuat khusus untuk pasar Indonesia saja karena peraturan yang berlaku di negara kita, yaitu peraturan TKDN 30% dari Kemenperin. Untuk memenuhi Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) 30%, pabrikan harus memasukkan komponen yang dipasok dari dalam negeri sebesar minimal 30%, sehingga dibutuhkan perakitan mesin ponsel import + komponen lokal yang dilakukan di Indonesia. Jadi jika ponsel 4G tidak tercantum kata-kata “Dibuat di Indonesia” atau “Dirakit di Indonesia”, sudah pasti barangnya ilegal. Peraturan ini tidak ada di negara India dan Malaysia serta negara asia tenggara lainnya sehingga pabrikan ponsel bisa memasarkan “Global Version” yang diproduksi di satu negara tertentu.

      • aldi:
        12 Jul 2017 · 06:14

        kalau untuk garansi TAM apakah itu sudah memenuhi syarat master ?
        dan apakah garansi TAM hp xiaominya di impor dari China atau di buat oleh TAM sendiri ?

        • 12 Jul 2017 · 19:58

          Ponsel Xiaomi yang bergaransi TAM adalah resmi dan legal, gan. Untuk perangkatnya, “mesin” dan kebanyakan komponen diimpor dari China lalu dirakit di fasilitas perakitan di Indonesia hingga memenuhi TKDN 30%, gan.

  • fikri kurniawan:
    10 Jul 2017 · 23:46

    begini gan 4x saya versi MIUI nya MIUI Global 8.2| Stabil 8.2.1.0 (MAMMIEA) sekarang ada pembaruan MIUI V8.2.10.0 MAMMIEA | Stabil | 1.5 G gimana nih aman gak

    • 11 Jul 2017 · 18:18

      Halo gan Fikri. Aman, gan, ane sudah pakai v8.2.10.0.MAMMIEA di Redmi 4X ane. 4G-nya juga aman, ane tes dengan 4G Telkomsel dan Indosat.

  • Rizki D:
    10 Jul 2017 · 16:03

    Pada saat rekam video kenapa terdapat suara noise ya gan seperti “ngiiiiiiiiinggg” apalagi untuk rekam di aplikasi instagram story, apa ada masalah dengan mic atau software xiaomi redmi 4x saya?

    • 10 Jul 2017 · 22:22

      Halo gan Rizki. Ane coba di unit Redmi 4X ane, tidak ada bunyi / noise yang tidak lazim pada hasil rekaman video melalui aplikasi kamera bawaan MIUI. Saran ane:
      1. agan pastikan versi MIUI yang paling update saja, ane punya versinya v8.2.10.0.MAMMIEA (cara periksa di menu Setelan > Tentang Ponsel).
      2. pastikan tidak ada objek / debu di sekitar mikrofon yang terletak di sebelah kiri port micro-USB.
      3. jika saran 1 dan 2 masih gagal, kemungkinan ada masalah pada mikrofonnya, sebaiknya direparasi untuk diganti.

  • Dido:
    10 Jul 2017 · 09:47

    Gan master, no. Postel 35838/SDPPI/2014 apa ini ilegal?
    Kalo ilegal apa jika sya up ke miui 8.2.10.0 jaringan 4G nya bisa hilang gan??
    Mohon jawabanya gan, trima kasih.

    • 10 Jul 2017 · 21:14

      Halo gan Dido. Sudah pasti ilegal, gan, karena Redmi 4X adalah model keluaran 2017, tidak mungkin didaftarkan dengan SDPPI tahun 2014.

      Versi MIUI tidak ada hubungan dengan ilegal-nya hp, gan, yang penting agan menggunakan ROM MIUI versi Global Stabel semua fungsi seharusnya berjalan dengan baik. Jaringan 4G di versi 8.2.10.0 tokcer, gan, sudah ane buktikan dengan jaringan 4G Indosat dan Telkomsel.

  • Vicky:
    10 Jul 2017 · 08:42

    Permisi Agan master chan ane mau tanya nih…
    ane beli Redmi 4x kondisi Rom sudah dalam keadaan install Rom Versi sebelum 8.2.9.0 MAMMIEA lupa versi brp, trus dapet 2 hari ane dapet notif pembaharuan buat Update ke Versi 8.2.9.0 setelah update sampai saat ini ane belom dapet notif update Rom lagi gan…
    tapi ane cek di Website MIUI udh ada update’annya ke Rom Versi 8.2.10.0 jadi ane update manual kira2 aman gak gan klo gtu soalnya temen ane ada yang dapet notif buat update ke versi rom tersebut…

    • 10 Jul 2017 · 09:23

      Halo gan Vicky. Versi terkini ROM MIUI Redmi 4X adalah v.8.2.10.0. Update ini, seperti update MIUI pada umumnya, akan dibagikan ke hp secara bergilir, gan. Kalau agan ingin update manual, aman gan. Tapi file yang diunduh lebih besar, gan. ROM MIUI yang agan unduh lewat site MIUI 1.5 GB, sementara kalau agan menunggu update dari system update hanya butuh download 196 MB.

  • Abdul rahim akbar:
    10 Jul 2017 · 04:38

    Maaf gan ane mau nanya ketika up rom ke V8.2.10.0 apakah data yg ada di ponsel akan hilang?mohon penjelasan nya gan

    • 10 Jul 2017 · 09:15

      Halo gan Abdul. Kalau agan menggunakan system update, data aplikasi dan file di ponsel tidak akan hilang. System update dapat diakses di menu Setelan > Tentang Ponsel > Pembaruan Sistem (tombol bulat di bawah).

  • Muhsin:
    09 Jul 2017 · 22:21

    Maaf gan mau tanya, batrey hp 4x saya cuma kuat satu hari, itu paling dipake buka sosmed maen game paling 2x match Mobile Legends, itu termasuk normal apa boros?
    Umur hp baru 1minggu dri baru.

    • 10 Jul 2017 · 09:10

      Halo gan Muhsin. Kalau menurut ane, daya tahan baterai agan masih normal. Aplikasi game Mobile Legends tergolong permainan 3D berat, gan, plus game ini harus terhubung dengan server terus menerus, sudah pasti memakan daya baterai. Unit Redmi 4X ane juga kira-kira bertahan sekitar 1 hari, gan.

      • Muhsin:
        14 Jul 2017 · 21:22

        Sipp, next gan. Minta saranya mending up mui v8.2.10.0 atau tetap di v8.2.1.0, batreynya irit mana? Soalnya r4x saya yg 2/16, takutnya sisa romnya habis+jadi ngurangin prrforma hp.
        Thnk.

        • 15 Jul 2017 · 16:27

          Di update v.8.2.10.0 Xiaomi memperbaiki panas berlebih saat isi daya, gan, jadi seharusnya baterai lebih awet umurnya. Tetapi tidak ada perbaikan mengenai ke-irit-an baterai, dan ane rasa sama saja setelah 1 minggu menggunakan versi v.8.2.10.0.

  • Edwin:
    09 Jul 2017 · 19:52

    Mohon maaf…. Apa aman gan kalo di upgade ke v8.2.10.0???
    Apa 4Gnya hilang atau sidik jarinya ga bisa mohon pencerahannya ya gan terimakasih

    • 09 Jul 2017 · 21:13

      Halo gan Edwin. Aman, gan. Ane sudah pakai v8.2.10.0 di Redmi 4X, 4G lancar jaya (ane tes dengan 4G Indosat dan Telkomsel), dan sensor sidik jari bekerja dengan baik, gan.

  • Intan:
    09 Jul 2017 · 16:28

    Gan sya mau nanya, beberapa hari ini sya bli hp Xiaomi redmi 4x versi ram 2/16 trus pas sya lht penyimpanan internal cmn ad 10,46 gb? Trus apl dn game nyimpenny jga d penyimpanan internal g bsa d kard sd, gmn nh gan?
    Mksh😊

    • 09 Jul 2017 · 17:21

      Halo ganwati Intan. Iya, gan, memang penyimpanan internal totalnya 16GB, tetapi setelah dikurangi ruang untuk sistem operasi dan partisi system, sisanya sekitar 10 GB.

      Untuk masalah aplikasi, Xiaomi tidak menyediakan pilihan pemindahan penyimpanan aplikasi ke kartu SD karena alasan performa dan kestabilan sistem operasi. Ada beberapa aplikasi di Play Store yang bisa memindahkan aplikasi dari internal ke kartu SD, namun aplikasi ini membutuhkan akses ROOT yang harus dibuka terlebih dahulu. Catatan tambahan: Pembukaan akses ROOT akan menghilangkan garansi resmi, gan. Jadi, sebaiknya dipertimbangkan sebelum ROOT hp agan.

  • Febri Mayandri:
    09 Jul 2017 · 16:16

    Gan, speaker xiaomi redmi 4x nya cma sblah kanan aj ya yg aktif gan?

    • 09 Jul 2017 · 17:12

      Halo gan Febri. Iya, gan, hanya yang sebelah kanan port micro-USB saja yang ada speakernya. Di sebelah kiri port terletak mikrofon, gan.

  • Yuda:
    09 Jul 2017 · 15:54

    Halo master chan…mau nanya hp xiaomi 4x dengan ram 3/32 ….saya baru beli hp xiaomi trus saya kasih akun ..dan lalu setelah seminggu akun saya di pake di xiaomi redmi 4a…dan setelah sehari setelah itu hp xiaomi 4x mati gk bisa di nyalain….apakah situ berpengaruh gan…….

    Dan bagai mana cara mengatasi hp xiaomi 4x yang mati ….mohon penjelasannya master…..
    Trimakasih

    • 09 Jul 2017 · 17:11

      Halo gan Yuda. Ane bisa pastikan penggunaan akun Mi yang sama pada perangkat yang berbeda tidak berpengaruh ke matinya Redmi 4X agan. Ane pakai 1 akun Mi untuk semua ponsel Xiaomi yang ane sudah ulas tanpa ada masalah, gan.

      Saran ane untuk mengatasi masalah Redmi 4X agan yang gak bisa dinyalain, coba colokan charger ke hp. Jika tidak ada tanda-tanda kehidupan (seharusnya ada tampilan isi daya khas Xiaomi), coba tekan dan tahan tombol power selama 10 – 20 detik untuk mencoba restart hp (asumsi hp agan dalam kondisi hang). Jika masih tidak ada nyala sedikit pun, kemungkinan hp agan ada masalah di hardware, ane sarankan bawa ke tempat reparasi hp untuk di-cek.

  • Edwin:
    08 Jul 2017 · 23:06

    Gan saya dapet pembaruan v8.2.10.0 itu apa aman gan maaf

    • 09 Jul 2017 · 14:48

      Halo gan Edwin. Seharusnya aman, gan. Ane belum sempat coba versi MIUI ini (ane punya masih 8.2.9.0), tapi hingga saat ini belum ada yang komplain mengenai versi 8.2.10.0 di forum MIUI, jadi seharusnya aman, baik untuk sinyal 4G maupun aplikasi lainnya.

  • aldi:
    08 Jul 2017 · 22:40

    master chan ane mau tanya,
    ane baru saja beli redmi 4x versi ram 3/32 trus dapet garansi WII ( PT. ARTHA GARUDA MANDIRI ).di box nya tulisan redmi 4x nya gk bahasa china , trus di tepi box ada label global version.
    gimana menurut master chan ?

    • 08 Jul 2017 · 22:53

      Halo gan Aldi. Ponsel 4G yang tidak terdapat tulisan “Dibuat di Indonesia” atau sejenisnya, sudah pasti ilegal untuk dijual di Indonesia, gan, karena peraturan pemerintah mengenai TKDN 30% yang mengharuskan ponsel 4G dirakit / dibuat di dalam negeri. Redmi 4X yang berlabel versi global biasanya diperuntukkan bagi negara India, Malaysia atau negara asia tenggara lainnya, gan.

      • aldi:
        08 Jul 2017 · 23:00

        next answer master ,
        nomor postel yang ane dapet adalah 50290/SDPPI/2017 6921 PT.AGM
        apakah asli redmi 4x

        • 09 Jul 2017 · 14:46

          Nomor postel itu valid, gan, untuk Redmi 4X dan atas nama PT AGM.
          50290/SDPPI/2017 – PT. ARTHA GARUDA MANDIRI – Pesawat Telepon Seluler – Xiaomi & Redmi 4X

          • aldi:
            09 Jul 2017 · 19:03

            berarti hp saya asli dan resmi dari Xiaomi ?

        • 09 Jul 2017 · 20:33

          Kalau ada tulisan “Dibuat di Indonesia”, berarti legal untuk dijual di Indonesia, jika tidak ada berarti barang BM, gan.. Kalau keaslian, sudah pasti asli Xiaomi, gan.

          • aldi:
            09 Jul 2017 · 21:50

            master Chan.
            di bagian belakang body hp saya tapi gk jelas kalau hanya di lihat pakai cahaya baru jelas ada model ponsel trus ada tulisan Made in China, tapi bukan label tempel,

  • Edwin:
    08 Jul 2017 · 21:30

    Kemarin saya udah up grade ke v8.2.9.0 terus saya dapet pembaruan v8.2.10.0 apa aman ga gan?

    • 08 Jul 2017 · 22:35

      Halo gan Edwin. Sejauh ini belum ada yang komplain versi 8.2.10 di forum MIUI, jadi seharusnya aman.

  • Dani:
    07 Jul 2017 · 20:35

    Mau nanya lampu led notifikasi nya cuma putih ya terus kok cepet bener ilang

    • 07 Jul 2017 · 22:57

      Halo gan Dani. Iya, gan, lampu LED notifikasi pada Redmi 4X hanya dapat menampilkan warna putih saja. Dan pengaturannya terbatas, hanya yang tersedia di menu Setelan > Setelan Tambahan > Lampu Notifikasi.

  • Faizal:
    06 Jul 2017 · 11:59

    Om Chang maaf mau tanya sy baru beberapa hari pnya redmi 4x..klo sy tdk perbaiki gpp.??
    Trs cara mengetahui adanya pembaharuan dr sms masuk apa harus buka rom/setelah pembaharuan??

    • 06 Jul 2017 · 20:06

      Halo gan Faizal. Kalau diperbaharui, hp agan akan lebih aman dari serangan virus Android, tapi kalau tidak diperbaharui pun tidak masalah. Pemberitahuan adanya pembaharuan terbaru akan muncul melalui notifikasi di bagian atas layar, atau bisa dicek manual melalui menu Setelan > Tentang Ponsel > System Update.

  • PRIYA HENDY:
    06 Jul 2017 · 09:12

    gan mau nanya kode redmi 4x saya 35838/ SDPPI / 2014 apakah xiaomi saya asli atau palsu gan ?

    • 06 Jul 2017 · 20:02

      Halo gan Hendy. Kalau nomor sertifikatnya sudah pasti palsu, nomor yang agan berikan untuk perangkat Mi 3. Kalau perangkatnya sendiri kemungkinan asli, tapi ilegal untuk dijual di Indonesia.

  • ami:
    05 Jul 2017 · 12:02

    Gan kenapa yah setiap maen game dream leag suka keluar sendiri, game yg support unk xiaomi 4x apa. Tks

    • 05 Jul 2017 · 21:11

      Halo gan Ami. Sepertinya aplikasi Dream League hang, tidak kuat menjalankan game 3D berat. Ane belum sempat coba Dream League di Redmi 4X ane. Weekend nanti ane coba ya, gan.

  • Christian:
    04 Jul 2017 · 20:49

    Apakah redmi 4x sudah di dukung quick charge 2.0.
    Kalo update ke miui 8.2.9.0 apa kelebihan dan kekurangannya. Apakah data akan terhapus.
    Mohon Jawabannya.

    • 04 Jul 2017 · 21:55

      Halo gan Christian. Redmi 4X tidak mendukung fitur Quick Charge versi berapa pun, meski Snapdragon 435 sebenarnya bisa mendukung Quick Charge 3.0.

      Versi MIUI 8.2.9.0.MAMMIEA untuk Redmi 4X adalah versi resmi Global ROM perdana. Kelebihannya ini ROM resmi yang didukung oleh tim MIUI, sehingga tidak ada aplikasi yang tidak pada tempatnya dan semuanya berjalan mulus. Jika agan mengupdate dari versi 8.2.0 (ROM versi pabrik), tidak akan ada data atau aplikasi yang terhapus jika menggunakan “System Update” melalui menu Setelan > Tentang Ponsel > Update Sistem.

      • Christian:
        05 Jul 2017 · 11:34

        Ok min. Thanks ya buat infonya.

  • Aldo:
    04 Jul 2017 · 18:23

    Nah kelupaan 1 lgi min kalo saya nanti dapat notifikasi updatenya ke versi baru yang dirilis Xiaomi
    Apakah sinyal 4g hilang atau tetap permanen?

    • 04 Jul 2017 · 21:57

      Pengalaman ane kalau mendapatkan update resmi dari System Update MIUI, ane belum pernah kehilangan sinyal 4G. Seharusnya aman untuk diupdate, gan.

  • Aldo:
    04 Jul 2017 · 18:21

    Makasih untuk jawabannya dan
    Boleh saya bertanya lagi min
    MIUI saya
    MIUI Global 8.2 Stabil 8.2.9.0 MAMMIMEA
    Tapi ada versi baru dari update Xiaomi kok saya belum dapat notifikasi updatenya ya min?

    • 04 Jul 2017 · 18:25

      Halo gan Aldo. Memang benar sudah ada versi 8.2.10.0.MAMMIEA, gan, tapi seperti yang sudah-sudah, update akan bergulir ke seluruh perangkat Redmi 4X secara bertahap. Jadi cepat atau lambat, pasti akan kebagian, gan..

      • elgrey:
        05 Jul 2017 · 15:12

        Ini pasti dapat pembaruan kan min, soalnya aku belum dapat pembaruan

        • 05 Jul 2017 · 22:02

          Iya gan, jika sudah ada pemberitahuan akan datang.

          • Trisnoe:
            09 Jul 2017 · 02:41

            4G aman apa ngak gan

          • 09 Jul 2017 · 14:48

            Aman, gan.

    • Aldo:
      04 Jul 2017 · 18:25

      MAMMIEA Maksudnya sorry typo untuk yang tadi salah tulisan yang MAMMIMEA

  • Aldo:
    04 Jul 2017 · 18:00

    Min kode postel aku 35661/SDPPI/2014
    Dan sudah MIUI 8.2.9.0
    Dan update patch nya udah 2017-3-1
    Apakah Xiaomi Redmi 4x saya MIUI global dan juga asli?

    • 04 Jul 2017 · 18:05

      Halo gan Aldo. Nomor SDPPI sudah pasti palsu alias bukan untuk Redmi 4X, karena tahunnya 2014, sementara Redmi 4X baru dirilis 2017. Untuk MIUI, jika kodenya MAMMIEA maka MIUI-nya versi Global asli. Kalau dari versinya, 8.2.9.0 adalah versi MIUI Global Stable.

  • AnChan:
    04 Jul 2017 · 09:17

    masterchan , redmi 4x ane mau di update ke v8.2.9 nih mohon pencerahannya ada perubahan apa aja dan ada kekurangannya ngga master ? soalnya ane trauma redmi 3 ane prnh wassalam sinyalnya krn update miui.

    • 04 Jul 2017 · 17:40

      Halo gan AnChan. Ane sudah pakai Redmi 4X dengan MIUI v8.2.9 sejak bulan lalu, sejauh ini tidak ada kendala jaringan. Ane pakai 4G Indosat dan sering dibawa jalan, lancar jaya, gan.

  • Angga yudha:
    03 Jul 2017 · 09:28

    Halo gan master, sy beli redmi 4x Dan pakai provider smartfren, udah coba pake setting APN sperti yg agan tunjukkan d komentar diatasdan berhasil internet lancar, tp ga Bisa dipake telpon Dan sms. Mohon petunjuknya gan. Trims 😀

    • 03 Jul 2017 · 20:10

      Halo gan Angga. Cuma mau memastikan dulu, pulsanya ada kan, gan? 🙂

  • Aboy:
    02 Jul 2017 · 12:26

    Master chan saya mau tanya , kenapa lampu indikator nya ga bisa nyala , padahal udah di atur sana sini , yang di dalam app nya pun sudah di atur tapi tetep ajah ga nyala , hanya pas di carger ajah nyala nya mohon bantuan nya

    • 02 Jul 2017 · 18:53

      Halo gan Aboy. Ijin ke lampu notifikasinya dibuka dulu untuk masing-masing app, gan. Caranya:
      1. Buka menu Setelan > “Notifikasi & bar Status”
      2. Pilih “Notifikasi Aplikasi”
      3. Pilih aplikasi yang ingin mendapatkan akses LED notifikasi
      4. Aktifkan “Lampu Notifikasi” (paling bawah)

      Semoga membantu.

  • aldi sadid:
    01 Jul 2017 · 18:09

    Master chan mau tanya.
    Xiaomi redmi 4x saya kan versi ram 2/16,
    Apakah itu resmi dari xiaomi, dan nomor postelnya tahun 2014 apakah xiaomi redmi 4x ane palsu?
    Mohon penjelasannya master

    • 01 Jul 2017 · 22:44

      Halo gan Aldi Sadid. Kalau nomor postelnya 2014, sudah pasti nomornya palsu, gan, alias bukan untuk Redmi 4X karena model ini baru dirilis Xiaomi pada tahun 2017. Kalau hp-nya sih asli, gan, cuma masuk ke Indonesia secara ilegal saja (barang “black market” atau BM).

      • Aldi sadid:
        02 Jul 2017 · 11:06

        Berarti hp saya asli dan resmi produk xiaomi kah master ?

        • 02 Jul 2017 · 18:56

          Asli dan resmi dari Xiaomi, gan, tapi ilegal di Indo 🙂

          • aldi sadid:
            02 Jul 2017 · 19:40

            Oke, makasih master chan 😉

  • Aghis Supyan:
    30 Jun 2017 · 23:46

    Misi mau tanya…
    Hp Xiaomi resmi 4X 3/32 gb saya led nya g bisa nyala padahal udh diatur semua…
    Walaupun bisa warna putih aja…
    Tapi LED nya nyala cuma Pas dicharger aja… Tolong sarannya. Makasih.

    • mita andriani:
      01 Jul 2017 · 10:22

      itu diatur di app notifikasinya supaya muncul led notifikasinya
      setting–>notifikasi dan status bar–>app notifikasi–>terus pilih app yg mau di pakein notification light nya

  • Sholikhan:
    30 Jun 2017 · 10:02

    Gan kal update redmi 4x miui 8.2.10.0 lewat download di forum miui (bukan di tentang =>pembaruan sistem) aman gak ya & bisa nggak

    • 30 Jun 2017 · 20:02

      Halo gan Sholikhan. Aman, gan. Forum MIUI memang sumber ROM terbaru dan paling aman untuk Xiaomi. Agan tinggal mengunduh ROM yang sesuai, lalu bisa mengikuti langkah-langkah di artikel ane ini.

  • Gy:
    30 Jun 2017 · 04:39

    Saya make xiaomi redmi 4X
    bisa ada yang jelasin tidak di saat saya berpindah ke mode hening+getar
    Sambil dengerin musik mp3 ko ikut berhenti musiknya.
    Tapi di saat ke mode biasa lagi bukan mode hening+getar. musik berjalan lagi seperti biasa normal.
    Biasanya kan mode hening itu cm buat panggilan tlf atau notifikasi lainnya.
    Mohon ada yg bisa jelasin.

    • 30 Jun 2017 · 20:01

      Halo gan Gy. Di MIUI memang begitu, gan, kalau agan aktifkan melalui panel pengaturan di atas mode hening / getar menurunkan semua volume ke off. Kalau agan hanya ingin menonaktifkan suara notifikasi / telepon masuk, saran ane gunakan saja tombol volume lalu geser ke kiri slider bergambar lonceng.

  • Fahrian Syah:
    30 Jun 2017 · 03:10

    Misi gan mau nanya , Untuk Redmi 4x kalo pake Sim Converter agar kedua sim dan kartu memori bisa dipake itu aman gak?

    Makasih…

    • 30 Jun 2017 · 19:57

      Halo gan Fahrian. Seharusnya aman kalau chip kartu SIM dan memori tetap utuh saat dipasang.

  • mirza:
    29 Jun 2017 · 19:24

    gan nomer postel saya 35661/sdppi/2014 apakah itu punya redmi 4x. makasih

    • 30 Jun 2017 · 19:53

      Halo gan Mirza. Nomor postel yang agan tulis tidak terdaftar di Ditjen SDPPI, alias palsu, gan. Atau agan salah ketik?

  • Shakila:
    29 Jun 2017 · 17:18

    Lw hp sinyal hilang(kartu sim terbaca namun tanda sinyal di hp X/tidak ad sinyal) apa itu pengaruh karna seringnya ganti krtu sim? Ane udh coba segala cara tetap saja tidak ada sinyal atau bertanda X namun sim terbaca di hp
    Atau ada pengaruh nya tidak memakai mi cloud atau membuat akun mi di xiaomi 4x

    • 30 Jun 2017 · 19:50

      Halo gan Shakila. Kalau kartu SIM terbaca dan nama operator muncul tapi masih tanda X pada sinyal, ane curiga antara dua hal:
      1. kartu SIM ditolak masuk ke jaringan operator tersebut, mungkin karena masa aktif sudah habis atau diblokir oleh operator.
      2. sinyal lemah sehingga tidak bisa masuk ke jaringan. Coba cari tempat yang sinyalnya lebih baik untuk masuk ke jaringan.

      Mi Cloud dan akun Mi tidak berpengaruh ke sinyal / jaringan operator, gan. Semoga membantu.

  • Shakila:
    29 Jun 2017 · 07:32

    Gan ane pke versi 8.2.1.0 MAMMIEA itu udah versi resmi blm?
    Satu lg klw ane pke sim utk paket kuotanya cuma 1 kali pake aja dan terus ganti sim tiap kali paket habis aman gak gan?
    Ane pake hp xiaomi buatan cina

    • 29 Jun 2017 · 16:46

      Halo gan Shakila. Benar, itu versi resmi MIUI Global, tapi yang terbaru sudah versi 8.2.10.0.MAMMIEA. Untuk gonta-ganti SIM aman, gan. Pastikan saja agan tidak lupa memilih SIM yang dipakai untuk panggilan data jika menggunakan dual SIM.

  • Widhi Sigit:
    28 Jun 2017 · 06:01

    Halo, selamat pagi Admin,
    Mau tanya soal light tombol di Redmi 4X memang tidak nyala ya?
    Tombol recent, home dan back tidak ada backlightnya?

    • 28 Jun 2017 · 20:35

      Halo gan Widhi Sigit. Benar, gan, Redmi 4X tidak dilengkapi lampu backlight pada tombol navigasinya. Tombol navigasi semua hp seri Redmi memang tidak dilengkapi lampu backlight.

  • ibnu m:
    27 Jun 2017 · 03:04

    gan mohon di balas secepatnya…
    redmi 4x punya ane ko sinyal susah ya… kalo sim 1 mintanya 4G terus tapi tidak bisa terhubung internet. dan parahnya lagi kalo di ubah prioritas jaringan ke 3G atau 2G malah sinyal hilang tidak ada layananm
    trus kalo dual sim hidup yang sim 2 tidak ada layanan dan sinyal x … solusinya gan
    apakah dengan memperbaharui versinya bisa meperbaiki kekurangan tersebut. versi ane 8.2.1.0 ane dapat pembaruan 8.2.9.0

    • 28 Jun 2017 · 20:21

      Halo gan Ibnu. Boleh tahu agan pakai operator apa? Agan bisa periksa kekuatan sinyal melalui menu Setelan > Tentang Ponsel > Status > Status SIM. Saat agan set SIM 1 di jaringan 4G dan saat diatur jaringan 3G/2G saja, apakah ada bacaan sinyal di tampilan Status SIM? Hal yang untuk jika dual SIM pada SIM 2.

      Ane curiganya sinyal di tempat agan sinyalnya lemah untuk operator. Masalah prioritas 3G/2G jadi hilang sinyal, biasa terjadi di operator smartfren yang sinyal 3G/2G-nya kurang bagus, mereka hanya fokus di 4G.

  • Muhammad darwin:
    26 Jun 2017 · 16:11

    Master Chan, saya mau nanya, mohon di bales:)
    Kemarin saya baru beli HP Xiaomi redmi 4x, Versi MIUI saya MIUI Global 8.2 | stabil 8.2.1.0 (MAMMIEA), dan saya mau mengupdate ke versi terbaru yaitu V8.2.9.0, bagaimana cara atau langkah dalam pengupdetan tersebut, setelah itu sudah saya lihat untuk mendownload 1,5gb dalam pembaruan tersebut, bagaimana langkahnya? Apakah langsung di download?
    1. Lagi pertanyaan saya, sidik jari di hp saya tidak bisa dipasang karena mungkin kesalahan bug, apakah waktu udah di update ke versi tersebut mungkin bisa digunakan kembali,
    MOHON RESPON ANDA, SANGAT SAYA HARGAI, maaf kepanjangan jadi ribet ngebacanya. Terima kasih.

    • 26 Jun 2017 · 16:40

      Halo gan Darwin. Untuk update, langsung saja diunduh dan dipasang, gan. Proses update teraman untuk MIUI adalah melalui updater di menu “Tentang Ponsel”.

      Untuk masalah sidik jari, seharusnya tidak ada bug di versi 8.2.1.0, gan. Unit Redmi 4X ane bisa menggunakan sidik jari sejak versi itu. Agan bisa coba mendaftarkan sidik jari di menu Setelan > Kunci Layar & Sidik Jari > Kelola Sidik Jari > Tambah Sidik Jari. Setelah merekam sidik jari, pastikan di menu bawah Menerapkan Sidik Jari bagian Layar Kunci dalam keadaan aktif. Jika tidak bisa, error apa yang muncul, gan?

      • Muhammad darwin:
        26 Jun 2017 · 21:34

        Tidak dapat tambah sidik jari, coba lagi

        • Muhammad darwin:
          26 Jun 2017 · 21:49

          Awal beli hp bisa masterchan, gak ribet buka kunci, tapi setelah di matikan hpnya beberapa menit lalu dihidupin udah gak bisa, kenapa ya? Saya jadi ribet:(

          • Muhammad darwin:
            26 Jun 2017 · 22:01

            Pada saat pengupdetan, apakah file2 atau aplikasi lainnya akan hilang? Tolong bantuannya MasterChan:)

          • 28 Jun 2017 · 20:12

            Kalau update melalui MIUI updater (di menu Setelan > Tentang Ponsel > Pembaruan Sistem), file dan aplikasi akan tetap ada, gan.

          • 28 Jun 2017 · 20:16

            Redmi 4X ane bisa membaca sampai maksimal 5 sidik jari, gan. Saran ane, coba update / pembaruan sistem. Jika tidak bisa, coba lakukan factory reset / setelan pabrik: menu Setelan > Setelan Tambahan > Buat Cadangan & Setel Ulang > Kembalikan ke Setelan Pabrik.

  • Fahrul:
    26 Jun 2017 · 15:05

    Master hp redmi 4X ane jatuh sekitar stgh mter itu aman ga ya dlm arti kuat banting? ko dbagian atas hp ane ada bunyi ny gitu kllo di gerak2 kin kya ada komponen kendor gitu itu knpa yah. mohon pencerahan nya mas

    • 26 Jun 2017 · 16:05

      Halo gan Fahrul. Bunyi komponen kendor apakah masih terdengar kalau hp digoyang dengan tangan diluruskan? Jika tidak terdengar, maka aman, gan. Di unit Redmi 4X ane juga ada bunyinya dari sekitar kamera belakang, tapi hanya terdengar saat digoyang dekat dengan kuping saja.

  • Yohannes:
    26 Jun 2017 · 04:31

    Gan mau tanya kenapa hp redmi 4x saya kok blm dapat pembaruan padahal sudah ada versi terbaru v8.2.10.0 dan versi redmi 4x saya masih v8.2.9.0 . Terima kasih

    • 26 Jun 2017 · 16:03

      Halo gan Yohannes. Versi v8.2.10.0.MAMMIEA memang masih dalam tahap percobaan, jadi Xiaomi memilih secara acak unit yang kebagian update ini, katanya sih hanya 50% yang kebagian, sambil dicek apakah optimisasi dan bug masih ada atau tidak. Jika sudah OK, Xiaomi akan merilis update ini untuk semua perangkat Redmi 4X, gan. Jadi, ditunggu saja updatenya, gan.

  • Fajar sidiq:
    25 Jun 2017 · 12:48

    Gan, ane mau tanya, di notif xiaomi redmi 4x muncul tulisan “Terdereksi resiko keamanan. Versi miui saat ini telah dimodifikasi. Itu maksud.a gmn gan,???
    Versi ROMnya 8.2.7.2 (MAMMIEA) apa perlu di upgread ke versi 8.2.10.0 (MAMMIEA) yg ada di situs en.miui.com,??

    • 26 Jun 2017 · 16:00

      Halo gan Fajar. MIUI memang menanamkan fitur pengecekan keaslian ROM bernama MIUI Checker. Jika ROM dimodifikasi, akan muncul peringatan seperti itu. Saran ane, upgrade ke 8.2.10.0 dengan ROM MIUI Global Stable yang terbaru saat ini.

  • Tegar:
    25 Jun 2017 · 10:58

    min….perbedaan antara rom 8.2.9.0 dg 8.2.10.0 apa ya….mau upgrade tp msh ragu kalo ga ada prrbedaan sama sekali

    • 26 Jun 2017 · 15:56

      Halo gan Tegar. Di 8.2.10.0.MAMMIEA, Xiaomi memperbaiki beberapa hal:
      1. Masalah hp menjadi panas saat dicharge
      2. Masalah banyak noise saat menggunakan kamera pada kondisi gelap (dioptimisasi)
      3. Masalah delay saat ada panggilan masuk
      4. Optimisasi app Gallery yang memakan baterai terlalu banyak pada kondisi tertentu

      Jika sudah ada permintaan update, saran ane segera diupdate saja, karena saat ini Xiaomi masih membatasi ketersediaan update ke 8.2.10.0.

      • kristanto Ag:
        01 Jul 2017 · 00:21

        Gan kemarin baru beli di suruh update ke 8.210 kok sekarang tidak uncul pembaruan update lagi ya

  • hangga:
    24 Jun 2017 · 14:07

    kalau mau dapet sinyal 4G harus ditaroh di slot sim 1 ngga? kalo ditaroh di slot sim 2 (nano sim) bisa ngga?

    • Trisnoe:
      30 Jun 2017 · 19:15

      Bisa om

    • 30 Jun 2017 · 20:20

      Halo gan Hangga. Bisa, gan, tapi SIM 1 harus kosong.

  • Nafiatul:
    23 Jun 2017 · 23:34

    Gan mau tanya dong, redmi 4x saya hari ini led notifikasinya gak nyala. Padahal kemarin2 nyala .. itu gimana ya gan caranya biar mau nyala terus. Padahal di settingnya udah bener.

    • 30 Jun 2017 · 20:24

      Halo gan Nafiatul. Kalau sedang diisi daya, apakah lampu LED notifikasi bisa menyala? Jika bisa, dan pengaturan lampu notifikasi sudah benar, ane curiga aplikasi agan yang harus diaktifkan ijinnya. Caranya:
      1. Buka menu Setelan > “Notifikasi & bar Status”
      2. Pilih “Notifikasi Aplikasi”
      3. Pilih aplikasi yang ingin mendapatkan akses LED notifikasi
      4. Aktifkan “Lampu Notifikasi” (paling bawah)

      Semoga membantu.

  • Rofimia:
    23 Jun 2017 · 20:06

    Gan xiaomi redmi 4x camera depannya apa ada timernya, aku baru beli aku cari” tpi kok ngga ada,
    Jadi,gimana nih ngatur timernya, emang ada apa enggak?
    Maksii😀

    • 24 Jun 2017 · 18:04

      Halo gan Rofimia. Ada, gan, pengaturan timer ada di menu Mode (tepat di atas tombol foto), lalu pilih Timer, agan bisa pilih 3, 5 atau 10 detik.

  • Sahlan:
    23 Jun 2017 · 14:16

    Gan redmi 4X ane ko klw ada notif Wa fb bm ko ga nyala lampu led itu knpa,,tpi udh diataur gan setelan apl semua nya nyala nya pas dicas doang warna putih Miui nya 8.2.1.0 mohon saran nya gan tks

    • 24 Jun 2017 · 17:50

      Halo gan Sahlan. Coba aktifkan pengaturan notifikasi aplikasi. Contoh untuk aplikasi BBM: Buka menu Setelan > Notifikasi & Bar Status > Notifikasi Aplikasi > BBM > Aktifkan “Lampu Notifikasi”. Lakukan hal yang sama untuk aplikasi WA dan FB. Kalau soal warna lampu LED pada Redmi 4X hanya dapat menyala 1 warna, yaitu putih saja, gan.

  • eden:
    22 Jun 2017 · 16:18

    gan redmi 4x dalam pemakaian biasa nyalananya hampir 2 hari, itu wajar gak si gan?? kalo gak dipake batere ngurang sendiri ane jadi kawatir batere bermasalah pdhl baru aja beli..thx

    • 22 Jun 2017 · 21:57

      Halo gan Eden. Lama pemakaian ponsel terganting dari penggunaanya, gan, seperti berapa lama dipakai telepon, berapa lama layarnya hidup, dsb. Jadi variabelnya banyak. Kalau agan takut baterainya bermasalah, pastikan saja bacaannya tidak teratur (misal kadang 90%, kadang turun cepat ke 60%, atau tidak bisa lebih tinggi dari 50%, dst). Jika bacaannya teratur, maka baterai dalam kondisi sehat.

  • Tigor:
    21 Jun 2017 · 14:14

    Maaf gan sy baru beli hp xiaomi redmi 4x no ponselnya 35838/SDPPI/2014,, apakah bisa di update dri versi 8.2.1.0 ke versi 8.2.9.0 tolong pencerahan nya gan

    • Ivan:
      22 Jun 2017 · 18:52

      Sekilas info nih utk Redmi 4X yg release di April 2017 sudah tersedia Rom Miui 8.2.2.0 dan bisa update ke versi terbaru di 8.2.9.0 secara otomatis jika diatur di pengaturannya.

    • 22 Jun 2017 · 21:18

      Halo gan Tigor. Yang pasti nomor SDPPI-nya bukan untuk Redmi 4X. Mengenai update MIUI, bisa dicoba melalui update di menu Setelan > Tentang Ponsel > System Update.

  • Irfan:
    21 Jun 2017 · 10:49

    Numpang nanya ane br seminggu beli Redmi 4X nomer postel nya 50290/SDPPI/2017 sama versi MIUI nya 8.2.1.0(MAMMIEA) bawaan PT AGM itu resmi apa kaga ya ap perlu diaptude lagi klo iya k versi apa?

    • 22 Jun 2017 · 21:10

      Halo gan Irfan. Asli, gan. MIUI-nya juga versi Global asli. Bisa agan update, terakhir sampai versi 8.2.10.0 (MAMMIEA).

  • aldi sadid:
    20 Jun 2017 · 12:35

    mau tanya gan , contoh xiaomi yang ada tulisan di buat di indonesia kayak gimana ya ?

  • davian:
    20 Jun 2017 · 09:04

    kalo beli 4x yg ram 2gb sering lag atau hang ndak ya master?

    • 30 Jun 2017 · 20:26

      Halo gan Davian. Ane pakai yang 2GB/16GB, kalau untuk aplikasi WhatsApp, Facebook dan Chrome sih tidak lag, gan. Bermain Mobile Legends juga masih lancar. Cuma kalau lagi buka game ini (atau aplikasi game berat lainnya) lalu mau buka WhatsApp, terasa agak lambat.

  • Ruslan:
    20 Jun 2017 · 00:57

    Min gmna cara menggunakan mi remot di redmi 4x?

    • 30 Jun 2017 · 20:27

      Halo gan Ruslan. Untuk memakai remote, pakai aplikasi Mi Remote, seharusnya ada di folder Tools.

  • joy:
    20 Jun 2017 · 00:49

    Guys warna led notifikasinya kok gak bisa berubah tetep aja warna putih apa harus di update k v8.2.9.0 biar bisa brubah warnaya

    • 30 Jun 2017 · 20:28

      Halo gan Joy. Warna LED Notifikasi Redmi 4X hanya bisa menampilkan warna putih saja. Warna ini dikunci di kernel sistem operasi, meskipun secara hardware lampu LED bisa berbagai warna RGB.

  • Torobayu:
    19 Jun 2017 · 05:43

    Min saya baru beli redmi 4x tapi Rom nya abal- abal trus saya flash ke Rom global 8.2.9.0 tetapi setelah di flash sering muncul com. android system berhenti dan harus restart ulang dan juga fitur equalizer di pengaturan headpone audio juga tidak berfungsi mohon pencerahan

    • 19 Jun 2017 · 21:41

      Halo gan Torobayu. Ane curiga saat pemasangan ROM ada yang tidak sempurna. Saran ane:
      1. Coba lakukan “Reset Pabrik”.
      2. Jika masih suka error, Coba update versi MIUI melalui Updater MIUI ke versi terbaru v8.2.10.0 MAMMIEA
      3. Jika masih tidak bisa, coba flash ulang dengan menggunakan Developer ROM (versi terbaru 7.6.8 (MIUI8)), lalu baru flash lagi dengan Stabel ROM MIUI 8.2.9.0 MAMMIEA.
      Flashing ROM Xiaomi memang penuh resiko, gan. Ada error sedikit akan muncul banyak error. Semoga berhasil!

  • Trisnoe:
    17 Jun 2017 · 22:36

    Gan ane mau tanya..

    Saya mau pasang sim hybird di redmi 4X… Tapi kok susah ya…. Atau posisi kurang pas

    Apakah 4X bisa di kasih sim hybird.

    Trims

    • 19 Jun 2017 · 21:29

      Halo, gan Trisnoe. Maksud agan menggunakan dua kartu SIM? Kalau itu maksud agan, iya, bisa, gan, 1 SIM micro (SIM 1) dan 1 SIM nano (SIM 2). Ane pasangnya seperti ini (yang bawah), gan:

  • Irvan:
    17 Jun 2017 · 22:31

    Keuntungan nya apa bro klo xiaomi 4x di update ke versi V8. 2.9.0 MAMMIEA, hp jdi lemot gak???

    • 17 Jun 2017 · 22:37

      Halo gan Irvan. Ane sudah pakai v8.2.9.0 sekitar 3 minggu, aman-aman saja, gan. 4G juga lancar.

  • Jullian:
    16 Jun 2017 · 20:30

    Gan kalo masukin kartu sd tapi ga kebaca kebaca kenapa ya ?
    Terus kalo misalkan barang bm gitu aman ga ?

    • 16 Jun 2017 · 20:37

      Halo gan Jullian. Unit Redmi 4X ane bisa membaca micro SD berkapasitas 64GB dengan lancar. Ane curiganya kartu SD nya corrupt atau posisinya di dalam tray tidak sempurna / bergeser saat dimasukkan. Coba pastikan posisinya sudah benar di dalam tray. Jika masih tidak bisa, coba di hp lain dan apabila juga tidak terbaca, kemungkinan kartu SD agan rusak.

      Kalau barang BM sebenarnya dibilang aman sih aman, gan, cuma agak ribet kalau harus urus garansi karena yang menangani garansi adalah distributor, bukan pabrikan atau agen resminya.

  • Nopal:
    16 Jun 2017 · 02:44

    Mau tanya knpa kok tombol navigasi bawah kok gk bisa hidup lagi lampunya padahal sebelumnya itu hidup pas ada pemberitahuan update ke MIUI 8.2.10.0MAMMIEA apa harus di update dulu gan?

    • 16 Jun 2017 · 20:00

      Halo gan Nopal. Tombol navigasi Redmi 4X memang tidak dilengkapi lampu backlight-nya, gan. Xiaomi tidak pernah memasangkan lampu pada tombol navigasi di seri Redmi (kecuali Redmi Pro).

  • Momon melpost:
    15 Jun 2017 · 10:58

    gan punya saya Rom nya 8.2.5.0.0(MAMCNEA) di update kok gk bisa ya gan…apa itu rom abal abal,Mohon saranya gan

    • 15 Jun 2017 · 17:59

      Halo gan Momon. Dari kode ROM agan bisa langsung terlihat, MAMCNEA, digit ke 4 dan 5 adalah CN yang berarti ini adalah ROM China. Kalau ROM resmi Global digit 4 dan 5 adalah MI.

      Untuk memasang versi ROM Global, agan bisa unduh ROM-nya di tautan ini. Lalu untuk langkahnya bisa mengikut artikel ini, gan, mulai dari langkah 2 sampai habis.

  • Zufa:
    15 Jun 2017 · 02:52

    ASSALAMUALAIKUM…
    Ane mau nanya gan….
    Cara mengubah penyimpanan unduhan dari google chrom, di pindah ke sd gimana ya gan….

    • 16 Jun 2017 · 21:04

      Mualaikumsalam..
      Chrome tidak menyediakan pengaturan untuk mengubah penyimpanan dari internal ke SD. Kalau memang agan harus melakukannya, ada app browser selain Chrome yang mendukung simpan unduhan ke SD, seperti Opera dan Dolphin.

  • Mahyudin:
    14 Jun 2017 · 23:27

    mohon infonya nomor postel 22719/SDPPI/2012 apakah untuk 4X.?? punya saya nomor postelnya seperti itu gan mohon pencerahannya barang asli apa gak.Tapi Romnya udah versi 8.2.2.0MAMMIEA sebelum di upgrate ke versi 8.2.9.0MAMMIEA

    • 15 Jun 2017 · 17:57

      Nomor SDPPI yang agan berikan jelas bukan untuk Redmi 4X, gan. Redmi 4X dirilis tahun 2017, jadi seharusnya angka tahunnya 2017, bukan 2012. Redmi 4X agan termasuk barang black market (BM). Kalau ROM resmi mudah dipasang, gan, tinggal unduh dari situs MIUI lalu dilakukan flash ROM.

  • Mahyudin:
    14 Jun 2017 · 22:44

    Hallo gan apakah versi 8.2.10.0 MAMMIEA Rom global resmi dari Xiaomi..?? Soalnya di pembaruan sistem ane muncul versi itu mohon pencerahannya.

    • 15 Jun 2017 · 17:54

      Halo gan Mahyudin. Benar, gan, ROM MIUI resmi versi Global terbaru v8.2.10.0 MAMMIEA, memperbaiki beberapa bug termasuk panas saat diisi daya.

  • april:
    14 Jun 2017 · 20:51

    hallo master, saya mau tanya nih
    saya kan beli hp xiaomi redmi 4x tgl 10april yang lalu. nah sebulan kemudian hp saya tiba2 rusak, layarnya menjadi kembung.kemudian saya bawa ke konter hp katanya batrai nya bocor. lama kelamaan. hp saya jadi bengkak ke layar dan kebagian belakangnya juga bengkak.
    saya mau bertanya apakah hp xiaomi saya bisa di perbaiki?

    • 14 Jun 2017 · 22:43

      Halo ganwati April. Menurut ane sih bisa, gan, ganti baterai lalu ganti LCD jika rusak. Jika LCD tidak rusak, tidak perlu diganti. Saran ane bawa aja ke toko reparasi hp untuk diganti baterainya dan dicek LCD-nya.

      • dina:
        22 Jun 2017 · 10:36

        sebab dari layar kembung gtu knp gan apa karena ngecas terlalu lama atau gimana

        • 22 Jun 2017 · 21:55

          Penyebab baterai kembung biasanya karena sering terlampau panas, dicharge dengan voltase yang tidak sesuai (pakai charger abal-abal) atau memang karena cacat produksi.

  • fadhlan:
    14 Jun 2017 · 17:06

    Xiaomi Redmi 4X No. Postelnya 36078/SDPPI/2015 (2674) Versi Android 6.0.1 MMB29M, Keamanan Android 01-02-2017, Versi MIUI Global 8.2 | Stabil 8.2.2.0 (MAMMIEA), apakah RESMI atau Abal-abal ? serta konfirmasi pembaharuan tersedia V8.2.9.0.MAMMIEA, bagaimana apa saya abaikan saja. Mohon pencerahannya Gan

    • 14 Jun 2017 · 22:38

      Halo gan Fadhlan. Kalau dari info yang agan berikan, hp agan adalah barang BM (tidak berijin lengkap), sementara ROM MIUI-nya versi Global resmi, terlihat dari kode ROM MAMMIEA.

      ROM MIUI Redmi 4X yang terupdate saat ini adalah v8.2.9.0 (MAMMIEA). Kebetulan Redmi 4X yang ane pakai sudah diupdate ke versi itu, gan. Sudah ane pakai hampir 3 minggu, semuanya lancar gan, termasuk koneksi 4G (Indosat, Telkomsel dan Smartfren sudah ane coba dan semuanya lancar).

  • dini andiani:
    14 Jun 2017 · 12:16

    halo
    saya baru beli HP Xiaomi 4x nya sekitar seminggu yg lalu. kata penjualnya kalo ada notif pembaruan kalo bisa jangan di perbarui sendiri, jadi sampe skrg update dari MIUI blm pernah di okein. yang saya mau tanya kalo ga di update ke versi yg baru apa yg akan jadi masalahnya ya ?
    MIUI di hp saya masih versi 8.2.1.0.
    mohon jawabannya yaa. thankyouu

    • 14 Jun 2017 · 20:56

      Halo gan Dini. Pastikan kode nama MIUI-nya adalah MAMMIEA, selain nama itu ROM MIUI-nya palsu.

      Versi terbaru ROM MIUI resmi Global Stabil adalah v.8.2.9.0 MAMMIEA. Ane sudah pasang versi itu sejak sekitar 3 minggu lalu di Redmi 4X ane, sinyal 4G indosat aman tentram sentosa, gan. Ane sempat coba dengan 4G Telkomsel dan 4G+ Smartfren juga tokcer semua. Kalau yang dibilang penjual benar bahwa 4G-nya akan terpengaruh, seharusnya ane rasakan langsung di unit ane.

      • Ivan:
        22 Jun 2017 · 19:12

        Selamat mlm agan admin yg baik hati, mau tanya kalau update pembaruan rom ke 8.2.9.0 aman gak? Sekilas info, redmi 4x sya no. postel 35662/SDPPI/2014, Rom Miui 8.2.0.2 (MAMMIEA) Apakah bisa menyebabkan bootlop? Soalnya sya newbie bnget soal xiaomi, Tks sblumnya

  • kharisma arya:
    14 Jun 2017 · 08:55

    halo master tau caranya mematikan lampu led saat charging , kasian lampunya hidup , lagi mati .haha

    • 14 Jun 2017 · 20:34

      Halo gan Kharisma. Pengaturannya ada di menu Setelan > “Setelan Tambahan” > “Lampu Notifikasi” > Nonaktifkan “Lampu Nyala Saat Isi Daya”.

  • Yovan Marcell:
    13 Jun 2017 · 21:55

    Gan xiaomi redmi 4x saya, no postelnya 50291/SDPPI/2017 setelah saya cek sertifikat untuk hp xiaomi redmi note 4. Menurut agan xiaomi redmi 4x saya gimana ?

    • 14 Jun 2017 · 17:55

      Halo gan Yovan Marcell. 50291/SDPPI/2017 benar adalah Redmi Note 4X. Untuk Redmi 4X nomor sertifikatnya 50290/SDPPI/2017, hanya beda 1 angka. Coba agan cek label Made In / Dibuat Di. Kalau di Indonesia, maka perangkat agan asli. Tapi kalau bukan, perangkatnya adalah barang BM.

      • Yovan Marcell:
        14 Jun 2017 · 21:09

        Setelah saya baca baca lagi gan, coba dengan imei ternyata no ke 7 dan 8 yaitu 03 dikatan kalo itu buatan dri kanada.. brati termasuk barang BM kah ?

        • 14 Jun 2017 · 21:38

          Kalau digit 7 dan 8 pada IMEI adalah 03, berarti ponsel buatan China, gan. Tapi ponsel yang dirakit di Indonesia tapi mesinnya buatan China juga ada yang 03, tapi bukan BM karena ada sertifikasi SDPPI dan tercatat di situs TKDN. Jadi yang digit 7 dan 8 IMEI-nya 03 belum tentu BM, gan.

  • Kisahi:
    13 Jun 2017 · 17:13

    1. Ane bru beli redmi 4X, terus saya charge dalam keadaan mati, kok panas ya tetapi setelah terisi 50% mulai dingin sampai pengisian selesai. Begitu juga klo dalm keadaan ponsel hidup. Apakah itu wajar?

    2. No. Postelnya 49681/SDPPI/2017 apakah resmi?. Makasih master, ditunggu jawabannya

    • 13 Jun 2017 · 19:26

      Halo gan Kisahi. Menjawab pertanyaan agan:
      1. Wajar, gan. Saat baru dicharge, charger agan memasok arus maksimal (sekitar 2A) menyebabkan baterai semakin lama semakin panas. Saat panasnya mencapai suhu tertentu, proteksi kelebihan panas akan mengurangi arus yang masuk di bawah 1A agar si hp menjadi dingin, tetapi waktu pengisiannya akan menjadi lama.
      2. 49681/SDPPI/2017 adalah nomor untuk Redmi 4X atas nama PT Erajaya. Ini resmi, gan.

  • fadhlan:
    13 Jun 2017 · 01:10

    ROM ku versi MIUI Global 8.2 | Stabil 8.2.2.0(MAMMIEA) meminta pembaharuan, bagaimana selanjutnya gan tindakan ku ? mohon pencerahannya

    • 13 Jun 2017 · 19:03

      Halo gan Fadhlan. Update yang diminta ke versi berapa, gan? Kalau ke V8.2.9.0.MAMMIEA, lanjut update, gan.

  • Anafitrotuss:
    12 Jun 2017 · 11:04

    Maaf gan tanya lagi, setelah saya membaca semua pertanyaan dari semuanya, kesimpulannya apakah aman jika ada update an versi 8.2.9.0 tapi kita abaikan, dan tetap di versi 8.2.0.2 punyaan ku?

    • 12 Jun 2017 · 21:55

      Aman, gan. MIUI 8.2.9.0 adalah versi resmi dari Xiaomi. Lanjutkan update saja, gan..

      • Trisnoe:
        13 Jun 2017 · 08:02

        Gan… Punya ane kok g bisa d lerbarui ya.
        Keterangan sumber tidak jelas
        Padahal sudah download 1.5gb….. N file d memory juga hilang

        Tolong d bantu

        • 13 Jun 2017 · 19:18

          Agan Trisnoe pakai MIUI versi berapa, gan? Versi resmi V8.2.X.0.MAMMIEA (X antara 0 – 9)

  • Anafitrotuss:
    12 Jun 2017 · 10:33

    Halo kak, saya mau tanya, saya masih pemula untuk pegang hp xiomi, baru beli xiomi redmi 4x dengan versi 8.2.0.2, dan baru dapat pemberitahuan untuk update ke v8.2.9.0MAMMIEA, yang saya tanyakan apakah ada efek samping dari updatean tersebut, terutama untuk performa dan signal 4g nya?? Soalnya dari rumor yang beredar jika xiomi diupdate performanya bakal turun dan 4g nya hilang, tolong solusinya min

    • 12 Jun 2017 · 21:54

      Halo gan Anafitrotuss. Unit Redmi 4X ane sudah diupgrade ke MIUI 8.2.9.0 MAMMIEA. Ane pakai 4G Telkomsel, Indosat dan Smartfren semuanya lancar jaya, gan.

    • Tegar:
      13 Jun 2017 · 18:22

      amaaaannn……
      punyaku jg ud update,beli baru 3hr kmdn dpt update,ga sengaja ke update tp ternyata aman n resmi….q update cepet og,ga ampe 25menit

  • Restu:
    11 Jun 2017 · 20:26

    Mau tanya soal charging.
    Apakah normal ada kebocoran arus pada bagian case metal belakang pd xiaomi redmi 4x?
    Arus listrik terasa saat hp di sentuh dlm posisi charging. Mks

    • 11 Jun 2017 · 21:28

      Halo gan Restu. Normalnya tidak ada kebocoran arus di bagian casing ponsel yang terbuat dari metal. Ane curiga masalahnya ada di charger-nya, gan. Coba ganti dengan charger lain, apakah masih terasa arus listriknya.

      Pada charger yang jelek, insulasi antara arus DC dan AC bisa kurang bagus dan bisa bocor sampai ke port USB dan bagian metal dari ponsel.

      • Restu:
        12 Jun 2017 · 06:21

        O iya, ulasan d atas tertulis:
        “Charger bawaan tidak mendukung Quick Charge 3.0”
        Apakah mungkin bila memakai charger yg masuk kedalam type fast charging akan dapat berfungsi. Kalo boleh tau type charger apa yg support quick charge untuk 4x?
        Charger yg saya dapat type: MDY-08-EV
        Mksh utk jawaban’a.

        • 12 Jun 2017 · 21:53

          Untuk dapat memanfaatkan fitur Quick Charge (QC) secara penuh, hp dan chargernya harus sama-sama mendukungnya, gan. Redmi 4X tidak mendukung fitur QC atau yang setara. Tapi kalau agan menggunakan charger yang mendukung QC 3.0, Redmi 4X dapat terisi sedikit lebih cepat karena charger QC bisa mengisi dengan arus sedikit lebih tinggi (1.2 – 1.5A @5V) dari charger biasa (1A @5V).

          Untuk mencari charger yang mendukung QC3, charger bawaan Redmi 4X tidak bisa, gan. Agan bisa cari charger bermerek Tronsmart atau Aukey di toko ritel atau toko online, gan.

  • Silvia:
    10 Jun 2017 · 09:43

    Min ditungg update versi 8.2.9.0 nyaa thanks…

  • Mahyudin:
    09 Jun 2017 · 18:24

    Hallo gan apa udah da rom resmi 4x

    • 09 Jun 2017 · 18:27

      Halo, gan Mahyudin. ROM Global resmi untuk Redmi 4X sudah ada, gan. Versi terakhir v8.2.9.0.

  • Gendons:
    08 Jun 2017 · 18:12

    Gan mau tanya.. Saya kemarin baru beli hp mi 4x baru.. Saya liat versi miui 8.2.10 .. Saya tau itu bukan versi resmi.. Prtnyaannya apa harus di lakukan flash ulang agar bisa dapat versi global resmi?

    • 08 Jun 2017 · 19:38

      Halo gan Gendons. Yang ane tahu versi terupdate Redmi 4X Global terbaru adalah 8.2.9.0. Untuk memasang versi ROM Global, agan bisa unduh ROM-nya di tautan ini. Lalu untuk langkahnya bisa mengikut artikel ini, gan, mulai dari langkah 2 sampai habis.

    • mysonisabi:
      10 Jun 2017 · 07:44

      8.2.1.0 global stable mammiea ? itu resmi gan, itu untuk pasar internasional (ekspor)
      8.2.9.0 mammiea itu rom pembaruan

  • anas:
    08 Jun 2017 · 14:02

    Aku mau nanya knpa sound hp saya tdk berfungsi yg satu.. padahal baru beli?

    • 08 Jun 2017 · 19:27

      Halo gan Anas. Maksudnya suara dari lubang speaker di bawah hp? Meski terlihat ada dua speaker, Redmi 4X hanya memiliki 1 speaker saja, gan, yaitu di lubang speaker di sebelah kanan port micro USB. Di lubang yang sebelah kiri terletak mikrofon untuk panggilan, gan.

  • rafdhany:
    08 Jun 2017 · 12:43

    min, ini saya baru update miui 8.2.9.0 dan udah seleai semua tahap downloadnya dan saya mulai ulang nah tapi ini kenapa lama banget proses loadingnya, mohon infonya min

    • 08 Jun 2017 · 19:26

      Halo gan Rafdhany. Sesuai mulai ulang, update MIUI baru dimulai. Prosesnya seingat ane memang lama, bisa 20 – 30 menit. Agan punya sudah loading berapa lama, gan?

  • Jullian:
    08 Jun 2017 · 11:01

    Gan ada pemberitahuan update miui aman ga 4g nya buat semua kartu gsm kaya xl 3 indosat kaya gitu ?

    • 08 Jun 2017 · 19:24

      Halo gan Jullian. Redmi 4X yang ane pakai sudah pernah diupdate dari MIUI 8.2.0 ke 8.2.9. Sudah ane tes pakai seharian untuk 4G Indosat, Telkomsel dan Smartfren, semuanya tokcer, gan. Seharusnya 4G dari operator XL dan 3 juga bisa di Redmi 4X karena pita jaringannya sama dengan Indosat dan Telkomsel.

  • Wulan:
    08 Jun 2017 · 09:09

    Gan, bisa gak hp saya awal nya xiomi 3s pro tapi di curi, ne saya bli xiomi 4x,nah pertanyaan saya.. Dengan sesama xiomi bisa gak qt mendeteksi hp xiomi yg hilang itu dimana? Kejadian hari selasa jam 11 siang, ini hari kamis.. Gimana cara mendeteksi dan memblokir aplikasi hp yg hilang

    • 08 Jun 2017 · 19:18

      Halo ganwati Wulan. Agan bisa coba menggunakan fitur “Android Device Manager” atau sekarang disebut “Google Find My Device”, bisa diakses melalui website ini atau melalui aplikasi dengan nama “Temukan Perangkat Saya”. Gunakan akun gmail yang agan pakai di hp Redmi 3S Pro.

      Di laman atau aplikasi tersebut, agan bisa mencari lokasi terakhir hp. Jika si pencuri mematikan hp, lokasi terakhir hp sebelum dimatikan akan terdeteksi. Jika hp agan masih hidup, banyak hal yang agan bisa lakukan:
      1. Bunyikan hp (akan tetap bunyi meski di-silent), bunyinya semakin lama akan semakin keras sampai volume max
      2. Kunci hp (kunci hp-nya dan tampilkan pesan, bisa diisi no hp untuk dihubungi)
      3. Hapus isi hp, semuanya. Tapi hp akan hilang selamanya dan tidak bisa dipakai, termasuk ditemukan lokasinya.
      Semoga ketemu, gan.

  • Roni:
    07 Jun 2017 · 22:56

    Om mau nanya nih knpa yah d Xiaomi 4x tombol sidik jari nya kalo d sentuh layar utama langsung idup pdhl sidik jari ga d aktifin ??.

  • aldi sadid:
    07 Jun 2017 · 21:07

    gan mau nanya
    kalau kita pasang anti gores kaca pada redmi 4x kok di pinggirnya kayak gk pas ada embun2 nya gitu.
    ada solusi gk biar gk gitu?

    • 07 Jun 2017 · 22:04

      Halo gan Aldi Sadid. Ane juga pernah mengalami hal yang sama. Embun di pinggiran disebabkan oleh tempered glass yang dipasang di atas layar 2.5D (layar agak melengkung di tepinya) seperti pada Redmi 4X. Tempered glass itu kaku, gan, sehingga tidak bisa mengikuti lengkungan layar 2.5D.

      Solusinya, pakai lapisan anti-gores yang bukan dari kaca atau tempered glass, gan, tapi lapisan yang elastis seperti anti-gores jaman dulu. Agan cari di toko hp di ITC atau mall, cukup banyak yang jual, gan. Bilang ke orang toko jangan yang tempered.

      • aldi sadid:
        07 Jun 2017 · 22:11

        maksdnya gan antigores jamn dulu ?
        bisa kasih liat fotonya

        • 08 Jun 2017 · 18:36

          Iya gan, yang modelnya lembaran seperti plastik bening. Ane beli di Lazada, paketan sama Hardcase-nya, gan.

          • aldi sadid:
            09 Jun 2017 · 16:55

            mau tanya lagi gan .
            apakah xiaomi redmi 4x keluaran b cell itu sudah resmi postelnya ?

          • 09 Jun 2017 · 17:03

            Sertifikat postel resmi untuk Redmi 4X hanya 50564/SDPPI/2017 dan 50290/SDPPI/2017. Di luar itu, tidak resmi atau menggunakan sertifikat SDPPI ponsel lain. Agan bisa lihat dari kemasannya sih, gan, kalau tidak ada tulisan Made In Indonesia, sudah pasti ponselnya tidak resmi, karena seluruh ponsel 4G yang dipasarkan harus Made in Indonesia untuk memenuhi TKDN 30%.

          • aldi sadid:
            09 Jun 2017 · 17:28

            malah xiaomi redmi 4x ane bukan 2017 tapi 2014

            jadi apakah ponsel redmi 4x saya palsu atau gimana gan ?

          • 10 Jun 2017 · 16:43

            Redmi 4X agan bukannya palsu, tapi lebih tepat “ilegal” atau barang “Black Market” (BM).

  • Ahuan:
    07 Jun 2017 · 20:36

    Hallo master Chan saya mau nanya….
    Hp Xiaomi resmi 4x 3/32 saya kok,
    Sensor2 semua’nya ngak ada ya….
    Terus sidik jari juga ngak bisa pakai….
    Kata’nya perangkat keras tidak mendukung

    • 07 Jun 2017 · 21:58

      Halo gan Ahuan. Bisa diinfo versi MIUI di hp agan? Ane curiga ROM yang dipasang di hp agan adalah ROM dari distributor yang abal-abal. ROM MIUI versi resmi untuk Redmi 4X adalah v.8.2.0 atau yang terbaru v.8.2.9.

  • Tegar:
    07 Jun 2017 · 16:45

    Master….4x apakah bisa menggunakan kartu data Smartfren,bagaimana cara setingnya master, mohon pencerahannya…..

    • 07 Jun 2017 · 19:36

      Halo gan Tegar. Bisa, gan, sudah ane coba dengan Smartfren 4G bisa aktif dengan baik di Redmi 4X. Cara settingnya manual ya, gan, caranya akses di menu Setelan > Kartu SIM & Jaringan Seluler > Smarfren > Nama Titik Akses (APN) > Pilih APN Baru, lalu masukkan setting berikut ini:
      Nama: Smartfren4G
      APN: smartfren4g
      Username: smartfren
      Password: smartfren

      • Tegar:
        07 Jun 2017 · 20:37

        thanks master, ane coba kembali…..td lom berhasil, kayae salah di nama dan apn…..smoga dg pencerahan dr master bs tokcer….😊

  • Silvia:
    07 Jun 2017 · 12:21

    #ask ini pengaturan suara udh on gini tapi klo sms masuk kok ngga bunyi yaa.. Cuma getar? Trus pas mode hening malah ngga ada getarnya gmana? Thanks

    • 07 Jun 2017 · 19:32

      Halo gan Silvia. Iya, ane konfirmasi di Redmi 4X yang ane pakai juga mengalami “bug” yang agan alami. Sudah ane laporkan ke tim MIUI dari Xiaomi, semoga di update berikutnya akan dibenarkan.

  • Glen:
    07 Jun 2017 · 10:49

    Gan mau tanya dong, ane punya unit 4X sekitar seminggu, dan versi MIUI nha masih v. 8.2.0.0. Rencana sih mau update ke 8.2.9.0 tapi takut 4g nya ilang. Gimana ya gan sarannya?

    • 07 Jun 2017 · 19:30

      Halo gan Glen. Redmi 4X ane sudah diupdate ke 8.2.9.0 dan sudah dites dengan 4G Indosat, Telkomsel dan Smartfren, semuanya tokcer, gan.

  • rin:
    06 Jun 2017 · 23:05

    sy br bl xiaomi redmi 4x,kok gk prnh bisa kebaca sim card x,udh sy utak atik,mhon pncerahannya gan.

    • 07 Jun 2017 · 18:59

      Halo gan Rin. Pakai provider apa, gan? Ane sudah coba pakai Indosat, Telkomsel dan Smartfren di Redmi 4X, semuanya OK.

  • Dan:
    05 Jun 2017 · 05:09

    Halo gan,hp ane redmi4X beli baru, tapi versi nya bukan 8290 tapi 8210,trus pas liat di tentang ponsel,pas di klik versi nya,munvul tulisan “tidak perlu,nda sudah jadi pengembang”itu aman apa ngga gan,minta solusi nya gan

    • 05 Jun 2017 · 18:46

      Halo gan Dan. Mengenai versi, agan bisa coba perbarui / update dengan cara masuk ke menu Setelan > Tentang Ponsel > Pembaruan Sistem (di bar paling bawah). Seharusnya agan dapat memasang versi MIUI 8.2.9.0 dari 8.2.1.0.

      Mengenai tulisan “tidak perlu, anda sudah jadi pengembang”, artinya menu Opsi Pengembang sudah aktif. Menu ini muncul di Setelan > Setelan Tambahan > Opsi Pengembang. Di dalamnya ada pengaturan yang berguna bagi pengembang aplikasi Android (developer). Buat pengguna biasa, menu ini tidak perlu dikhawatirkan, gan. Biasanya menu tersebut tersembunyi sampai bagian versi sistem operasi di-tap 5 kali.

  • niman:
    04 Jun 2017 · 23:06

    infonya cukup membantu kbtulan aku mau bli hpnx jdi cukup mbantu tanks infonya gan

    • 05 Jun 2017 · 18:41

      Sama-sama, gan Niman, Terima kasih sudah mengunjungi UlasAbis.com 🙂

  • Fahmi Aqwa:
    04 Jun 2017 · 01:20

    Gan, ane mau tanya. Ane upgrade ke versi v.8.2.9.0 ngedownload lebih dari 4jam gak selesai itu gimana ya gan?

    • 04 Jun 2017 · 14:49

      Halo gan Fahmi. Ukuran update-nya sekitar 1.5 GB, cukup besar, gan. Saran ane, gunakan koneksi internet yang stabil dan cepat, gan. Kalau ane sih biasanya download update sebesar ini malam hari, relatif lebih stabil.

  • taofan:
    03 Jun 2017 · 19:06

    halo ulasabis.com. thanks for review.
    1. sy pernh beli antigores khusus 4x buatan Bintang tp ga pas pas pinggr2 nya. ga lekat gt. mungkin krn layar 2.5 d nya. any suggestion?
    2. sy pake google keyboard n ud utak atik preferences, disable predictive input dll tp msh suka ad garis bawah pas ngetik. any solutions?
    trm ksh

    • 03 Jun 2017 · 21:52

      Halo gan Taofan. Terima kasih juga sudah mengunjungi UlasAbis.com 🙂

      Menjawab pertanyaan agan:
      1. Layar 2.5D seperti yang ada di Redmi 4X tidak bersahabat dengan lapisan jenis “Tempered Glass”. Saran ane, cari lapisan anti-gores yang elastis seperti yang digunakan di hp jaman dulu. Masih banyak yang jual di toko-toko di ITC atau pusah HP, yang mungkin harus dipotong mengikuti bentuk layar Redmi 4X, gan. Tapi karena lapisan ini elastis, lengkungan 2.5D dapat ditutup dengan relatif rapih dibanding Tempered Glass yang kaku.

      2. Agan perlu menon-aktfikan Spell Checker. Kebetulan sudah ada artikelnya di UlasAbis, ini tautannya, gan.

      Semoga membantu!

      • taofan:
        04 Jun 2017 · 12:25

        waah mantab bener masterChan..
        trm ksh banyak… membantu sekali.
        artikelnya jg Top.. sa cari2 prarana luar eh tnyata nemu dsni. skali lg thanks ulasabis.com

  • Bujjana:
    03 Jun 2017 · 10:58

    Nanya dong gan , ane baru beli redmi 4x buka bungkus itu kalo ngecharge pke charger asus atau pke charger lainnya layarnya sensitif banget . Kenapa yah ?

    • 03 Jun 2017 · 16:11

      Halo gan Bujjana. Maksudnya sensitif gimana, gan? Input sentuhan di layar suka kabur sendiri?

  • John:
    03 Jun 2017 · 09:11

    Gan lbih baik mna, ngecas hp sambil di matikan apa di biarkan tetap nyala?

    • 03 Jun 2017 · 16:01

      Halo gan John. Dari pengalaman ane sih, cas hp sambil dimatikan lebih aman. Logika, saat hp dimatikan panas tidak dihasilkan selain dari baterai yang sedang diisi daya, dan karena panas adalah musuh utama baterai Li-Po, maka baterai akan lebih awet umurnya saat diisi daya dalam keadaan mati.

      Tapi kalau saat di-charge dalam keadaan nyala hp agan tidak terlalu panas, gak apa-apa, gan. Saran ane, coba-coba saja, gan, kalau tidak panas tidak perlu dimatikan hp-nya setiap kali di-charge.

  • Sari:
    02 Jun 2017 · 21:54

    Gan..Mw tanya.. Redmi 4x punya saya kok ngecasnya sampai 3 jam-an lebih gitu ya??

    • 02 Jun 2017 · 22:35

      Halo ganwati Sari. Bisa jadi, gan. Redmi 4X tidak didukung fitur isi daya cepat dan baterainya besar 4,000mAh. Charger bawaan hanya memiliki rating 5V/2A dan dalam keadaan panas akan mengeluarkan arus di bawah itu sehingga isi dayanya bisa lebih lama. Saran ane, jangan gunakan hp saat di-charge untuk mengurangi panas di hp dan di-charger sehingga isi dayanya lebih cepat.

  • Jimmy:
    02 Jun 2017 · 14:19

    gan, di redmi 4x notifikasi aplikasi misalnya bbm, line, WA, IG tidak muncul di screen bagian kiri atas? atau harus di atur dulu di setting?

    • 02 Jun 2017 · 20:31

      Halo gan Jimmy. Untuk memunculkan notifikasi di bar status ada pengaturannya, gan:
      1. buka menu Setelan
      2. pilih “Notifikasi & bar status”
      3. aktifkan “Tampil ikon notifikasi”

  • Esti Hidayah:
    02 Jun 2017 · 05:40

    Min, xiaomi redmi 4x itukan batunya tidak bisa di lepas, apakah itu aman?

    • 02 Jun 2017 · 20:16

      Halo ganwati Esti. Benar Redmi 4X baterainya tidak dapat dilepas, seperti kebanyakan hp yang bodinya terbuat dari metal. Selama ini pengalaman ane sih aman, gan. Yang tidak aman saat mengganti baterai dengan membongkar bodi, kalau bukan dilakukan oleh teknisi yang ahli dan menggunakan alat yang benar bisa merusak hp.

  • Budi:
    01 Jun 2017 · 05:47

    Dapat pembaharuan versi miui 8.2.9.0 mammiea gan, apa ini room asli untuk redmi 4x atau gimana gan? Kalau untuk led notifikasi redmi 4x ini kenapa ya tidak menyala untuk bbm? Tapi kalau untuk sms dn tlp menyala.. Apa ini sebuah bug gan.?

    • 01 Jun 2017 · 13:36

      Halo gan Budi. Iya ROM MIUI Global resmi versi terakhirnya adalah 8.2.9.0 MAMMIEA.

      Untuk LED notifikasi dengan BBM, agan perlu memberikan ijin notifikasi BBM. Caranya: Buka menu Setelan > Notifikasi & Bar Status > Notifikasi Aplikasi > BBM > Aktifkan “Lampu Notifikasi”. Tapi karena Redmi 4X hanya punya 1 lampu LED warna putih, agan tidak bisa kustomisasi warnanya.

  • alfina:
    31 May 2017 · 10:59

    Gan, ane mau nanya. Ane baru beli nih redmi 4X, pas ngecas kok bisa sampai 2 jam setengah gitu ya gan? Tolong pencerahannya gan.

    • 31 May 2017 · 22:23

      Halo ganwati Alfina. Redmi 4X tidak mendukung isi daya cepat, sehingga untuk mengisi kapasitas baterai 4,100mAh membutuhkan waktu di atas 2 jam dengan charger bawaan.

  • Tegar:
    29 May 2017 · 21:00

    apa beda ROM Global resmi dengan ROM MIUI 8.2.9.0 MAMMIEA tersebu….
    jika telah menggunakan Redmi 4X ke ROM MIUI 8.2.9.0 MAMMIEA apakah msh bisa update ke ROM Global remi,bagaimana caranya

    • 31 May 2017 · 22:27

      Halo gan Tegar. ROM MIUI 8.2.9.0 MAMMIEA adalah ROM Global Resmi, gan. Agan bisa buka laman resmi ROM MIUI untuk Redmi 4X di sini. Jadi kalau Redmi 4X agan sudah dipasangkan ROM versi ini, berarti sudah aman, gan.

  • Yani:
    29 May 2017 · 18:50

    Gannn ane baru beli xaomi redmi 4x ini tapi playstore nya ndak berfungsi, trus wifi nya ndak mau connect. Itu kenapa ya? Mohon bantuaan gan

    • 31 May 2017 · 22:30

      Halo gan Yani. Ane curiganya Redmi 4X agan menggunakan ROM abal-abal. Versi ROM resmi dari Xiaomi adalah V8.2.9.0.MAMMIEA. Apakah hp agan versinya sama?

      Versi MIUI bisa dicek di menu Setelan > Tentang Ponsel > Versi MIUI

  • BERRY:
    29 May 2017 · 08:18

    hallo gan.. klo misalkan File yang ada di SD internal di Hapus semua bakalan ngaruh ke Hp atau Apl gak ? mohon infonya

    • 31 May 2017 · 22:32

      Halo gan Berry. Maksudnya di kartu memori SD ya?

      Kalau menghapus data file biasa tidak akan berpengaruh. Tapi kalau menghapus aplikasi yang sempat dipindahkan ke kartu memori, otomatis aplikasinya akan hilang / korup.

  • riyad:
    29 May 2017 · 05:30

    Maaf min, kenapaa yaah ko redmi 4x ane bbm nya gaada getar nya kalo di mode hening? Padahalan mode getar nya diaktifkan jga dimode hening? Itu kenapa yaah?

    • 31 May 2017 · 22:52

      Halo gan Riyad. Iya benar, gan, di unit Redmi 4X ane juga begitu, baik BBM, Whatsapp dan notifikasi aplikasi lainnya. Ane coba di ponsel Xiaomi lain tidak ada masalah, jadi masalah ini hanya pada Redmi 4X dengan versi MIUI saat ini V8.2.9.0.MAMMIEA. Ane pastikan ini masalah di OS, jadi untuk perbaikannya harus menunggu update dari Xiaomi. Ane akan posting masalah ini di forum MIUI supaya segera ada fix-nya.

      • Salase Kanz Gemilang:
        07 Jun 2017 · 17:13

        Iya bang redmi 4x ane juga gitu, ga mau getar klo ada notif.. bug nya blm fix mgkin.. tnggu aja update nya

  • Ramaditha:
    28 May 2017 · 13:02

    gan ane punya xiaomi rdmi 4x tapi logo MI sudah pudar kalau ngembaliin gitu bisa kagak ya , teus kalau ada beset di body bisa dihilangin ga ? tapi kelihatannya cat terkelupas dikit
    mohon pencerahan

    • 28 May 2017 · 19:02

      Halo gan Ramaditha. Kalau agan belinya sebagai unit baru, saran ane sih tanyakan ke penjual dan minta tukar dengan yang baru aja, gan. Bodi yang bekas beset sampai catnya terkelupas sulit dihilangkan, gan. Paling mudah disembunyikan pakai casing.

  • aufa:
    28 May 2017 · 11:06

    ma’af apa xiaomi redmi 4x ini tersedia bahasa apa aja yaa??,apakah tersedia bahasa indonesia

    • 28 May 2017 · 18:59

      Halo gan Aufa. Iya, gan, tersedia pilihan bahasa Indonesia.

  • Trew:
    25 May 2017 · 07:32

    Gan bisa gak file yg ada di penyimpanan telpon di pindahkan ke SD card ?
    Tanpa menggunakan root.!

    • 25 May 2017 · 14:25

      Halo gan Trew. Maksudnya memindahkan file gambar, musik, video, dokumen ke kartu SD yang baru dipasang? Kalau itu, harus dilakukan manual, menggunakan aplikasi “Berkas”, lalu memilih folder yang akan disalin ke kartu SD.

      Jika agan maksud aplikasi, MIUI tidak menyediakan pilihan untuk memindahkan aplikasi ke kartu SD. Tapi agan bisa melakukannya melalui aplikasi dari Play Store seperti “Link2SD” atau “Titanium Backup”. Tapi ane gak menyarankan aplikasi ditaruh di kartu SD, gan, karena nanti jadi lelet dan sering hang di beberapa aplikasi berat. Semuanya tanpa menggunakan root.

  • SyahrulAF:
    23 May 2017 · 16:29

    Aq mau tanya. Ada aplikasi yang tidak terpasang di xiaomi redmi 4X?

    • 23 May 2017 · 19:24

      Halo gan Syahrul. Maksudnya aplikasi apa yang agan ingin tanyakan? Redmi 4X menggunakan MIUI standard, jadi semua aplikasi dasar tersedia.

  • Allegra:
    20 May 2017 · 19:00

    Redmi 4x tahan air apa nggak?

    • 20 May 2017 · 20:07

      Halo gan Allegra. Kalau maksud agan direndam di dalam air, Redmi 4X tidak tahan, gan. Tray kartu SIM tidak dilindungi gasket, dan lubang lainnya tidak kedap air.

  • fadhlan:
    20 May 2017 · 01:46

    bagaimana kalau ada pesan pembaharuan tersedia pada xiaomi 4x V8.2.9.8.0 MAMMIEA ?

    • 20 May 2017 · 13:42

      Halo, gan. Ane cek ke forum MIUI Xioami, ROM ini bukan resmi dari Xiaomi, tapi dari sekumpulan fans yang memproduksi ROM untuk HP Xiaomi yang belum ada ROM Globalnya, namanya xiaomi.eu. Saran ane kalau yang saat ini Redmi 4X berfungsi normal, jangan diperbaharui dulu. Dalam beberapa hari kedepan ane akan coba update Redmi 4X ane, nanti ane kabari, gan.

    • 21 May 2017 · 17:33

      Gan, ane sudah update Redmi 4X ke ROM MIUI 8.2.9.0 MAMMIEA kemarin. Sejauh ini sih tidak ada masalah, sinyal 4G tokcer, WiFi tidak terputus dan aplikasi berjalan lancar. Tapi tidak ada tampilan atau aplikasi yang baru, gan. Hanya “Security Patch” Android sudah terupdate ke versi bulan Maret 2017, dari sebelumnya versi Januari 2017 di MIUI 8.2.0.0.

      • Budi:
        01 Jun 2017 · 05:42

        Gan 4G nya aman gak kalo diupdate ke versi 8.2.9.0?
        Mohon pencerahan nya

        • 01 Jun 2017 · 12:18

          Aman, gan. Sudah ane pakai 2 minggu lebih versi 8.2.9, 4G indosat di Redmi 4X ane tokcer.

  • fadhlan:
    18 May 2017 · 09:30

    jd xiaomi 4x klau meminta update pada forum MIUI global kita abaikan saja ya ? kemudian kapan ROM resminya bsa dnikmati

    • 18 May 2017 · 19:16

      Halo gan Fadhlan. Terus terang ane juga menunggu ROM Global resminya keluar. Hari ini ane cek di forum MIUI belum ada ROM Global untuk Redmi 4X.

  • Alfian:
    17 May 2017 · 11:36

    Apakah xiaomi 4x kalo tidak di pasang Temper glass aman layarnya??

    • 17 May 2017 · 20:32

      Halo gan Alfian. Redmi 4X, seperti ponsel Redmi lainnya tidak dilengkapi perlindungan layar khusus. Layarnya memang tahan goresan ringan seperti kuku atau benda dari plastik, tapi tidak sekuat Gorilla Glass dan kalau kena ujung kunci pasti berbekas. Saran ane, sebaiknya pasang lapisan anti gores atau tempered glass.

createTulis Komentar

• Alamat Email Anda Tidak Akan Dipublikasikan.
• Harap Maklum: Komentar akan melalui Tahap Moderasi, jadi tidak langsung muncul di sini :-).