Xiaomi Mi Band 2 – Ulasan

Xiaomi Mi Band 2

Rating UlasAbis:
8.3

Desain

8.2

Performance

8

Fitur

8

Value for Money

9.3
Keunggulan:
Harga sangat terjangkau
Sensor detak jantung cukup akurat
Banyak fitur di aplikasi Mi Fit
Baterai bisa bertahan hingga 2 minggu
Kekurangan:
Tidak ada charger bawaan
Desain sambungan isi daya kurang bagus



 

Mi Band generasi kedua buatan Xiaomi hadir dengan fitur yang lebih baik dari model generasi pertamanya. Mi Band 2 kini hadir dengan layar OLED kecil berukuran 0.42 inci dan proteksi IP67 tahan air, debu dan korosi. Salah satu fitur yang menjadi andalan gadget ini adalah sensor detak jantung terintegrasi.


Xiaomi Mi Band 2 versi Global

Fitur sensor detak jantung umumnya hanya tersedia pada gadget jam tangan olahraga kelas atas dengan harga di atas Rp. 1 juta. Namun Xiaomi menawarkan fitur ini dan membanderol Mi Band 2 di kisaran harga Rp. 350 ribu.

Seperti apa seluruh fitur yang disediakan Mi Band 2 dan seberapa tahan banting gadget ini? Simak ulasan Mi Band 2 khas UlasAbis berikut ini.

Paket Penjualan

Unit Mi Band 2 yang akan diulas dijual dalam kotak kecil berukuran 15 x 15cm berwarna putih dengan gambar Mi Band 2 di depannya. Perlu diketahui bahwa ada Mi Band 2 yang dikemas dengan kotak berwarna putih, dan ini adalah versi global yang dijual di India dan beberapa negara Asia lainnya, sementara kotak yang berwarna coklat berasal dari China.


Isi di dalam kotak

Di dalam kemasan terdapat perangkat utama Mi Band 2, gelang karet original berwarna hitam, kabel isi daya khusus dan panduan penggunaan. Xiaomi tidak menyertakan kepala charger di dalam kotak.

Desain, Bentuk dan Kualitas Material


Mi Band 2 dengan tombol sentuh


Kancing gelang Mi Band 2 dengan desain mengkilap melingkar

Dari segi desain, Mi Band 2 sangat berbeda dari Mi Band generasi pertama. Bagian layarnya berwarna hitam dengan lingkaran sentuh di bagian bawah, dan layar OLED di bagian atas.

Gelang Mi Band 2 terbuat dari bahan plastik TPU. Gelang bawaan memiliki warna hitam. Namun hitam gelang tidak sama dengan hitam bodi mesin Mi Band 2. Warna hitam gelang sedikit lebih keabu-abuan. Meskipun begitu, hitam gelang dan mesinnya berpadu memberikan kesan sporty.


Bagian bawah Mi Band 2 dengan sensor monitor detak jantung aktif

Di bagian bawah terdapat sensor detak jantung. Sensor ini dilengkapi dua lampu LED berwarna hijau untuk membaca detak jantung berdasarkan refraksi aliran darah di bawah kulit. Tipe sensor ini dikenal dengan sebutan “Photoplethysmograph”, dan umum digunakan di gadget yang dapat dipakai kelas atas seperti Samsung Gear Fit 2 atau Fitbit Surge.

Gelang Mi Band 2 memiliki lubang yang dapat mengakomodir hampir seluruh ukuran pergelangan tangan. Kancing cukup mudah dipasang untuk mengikat ke lubang. Saat terkunci, ada bunyi “klik” yang menandakan kancing sudah terpasang dengan aman. Desain kancing pada Mi Band 2 jelas lebih baik dari Mi Band 1S yang agak sulit masuk dan tidak jelas apakah sudah terkunci dengan benar atau belum.

Plastik gelang ini berbahan TPU yang dikenal lebih tahan goresan atau abrasi dibanding bahan TPE. Saat diuji, gelang cukup mudah berbekas saat digores dengan benda yang tumpul sekalipun. UlasAbis mengujinya dengan menggesekkan ke ujung meja kaca. Tampak bagian yang terabrasi sedikit berbeda warnanya. Tampaknya dalam pemakaiannya, pengguna harus sedikit berhati-hati tidak menggesekkan Mi Band 2 ke benda atau permukaan yang keras.

Secara keseluruhan, Mi Band 2 mampu menampilkan kesan sporty saat dipakai. Desainnya pun baik, mudah digunakan saat berkeringat, dalam waktu yang lama atau saat tidur.

Layar dan Tampilan


Layar OLED menampilkan jam dan tanggal

Layar Mi Band 2 memiliki tipe OLED monokrom alias hanya hitam dan putih. Namun berkat tipe OLED, tampilan di dalam layar sangat kontras sehingga mudah dilihat.

Untuk penggunaannya, tampilan di layar Mi Band 2 dapat diaktifkan dengan menekan tombol sentuh di bawah layar, atau dengan mengangkat jam ke arah mata pengguna. Jam ini dapat mengenali gerakan mengarah ke atas dan secara otomatis menyalakan layar. Berganti tampilan juga dapat menggunakan gesture yang sama, yaitu memutar pergelangan tangan. Fitur gesture ini harus diaktifkan dulu di aplikasi Mi Fit.

Performa dan Pengalaman Pemakaian

UlasAbis menggunakan gadget Mi Band 2 selama kurang lebih setengah tahun. Paragraf di bawah ini diubah secara berkala jika ada input pada penggunaan gadget ini.


Gelang original Mi Band 2 berbahan TPU yang masih mudah terabrasi

Mi Band 2 dapat digunakan bersamaan dengan ponsel berbasis Android atau iPhone. Aplikasi standar gadget ini adalah Mi Fit buatan Xiaomi yang dapat diunduh dari Play Store atau Apps Store.


Aplikasi Mi Fit

Fitur tambahan

Pengaturan

Aplikasi Mi Fit menawarkan berbagai fitur tambahan seperti notifikasi getar pada Mi Band 2 saat ada notifikasi, panggilan atau alarm ke perangkat. Fitur getar saat panggilan ini cukup membantu kala perangkat berada jauh dari pengguna dan tidak terdengar saat ada panggilan.

Koneksi antara Mi Band 2 dan perangkat menggunakan koneksi Bluetooth 4.0 LE (Low Energy). Pada awalnya membutuhkan proses pairing yang membutuhkan waktu sekitar 1 menit menggunakan aplikasi Mi Fit. Setelah proses pairing selesai, Mi Band 2 dan perangkat ponsel dapat terhubung dengan sangat cepat dan berlangsung otomatis.

Performa Sensor Monitor Detak Jantung

Sensor monitor detak jantung Mi Band 2 terletak di bawah perangkat, sehingga pada posisi normal sensor akan bersentuhan dengan kulit pergelangan tangan bagian atas. Sejauh pemakaian, sensor dapat membaca detak jantung dengan cukup akurat. Akurasi dapat terjaga selama gelang dipakai dengan erat. Perbedaan satu lubang lebih longgar dapat membuat sensor tidak membaca sama sekali.


Laporan sesi jogging/treadmill

Detil laporan

Grafik detak jantung

Saat menggunakan modus treadmill pada aplikasi Mi Fit, Mi Band 2 dapat memonitor detak jantung secara terus menerus dengan baik. Sensor sempat berkurang akurasinya saat keringat membasahi bagian kulit yang kontak dengan sensor. Biasanya bacaan sensor akan berkurang atau tidak terbaca sama sekali. Hal ini dapat dicegah dengan penggunaan gelang yang erat sebelum berkeringat.

Performa Pengukuran Kualitas Tidur

Penggunaan Mi Band 2 untuk mengukur kualitas tidur juga memanfaatkan sensor detak jantung untuk mengukur secara berkala, sekitar 30 menit sekali. Pengukuran ini berlangsung diam-diam, tidak menimbulkan getaran saat berhasil terukur seperti yang terjadi saat pengukuran manual, sehingga tidak mengganggu tidur.


Laporan kualitas tidur

Akurasi Mi Band 2 dalam mengukur tidur bisa dibilang cukup baik. Gadget ini dapat mengukur kapan pengguna terganggu tidurnya dari rekaman gerakan gadget. Tidur lelap atau “Deep Sleep” pun cukup akurat. Biasanya saat “Deep Sleep” disebut mencukupi pada laporan tidur, badan saya memang terasa lebih segar yang berarti memang “Deep Sleep” cukup. Berdasarkan informasi di internet, “Deep Sleep” yang cukup berlangsung selama kurang lebih 2 jam per malam.

Performa Baterai


Status daya baterai Mi Band 2

Beberapa fitur boros baterai

Fitur paling boros baterai

Baterai Mi Band 2 dapat bertahan sangat lama, yakni sekitar 2 minggu dengan pemakaian normal. Dengan kapasitas baterai yang hanya 45mAh, durasi pemakaian dalam sekali charge tergolong menakjubkan. Ini berkat layar OLED yang dikenal hemat daya dan dukungan koneksi Bluetooth Low Energy.

Namun daya tahan baterai bergantung pada fitur yang aktif pada Mi Band 2 yang diatur melalui Mi Fit. Berdasarkan pengalaman, fitur paling boros baterai adalah fungsi getar saat ada notifikasi atau panggilan masuk. Jika fitur ini aktif, Mi Band 2 paling bagus bertahan hanya 1 minggu saja.

Untuk pengisian daya, Mi Band 2 dapat mengunakan segala jenis charger termasuk charger dari port USB di komputer. Namun saat pengisian, kadang terdapat kendala daya Mi Band 2 tidak terisi meskipun bodi mesin sudah dieratkan ke slot charger. Solusinya adalah dengan sedikit mengendorkan bodi mesin dari ujung charger dengan cara sedikit menarik keluar, namun masih tetap menempel. Saat mulai terisi, layar Mi Band 2 akan menampilkan animasi baterai sedang mengisi. Tampaknya desain koneksi charger dan bodi mesin Mi Band 2 masih perlu disempurnakan.

Kesimpulan dan Rekomendasi

Xiaomi Mi Band 2 sangat memiliki “Value for Money” tinggi berkat harga yang sangat murah namun dibekali fitur yang banyak dan berguna yang sebelumnya hanya ada di jam olahraga mahal. Aplikasi Mi Fit yang dibuat Xiaomi juga menawarkan banyak fungsi dan pengaturan. Koneksi antara Mi Band 2 dan Mi Fit berlangsung tanpa hambatan.

Penggunaan Mi Band 2 terbilang cukup nyaman, meskipun dipakai dalam waktu lama. Gelang jam dapat dipasang dengan cepat dan cukup ergonomis. Bunyi “klik” saat kancing terpasang sangat berguna.

Secara keseluruhan, gadget ini sangat berguna untuk Anda yang ingin memonitor performa olahraga jogging atau lari dan kualitas tidur Anda. Dengan harga murah dan waktu pakai yang lama dalam sekali pengisian, Mi Band 2 sangat direkomendasikan.

(cyt)

Ada pertanyaan mengenai Xiaomi Mi Band 2?
Silahkan tulis pertanyaan Anda di Kolom Komentar di bawah ini, tim Ulas-Master akan mencoba memberikan Solusi-nya!
comment

26 Komentar

  • Agus:
    28 Nov 2017 · 17:23

    Gan mau tanya, klo bawa motor pas jalan rusak guncangan stang motor ikut ke detek sebagai langkah.apa memang begitu ya?

    • 28 Nov 2017 · 20:40

      Halo gan Agus. Iya memang begitu, gan. Pembacaan langkah pada Mi Band 2 terhitung dari gerakan naik turun tangan, sehingga jika agan melewati jalan rusak akan terbaca sebagai langkah.

      Mungkin agan bisa melepas Mi Band 2 agan saat hendak mengendarai motor dan meletakannya di saku supaya goncangan tidak terhitung sebagai langkah.

  • yudha:
    17 Nov 2017 · 13:10

    Min mau tanya dong, kok untuk buka kuncinya ga bisa ya min, hp saya redmi note 3 pro. Udah tak coba sesuai petunjuk kalo ga bisa buka kunci tapi tetep aja ga bisa buka kunci wi min

    • 17 Nov 2017 · 22:07

      Halo gan Yudha. Yang agan maksud kunci apakah fitur buka kunci layar?

      Kunci layar yang bisa dibuka oleh fitur ini adalah kunci luar saja. Agan tetap harus mengeser layar sambil mendekatkan Mi Band 2 ke hp untuk melewati kunci.

      • yudha:
        17 Nov 2017 · 22:10

        Oke makasih min, ternyata benar min sekali lagi maksih ya min

  • Ferna:
    13 Nov 2017 · 10:53

    mau tanya…kenapa tampilan di layar mi band 2 saya sudah kurang kontras jika di tempat yang terang ya? mohon infonya ya, terima kasih

    • 14 Nov 2017 · 20:57

      Halo gan Ferna. Tampilan layar OLED pada Mi Band 2 memang tidak bisa melawan sinar matahari, meski unit dalam kondisi baru sekalipun.

  • Martedy:
    03 Nov 2017 · 11:21

    mau nanya gan.. brarti untuk lari di treadmill ada mode sendiri di Mi Fits ya gan? seberapa akurat Mi Band 2 membaca jarak dan kecepatan lari di treadmill gan?

    • 03 Nov 2017 · 20:51

      Halo gan Martedy. Iya, gan, ada mode Treadmil di Mi Fit versi terbaru. Di mode ini tidak ada bacaan kecepatan lari, yang ada hanya kecepatan langkah (berapa langkah per menit) dan bacaan jarak berdasarkan langkah agan.

    • 03 Nov 2017 · 21:12

      Ralat, gan. Di bawah ini screenshot tampilan Mi Fit sesudah menggunakan treadmill. Jarak dan kecepatan dicantumkan, tetapi berdasarkan langkah yang agan lakukan.

  • dimi_tri:
    27 Oct 2017 · 11:33

    siang gan, mi band 2 saya di charge kok gak bisa yagan , mohon infonya dong gan makasih

    • 28 Oct 2017 · 21:20

      Halo gan Dimi_tri. Kebetulan ane juga sering mengalaminya, gan. Itu disebabkan karena konektor (2 ujung lancip berwarna kuning pada kabel charger) tidak melekat sempurna ke Mi Band 2 (dua bagian berwarna kuning di samping Mi Band 2).

      Agan bisa coba dengan menekan 2-3 kali konektor di ujung kabel charger dan membersihkan konektor di Mi Band 2 dengan kain kering. Bekas keringat bisa saja menempel di permukaan konektor sehingga menghalangi arus yang masuk.

      Kemudian coba sambungkan Mi Band 2 ke kabel charger sampai mentok. Jika belum terisi dayanya, coba geser sedikit Mi Band 2 ke arah keluar, sampai indikasi isi daya terlihat pada layar Mi Band 2. Memang agak butuh usaha, gan, tetapi ane cukup sering mengalami hal ini.

  • Felix:
    27 Oct 2017 · 09:28

    Apa berlaku juga utk versi cina tdk boleh diupgrade(akan mengakibatkan perangkat tdk dpt berfungsi normal/mati)

    • 28 Oct 2017 · 21:03

      Halo gan Felix. Ane belum pernah bermasalah dengan Mi Band 2 versi China, dan saat ini versi firmware-nya sudah yang paling baru v1.0.1.54.

  • Anggie:
    12 Oct 2017 · 12:12

    Apakah mi band ini secara otomatis akan reset jadi 0 langkah tiap hari ? Sy baru beli kemarin tapi rasanya kok pedometernya tidak dimulai dari angka 0.
    Lalu ketika kita berkendara menggunakan mobil / motor sepertinya juga terhitung sebagai langkah kaki. Jadi datanya tidak akurat. Mohon pencerahannya ya gan. Tks

    • 12 Oct 2017 · 20:19

      Halo gan Anggie. Iya benar, perhitungan langkah agan akan dimulai ulang dari 0 pada jam 12:00 malam.

      Deteksi langkah terjadi ketika agan mengayunkan Mi Band 2, dan meski agan sedang dalam posisi duduk namun mengayunkan Mi Band 2 akan tetap terhitung sebagai langkah, gan. Sayangnya memang begitu algoritma pendeteksi langkah Mi Band 2 dan kebanyakan gadget serupa, tidak ada pengaturan yang bisa diubah.

  • erick:
    06 Oct 2017 · 12:10

    Salam
    Mi band saya baterainya hanya bertahan 1 hari saja. Apakah masalahnya ?

    • 07 Oct 2017 · 16:27

      Halo gan Erick. Baterai Mi Band 2 akan cepat habis jika agan mengaktifkan semua fitur notifikasi dari hp, misalnya fitur getar jika ada panggilan atau notifikasi aplikasi yang masuk. Getaran itulah yang cepat menyedot daya baterai.

      Jika ternyata agan tidak mengaktifkan fitur getar, berarti masalahnya ada di baterainya yang sudah “bocor”, atau tidak bisa lagi menahan daya. Kalau ini kasusnya, maka agan harus mengganti unit-nya dengan yang baru, karena baterainya tertanam permanen.

  • Hendra:
    01 Oct 2017 · 20:42

    Saya baru update mi fit versi 3.05, ada yg bisa bantu pencerahan :
    1. dimana setting alarm
    2. Sepertinya sensor heart rate active mengukur (lampu led hijau sering menyala), sehingga berpengaruh pada baterai. Bagaimana cara menon-activekan feature ini supaya tidak mengukur secara auto.

    • 02 Oct 2017 · 20:53

      Halo gan Hendra. Menjawab pertanyaan agan:
      1. Pengaturan alarm ada di tab Profil > Mi Band 2 > Alarm > Tambah
      2. Sensor heart rate memang secara rutin menyala otomatis untuk memeriksa apakah band sedang dipakai atau tidak. Ini adalah fungsi standar dari Mi Band dan tidak bisa diatur, gan.

  • setyo:
    24 Sep 2017 · 16:37

    Ane sdh beberapa kali mengukur denyut nadi tpi hsilnya gk bisa gan? Itu knp.y?

    • 25 Sep 2017 · 21:11

      Halo gan Setyo. Saran ane ada dua:
      1. Pastikan band sudah terpasang dengan erat, karena sensor pembaca denyut nadi harus benar-benar bersentuhan dengan kulit agan.
      2. Pastikan versi perangkat lunak / firmware Mi Band sudah yang paling baru. Caranya masuk ke aplikasi Mi Fit dan tunggu proses sinkronisasi OK. Proses ini meliputi tahap pemeriksaan versi firmware Mi Band. Jika versinya tertinggal, maka aplikasi Mi Fit akan memperbaruinya secara otomatis.

  • DS:
    03 Sep 2017 · 12:00

    apakah charger dengan kekuatan 1A maupun 2A, cocok untuk ngecas Xiaomi Miband 2 ?

    sekira nya tidak cocok, rekomendasi yang paling cocok di berapa Ampere ya?

    terima kasih

    • 03 Sep 2017 · 19:40

      Halo gan DS. Untuk mengisi daya Mi Band 2, agan bisa gunakan charger manapun, baik 1A, 2A, Quick Charge 3.0 ataupun 500mA dari port USB. Mi Band 2 akan otomatis membatasi daya yang masuk hanya sekitar 0.5A saja saat menggunakan charger mana pun.

  • Andi putra kusuma:
    02 Jul 2017 · 02:06

    Mas saya beli mi band 2, persis versi seperti di ulasan ini. Saya mau bertanya, untuk notif seperti WA dan sebagainya berjalan normal di hp saya yaitu asus zf 5 dan saya juga sudah mengaktifkan notif telfon masuk, tetapi kenapa tidak muncul di miband saya notif panggilan masuk saat ada panggilan ke hp saya???Mohon pencerahannya. Tmksh