Redmi Pro – Ulasan

Redmi Pro

Rating UlasAbis:
8.7

Desain

8.8

Performance

9.2

Fitur

8.9

Value for Money

8
Keunggulan:
+ Kamera Ganda 13MP
+ Sensor pemindai sidik jari super cepat di bagian depan
+ Processor 10-core pertama, performa tinggi
+ Baterai besar 4,050mAh
Kekurangan:
- Baterai tidak dapat diganti
- Lumayan berat untuk ponsel 5.5 inci
- Belum ada ROM versi Global
- Fotografi minim cahaya kurang baik


 
Seri Redmi selama ini dikenal sebagai ponsel kelas menengah dengan harga yang terjangkau dan diposisikan di bawah seri Mi, flagship Xiaomi dengan spek yang paling tinggi. Bulan Juli 2016 lalu, Xiaomi mengumumkan ponsel Redmi yang diposisikan di atas seri Redmi biasa, yaitu seri Redmi Pro. Ponsel seri baru ini memiliki spek yang lebih tinggi dari seri Redmi sebelumnya, bahkan hampir menyamai seri Mi. Untuk pertama kalinya Xiaomi mengadopsi ponsel dengan kamera ganda pada Redmi Pro ini.

 

Pantauan Harga:

Spesifikasi umum Redmi Pro:

  • Kisaran harga Rp. 3.9 juta (per Sep 2016)
  • Layar AMOLED 5.5 inci di-laminasi beresolusi FHD 1920×1080 (401 ppi)
  • Chipset MediaTek Helio X25 10-inti beroperasi di 2.5GHz
  • 3GB RAM LPDDR3
  • 64GB ROM (56GB yang dapat dipakai pengguna) dengan slot expansi MicroSD sampai 128GB. Tersedia versi 32GB dengan RAM 3GB dan 128GB dengan RAM 4GB
  • Android Marshmallow 6.0 dengan tampilan MIUI 7, dapat diupgrade ke MIUI 8 per September
  • Bodi Berbahan Metal Alumunium
  • Ketebalan 8.15mm
  • Kamera Utama Ganda 13MP diafragma f/2.0 dengan Phase Detection Autofocus (PDAF), fitur pengenal wajah dan kemampuan perekam video 1080p
  • Kamera Utama Ganda berkemampuan pengambilan gambar stereoskopik dengan chip pengolah gambar terdedikasi ImagiQ
  • Kamera Depan 5MP wide-angle, diafragma f/2.0 dengan perekam video 720p
  • Baterai kapasitas besar 4050mAh dengan kemampuan Fast Charging
  • Dukungan jaringan 4G-LTE TDD (band 40) dan FDD (band 3)
  • Wifi b/g/n, Bluetooth 4.2, FM Radio, USB OTG, IR Blaster
  • Sensor lengkap: Proximity, Akselerometer, Gyro, Magnet/Kompas, Cahaya dan Pemindai Sidik Jari di tombol home

Kekurangan:

  • Baterai tidak dapat diganti
  • Tidak ada earphone di paket penjualan
  • Agak berat (174 gr) untuk ponsel pintar 5.5 inci
  • Belum tersedia ROM MIUI Global resmi, baik MIUI 7 maupun MIUI 8

Redmi Pro memang dibanderol di atas Redmi Note 3, sesama ponsel Xiaomi 5.5 inci, yang dijual dengan kisaran harga Rp. 2.5 juta. Namun Redmi Pro ini memiliki performa dan fitur yang lebih baik daripada Redmi Note 3, bahkan Redmi Note 4 sekalipun. Redmi Pro sendiri saat ini hanya tersedia untuk pasar China. Oleh sebab itu belum ada ROM MIUI versi Global untuk Redmi Pro baik MIUI 7 maupun MIUI 8. ROM Global MIUI mendukung Google Service dan aplikasi bawaan Google secara alami. ROM China yang terpasang di Redmi Pro dapat dipasang aplikasi Google namun pengguna harus mengunduhnya satu per satu dari Mi Store.

Cek: Perbandingan Redmi Pro, Redmi Note 3 dan Redmi Note 4 di sini.

Paket Penjualan


Kemasan Redmi Pro

 
Khas seluruh produk Xiaomi, Redmi Pro datang dengan kemasan box putih sederhana seukuran hanya beberapa cm lebih besar dari ponsel di dalamnya. Di bagian belakang terdapat spek dalam bahasa Mandarin. Box produk Xiaomi versi global memiliki spek yang tertulis dalam bahasa inggris.


Di dalam box: Redmi Pro, Charger 2A, Kabel USB tipe-C, Petunjuk Penggunaan, Kartu Garansi Distributor, dan Alat Pembuka Slot SIM-card

 
Di dalam box terdapat unit Redmi Pro, charger bawaan 2A, kabel USB tipe-C, kartu garansi beserta petunjuk penggunaan dalam bahasa mandarin dan alat pembuka slot SIM-card. Charger bawaan tidak mendukung Fast Charging, sehingga pengguna harus membeli charger yang memiliki fitur tersebut. Charger bawaan juga memiliki colokan standar China dan membutuhkan adapter colokan untuk dapat digunakan di Indonesia.

Desain, Bentuk dan Kualitas Material

Desain yang diadopsi untuk Redmi Pro terbilang pengembangan dari Redmi Note 3 dan Mi 5. Secara ukuran bodi-nya mirip dengan Redmi Note 3. Beberapa elemen desain dari Mi 5 juga ditambahkan, yaitu tombol home mekanis dan bagian metal yang membalut seluruh sisi pinggir ponsel. Tombol home ini juga dipasangi sensor pemindai sidik jari. Bagian sisi ponsel tidak lagi melengkung seperti Redmi Note 3, namun rata seperti Mi 5.


Bagian depan Redmi Pro

Bagian belakang Redmi Pro

 
Mayoritas panel belakang Redmi Pro terbuat dari metal alumnium yang dilapisi coating transparan. Coating tersebut tampaknya berfungsi untuk membuat sidik jari tidak terlalu berbekas dan mengurangi slip sehingga tidak licin saat dipegang. Panel belakang ini memiliki pola logam yang diasah, memberikan kesan premium dan solid.

Untuk bagian layarnya dilapisi kaca polycarbonate 2.5D yang tahan gores. Kaca 2.5D memiliki ciri khas kaca yang melengkung sedikit di bagian tepi dan agak tebal. 2.5D sendiri berarti kaca tersebut bukan hanya 2 Dimensi, namun juga bukan 3 Dimensi, tetapi di antaranya.


Bagian depan Redmi Pro

Saat LED Notifikasi menyala

 
Di bagian depan atas, terdapat speaker panggilan, sensor proximity dan sensor cahaya, serta kamera depan 5MP. Di sebelah kiri speaker terdapat lampu LED notifikasi yang dapat diatur warnanya. Saat dalam kondisi mati, LED notifikasi tersebut tidak terlihat karena lampu ini berada di casing plastik tanpa ada jendela transparan. Saat menyala, lampu LED tersebut tampak berpendarkan, memberikan kesan kurang rapih. Pada Mi 4S, lampu LED Notifikasi hanya menyala pada titik lamput tersebut berada. Tidak diketahui apakah LED pada Redmi Pro sengaja dibuat berpendar.


Layar bagian bawah, tombol home mekanis dengan sensor sidik jari

 
Di bagian bawah layar terdapat tombol home mekanis, mirip seperti Mi 5. Di sisi kiri dan kanan tombol home terdapat tombol sentuh dengan simbol titik yang terlihat saat lampu back-light menyala. Lampu back-light ini juga membedakan Redmi Pro dengan seri Redmi lainnya. Redmi 3 Prime dan Redmi Note 3 tidak memiliki lampu back-light pada tombol navigasi di bawah layar.

Fungsi tombol sentuh ini dapat diatur pada menu pengaturan ponsel > Additional Settings > Buttons. Fungsi tombol kiri dapat diubah antara menampilkan menu kontektual atau menampilkan aplikasi yang aktif. Namun fungsi tombol kanan akan selalu untuk Back atau kembali ke tampilan atau aplikasi sebelumnya.


Bagian samping kiri

Bagian bawah

Bagian samping kanan

Bagian atas

 

Di bagian samping kiri terdapat slot SIM-card yang dapat memuat SIM card berukuran micro dan SIM nano atau microSD. Jika microSD dipasang, pengguna hanya dapat menggunakan 1 slot SIM saja di ponsel ini. Namun dengan memori internal 64GB, kecil kemungkinan microSD dibutuhkan, kecuali akan banyak file film atau foto resolusi tinggi yang disimpan. Slot microSD Redmi Pro mampu mendukung versi Extended Capacity sampai dengan 128GB.

Di bagian bawah didominasi oleh 2 grille speaker, dan terdapat port USB tipe-C. Sekilas desain bagian bawah ini mirip dengan iPhone yang juga memiliki baut yang mengapit port konektor. Di bagian atas terdapat port audio 3.5mm, jendela IR blaster, dan lubang kecil di kanan port audio, yang kemungkinan berfungsi sebagai noise-cancellation saat melakukan panggilan.

Di bagian samping kanan terdapat 2 tombol, yaitu tombol volume dan tombol power atau lock. Kedua tombol ini terbuat dari bahan metal juga.

Saat digenggam, Redmi Pro terasa agak berat. Namun berat yang mencapai 175gr ini memberikan sensasi kokoh dan mantap saat dipegang. Bisa dibilang ini trade-off yang menguntungkan. Dibanding Redmi Note 3, Redmi Pro lebih berat 10gr, yang kemungkinan disumbang dari tombol mekanis dan kamera ganda pada Redmi Pro. Selain itu, desain panel belakang yang tidak licin menambah rasa mantap saat ponsel digunakan.

Sayangnya Redmi Pro tidak dilindungi dengan pelindung layar seperti DragonTrail atau Gorilla Glass. Hal tersebut memang wajar untuk seluruh seri Redmi. Tampaknya versi Redmi tertinggi saat ini juga tidak dipasang pelindung layar.

Layar dan Tampilan

Redmi Pro dibekali layar dengan kecerahan warna yang baik. Pengguna ponsel Xiaomi akan langsung dapat menebak bahwa layar Redmi Pro berbedap dengan layar ponsel Xiaomi lainnya. Redmi Pro menggunakan layar AMOLED. Bahkan pada Mi 5 Xiaomi masih menggunakan layar IPS. Layar AMOLED memang dikenal mampu memberikan kontras yang lebih bagus dan juga kecerahan warna yang lebih baik serta mengeluarkan warna hitam yang lebih gelap.

Layar Redmi Pro memiliki resolusi Full HD atau 1920 x 1080 piksel dengan kerapatan piksel 401 ppi. Kepadatan setinggi ini menghasilkan gambar yang nyaman dipandang oleh mata.

Sayangnya layar AMOLED pada Redmi Pro ini memiliki viewing angle yang minim. Saat layar dilihat dari sudut lebih dari 45 derajat, tampilan warna putih tampak kebiruan. Layar AMOLED memang cenderung memiliki viewing angle yang lebih sempit, dibanding layar IPS.


Layar di bawah sinar matahari, dalam ruangan

Layar di bawah sinar matahari langsung

 
Saat dipakai di bawah sinar matahari, tampilan di layar Redmi Pro dapat terbaca dengan baik setelah tingkat kecerahannya diatur maksimal. Fungsi pengatur kecerahan layar otomatis bekerja dengan baik, mampu menyesuaikan cerahnya layar 2 detik setelah cahaya yang masuk berubah.

Performa


AnTuTu v6.2.1

Skor AnTuTu 93,030

Mendekati 100,000

 

Redmi Pro ditenagai dengan chipset terkuat dari MediaTek saat ini, yaitu Helio X25 MT6797T yang beroperasi pada 2.5GHz. Helio X25 disebut MediaTek sebagai chipset dengan CPU 3 cluster pertama di dunia dengan 10-inti CPU untuk memberikan tenaga performa dan efisiensi energi. CPU untuk andalan menggunakan 2 inti Cortex-A72 2.5GHz dan 8 inti Cortex-A53 terdiri dari 4 inti 2GHz dan 4 inti 1.55GHz. Redmi Pro juga dilengkapi dengan RAM LPDDR3 berkapasitas 3GB. Keseluruhan tenaga processor tersebut menghasilkan skor tinggi di AnTuTu versi 6 sebesar 93,030, di atas Samsung Galaxy Note 5 (83,944), Apple iPhone 6 (80,223), LG V10 (64,681) dan Xiaomi Mi 4S (61,263).

Dengan tenaga processing setinggi ini Redmi Pro mampu membuka aplikasi dengan cepat tanpa hambatan. Tampilan MIUI dapat dijalankan dengan halus tidak tersendat atau mengalami lag. Aplikasi game seperti Clash of Clans, Clash Royale dan Pokemon Go berjalan mulus.

Membuka aplikasi sekaligus banyak juga bisa dilakukan. Pada kondisi pemakaian normal, biasanya ruang RAM masih tersisa 1.5GB dari 3GB. Jumlah ini sangat mencukupi. Saat dites, aplikasi social media Path, Facebook, Instagram seluruhnya dibuka bersamaan dengan aplikasi chatting WhatsApp dan aplikasi video Youtube dapat dibuka dan dipindah dengan lancar. Untuk penggunaan sehari-hari Redmi Pro lebih dari cukup.

Performa sensor pemindai sidik jari pada Redmi Pro sangat cepat. Hanya dalam 0.5 detik sejak tombol home ditekan sidik jari sudah terverifikasi dan tampilan pindah ke layar home. Tampaknya Xiaomi menggunakan sensor sidik jari yang sama dengan Mi 5 yang juga terkenal sangat cepat. Pengguna Redmi Pro dapat mendaftarkan sampai 5 sidik jari di Redmi Pro.

Tampilan Antarmuka & Aplikasi Terpasang


Tampilan Home MIUI 7 Standar

Halaman kedua MIUI 7 Standar

Aplikasi khas MIUI 7

 

Redmi Pro diluncurkan dengan MIUI 7 terpasang di atas Android 6.0 Marshmallow. Tampilannya khas MIUI, dengan layar utama menampilkan seluruh app tanpa adanya drawer aplikasi seperti Android versi stok. MIUI memang dikenal mengikuti tampilan iOS dalam pengaturan layar utamanya, termasuk kemampuan pemakaian folder untuk pengelompokan aplikasi.


Aplikasi FM Radio MIUI 7

Aplikasi Compass MIUI 7

Aplikasi Clock MIUI 7

 
Aplikasi bawaan MIUI 7 merupakan aplikasi dasar yang berguna. Tampilan antarmuka aplikasi MIUI ini biasanya sederhana namun memiliki fungsi yang cukup. Selain itu Xiaomi juga menambahkan animasi yang nyaman dilihat. Aplikasi bawaan MIUI 7 yang berguna antara lain Calculator, Music, Recorder, Explorer, Scanner, Updater dan Mi Remote yang dapat dipakai untuk memanfaatkan IR Blaster pada Redmi Pro.


Aplikasi bloatware ROM China

Apps Store MIUI ROM China

 
Di dalam ROM versi China terdapat banyak aplikasi bloatware menggunakan bahasa mandarin yang untuk pengguna di Indonesia kemungkinan tidak akan terpakai. Untungnya seluruh aplikasi bloatware ini dapat di-uninstall dari pengaturan aplikasi. Selain itu tidak ada Google Services terpasang di ROM China. Pengguna harus melakukan instalasi manual untuk mendapatkan aplikasi Google. Hingga saat ini, belum ada ROM Global MIUI tersedia untuk Redmi Pro. Ketersediaan ROM Global harus menunggu ketika Redmi Pro dirilis di luar China.

Kinerja Baterai


Baterai Redmi Pro sampai 2 hari

Pemakaian berat sampai 1 hari penuh

 
Redmi Pro dibekali baterai berkapasitas 4,050mAh. Baterai ini sekelas dengan baterai yang dipakai di Redmi 3 Pro dan Redmi Note 3. Baterai ini mampu memberikan daya sampai 2 hari dengan pemakaian normal.

Saat pengisian daya menggunakan charger bawaan yang memiliki output 2A, baterai terisi dari 15% ke 100% dalam waktu 1 jam 15 menit. Ini setara dengan 1.1% per menit. Bagian belakang ponsel hanya terasa hangat saat diisi daya.

Kualitas Kamera

Redmi Pro menawarkan fotografi dengan dua kamera yang memiliki kemampuan mengambil gambar stereoskopik. Sebelum gambar diambil, pengguna juga dapat memilih fokus melalui slider bilangan f (f-number).


Kedua kamera aktif

Hasil foto dengan 2 kamera

 
Gambar yang dihasilkan dapat dimanipulasi setelah gambar diambil dengan aplikasi khusus. Aplikasi khusus ini sudah tersedia di Redmi Pro. Pada gambar yang diambil dengan modus stereoskopik, akan ada icon aperture di tengah bawah layar. Pengguna dapat memanipulasi dengan tap icon tersebut.


Gambar hasil stereoskopik

Mode edit sesudah shooting

Perhatikan background f/16

 

Untuk fotografi normal, kamera utama 13MP Redmi Pro dapat menangkap gambar dengan tajam dan dengan reproduksi warna yang baik pada kondisi pencahayaan cukup.


Hasil foto siang hari, modus normal

Hasil foto siang hari, modus normal

Zoom foto sebelumnya, detail yang baik dan tajam

 

Pada pencahayaan minim, hasil foto tampak masih banyak noise. Detil foto pun tampak kurang tajam. Hingga saat ini kamera pada ponsel Xiaomi memang belum dapat menghasilkan foto yang bagus saat malam hari, bahkan pada ponsel flagship Mi 5. Hasil yang didapat dengan modus malam hari (HHT) tampak tidak membantu, masih banyak noise dan hasil foto kurang tajam.


Hasil foto malam hari, modus normal

Zoom dari foto sebelumnya

Hasil foto malam hari, modus HHT

 

Aplikasi fotografi pada MIUI 7 di Redmi Pro sama dengan di ponsel Xiaomi lainnya. Pilihan modus dan filter tersedia sama. Yang membedakan hanya pilihan modus stereo yang dapat dipilih dengan icon aperture di tengah tampilan aplikasi kamera.


Pilihan modus kamera

Tampilan layar aplikasi kamera

Pilihan filter kamera

 

Kualitas Audio & FM Radio

Redmi Pro tidak menawarkan fitur audio yang canggih. Speaker mono terdapat di bagian sisi bawah, di sebelah kanan port USB. Ponsel ini memiliki port audio 3.5mm di bagian sisi atas. Speaker mono ini cukup nyaring dengan volume maksimal, cukup untuk membuat iritasi tetangga di sebelah ruangan.

Untuk pendengar FM Radio, tampaknya Redmi Pro mampu menangkap sinyal radio dengan baik. Saat dibandingkan dengan ponsel Redmi 3 Pro yang kurang baik menangkap sinyal radio, Redmi Pro mampu menangkapnya dengan noise yang minimal. Resepsi Redmi 3 Pro terdengar noisy walaupun dengan kabel audio yang sama dengan yang diuji di Redmi Pro. Fitur yang ditawarkan melalui aplikasi bawaan MIUI FM Radio terbilang standar. Fungsi merekam, tuning otomatis dan sleep timer dapat digunakan.

Kesimpulan dan Rekomendasi

Redmi Pro disimpulkan ponsel pintar keluaran Xiaomi yang cukup lengkap. Sebagai pionir dalam urusan kamera, Redmi Pro mampu memberikan fitur fotografi stereo yang menarik. Dari segi desain, Redmi Pro sudah menjadi pengembangan yang bagus dalam penguasaan produksi ponsel berbahan metal. Redmi Pro cocok bagi Anda yang menginginkan ponsel di atas seri Redmi Note namun masih dalam budget yang bersahabat. Dibanderol sekitar Rp. 3,9 juta, Redmi Pro cukup menarik untuk diboyong sebagai ponsel sehari-hari maupun ponsel untuk bermain game.

Salah satu alternatif Redmi Pro tidak lain adalah adik dalam seri Redmi, yaitu Redmi Note 4. Kedua ponsel ini tidak lama berselang dirilis oleh Xiaomi, dengan Redmi Pro diluncurkan 1 bulan lebih awal. Perbedaan dengan Redmi Note 4 ada di kamera tunggal 13MP dan chipset yang sedikit lebih rendah Helio X20 10-core 2.1GHz. Namun Redmi Note 4 tersedia dengan ROM Global yang langsung mendukung Google Services dan aplikasi Google lainnya langsung dari kemasan. Dari segi material, kedua ponsel ini sama. Jika Anda tidak menggunakan fitur kamera stereoskopik, Redmi Note 4 dapat menjadi pilihan yang lebih baik.


Xiaomi Redmi Note 4

 
Cek: Perbandingan Redmi Pro vs. Redmi Note 4 di sini.

ASUS Zenfone 3 ZE552KL memiliki harga yang mirip dengan Redmi Pro, yaitu di kisaran Rp. 4 juta. Layar yang sama 5.5 inci dengan resolusi FHD 1920 x 1080 dan tipe layar IPS. Secara performa, chipset Zenfone 3 ini di bawah chipset Redmi Pro. Zenfone 3 dibekali Snapdragon 625. Namun dari RAM sama-sama 3GB bertipe LPDDR3. Zenfone 3 ZE552KL memiliki kamera dengan resolusi lebih tinggi yaitu 16MP untuk kamera utama dan 8MP kamera depan, walaupun kamera utamanya masih kamera tunggal.


ASUS Zenfone 3 ZE552KL

 
Cek: Perbandingan Redmi Pro vs. Zenfone 3 ZE552KL di sini.

Cek: Ponsel lain dengan spek mirip Redmi Pro di sini.

(cyt)

Ada pertanyaan mengenai Redmi Pro?
Silahkan tulis pertanyaan Anda di Kolom Komentar di bawah ini, tim Ulas-Master akan mencoba memberikan Solusi-nya!
comment

24 Komentar

  • dzulfiqri:
    07 Dec 2017 · 16:37

    gan saya beli redmi pro bekas. pas udj deal, dirumah saya cek.
    ko layar. a agak kekuning2an gtu sma kya burem bwt ntn video.
    Trus btre. a jg boros dan klo dicas lama
    trus klo bwt maen game moba fps. a turun naek trus, pdhl kan prosesor. a lumayan?

    • 07 Dec 2017 · 22:07

      Halo gan Dzulfiqri. Mengenai boros dan dicas lama memang benar, karena processor Redmi Pro terdiri dari 10-core. Ini merupakan kelemahan Redmi Pro yang sudah cukup dikenal. Supaya FPS tidak naik turun, ane sarankan untuk menurunkan kualitas grafis-nya melalui menu di dalam game MOBA yang agan mainkan.

      Untuk masalah layar kekuningan, agan bisa atur melalui menu Setelan > Tampilan > Kontras dan Warna > atur ke Standard atau Cool / Dingin.

  • Hendrik:
    04 Oct 2017 · 11:47

    pada saat menggunakan kamera knapa ada tulisan -0+5 berwarna merah,dan bagaimana cara menghilangkannya?
    Mohon pencerahannya

    • 05 Oct 2017 · 21:17

      Halo gan Hendrik. Ane tidak menemukan tulisan yang agan maksud di aplikasi kamera Redmi Pro ane. Bisa diinfo agan menggunakan ROM MIUI versi berapa?

  • antok xiaomu:
    29 Aug 2017 · 16:48

    Maaf gan mau tnya?kenapa xiaomi redmi pro ane batrenya kok boros…seumpama ane cas penuh hingga 100%tp dlam posisi hp sya matikan trs ane nyalakan tiba2 persntasenya dah 98%….mungkin agan bisa ksih tips/solusi trimaksih sblumnya

    • 31 Aug 2017 · 23:06

      Halo gan Antok. Kemungkinan ada aplikasi berjalan terus di background yang menyedot baterai cukup cepat. Agan bisa coba periksa melalui menu Setelan > Baterai & Performa > Konsumsi Baterai > Apl untuk memerika aplikasi yang memakan baterai. Normalnya, Android dan Sistem Android memakan sekitar 20% total.

      Tetapi memang Redmi Pro ini terkenal boros baterai, gan, apalagi saat dipakai bermain game 3D, disebabkan oleh CPU / GPU yang kurang efisien, meskipun sangat bertenaga.

  • Didi:
    19 Jul 2017 · 18:39

    Gan.. itu saat menyalakan kamera redmi pro..baik kamera depan atau belakang.. di pojok kiri atas ada 2 angka warna merah, yg tidak bs dihilangkan.. angka tsb muncul setelah 3hr saya pakai dr pertama kali beli. Apa itu semacam bug atau krn rom yg fake? Bagaimana cara menghilangkannya?

    • 19 Jul 2017 · 21:01

      Halo gan Didi. Agan menggunakan versi MIUI apa, gan? Ceknya di menu Setelan > Tentang Ponsel > Versi MIUI.

      Di ROM yang ane pakai v.8.1.2.0. tidak ada tampilan 2 angka berwarna merah. Angka yang ditampilkan tulisannya apa, gan?

  • Eka Defi Putra:
    10 Jun 2017 · 19:06

    Gan kamera utamanya kan ada dua, kalau kamera yang di atas di tutup kamera bawah seakan” nggak ada tertutup semua, apa seperti itu…

    • 10 Jun 2017 · 19:14

      Halo gan Eka. Pada Redmi Pro, kamera yang dipakai saat mode biasa hanya yang atas saja. Kamera bawah hanya dipakai jika mode “Stereo” digunakan, dan itu pun hanya untuk menghasilkan efek bokeh yang ditimpa dari bacaan kamera atas.

      Jadi pada mode biasa / normal, kamera bawah tidak berpengaruh, bisa ditutup. Kalau kamera atas ditutup, maka jadi gelap, gan.

  • agus:
    25 May 2017 · 03:44

    gan saya d kasih hp redmi pro sma kakak saya.tapi pas saya cek kok bahasa cina .trz gx ad playstore.a
    ksh solusi gan .kenapa gtu

    • 25 May 2017 · 13:59

      Halo gan Agus. Redmi Pro memang hanya dipasarkan di China saja, sehingga Xiaomi hanya menyediakan bahasa China dan Inggris saja. Agan bisa pakai bahasa inggris aja supaya bisa dimengerti. Jika ingin bahasa Indonesia, agan harus memasang ROM versi Global yang harus diunduh dari situs xiaomi.eu dan melepas kunci bootloader (prosesnya lama). Tapi jika agan tidak keberatan pakai bahasa Inggris, Playstorenya dapat dengan mudah dipasang.

      Tahap pertama, sebaiknya pakai bahasa Inggris biar sedikit bisa dimengerti. Langkah-langkahnya:
      1. Pilih menu Pengaturan
      2. Pilih menu dengan icon 3 titik di atas menu berlogo Mi ( … )
      3. Pilih menu ke-2 dari atas
      4. Pilih menu paling atas
      5. Pilih “English”

      Setelah itu agan bisa unduh aplikasi “Google Installer 2.0” untuk memasang aplikasi Google beserta Play Store. Aplikasinya cukup banyak bisa dicari di Google dengan kata kunci “Google Installer 2.0”.

  • reza haris:
    20 May 2017 · 20:40

    Hape xiaomy redmi pro ane kalo buat kamera gak bisa fokus dan bunyi di kameranya… Kira kira kenapa ya ? Maaf baru pake xiaomy hehehe…

    • 20 May 2017 · 20:58

      Halo gan Reza. Fokusnya tidak berfungsi atau sulit terkunci pada objek tertentu, gan?
      Lalu mengenai bunyi, apakah terdengar saat sedang fokus atau menggunakan kamera? Atau ketika digoyangkan di dekat telinga, gan?

  • Inside:
    14 May 2017 · 17:12

    Gan, misal saya mau copas beberapa sumber dari agan, terus saya cantumkan sumber dari ulasabis.com boleh gak gan?

    • 15 May 2017 · 19:31

      Boleh, gan, tapi Sumbernya pakai link href ke laman sumbernya yah. Thx

  • Rifky Irvandi:
    14 May 2017 · 11:23

    Gan kok speaker redmi pro cuman aktif yg sblah kanan doan? Itu wajar ato nggak?

    • 14 May 2017 · 12:18

      Halo gak Rifky. Iya wajar, gan, hanya lubang yang kanan saja yang ada speakernya, sementara yang kiri itu terdapat mikrofon.

  • nur:
    19 Apr 2017 · 11:38

    Makasih gan, tanya lagi ya 😁 Itu kan android v.6 dan bisa gak di up ke v.7 gan ? Iya gan apa klo mau download hrus di Apps Store MIUI ROM China ? Gak di playstore ? dan tepatnya harganya brp ya ?😁 Maap bnyak nanya

    • 19 Apr 2017 · 12:54

      Untuk sistem operasinya, sepertinya tidak akan diupdate oleh Xiaomi sampai ke Android 7.0 Nougat.

      Untuk download aplikasi, karena Redmi Pro hanya tersedia ROM MIUI versi China, secara normal tidak ada Play Store. Tapi seluruh aplikasi Google bisa dipasang secara manual melalui install APK Google dulu. Biasanya sih yang beredar di ritel online ROM-nya sudah dimodifikasi dan langsung terpasang Play Store dan aplikasi Google lainnya.

      Untuk harganya di kisaran Rp. 2.5 juta untuk versi ROM 64GB, dan sekitar Rp. 2.3 juta untuk ROM 32GB, gan. Semoga membantu.. 🙂

  • nur:
    19 Apr 2017 · 10:18

    Apa smartphone ini suport usb OTG gan ?? Trus knp kok ga ada hansfree / earphone nya gan ?

    • 19 Apr 2017 · 11:05

      Halo gan Nur. Iya Redmi Pro mendukung USB OTG. Redmi Pro ane sudah biasa pakai USB flash disk. Tapi seperti ponsel dengan USB tipe-C lain, koneksinya OTG harus pakai kabel OTG USB, tidak bisa menggunakan converter micro-USB ke USB tipe-C (yang biasa untuk isi daya dari colokan micro-USB).

      Mengenai earphone, seluruh ponsel Xiaomi memang tidak dilengkapi earphone di paket penjualannya, bahkan pada model flagship seperti Mi 5s sekalipun. Itu salah satu sebab ponsel ini bisa lebih murah dari ponsel lainnya, gan 🙂

  • Rifky:
    12 Mar 2017 · 21:46

    Gan cuman ada b.inggris doan…buat ubah ke bhs indonesianya gmna gan?

    • 12 Mar 2017 · 21:56

      Halo, Gan Rifky. Sayang sekali Redmi Pro belum ada ROM Globalnya jadi memang tidak ada pilihan bahasa Indonesia, hanya bahasa Inggris dan China saja. Sampai sekarang tidak ada tanda-tanda Xiaomi merilis ROM Global untuk Redmi Pro..

createTulis Komentar

• Alamat Email Anda Tidak Akan Dipublikasikan.
• Harap Maklum: Komentar akan melalui Tahap Moderasi, jadi tidak langsung muncul di sini :-).