Redmi Note 4 – Ulasan

Redmi Note 4

Rating UlasAbis:
8.7

Desain

8.6

Performance

8.9

Fitur

8.5

Value for Money

8.8
Keunggulan:
+ Chipset Bertenaga Tinggi, 10-inti CPU dan GPU performa tinggi
+ Value for Money tinggi, hanya Rp. 2.5 juta
+ Baterai berkapasitas besar 4,050mAh
+ Tersedia ROM MIUI versi Global
Kekurangan:
- Baterai tidak dapat diganti
- Kualitas audio biasa saja
- Terasa berat (175 gram)


 

Redmi Note 4 merupakan generasi ke-4 dari seri Redmi Note besutan pabrikan ponsel asal China, Xiaomi. Dirilis bulan Agustus 2016 lalu di China, ponsel ini sudah tersedia sejak Oktober 2016 di Indonesia. Sayangnya, model ini belum dijual secara resmi di Indonesia. Barang yang beredar di pasaran berasal dari importir umum dengan garansi distributor yang terbatas.

 

Pantauan Harga:

Spesifikasi umum Redmi Note 4:

  • Kisaran harga Rp. 2.5 juta (per Nov 2016) Versi RAM 3GB / ROM 64GB
  • Layar IPS 5.5 inci di-laminasi beresolusi FHD 1920×1080 (401 ppi)
  • Chipset MediaTek Helio X20 10-inti beroperasi di 2.1GHz
  • 3GB RAM LPDDR3
  • 64GB ROM (56GB yang dapat dipakai pengguna) dengan slot expansi MicroSD sampai 128GB. Tersedia versi 16GB dengan RAM 2GB dengan banderol Rp. 2.2 juta
  • Android Marshmallow 6.0 dengan tampilan MIUI 8
  • Bodi Berbahan Metal Alumunium
  • Ketebalan 8.35mm, Bobot 175gr
  • Kamera Utama 13MP diafragma f/2.0 dengan Phase Detection Autofocus (PDAF), fitur pengenal wajah dan kemampuan perekam video 1080p
  • Kamera Depan 5MP wide-angle, diafragma f/2.0 dengan perekam video 720p
  • Baterai kapasitas besar 4050mAh dengan kemampuan Fast Charging
  • Dukungan jaringan 4G-LTE TDD (band 40) dan FDD (band 3)
  • Wifi a/b/g/n/ac, Bluetooth 4.2, FM Radio, USB OTG, IR Blaster
  • Sensor lengkap: Proximity, Akselerometer, Gyro, Magnet/Kompas, Cahaya dan Pemindai Sidik Jari di bagian belakang
  • Dukungan ROM MIUI 8 versi Global Dari Mi.com

Kekurangan:

  • Baterai tidak dapat diganti
  • Tidak ada earphone di paket penjualan
  • Agak berat (175 gr) untuk ponsel pintar 5.5 inci
  • Belum tersedia ROM MIUI Global resmi, baik MIUI 7 maupun MIUI 8

Dibanding generasi sebelumnya, Redmi Note 4 memiliki desain dan spek yang lebih baru. Redmi Note 4 sudah mengusung desain layar 2.5 dimensi dengan lengkungan tipis tampak pada pinggiran layar. Bodi berbahan metal melapisi bagian samping dan belakang perangkat. Dari sisi spek, Redmi Note 4 kembali menggunakan chipset MediaTek, yakni Helio X20 dengan 10-inti CPU dalam 3 cluster, setelah Note 3 Pro menggunakan Snapdragon 650.

Redmi Note 4 dalam banyak aspek mirip dengan Redmi Pro. Perbedaan mendasar antara kedua ponsel kakak-adik ini terdapat pada jenis layar, tombol fisik home dan kamera utamanya.

Cek: Perbandingan Redmi Note 4 vs. Redmi Pro di tautan ini.

Cek: Spesifikasi detil Redmi Note 4 di sini.

Paket Penjualan


Isi dus Redmi Note 4, dengan desain minimalis khas Xiaomi

 

Redmi Note 4 dikemas dengan box sederhana berwarna putih. Di dalamnya terdapat perangkat utama, charger 2A, kabel micro-USB untuk data dan pengisian daya sepanjang 1.2 meter dan petunjuk penggunaan serta alat pembuka slot SIM-card.

Tidak ada earphone di paket penjualan, seperti biasa. Selain itu charger bawaan adalah versi standar dan tidak mendukung teknologi Fast Charging. Untuk dapat memanfaatkan pengisian daya cepat, Anda harus membeli charger baru yang mendukung Fast Charging.

Desain, Bentuk dan Kualitas Material


Lengkungan pada sisi bagian belakang memberikan kesan mantap saat digenggam

 

Desain yang diusung pada Redmi Note 4 mirip dengan yang dipakai pada Redmi Pro. Berbahan metal dengan lengkungan pada sisi kiri dan kanan panel belakang perangkat, Redmi Note 4 cukup nyaman digenggam. Permukaannya mampu memberikan grip yang cukup, sehingga kecil kemungkinannya terpeleset dari tangan, kecuali dalam kondisi basah.

Desain layar 2.5D dengan lengkungan halus di seluruh pinggiran layar

Lampu notifikasi LED multi warna di paling kanan bagian atas layar

 

Di bagian depan, Redmi Note 4 mengusung desain layar 2.5D. Lengkungan halus di sekeliling layar memberikan kesan elegan. Pada bagian atas terdapat grill speaker untuk panggilan telepon di tengah dengan sensor cahaya dan proximity di sebelah kirinya dan kamera depan di sebelah kanannya. Penempatan ketiga fitur tersebut simetris sehingga tampak rapih. Paling ujung kanan terdapat lampu LED notifikasi multi warna yang saat kondisi mati tampak menyatu dengan panel sekitarnya.


Bagian bawah layar dengan tombol navigasi kapasitif

Lampu latar pada tombol kapasitif, terkesan kurang rapih, namun cukup membantu di saat gelap

 

Di bagian bawah layar, Redmi Note 4 tidak dibekali tombol fisik, tetapi terdapat tombol kapasitif untuk navigasi. Tombol-tombol tersebut dilengkapi dengan lampu latar berwarna putih. Sayangnya, lampu latar ini kurang terang dan terkesan tidak rapih. Walaupun begitu kehadiran lampu latar tersebut lebih baik dibanding tidak ada sama sekali, khususnya pada kondisi gelap.


Gambar Atas ke Bawah: Bagian samping kanan, Bagian bawah, Bagian samping kiri dan Bagian atas perangkat Redmi Note 4

 

Di bagian samping kanan terdapat 2 tombol mekanis, yaitu tombol volume up dan down dan tombol power atau lock. Kedua tombol ini terbuat dari bahan metal juga. Di ujungnya terdapat garis antena berwarna yang terbuat dari plastik.

Di bagian bawah didominasi oleh 2 grille speaker, dan terdapat port micro-USB. Redmi Note 4 tidak dibekali port USB tipe-C seperti pada Redmi Pro, Mi 4S atau Mi 5. Kemungkinan port USB tipe-C hanya diperuntukkan bagi ponsel Xiaomi kelas atas. Dari 2 grille speaker, hanya grille bagian kanan saja yang memiliki speaker. Grille kiri hanya sebatas pemanis desain dengan tampilan simetris.

Di bagian samping kiri terdapat slot SIM-card yang dapat memuat SIM card berukuran micro dan SIM nano atau microSD. Jika microSD dipasang, pengguna hanya dapat menggunakan 1 slot SIM saja di ponsel Redmi Note 4. Slot microSD mampu mendukung versi Extended Capacity sampai dengan kapasitas 128GB. Jika Anda memilih versi ROM 16GB, maka slot microSD ini akan sangat bermanfaat.

Di bagian atas terdapat port audio 3.5mm di bagian kanan, jendela IR blaster di tengah dan lubang untuk input noise cancellation di bagian kiri.


Redmi Note 4 Saat Digenggam

 

Redmi Note 4 memiliki berat 175 gram tanpa aksesoris. Dibanding Redmi Note 3 yang hanya 164gr, Note 4 terasa cukup berat. Namun dengan bodi melengkung dan tidak licin di bagian belakang, berat perangkat menambah kesan mantap dan kokoh saat digenggam.

Layar Redmi Note 4 tidak dilengkapi perlindungan khusus seperti Gorilla Glass atau DragonTrail Glass. Namun diklaim Xiaomi, layar ponsel ini tahan gores. Jika Anda tidak ingin ambil resiko tergoresnya layar, sebaiknya menggunakan lapisan tambahan anti-gores seperti tempered glass.

Perlu dicatat untuk bahwa tempered glass yang kompatibel dengan layar melengkung 2.5D tidak banyak di pasaran. Kebanyakan tempered glass yang menyebut cocok dipasang di layar 2.5D hanya mengecilkan ukurannya sehingga tidak menutupi bagian melengkung layar.

Layar dan Tampilan

Redmi Note 4 dibekali layar 5.5 inci berteknologi IPS dengan resolusi Full HD 1920 x 1080. Layar IPS memiliki sudut pandang yang lebar, menghasilkan konsistensi tampilan warna yang lebih baik dibanding layar AMOLED yang dipakai pada Redmi Pro. Namun layar IPS cenderung menghasilkan warna hitam yang kurang gelap, sehingga warna hitam tampak silau.

Dilihat dari samping dengan sudut sekitar 60 derajat, warna yang dihasilkan layar IPS masih cukup konsisten. Di atas 60 derajat, warna putih mulai tampak kebiruan.


Layar IPS Redmi Note 4 (kanan) di bawah sinar matahari, dibanding dengan layar AMOLED Redmi Pro (kiri) yang tampak lebih cerah

 

Saat dipakai di bawah sinar matahari langsung, layar Redmi Note 4 tetap dapat terlihat, namun cukup sulit untuk membaca tulisan kecil meskipun dengan pengaturan kecerahan layar maksimal.

Secara keseluruhan layar Redmi Note 4 cukup baik dengan kepadatan piksel 401 ppi menghasilkan gambar yang tajam dan detil. Warna yang dihasilkan cukup baik dengan warna cerah yang menonjol.

Performa


Detil Spek

Skor AnTuTu 83,818

Di atas iPhone 6 dan Nexus 6

 

Redmi Note 4 ditenagai oleh chipset besutan MediaTek yaitu Helio X20 MT6797 yang memiliki 10-inti CPU, yaitu 2-inti Cortex-A72 2.1GHz dan 8-inti Cortex-A53 terdiri dari 4 inti 1.85GHz dan 4 inti 1.4GHz. Pengolah grafis di dalam chipset ini adalah ARM Mali T-880 @780MHz yang merupakan salah satu GPU terkuat pada masanya. RAM yang dipasangkan memiliki kapasitas 3GB dengan tipe LPDDR3.

Keseluruhan spek tinggi ini menghasilkan skor AnTuTu cukup tinggi yaitu 83,818. Angka ini menempatkan performa Redmi Note 4 di atas Google iPhone 6 dan Google Nexus 6, on par dengan Galaxy Note 5, namun di bawah flagship terkini seperti Mi 5, LG G5, iPhone 6S dan Galaxy S6 dan S7 yang memiliki skor di atas 100,000.

Performa Redmi Note 4 lebih terasa saat ponsel ini dipakai untuk gaming. Bermain game populer Clash of Clan dan Clash Royale terasa halus di tengah permainan. Waktu loading juga terasa singkat. Clash of Clan selesai dimuat dalam waktu 6.9 detik. Perbandingan dengan ponsel lainnya dapat disimak di table di bawah ini.

Dengan RAM berkapasitas 3GB, Redmi Note 4 dapat melakukan multi-tasking dengan lancar. Pergantian antara aplikasi yang satu dengan yang lain berlangsung mulus tanpa sendatan. Kondisi normal, pengguna dapat mengakses 1.5GB space RAM yang bebas. Aplikasi media sosial seperti Facebook, Instagram, Path, WhatsApp, BBM semuanya dapat berjalan mulus bersamaan dengan beberapa aplikasi lain seperti aplikasi email, Chrome dan pemutar lagu.


Sensor Pemindai Sidik Jari berhasil membaca dan membuka ponsel kurang dari 1 detik

Performa sensor pemindai sidik jari yang terpasang di bagian belakang sangat cepat. Terhitung hanya dalam waktu kurang dari 1 detik sensor mampu mengenali sidik jari dan masuk ke halaman home. Posisi sensor di bagian belakang mudah diraih dengan jari telunjuk, namun memang butuh penyesuaian di awal menemukan posisi sensor. Redmi Note 4 mampu merekam sampai 5 sidik jari.

Tampilan Antarmuka & Aplikasi Terpasang


Tampilan Home MIUI 8 Standar

ROM Global Dengan Google Apps

Aplikasi khas MIUI 8

Redmi Note 4 didukung dengan ROM Global secara resmi oleh Xiaomi. Pengguna dapat memasang sendiri ROM Global apabila mendapatkan perangkat Redmi Note 4 yang dipasang ROM China.

Per November 2016, Xiaomi menyediakan MIUI versi 8 untuk Redmi Note 4. Pada ROM Global, MIUI 8 tampil lebih ramping dengan kebanyakan bloatware pada ROM China tidak lagi terpasang. Aplikasi Google terintegrasi dengan sistem operasi dengan baik. Selain itu, aplikasi khas MIUI juga tetap ada.


Aplikasi FM Radio MIUI 8

Aplikasi Compass MIUI 8

Aplikasi Clock MIUI 8


Tampilan Layar Panggilan

Aplikasi Contact MIUI 8

Aplikasi Pesan MIUI 8

Kinerja Baterai


Redmi Note 4 bertahan 2 hari

Pemakaian berat sampai 1 hari penuh

Redmi Note 4 dibekali baterai berkapasitas 4,050mAh yang merupakan baterai yang sama dengan yang terdapat di Redmi Pro. Baterai sebesar ini dapat digunakan sampai 2 hari dengan penggunaan normal, atau 1 hari penuh dengan penggunaan berat.

Pengisian daya Redmi Note 4 dari 15% membutuhkan waktu 1 jam 18 menit dengan menggunakan charger bawaan 2A 5V.

Kualitas Kamera

Kamera utama Redmi Note 4 memiliki sensor 13MP yang mampu menghasilkan foto beresolusi 4208 x 2369 piksel dengan format 16:9 atau 4160 x 3120 dengan format 4:3. Dengan bukaan lensa f/2.0, hasil jepretan Redmi Note 4 cukup tajam dan detil.


Hasil jepretan Redmi Note 4, modus normal, aspek layar 4:3

Hasil jepretan Redmi Note 4, modus normal, aspek layar 4:3

Foto di atas dengan Zoom in, detail cukup jelas namun garis agak soft

Hasil foto pada siang hari dengan modus auto menghasilkan gambar tajam, namun dengan warna yang under-saturated.


Jarak kunci fokus terdekat sekitar 9cm dari lensa kamera utama

Penguncian fokus cukup cepat berkat fitur PDAF. Dalam keadaan pencahayaan cukup dengan objek jauh dari lensa, fokus terkunci dalam waktu sekitar 1.5 detik. Untuk fokus dalam jarak dekat atau makro, kunci fokus tampak tidak konsisten dan terkadang gagal mengunci. Jarak terdekat yang mampu dikunci adalah sekitar 9 cm.


Pilihan Filter

Tampilan Siap Jepret

Pilihan Modus

Aplikasi kamera bawaan MIUI pada Redmi Note 4 sama dengan standar. Tidak ada fitur yang menonjol di sini. Modus manual hanya memberikan keleluasaan mengubah white balance dan ISO.

Kualitas Audio & FM Radio

Redmi Note 4 memiliki fitur audio standar. Speaker terpasang di bagian bawah ponsel dengan konfigurasi mono speaker. Speaker cukup nyaring dengan pengaturan maksimum, sayangnya dengan di atas volume 80% musik 320kbps terdengar pecah.

Port audio 3.5mm terdapat di bagian atas ponsel. Pengaturan bass dan trebel dilakukan dari aplikasi pemutar musik. Pada dasarnya Xiaomi memang kurang memperhatikan fitur audio pada seri Redmi dan bahkan ponsel flagshipnya, sementara LG, Lenovo dan Samsung sudah membekali ponsel flagshipnya dengan chip audio terdedikasi.

Redmi Note 4 mendukung FM Radio. Resepsi radio FM tergolong baik untuk Redmi Note 4, lebih baik dari Redmi 3 Prime / Pro. Fitur yang ditawarkan melalui aplikasi bawaan MIUI 8 bernama FM Radio terbilang standar. Fungsi merekam, tuning otomatis dan sleep timer dapat digunakan.

Kesimpulan dan Rekomendasi

Redmi Note 4 merupakan ponsel dengan performa tinggi. Dibanderol sekitar Rp. 2.5 juta, ponsel ini memiliki value for money teratas dibanding ponsel dengan kisaran harga ini.

Penantang Redmi Note 4 dalam segi performa pada kisaran harga Rp. 2 juta – 3 juta adalah Samsung Galaxy On7 2016. Ponsel menengah Samsung ini memiliki banderol di atas Redmi Note 4 dengan spek yang sekelas. Perbandingannya dapat dicek di tautan ini.


Samsung Galaxy On7 2016

Ponsel Samsung lainnya yang memiliki spek sekelas Redmi Note 4 adalah Samsung Galaxy J7 Prime. Dengan layar 5.5 inci IPS Full HD Gorilla Glass 4 dan chipset Exynos 7870 8-inti @1.6GHz, J7 Prime dibanderol Rp. 3.8 juta. Ponsel ini dijual secara resmi oleh Samsung Indonesia, tentunya dengan garansi resmi dan pelayanan purna jual terjamin.


Samsung Galaxy J7 Prime

Cek: Seluruh ponsel dengan spek sekelas dan di kisaran harga Redmi Note 4 di tautan ini.

(cyt)

Ada pertanyaan mengenai Redmi Note 4?
Silahkan tulis pertanyaan Anda di Kolom Komentar di bawah ini, tim Ulas-Master akan mencoba memberikan Solusi-nya!
comment

263 Komentar

  • shaptra:
    21 Jul 2017 · 22:28

    xiaomi note 4x tombol nafigasi nya ngak berfungsi bagaimana cara perbaikannya…

    • 22 Jul 2017 · 16:05

      Halo gan Shaptra. Coba mulai ulang (restart) hp agan, apakah bisa menyembuhkan masalahnya?

  • nopar:
    21 Jul 2017 · 22:19

    maaf gan,mau nanya lampu notifikasi reno 4 kok gk berfungsi padahal udah diatur semua,

    • 22 Jul 2017 · 16:02

      Halo gan Nopar. Lampu notifikasinya tidak berfungsi pada aplikasi tertentu atau bahkan saat diisi daya & telepon masuk tidak menyala?

      Kalau dari sisi pengaturan di sistem operasi, pastikan saja lampu LED sudah diaktifkan di menu Setelan > Setelan Tambahan > Lampu Notifikasi > seluruhnya dalam keadaan aktif. Jika hanya pada aplikasi tertentu seperti WhatsApp dan BBM, agan perlu mengaktifkan ijin lampu notifikasi secara terpisah di menu Setelan > “Notifikasi & Bar Status” > “Notifikasi Aplikasi” > pilih Aplikasi yg ingin diatur > aktifkan “Lampu Notifikasi”

      Jika masih tidak nyala, ada kemungkinan masalah hardware, gan.

  • Astina:
    21 Jul 2017 · 18:26

    Min maaf, saya pengguna redmi note 4x. Saya beli sekitar 1minggu. Lalu ada perintah update. Saya update ke veesi 8.2.1.0 MBFMIDL . Tapi kok malah layar LCD saya bergaris ya. Solusi nya min. Makasih

    • 21 Jul 2017 · 18:32

      Halo gan Astina. LCD bergaris bukan muncul dari sistem operasi, tetapi dari komponen LCD-nya. Biasanya itu pertanda chip LCD yang bermasalah. Saran ane, sebaiknya segera dikeluhkan ke tempat agan membeli dan ditukar dengan unit yang baru, atau setidaknya ganti LCD.

  • Winda:
    21 Jul 2017 · 08:34

    Gan kenapa hp xiomi 4x saya kadang layarnya sering redup terang sendiri?

    • 21 Jul 2017 · 19:21

      Halo gan Winda. Iya itu karena ada pengaturan kecerahan layar otomatis. Sensor cahayanya ada di bagian atas layar sebelah kiri speaker panggilan. Agan bisa menonaktifkannya dengan mematikan fitur “Kecerahan” di panel atas.

  • Bintang:
    20 Jul 2017 · 22:18

    Bang apa sebaiknya miui nya di perbarui karna punya bapak saya habis diperbarui malah sinyal 4G nya hilang makasih

    • 21 Jul 2017 · 19:13

      Halo gan Bintang. Iya, ane menyarankan untuk mengupdate MIUI terbaru melalui fitur pembaruan sistem bawaan hp Xiaomi. Selama ini, ane belum pernah kehilangan sinyal 4G setelah mengupdate MIUI di seluruh ponsel Xiaomi yang pernah ane ulas. Alasan 4G hilang dulu digunakan oleh distributor nakal yang sudah menanamkan aplikasi aneh-aneh di MIUI (makanya muncul istilah ROM MIUI versi distributor). Jadi seharusnya kalau MIUI diupdate dari sumber yang benar, tidak ada masalah, gan.

  • Onel:
    20 Jul 2017 · 16:14

    Gan, mau nanya dong… Ini xiaomi redmi note 4 saya kamera depannya kok kayak ngeblur (ga fokus) gitu… Kenapa ya? Kira” ada solusinya ga? Makasih…

    • 21 Jul 2017 · 18:40

      Halo gan Onel. Yang ngeblur itu apakah setelah dijepret atau tampilan di layar aplikasi kamera? Yang agan foto dengan kamera depan apakah muka agan sendiri?

      Kamera depan di Redmi Note 4 menggunakan lensa Fixed Focus yang seharusnya dapat fokus dengan tajam untuk selfie, namun tidak bisa mengunci fokus (karena fixed) pada objek jarak menengah dan jauh.

  • Tiyaprtsr:
    19 Jul 2017 · 15:00

    Mau tanya dong kalo speaker telponn xiaomi note 4 mati itu grgr apa ya?
    Mohon dibantu
    Thx

    • 19 Jul 2017 · 21:07

      Halo gan Tiyaprtsr. Penyebabnya bisa beberapa hal, gan, seperti kabel konektornya putus atau terlepas, bisa karena speakernya sendiri terkena air dan bisa juga karena masalah piranti lunak meski kemungkinannya kecil. Sebaiknya dicek ke tempat reparasi / service hp, gan.

  • Riry Anggara Putra:
    18 Jul 2017 · 15:10

    Min ko skarang hp saya jdi batrenya boros yhh setelah upgrade v. 8.2.1.0 mfmdl tdinya v. 8.1.6.0 mbfmidi,knpp yh min hp saya redmi note4, sama vivo lbh awet vivo pdhhal kapasitas batre lbeh gede xioami

  • Tanpasuara:
    18 Jul 2017 · 11:56

    Lampu notifikasi gw nyala mulu padahal ga ada notifikasi yg masuk, solusi nya apa ya gan?

    • 18 Jul 2017 · 13:42

      Halo gan Tanpasuara. Jika pengaturan lampu notifikasi diubah, apakah berpengaruh? Cara mengubahnya di menu Setelan > Setelan Tambahan > Lampu Notifikasi > non aktifkan opsi pertama dan kedua.

      Opsi pertama (Lampu nyala saat isi daya) dinonaktifkan, lalu coba isi daya. Jika lampu notifikasi masih nyala melulu, kemungkinan kemasukkan air, gan. Kalau sudah begitu, harus direparasi, namun ane tidak tahu apakah lampu LED notifikasi dapat diganti atau tidak.

  • Amier:
    18 Jul 2017 · 06:12

    Gan sy beli HP redminot 4x 4/64 gb kapasitas batre 4100 mah,dilengkapi fash charging,yg mau sy tanyakan setiap pengecasan kok lama bgt ya sampe 5jam daya tahan batre jg cpt habis pdhl hp baru beli gmn solusinya gan…

    • 18 Jul 2017 · 13:34

      Halo gan Amier. Saran ane, coba ganti kabel charger dengan yang lebih pendek atau kualitasnya lebih bagus. Kualitas kabel berpengaruh terhadap kecepatan isi daya.

      Untuk masalah baterai cepat habis, itu tergantung pemakaian, gan. Kalau dipakai bermain game 3D berat & online terus menerus, sudah pasti baterai akan cepat habisnya. Apabila baterainya habis tanpa penggunaan hp yang signifikan, kemungkinan baterainya bermasalah, gan.

  • Aldi:
    16 Jul 2017 · 19:03

    Min speakernya yg aktif cuma kanan ya?

    • 16 Jul 2017 · 19:05

      Iya, gan Aldi, speaker hanya ada di kanan port micro-USB. Di kirinya terdapat mikrofon.

  • m fakhri:
    14 Jul 2017 · 21:43

    Gan ane mau nanya nih kenapa batrre note 4x saya sekarang nge-chargenya cuma 1jam 30 menit padahal kemarin 2 3 jaman ??

    • 15 Jul 2017 · 16:29

      Halo gan Fakhri. Pengisian daya baterai tergantung dari temperatur hp, gan, jika temperatur meningkat maka isi daya akan melambat. Jika temperatur bagus, isi daya akan menjadi lebih cepat.

      Menurut ane, agan tidak perlu khawatir saat isi daya lebih cepat. Agan perlu khawatir kalau daya baterai 100% hanya bertahan lebih singkat dari sebelumnya, karena ini adalah tanda baterai “bocor” 🙂

  • Riry Anggara Putra:
    14 Jul 2017 · 15:36

    Min Knn saya sudah dwonload v.8.2.1.0.0(MCFMIDL)untuk hp xiaomi redmi 4x,knn saya udh pilih paket pembaruan trus saya pilih yg file yg tdi sudah saya dwonload saya klik ok trus suruh nunggu, trus ko gk jdi yhh min mlh ada tulisan Tidak dapat verifikasi pembaruan
    Other reason
    Sarannya Dong Min

    • 15 Jul 2017 · 16:22

      Coba ganti nama file yang sudah diunduh menjadi “Update.Zip, lalu ulangi lagi update-nya, gan.

  • Riry Anggara Putra:
    14 Jul 2017 · 10:12

    Min kan saya liat di updater=pemabaruan ROM MIUI, tpi tidak ada permbaruan yg hrus di updrage, klo tidak ada yg harus di upgrade saya hrus upgrade gk min??? Tpi saya jg pengen upgrade biar menjadi v. 8.2.1.0(MBFMIDL) karna punya saya baruv. 8.1.6.0(MBFMIDI)Klo di upgrade sh bsa gk min tpi blm ada pembaruan suruh upgrade, menurut mimin si upgrade gk yh min???
    Tolong Sarannya Ya Min
    Thanks

    • 15 Jul 2017 · 15:47

      Bisa, gan, tapi agan perlu mengunduh dulu file mentah ROM MIUI. Lalu agan bisa mengikuti langkah-langkah update di artikel ini, mulai dari langkah 2 sampai selesai. Tapi kemungkinan seluruh data dan aplikasi akan hilang, karena kode ROM berbeda, dari MBFMIDI ke MBFMIDL. Jika tidak ada masalah / bug, saran ane sih tetap saja dengan ROM saat ini, gan.

  • Pretty:
    14 Jul 2017 · 00:31

    Saya baru beli hp xiaomi note 4 tapi mode getar tidak berfungsi. Jadi apabila saya aktifkan mode getar tetap seperti silent. Bagaimana ya gan solusinya? Dan sensitivitas touch screen saya kadang harus ditekan berulang kali

    • 15 Jul 2017 · 15:27

      Halo ganwati Pretty. Redmi Note 4 dan ponsel Xiaomi lainnya tidak memiliki mode getar. Pilihan getar dan mode silent berlaku terpisah.

      Agan bisa mengatur mode getar (seperti pada ponsel Samsung) dengan masuk ke mode silent lalu mengatur getar di mode hening:
      1. buka menu Setelan
      2. pilih “Suara & Getaran”
      3. aktifkan “Getar di mode hening”
      Atau, agan bisa memasang pengaturan cepat “Getar” di bar status. Caranya
      1. buka menu Setelan
      2. pilih “Notifikasi & bar status”
      3. pilih “Posisi Toggle”
      4. pindahkan “Getar” ke posisi bar aktif (ke atas)

      Untuk sensitivitas layar sentuh, sayangnya tidak ada pengaturan. Ane curiganya tempered glass yang agan gunakan terlalu tebal sehingga mengurangi permukaan sentuhan yang terbaca. Saran ane, agan bisa menggunakan screen proctector yang bukan tempered glass.

  • Ahmad:
    13 Jul 2017 · 23:38

    Gan ttp tidak bisa meski sudah dowload apk yg agn suruh. Knp y gan

    • 15 Jul 2017 · 15:17

      Gan, apakah jika hp agan disambungkan ke komputer (PC), hp agak terdeteksi? Jika terdeteksi, seharusnya agan bisa mengisi daya baterai. Jika terbaca oleh PC tetapi baterai tidak terisi, berarti ada masalah di komponen baterai. Ane sarankan untuk coba mengganti dengan baterai yang baru di toko / service hp.

  • Riry Anggara Putra:
    13 Jul 2017 · 20:44

    Cara upgrade v. 8.1.6.0(MBFMIDI) ke v. 8.2.1.0(MBFMIDL) gmna shh min??? Ada resikonya gk min klo di updrade???
    Tolong Mohon Bantuannya Min
    Thanks

  • zaldi:
    13 Jul 2017 · 13:18

    apa beda rom versi global dg versi beta. lebih baik pake yg mana.mksi

    • 13 Jul 2017 · 18:40

      Halo gan Zaldi. ROM MIUI versi Global terdiri dari dua jenis ROM yaitu Stable dan Developer. Stable artinya sudah aman digunakan oleh pengguna, sementara Developer berisi fitur-fitur baru namun tidak stabil (ada error dan mungkin sering hang). Mungkin yang agan maksud dengan versi beta adalah versi Developer. Sudah pasti yang versi Global Stable yang paling baik dipakai, gan.

  • Rizky Asha:
    13 Jul 2017 · 13:16

    Gan HP Xiaomi redmi Note 4X itu speakernya cuma satu ya ? Oh ya MIUI 9 udah rilis belum ya ? Terus Xiaomi redmi Note 4 sama Redmi Note 4X itu beda kan gan ?,Gua bingung hehehe

    • 13 Jul 2017 · 18:38

      Halo gan Rizky Asha. Iya, gan, Redmi Note 4X hanya memiliki 1 speaker saja, yaitu di sebelah kanan port micro-USB.

      Untuk MIUI 9, saat ini belum dirilis, kemungkinan bulan ini akan diluncurkan untuk Mi 5s, Mi Note 2 dan Mi 6. Model lainnya menyusul.

      Redmi Note 4X memiliki perbedaan di chipset-nya, yaitu Qualcomm Snapdragon 625 sementara Redmi Note 4 ditenagai chipset MediaTek Helio X20. Sisa spek-nya sama, gan, tidak ada perbedaan.

  • imam:
    13 Jul 2017 · 09:32

    Min HP saya Redmi Note 4 3/64Gb.setiap kali saya kasih mati atau habis batre kemudian saya kasih hidup tampilannya jadi “FASTBOOT”. Untuk tombol – gak berfungsi apakah itu yang menyebabkan tampilan HP jadi ” FASTBOOT”?? karena langkah “FASTBOOT” itu kan tekan tombol power dan volume -.
    mohon informasinya dong.

    • 13 Jul 2017 · 18:26

      Halo gan Imam. Sepertinya hp agan terblok (istilahnya Bricked). Solusinya pernah dipaparkan di forum MIUI yang agan bisa ikuti langkah-langkahnya. Tautannya di sini, gan.

  • Riry Anggara Putra:
    13 Jul 2017 · 08:34

    Min hp saya xiaomi redmi note 4x cara upgrade v 8.1.6.0(MBFMIDI) menjadi v 8.2.1.0(MBFMIDL) shh gmna min???
    Apakah hp saya harus di upgrade min ke versi yg terbaru menjadi v 8.2.1.0(MBFMIDL)???
    Klo misalnya harus di upgrade apa alannya hrus di upgrade min???
    Dan apakah efek jika di upgrade dan tidak min??
    Tanks min
    Mohon Jawabannya Ya Min☺️

    • 13 Jul 2017 · 17:44

      Saran ane, sebaiknya diupdate, gan. Versi terbaru memberikan banyak perbaikan dan lebih aman.

      Jika diupdate, biasanya ada berbagai perbaikan di sistem operasi atau aplikasi bawaan, yang tujuannya bisa untuk meningkatkan performa, lebih irit baterai atau memperbaiki kesalahan pada aplikasi dan juga peningkatan “keamanan” perangkat dari serangan virus dan malware lainnya. Jadi dengan mengupdate ROM MIUI ke versi terbaru, agan seharusnya lebih nyaman dan aman dalam menggunakan ponselnya.

      Jika tidak diupdate, resiko terbesar ada di sisi keamanan. Setiap update membawa “Android Security Patch Level” terbaru. Ini menunjukkan seberapa baru keamanan Android. Jika tidak diupdate, resiko terkena malware / virus akan semakin besar, gan.

  • Ahmad:
    12 Jul 2017 · 22:39

    Gan kenapa ya ko renot 4 ane gak bisa cas. Sempet denger info katanya itu konektor casannya . Udah saya ganti ttep aja gak bisa itu apa nya ya gan. Mohon bantuannya..

    • 13 Jul 2017 · 17:36

      Halo gan Ahmad. Coba solusi berikut ini, ane menemukannya di forum MIUI. Unduh dan pasang aplikasi “Battery Calibration” yang diterbitkan oleh NeMa. Lakukan kalibrasi baterai dengan aplikasi tersebut sampai angka bacaan baterai normal kembali, lalu coba charge. Semoga berhasil.

  • Mujahidin:
    12 Jul 2017 · 21:08

    gan tanya lagi ya, ini fitur multi touch redmi note 4 saya yg buat hidupkan layar kok nggak fungsi ya, padahal di pengaturannya sudah disting, gimana ini gan?

    • 13 Jul 2017 · 17:01

      Fitur ketuk layar 2x untuk bangunkan layar sempat bermasalah pada ROM MIUI awal, gan, namun sudah diperbaiki di versi ROM MIUI terbaru. Jadi saran ane, update ROM MIUI ke versi Global Stable terbaru, yaitu v8.2.1.0.MBFMIDL.

  • Riry Anggara Putra:
    12 Jul 2017 · 20:09

    Min hp saya xiaomi redmi note 4x klo versinya 8.1.6.0(MBFMIDI) sihh palsu gk yhh min
    #PLISS JAWAB MIN

    • 12 Jul 2017 · 20:41

      Halo gan Riry. Asli, gan, tapi bukan yang terbaru. Versi terbaru saat ini v8.2.1.0.MBFMIDL.

      • Riry Anggara Putra:
        12 Jul 2017 · 21:08

        Owhhh makasih yaa min,trus spekernya yg bunyi cuma 1yaa min cuma yg kanan, trus cara upgrad shh gmna min???
        #MAAF YA MIN KEBANYAKAN TANYA

  • Addin:
    12 Jul 2017 · 10:27

    Gan apakah benar penyakit xiaomi kalo di update bisa kena virus gitu, saya lupa apa namanya, apakah lebih aman tidak diupdate?? Klo diupdate resiko ny bgaimana klo tdk diupdate jg gma??

    • 12 Jul 2017 · 20:06

      Halo gan Addin. Dalam menggunakan ponsel Xiaomi, yang terpenting adalah menggunakan ROM MIUI versi Global Stable resmi dari Xiaomi, karena sudah pasti bersih dari aplikasi-aplikasi aneh yang muncul di ROM MIUI China atau ROM distributor. Tentunya untuk pengalaman menggunakan hp terbaik dan teraman adalah dengan tetap menggunakan versi ROM terupdate.

      Jika diupdate, biasanya ada berbagai perbaikan di sistem operasi atau aplikasi bawaan, yang tujuannya bisa untuk meningkatkan performa, lebih irit baterai atau memperbaiki kesalahan pada aplikasi dan juga peningkatan “keamanan” perangkat dari serangan virus dan malware lainnya. Jadi dengan mengupdate ROM MIUI ke versi terbaru, agan seharusnya lebih nyaman dan aman dalam menggunakan ponselnya.

      Jika tidak diupdate, resiko terbesar ada di sisi keamanan. Setiap update membawa “Android Security Patch Level” terbaru. Ini menunjukkan seberapa baru keamanan Android. Jika tidak diupdate, resiko terkena malware / virus akan semakin besar, gan.

  • Mujahidin:
    12 Jul 2017 · 01:37

    gan, HP redmi note 4 saya kok nggak bisa diupgrade ke versinya V8.2.1.0.MBFMIDL? yg sekarang ini masih miui 8 global aja gan, terus tiap mau di upgrade pasti ada tulisan sambungkan ke jaringan wifi atau tunggu sebentar, tapi pas udah disambung wifi timbul permasalahan yang sama gan. suruh sambung wifi terus padahal udah tersambung wifi. gimana gan penyelesaiannya?

    • 12 Jul 2017 · 20:39

      Halo gan Mujahidin. Redmi Note 4 agan saat ini menggunakan MIUI versi berapa? Ada kemungkinan jika agan menggunakan ROM distributor, fitur pembaruan sistem dipersulit.

      Solusi tercepat, Agan bisa unduh file updatenya dulu dari situs resmi MIUI (ini link-nya), lalu copy file-nya ke memori internal hp (jangan di dalam folder). Kemudian menggunakan system update di menu Setelan > Tentang Ponsel > Pembaruan Sistem > klik menu opsi (kanan atas) > Pilih paket pembaruan (file yang tadi diunduh). Proses update akan dimulai.

      • Mujahidin:
        12 Jul 2017 · 21:01

        miui 8 global aja gan, apa ini ROM distributor?

        • 13 Jul 2017 · 16:57

          Kalau tidak ada kode ROM dan nomor versinya, sudah pasti ROM distributor, gan.

          • Mujahidin:
            13 Jul 2017 · 20:23

            gan berarti ROM distributor saya bisa jadi ROM resmi ya gan setelah di update?

          • 13 Jul 2017 · 21:27

            Seharusnya bisa, gan, tapi setelah ROM diupdate data dan aplikasi akan hilang.

  • Narendra:
    11 Jul 2017 · 10:15

    gan, numpang nanya , ane baru beli reno 4 sd bbrapa hari lalu, ROM ane MIU Global 8.2.10.0 (MCFMIDL) , overall sih ane puas sama performanya, cuma ada 2 hal aja yg ingin ane tanyain :

    1. utk headset/earphone itu apakah harus earphone resmi dari xiaomi nya biar bagus suaranya? soalnya ane coba di headset ane (Sennheiser) itu suaranya ko ga bagus kyk mendem gitu, padahal headsetnya udh bagus itu hehe :))

    2. kadang2 setiap buka medsos kyk WA/ LINE suka muncul suara aneh gitu, bunyinya “tick” , itu kenapa ya gan? apa ada bug dri aplikasinya atau bug di hp ane nya ya, mohon pencerahannya :))

    salam,

    • 12 Jul 2017 · 20:47

      Halo gan Narendra. Menjawab pertanyaan agan:

      1. Menurut ane, menggunakan earphone Xiaomi dengan ponsel Xiaomi sama saja dengan menggunakan earphone / headset yang setera. Tidak ada perbedaan yang mencolok. Ane menggunakan earphone Sennheiser MM30G dan earphone Xiaomi Mi Piston generasi kedua. Tapi menurut ane suara bass keluaran Redmi Note 4 (dan hampir seluruh model ponsel Xiaomi lainnya) terdengar mendem, meski di equalizer sudah dinaikkan, akibat tidak adanya chip audio khusus di ponsel Xiaomi.

      2. Bunyi yang muncul saat membuka aplikasi tertentu menurut ane tidak lazim, gan. Saat agan menggunakan modus Hening, apakah suara anehnya masih muncul?

      • Narendra:
        13 Jul 2017 · 09:25

        wahh thanks infonya gan, utk yg masalah headset brarti emg dri bawaan hape nya , duhh padahal suka musik EDM yg butuh suara bass hahaa

        btw utk yg suara “tick” itu setelah ane coba modus silent, suaranya ga muncul gan ,apa masalah di speakernya ya??

        • 13 Jul 2017 · 18:14

          Ane coba cari di beberapa forum terkait masalah agan, ternyata masalah ini memang ada dan cukup banyak yang mengalaminya, meski tidak semua. Ane bisa simpulkan masalah ini ada di hardware, karena meski menggunakan ROM yang berbeda-beda, masalah ini tetap ada. Sementara ini tidak ada solusi yang meyakinkan, gan. Jadi, sori untuk masalah suara ane belum bisa kasih solusi, gan.

          • Narendra:
            14 Jul 2017 · 09:26

            oke siap gan its okay, kmaren ane jg nyari2 tau di forum2 luar, katanya coba nyalain musik sambil volumenya di gedein/full, ane coba cara itu alhasil sampe skrg blm2 muncul2 lg suara anehnya, mudah2an bisa trus kgk muncul lg dah haha

          • Narendra:
            17 Jul 2017 · 11:24

            ternyata bunyi nya masih keluar gan, btw kalo situ nemu blog utk solusi case ini , mohon di share ya gan , thanks 🙂

  • teguh:
    10 Jul 2017 · 17:12

    knapa yah xiaomi note 4 saya volume + nya tidak mau respon, yg bisa volume – saja, mohon infonya???

    • 10 Jul 2017 · 21:35

      Halo gan Teguh. Sepertinya masalah perangkat keras tombolnya, mungkin kemasukan objek, atau pad tombolnya sudah tidak berfungsi. Sebaiknya dibawa ke tempat service / reparasi, gan.

  • Aldi:
    08 Jul 2017 · 07:25

    Gan mau tanya. Xiaomi saya kan redmi note 4 versi snapdragon ram 3/32.
    Saya belinya dapat bos yang tepi boxnya bertuliskan redmi note 4 bukan tulisan china dan ada label global version, trus pas buka box nya garansinya Kim Tech SDN BHD, Mohon penjelasannya master, apakah xiaomi saya resmi dan asli dari xiaomi ?

    • 08 Jul 2017 · 16:12

      Halo gan Aldi. Perusahaan penyedia garansi hp agan adalah dari Malaysia (Sdn Bhd = Sendirian Berhad (bhs Melayu) = Perusahaan Terbatas), yang berarti barang agan resmi dan asli untuk dijual DI MALAYSIA. Versi global karena hp agan diproduksi di negara lain yang barangnya untuk diexport ke berbagai negara, makanya dinamai Global Version. Produk ponsel Xiaomi yang resmi untuk pasar Indonesia sudah pasti dibuat / dirakit dan digaransi oleh perusahaan asal Indonesia, sesuai peraturan pemerintah kita mengenai TKDN 30%.

  • Dimas Setiawan:
    08 Jul 2017 · 00:02

    Misi min. Ane mau tanya nih min ane kan baca2 artikel tentang cara merawat baterai hp lh kebanyakan bilang kalo ngcas sampe 100% itu ga perlu karna baterai lebih optimal di 80%. Nah pertanyaan ane itu bener ga sih min? ga perlu ngecas sampe 100%? thanks min 🙏

    • 08 Jul 2017 · 16:08

      Halo gan Dimas. Perlu agan ketahui bahwa baterai Li-Polymer di hp diproteksi oleh berbagai fitur perlindungan di sirkuit elektroniknya, salah satunya pembacaan kapasitas baterai 0% – 100% yang sebenarnya menunjukkan 10% – 90% kapasitas sesungguhnya dari baterai tersebut. Tujuannya untuk mencegah baterai kehabisan muatan sama sekali (0%) dan kejadian over-charge (>100%), keduanya dapat menurunkan umur baterai dengan cepat bahkan menyebabkan kerusakan baterai.

      Jadi, saat agan mengisi daya, ane yakin agan tidak perlu khawatir baterai optimal di kapasitas 80%. Agan bisa mengisi daya sampai 100% dan membiarkan chip di dalam hp yang mengamankan baterai agan. Untuk menjaga keawetan baterai, cara yang menurut ane paling terbukti adalah menjaga baterai tidak dalam kondisi panas untuk waktu yang lama, karena “musuh” utama umur baterai hp adalah panas berlebih baik saat diisi daya atau saat hp dipakai. Semoga memperjelas!

  • MAHMUD:
    07 Jul 2017 · 07:19

    Gan knapa ya hp xiomi not 4 ane layarnya merah bergaris gitu gan?????

    #flis jawab bang

    • 07 Jul 2017 · 22:47

      Halo gan Mahmud. Kalau ada garis merah yang tidak hilang-hilang saat berganti tampilan, itu tandanya ada chip LCD yang rusak. Untuk memperbaikinya harus mengganti display assembly (ganti layar), gan.

  • Iqbal:
    06 Jul 2017 · 12:30

    Gan mau tanya nih apa emang tipe pengisian xiaomi asli itu ada yang berbeda ya ga ? Soalnya xiaomi redmi note 4 ane tampilan saat charger daya mati berbeda sama yang lain gimana gan ? Apa itu palsu ?

    • 06 Jul 2017 · 20:13

      Halo gan Iqbal. Tampilan charger saat daya mati bisa berbeda, gan. Yang ane tahu berbeda adalah tampilan Redmi Note 4 versi MediaTek dan versi Snapdragon. Tapi mungkin saja berbeda.

      Kalau saran ane, yang penting dalam menggunakan Xiaomi adalah versi MIUI sudah versi Global, dengan kode MBFMIDL atau MCFMIDL. Selain kedua kode itu, ROM-nya palsu, gan, dan beresiko dengan aplikasi aneh-aneh yang tidak terlihat.

      • thalal bagis:
        19 Jul 2017 · 06:49

        gan saya MIUI versi 8.1.15.0 mcfmidi apakah itu asli ?

        • 19 Jul 2017 · 20:58

          Asli, gan. Tapi versi terbarunya saat ini v8.2.10.0.MCFMIDL.

  • sadad andy:
    06 Jul 2017 · 08:44

    hai gan ane mau nanya, ane hapenya redmi note 4 MIUI Global 8.2 saat nelfon katanya suaranya kecil banget ga kedengeran jadi kalo nelfon harus diloadspeaker. apa ya gan masalahnya dan cara ngatasinya? makasih

    • 06 Jul 2017 · 20:00

      Halo gan Sadad. Ane sarankan cara berikut untuk memastikan sumber masalahnya: Gunakan aplikasi perekam suara, rekam suara agan berbicara dekat dengan mikrofon (mikrofon terletak di sisi bawah hp, sebelah kiri port micro-USB), lalu dengarkan:
      1. Jika suara agan terdengar jelas dengan volume yang normal, maka masalahnya ada di piranti lunak. Solusinya, coba matikan pengaturan Google Voice Command:
      a. buka menu Setelan > Google
      b. pilih Penelusuran > Suara
      c. pilih Deteksi “OK Google”
      d. nonaktifkan seluruh pilihan di dalamnya
      e. coba lagi dengan menelepon seseorang..
      Aplikasi Google Search terkadang mengurangi sensitivitas mikrofon karena harus siaga terus menerus menunggu masukan “OK Google”. Dengan mematikan fitur ini, seharusnya input melalui mikrofon tidak terganggu.

      2. Jika suara agan terdengar kecil, berarti masalahnya ada di mikrofon. Solusinya, pastikan di lubang mikrofon tidak ada debu atau benda yang menghalangi. Ulangi, jika suara rekaman masih kecil, kemungkinan ada masalah pada mikrofonnya sendiri dan harus ganti komponen.

      Semoga membantu!

      • Sadad andy:
        07 Jul 2017 · 17:17

        Makasih gan work ternyata😊

  • Sigit pratama:
    06 Jul 2017 · 00:23

    Selamat malam gan mao tanya nih xiaomi note 4 itu speakernya mati satu yah ?? Terus kok pencerahan saya kadang redup kadang terang lagi itu kenapa yah ??

    • 06 Jul 2017 · 19:46

      Halo gan Sigit. Untuk speaker, Redmi Note 4 hanya dibekali satu speaker saja, yaitu di gril speaker sebelah kanan port microUSB. Di gril speaker sebelah kirinya terdapat mikrofon.

      Mengenai kecerahan layar, itu tergantung dari jumlah cahaya yang diterima sensor cahaya yang letaknya ada di sebelah kiri speaker panggilan di atas layar. Untuk menonaktifkan fitur kecerahan layar otomatis, ada pengaturan “Kecerahan” di panel atas (huruf A) yang bisa dimatikan, gan.

  • Apanjipratam:
    05 Jul 2017 · 15:05

    Bro mau tanya nih hp ane kan xiaomi redmi note 4 versi snapdragon dari awall belii sampee sekarangg udahh 3bln ini kokk kalao charge hp lamaa yahh?, Dr kondisi 10% sampee 100% kokk bisaa nyampee 2jam 50mnt ya hampir 3 jamm, kondisii miui global 8.2.5.0 mcfmidl

    • 05 Jul 2017 · 22:17

      Halo gan Apanjipratam. Menurut ane waktu chargingnya cukup wajar, gan. Kalau sudah 5 jam tidak penuh-penuh, baru kemungkinan ada masalah sama baterai atau chargernya.

  • Naftaaaaaa:
    05 Jul 2017 · 11:16

    Min. Redmi Note saya gak bisa Charger…
    Padahal USB Check nya Konek, lampu LED indikatornya nyala. tapi cuman sekitar 10 Detik, mati lagi…
    tau Solusinya gak Min.,???

    • 05 Jul 2017 · 21:07

      Halo gan Naftaaaaaa. Ane curiga charger atau kabelnya bermasalah? Apakah sudah dicoba dengan kabel + charger lain?

  • Teguh:
    04 Jul 2017 · 17:46

    Mau tanya, kenapa awal menyalakan xiaomi note4 dari kondisi off ke kondisi ready lama sekali bisa 3 menit an. HP saya xiaomi note4 RAM 3 GB ROM 64 GB MIUI 8.0.3.0. Thanks

    • 04 Jul 2017 · 18:16

      Halo gan Teguh. Ane curiga ROM-nya sedang melakukan update. Apakah setiap reboot agan menemui hal yang sama, ready selama 3 menit? Ane coba di Redmi Note 4 ane, reboot hanya memakan waktu 1 menit.

      Mungkin bisa diinfo kode versi MIUI hp agan? Versi MIUI Global resmi untuk Redmi Note 4 (MediaTek) terkini adalah v8.2.1.0.MBFMIDL dan v8.2.10.0.MCFMIDL untuk yang versi Snapdragon 625. Jika MIUI agan kodenya bukan MBFMIDL atau MCFMIDL, sudah pasti MIUI-nya palsu alias versi distributor, dan mungkin itu menjadi masalah reboot menjadi lama.

  • Anin:
    04 Jul 2017 · 02:12

    Halo gan,
    Muncul #pemberitahuan redmi note4 saya minta update /mulai terapkan ulang, ke MIUI V8.10.0 mcfmidl ,

    1.apakah akan resert pabrik setelah update / mulai terapkan ulang?
    .
    2. Dan bagaimana kl saya tidak melakukan update dalam jangka waktu lama?
    .
    Saat ini versi MIUI saya 8.2.4.0 mcfmidl gan,..
    Maklum baru prtama x nih pake redmi note 4 ,Jd masih buta heuheu. Mohon infonya? Thanks gan 🙂

    • 04 Jul 2017 · 17:22

      Halo gan Anin. Versi terbaru Redmi Note 4 adalah v8.2.10.0.MCFMIDL (model dengan Snapdragon 625). Menjawab pertanyaan agan:
      1. Update yang diminta oleh sistem update (muncul notifikasi di atas) tidak akan menghilangkan file dan aplikasi yang sudah terpasang. Update ini hanya memperbaharui sistem operasi.
      2. Jika tidak diupdate, hp tetap dapat dipakai namun relatif kurang aman karena versi 8.2.10 mengupdate Google Security pada OS.

      Versi ini 8.2.10 juga membawa update untuk bar notifikasi yang lebih baik dan lancar, dan berbagai perbaikan aplikasi kamera dan koneksi Bluetooth yang lebih stabil. Saran ane, jika update diminta oleh sistem, segera diupdate, gan.

  • Gilang surya:
    03 Jul 2017 · 00:00

    Malam gan, mau tanya xiaomi sya kok cpt skli batrenya habis ya dri 100% smpe 40% dlam wktu 6 jam dan cpat hangat gtu klo lgi online itu knp yah?? Saya biasa pke 4g cmn jringan 4gnya sring hilang” gtu apakah pengaruhnya ke batre???

    Mohon di jwb yah trima kasih:)

    • Gilang surya:
      03 Jul 2017 · 00:01

      Xiaomi saya xiaomi redmi note 4 mediatek

    • 03 Jul 2017 · 19:56

      Halo gan Gilang. Agan bisa memastikan kondisi baterai dengan cara menekan *#*#4636#*#* lalu pilih “Info Baterai”. Jika kondisi baterai disebut “Baik”, maka seharusnya tidak ada masalah pada baterai. Jika baterai sehat, ane curiga ada aplikasi yang abnormal, memakan daya baterai berlebihan. Cara memeriksanya:
      1. buka menu Setelan > “Baterai & Performa” > “Konsumsi Baterai”
      2. cek aplikasi yang paling memakan daya baterai terbesar, Lalu aktifkan fitur “Hemat Baterai Di Latar Belakang” pada aplikasi yang boros makan baterai
      3. kembali sekali, buka “Kelola Penggunaan Baterai Apl” > “Pilih Apl” > Pilih aplikasi > “Batasi Apl Latar Belakang”
      Pastikan aplikasi yang dibatasi adalah yang bukan inti dari Google Service atau OS Android. Selamat mencoba.

  • Tika:
    01 Jul 2017 · 17:14

    Mw nny gan, xiomi resmi 4 note sy knp y tombol powernya nya g ada respon apa2 sm tombol ngecilin volume nya jg g mau. Kronologix wkt mw nge-charge g ada timbul tnda charge/gmbr batrei ngisi. Tp lampu indikator charge ttp Nyla wlopun rda aneh. Pas layr mati g bs diidupin pke tombol powernya, untg msh bs pke alternatif ktuk lyr. Kira2 knp ya tu gan? Sy jd g bs matiin idupin/restart hpx.

    • 01 Jul 2017 · 21:48

      Halo gan Tika. Coba tekan tombol power yang lama, sekitar 10 detik, ini akan mensimulasikan pemutusan tenaga baterai (restart paksa). Jika masih tidak bisa, kemungkinan besar ada masalah sama piranti keras tombolnya. Saran ane, bawa ke tempat reparasi ponsel untuk diperiksa.

  • Andy:
    29 Jun 2017 · 20:23

    Malam gan,Xiaomi note 4 setelah diganti lcd Krn pecah,skr kameranya redup tidak seperti pertama terang dan bagus bgt,…kenapa ya gan?

    • 30 Jun 2017 · 19:55

      Halo gan Andy. Saran ane dibawa lagi ke tempat agan reparasi ganti LCD untuk dicek. Bisa banyak kemungkinan, dari pemasangan konektor modul kamera yang tidak sempurna ke motherboard, atau modul kamera berbeda dari awalnya.

  • FikriArya:
    27 Jun 2017 · 08:40

    Gan, ane mau nanya, hp ane xiaomi resmi note 4, pas lagi di pake tiba” semua button gak fungsi seperti tombol power, tombol volume, dan home, back, dan buat recentapps nya, kira” solusinya gmana ya gan?

    • 28 Jun 2017 · 20:56

      Halo gan FikriArya. Sepertinya hp agan lagi hang. Kalau sudah begitu, tekan tombol power yang lama sekitar 10 detik, gan. Nanti hp akan mulai ulang sendiri. Kalau sering hang, bisa jadi karena ada aplikasi yang bermasalah.

  • Boni fansius:
    26 Jun 2017 · 12:44

    Mau tanya gan ..kok hasil rekaman Xiaomi note 4x suara nya jelek ya .pengaruh apa tu gan ?

  • moch romadhon:
    25 Jun 2017 · 11:16

    halo gan
    saya baru beli xiaomi note 4 trus saya coba camera dan mau ke kamera depan kok gak bisa ya mohon bantuannya

    • 26 Jun 2017 · 15:59

      Halo gan. Untuk memakai kamera depan, agan perlu membuka aplikasi kamera, lalu menekan tombol panah berputar di sebelah kanan tombol “Mode”. Saat agan mencoba, apa yang terjadi, gan? Ada error yang muncul?

  • Windy:
    24 Jun 2017 · 20:22

    Halo, saya baru beli reno 4 yg 3/64. Trus hox cepat panaz, sering banget tiap buka kamera hp no respon sampe jam2an nanti dimatiin gekan tombol lama baru mati. Kalo nyala jadi bagus lagi, tapi sering mati tiap buka kamera

    • 26 Jun 2017 · 15:37

      Halo ganwati Windy. ROM MIUI yang terpasang versi berapa, gan? Kalau masalah panas, memang kalau dipakai untuk bermain game 3D bagian belakang cepat panas. Kalau masalah kamera tidak responsif, ane curiga ROM-nya bermasalah. Saran ane pakai ROM Global stabil. Yang terbaru versinya V8.2.1.0.MBFMIDL (Redmi Note 4 dengan chip MediaTek) atau V8.2.10.0.MCFMIDL (chip Qualcomm Snapdragon 625).

  • Radika Dwi Anjani:
    24 Jun 2017 · 11:27

    REDMI 3X saya tiba tiba layar kecerahannya redup sendiri autobrightness sudah saya non aktif kan saya geser ke kanan kiri kecerahannya tidak berubah tolong solusi yang gan

  • Indra:
    23 Jun 2017 · 22:37

    Kalo xiaomi redmi note 4 tidak ada finger emang bermasalah ya punya saya distributor

    • 24 Jun 2017 · 18:06

      Halo gan Indra. Maksudnya sensor fingerprint tidak bisa dipakai? Saran ane, agan coba daftarkan sidik jari di menu Setelan > Kunci Layar & Sidik Jari > Kelola Sidik Jari > Tambah Sidik Jari. Rekam sidik jari agan sampai beres, lalu coba lock hp dan coba buka pakai sidik jari. Jika ada error, apa yang disebut oleh hp, gan?

  • Richo:
    23 Jun 2017 · 15:40

    ohiya gan 1 lagi, kalo sambil ngecas hp disimpan diatas karpet atau diatas kasur, suhu batrenya dikisaran 40° – 45°..tapi kalau dilantai suhunya dibawah 30°..normalkah itu?

    • 24 Jun 2017 · 18:02

      Haha iya, gan, itu cara yang ane juga pakai kalau bagian belakang hp agak panas, ane taruh di atas lantai saja. Menurut ane sih gak apa-apa, gan, karena lantai keramik memang penyerap panas yang baik, berbeda dari kain di karpet atau kasur yang bukan penyerap panas. Prinsipnya sama dengan heat sink berbahan keramik yang dipakai untuk mendinginkan processor..

  • Richo:
    23 Jun 2017 · 15:16

    gan redmi note 4 saya kok ngisi batre nya jadi sangat cepat ya, ngisi dari 1% ke 60% cuma 15 menit, biasanya lebih dari itu gan..itu tandanya udah mulai ngedrop atau belum gan..thnks gan

    • 24 Jun 2017 · 17:59

      Halo gan Richo. Kalau dari perhitungan, mengisi 60% baterai 4100mAh Redmi Note 4 butuh waktu setidaknya 73 menit dengan charger bawaan 5V / 2A. Kalau hanya 15%, ane curiga baterainya bermasalah. Tapi agan sebaiknya pastikan dulu di grafik Riwayat Konsumi Baterai (ada menu Setelan > Baterai dan Performa > Konsumsi Baterai > Tekan tombol kanan atas), jika grafiknya ada naik dan turun secara abnormal dalam waktu singkat, berarti kapasitas baterai memang sudah drop.

      • Richo:
        25 Jun 2017 · 04:16

        iya gan, tapi masa baru sebulan udah ngedrop lagi ya, ngisi sampai full juga cuma 90 menit..kemarin juga asalnya 80% didiemin kok malah naik jadi 84% padahal gak dicas..terus waktu pertama beli kan udah 100%..tapi pas ditinggal tidur kok malah ngurangin terus ya batrenya padahal udh disave batre mode sama di mode pesawat…

        • Richo:
          25 Jun 2017 · 04:25

          ohiya gan, biasanya berama lama sih kalo didiemin hpnya setelah diisi 100%?..kalo ane dipengaturan baterainya cuma tahan 14 jam..

          • 26 Jun 2017 · 15:49

            Kalau lamanya baterai bertahan, tergantung dari pemakaian sebelumnya, gan. Kalau pemakaian untuk bermain game terus sebelum di-charge, bisa hanya 10 jam. Kalau untuk dipakai normal, bisa 24 jam. Jadi agak sulit dijadikan indikasi baterai yang bermasalah, gan.

        • 26 Jun 2017 · 15:47

          Wah kalau bacaan baterai sudah goyang, berarti baterainya bermasalah, gan. Ada sel baterai yang bocor, sehingga voltase bergerak naik turun. Saran ane sebaiknya baterai segera diganti yang baru, gan. Kalau masih garansi, diklaim garansinya saja, gan.

  • didin muamaah:
    20 Jun 2017 · 11:38

    redmi saya tiba tiba layar mati dan tidak bisa hidup walaupun ada telpon wa dan notiikasi yang lain masuk. bisa menerima panggilan tetapi tidak bisa melihat aplikasi karena layar hitam dan tidak bisa ditingkatkan kecerahaanya walaupun sdh menekan tombol power.bagaimana y solusinya

    • 20 Jun 2017 · 13:37

      Halo gan Didin. Coba tombol power ditekan dan tahan agak lama, sekitar 10 detik, untuk memulai ulang paksa hp. Jika layar masih kondisi bagus, akan muncul logo MI. Jika tidak, maka layarnya yang bermasalah, gan. Saran ane direparasi untuk ganti LCD assembly-nya.

  • Dimas Setiawan:
    18 Jun 2017 · 10:52

    Kalo ngecas udah 100% tapi lupa dicabut berjam2 itu efek nya apa min? Makasih sebelumnya min 👍

    • 19 Jun 2017 · 21:32

      Halo gan Dimas. Baterai ponsel modern tipe Li-po bisa dicolok berjam-jam meski sudah 100% dengan aman dan tanpa mengurangi “umur” baterai, gan. “Musuh” utama baterai adalah panas. Jadi selama tidak terlampau panas (overheat), baterai seharusnya awet sesuai desain umur awalnya.

  • Pansi:
    16 Jun 2017 · 01:27

    Redmi note 4 ada 4G tau tidak,pertama saya liat spek itu ada,tapi setelah saya beli koq g ada,mohon jawabannya secepatnya

    • 16 Jun 2017 · 19:58

      Halo gan Pansi. Redmi Note 4 mendukung jaringan 4G di Indonesia. Ane sudah pernah coba untuk 4G Indosat, Telkomsel dan Smartfren, semuanya lancar, gan. Saran ane, agan pastikan 3 hal:
      1. Kartu SIM agan sudah khusus 4G. Jika belum, agan harus tukarkan dengan yang bisa akses 4G.
      2. Lokasi agan tercakup coverage jaringan 4G operator yang agan pakai. Bisa dicek ke situs operator agan untuk coverage 4G
      3. Pastikan jaringan sudah tersetel dengan benar: menu Setelan > “Kartu SIM & Jaringan Seluler” > (Nama Operator agan) > Tipe Jaringan Prioritas > LTE

  • LanDrix:
    14 Jun 2017 · 14:01

    Gan jadi yg mtk atau sd yg dukung qc.

  • Pinkojnkfira:
    11 Jun 2017 · 16:03

    Halo gan hp xiaomi note 4 ane kok cepet habis ya batrenya gan gimana ni normalin lagi gan?

    • 11 Jun 2017 · 16:18

      Halo gan Pinkojnkfira. Ini tips supaya baterai awet:
      1. Hapus instalasi aplikasi yang tidak dipakai, karena beberapa aplikasi tetap bekerja di background, mengkonsumsi baterai
      2. Gunakan fitur “Penghemat Daya” (Battery Saver), ada di menu Setelan > Baterai dan Performa > Daya > Penghemat Daya
      3. Hindari menggunakan hp sampai panas. Panas mengurangi “umur” baterai, sehingga kapasitas maksimalnya berkurang
      4. Atur kecerahan layar yang agak redup. Konsumi daya terbesar adalah dari layar, mengurangi kecerahan layar 2 – 3 tingkat bisa menghemat penggunaan baterai
      5. Kalau baterai sudah benar-benar drop, baterai diganti ke toko HP yang menerima reparasi / ganti baterai. Baterai yang sudah drop tidak dapat dipulihkan.

  • Libra:
    10 Jun 2017 · 14:30

    Halo gan mau tanya perihal redmi note 4 nya..
    Saat tombol navigasi bagian bawah layar tersentuh, tnpa sengaja maka layar pun menyala..
    Dn itu menggagu sekali..
    Bisa kah di matikan untuk setting navigasi nya gan..

    • 10 Jun 2017 · 18:25

      Halo gan Libra. Seharusnya Redmi Note 4 tidak memiliki perilaku seperti itu, gan. Kalau tombol navigasi disentuh seharusnya layar tidak menyala. Tidak pengaturan di dalam menu setelan. Mungkin perilaku itu berasal dari aplikasi yang agan pakai?

  • Fiky Nurjanah:
    09 Jun 2017 · 23:12

    Gan saya mau tanya kenapa yaa xiaomi note 4 kalo foto selfie malam hari hasilnya jadi pucat banget. Apa memang begitu??

    • 10 Jun 2017 · 16:44

      Halo ganwati Fiky. Iya, gan, kamera depan Redmi Note 4 memang kurang bagus di kondisi cahaya kurang seperti di malam hari. Memang dari hardware-nya, gan.

  • Rezkiandi:
    08 Jun 2017 · 14:31

    Halo gan,..,mantab review.nya dah top markotop

    Ane ad masalah waktu download file dari email (attachement pdf ukuran 400 kb) lewat browser bawaan kok muncul (Ukuran Berkas: Tidak dapat unduh.Ganti Folder)

  • Yudha:
    05 Jun 2017 · 10:32

    hp note 4 saya suka LAG di kamera Video,pemutar musik&youtube knp ya gan???
    sampe” hp pernh saya restar ulang,tpi penyakit kembali datang saat aplikasi di pasang lagi gan?

    • 05 Jun 2017 · 18:47

      Halo gan Yudha. Agan pakai versi MIUI berapa? Menurut ane kalau sudah beberapa aplikasi lag bisa jadi ada masalah di sistem operasi. Saran ane diperbarui ke versi MIUI terbaru.

  • anggi:
    04 Jun 2017 · 18:38

    mau tanya donk,hp baru blm 1 bln ko tombol volume n power n ga bisa d charge itu kemungkinan knp ya??trus bisa d kembaliin ga ya k tokonya??terima kasih

    • 04 Jun 2017 · 19:43

      Halo gan Anggi. Kalau hp masih baru tapi hardwarenya bermasalah, sebaiknya minta garansi ke toko tempat pembelian. Bisa jadi cacat produksi.

  • Erwinda:
    03 Jun 2017 · 20:37

    Gan sy mau tanya, label warning itu jika dilepas berpengaruh tidak untuk garansi? Karna ada tulisan “untuk melindungi hak hak konsumen, harap jaga keutuhan label” dan label bawahnya itu jika dilepas berpengaruh?

    • 03 Jun 2017 · 21:18

      Halo gan Erwinda. Saran ane sih labelnya dilepas saja dan dipindahkan ke kotak Redmi Note 4 dengan tetap menjaga keutuhan label. Warning-nya kan hanya untuk menjaga keutuhan, bukan tidak boleh dilepas dari perangkat. Dari label itu yang penting adalah nomor IMEI, gan, jangan sampai rusak.

  • Sahrul:
    03 Jun 2017 · 18:08

    Terima kasih atas jawabannya ,Tapi Mau tanya lagi gan .kalau redmi note 4 saya ramnya versi distributor bagaimanakah langkah selanjutnya untuk mengembalikan fingerprinya bagaimana solusinya gan ???

    • 03 Jun 2017 · 21:47

      Halo gan Sahrul. Agan bisa menggunakan artikel ini untuk mengganti ke ROM MIUI resmi. Untuk Redmi Note 4, agan ganti langkah 1 dari artikel itu ke tautan ini, lalu unduh ROM yang sesuai (“Redmi Note 4 MTK Glonal” jika hp agan menggunakan chip MediaTek Helio X20 atau “Redmi Note 4 Qualcomm Global” jika hp agan di dalamnya Snapdragon 625). Selanjutnya langkah 2 sampai selesai sama dengan artikel di atas, gan.

      Semoga membantu.

  • Sahrul:
    03 Jun 2017 · 14:31

    Gan Bagaimana cara mengembalikan fingerprint yang hilang pada redmi note 4 .biasanya di setelan terdapat kunci layar dan sidik jari ,tapi saat ini hanya terdapat kunci layar dan sandi .bagaimana cara memakai sidik jarinya lagi gan

    • 03 Jun 2017 · 16:18

      Halo gan Sahrul. Pilihan kelola sidik jari seharusnya ada di dalam menu setelan kunci layar dan sandi, pilihan paling atas. Kalau ga ada, bisa diinfo versi ROM MIUI Redmi Note 4 agan? Takutnya ROM distributor, gan.

  • Dimas Setiawan:
    30 May 2017 · 11:23

    Mau tanya lagi dong min, kenapa kalo habis dicas terus didiemin 3 jam batrenya ngurangin jadi 97% dan kalo habis dicas terus dipake bentar bgt batrenya ngurangin jadi 99% apa itu ada masalah min? Padahal kan batrenya 4100mAh

  • Muhammad Andi Kurniawan:
    29 May 2017 · 09:58

    Gan saya mw nanya nih.. Itu fungsi Lampu di blakang, dibawah kamera yang warna orange fungsinya buat apaan ya, sama cara ngaktifkanya gimana..?

    Terima kasih gan

  • Andre:
    29 May 2017 · 01:03

    Gan saya mau nanya kenapa xiaomi note 4 punya saya klo di charger lama yhh itu apa dri pabriknyh memang lama apa pengecasan nyh rusak

    • 29 May 2017 · 21:29

      Halo gan Andre. Iya, gan, kalau pakai charger bawaan memang lama karena charger bawaan Redmi Note 4 ratingnya hanya 5V/2A Max, aktualnya hanya 1A yang keluar. Kalau mau lebih cepat isi daya baterainya, ane sarankan pakai charger yang mendukung Quick Charge 3.0. Meski Redmi Note 4 tidak mendukung QC 3.0, tapi keluaran arus charger ini lebih tinggi dibanding charger bawaan, bisa mencapai 2A.

  • Dimas Setiawan:
    28 May 2017 · 13:28

    Saya kan sering main game, supaya batrenya awet saya sering hidupin penghemat baterai. Nah saya mau nanya nih, bahaya ngga sih kalo sering dihidupin

    • 28 May 2017 · 19:06

      Halo gan Dimas. Untuk keawetan baterai, saran ane cuma satu, jangan sampai baterainya panas dalam waktu yang lama. Musuh utama baterai adalah panas, yang lama-kelamaan bisa mengurangi kapasitas maksimum baterai (jadi cepat drop). Kalau dibilang bahaya sih tergantung, gan, tetap semua bahaya yang melibatkan baterai diawali dengan panas berlebih yang bisa mengakibatkan terbakar pada kasus yang ekstrim. Jadi, saran ane, kalau bagian belakang hp sudah panas saat disentuh, sebaiknya didinginkan dulu.

      • Dimas Setiawan:
        29 May 2017 · 16:07

        Kalo habis dicas terus si diemin sekitar 3jam kok batrenya tinggal 97% ya padahal di mode pesawat

  • dani:
    27 May 2017 · 23:37

    Gan ane mau tanya…..ane bru beli xiomi redmi note 4…..tapi mau buka kaper blakang hp g ngerti.(buka batre)..trus posisi pada pemasangan kartu sim dan memori kart nya…ane g ngrrti…..mohon bantuan gan……klo mau lebih sfesifik tutorial…..panduan full xiomi not4…gimana…cara nya…gan…. makasih…

    • 28 May 2017 · 18:26

      Halo gan Dani. Cover belakang Redmi Note 4 tidak bisa dibuka (harus dengan alat khusus), dan baterainya juga tidak bisa dicopot. Untuk pasang kartu SIM, Redmi Note 4 bisa menggunakan 1 kartu SIM ukuran mikro dan 1 kartu SIM ukuran nano. Posisi kartu SIM nano bisa diganti dengan kartu micro SD, jadi kalau agan mau pasang kartu memori, tidak bisa menggunakan 2 kartu SIM. Pemasangannya seperti yang ada di gambar di bawah ini, gan:

      Semoga membantu!

  • Suma:
    26 May 2017 · 09:25

    Gan, mau tanya. Tentang tombol navigasi (3 tombol di bawah) redmi not 4. Punya saya kok tidak ada lampunya, padahal setingan di pengaturannya ada. Kira2 masalah nya di apa ya. Tq b4

    • 26 May 2017 · 21:26

      Halo gan Suma. Ane bisa konfirmasi Redmi Note 4 tidak dilengkapi lampu di tombol navigasi, gan. Yang ada lampu navigasi-nya adalah model Redmi Pro.

  • Ridho:
    24 May 2017 · 23:04

    Mau Tanya gan. Untuk layar redmi note 4 kan 2,5 D. Nah kebetulan saya beli 2 unit Redmi Note 4 versi Snapdragon. Kenapa layarnya berbeda yaa lengkungan pinggirnya, yg pertama dipasang tempered glass bisa nempel tanpa ada rongga di samping alias nempel 100% tempered nya. Sedangkan yg kedua tempered glass nya ga nempel 100% Ada rongga yg tidak nempel dipinggirannya. Padahal merk Dan kualitas sama tempered glass nya Dan Sudah say tukar masih sama hasilnya.. thanks

    • 25 May 2017 · 14:42

      Halo gan Ridho. Tempered glass yang bisa nempel 100% itu bisa dibengkokkan dengan mudah tidak? Kalau bisa, berarti itu bukan tempered glass, melainkan lapisan anti-gores biasa. Tempered glass tidak bisa dibengkokkan (kalau dipaksa akan patah).

      Pengalaman ane, tidak ada tempered glass yang bisa menempel penuh dengan layar 2.5D karena tempered glass sifatnya memang keras dan tidak bisa dilengkungkan mengikuti kontur tepi layar 2.5D, jadi pasti akan ada rongga.

      Yang bisa menutupi dan menempel 100% hanya lapisan anti-goress (screen protector). Dan ane sih sekarang pilih lapisan anti-gores aja untuk melindungi layar hp dengan layar 2.5D ane.

  • Farhan:
    24 May 2017 · 21:10

    Gan mau nanya,

    Redmi note 4 ane dipake ngojek online kok sinyal nya berasa kurang ya, NI hp rasanya gagu, nunggu lama ga dpt2, tp liat temen sambil jalan jg nangkep order. Bisa kasih tau triknya NI hp diapain biar gampang nyangkut ya

    • 24 May 2017 · 21:39

      Halo gan Farhan. Agan biasanya pakai jaringan 4G/3G atau hanya 3G? Ane asumsi koneksi internet agan tidak lancar, sehingga orderan susah ketangkep.

      Banyak faktor yang mempengaruhi penerimaan sinyal di hp, gan. Ane ada saran untuk meningkatkan kestabilan sinyal internet hp agan, tapi belum pernah ane uji apakah bisa meningkatkan orderan agan. Caranya dengan mengunci tipe jaringan tertentu, menurut ane yang paling stabil saat ini jaringan 3G. Caranya:
      1. Ketik *#*#4636#*#* di layar panggilan hp
      2. Pilih “Informasi telepon1” (atau “Informasi telepon2” jika agan pakai koneksi data di SIM 2)
      3. Pilih “Setel jenis jaringan yang disukai”
      4. Pilih “WCDMA only”

      Hp agan akan aktif dan terkunci di jaringan 3G saja, seharusnya lebih stabil daripada kalau agan masuk ke 4G kadang suka pindah sendiri ke 3G dan sebaliknya, sehingga sinyal tidak lancar.

      Kalau agan mau kembali ke mode biasa, lakukan langkah 1 – 3 lalu pilih “LTE/GSM/CDMA auto (PRL)”. Semoga berhasil, gan!

  • Ridvan:
    23 May 2017 · 11:25

    Gan, sensor kamera redmi note 4 snapdragon pake samsung ya ? Kualitasnya beda banget sama yg mediatek. Bisa diakalin nggak gan ?

    • 23 May 2017 · 19:42

      Kualitas hasil fotonya bagus yang mana, gan? Redmi Note 4 Mediatek?

      • Ridvan:
        23 May 2017 · 20:33

        Iya gan, bagus mediatek. Mungkin karena mtk pake sensor kamera sony yaa … Tapi boros dan panas,

  • maros:
    19 May 2017 · 21:06

    Gan hp saya not4 layarnya pecah habis jatuh dari motor. Itu layarnya apa bisa di ganti apa satu paket dengan layar utama?

    • 19 May 2017 · 21:19

      Halo gan Maros. Kalau mau ganti layar, bisa LCD-nya saja atau beli satu paket dengan komponen sentuhnya (1 set dari pabrik), gan. Kisaran harganya, kalau ganti LCD saja Rp. 200ribuan, kalau 1 paket sekitar Rp. 450ribuan.

    • maros:
      20 May 2017 · 00:16

      Ohh gitu ya. Mksih gan, tpi ini sentuhnya masih oke gak rewel sama sekali. Jadi saya pengen ganti layar kacanya aja yg pecah. Terus cara pemesanan dan servisnya gimana gan?

      • 20 May 2017 · 13:28

        Saran ane bawa ke toko spesialis reparasi hardware HP, gan, LCD nya biasa mereka punya stok lalu sekalian dipasang sama teknisi yang ahli. Biasanya banyak di ITC / pusat IT. Kalau mau pesan dan pasang sendiri, bisa dipesan di Tokopedia, Bukalapak atau sejenisnya.

  • Ridvan:
    16 May 2017 · 22:59

    gan, sebenernya bagus mana sih antara reno 4 mtk dengan sd ????
    terus unutk kamera bagus mana ???? kok kata temen2 bagusan sd ???
    padahal ane uda terlanjur beli yang mtk …
    berasa nyesel …

    • 17 May 2017 · 20:42

      Halo gan Ridvan. Untuk performa Redmi Note 4 dengan chipset MediaTek lebih baik dari Snapdragon 625, bisa dicek skor AnTuTunya yang berbeda jauh, Helio X20 di kisaran 85ribu, sementara SD 625 di angka 60ribuan.

      Tapi Redmi Note 4 dengan SD 625 lebih irit baterai, gan, berkat chipset SD 625 berteknologi 14nm sementara Helio X20 teknologi 20nm (semakin kecil semakin efisien chipnya). Dan relatif lebih “adem” saat dipakai bermain game lama-lama. Selebihnya tidak ada perbedaan, kamera, layar, kapasitas baterai, bodi.

      • Ridvan:
        17 May 2017 · 20:53

        Oke gan, thanks infonya … Gan mau tanya, klo seumpama saya under clock reno 4 mediatek ane apa pengaruh ya dengan daya tahan baterai dan suhunya ? Soalnya ngerasa boros n panas banget.

        • 17 May 2017 · 21:10

          Menurut pengalaman ane, underclock memang bisa memperlama HP jadi panas, tetapi ketika panas ane rasa sama aja dengan saat clock normal. Ane coba di LG G2 yang memang terkenal panas banget saat dipakai main game atau browsing. Akhirnya ane kembalikan clock-nya ke normal karena buka Chrome jadi lambat, gan.

          Untuk underclock, Redmi Note 4 agan harus dibuka root-nya dulu, lalu pakai aplikasi seperti “Kernel Adiutor” untuk membatasi frekuensi CPU.

          • Ridvan:
            17 May 2017 · 21:21

            Iya gan, emang harus di root dulu. Under clock bisa bikin baterai lebih awet kan ?
            Ouh iya, helio x20 kan ada 3 cluster, bisa ngga yg diaktifin cuman 1 atau 2 cluster aja ? Biar irit gitu. Heheheee …. Secara kan cortex A53 lebih awet gan.

          • 17 May 2017 · 21:29

            Iya gan, baterai bisa lebih awet karena HP akan lebih irit baterai sehingga jarang dicharge.

            Untuk menonaktifkan cluster sayangnya tidak bisa, gan, setidaknya ane belum pernah tahu ada aplikasi yang bisa melakukannya hehehe.. Yang bisa dilakukan adalah mengganti CPU Governor menjadi Powersave (normalnya interactive atau ondemand) agar CPU hanya berfungsi di frekuensi terendah yang diatur, dan mengabaikan frek max. Tentunya ini lebih irit dan panasnya berkurang, namun akan menjadi lemot.

          • Ridvan:
            17 May 2017 · 21:41

            Agan masih bertahan kan pake reno 4 mtk ? Endurance paling lama berapa jam gan ?

          • 17 May 2017 · 22:01

            Dulu sih bisa bertahan 1 hari penuh, paling sisa 40% di malam hari, gan. Sekarang ane belum cek lagi, karena ane pakai Redmi Note 4 hanya untuk main game saja, gan, sudah jarang dipakai untuk kegiatan sehari-hari 🙂

          • Ridvan:
            17 May 2017 · 22:04

            Bisa ngga ya reno 4 ane dtuker tambah sama yg snapdragon ? Heheheeee

  • Desi rezita:
    16 May 2017 · 16:34

    Gan , saya baru beli xiaomi note4 baru 4 hari. Nah, td baterainy sisa 30% an lagi, tapi ngechargeny sampe 8 jam padahal saya pake charger bawaan. Mohon bantuannya gan.

    • 17 May 2017 · 20:50

      Halo gan Desi. Pengalaman ane pakai Xiaomi, sebaiknya jangan andalkan charger bawaan, karena walaupun output tertulis 5V/2A, kenyataannya sering yang keluar 5V/1A atau bahkan di bawahnya. 1A butuh waktu 4 jam, 0.5A butuh waktu 8 jam. Ini kiat-kiat dari ane untuk mempercepat pengisian daya:
      1. Gunakan charger dengan merek (dan kualitas) yang bagus dan mendukung fitur Quick Charge atau teknologi Fast Charging lainnya. Kabel untuk isi dayanya juga berpengaruh, jadi saran ane, gunakan kabel yang berkualitas tinggi.

      2. Waktu untuk mengisi baterai tergantung dari pemakaian baterai si HP saat dicharge. Jika HP-nya sedang mengunduh atau dipakai sambil di-charge, pastinya waktu charge sampai 100% akan semakin lama.

      3. Temparatur HP saat charge juga berpengaruh. Di HP modern ada chip yang menjaga temperatur saat dicharge. Chip ini akan otomatis menurunkan arus yang masuk ke baterai jika temperatur meningkat. Ini untuk keamanan supaya baterai tidak terlalu panas yang dapat menyebabkan terbakarnya perangkat.

      Semoga membantu, gan.

  • Rizki:
    15 May 2017 · 14:33

    Misi gan saya mau nanya. Saya baru beli xiaomi redmi note 4 ram 3gb/32gb. Pas saya lihat di menu, ada tulisan “1,5gb dari 3gb ram tersedia”. Kenapa ram nya cuma tersedia 1,5gb aja, padahal belum saya apa apakan ? Mohon bantuannya……

    • 15 May 2017 · 20:13

      Halo gan Rizki. Memang seperti itu, gan. Karena dalam keadaan “bersih” pun, banyak aplikasi yang berjalan di belakang menggunakan RAM, seperti aplikasi Google Keyboard, Facebook, Layanan Google Play, dll.

      Cara melihatnya mudah, gan. Buka “Setelan” > “Aplikasi Terinstal” > Buka tab “Menjalankan”. Di sini agan bisa melihat aplikasi mana saja yang menggunakan RAM. Sebagian besar aplikasi ini adalah aplikasi latar (Background processes) yang mendukung aplikasi utamanya supaya aplikasi utama berjalan dengan cepat dan lancar saat digunakan.

      Menurut ane, sisanya 1.5GB itu masih sangat banyak, gan, bisa digunakan untuk bermain game dengan leluasa. Kalau agan perlu ruang RAM yang lebih besar lagi, Android dapat secara otomatis mematikan aplikasi lain yang tidak berhubungan, gan.

  • abang:
    13 May 2017 · 03:48

    Mau nanya nih gan. Apakah di redmi note 4 ini punya fitur trickle charge. Yg kalo di cas, saat baterai penuh dia bisa otomatis stop mengisi daya ?

    • 13 May 2017 · 14:04

      Halo gan Abang. Maaf, gan, ane meluruskan dulu, trickle charging sebenarnya bukan sebuah fitur, tetapi fenomena kelistrikan yaitu pengisian daya (charging) untuk mengganti muatan yang hilang secara alami saat baterai sudah penuh dan tidak sedang memberikan listrik ke suatu beban apa pun.

      Nah saat baterai penuh dan otomatis isi daya terhenti, sebenarnya ini adalah fitur dari baterainya sendiri, gan. Baterai pada Redmi Note 4 dan seluruh ponsel modern menggunakan tipe Lithium-ion yang saat terisi penuh 100% akan memiliki hambatan tinggi (karena sel ion sudah jenuh) sehingga secara otomatis akan tidak mampu diisi oleh charger. Trickle charging memang terjadi pada saat charger tetap dicolok dan baterai berkurang muatannya karena mentenagai ponsel. Di sini muatan yang berkurang langsung terisi oleh charger.

      Singkatnya: iya, gan, Redmi Note 4 dan ponsel pintar modern lainnya sudah memiliki fitur otomatis stop isi daya ketika penuh.

  • Akbar Putra:
    11 May 2017 · 08:07

    Gan mau tanya, untuk pengisian baterai redmi not 4 apa perlu waktu 6-7 jam ya? Apa ndak fast charging? Mohon pencerahannya…

    • 11 May 2017 · 13:43

      Halo gan Akbar. Mengisi baterai Redmi Note 4 memang agak lama karena baterainya berkapasitas besar 4,100mAh. Kalau dengan charger bawaan sekitar 3 jam, dan bisa lebih lama kalau HP-nya sambil dipakai, gan.

      Redmi Note 4 yang memakai chipset MediaTek Helio X20 tidak mendukung Fast Charging, gan, maksimal hanya dapat menggunakan charger 5V/2A. Tapi yang menggunakan Snapdragon 625 seharusnya mendukung Quick Charge 3.0 (belum sempat ane coba karena unit Note 4 ane yang MediaTek), tentunya dengan menggunakan charger khusus Quick Charge 3.0.

      • Akbar Putra:
        13 May 2017 · 15:11

        Quick charge itu seperti apa gan? Sooalnya ini dengan dioffkan pun juga lebih dari 5 jam malahan ngecasnya..

        • 13 May 2017 · 19:27

          Quick Charge itu fitur isi daya cepat yang hanya tersedia di chipset Qualcomm Snapdragon kelas menengah dan atas, seperti Snapdragon 625. Tapi untuk menggunakan Quick Charge dibutuhkan charger khusus yang mendukung Quick Charge juga.

          Ane curiga charger yang agan pakai keluaran ampere-nya rendah, mungkin di bawah 1A/5V jadi makan waktu sampai 5 jam untuk mengisi baterai 4,100mAh Redmi Note 4. Coba ganti charger yang minimal 5V/2A atau yang mendukung Quick Charge sekalian, gan, meskipun fitur QC-nya tidak aktif namun suplai arusnya lebih tinggi dari charger biasa.

          • LanDrix:
            13 Jun 2017 · 16:36

            Gan,jadi yg redmi note 4 mtk gk dukung qc,tp kok di website lain bilangnya mtk punya qc dan sd gk ada fast charging ditulisnya ” – ” gitu jadi yg mana yg ada qc nya gan,thx

  • Mameto:
    07 May 2017 · 22:19

    Bang, mau nanya rom yang paling aman rom global yang versi berapa biar 4g aman dan semua lancar? Hehehe rom ane 8.0.3.0 mohon di rekomendasikan

    • 07 May 2017 · 22:54

      Halo gan Mameto. ROM Global MIUI paling aman dari situs resmi MIUI, gan. Linknya di sini:
      MIUI ROM Global untuk Redmi Note 4

      Tinggal dipilih ROM mana yang sesuai dengan versi Redmi Note 4 agan, dengan chipset MediaTek atau Snapdragon. Pengalaman ane pasang ROM di sini paling tokcer untuk koneksi 4G.

  • Reza almu:
    06 May 2017 · 11:40

    Permisi gan. Saya baru beli note 4 nih. Cuma kok hp saya cepat panas yaa. Dan penggunaan batrai dari 100% pada jam 6 tinggal 50% pas jam 12an sementara keterangannya bisa digunakan 1hari full dengan penggunan berat. Minta jawabannya ya gan

    • 06 May 2017 · 12:10

      Halo gan Reza. Redmi Note 4-nya menjadi panas setelah digunakan atau hanya didiamkan saja menjadi panas sendiri, gan?

      Kalau setelah digunakan menjadi panas sih wajar, gan. Dan konsumsi daya baterai tergantung dari pemakaiannya juga, gan. Ane curiga 6 jam memakan kapasitas baterai 50% berarti layar, sinyal dan processor kerja cukup keras dalam waktu yang lama, gan, alias dipakai terus. Coba cek aplikasi mana yang makan baterai paling banyak, caranya: menu Setelan > Baterai & Performa > Konsumsi Baterai > Apl atau Perangkat Keras. Agan bisa melihat aplikasi dan perangkat keras mana yang konsumsinya besar. Normalnya Telepon Siaga dan Layar no 1 dan 2 untuk perangkat keras, dan Sistem Android / Android untuk Aplikasi.

  • Andrie:
    05 May 2017 · 07:58

    Saya mau nanya gan.
    1.Di xiaomi redmi note 4 saya klik 2X untuk mebangunkan layar tidak berfungsi padahal saya sudah mengaktifkannya. Dan saya ulang terus menerus tetap tidak mau jugak. Saya sudah menggunakan MIUI 8.0.4.0.
    2. Mengapa foto yg berasal dari WA, LINE, FB, INSTAGRAM, dll tidak tersimpan lama di galeri, tersimpannya hanya beberapa jam saja atau terkadang hanya tersimpan satu hari, keesokan harinya foto itu sudah menghilang
    3. Dibagian belakang case xiaomi saya ada bacaan China mobile 4G LTE, itu apa maksudnya gan ?

  • Dhani:
    04 May 2017 · 14:52

    Gan saya mau nanya nih kenapa Xiaomi note 4 tidak punya aplikasi video

    • 04 May 2017 · 20:27

      Halo gan Dhani. MIUI versi Global memang tidak memiliki aplikasi video sendiri. Tapi pemutar video sudah terintegrasi dengan aplikasi Galeri. Untuk memutar video tinggal masuk ke Galeri > Album > Video, lalu pilih file yang akan diputar.

  • mindar:
    02 May 2017 · 13:15

    mau nanya gan pnya ku kq gk bisa msuk k’play store y,, ??
    pdhal udh msuk pke akun Google & setiap udh selesai jawabannya “ada masalah dengan server Google” tolong solusinya gan

    • 02 May 2017 · 21:00

      Halo gan Mindar. Pastikan koneksi internetnya aktif. Setelah itu, coba beberapa langkah berikut:
      1. Buka menu Setelan > Aplikasi Terinstal > Google Play Store
      2. Pilih “Hapus Data” dan “Hapus Cache” (jika bisa)
      3. Pilih “Paksa Henti” di bar bawah
      4. Coba buka kembali Google Play Store
      5. Jika tidak bisa, coba restart perangkat, lalu ulangi langkah 1 – 4.

      Semoga membantu, gan.

  • didik permana:
    29 Apr 2017 · 22:28

    gan ko xiaomi note 4 ane pas play video vr pake app gogle cardboard pas di balik layarnya gelap ya,,xiaomi ane yang miui 8.0.4.0 ram 3 GB Internal 64,apa itu pengaruh gara2 update miuinya yang 8.0.4.0?

  • Ezxiel:
    29 Apr 2017 · 08:28

    Maaf gan mau tanya, ane baru ngambil redmi note 4 kemaren yang heliox20 3/32, stelah baca ulasan disini disebutkan bahwa layar lengkung 2,5D, yang mau saya tanyakan, apa perbedaan signifikan/yang terlihat jelas dengan layar yang lain? Ex. Redmi note 3 pro
    Soalnya kalo dilihat seperti ga ada yang beda atau ane yang ga paham hehehe
    Makasih gan✌

    • 29 Apr 2017 · 14:09

      Halo gan Ezxiel. Yang membedakan layar 2.5D dan layar flat (2D) sebenarnya hanya desain di sekeliling tepi layar yang agak melengkung. Kaca layarnya juga lebih tebal pada layar 2.5D, sehingga relatif lebih indah secara aestetik dibanding layar flat. Dan hanya itu keunggulannya, tidak ada keunggulan lainnya yang ane amati, gan.

  • dito:
    29 Apr 2017 · 06:21

    Saya mau tanya
    Hp xiaomi redmi note 4 sya brightnessnya gak sengaja saya redupkan paling redup jadi gelap banget
    Buat ngembaliin ke semula gimana ya
    Soalnya menu dan yang lainnya gak nampak

    • 29 Apr 2017 · 13:59

      Halo gan Dito. Gunakan saja shortcut kecerahan layar maksimum: tekan tombol volume atas (+) dan tombol menu (sebelah kiri tombol home) secara bersamaan. Lalu perbaiki pengaturan brightness ke auto. Kalau tersedia, update MIUI-nya, gan, ini masalah yang muncul pada ROM.

      Semoga membantu.

  • sari:
    27 Apr 2017 · 21:34

    Saya baru beli hp xiaomie not 4 pro 32gb, tapi knpa pas aku kasi brightnessnya q kasih redup sampai paling redup gelap kok malah gak nyala2 biar sdah q kasih mati malah cuman muncul logo xiaomienya aja tapi gak nyala2 juga maunya nunggu lama lagi baru bisa nyala seperti biasa. Kira2 hpq ni knpa? Tolong solusinya

    • 28 Apr 2017 · 23:06

      Halo ganwati Sari. Apakah kejadiannya gelap lalu muncul logo Xiaomi sering terjadi? Ane curiga sistem operasinya crash, lalu restart otomatis. Kalau hanya sesekali sih normal, tapi kalau berulang berarti ada masalah di sistem operasi. Kalau begitu saran ane di-update MIUI-nya, gan.

  • Irfan:
    27 Apr 2017 · 12:32

    Saya bru beli xiomi redmi note 4 tp pas sy idupin mp3 knp suara nya kayak kaset rusak gt ya… Ada solusi nya ngak gan…

    • 27 Apr 2017 · 19:34

      Halo gan Irfan. Bisa diinfo memutar musiknya pakai aplikasi apa? Apakah berlaku untuk semua lagu atau hanya lagu tertentu?

      Di unit Redmi Note 4 ane, musik mp3 bisa diputar tanpa masalah sejak pertama kali ane beli. Ane pakai aplikasi Play Musik.

      • Irfan:
        29 Apr 2017 · 00:31

        Pkek pemutar musik bawaan n pakek play musik juga, klo sy nonton jg macet” kyak kaset rusak, apa penyebab nya tu gan…

        • 29 Apr 2017 · 14:32

          Gan, coba gunakan earphone / headphone, apakah suaranya masih terdengar kayak kaset rusak?
          Jika tidak: Ane curiganya hardware speakernya rusak. Saran ane minta garansi aja, gan.
          Jika sama saja dengan suara speaker: kemungkinan akibat ROM (driver audio) yang bermasalah, ane sarankan update MIUI ke versi terbaru.

          Di unit Redmi Note 4 ane gak ada masalah audio, gan. Versi MIUI unit yang ane punya V8.1.7.0.MBFMIDI.

          • Irfan:
            01 May 2017 · 00:24

            Pkek earphone atau headset sama aja kyak kaset rusak, saat nnton pun gt gan, Punya aq miui global 8.0.3.0 apa perlu di perbaharui lagi tu gan…

      • imam zuhudi:
        02 May 2017 · 10:48

        Mau tanya emg spiker yg kiri gak bisa ya bisa apa emg dari pabrik ya dan seandainya gak bisa apa kegunaan ya

        • 02 May 2017 · 20:54

          Iya, gan Imam. Lubang-lubang di sebelah kiri port micro-USB tidak ada speaker, speaker hanya satu (mono) di sebelah kanan. Di kiri itu terdapat mikrofon yang berfungsi saat melakukan panggilan, gan.

  • rendi:
    26 Apr 2017 · 12:28

    Kenapa hp xiaomi note 4 saya cepat panas ya ??

  • Viola:
    24 Apr 2017 · 19:56

    Gan, mau nanya nih. Kenapa ya pas nyalain musik, musiknya nyala tapi seperti kaset rusak. Lalu aku browsing katanya disuruh matiin animasi sistem, setelah dimatiin pas dicoba nyalain musik udah gapapa.. tapi pas malemnya aku coba nyalain video kondisinya kembali seperti awal begitupun musiknya juga. Coba jawab ya gan. Padahal aku baru beli hp 2 hari yg lalu.

    • 24 Apr 2017 · 20:51

      Halo ganwati Viola. Bisa diinformasikan lebih lanjut aplikasi dan alat yang digunakan saat mendengarkan musik? Play Musik, melalui headphone / earphone? Dan juga versi MIUI yang terpasang.

      Versi MIUI dapat dilihat di menu Setelan > Tentang Ponsel > Versi MIUI.

  • qori Al hafiz:
    24 Apr 2017 · 04:45

    Gan mau nnya nih. Saya baru beli redmi note 4 dua hari yg lalu.
    Tpi knpa ya klo cuaca atau kndisi gelap cahaya lmpu rumah mati hp juga otomatis mati. Tpi layar nya aja yg gelap gan aplikasi nya bjalan lancar
    Gmna cara pngatur sensor cahaya nya yg d sblah tmpat headset nya.
    Mhon bantuan nya gan
    Trimsss

  • nisa:
    22 Apr 2017 · 23:22

    Gan saya baru bli hape xiomi note 4 3/64 2 jam lalu, ketika mau buka galeri nya tidak bisa, tolong pencerahan nya gan

    • 23 Apr 2017 · 00:06

      Halo ganwati Nisa. Saat dicoba buka galeri, ada tampilan error tidak? Aplikasi galeri bisa terbuka tapi tidak ada foto? Atau bagaimana, gan?

      • nisa:
        23 Apr 2017 · 01:04

        Iya ada bacaan,pengizinan gtu..gak bisa d buka

        • 23 Apr 2017 · 12:44

          Ok. Coba cara ini yaa:
          1. Buka Setelan
          2. Pilih “Aplikasi Terinstal”
          3. Pilih aplikasi “Galeri”
          4. Pilih “Hapus Cache”, dan Pilih “Paksa Henti” di bar paling bawah
          5. Lalu geser ke bawah, pilih “Perizinan Apl”
          6. Pastikan Izin “Penyimpanan” dalam keadaan aktif
          7. Selesai. Coba buka Galeri lagi, seharusnya bisa.

          Semoga membantu!

      • Anisa:
        24 Apr 2017 · 09:22

        Gan, mau tanya kenapa pas saya nyalakan musik terus buka aplikasi kamera mendadak musiknya rusak macam kaset rusak terus kameranya loadingnya lama warna hitam dan begitu pun pas nyalain musik dan aplikasi yang lain.

  • husin:
    18 Apr 2017 · 18:04

    saya baru beli xiaomi redmi note 4, tp kenapa ya fungsi ketuk 2x pada layar nya untuk buka screen tidak bisa ? padahal setting fungsi ketuk 2x itu sdh saya aktifkan

    • 18 Apr 2017 · 18:30

      Halo gan Husin. Fungsi dari ketuk layar 2x pada ponsel Xiaomi memang hanya untuk membangunkan screen saja, bukan untuk membuka. Bahkan saat kunci layar (dan fingerprint lock) dinonaktifkan, ketuk layar 2x hanya menampilkan sreen saja, dan layarnya harus digeser untuk bisa masuk ke tampilan home.

      • husin:
        18 Apr 2017 · 19:06

        apa ada settingan saya yg salah? maksud saya untuk membangunkan screen jg tidak bisa, jd harus pakai tombol disamping, padahal saya sdh update MIUI 8.0.4.0 yg terbaru

        • 18 Apr 2017 · 19:40

          Kalau setelah setting diaktifkan tapi ketuk 2x tidak berfungsi mungkin masalah hardware, gan. Tapi ane penasaran, ketuknya dengan ujung jari kan, gan?

          Terus, agan kenapa gak pakai sensor sidik jari di belakang perangkat untuk membangunkan sekaligus membuka screen aja, gan?

  • Sri Wahyuni:
    17 Apr 2017 · 06:38

    Gan mau tanya, note 4 saya baru beli 2 hari lalu tapi penggunaan baterai nya boros bgt. Baru full charged pas dicabut langsung 99%. Terus dalam kondisi baterai 90% saya tinggal tidur tinggal 80% padahal data ga idup. Terus saya cek di konsumsi baterai itu banyak nyedot di layar. Itu kenapa ya gan tolong pencerahannya

    • 18 Apr 2017 · 22:53

      Halo ganwati Sri Wahyuni. Ane sarankan coba cek konsumsi baterai saat tidak ada koneksi ke jaringan sama sekali, caranya dengan mengaktifkan mode Pesawat. Setelah mode Pesawat aktif, charge ponsel sampai 100%, lalu cabut dan tinggalkan selama 6 – 8 jam. Seharusnya daya baterai hanya berkurang max 2% (menjadi 98%) saat mode Pesawat aktif.

      Jika benar hanya berkurang tidak lebih dari 2% setelah 8 jam saat mode Pesawat, berarti si Redmi Note 4 mengkonsumi daya untuk mencari sinyal. Kalau sudah begitu, agak repot mengatasinya, gan. Dicoba dulu ya mode Pesawatnya, gan. 🙂

  • Andre:
    16 Apr 2017 · 21:57

    Gan mau nanya nih. Kenapa saya pada saat membeli RedmI Note 4, kata SPB nya sistem nya tidak bisa diperbaharui. Kalau di perbarui, tidak ada 4Gnya, itu akan hilang.
    Redmi Note 4 saya MIUI 8.1.6.0

    • 16 Apr 2017 · 22:21

      Halo gan Andre. Kebanyakan ponsel Xiaomi tidak resmi dipasangi ROM MIUI versi distributor yang sudah diutak-atik. Dan kebanyakan ROM-nya dikunci tidak bisa diupdate melalui Updater bawaan MIUI.

      MIUI resmi Redmi Note 4 tidak pernah ada nomor versi 8.1.6.0, jadi sudah pasti ROM agan punya versi distributor. Untungnya Redmi Note 4 sudah memiliki ROM versi global. Sekarang pertanyaannya apakah ROM distributornya ini memblock ROM resmi versi global?

      Saran ane, dicoba dulu unduh ROM versi Global untuk Redmi Note 4 di tautan ini (akan terbuka tab baru). Ini situs resmi MIUI oleh Xiaomi, jadi ROM disini pasti asli. Langkah jelasnya di bawah ini:
      1. Unduh Stable ROM ter-update sesuai perangkat (pilih Redmi Note 4 MTK Global atau Redmi Note 4 Qualcomm Global). Ukurannya cukup besar sekitar 1.5GB.
      2. Setelah selesai, pindahkan file-nya (format .zip) ke folder (namakan ‘downloaded_rom’) di memori internal ponsel (jangan gunakan penyimpanan di microSD).
      3. Buka menu Setelan > Tentang Ponsel > Pembaruan Sistem
      4. Pada tampilan Pembaruan Sistem, pilih menu konteks di kanan atas, lalu pilih “Pilih Paket Pembaruan”
      5. Pilih file yang tadi dipindahkan, di dalam folder ‘downloaded_rom’
      6. Jika tidak ada error, maka ROM akan dapat di-flash. Semua data, aplikasi dan file akan hilang! Jadi sebaiknya back-up dulu data yang penting.
      7. Tunggu sampai proses flash selesai, ponsel akan re-boot beberapa kali.

      Jika ada error yang menyebutkan “Couldn’t Verify Package”, berarti ROM distributor memblock ROM resmi MIUI. Silahkan dicoba dulu yah, gan. Solusi selanjutnya amat panjang. Mungkin ane akan buat di artikel baru.

  • Tania:
    15 Apr 2017 · 23:42

    Gan mohon tanya nih..baru beli redmi note 4 tp kok gak bisa downloads attchment file dari email ya…??knp ya…bisa minta solusinya…tmksh…

    • 16 Apr 2017 · 20:50

      Halo ganwati Tania. Ketika mau download attachment, ada error yang muncul gak? Kalau ada, error-nya bilang apa? Buka emailnya memakai Gmail atau aplikasi “Mail” bawaan MIUI Xiaomi?

  • grace:
    15 Apr 2017 · 05:43

    Halo gan,

    Jadi ceritanya baru beli si Xiaomi note 4 terus kan .Ada beberapa hal yang buat ane janggal :
    1. Di charge pertama kali sampai 100%. Setelah itu dipakai ini itu jadi tinggal 80%-90% lah. Dengan keadaan paket data menyala dan wi fi nyala juga (dan ini terus searching wi fi karena gak stabil wi fi nya), sekitar 4 jam kemudian baterainya tinggal 30% an..wajar kah?

    2. Indikator wi fi mati nyala untuk signal wi fi yang dekat (di satu lantai). Sedangkan waktu coba connect ke lantai bawahnya (posisinya satu lantai dibawahnya) justru lebih stabil (gak mati nyala signalnya tapi memang naik turun gak stabil)..ini kenapa ya?

    Mohon pencerahannya..tarangkyuuu

    • 15 Apr 2017 · 15:56

      Halo ganwati Grace. Untuk masalah pemakaian baterai yang berlebih: Baterai bisa saja drop dari 80%-an ke 30% dalam waktu 4 jam jika ada koneksi data yang berjalan non-stop. Coba cek di Setelan > Baterai & Performa > Konsumsi Baterai. Di sini aganwati bisa cek aplikasi apa yang memakan banyak tenaga baterai pada tab Apl, dan Perangkat Keras mana pada tab di sebelahnya.

      Untuk masalah koneksi WiFi, menurut ane Kalau masalahnya ada di perangkat Redmi Note 4, seharusnya berlaku untuk semua koneksi WiFi. Jadi, masalahnya ada di router / WiFi access point-nya. Supaya koneksi lebih stabil, ane sarankan tingkatkan Transmit Power (jika ada settingnya).

  • Rio:
    14 Apr 2017 · 23:35

    Gan, ane baru seminggu beli xiaomi resmi note 4. Tapi koq pengecasan gak pernah penuh yah? Padahal udah dichas sekitar 6 SD 7 jam sambil tinggal tidur dan itu pakai charger bawaannya. Ane udah coba pake charger bawaan dari Samsung n coba charger di tempat lain, tapi tetep gak bisa penuh. Mohon pencerahannya.

    • 15 Apr 2017 · 16:16

      Halo gan Rio. Saran ane, coba di-charge dalam keadaan perangkat mati dan lihat apakah bisa penuh 100% atau tidak. Jika tidak bisa, berarti baterainya memang bermasalah, gan.

  • Miftah:
    14 Apr 2017 · 00:43

    Gan, hp ane baru beli beberapa hari. Tapi terkadang finger print nya kok ga berfungsi ya? Kadang berfungsi kadang engga gitu. Jadi aneh. Mohon pencerahannya gan.

    • 14 Apr 2017 · 15:34

      Halo ganwati Miftah. Ane curiga waktu merekam sidik jari kurang pas dan kurang luas sidik jari yang terekam. Ane sarankan, coba hapus rekaman sidik jari yang lama, lalu rekam ulang. Sewaktu merekam akan diminta meletakkan sidik jari beberapa kali. Setiap setelah perekaman yang berhasil, coba geser ujung jari sedikit demi sedikit ke segala arah di rekaman-rekaman selanjutnya, jadi si sensor akan lebih mengenal lebih banyak bagian sidik jari aganwati.

  • Evan Dimas:
    11 Apr 2017 · 05:12

    Selamat pagi, minta bantuannya mas. Saya masuk mode mudah, tapi tiba tiba layar gelap sama sekali, tapi posisi nyala. So tidak bisa di operasikan secara manual. Apa yg harus saya lakukan. Terima kasih.

    • 11 Apr 2017 · 17:43

      Halo gan Evan. Gimana ceritanya bisa layarnya jadi gelap, gan?

      Coba sambil di-charge, apakah kecerahan layarnya meningkat sedikit. Kalau masih tidak bisa, terpaksa hard-reset perangkat, gan menggunakan PC Suite dari Mi.com, gan. Kabari di sini jika ingin hard-reset perangkat ya, gan, ane share caranya..

  • Randi:
    09 Apr 2017 · 19:08

    Mau tanya gan, saya baru beli Xiaomi Reno 4 yang Quallcom 2 hari yg lalu, sejauh ini blm ada kendala yg bearti. Tapi yg ingin saya tanyakan, kok Notifikasi nya lambat masuk ya gan kalo posisi hp nya terkunci?? Pas di buka baru masuk semua notifikasi nya.
    Mohon pencerahannya gan..
    Tks..

    • 09 Apr 2017 · 22:01

      Halo gan Randi. Ane curiganya dua hal, gan: (1) Sinyal-nya yang putus sambung, dengan asumsi notifikasinya berasal dari beberapa aplikasi. (2) Kalau cuma satu atau beberapa notifikasi yang lambat masuknya, coba ganti pengaturan Baterry Saver untuk aplikasi yang bersangkutan, gan.

      Caranya:
      1. Buka menu Settings > Battery > Manage Apps Battery Usage > Choose Apps
      2. Pilih aplikasi yang notifikasinya lambat
      3. Pilih “No Restrictions”

      Fitur Battery Saver secara default menghambat aplikasi untuk berfungsi di background, terkadang fitur ini menghambat notifikasi aplikasi tertentu. Sori ane belum punya Redmi Note 4 yang Qualcomm. Tapi hal ini gak pernah kejadian di Redmi Note 4 Mediatek ane sih, gan.

  • Day Hidayat:
    09 Apr 2017 · 13:31

    Pada saat charge kok gak bisa diaktifin ya gan……padahal sdh d tekan tombol on tp kenapa kembali lg ….
    Baru aja sy beli 3 jam yg lalu

    • 11 Apr 2017 · 18:24

      Halo gan Hidayat. Gak bisa diaktifkan maksudnya tidak mau hidup? Mungkin baterainya di bawah 5% biasanya belum mau menyala, gan.

  • dennis:
    08 Apr 2017 · 08:39

    gan mau nanya..kemaren baru beli redmi note 4 yang resmi..pas saya nge charge kok waktu charge nya berasa lama banget ya..mungkin sampai 6 jam an…kenapa yah?

    • 11 Apr 2017 · 18:26

      Halo gan Dennis. Waktu charge Redmi Note 4 ane sekitar 3 jam-an, gan. Chargernya kalau bisa pakai yang 5V/2A, kalau pakai yang 5V/1A memang bisa sampai 6 jam, gan. Dan kalau sambil charge dan sambil download tetap aktif, pastinya lebih lama penuhnya, gan.

  • Muhammad Lili Susanto:
    08 Apr 2017 · 01:27

    Halo gan wayan.
    Mohon pencerahannya.
    Saya baru beli hp xiaomi redmi note 4 ditanggal 6 april 2017.
    Di tgl 7 april 2017, tiba tiba layar kaca tidak mau hidup, namun aksses bbm dan aplikasi chat whatsapp dan telepon aktif masuk pesan. Sudah saya tekan tombol power terus dan rebot ulang hasilnya. Namun layar hp tetap gelap, hanya lampu led dan tombol back dan home saja yg menyala. Mojon pencerahannya gan.

  • Yogi agung wibowo:
    30 Mar 2017 · 21:28

    Gan mau tanya ko versi MIUI 8.0.5.0.0 ga bisa d pembaharui yah

    • Ridha:
      09 Apr 2017 · 18:45

      Itu ROM distributor bos, sama seperti yg saya dapatkan. Cara cek ya, install saja mobile online mendiri pasti tdk bisa dan dikenali sebagai rooted device.

      Tapi tenang bos, sy langsung flash sendiri (Meskipun ini yg pertama kali) ke ROM global stable V8.0.3.0 dan hasilnya sangat memuaskan. Cara flashnya bisa di dapatkan di forum2 miui, sangat banyak.
      Contohnya:http://en.miui.com/thread-370620-1-1.html

      Pengalaman saya dgn cara tsb bedanya:
      – ketika proses flash, sy tekan tombol volume (-) dan power bersamaan (di tutorialnya kadang2 menyebut tombol volume (-) saja.

      – Selesai flash kadang2 kita tdk berhasil langsung dan ketika device dinyalakan dlm kondisi bootloop. JANGAN PANIK, yg kita lakukan reflash kembali dgn cara yg sama dr awal, bedanya pada flash pertama kita hanya centang boot dan system tp yg Kedua kita centang semuanya kecuali preloader (Jangan dicentang). Selanjutnya lengkapnya sama dan kita mendapatkan miui resmi yg menunjukkan. LUAR BISA 🙂

  • Yogi agung wibowo:
    28 Mar 2017 · 22:07

    Gan ko indikator data nya yg dket sinyal suka ilang y,,?

    • 29 Mar 2017 · 20:04

      Indikator data hilang kalau penerimaan sinyal-nya lemah, gan Yogi. Biasanya memang begitu kalau BTS terlalu jauh atau kehalangan dinding terlalu tebal..

      • Yogi agung wibowo:
        29 Mar 2017 · 20:11

        Ok gan,thanks..mantap,,fast respon

  • Yogi agung wibowo:
    28 Mar 2017 · 19:50

    Gan ko lampu indikator pemberitahuan and ga nyala yah redmi note 4, padahal pengaturan udah semua, bbm, wa, line. info nya gan

    • 28 Mar 2017 · 20:01

      Halo gan Yogi. Pengaturan di dalam menu Settings > Additional Settings > Notification Light > Pulse Notification Light, apakah sudah dalam posisi aktif?

      • Yogi agung wibowo:
        28 Mar 2017 · 21:02

        Ok gan sudah bisa,,ternyata sett yg d aplikasi berjalan nya belum d aktfin,,thanks gan

  • Ziel:
    26 Mar 2017 · 01:23

    Hp g d pakai tp batrei cpt bgt berkurang nya.
    Ikon data internet d dkt sinyal sering g muncul. Pdhal data ane nyalain.
    Br dua hari beli Lumayan dh d buat kecewe…

  • Xueru:
    21 Mar 2017 · 17:42

    Gan kenapa Xiaomi note 4saya klo diaktifkan #mode getar saat disentuh .
    Kadang bisa getar kadang juga GA bisa getar
    Mohon penjelasannya. Thanks

    • 21 Mar 2017 · 21:32

      Halo gan Xueru. Mode “getar saat disentuh” kayaknya cuma berlaku saat sentuhan tertentu. Sentuhan pada tombol navigasi di bawah layar pasti mengaktifkan getaran, sementara sentuhan di aplikasi tidak. Ponsel Xiaomi lainnya sama seperti ini kasusnya.

  • akasah:
    19 Mar 2017 · 14:58

    Maaf gan mau minta tolong ane baru beli hp xiomi note4 bru satu hari knpa…
    Knpa nya batre nya cpet abis

    • 19 Mar 2017 · 15:18

      Halo Gan. Seberapa cepat baterainya habis? Dari 100% ke 15%?

    • Azmi:
      20 Mar 2017 · 13:15

      Sama nih kasusnya,
      Ga setahan redmi note 3 pro saya yang jauh lebih tahan lama

  • Nurkamal:
    18 Mar 2017 · 16:34

    Gan, kalau hp baru beli note4 berapa lama harus di chager,saya gak lama chagernya saat baru beli, saat udah 100% saya cabut chagernya

    • 19 Mar 2017 · 12:02

      Halo, Gan. Untuk charger pertama kali, tidak harus lama isi dayanya. Cukup sampai kapasitas 100% bisa langsung dicabut dan dipakai.

      Memang dulu kita sering diminta men-charge baterai lebih lama untuk pertama kalinya. Ini benar pada tipe baterai Ni-MH (HP jaman dulu pakai tipe ini), tapi baterai ponsel modern sudah menggunakan tipe Li-PO (Lithium Polymer) atau Li-ion (Lithium Ion) yang tidak ada efek apa-apa jika dicharge lama-lama.

      Semoga membantu.

  • Juna:
    14 Mar 2017 · 16:49

    Gan klo lg dgrin mp3.trus kadang saya buka aplikasi lain.trus knpa suara mp3nya jd tersendat2.?

    • 14 Mar 2017 · 18:42

      Halo, Gan Juna. Bisa diinfo mendengarkan mp3-nya pakai aplikasi apa? Google Play Music? Biar bisa dicoba di Redmi Note 4 kami.

  • Ian:
    14 Mar 2017 · 10:12

    Gan mao tanya ko xiomi redmi 4 prime saya sepeker ya cuma sebelah kanan aja yg bunyi yg sebelah ya gak ada suaranya

    • 14 Mar 2017 · 14:31

      Halo, agan Ian. Redmi 4 Prime hanya punya satu speaker saja, gan, ada di grill speaker di sebelah kanan port USB. Grill speaker di sebelah kiri itu sayangnya hanya hiasan saja supaya simetris, tidak ada speakernya.

  • WayanSariadi:
    13 Mar 2017 · 12:52

    Agan UlasMasterChan, thx responya. Cepat banget hehe…
    thanks, pencerahannya gan.

  • WayanSariadi:
    13 Mar 2017 · 10:15

    Haloo Gan, review nya bagus banget 🙂
    saya mau tanya, layar Redmi Note 4 ini belum ada lapisan pelindungnya kan ya (Gorila Glass).
    cukup kuat ga layar 2.5 d itu, untuk test Crash ? saya lihat di youtube ada test Crash nya.
    kalo memang ga kuat seperti Gorilla Glass, pake tempered Glass merk apa ya? yg cocok untuk Layar 2.5 D ini.? Mohon pencerahannya Gan. Thx

    • 13 Mar 2017 · 10:45

      Halo, Gan Wayan, Makasi atas pujiannya 🙂
      Menjawab pertanyaannya, Redmi Note 4 tidak dilindungi kaca Gorilla Glass atau bermerek lainnya, tetapi cukup tahan goresan. Ini memang trik Xiaomi untuk menekan harga supaya terjangkau, karena memakai nama Gorilla Glass (atau sejenisnya seperti DragonTrail) itu si pabrikan harus membayar royalti.

      Terus terang saya belum menemukan tempered glass yang bagus dipakai di layar 2.5D seperti di Redmi Note 4. Tempered glass yang ada sekarang belum bisa dibuat melengkung mengikuti layar 2.5D, jadi saat dipasang biasanya tidak menempel sempurna di pinggirannya, atau kadang saya mendapati tempered glass dibuat lebih kecil sehingga tidak menutupi permukaan yang melengkung (terlihat kurang apik).

      Kalau ketemu merek tempered glass yang cocok untuk layar 2.5D, monggo di-share yaa, Gan..

      Thank You

  • andi:
    01 Mar 2017 · 09:53

    xiaomi note4 saya speaker nya mati sebelah kadang juga mau macet macet. tolong masukan nya dong gan

    • UlasMasterChan:
      01 Mar 2017 · 10:13

      Halo, Gan Andi. Redmi Note 4 hanya punya 1 speaker saja, yaitu di sebelah kanan port USB. Lubang di sebelah kiri port USB hanya hiasan aja supaya terlihat simetris.

    • Juna:
      14 Mar 2017 · 16:46

      Iy itu bnr.
      Gmn caranya?

createTulis Komentar

• Alamat Email Anda Tidak Akan Dipublikasikan.
• Harap Maklum: Komentar akan melalui Tahap Moderasi, jadi tidak langsung muncul di sini :-).